Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 399
- Joined: Thu Mar 01, 2018 6:39
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: SR3
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Om, sebenarnya lebih awet mana antara ac yg thermostatnya di set di jam 9 sp 12 dengan yg di set mentok full di paling dingin (jam 4)
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 549
- Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
- Location: Harapan Indah Bekasi
- Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Tergantung. Kalo sistem AC normal, artinya bisa mencapai cut off (otomatisasi on dan off compressor) dengan baik, lebih bagus di full paling dingin. Kalo ngga bisa cut off dan harus diset ke suhu tertentu baru bisa cut off, yaa kits set di situ aja daripada nanti cepet kena magnet clutch dan compressornya karena jalan terus.Boeds wrote:Om, sebenarnya lebih awet mana antara ac yg thermostatnya di set di jam 9 sp 12 dengan yg di set mentok full di paling dingin (jam 4)
- Opsi lainnya kalo cut off kurang bagus, dicek ke bengkel, banyak faktor yg mempengaruhi.
- Ada beberapa tipe compressor yg memang tidak ada cut off, karena Solenoid yg bekerja mengatur aliran freon.
IG: @kemuningauto
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1422
- Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
om tanya lagi, klo oli kompresor ditambah/top up dengan tipe yg lain (campur) ada efek negatif..?? misal oli bawaan pag 46, di top up/tambah dengan pag 100kemuningauto wrote: Sat Nov 09, 2019 14:22Sama kok. Cuma kalo Compressornya Denso dan tipe Compressor yg memakai ND-8, lebih baik pake ND-8 daripada Oli lain dengan PAG46 juga tapi dengan keaslian dan kualitas yg diragukan.iwing wrote:om kemuning, oli denso nd-8 itu sama gak dengan oli pag 46 merk lain..??
Banyak sih brand2 ada Emkarate, Doowoon, Protech, Sanden (SP 10, SP 20), Denso (ND8, ND9, ND11, ND12), dll.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 549
- Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
- Location: Harapan Indah Bekasi
- Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Ada dampak negatifnya, bisa nge jam Compressor, mampet di Expansion Valve, Dryer. Tapi jangka waktu lama. Kalo bisa yg sesuai tipe oli nya.iwing wrote:om tanya lagi, klo oli kompresor ditambah/top up dengan tipe yg lain (campur) ada efek negatif..?? misal oli bawaan pag 46, di top up/tambah dengan pag 100kemuningauto wrote: Sat Nov 09, 2019 14:22Sama kok. Cuma kalo Compressornya Denso dan tipe Compressor yg memakai ND-8, lebih baik pake ND-8 daripada Oli lain dengan PAG46 juga tapi dengan keaslian dan kualitas yg diragukan.iwing wrote:om kemuning, oli denso nd-8 itu sama gak dengan oli pag 46 merk lain..??
Banyak sih brand2 ada Emkarate, Doowoon, Protech, Sanden (SP 10, SP 20), Denso (ND8, ND9, ND11, ND12), dll.
IG: @kemuningauto
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 822
- Joined: Fri Oct 24, 2008 4:19
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Om, kok kalo ane pas kebengkel waktu itu mau minta bengkel nya flush oli compressor, ditanyain emang ac nya kenapa, ngk dingin, sy bil msh dingin.
Cuman kan baca2 katanya mesti diganti olinya, dia bilang boong itu, oli komp ngk mungkin rusak atau habis dan isinya cuman sikit sekali, terkecuali ada kerusakan maka olinya akan habis.
Nanti kalo dibongkar malah bisa2 jadi rusak tuh kompressor, siapa sih yg ngk mau duit, cuman sy ngk mau kalo yg emang ngk perlu sy bil perlu, nanti si koko kecewa, pdhl udah sy bilangin dr awal. Terkecuali udah ada indikasi ngk dingin, ada terdeteksi kebocoran, atau komp ngorok yah sy baru minta si koko service total. Makanya jadi bingung jg yah....
