Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 497
- Joined: Thu Aug 11, 2016 14:27
- Location: Serpong
- Daily Vehicle: Honda CR-V
Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?
Wah butuh saran nih bengkel yg ngarti soal bunyi"an.
Mobil skrg tiap idle idup ac masuk gigi tahan rem bunyi ngik ngik ngik trus. Matiin ac ato netral ilang bunyinya.
Bawa ke hondo suruh ganti tensioner, udah ganti ya ttep ada bunyinya.
Divonis metic yg rusak. Wasalam lah.
Butuh 2nd opinion nih
Mobil skrg tiap idle idup ac masuk gigi tahan rem bunyi ngik ngik ngik trus. Matiin ac ato netral ilang bunyinya.
Bawa ke hondo suruh ganti tensioner, udah ganti ya ttep ada bunyinya.
Divonis metic yg rusak. Wasalam lah.
Butuh 2nd opinion nih
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?
Pengalaman ama beres h tegak d pluit.. krn ini mobil biasa bokap yg pegang jd dbawa ksana ama doi..
- perna servis disemprot2 obat buat evap - 2 hari kmudian ac matot, relay kompresor korslet.
- filter ac ga perna d bersihin, tp doyan bener suru ganti filter udara mesin, br jalan 20 rebu dan masi ga tralu kotor aj ud dsuru ganti
- kl ngisi oli slalu kelebihan d cek dr dipstick
- perna jg ganti oli transmisi dsana, pas jadwal ganti brikutnya ane iseng ganti sendiri, oli yg kluar bsa ampe 4 liter, pdahal kapasitas oil pan cvt nya aj cuman 3.5 liter.. heran ini montir nya demen bgt ngisi kelebihan mulu
- perna servis tune up dsana tp heran nya busi ga perna dicek, binggung tu obat carbjet semprot drmana.. wong TB nya tetep dekil dalem nya pas abis servis..
- perna servis disemprot2 obat buat evap - 2 hari kmudian ac matot, relay kompresor korslet.
- filter ac ga perna d bersihin, tp doyan bener suru ganti filter udara mesin, br jalan 20 rebu dan masi ga tralu kotor aj ud dsuru ganti
- kl ngisi oli slalu kelebihan d cek dr dipstick
- perna jg ganti oli transmisi dsana, pas jadwal ganti brikutnya ane iseng ganti sendiri, oli yg kluar bsa ampe 4 liter, pdahal kapasitas oil pan cvt nya aj cuman 3.5 liter.. heran ini montir nya demen bgt ngisi kelebihan mulu
- perna servis tune up dsana tp heran nya busi ga perna dicek, binggung tu obat carbjet semprot drmana.. wong TB nya tetep dekil dalem nya pas abis servis..
numpang lewat aja....


-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2733
- Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: 2021 Yamaha XSR
Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?
Honda apa om?vinchazz wrote: Sat Apr 27, 2019 17:05 Wah butuh saran nih bengkel yg ngarti soal bunyi"an.
Mobil skrg tiap idle idup ac masuk gigi tahan rem bunyi ngik ngik ngik trus. Matiin ac ato netral ilang bunyinya.
Bawa ke hondo suruh ganti tensioner, udah ganti ya ttep ada bunyinya.
Divonis metic yg rusak. Wasalam lah.
Butuh 2nd opinion nih
Coba ke beres lain deh
Kalo tinggal di jkt coba ke honda megatama kalimalang itu cukup oke servisnya
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 497
- Joined: Thu Aug 11, 2016 14:27
- Location: Serpong
- Daily Vehicle: Honda CR-V
Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?
Crv 2007 om, kalimalang jago ya teknisinya
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2733
- Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: 2021 Yamaha XSR
Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?
Dulu beberapa kali servis disitu sih oke om
Belum pernah perbaikan besar sih tapi SA nya cukup komunikatif
Btw ane ganti oli di honda triputra bekasi oktober tahun lalu
Jasa ganti oli mahal bgt. Masa kena 150rb
Jasa ganti oli transmisi AT 100rb
Ogah kesitu lagi
Ganti oli mending di shop n drive beli voucher di blibli.com

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4358
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?
SOP-nya masih ngaco ya, bengkel H tegak legendaris yang bikin saya seumur hidup *amit2* ga mau lagi beli ahond, btw masih jualan oli top1 ga ya bengkel itu?DOHC wrote: Sat Apr 27, 2019 22:41 Pengalaman ama beres h tegak d pluit.. krn ini mobil biasa bokap yg pegang jd dbawa ksana ama doi..
- perna servis disemprot2 obat buat evap - 2 hari kmudian ac matot, relay kompresor korslet.
- filter ac ga perna d bersihin, tp doyan bener suru ganti filter udara mesin, br jalan 20 rebu dan masi ga tralu kotor aj ud dsuru ganti
- kl ngisi oli slalu kelebihan d cek dr dipstick
- perna jg ganti oli transmisi dsana, pas jadwal ganti brikutnya ane iseng ganti sendiri, oli yg kluar bsa ampe 4 liter, pdahal kapasitas oil pan cvt nya aj cuman 3.5 liter.. heran ini montir nya demen bgt ngisi kelebihan mulu
- perna servis tune up dsana tp heran nya busi ga perna dicek, binggung tu obat carbjet semprot drmana.. wong TB nya tetep dekil dalem nya pas abis servis..

