FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2308
- Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00
Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????
penasaran dengan feedback dari dealer kayak gimana, pas om F272 komplain..
apakah.. "oh memang itu karakter mobilnya pak".. atau "oke pak segera kita tangani"
apakah.. "oh memang itu karakter mobilnya pak".. atau "oke pak segera kita tangani"
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7653
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????
hrsnya problem constant ada .... bukan ilang n ada ...... sehingga susah u ditunjukkan saat ke bengkel
apalagi foreperson umumnya tdk focus satu dua mobil sj
kalo problem ada hanya saat engine masih dingin (pagi)..... terpaksa kluar wang u sewa car carrier (dulu 2014 skitar rp.400-500ribu u skali angkut dlm kota jkt) kalo tdk mau mobil stay overnite di bengkel
apalagi foreperson umumnya tdk focus satu dua mobil sj
kalo problem ada hanya saat engine masih dingin (pagi)..... terpaksa kluar wang u sewa car carrier (dulu 2014 skitar rp.400-500ribu u skali angkut dlm kota jkt) kalo tdk mau mobil stay overnite di bengkel
-
- SM Specialist
- Posts: 4780
- Joined: Mon Apr 29, 2013 6:12
- Location: Kota Bogor
- Daily Vehicle: ANF 2019
Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????
Itu Pokok permasalahan yang akan saya share disini...PRBS wrote:penasaran dengan feedback dari dealer kayak gimana, pas om F272 komplain..
apakah.. "oh memang itu karakter mobilnya pak".. atau "oke pak segera kita tangani"
Kredibilitas dan nama baik Produsen Toyota yg mengeluarkan Fortuner 2016 di Indonesia menurut saya sedang dipertaruhkan
Apalagi sekarang dijalanan mungkin bisa jadi pertarungan 2 sosok kendaraan yang paling menonjol itu adalah ANF & ANPS, mau tidak mau kedua produsen harus saling menyelamatkan muda mereka dan masa depan jualan nya... ini jg menurut saya, bisa salah..bisa mungkin benar..
Akan saya share nanti om.. Cerita bagaimana saya komplain.. berapa kali.. hasilnya gimana... dan kondisi saat ini bagaimana...
oiya.. sedikit share : Saya bukan sengaja mengulur2 waktu supaya trit ini menjadi panjang, tapi memang waktu saya mengetik agak sulit..
kalo di Hp.. suka salah2..tapi enak nya bisa ngetik sambil tiduran di kasur (sebelum akhirnya saya keburu ditarik istri buat bobo..wkwkwk)
kalo ngetik di komputer enaknya banyak foto2 yg bisa saya sertakan...untuk lebih jelas nya kronologi... tapi pas di depan komputer saya malah sibuk kerja... ya duit mana bisa saya cuekin om.. pasti saya duluin duit masuk dulu lah dibanding ngetik SM hahaha...
Pokok nya...akan saya kupas satu per satu... Selamat menyimak...



Betul om NR... problem engga konstan... kadang muncul..kadang engga alias baik2 aja..newrubble wrote:hrsnya problem constant ada .... bukan ilang n ada ...... sehingga susah u ditunjukkan saat ke bengkel
apalagi foreperson umumnya tdk focus satu dua mobil sj
kalo problem ada hanya saat engine masih dingin (pagi)..... terpaksa kluar wang u sewa car carrier (dulu 2014 skitar rp.400-500ribu u skali angkut dlm kota jkt) kalo tdk mau mobil stay overnite di bengkel
Tapi saya sudah menemukan cara untuk perlihatkan sesuka hati ke pihak TAM... dengan cara : Saya Rekam pake Camera HP
dan itu mujarab... lalu saya suru nginap VRZ di Auto2000 saya kasih Solar Full tank.. plus Uang Tol... "silahkan pake sampai Anda merasakan ada yang engga beres dengan VRZ saya.." begitu kira2 saya bicara ke SA & TL di A2K.. dan sudah saya lakukan..
Kebetulan rumah saya ke A2K cuma berjarak 5 menit aja (tanpa macet), kalo macet yaaa..25 menita lah, jadi ga perlu towing..




Foto ini diambil saat pertama kali Komplen dan akan dilakukan pengecekan...
Terlihat di sebrang sana sudah ada 1 VRZ yg juga mengalami hal yang sama.. OMG..