Cuman kan baca2 katanya mesti diganti olinya, dia bilang boong itu, oli komp ngk mungkin rusak atau habis dan isinya cuman sikit sekali, terkecuali ada kerusakan maka olinya akan habis.
Nanti kalo dibongkar malah bisa2 jadi rusak tuh kompressor, siapa sih yg ngk mau duit, cuman sy ngk mau kalo yg emang ngk perlu sy bil perlu, nanti si koko kecewa, pdhl udah sy bilangin dr awal. Terkecuali udah ada indikasi ngk dingin, ada terdeteksi kebocoran, atau komp ngorok yah sy baru minta si koko service total. Makanya jadi bingung jg yah....
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 549
- Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
- Location: Harapan Indah Bekasi
- Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Poin yg terakhir bos sebut. "Comp ngorok". Kebanyakan comp ngorok karena pelumasnya udah ngga bagus, atau sempet ada kebocoran dulunya, dibenerin tp olinya ngga ditambah, atau ditambah tapi beda tipe, dll. Kalo semua rutin maintenance ngga akan ngorok Compressornya, paling lemah kompresi karena umur Comp udah 8-10 taun misalnya (wajar).Asfur wrote:Om, kok kalo ane pas kebengkel waktu itu mau minta bengkel nya flush oli compressor, ditanyain emang ac nya kenapa, ngk dingin, sy bil msh dingin.
Cuman kan baca2 katanya mesti diganti olinya, dia bilang boong itu, oli komp ngk mungkin rusak atau habis dan isinya cuman sikit sekali, terkecuali ada kerusakan maka olinya akan habis.
Nanti kalo dibongkar malah bisa2 jadi rusak tuh kompressor, siapa sih yg ngk mau duit, cuman sy ngk mau kalo yg emang ngk perlu sy bil perlu, nanti si koko kecewa, pdhl udah sy bilangin dr awal. Terkecuali udah ada indikasi ngk dingin, ada terdeteksi kebocoran, atau komp ngorok yah sy baru minta si koko service total. Makanya jadi bingung jg yah....
IG: @kemuningauto
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 822
- Joined: Fri Oct 24, 2008 4:19
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Bukan gt om, maksud sy inti dr contoh diatas itu, sy ngebengkel sama boss bengkelnya ngk disaranin bongkar2 kompressor, terkecuali emang udah ada kendala spt ngk dingin, kompr ngorok atau bocor, dll, tp selama ac dingin, komp normal tp malah dibongkar utk disvc malah nanti bisa jadi rusak. Jadi ganti oli komp yah kalo ada mslh, ngk ada mslh yah ngk usah diganti.kemuningauto wrote: Mon Nov 25, 2019 8:19 Poin yg terakhir bos sebut. "Comp ngorok". Kebanyakan comp ngorok karena pelumasnya udah ngga bagus, atau sempet ada kebocoran dulunya, dibenerin tp olinya ngga ditambah, atau ditambah tapi beda tipe, dll. Kalo semua rutin maintenance ngga akan ngorok Compressornya, paling lemah kompresi karena umur Comp udah 8-10 taun misalnya (wajar).
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 549
- Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
- Location: Harapan Indah Bekasi
- Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Betul. Kalo Compressor ngga ada masalah jangan dibongkar2. Yang dimaksud ganti Oli Compressor itu dengan sistem flushing menggunakan mesin, tanpa pembongkaran apapun.Asfur wrote:Bukan gt om, maksud sy inti dr contoh diatas itu, sy ngebengkel sama boss bengkelnya ngk disaranin bongkar2 kompressor, terkecuali emang udah ada kendala spt ngk dingin, kompr ngorok atau bocor, dll, tp selama ac dingin, komp normal tp malah dibongkar utk disvc malah nanti bisa jadi rusak. Jadi ganti oli komp yah kalo ada mslh, ngk ada mslh yah ngk usah diganti.kemuningauto wrote: Mon Nov 25, 2019 8:19 Poin yg terakhir bos sebut. "Comp ngorok". Kebanyakan comp ngorok karena pelumasnya udah ngga bagus, atau sempet ada kebocoran dulunya, dibenerin tp olinya ngga ditambah, atau ditambah tapi beda tipe, dll. Kalo semua rutin maintenance ngga akan ngorok Compressornya, paling lemah kompresi karena umur Comp udah 8-10 taun misalnya (wajar).