-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?
kayanya ud kaga om, makanya skrg jualannya yg aneh2.. ini jg gegara mobil ane owner sblom nya ud beli paket servis nya, jadi nya dilanjut ama bokap... kl ga sehh, haram ane ksana jg..kunaskun wrote: Sun Apr 28, 2019 14:19SOP-nya masih ngaco ya, bengkel H tegak legendaris yang bikin saya seumur hidup *amit2* ga mau lagi beli ahond, btw masih jualan oli top1 ga ya bengkel itu?DOHC wrote: Sat Apr 27, 2019 22:41 Pengalaman ama beres h tegak d pluit.. krn ini mobil biasa bokap yg pegang jd dbawa ksana ama doi..
- perna servis disemprot2 obat buat evap - 2 hari kmudian ac matot, relay kompresor korslet.
- filter ac ga perna d bersihin, tp doyan bener suru ganti filter udara mesin, br jalan 20 rebu dan masi ga tralu kotor aj ud dsuru ganti
- kl ngisi oli slalu kelebihan d cek dr dipstick
- perna jg ganti oli transmisi dsana, pas jadwal ganti brikutnya ane iseng ganti sendiri, oli yg kluar bsa ampe 4 liter, pdahal kapasitas oil pan cvt nya aj cuman 3.5 liter.. heran ini montir nya demen bgt ngisi kelebihan mulu
- perna servis tune up dsana tp heran nya busi ga perna dicek, binggung tu obat carbjet semprot drmana.. wong TB nya tetep dekil dalem nya pas abis servis..![]()
numpang lewat aja....


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4358
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?
service package honda bukannya bisa pindah beres? CMIIW.DOHC wrote: Sun Apr 28, 2019 14:26 kayanya ud kaga om, makanya skrg jualannya yg aneh2.. ini jg gegara mobil ane owner sblom nya ud beli paket servis nya, jadi nya dilanjut ama bokap... kl ga sehh, haram ane ksana jg..
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?
kunaskun wrote: Sun Apr 28, 2019 14:48service package honda bukannya bisa pindah beres? CMIIW.DOHC wrote: Sun Apr 28, 2019 14:26 kayanya ud kaga om, makanya skrg jualannya yg aneh2.. ini jg gegara mobil ane owner sblom nya ud beli paket servis nya, jadi nya dilanjut ama bokap... kl ga sehh, haram ane ksana jg..
Tp yg plg deket rumah yah itu om.. dann kata bokap enaknya tuh slalu sepi, jd nunggu ga lama..
numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1112
- Joined: Wed Mar 15, 2017 9:14
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: Yamaha
Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?
nah itu, perlu dipertanyakan kenapa....DOHC wrote: Mon Apr 29, 2019 1:03kunaskun wrote: Sun Apr 28, 2019 14:48service package honda bukannya bisa pindah beres? CMIIW.DOHC wrote: Sun Apr 28, 2019 14:26 kayanya ud kaga om, makanya skrg jualannya yg aneh2.. ini jg gegara mobil ane owner sblom nya ud beli paket servis nya, jadi nya dilanjut ama bokap... kl ga sehh, haram ane ksana jg..
Tp yg plg deket rumah yah itu om.. dann kata bokap enaknya tuh slalu sepi, jd nunggu ga lama..

