Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan
hehehe
pan ane udah cerita di page sebelumnya......mengenai saran ke Pemda yg pernah ane lakukan......antara Transportasi massal vs jalan tol.....at the end jalan tol yg menang
well, ga heran banyak yg curiga di Indo ini spt nya peranan industri otomotif sgt kuat thd pilihan pembangunan infrastruktur
coba kita lihat di Thailand, di Bangkok, jalan layang nya juga luar biasa.......jalan2 ke luar kota nya, walau mmg BKK punya BTS dan MRT, tapi kalo ane kasi score ya jaringan jalan nya masi lebih byk drpd jaringan mass transport nya
coba kita lihat Singapore & HK yg gak punya industri otomotip .......liat MRT & MTR nya
Tapi herannya itu di kandangnya sendiri, jaringan kereta nya juga luar biasa (si J)
makanya ane kadang suka ketawa geli aja liat usulan2 JICA........kayak setengah hati dibandingkan dgn manuver automotive giants nya.......yg 1 hanya pandai bicara, yg satunya lgs action / Just Do It kalo kata Nike
CMIIW
pan ane udah cerita di page sebelumnya......mengenai saran ke Pemda yg pernah ane lakukan......antara Transportasi massal vs jalan tol.....at the end jalan tol yg menang
well, ga heran banyak yg curiga di Indo ini spt nya peranan industri otomotif sgt kuat thd pilihan pembangunan infrastruktur
coba kita lihat di Thailand, di Bangkok, jalan layang nya juga luar biasa.......jalan2 ke luar kota nya, walau mmg BKK punya BTS dan MRT, tapi kalo ane kasi score ya jaringan jalan nya masi lebih byk drpd jaringan mass transport nya
coba kita lihat Singapore & HK yg gak punya industri otomotip .......liat MRT & MTR nya
Tapi herannya itu di kandangnya sendiri, jaringan kereta nya juga luar biasa (si J)
makanya ane kadang suka ketawa geli aja liat usulan2 JICA........kayak setengah hati dibandingkan dgn manuver automotive giants nya.......yg 1 hanya pandai bicara, yg satunya lgs action / Just Do It kalo kata Nike
CMIIW
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2030
- Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
- Daily Vehicle: LGX
Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan
Sptnya kalo grup astra & indomobil mau jd ATPM lokomotip jg, keadaan akan berbeda jauh ya 