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
IG: @kemuningauto
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 822
- Joined: Fri Oct 24, 2008 4:19
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Ohhh gitu toh, nah ini baru clear penjelasannya. Thanks om, scr ane baru tau kompr bisa diganti oli tanpa bongkar2.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 549
- Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
- Location: Harapan Indah Bekasi
- Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Betul bos. Jangan dibongkar. Pake mesin LAX biar bisa tanpa bongkar. Banyak kok udah di Indo ada 100+ bengkel.Asfur wrote:Ohhh gitu toh, nah ini baru clear penjelasannya. Thanks om, scr ane baru tau kompr bisa diganti oli tanpa bongkar2.
IG: @kemuningauto
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 822
- Joined: Fri Oct 24, 2008 4:19
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Jadi idealnya pake itungan tahun atau itungan km om utk dilakukan perawatan? Kayak ganti oli komp itu per brp tahun/km ?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 549
- Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
- Location: Harapan Indah Bekasi
- Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Idealnya setiap 30.000 KM.Asfur wrote:Jadi idealnya pake itungan tahun atau itungan km om utk dilakukan perawatan? Kayak ganti oli komp itu per brp tahun/km ?
IG: @kemuningauto
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 313
- Joined: Wed Feb 24, 2016 9:01
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Saya pernah minta ke bengkel ac hal yg sama, dibilang tidak perlu. Apa bengkel tidak punya mesin Lax, atau kebanyakan tidak tahu perlu flushing oli kompresor?
kemuningauto wrote:Idealnya setiap 30.000 KM.Asfur wrote:Jadi idealnya pake itungan tahun atau itungan km om utk dilakukan perawatan? Kayak ganti oli komp itu per brp tahun/km ?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 549
- Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
- Location: Harapan Indah Bekasi
- Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Antara 2 itu. Logikanya mesin aja perlu ganti oli, transmisi juga perlu, coolant aja perlu ada penggantian rutin buat perawatan radiator.adri31 wrote:Saya pernah minta ke bengkel ac hal yg sama, dibilang tidak perlu. Apa bengkel tidak punya mesin Lax, atau kebanyakan tidak tahu perlu flushing oli kompresor?kemuningauto wrote:Idealnya setiap 30.000 KM.Asfur wrote:Jadi idealnya pake itungan tahun atau itungan km om utk dilakukan perawatan? Kayak ganti oli komp itu per brp tahun/km ?
IG: @kemuningauto
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
ada rekomendasi Synth PAG oil ISO 68 utk AC yg kelas Keraton ?kemuningauto wrote:Antara 2 itu. Logikanya mesin aja perlu ganti oli, transmisi juga perlu, coolant aja perlu ada penggantian rutin buat perawatan radiator.adri31 wrote:Saya pernah minta ke bengkel ac hal yg sama, dibilang tidak perlu. Apa bengkel tidak punya mesin Lax, atau kebanyakan tidak tahu perlu flushing oli kompresor?kemuningauto wrote:Idealnya setiap 30.000 KM.
kalo ada saya mau coba
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 549
- Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
- Location: Harapan Indah Bekasi
- Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
PAG 68 biasa buat Comp tipe Vane (pisau), jarang sekali dijual, paling merk Behr Hella, tp susah juga didapet kecuali beli via E-Bay mungkin ada. Kalo saya biasa penggantinya pake PAG 100 (Doowoon - Korea).Turboman wrote:ada rekomendasi Synth PAG oil ISO 68 utk AC yg kelas Keraton ?kemuningauto wrote:Antara 2 itu. Logikanya mesin aja perlu ganti oli, transmisi juga perlu, coolant aja perlu ada penggantian rutin buat perawatan radiator.adri31 wrote:Saya pernah minta ke bengkel ac hal yg sama, dibilang tidak perlu. Apa bengkel tidak punya mesin Lax, atau kebanyakan tidak tahu perlu flushing oli kompresor?