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 291
- Joined: Mon Nov 19, 2012 6:45
Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?
Baik beres atau non beres perlu dicek.
Pernah di non beres perintah kerja mobil lain di mobil saya . Untung bloom dikerjakan .
di beres merk jepun dicek sparepart ganti nya sama persis dgn yg diganti . Terutama mobil cbu thailand & barang vital misal brakepad depan . Sampai terpaksa beli ulang dari negara tetangga .
di beres merk eurocar jg sama tp kebersihan kerja nya . Misal oli mesin bisa masuk ke ruang busi gara2 tuang oli baru.
Pernah di non beres perintah kerja mobil lain di mobil saya . Untung bloom dikerjakan .
di beres merk jepun dicek sparepart ganti nya sama persis dgn yg diganti . Terutama mobil cbu thailand & barang vital misal brakepad depan . Sampai terpaksa beli ulang dari negara tetangga .
di beres merk eurocar jg sama tp kebersihan kerja nya . Misal oli mesin bisa masuk ke ruang busi gara2 tuang oli baru.
-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: Wed May 08, 2019 17:06
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Nissan Serena
Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?
Bengkel resmi biasanya cuma pas garansi aja..selebihnya, sudah ada montir andalan dari jaman kijang super sampe nissan serena selalu dia dan ga pernah masalah. Intinya sih dri kita nya aja percaya atau ngga..enaknya kalo non beres dan orangnya kita percaga yaaa kita bisa tau mana yang harus diganti mana yang belum harus diganti. Keuntungan service di beres pas dijual lagi aja..ada catatan cinta di buku servicenya
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 257
- Joined: Wed Aug 21, 2013 17:22
Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?
Selama 9 thn di Beres Daihatsu dan 4 thn di Beres Mazda dua duanya fine2 saja..ga ada SA yang mau ngadalin buaya..
Sekarang beralih ke Beres T deket rumah yang katanya numero uno malah kuciwa..dan nimbang2 cari beres lain untuk mencegah garansi void saja..
Ceritannya kemaren2 7/5/19 serv Yaris 2NR di 10K.
Bused itu SA
Datang dgn keluhan..
-Bunyi2 di daerah shock kiri depan kl lewat jalan jelek/poldur
-Langsam naek turun kl di lampu merah (sy tunjukan by foto, rpm kadang 800/700 drop ke 600..mesin jd geter ga enak)
-Air reservoar turun sampai setengah..nguap banyak bener ini.
Jawab SA :
- Bunyi2an nanti tes jalan di cek sama mekanik..skrg understeel dulu saja.
- Rpm? Ya nanti di cek...
Kemudian sy diedukasi
"Pak pabrikan cuma mensyaratkan langsam dibawah 1000, ga bisa jd patokan hrs di 800/700. Dia akan naek kl beban mesin bertambah mis.ac on/blower nyala...bla bla bla..."
(waduh itumah sy tau bener pak...ini mah setelan langsaam bisa tiba2 turun...emang turun nya tidak lgs drop tp.gradual..tp tetep bikin getaran ga enak).
Sy baca2 m2sky punya om Josomba ngalamin ky gini juga...katanya mesti update di ecu..
- Air cadangan turun? Ya nanti di cek kl2 ada kebocoran, seharusnya turunnya ga banyak..nanti di bleeding barangkali ada angin palsu. (Kl inimah jawabannya OK lah)
OK serah terima dan nunggu.
Msk j.9 kelar j.11..dan sy dipanggil.
"Sudah slsai pak sudah dicek semua, bpk dipersilahkan kekasir dan nanti tes jalan sm mekanik."
Pas lihat perincian tertulis : Oli 4l TMO, wah sy kaget
"Pak kok ini diisi 4l.?"
Saya tunjukan sekrinshut file pdf mesin 2nr....3,3l dgn filter olie.
"Ooh ndak pak..itu bp belinya 4l tp ga dimasukan semua..kami kesulitan mengukur pas 3.3l..jd nanti sisanya bpk bw...dan malah dianya balik nanya :
"Bpk dpt dr mana itu isi olie 3.3l?
"Lha ini dr file pfd pak yg dari CD itu"....(ga mikir dia apa kita pembeli ga dpt manual book sm CD?)
Selanjutnya tes jalan sama mekanik suruhan SA. Dan di jalan ngobrol lah sama mekanik.
"Udah understeel dan di cek kaki kaki sehat pak".
Dan pas tes jalan bunyi2an msh ada tp bunyi yg sy maksud malah samar2...ya wes munkin sementara problem solve
“Setelan langsam?”
"Iya td dibersihin TB nya pak yg ada kupu2 itu menghitam di semprot2 lalu dibersihkan, busi jg di cek”.
Yo wis dan saya rasakan langsam membaik..
“Air reservoir?”
"Udah di bleeding pak dan dicek ga ada kebocoran..”
Ga kerasa udh sampai di gerbang Beres..
"Bpk mau ketemu SA lg?"
"Wah ga usahlah" (Ane pikir semua penjelasan udh dpt dr tangan pertama).
Drop mekanik dan cus ke rumah.
Di jalan ketemu lg poldur...daaan bler/der bunyi disekitar shock kiri terdengar lg.
Ketemu lampu merah, langsam drop lagi...sedikit emang.. Jadi td itu, ini mobil diapain aja?
Besoknya sy buka kap mesin...
- Cek reservoir..levelnya jd nambah ada mungkin 1-2cm diatas maks..
- Buka cover mesin sy amati... lebih gelowg lg....Area sekitaran busi dan coil msh berdebu..ga ada bekas tangan/lap sama sekali..juga baud2 sekitaran TB dan sensor masih perawan..ga ada bekas bukaan samsek..beda sama tutup olie yg bersih..
Jd yg dikerjain sama diomongin SA+ mekanik kemaren apaan aja ya..? Batal tu puasanya...kl emang puasa.
Kesimpulan.
Demi cuan gede, jd yg dibilang free jasa itu emang sepertinya free bener2 ga dikerjain..mesin ga diapa2in...malah diberi edukasi...
Yg dikerjain cuma ganti olie sm balans...karena materialnya kita yg beli...
Di Nota ada klausal garansi pengerjaan : General Repair 15 hr/1000km.
Lg nimbang2 mau klaim atau next serv cari beres lain yg bener2 beres.
Satu lg..dobel pipitiai gimmick doang..dalkot macet-lancar sekitar 1:8 atw 1:9...itu di mid
Di Tol variasi macet bekasi cikampek cipularang 1:15 ~17.


Sekarang beralih ke Beres T deket rumah yang katanya numero uno malah kuciwa..dan nimbang2 cari beres lain untuk mencegah garansi void saja..
Ceritannya kemaren2 7/5/19 serv Yaris 2NR di 10K.
Bused itu SA

Datang dgn keluhan..
-Bunyi2 di daerah shock kiri depan kl lewat jalan jelek/poldur
-Langsam naek turun kl di lampu merah (sy tunjukan by foto, rpm kadang 800/700 drop ke 600..mesin jd geter ga enak)
-Air reservoar turun sampai setengah..nguap banyak bener ini.
Jawab SA :
- Bunyi2an nanti tes jalan di cek sama mekanik..skrg understeel dulu saja.
- Rpm? Ya nanti di cek...
Kemudian sy diedukasi

"Pak pabrikan cuma mensyaratkan langsam dibawah 1000, ga bisa jd patokan hrs di 800/700. Dia akan naek kl beban mesin bertambah mis.ac on/blower nyala...bla bla bla..."
(waduh itumah sy tau bener pak...ini mah setelan langsaam bisa tiba2 turun...emang turun nya tidak lgs drop tp.gradual..tp tetep bikin getaran ga enak).
Sy baca2 m2sky punya om Josomba ngalamin ky gini juga...katanya mesti update di ecu..
- Air cadangan turun? Ya nanti di cek kl2 ada kebocoran, seharusnya turunnya ga banyak..nanti di bleeding barangkali ada angin palsu. (Kl inimah jawabannya OK lah)
OK serah terima dan nunggu.
Msk j.9 kelar j.11..dan sy dipanggil.
"Sudah slsai pak sudah dicek semua, bpk dipersilahkan kekasir dan nanti tes jalan sm mekanik."
Pas lihat perincian tertulis : Oli 4l TMO, wah sy kaget
"Pak kok ini diisi 4l.?"
Saya tunjukan sekrinshut file pdf mesin 2nr....3,3l dgn filter olie.
"Ooh ndak pak..itu bp belinya 4l tp ga dimasukan semua..kami kesulitan mengukur pas 3.3l..jd nanti sisanya bpk bw...dan malah dianya balik nanya :
"Bpk dpt dr mana itu isi olie 3.3l?
"Lha ini dr file pfd pak yg dari CD itu"....(ga mikir dia apa kita pembeli ga dpt manual book sm CD?)
Selanjutnya tes jalan sama mekanik suruhan SA. Dan di jalan ngobrol lah sama mekanik.
"Udah understeel dan di cek kaki kaki sehat pak".
Dan pas tes jalan bunyi2an msh ada tp bunyi yg sy maksud malah samar2...ya wes munkin sementara problem solve
“Setelan langsam?”
"Iya td dibersihin TB nya pak yg ada kupu2 itu menghitam di semprot2 lalu dibersihkan, busi jg di cek”.
Yo wis dan saya rasakan langsam membaik..
“Air reservoir?”
"Udah di bleeding pak dan dicek ga ada kebocoran..”
Ga kerasa udh sampai di gerbang Beres..
"Bpk mau ketemu SA lg?"
"Wah ga usahlah" (Ane pikir semua penjelasan udh dpt dr tangan pertama).
Drop mekanik dan cus ke rumah.
Di jalan ketemu lg poldur...daaan bler/der bunyi disekitar shock kiri terdengar lg.
Ketemu lampu merah, langsam drop lagi...sedikit emang.. Jadi td itu, ini mobil diapain aja?

