Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Djiwut wrote: Thu May 16, 2019 4:51
Halo met siang para suhu dan master,
Perkenalkan saya djiwut baru gabung di grup ini karena ada ketemu masalah di mobil grandlivina xv mt 2009.
Mohon maaf sebelumnya mungkin pertanyaan saya sdh pernah dibahas tetapi sy blum ketemu threadnya.
Mohon ijin langsung ke pertanyaan ya..
Sewaktu mau anter anak kembali ke kampus grandlivina yang tadinya masuk gigi satu dan sterusnya halus n lancar aja, jadi seret n susah pindah gigi baik dari netral ke satu,dua dst n kembali ke netral lagi. Seperti ada yg terlepas gitu krn pedal kopling ditekan separo seperti blum respon..Ini gejala apa ya..? dan sebaiknya di bawa ke beres atau bengkel biasa dekat rumah n bagaimana kita kalo mau cek oli transimisnya dimana..?
Demikian pertanyaan saya, terima kasih sebelumnya dan salam kenal tuk semua
Sukses selalu...
coba liat di bawah aki, ada selang plastik yg masuk ke dalem gearbox (itu selang CSC - concentric slave cylinder - atau master silinder bawah )ada rembes oli ga, atau di sambungan2 selang nya (ada satu di bawah aki, ama satu lagi di deket firewall) ada rembes oli nya ga.. ama cek minyak rem ada kurang ga..
penyakit OGl manual biasa nya di selang2 imut2 nan renta tsb.. atau bsa jg seal CSC nya jebol, maklum,ntuh CSC bahan nya dari plastik, dl di OGL ada beberapa kasus jebol seal nya..
Siapp...Om nanti dicek..terima kasih penjelasannya..
Kemudian seandainya itu terjadi (bocor) berarti habis ya olinya, bisa diisi sendiri kah? n ganti selang n seal harus dibengkel ya...krn takut mogok dijalan saat dibawa ke bengkel.
Kl abis yah tinggal diisi aj minyak rem nya, ntuh satu reservoir koq antara minyak kuupleng ama rem..
Ganti selang sehh gampang, mau kerjain sendiri jg bsa, kerjaan stengah jem kelar itu, tp kl takut yah bawa ke bengkel.. kl seal csc jebol yah skalian turun kupleng krn musti bongkar gearbox..
1trfe wrote: Wed May 15, 2019 15:34
Mumpung lg ngomongin bengkel spesialis, kalo buat kaki2 lipineh rekomen dmn ya om? Angl ane kl setir ny dibelokin ke kanan ke kiri bunyi tung tung gt
Banyak kok bengkel yg bisa kerjain Livina, saya dikalimantan aja klo servis hanya ke bengkel umum biasa, tp mekaniknya cukup paham. Klo dijawa Tinggal liat review2 aja di google supaya ada pencerahan.
Bunyi dung2 bisa dari bearing kurang Grease sampe klo yg parah bushing membernya sudah kalah. Solusinya ya dicek
coba liat di bawah aki, ada selang plastik yg masuk ke dalem gearbox (itu selang CSC - concentric slave cylinder - atau master silinder bawah )ada rembes oli ga, atau di sambungan2 selang nya (ada satu di bawah aki, ama satu lagi di deket firewall) ada rembes oli nya ga.. ama cek minyak rem ada kurang ga..
penyakit OGl manual biasa nya di selang2 imut2 nan renta tsb.. atau bsa jg seal CSC nya jebol, maklum,ntuh CSC bahan nya dari plastik, dl di OGL ada beberapa kasus jebol seal nya..
Siapp...Om nanti dicek..terima kasih penjelasannya..
Kemudian seandainya itu terjadi (bocor) berarti habis ya olinya, bisa diisi sendiri kah? n ganti selang n seal harus dibengkel ya...krn takut mogok dijalan saat dibawa ke bengkel.