kalo ada saya mau coba
IG: @kemuningauto
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Yg kasta nya lebih tinggi dari ND-8 oil dan dijual di sini apa aja ?
bisa lampirkan PDS nya juga ?
bisa lampirkan PDS nya juga ?
kemuningauto wrote:PAG 68 biasa buat Comp tipe Vane (pisau), jarang sekali dijual, paling merk Behr Hella, tp susah juga didapet kecuali beli via E-Bay mungkin ada. Kalo saya biasa penggantinya pake PAG 100 (Doowoon - Korea).Turboman wrote:ada rekomendasi Synth PAG oil ISO 68 utk AC yg kelas Keraton ?kemuningauto wrote:Antara 2 itu. Logikanya mesin aja perlu ganti oli, transmisi juga perlu, coolant aja perlu ada penggantian rutin buat perawatan radiator.
kalo ada saya mau coba
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 549
- Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
- Location: Harapan Indah Bekasi
- Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Jenis2 Oli Compressor recommended yang dijual di Indo, diusahakan sesuai dengan spec Compressor masing2 (biasa tertera di label bagian belakang Comp)Turboman wrote:Yg kasta nya lebih tinggi dari ND-8 oil dan dijual di sini apa aja ?
bisa lampirkan PDS nya juga ?kemuningauto wrote:PAG 68 biasa buat Comp tipe Vane (pisau), jarang sekali dijual, paling merk Behr Hella, tp susah juga didapet kecuali beli via E-Bay mungkin ada. Kalo saya biasa penggantinya pake PAG 100 (Doowoon - Korea).Turboman wrote:ada rekomendasi Synth PAG oil ISO 68 utk AC yg kelas Keraton ?
kalo ada saya mau coba
Denso ND-8 (PAG46)
Sanden SP-10 (PAG46)
Sanden SP-20 (PAG100)
Doowoon PAG46
Doowoon PAG100
Untuk merk2 lain seperti Suniso, Emkarate kurang bagus.
IG: @kemuningauto
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 181
- Joined: Tue Jan 23, 2018 0:55
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Om ikut nimbrung yaa, klo ganti oli kompresor tanpa bongkar2 menggunakan mesin LAX apakah wajib diganti freon juga sama expansion valve juga??kemuningauto wrote: Fri Nov 29, 2019 16:49Idealnya setiap 30.000 KM.Asfur wrote:Jadi idealnya pake itungan tahun atau itungan km om utk dilakukan perawatan? Kayak ganti oli komp itu per brp tahun/km ?
Trus idealnya ganti oli kompresor apakah diikuti dgn ritual bersih2 evaporator juga?? Terima kasih
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 549
- Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
- Location: Harapan Indah Bekasi
- Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Freon pasti dibuang sebelum flushing. Kalo Expansion Valve dan Silica Dryer / Receiver Dryer tergantung apa ada gejala penyumbatan atau ngga keliatan dari tekanan freon di awal pengecekan, kalo bagus ngga perlu diganti. Kalo mengikuti standar setiap 30.000 KM dilakukan penggantian Expansion Valve dan Silica Dryer. Bersih2 Evaporator juga kalo kotor aja, karena sekarang udah pasti punya alat Endoscopy buat ngecek kebersihan Evaporator.omnyanaira wrote:Om ikut nimbrung yaa, klo ganti oli kompresor tanpa bongkar2 menggunakan mesin LAX apakah wajib diganti freon juga sama expansion valve juga??kemuningauto wrote: Fri Nov 29, 2019 16:49Idealnya setiap 30.000 KM.Asfur wrote:Jadi idealnya pake itungan tahun atau itungan km om utk dilakukan perawatan? Kayak ganti oli komp itu per brp tahun/km ?