Besoknya sy buka kap mesin...
- Cek reservoir..levelnya jd nambah ada mungkin 1-2cm diatas maks..

- Buka cover mesin sy amati... lebih gelowg lg....Area sekitaran busi dan coil msh berdebu..ga ada bekas tangan/lap sama sekali..juga baud2 sekitaran TB dan sensor masih perawan..ga ada bekas bukaan samsek..beda sama tutup olie yg bersih..
Jd yg dikerjain sama diomongin SA+ mekanik kemaren apaan aja ya..? Batal tu puasanya...kl emang puasa.
Kesimpulan.
Demi cuan gede, jd yg dibilang free jasa itu emang sepertinya free bener2 ga dikerjain..mesin ga diapa2in...malah diberi edukasi...
Yg dikerjain cuma ganti olie sm balans...karena materialnya kita yg beli...
Di Nota ada klausal garansi pengerjaan : General Repair 15 hr/1000km.
Lg nimbang2 mau klaim atau next serv cari beres lain yg bener2 beres.
Satu lg..dobel pipitiai gimmick doang..dalkot macet-lancar sekitar 1:8 atw 1:9...itu di mid
Di Tol variasi macet bekasi cikampek cipularang 1:15 ~17.


-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1836
- Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
- Location: INA
- Daily Vehicle: Diesel
Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?
kalo servis di beres mah saya udah kapok.
alkisah bbrp tahun lalu busi pemanas mobil Kuda Diesel koit..krn ga mau pusing, saya masukkan ke beres M yang cukup besar
mungkin karena udah jarang tipe mobil saya yang servis...sampe inden 2 hari...ga masalah..
pas selesai,SA info mobil tetap susah dihidupkan pak...mesti start rada panjang, alasannya krn saya udah cangkok keong ex L200 & injection pump-nya
males debat...saya bayar aja & bawa pulang mobil
sampe rumah iseng bongkar sendiri..ternyata tu busi kendor..diputar pake tangan aja bisa...bangkeee...
akhirnya kencengin semua sendiri & solved
ntah knp saya merasa montir2 muda jaman sekarang ini logikanya udh jarang dipake..udh kayak mesin males mikir
karena itu saya ga pernah pindah dari montir langganan, umur udah 50-an, kl kerja lambat karena serba mau apik
alkisah bbrp tahun lalu busi pemanas mobil Kuda Diesel koit..krn ga mau pusing, saya masukkan ke beres M yang cukup besar
mungkin karena udah jarang tipe mobil saya yang servis...sampe inden 2 hari...ga masalah..
pas selesai,SA info mobil tetap susah dihidupkan pak...mesti start rada panjang, alasannya krn saya udah cangkok keong ex L200 & injection pump-nya
males debat...saya bayar aja & bawa pulang mobil
sampe rumah iseng bongkar sendiri..ternyata tu busi kendor..diputar pake tangan aja bisa...bangkeee...
akhirnya kencengin semua sendiri & solved
ntah knp saya merasa montir2 muda jaman sekarang ini logikanya udh jarang dipake..udh kayak mesin males mikir
karena itu saya ga pernah pindah dari montir langganan, umur udah 50-an, kl kerja lambat karena serba mau apik
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 52
- Joined: Thu Aug 23, 2018 5:18
Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?
mungkin.. just mungkin.. semua beres sedang educate pelanggan.. bahwa apa yg mereka beli dan pake .. apapun itu... tmasuk unit mobilnya.. masuk klasifikasi fast moving di mereka..
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3701
- Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13
Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?
Selama pengalaman mengunjungi beres H tegak dan S
Beres H tegak: servis 35rb km (ganti oli + filter oli) eh malah disodorin langsung list servis 40rb km kurleb habis 4jt, flush cleaner langsung ane tolak, ditawarin ganti ban alasannya expired (ban bawaan michellin produksi tahun 2013), untung langsung gercep pilih servis ganti oli + filter oli doang. Total cost termasuk jasa = 810rb termasuk PPN sayangnya tanpa diskon
Beres S: servis 15rb km, SA masukin list ganti oli aja tanpa ganti filter oli, untung ane langsung gercep masukin filter oli ke list pekerjaannya. Total cost termasuk jasa = 467rb termasuk PPN + diskon
Penasaran juga ama beres T yg di atas2 ane ceritain tentang servis berkala
, sering2nya ke beres S ama H terus 
Beres H tegak: servis 35rb km (ganti oli + filter oli) eh malah disodorin langsung list servis 40rb km kurleb habis 4jt, flush cleaner langsung ane tolak, ditawarin ganti ban alasannya expired (ban bawaan michellin produksi tahun 2013), untung langsung gercep pilih servis ganti oli + filter oli doang. Total cost termasuk jasa = 810rb termasuk PPN sayangnya tanpa diskon
Beres S: servis 15rb km, SA masukin list ganti oli aja tanpa ganti filter oli, untung ane langsung gercep masukin filter oli ke list pekerjaannya. Total cost termasuk jasa = 467rb termasuk PPN + diskon
Penasaran juga ama beres T yg di atas2 ane ceritain tentang servis berkala