1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan
http://www.kemenperin.go.id/artikel/138 ... i-Nasional
Mudah2 an lah ada negara yg benar2 berniat utk membangun jaringan rel kereta di Indo
walau mmg ujung2-nya jualan, tapi jualan barang yg berguna bagi masy banyak
Negara tsb harus bebas dr kepentingan lobby2 industri otomotif.....
kalo negara yg jago soal per kereta an tapi kebijakan utk di negara lain kena pengaruh sepik sepik iblis kapitalis ya susah juga...........wkwkwkkwkwk
Mudah2 an lah ada negara yg benar2 berniat utk membangun jaringan rel kereta di Indo
walau mmg ujung2-nya jualan, tapi jualan barang yg berguna bagi masy banyak
Negara tsb harus bebas dr kepentingan lobby2 industri otomotif.....
kalo negara yg jago soal per kereta an tapi kebijakan utk di negara lain kena pengaruh sepik sepik iblis kapitalis ya susah juga...........wkwkwkkwkwk
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4384
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: RE: Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan
Oom ada info gak skrg brp kilometer lagi toll jkt to sby yg msh blm tersambung ?coklatMetalik wrote:Tahun Depan, Jakarta-Surabaya Tersambung Tol Trans-Jawa
http://a.msn.com/r/2/BBDXDLC?a=1&m=ID-ID
Kalo sudah begini. Siapa yg msh mau naek argo bromo?
Ada 300 km lagi gak ??
Sent from my K012 using Tapatalk
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan
MRT Singapore kereta2 nya buatan Kawasaki HI - CSR Sifang yah
kolaborasi spt ini harusnya sgt prospektif.......teknologi kereta Japun, dibuat di Cungkuo......en siapa tahu project di negara lain di support oleh pemerintah RRC ?
Inverter pake FUJI electric......IGBT VVVR
di Singapore mrk mengalahkan Hyunde Totem
LRT di Indo Hyunde Totem yg menang yah........mungkin mrk belajar dr pengalaman singapore
moga2 KOICA agressip utk "ngomporin" Pemr Indo utk terus genjot perluasan LRT
kolaborasi spt ini harusnya sgt prospektif.......teknologi kereta Japun, dibuat di Cungkuo......en siapa tahu project di negara lain di support oleh pemerintah RRC ?
Inverter pake FUJI electric......IGBT VVVR
di Singapore mrk mengalahkan Hyunde Totem
LRT di Indo Hyunde Totem yg menang yah........mungkin mrk belajar dr pengalaman singapore
moga2 KOICA agressip utk "ngomporin" Pemr Indo utk terus genjot perluasan LRT
* Bukan ajakan Beli *
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan
Top Ten IGBT modul producer :
http://powermodules.skyrock.mobi/303157 ... urers.html
Buat barang ini memang Japan jago-nya, rata2 produsen transistor Japan bikin
Toshiba (famous one), Hitachi, Sanken, Fuji etc
ada merek SANKEN di situ......ya SANKEN itu produsen transistor di Japan (dan mereknya ditiru di lokal sini)
Saya tahu transistor merk Sanken ini dari dunia home audio........dimana banyak amplifier high end utk home buatan US / Europe menggunakan transistor2 buatan Japan
Toshiba IGBT itu bahkan juga ada yg gunakan utk Power amplifier home high end......kalo gak salah JEFF ROWLAND dr USA
IGBT ini transistor penting utk controller motor listrik......baik utk kereta / mobil EV
CMIIW
http://powermodules.skyrock.mobi/303157 ... urers.html
Buat barang ini memang Japan jago-nya, rata2 produsen transistor Japan bikin
Toshiba (famous one), Hitachi, Sanken, Fuji etc
ada merek SANKEN di situ......ya SANKEN itu produsen transistor di Japan (dan mereknya ditiru di lokal sini)
Saya tahu transistor merk Sanken ini dari dunia home audio........dimana banyak amplifier high end utk home buatan US / Europe menggunakan transistor2 buatan Japan
Toshiba IGBT itu bahkan juga ada yg gunakan utk Power amplifier home high end......kalo gak salah JEFF ROWLAND dr USA
IGBT ini transistor penting utk controller motor listrik......baik utk kereta / mobil EV
CMIIW
* Bukan ajakan Beli *
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan
About IGBT
The IGBT transistor takes the best parts of these two types of transistors, the high input impedance and high switching speeds of a MOSFET with the low saturation voltage of a bipolar transistor, and combines them together to produce another type of transistor switching device that is capable of handling large collector-emitter currents with virtually zero gate current drive.
The Insulated Gate Bipolar Transistor, (IGBT) combines the insulated gate (hence the first part of its name) technology of the MOSFET with the output performance characteristics of a conventional bipolar transistor, (hence the second part of its name). The result of this hybrid combination is that the “IGBT Transistor” has the output switching and conduction characteristics of a bipolar transistor but is voltage-controlled like a MOSFET.
IGBTs are mainly used in power electronics applications, such as inverters, converters and power supplies, were the demands of the solid state switching device are not fully met by power bipolars and power MOSFETs. High-current and high-voltage bipolars are available, but their switching speeds are slow, while power MOSFETs may have higher switching speeds, but high-voltage and high-current devices are expensive and hard to achieve.
http://www.electronics-tutorials.ws/pow ... istor.html
The IGBT transistor takes the best parts of these two types of transistors, the high input impedance and high switching speeds of a MOSFET with the low saturation voltage of a bipolar transistor, and combines them together to produce another type of transistor switching device that is capable of handling large collector-emitter currents with virtually zero gate current drive.
The Insulated Gate Bipolar Transistor, (IGBT) combines the insulated gate (hence the first part of its name) technology of the MOSFET with the output performance characteristics of a conventional bipolar transistor, (hence the second part of its name). The result of this hybrid combination is that the “IGBT Transistor” has the output switching and conduction characteristics of a bipolar transistor but is voltage-controlled like a MOSFET.
IGBTs are mainly used in power electronics applications, such as inverters, converters and power supplies, were the demands of the solid state switching device are not fully met by power bipolars and power MOSFETs. High-current and high-voltage bipolars are available, but their switching speeds are slow, while power MOSFETs may have higher switching speeds, but high-voltage and high-current devices are expensive and hard to achieve.
http://www.electronics-tutorials.ws/pow ... istor.html
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2030
- Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
- Daily Vehicle: LGX
Re: RE: Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan
Yg blm jadiginting wrote: Sat Jul 08, 2017 4:36Oom ada info gak skrg brp kilometer lagi toll jkt to sby yg msh blm tersambung ?coklatMetalik wrote:Tahun Depan, Jakarta-Surabaya Tersambung Tol Trans-Jawa
http://a.msn.com/r/2/BBDXDLC?a=1&m=ID-ID
Kalo sudah begini. Siapa yg msh mau naek argo bromo?
Ada 300 km lagi gak ??
Sent from my K012 using Tapatalk
Brexit - semarang 146 km
Semarang - surabaya 227 km
Tp sy gk tau progress masing2 udh smp mana
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan
ini ane muter2 Sby sama sekali gak terlihat ada tanda2 pembangunan Trem
jangan2 cuman wacana nih
jangan2 cuman wacana nih
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 670
- Joined: Thu May 17, 2012 16:30
Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan
kalo progress fisik rel sih belom ada, approx september baru mulai. Yang ada sekarang baru ngepras2 separator di tengah jalan buat persiapan pasang rel disitu
kalo wacana mah kayanya udah dari before 2015 deh, waktu itu proyeknya masih under pemkot n udah (hampir) dapet kontraktor sebelum diambil alih sama kemenhub.