Kl abis yah tinggal diisi aj minyak rem nya, ntuh satu reservoir koq antara minyak kuupleng ama rem..
Ganti selang sehh gampang, mau kerjain sendiri jg bsa, kerjaan stengah jem kelar itu, tp kl takut yah bawa ke bengkel.. kl seal csc jebol yah skalian turun kupleng krn musti bongkar gearbox..
Met Pagi Om,
Kemaren sdh sempat ke bengkel, jadi masalahnya kopling ngempos cuma sedikit aja gigitnya, setelah di isi lagi dengan minyak rem dan bleeding kembali normal, tapi besoknya mau dipake gejala kopling ngempos kejadian lagi padahal minyak penuh dan tidak ada tetesan bocoran oli di lantai n sy coba tekan-tekan kopling n rem pelan2 ada lagi gigitannya. Pertanyaannya apakah masih ada angin yang terperangkap didalam system dan apakah perlu untuk dibleeding lagi? atau apakah perlu dibongkar koplingnya...?...Demikian info terima kasih sebelumnya
Nah pertanyaan nya, ntuh selang2 kupling dr reservoir ampe k dalem gearbox masi bagus ga ? Ad rembesan bocor ga ? Kl smua nya kering, kmungkinan besar di csc nya rembes alus.. mau ga mau bongkar kupling kl ud gini skalian ganti..
itu CSC part yg awet , tp tetep kalah kuat dbanding mekanisme kupling jadul yg pake fork, master kupling bawah, etc etc.. makanya biasanya ntuh csc kl blm keiisi minyak, jgn dteken2 atau dimainin2
mj2005 wrote:Mohon pencerahan dari para pakar disini, untuk livina yg bertransmisi cvt pada ganti oli cvt_nya di km berapa?
Kalau saya ganti dan kuras oli matic CVT ANGL di tahun keempat pemakaian atau saat odo sudah mencapai 48 ribu KM dgn tujuan supaya transmisi matic nya lebih awet saja karena,mobil nya mau dipakai utk jangka panjang.
Halo om, sy newbie baru seminggu meminang GL 1.8 x-gear. Kebetulan dpt unit yg sehat krn owner lamanya rutin ke beres (cmn sayangnya per 10k). Ovevrall pakenya puas, cmn syg klo ketemu jalan rusak kok suara kaki2 nyampe ke kabin ya? Berisik..
Klo ada yg punya info bengkel non beres yg rekomended di wilayah kota bogor om bisa dibagi infonya..nuhun
aqie46 wrote:Halo om, sy newbie baru seminggu meminang GL 1.8 x-gear. Kebetulan dpt unit yg sehat krn owner lamanya rutin ke beres (cmn sayangnya per 10k). Ovevrall pakenya puas, cmn syg klo ketemu jalan rusak kok suara kaki2 nyampe ke kabin ya? Berisik..
Klo ada yg punya info bengkel non beres yg rekomended di wilayah kota bogor om bisa dibagi infonya..nuhun
Iseng nanya Om, mobil nya yang lama ladder frame ya?
aqie46 wrote: Fri May 24, 2019 9:00
Halo om, sy newbie baru seminggu meminang GL 1.8 x-gear. Kebetulan dpt unit yg sehat krn owner lamanya rutin ke beres (cmn sayangnya per 10k). Ovevrall pakenya puas, cmn syg klo ketemu jalan rusak kok suara kaki2 nyampe ke kabin ya? Berisik..
Klo ada yg punya info bengkel non beres yg rekomended di wilayah kota bogor om bisa dibagi infonya..nuhun
By design, lipineh emg berisik om apalagi kl lewat jalan beton
aqie46 wrote:Halo om, sy newbie baru seminggu meminang GL 1.8 x-gear. Kebetulan dpt unit yg sehat krn owner lamanya rutin ke beres (cmn sayangnya per 10k). Ovevrall pakenya puas, cmn syg klo ketemu jalan rusak kok suara kaki2 nyampe ke kabin ya? Berisik..