There is no past nor future, only now - Nathan MLBB
2017 TM2FX MT
2022 NF11T11C01 MT
2017 TM2FX MT
2022 NF11T11C01 MT
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3450
- Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45
Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?
Saya terakhir servis berkala 70rb di T semarang, ongkos 6xx dan oli bawa sendiri tapi filter oli jg ganti. Spooring2an, cairan sy tolak semua nggak ada masalah sih. Cuma 2 bulan lalu telp ke dealer yg sama buat servis 80rb, jasa nya sendiri udah 1,2jt belum incl jasa kuras atf, part bs 1,4an. Langsung balik badan ke carfix, habisnya hampir sama tapi yg dikerjain lebih terukur dan jelas. Sekarang kl servis rutin selain ganti oli-filter oli pasti saya minta bersih2in filter2 sama servis rem thok. Dan jatuhnya lebih efektif kl lihat hasilnya. Sebelum2nya tiap servis di T paling murah habisnya 1,8; padahal yaris tua umur 12thsandal wrote: Thu May 09, 2019 9:33 Selama pengalaman mengunjungi beres H tegak dan S
Beres H tegak: servis 35rb km (ganti oli + filter oli) eh malah disodorin langsung list servis 40rb km kurleb habis 4jt, flush cleaner langsung ane tolak, ditawarin ganti ban alasannya expired (ban bawaan michellin produksi tahun 2013), untung langsung gercep pilih servis ganti oli + filter oli doang. Total cost termasuk jasa = 810rb termasuk PPN sayangnya tanpa diskon
Beres S: servis 15rb km, SA masukin list ganti oli aja tanpa ganti filter oli, untung ane langsung gercep masukin filter oli ke list pekerjaannya. Total cost termasuk jasa = 467rb termasuk PPN + diskon
Penasaran juga ama beres T yg di atas2 ane ceritain tentang servis berkala, sering2nya ke beres S ama H terus
![]()
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 697
- Joined: Tue Apr 07, 2015 12:25
- Location: Perawang, Riau
- Daily Vehicle: Yamaha Jupiter Z
Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?
Kamis minggu kemarin service dibengkel Nissan untuk km 60 rb. Ganti oli transmisi, radiator coolant, spooring, benerin klip bemper, oli bawa sendiri kena total 1.6 jt. Mahal nggak Om
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 317
- Joined: Mon Dec 31, 2018 12:52
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Mazda2 yaris
Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?
Maaf om kalo bole tau itu beresnya yang merk apa?Mastermax wrote: Thu May 09, 2019 4:54 Selama 9 thn di Beres Daihatsu dan 4 thn di Beres Mazda dua duanya fine2 saja..ga ada SA yang mau ngadalin buaya..![]()
Sekarang beralih ke Beres T deket rumah yang katanya numero uno malah kuciwa..dan nimbang2 cari beres lain untuk mencegah garansi void saja..
Ceritannya kemaren2 7/5/19 serv Yaris 2NR di 10K.
Bused itu SA![]()
Datang dgn keluhan..
-Bunyi2 di daerah shock kiri depan kl lewat jalan jelek/poldur
-Langsam naek turun kl di lampu merah (sy tunjukan by foto, rpm kadang 800/700 drop ke 600..mesin jd geter ga enak)
-Air reservoar turun sampai setengah..nguap banyak bener ini.
Jawab SA :
- Bunyi2an nanti tes jalan di cek sama mekanik..skrg understeel dulu saja.
- Rpm? Ya nanti di cek...
Kemudian sy diedukasi![]()
"Pak pabrikan cuma mensyaratkan langsam dibawah 1000, ga bisa jd patokan hrs di 800/700. Dia akan naek kl beban mesin bertambah mis.ac on/blower nyala...bla bla bla..."
(waduh itumah sy tau bener pak...ini mah setelan langsaam bisa tiba2 turun...emang turun nya tidak lgs drop tp.gradual..tp tetep bikin getaran ga enak).
Sy baca2 m2sky punya om Josomba ngalamin ky gini juga...katanya mesti update di ecu..
- Air cadangan turun? Ya nanti di cek kl2 ada kebocoran, seharusnya turunnya ga banyak..nanti di bleeding barangkali ada angin palsu. (Kl inimah jawabannya OK lah)
OK serah terima dan nunggu.
Msk j.9 kelar j.11..dan sy dipanggil.
"Sudah slsai pak sudah dicek semua, bpk dipersilahkan kekasir dan nanti tes jalan sm mekanik."
Pas lihat perincian tertulis : Oli 4l TMO, wah sy kaget
"Pak kok ini diisi 4l.?"
Saya tunjukan sekrinshut file pdf mesin 2nr....3,3l dgn filter olie.
"Ooh ndak pak..itu bp belinya 4l tp ga dimasukan semua..kami kesulitan mengukur pas 3.3l..jd nanti sisanya bpk bw...dan malah dianya balik nanya :
"Bpk dpt dr mana itu isi olie 3.3l?
"Lha ini dr file pfd pak yg dari CD itu"....(ga mikir dia apa kita pembeli ga dpt manual book sm CD?)
Selanjutnya tes jalan sama mekanik suruhan SA. Dan di jalan ngobrol lah sama mekanik.
"Udah understeel dan di cek kaki kaki sehat pak".
Dan pas tes jalan bunyi2an msh ada tp bunyi yg sy maksud malah samar2...ya wes munkin sementara problem solve
“Setelan langsam?”
"Iya td dibersihin TB nya pak yg ada kupu2 itu menghitam di semprot2 lalu dibersihkan, busi jg di cek”.
Yo wis dan saya rasakan langsam membaik..
“Air reservoir?”
"Udah di bleeding pak dan dicek ga ada kebocoran..”
Ga kerasa udh sampai di gerbang Beres..
"Bpk mau ketemu SA lg?"
"Wah ga usahlah" (Ane pikir semua penjelasan udh dpt dr tangan pertama).
Drop mekanik dan cus ke rumah.
Di jalan ketemu lg poldur...daaan bler/der bunyi disekitar shock kiri terdengar lg.
Ketemu lampu merah, langsam drop lagi...sedikit emang.. Jadi td itu, ini mobil diapain aja?![]()
Besoknya sy buka kap mesin...
- Cek reservoir..levelnya jd nambah ada mungkin 1-2cm diatas maks..![]()
- Buka cover mesin sy amati... lebih gelowg lg....Area sekitaran busi dan coil msh berdebu..ga ada bekas tangan/lap sama sekali..juga baud2 sekitaran TB dan sensor masih perawan..ga ada bekas bukaan samsek..beda sama tutup olie yg bersih..
Jd yg dikerjain sama diomongin SA+ mekanik kemaren apaan aja ya..? Batal tu puasanya...kl emang puasa.
Kesimpulan.
Demi cuan gede, jd yg dibilang free jasa itu emang sepertinya free bener2 ga dikerjain..mesin ga diapa2in...malah diberi edukasi...
Yg dikerjain cuma ganti olie sm balans...karena materialnya kita yg beli...
Di Nota ada klausal garansi pengerjaan : General Repair 15 hr/1000km.
Lg nimbang2 mau klaim atau next serv cari beres lain yg bener2 beres.