kalo wacana mah kayanya udah dari before 2015 deh, waktu itu proyeknya masih under pemkot n udah (hampir) dapet kontraktor sebelum diambil alih sama kemenhub.

mau nulis apa ya...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2030
- Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
- Daily Vehicle: LGX
Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan
Nemu akun flickr yg mengandung banyak foto2 kereta jaman PJKA
https://www.flickr.com/photos/42309484@ ... ums/page13
Juga ada foto2 kereta tebu pabrik gula
https://www.flickr.com/photos/42309484@ ... ums/page13
Juga ada foto2 kereta tebu pabrik gula
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2030
- Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
- Daily Vehicle: LGX
Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 670
- Joined: Thu May 17, 2012 16:30
Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan
soal pengembangan HSR ini juga, ada pendapat lebih baik relnya lewat kota-kota yang udah established tapi masih kecil, supaya merangsang pertumbuhan di kota-kota tersebut. Misalnya dari Jakarta (manggarai) bikin stop di Cikarang (Meikarta/Deltamas) dan Purwakarta (Kota) trus lanjut Bandung. Ato Jakarta-Karawang-Bandung. daripada maksa bikin kota baru di antah berantah yang bergunung-gunung dan jauh dari mana-mana(walini).
Kayanya dulu HSR Jepang juga ngembanginnya model begini supaya kota-kota yang kecil bisa tumbuh, CMIIW
Tapi kalo mo pake strategi diatas sih, pembebasan lahannya bisa jadi jauh lebih horor dan lama, ngalah2in pembebasan lahan jalan tol

Kayanya dulu HSR Jepang juga ngembanginnya model begini supaya kota-kota yang kecil bisa tumbuh, CMIIW
Tapi kalo mo pake strategi diatas sih, pembebasan lahannya bisa jadi jauh lebih horor dan lama, ngalah2in pembebasan lahan jalan tol

mau nulis apa ya...
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan
ya kan mmg bakal ada stasiun2 di kota2 yg dilewati
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 670
- Joined: Thu May 17, 2012 16:30
Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan
maksudnya sih posisi track dan stasiunnya jadi lebih di tengah kota, bukan di pinggir kaya yang skarang proposed.

Tapi kalo stasiunnya banyak gini apa bakal sampe kecepatan maksimum tuh kereta, kayanya mending dikurangi jadi 3 aja. Jakarta, Karawang, Bandung.
IMO, Cikarang itu ga butuh HSR secara posisinya masih 30 kilo dari jakarta. Udah ada DDT, ada CL, ada Tol. Mungkin perlunya perluasan CL ato bikin Cireks (Cikarang Express), haha
Tapi kalo stasiunnya banyak gini apa bakal sampe kecepatan maksimum tuh kereta, kayanya mending dikurangi jadi 3 aja. Jakarta, Karawang, Bandung.

IMO, Cikarang itu ga butuh HSR secara posisinya masih 30 kilo dari jakarta. Udah ada DDT, ada CL, ada Tol. Mungkin perlunya perluasan CL ato bikin Cireks (Cikarang Express), haha
mau nulis apa ya...
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan
Ckarang ke depannya akan jadi kota sgt ramai
jadi traffic Jkt - Ckg or Ckg - Bdg pasti akan ramai
Karawang juga......
jadi traffic Jkt - Ckg or Ckg - Bdg pasti akan ramai
Karawang juga......
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 978
- Joined: Thu Apr 23, 2015 21:57
Re: RE: Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan
Nah betul, kebetulan tiap hr PP cikrg - manggarai pake mobil tembus max 3 jam...Izark wrote:maksudnya sih posisi track dan stasiunnya jadi lebih di tengah kota, bukan di pinggir kaya yang skarang proposed.
Tapi kalo stasiunnya banyak gini apa bakal sampe kecepatan maksimum tuh kereta, kayanya mending dikurangi jadi 3 aja. Jakarta, Karawang, Bandung.
![]()
IMO, Cikarang itu ga butuh HSR secara posisinya masih 30 kilo dari jakarta. Udah ada DDT, ada CL, ada Tol. Mungkin perlunya perluasan CL ato bikin Cireks (Cikarang Express), haha
Dengan adanya kereta yg jamnya jelas, muat byk dan cepet sangat ngebantu nih
2015 - 2KD
2024 - K15B