Klo ada yg punya info bengkel non beres yg rekomended di wilayah kota bogor om bisa dibagi infonya..nuhun
Iseng nanya Om, mobil nya yang lama ladder frame ya?
Hahaha...iye peloz om sm2 metik
Klo ada komunitas boleh dong om ane mau gabung...
aqie46 wrote:Halo om, sy newbie baru seminggu meminang GL 1.8 x-gear. Kebetulan dpt unit yg sehat krn owner lamanya rutin ke beres (cmn sayangnya per 10k). Ovevrall pakenya puas, cmn syg klo ketemu jalan rusak kok suara kaki2 nyampe ke kabin ya? Berisik..
Klo ada yg punya info bengkel non beres yg rekomended di wilayah kota bogor om bisa dibagi infonya..nuhun
Iseng nanya Om, mobil nya yang lama ladder frame ya?
Hahaha...iye peloz om sm2 metik
Klo ada komunitas boleh dong om ane mau gabung...
Sebenarnya Veloz tidak ada karet2 sambungan antara chassis dan Body sih, cuma memang ya kalo kaki2 Veloz dibanding livina apalagi yang uda umur ya pasti lebih berisik livina. Tapi ya gitu, kenyamanan jauh banget...
Saya dulu dari Veloz, ganti pajero sport, terus ganti X-trail. Sempat pakai ertiga dan CRV RM. Ertiga dan CRV RM lumayan berisik kaki2 nya, X-trail ini senyap, tapi saya expect akan banyak karet2 yang bakal harus diganti setelah beberapa tahun. Karena senyap di monocoque FWD berarti banyak karet2 peredam.
Coba di cek ke spesialis Nissan aja Om apa ada yang perlu diganti atau tidak kaki2 nya..
aqie46 wrote: Fri May 24, 2019 9:00
Halo om, sy newbie baru seminggu meminang GL 1.8 x-gear. Kebetulan dpt unit yg sehat krn owner lamanya rutin ke beres (cmn sayangnya per 10k). Ovevrall pakenya puas, cmn syg klo ketemu jalan rusak kok suara kaki2 nyampe ke kabin ya? Berisik..
Klo ada yg punya info bengkel non beres yg rekomended di wilayah kota bogor om bisa dibagi infonya..nuhun
Bannya ganti ke yg lebih senyap, terus cek kaki2 nya ada yg kendor / karet sudah getas. Dijamin halus kembali
Selamat siang rekan semua,
Grand Livina saya defogger kaca belakangnya mati, waktu nanya di beres ternyata yang rusak cuma sekringnya saja, tapi di beres tidak bisa cuma ganti sekring, harus ganti satu set dengan harga sekitar 1,2 juta (lebih kurang, lupa harga pastinya karena barengan dengan estimasi perbaikan lain).
Jika saya ganti sekringnya saja di bengkel biasa apakah berbahaya? (takutnya sekring putus merupakan indikasi perangkat defogger yang rusak)
donfarantino wrote: Tue May 28, 2019 4:34
Selamat siang rekan semua,
Grand Livina saya defogger kaca belakangnya mati, waktu nanya di beres ternyata yang rusak cuma sekringnya saja, tapi di beres tidak bisa cuma ganti sekring, harus ganti satu set dengan harga sekitar 1,2 juta (lebih kurang, lupa harga pastinya karena barengan dengan estimasi perbaikan lain).
Jika saya ganti sekringnya saja di bengkel biasa apakah berbahaya? (takutnya sekring putus merupakan indikasi perangkat defogger yang rusak)
kenapa nggak coba ganti sikring sendiri?
ada panduannya di buku manual, dan biasanya ada sikring cadangan disediakan beberapa buah. kalau tidak ada, beli saja. toh cuma 500-2000 rupiah tergantung toko yang jual.
kalau langsung putus saat baru dipasang, silahkan panik.
aqie46 wrote: Fri May 24, 2019 9:00
Halo om, sy newbie baru seminggu meminang GL 1.8 x-gear. Kebetulan dpt unit yg sehat krn owner lamanya rutin ke beres (cmn sayangnya per 10k). Ovevrall pakenya puas, cmn syg klo ketemu jalan rusak kok suara kaki2 nyampe ke kabin ya? Berisik..