Satu lg..dobel pipitiai gimmick doang..dalkot macet-lancar sekitar 1:8 atw 1:9...itu di mid
Di Tol variasi macet bekasi cikampek cipularang 1:15 ~17.
![]()
![]()
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3450
- Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45
Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?
Buat ngehindar gitu, sekarang begitu servis berkala saya tongkrongin om biar kelihatan mekanik nya bener2 kerjaMastermax wrote: Thu May 09, 2019 4:54 Selama 9 thn di Beres Daihatsu dan 4 thn di Beres Mazda dua duanya fine2 saja..ga ada SA yang mau ngadalin buaya..![]()
Sekarang beralih ke Beres T deket rumah yang katanya numero uno malah kuciwa..dan nimbang2 cari beres lain untuk mencegah garansi void saja..
Ceritannya kemaren2 7/5/19 serv Yaris 2NR di 10K.
Bused itu SA![]()
Datang dgn keluhan..
-Bunyi2 di daerah shock kiri depan kl lewat jalan jelek/poldur
-Langsam naek turun kl di lampu merah (sy tunjukan by foto, rpm kadang 800/700 drop ke 600..mesin jd geter ga enak)
-Air reservoar turun sampai setengah..nguap banyak bener ini.
Jawab SA :
- Bunyi2an nanti tes jalan di cek sama mekanik..skrg understeel dulu saja.
- Rpm? Ya nanti di cek...
Kemudian sy diedukasi![]()
"Pak pabrikan cuma mensyaratkan langsam dibawah 1000, ga bisa jd patokan hrs di 800/700. Dia akan naek kl beban mesin bertambah mis.ac on/blower nyala...bla bla bla..."
(waduh itumah sy tau bener pak...ini mah setelan langsaam bisa tiba2 turun...emang turun nya tidak lgs drop tp.gradual..tp tetep bikin getaran ga enak).
Sy baca2 m2sky punya om Josomba ngalamin ky gini juga...katanya mesti update di ecu..
- Air cadangan turun? Ya nanti di cek kl2 ada kebocoran, seharusnya turunnya ga banyak..nanti di bleeding barangkali ada angin palsu. (Kl inimah jawabannya OK lah)
OK serah terima dan nunggu.
Msk j.9 kelar j.11..dan sy dipanggil.
"Sudah slsai pak sudah dicek semua, bpk dipersilahkan kekasir dan nanti tes jalan sm mekanik."
Pas lihat perincian tertulis : Oli 4l TMO, wah sy kaget
"Pak kok ini diisi 4l.?"
Saya tunjukan sekrinshut file pdf mesin 2nr....3,3l dgn filter olie.
"Ooh ndak pak..itu bp belinya 4l tp ga dimasukan semua..kami kesulitan mengukur pas 3.3l..jd nanti sisanya bpk bw...dan malah dianya balik nanya :
"Bpk dpt dr mana itu isi olie 3.3l?
"Lha ini dr file pfd pak yg dari CD itu"....(ga mikir dia apa kita pembeli ga dpt manual book sm CD?)
Selanjutnya tes jalan sama mekanik suruhan SA. Dan di jalan ngobrol lah sama mekanik.
"Udah understeel dan di cek kaki kaki sehat pak".
Dan pas tes jalan bunyi2an msh ada tp bunyi yg sy maksud malah samar2...ya wes munkin sementara problem solve
“Setelan langsam?”
"Iya td dibersihin TB nya pak yg ada kupu2 itu menghitam di semprot2 lalu dibersihkan, busi jg di cek”.
Yo wis dan saya rasakan langsam membaik..
“Air reservoir?”
"Udah di bleeding pak dan dicek ga ada kebocoran..”
Ga kerasa udh sampai di gerbang Beres..
"Bpk mau ketemu SA lg?"
"Wah ga usahlah" (Ane pikir semua penjelasan udh dpt dr tangan pertama).
Drop mekanik dan cus ke rumah.
Di jalan ketemu lg poldur...daaan bler/der bunyi disekitar shock kiri terdengar lg.
Ketemu lampu merah, langsam drop lagi...sedikit emang.. Jadi td itu, ini mobil diapain aja?![]()
Besoknya sy buka kap mesin...
- Cek reservoir..levelnya jd nambah ada mungkin 1-2cm diatas maks..![]()
- Buka cover mesin sy amati... lebih gelowg lg....Area sekitaran busi dan coil msh berdebu..ga ada bekas tangan/lap sama sekali..juga baud2 sekitaran TB dan sensor masih perawan..ga ada bekas bukaan samsek..beda sama tutup olie yg bersih..
Jd yg dikerjain sama diomongin SA+ mekanik kemaren apaan aja ya..? Batal tu puasanya...kl emang puasa.
Kesimpulan.
Demi cuan gede, jd yg dibilang free jasa itu emang sepertinya free bener2 ga dikerjain..mesin ga diapa2in...malah diberi edukasi...
Yg dikerjain cuma ganti olie sm balans...karena materialnya kita yg beli...
Di Nota ada klausal garansi pengerjaan : General Repair 15 hr/1000km.
Lg nimbang2 mau klaim atau next serv cari beres lain yg bener2 beres.
Satu lg..dobel pipitiai gimmick doang..dalkot macet-lancar sekitar 1:8 atw 1:9...itu di mid
Di Tol variasi macet bekasi cikampek cipularang 1:15 ~17.
![]()
![]()
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 396
- Joined: Tue Sep 26, 2017 7:38
Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?
Baca2 posts diatas jd kejawab knp akhir2 ini bengkel h tegak jejeran rumah sakit mata jadi sepi.
Kl sekarang tiap mobil masuk pasti langsung dikerjain, tanpa harus dijemur diparkiran untuk nunggu giliran.
Yg sy perhatiin malah kebanyakan yg dtg ke beres ini customer lama yg mobil2nya lumayan antik ky honda legend, accord maestro, city karbu, estilo, odc ra & rb
Ini salah 1 nya
Kl sekarang tiap mobil masuk pasti langsung dikerjain, tanpa harus dijemur diparkiran untuk nunggu giliran.
Yg sy perhatiin malah kebanyakan yg dtg ke beres ini customer lama yg mobil2nya lumayan antik ky honda legend, accord maestro, city karbu, estilo, odc ra & rb
Ini salah 1 nya
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2733
- Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: 2021 Yamaha XSR
Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?
Beres paling ajaib beres cap S di kota ane tinggal
Kejadian desember 2012 pas mobil baru 5rb KM
Ganti oli dipakein engine flush tanpa ganti filter oli
Taunya pas cek di invoice
Besoknya kuras lagi di shop n drive ganti oli baru + filternya jadi buang2 duit
Belakangan kalo mobil ditarik diatas 4000 RPM kyk ada suara knocking/ngelitik jangan2 kena metal2nya
Ada satu jg bengkel cap S jg di dekat rumah ane jg
Ganti oli ditulis 5 L di invoice padahal kapasitas oli cuma 3,9 L (termasuk filter)
Pas dicek di rumah ternyata dibawah tanda FULL berarti cuma diisi 3,5 L
Trus beli oli SGO seliter di beres S lainnya buat top up. Eh dikasih pake botol oli bekas merek total WTF
Tapi sudahlah mobil udah dijual dari 2016