Trus idealnya ganti oli kompresor apakah diikuti dgn ritual bersih2 evaporator juga?? Terima kasih
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
IG: @kemuningauto
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 313
- Joined: Wed Feb 24, 2016 9:01
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
ada rekomendasi bengkel ac di bintaro, bsd, atau radio dalam yg bisa ganti oli kompresor?
kemuningauto wrote: Sat Nov 30, 2019 9:38Antara 2 itu. Logikanya mesin aja perlu ganti oli, transmisi juga perlu, coolant aja perlu ada penggantian rutin buat perawatan radiator.adri31 wrote:Saya pernah minta ke bengkel ac hal yg sama, dibilang tidak perlu. Apa bengkel tidak punya mesin Lax, atau kebanyakan tidak tahu perlu flushing oli kompresor?kemuningauto wrote:Idealnya setiap 30.000 KM.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 549
- Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
- Location: Harapan Indah Bekasi
- Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Coba googling Setia Karya AC yang di BSD.adri31 wrote:ada rekomendasi bengkel ac di bintaro, bsd, atau radio dalam yg bisa ganti oli kompresor?kemuningauto wrote: Sat Nov 30, 2019 9:38Antara 2 itu. Logikanya mesin aja perlu ganti oli, transmisi juga perlu, coolant aja perlu ada penggantian rutin buat perawatan radiator.adri31 wrote:Saya pernah minta ke bengkel ac hal yg sama, dibilang tidak perlu. Apa bengkel tidak punya mesin Lax, atau kebanyakan tidak tahu perlu flushing oli kompresor?
IG: @kemuningauto
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 250
- Joined: Sat Mar 05, 2016 19:00
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Maaf om, apa punya rekomendasi bengkel AC yang punya alat flushing dan endoscopy di daerah sekitaran Jakarta? Pengen juga flushing oli kompresor sama bersihin evaporator tanpa bongkar.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 439
- Joined: Sun Dec 04, 2016 18:38
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Rencana mau ke bengkel ac buat cari penyebab siulan di kisi2 ac pas nyala pertama kali, sama ac kadang dingin, kadang kurang.. sama kemarin pas di pantai bali sempet ane full in temperatur ac nya, kompresor gak auto cut off sama ada bunyi tek tek tek pas kompresor nyala,
kira2 biar gak dikibulin, harus punya bekal pengetahuan apa aja om? Kapasitas oli dan refrigerant? Sama tekanan ac ya? Mobil nya calya 2017 manual.. thanks
kira2 biar gak dikibulin, harus punya bekal pengetahuan apa aja om? Kapasitas oli dan refrigerant? Sama tekanan ac ya? Mobil nya calya 2017 manual.. thanks
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1835
- Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
- Location: INA
- Daily Vehicle: Diesel
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Kalo pake ac cleaner ga amannya knp om..kemuningauto wrote: Thu Nov 14, 2019 9:54Ngga aman pake cleaner. Hmm solusinya dibongkar sih blower atasnya, kalo bisa sendiri mungkin bisa juga DIY.piraku wrote:Baunya pas pertama dinyalain aja sih, kalau udh lama ilang sendiri. Selain bawa ke bengkel, ada cara paling mudah ga ya? Kaya ac cleaner gitu yg semprot? Aman kah?kemuningauto wrote:Blower - Evaporator - Grill (Kisi Kisi AC)
Kalo AC nya bau, berarti dari Evaporatornya kotor atau filter cabin nya udah harus diganti.
Berhubung ini Blower Belakang jadi ngga ada filter cabin, coba dibawa ke bengkel spesialis AC, minta diservice yg belakang. Nanti diturunin, dibersihin Evaporatornya.
Kalo blower belakang biasanya bau karena Evaporator kotor, atau bisa juga dari Insulation (pembungkus) Expansion Valve yang seiring waktu kena terik matahari (posisi di dalem plafon).