Klo ada yg punya info bengkel non beres yg rekomended di wilayah kota bogor om bisa dibagi infonya..nuhun
Bannya ganti ke yg lebih senyap, terus cek kaki2 nya ada yg kendor / karet sudah getas. Dijamin halus kembali
Nah utk ban sy sdh ganti yg depan pake ecopia belakang dunlop enasave, kyknya bukan karakter senyap ya om?
Cmn setelah ganti ban, pas kmrn sy mudik pake di tol pas lari 120kpj ada suara 'nguukkk..' di sekitaran kolong depan, itu kira2 kenapa om? Apa krn pengaruh ban baru ya?? Ada yg pernah ngalamin?
Om om ad yg pernah coba filter udara sakura racing (yg warna ijo) di angl?
Dibanding yg ori emg lebih tebel kah? Pas mau ditutup cover nya agak susah soalny
mohon ijin gabung. sya punya LIVINA XR 08 Manual.
Mungkin ada yang bisa rekomen bengkel luar yang rekomended buat kaki2 di surabaya?
sy selalu servis di beres akhir tahun lalu sempet ganti shock tapi bru brp bulan kaki2 dan ndak enak rasanya geter semua
mungkin rekan2 ada yang pernah pengalaman bengkel non resmi yang bagus. Saya tinggal di sby barat, kalo ada bengkel recommended dekat2 sana.
jadi gini om, mobil gw nissan gl 1.5 a/t ultimate. kalo posisi transmisi di D mobilnya di rem, muncul suara berisik kayak fanbelt kering (nginggggg) begitu transmisi di pindah ke N langsung suaranya hilang. sebelum nya gak muncul suara tsb.. apakah normal atau bermasalah dmn ya... atau om om dimari pernah ngalamin?
justmrf wrote: Tue Aug 13, 2019 12:22
jadi gini om, mobil gw nissan gl 1.5 a/t ultimate. kalo posisi transmisi di D mobilnya di rem, muncul suara berisik kayak fanbelt kering (nginggggg) begitu transmisi di pindah ke N langsung suaranya hilang. sebelum nya gak muncul suara tsb.. apakah normal atau bermasalah dmn ya... atau om om dimari pernah ngalamin?
coba cek engine mounting yang kiri om (transmission mounting). saya jg pernah ngalamin itu getar berisik.udah ganti transmission mounting ilang.harga ganti plus ongkos pasang yg ori 600-700k
salam kenal om tante.ane baru akuisis GL XV AT 2010. ada 2 nih penyakitnya yg belum kelar
1.kipas pendingin pas mesin lagi high berisik banget.padahal udah ganti (bukan di beres gantinya)
2 remote kadang bisa kadang engga.lebih sering ga bisa sih.padahal dah ganti batere remot ttp lbh sering ga bisanya.
mhn pencerahan barangkali ada yg punya pengalaman yg sama
justmrf wrote: Tue Aug 13, 2019 12:22
jadi gini om, mobil gw nissan gl 1.5 a/t ultimate. kalo posisi transmisi di D mobilnya di rem, muncul suara berisik kayak fanbelt kering (nginggggg) begitu transmisi di pindah ke N langsung suaranya hilang. sebelum nya gak muncul suara tsb.. apakah normal atau bermasalah dmn ya... atau om om dimari pernah ngalamin?
coba cek engine mounting yang kiri om (transmission mounting). saya jg pernah ngalamin itu getar berisik.udah ganti transmission mounting ilang.harga ganti plus ongkos pasang yg ori 600-700k
maaf om, engine mounting apakah sama dgn transmission mounting?