Kejadian desember 2012 pas mobil baru 5rb KM
Ganti oli dipakein engine flush tanpa ganti filter oli
Taunya pas cek di invoice
Besoknya kuras lagi di shop n drive ganti oli baru + filternya jadi buang2 duit
Belakangan kalo mobil ditarik diatas 4000 RPM kyk ada suara knocking/ngelitik jangan2 kena metal2nya
Ada satu jg bengkel cap S jg di dekat rumah ane jg
Ganti oli ditulis 5 L di invoice padahal kapasitas oli cuma 3,9 L (termasuk filter)
Pas dicek di rumah ternyata dibawah tanda FULL berarti cuma diisi 3,5 L
Trus beli oli SGO seliter di beres S lainnya buat top up. Eh dikasih pake botol oli bekas merek total WTF
Tapi sudahlah mobil udah dijual dari 2016

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 257
- Joined: Wed Aug 21, 2013 17:22
Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?
PM send om....Tampanman wrote: Thu May 09, 2019 10:28Maaf om kalo bole tau itu beresnya yang merk apa?Mastermax wrote: Thu May 09, 2019 4:54 Selama 9 thn di Beres Daihatsu dan 4 thn di Beres Mazda dua duanya fine2 saja..ga ada SA yang mau ngadalin buaya..![]()
Sekarang beralih ke Beres T deket rumah yang katanya numero uno malah kuciwa..dan nimbang2 cari beres lain untuk mencegah garansi void saja..
Ceritannya kemaren2 7/5/19 serv Yaris 2NR di 10K.
Bused itu SA![]()
Datang dgn keluhan..
-Bunyi2 di daerah shock kiri depan kl lewat jalan jelek/poldur
-Langsam naek turun kl di lampu merah (sy tunjukan by foto, rpm kadang 800/700 drop ke 600..mesin jd geter ga enak)
-Air reservoar turun sampai setengah..nguap banyak bener ini.
Jawab SA :
- Bunyi2an nanti tes jalan di cek sama mekanik..skrg understeel dulu saja.
- Rpm? Ya nanti di cek...
Kemudian sy diedukasi![]()
"Pak pabrikan cuma mensyaratkan langsam dibawah 1000, ga bisa jd patokan hrs di 800/700. Dia akan naek kl beban mesin bertambah mis.ac on/blower nyala...bla bla bla..."
(waduh itumah sy tau bener pak...ini mah setelan langsaam bisa tiba2 turun...emang turun nya tidak lgs drop tp.gradual..tp tetep bikin getaran ga enak).
Sy baca2 m2sky punya om Josomba ngalamin ky gini juga...katanya mesti update di ecu..
- Air cadangan turun? Ya nanti di cek kl2 ada kebocoran, seharusnya turunnya ga banyak..nanti di bleeding barangkali ada angin palsu. (Kl inimah jawabannya OK lah)
OK serah terima dan nunggu.
Msk j.9 kelar j.11..dan sy dipanggil.
"Sudah slsai pak sudah dicek semua, bpk dipersilahkan kekasir dan nanti tes jalan sm mekanik."
Pas lihat perincian tertulis : Oli 4l TMO, wah sy kaget
"Pak kok ini diisi 4l.?"
Saya tunjukan sekrinshut file pdf mesin 2nr....3,3l dgn filter olie.
"Ooh ndak pak..itu bp belinya 4l tp ga dimasukan semua..kami kesulitan mengukur pas 3.3l..jd nanti sisanya bpk bw...dan malah dianya balik nanya :
"Bpk dpt dr mana itu isi olie 3.3l?
"Lha ini dr file pfd pak yg dari CD itu"....(ga mikir dia apa kita pembeli ga dpt manual book sm CD?)
Selanjutnya tes jalan sama mekanik suruhan SA. Dan di jalan ngobrol lah sama mekanik.
"Udah understeel dan di cek kaki kaki sehat pak".
Dan pas tes jalan bunyi2an msh ada tp bunyi yg sy maksud malah samar2...ya wes munkin sementara problem solve
“Setelan langsam?”
"Iya td dibersihin TB nya pak yg ada kupu2 itu menghitam di semprot2 lalu dibersihkan, busi jg di cek”.
Yo wis dan saya rasakan langsam membaik..
“Air reservoir?”
"Udah di bleeding pak dan dicek ga ada kebocoran..”
Ga kerasa udh sampai di gerbang Beres..
"Bpk mau ketemu SA lg?"
"Wah ga usahlah" (Ane pikir semua penjelasan udh dpt dr tangan pertama).
Drop mekanik dan cus ke rumah.
Di jalan ketemu lg poldur...daaan bler/der bunyi disekitar shock kiri terdengar lg.
Ketemu lampu merah, langsam drop lagi...sedikit emang.. Jadi td itu, ini mobil diapain aja?![]()
Besoknya sy buka kap mesin...
- Cek reservoir..levelnya jd nambah ada mungkin 1-2cm diatas maks..![]()
- Buka cover mesin sy amati... lebih gelowg lg....Area sekitaran busi dan coil msh berdebu..ga ada bekas tangan/lap sama sekali..juga baud2 sekitaran TB dan sensor masih perawan..ga ada bekas bukaan samsek..beda sama tutup olie yg bersih..
Jd yg dikerjain sama diomongin SA+ mekanik kemaren apaan aja ya..? Batal tu puasanya...kl emang puasa.
Kesimpulan.
Demi cuan gede, jd yg dibilang free jasa itu emang sepertinya free bener2 ga dikerjain..mesin ga diapa2in...malah diberi edukasi...
Yg dikerjain cuma ganti olie sm balans...karena materialnya kita yg beli...
Di Nota ada klausal garansi pengerjaan : General Repair 15 hr/1000km.
Lg nimbang2 mau klaim atau next serv cari beres lain yg bener2 beres.
Satu lg..dobel pipitiai gimmick doang..dalkot macet-lancar sekitar 1:8 atw 1:9...itu di mid
Di Tol variasi macet bekasi cikampek cipularang 1:15 ~17.
![]()
![]()