2024 - K15B

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2030
- Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
- Daily Vehicle: LGX
Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan
Stasiun Walini itu kondisinya gmn ya? Apa ada pemukiman/pedesaan disana atau bener2 di tengah kebon teh?
Jangan smp ntar jd kyk di cina ini....
http://www.re-digest.web.id/2017/05/sta ... i.html?m=1
Jangan smp ntar jd kyk di cina ini....
http://www.re-digest.web.id/2017/05/sta ... i.html?m=1
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1412
- Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
- Daily Vehicle: Pleiades
Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan
Btw untuk HST Jakarta - Bandung, kalo via Cipularang itu 149km ya..dengan kondisi menanjak ya..
Jaraknya sih 149km itu masih oke ditempuh dengan HST, mungkin speednya saja dilimit ke 240km/h..149km itu sama seperti jarak:
1. Jōetsu Shinkansen, TANIGAWA All Station Shuttle Service, Tokyo --> Echigo-Yuzawa. Jarak -+ 150km itu hanya sampai Jōmō-Kōgen saja (150,4km), 1 stop sebelum Echigo-Yuzawa. Untuk service nya sendiri dilayani dengan E4 series (max speed 240km/h) dan E2 series (max speed 275 km/h, limited to 240km/h on Jōetsu Shinkansen).
Service Pattern dengan jarak antar stasiun:
Tokyo --3,6km--> Ueno --27,7km--> Ōmiya --36,6km--> Kumagaya --20,1km--> Honjō-Waseda --20,6km--> Takasaki --41,8km--> Jōmō-Kōgen --32,3km--> Echigo-Yuzawa
Saya pernah 2x naik TANIGAWA, jarak tempuh dari ujung ke ujung itu sekitar 90an menit, tapi lumayan juga bisa bikin kedua kota one-day trip, pergi pagi dengan kereta pertama, kalo urusan dah beres tinggal naik kereta jam 1an siang..jam 3 sudah sampai rumah lagi..
2. Tōhoku Shinkansen, NASUNO All Station Shuttle Service, Tokyo --> Oyama/Nasu-shiobara/Kōriyama. Jarak -+ 150km itu hanya sampai Nasu-Shiobara saja (152,4km). Untuk NASUNO dilayani oleh E2 series (max speed 275km/h), E3 series (max speed 275km/h), E5 series (max speed 320km/h), dan E6 series (max speed 320km/h). Operating speed semua kereta kena limit 240km/h.
Service Pattern dengan jarak antar stasiun:
Tokyo --3,6km--> Ueno --27,7km--> Ōmiya --49,3km--> Oyama --28,4km--> Utsunomiya --43,4km--> Nasu-shiobara --26km--> Shin-Shirakawa --35,3km--> Kōriyama
Mungkin HST Bandung bisa dibuat 2 tipe service, pertama limited stop service dan kedua all station shuttle service. Kalo begini sih mungkin aja ada yang kerja di Jakarta tapi tinggal di Walini dan bisa pulang pergi tiap hari..atau kerja di Bandung tp tinggal di Karawang dan bisa pulang pergi tiap hari..
hahaha..
Jaraknya sih 149km itu masih oke ditempuh dengan HST, mungkin speednya saja dilimit ke 240km/h..149km itu sama seperti jarak:
1. Jōetsu Shinkansen, TANIGAWA All Station Shuttle Service, Tokyo --> Echigo-Yuzawa. Jarak -+ 150km itu hanya sampai Jōmō-Kōgen saja (150,4km), 1 stop sebelum Echigo-Yuzawa. Untuk service nya sendiri dilayani dengan E4 series (max speed 240km/h) dan E2 series (max speed 275 km/h, limited to 240km/h on Jōetsu Shinkansen).
Service Pattern dengan jarak antar stasiun:
Tokyo --3,6km--> Ueno --27,7km--> Ōmiya --36,6km--> Kumagaya --20,1km--> Honjō-Waseda --20,6km--> Takasaki --41,8km--> Jōmō-Kōgen --32,3km--> Echigo-Yuzawa
Saya pernah 2x naik TANIGAWA, jarak tempuh dari ujung ke ujung itu sekitar 90an menit, tapi lumayan juga bisa bikin kedua kota one-day trip, pergi pagi dengan kereta pertama, kalo urusan dah beres tinggal naik kereta jam 1an siang..jam 3 sudah sampai rumah lagi..