justmrf wrote: Tue Aug 13, 2019 12:22
jadi gini om, mobil gw nissan gl 1.5 a/t ultimate. kalo posisi transmisi di D mobilnya di rem, muncul suara berisik kayak fanbelt kering (nginggggg) begitu transmisi di pindah ke N langsung suaranya hilang. sebelum nya gak muncul suara tsb.. apakah normal atau bermasalah dmn ya... atau om om dimari pernah ngalamin?
coba cek engine mounting yang kiri om (transmission mounting). saya jg pernah ngalamin itu getar berisik.udah ganti transmission mounting ilang.harga ganti plus ongkos pasang yg ori 600-700k
maaf om, engine mounting apakah sama dgn transmission mounting?
engine mounting ad 2 om, kiri dan kanan.nah yg kiri itu kadang dibilang transmission mounting.itu yg bikin getar kalo lg posisi gear di D tp sambil direm atau ga digas.itu pengalaman ane sebelumnya
coba cek engine mounting yang kiri om (transmission mounting). saya jg pernah ngalamin itu getar berisik.udah ganti transmission mounting ilang.harga ganti plus ongkos pasang yg ori 600-700k
maaf om, engine mounting apakah sama dgn transmission mounting?
engine mounting ad 2 om, kiri dan kanan.nah yg kiri itu kadang dibilang transmission mounting.itu yg bikin getar kalo lg posisi gear di D tp sambil direm atau ga digas.itu pengalaman ane sebelumnya
ooh gitu... diagnosa ane terakhir bunyi ngingggg tsb muncul pagi hari om.. setelah mobil dipake jalan bunyi tsb hilang.. mungkin gak masalah nya di belt belt nya...
kalo getar pas di gear D ane rasa ga terlalu terasa getar nya om..
Untuk bengkel Nissan di Surabaya barat ada di sambikerep
apiramania wrote:mohon ijin gabung. sya punya LIVINA XR 08 Manual.
Mungkin ada yang bisa rekomen bengkel luar yang rekomended buat kaki2 di surabaya?
sy selalu servis di beres akhir tahun lalu sempet ganti shock tapi bru brp bulan kaki2 dan ndak enak rasanya geter semua
mungkin rekan2 ada yang pernah pengalaman bengkel non resmi yang bagus. Saya tinggal di sby barat, kalo ada bengkel recommended dekat2 sana.
apiramania wrote: Thu Aug 01, 2019 3:57
mohon ijin gabung. sya punya LIVINA XR 08 Manual.
Mungkin ada yang bisa rekomen bengkel luar yang rekomended buat kaki2 di surabaya?
sy selalu servis di beres akhir tahun lalu sempet ganti shock tapi bru brp bulan kaki2 dan ndak enak rasanya geter semua
mungkin rekan2 ada yang pernah pengalaman bengkel non resmi yang bagus. Saya tinggal di sby barat, kalo ada bengkel recommended dekat2 sana.
jaman skr jangan terlalu percaya bengkel...percaya youtube aja..hehehe..
kaki2x itu daerah yg termasuk presisi... sebenernya nga boleh ganti satu satuan...mesti ganti semua...biar lebih awet..
gitu sih teori presisi ngasalan...hehehe..
belanja online aja...kebeneran saya lagi project juga..baru ganti sayap depan kiri kanan (low arm) .. beli baru aja..satunya sekitar 300- 350 ribu..
sama link stabil... kebeneran belum ada duit lagi...next mau ganti aja sekalian shocknya sama support shock dan bearingnya...biar puas..
.
bengkel...gua keliling naik motor deket rumah..tanyain biaya bongkar pasangnya..material dari kita aja..
cari yg termurah..waktu pasang temenin..liatin....
.
tapi skr susah cari review sparepart merk pihak ketiga.. oem.. kw... lagi binung...