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 257
- Joined: Wed Aug 21, 2013 17:22
Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?
Buat ngehindar gitu, sekarang begitu servis berkala saya tongkrongin om biar kelihatan mekanik nya bener2 kerja
[/quote]
Hehe...nah iya om..next serv mau coba ditongkrongin

-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 44
- Joined: Thu Apr 07, 2016 17:42
Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?
Pengalaman di beres T semarang, tepatnya di kaligawe
Mobil dr lahir sampe 2017 lalu dijual, kilometer terakhir klo gak salah inget 277rban always servis disono. Gak ada 1 part pun yg ganti diluar bengkel resmi (kecuali ban n aki prnh beli 1x di SnD)
Gak pernah ada keluhan sama sekali dgn pelayanannya, dr kilometer 0 sampe 277rb jg oli selalu TMO 10w40 ganti per 10rb. Ini emang servisnya yg bagus apa emang mobilnya yg badak?
Mobil satunya kadang servis disono cm utk kasus lmyn berat aja spt; ganti seal cover valve, bearing roda, dll juga gak pernah ada keluhan. Apa gara2 udah sohib sama SA dan tu mekanik ane tongkrongin disebelahnya ye?
Mobil dr lahir sampe 2017 lalu dijual, kilometer terakhir klo gak salah inget 277rban always servis disono. Gak ada 1 part pun yg ganti diluar bengkel resmi (kecuali ban n aki prnh beli 1x di SnD)
Gak pernah ada keluhan sama sekali dgn pelayanannya, dr kilometer 0 sampe 277rb jg oli selalu TMO 10w40 ganti per 10rb. Ini emang servisnya yg bagus apa emang mobilnya yg badak?
Mobil satunya kadang servis disono cm utk kasus lmyn berat aja spt; ganti seal cover valve, bearing roda, dll juga gak pernah ada keluhan. Apa gara2 udah sohib sama SA dan tu mekanik ane tongkrongin disebelahnya ye?