2. Tōhoku Shinkansen, NASUNO All Station Shuttle Service, Tokyo --> Oyama/Nasu-shiobara/Kōriyama. Jarak -+ 150km itu hanya sampai Nasu-Shiobara saja (152,4km). Untuk NASUNO dilayani oleh E2 series (max speed 275km/h), E3 series (max speed 275km/h), E5 series (max speed 320km/h), dan E6 series (max speed 320km/h). Operating speed semua kereta kena limit 240km/h.
Service Pattern dengan jarak antar stasiun:
Tokyo --3,6km--> Ueno --27,7km--> Ōmiya --49,3km--> Oyama --28,4km--> Utsunomiya --43,4km--> Nasu-shiobara --26km--> Shin-Shirakawa --35,3km--> Kōriyama
Mungkin HST Bandung bisa dibuat 2 tipe service, pertama limited stop service dan kedua all station shuttle service. Kalo begini sih mungkin aja ada yang kerja di Jakarta tapi tinggal di Walini dan bisa pulang pergi tiap hari..atau kerja di Bandung tp tinggal di Karawang dan bisa pulang pergi tiap hari..
hahaha..
#menolaklupa
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 561
- Joined: Sun Nov 23, 2014 5:25
Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan
kereta cepat jkt-bdg, menurut saya sih bisnis utamanya adalah developer
bukan keretanya itu sendiri
banyak lahan2 kosong yang akan dilewati stasiun bisa digoreng
#CMIIW
#Random_thought
#No_data_involved
bukan keretanya itu sendiri
banyak lahan2 kosong yang akan dilewati stasiun bisa digoreng
#CMIIW
#Random_thought
#No_data_involved
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2030
- Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
- Daily Vehicle: LGX
Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan
Sy jg khawatir dgn nasib kebon teh yg dilalui. Sayang sekali jika nanti hilang jd rumah & pabrikransyah1234 wrote: Sun Jul 09, 2017 11:25 kereta cepat jkt-bdg, menurut saya sih bisnis utamanya adalah developer
bukan keretanya itu sendiri
banyak lahan2 kosong yang akan dilewati stasiun bisa digoreng
#CMIIW
#Random_thought
#No_data_involved
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11855
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan
hal seperti itu lagi-lagi kembali ke penguasa setempat, mau terima duit apa enggak untuk keluarken ijin tebang kebon teh untuk dijadiin perumahan dll? semoga aja nggak sampe seperti itu.coklatMetalik wrote: Sun Jul 09, 2017 12:39Sy jg khawatir dgn nasib kebon teh yg dilalui. Sayang sekali jika nanti hilang jd rumah & pabrikransyah1234 wrote: Sun Jul 09, 2017 11:25 kereta cepat jkt-bdg, menurut saya sih bisnis utamanya adalah developer
bukan keretanya itu sendiri
banyak lahan2 kosong yang akan dilewati stasiun bisa digoreng
#CMIIW
#Random_thought
#No_data_involved
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 670
- Joined: Thu May 17, 2012 16:30
Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan
AFAIK kebun teh walini udah di state sebagai tidak produktif, makanya ada wacana ditebas untuk jadi ibukota baru Jabar. (yang sekarang rame diwacanain lagi setelah HST mau berenti disini)
kalo dari jalan tol sih yang kliatan cuma perkebunannya doang. Aslinya ada beberapa pemukiman kecil. dan medannya berbukit2.
kalo dari jalan tol sih yang kliatan cuma perkebunannya doang. Aslinya ada beberapa pemukiman kecil. dan medannya berbukit2.
Last edited by Izark on Mon Jul 10, 2017 1:02, edited 1 time in total.
mau nulis apa ya...
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan
kok wacana-nya aneh ya
utk ibukota baru JaBar kenapa gak bikin di Kertajati aja scr udah ada erport baru di sana
Kebun teh Walini harus tetap jadi jalur hijau / green belt area
utk ibukota baru JaBar kenapa gak bikin di Kertajati aja scr udah ada erport baru di sana
Kebun teh Walini harus tetap jadi jalur hijau / green belt area
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 445
- Joined: Thu Nov 24, 2016 4:11