-
- SM Moderator
- Posts: 4486
- Joined: Tue May 29, 2007 12:23
- Location: Ke mana pun tugas negara membawaku
-
- SM Specialist
- Posts: 2794
- Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup
Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????
Epo x fe masalah jg gak mbah ryan?Ryan Steele wrote:nyimak...
demi 30 karakter

FWD + FWD + 4WD + 4WD = 

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 282
- Joined: Wed Jun 13, 2012 9:11
- Location: Persebaya sampe tuek
- Daily Vehicle: Venturer + cx9 sky + mobilio rs mt
Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????
Exterior boleh lexus like, jeroan sakit2an... 2kd + a340 4-speed = eternal love
Cars have soul.
-
- SM Moderator
- Posts: 4486
- Joined: Tue May 29, 2007 12:23
- Location: Ke mana pun tugas negara membawaku
Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????
Jangan sampe kelakuan lama gw nyembelih orang keluar lagi nih...b8099ok wrote:Epo x fe masalah jg gak mbah ryan?Ryan Steele wrote:nyimak...
demi 30 karakter
no signature
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1261
- Joined: Mon Jan 21, 2008 15:00
Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????
R&D mesin fortuner baru dimana ya ? Thai ? Jepang ? Karawang ? Apa gak ada test lapangan dulu diberbagai medan/Iklim ?
Boleh dibilang Parah kalau kasusnya banyak & kesalahan ada di design mekanikalnya.. hrs redesign & pasti ribet..
Boleh dibilang Parah kalau kasusnya banyak & kesalahan ada di design mekanikalnya.. hrs redesign & pasti ribet..
Lagi nginjek rem..
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 46
- Joined: Sun Nov 08, 2015 2:46
Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????
Kira2 perlu ga ya tempel kertas di body mobil dan bikin baju yang tulisannya kira2 "fortuner vrz saya matiknya kasar"..."mobil 1/2milyard matiknya jedag jedug"...spt pemilik nissan march. Sekalian minta ganti unit baru /refund saja Pak...sepertinya berhasi kykl kes ibu ludmila


-
- SM Moderator
- Posts: 4486
- Joined: Tue May 29, 2007 12:23
- Location: Ke mana pun tugas negara membawaku
Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????
Si Aryo t*lol itu? Yang kaki kanannya gak sekolah?
Gak level lah... cara murahan dan kampungan.
Berkelas donk. Antara klaim, jual, atau gak dipedulikan.
1.
Gak tahan, klaim.
Udah klaim sampe ganti spare part masih belom bisa, ganti unit baru
Masih bermasalah juga? Opsi 2 atau 3.
2.
Gak mau ribet? Jual.
3.
Gak mau peduliin? Go live with that. Simple.
Gak level lah... cara murahan dan kampungan.
Berkelas donk. Antara klaim, jual, atau gak dipedulikan.
1.
Gak tahan, klaim.
Udah klaim sampe ganti spare part masih belom bisa, ganti unit baru
Masih bermasalah juga? Opsi 2 atau 3.
2.
Gak mau ribet? Jual.
3.
Gak mau peduliin? Go live with that. Simple.
Last edited by Ryan Steele on Tue Aug 16, 2016 8:12, edited 1 time in total.
no signature
-
- SM Moderator
- Posts: 812
- Joined: Thu Jul 17, 2014 5:10
- Location: Mampang Prapatan
- Daily Vehicle: Gerobak sayur
Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????
Ternyata sdh mulai terkuak permasalahan di vrz ini,
Jadi msh mending vnt yg transmisinya jadoel
Tp apa memang hampir semua produk vrz punya permasalahan ini atau cuman segelintir org seperti om Wahdi yg kena....
Jadi msh mending vnt yg transmisinya jadoel
Tp apa memang hampir semua produk vrz punya permasalahan ini atau cuman segelintir org seperti om Wahdi yg kena....
---Diesel ayukkk, Bensin ayukkk------
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 123
- Joined: Thu Mar 28, 2013 4:53
Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????
ada yang tahu trigger sebuah produk di recall? tp di indonesia produknya sdh sempurna smua. di sluruh dunia recall di sini kecil sekali kemungkinannya
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4630
- Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54
Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????
Wadow mobil 500 jt pindah dari P ke R kok bunyi yah. Mungkin diupload kesini saja sekalian biar tahu bunyi logam beradu sekeras apa
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 264
- Joined: Fri Jan 01, 2010 1:40
Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????
Bro F 272,,, "satu per satu" itu semua masalah transmisi ? atau "de el el"F 272 wrote:.............
Akan saya share nanti om.. Cerita bagaimana saya komplain.. berapa kali.. hasilnya gimana... dan kondisi saat ini bagaimana...
oiya.. sedikit share : Saya bukan sengaja mengulur2 waktu supaya trit ini menjadi panjang, tapi memang waktu saya mengetik agak sulit..
kalo di Hp.. suka salah2..tapi enak nya bisa ngetik sambil tiduran di kasur (sebelum akhirnya saya keburu ditarik istri buat bobo..wkwkwk)
kalo ngetik di komputer enaknya banyak foto2 yg bisa saya sertakan...untuk lebih jelas nya kronologi... tapi pas di depan komputer saya malah sibuk kerja... ya duit mana bisa saya cuekin om.. pasti saya duluin duit masuk dulu lah dibanding ngetik SM hahaha...
Pokok nya...akan saya kupas satu per satu... Selamat menyimak...
...........

Saya sekitar 3mgg lalu sempat berkunjung ke a2k langgan (a2k kenji


Karena boil kutinggal, ambil sorean dah sepi saya bincang2 dg SA fav gw... dia bilang kl emang di tempat dia baru 1 42ner yg komplen dan sekarang katanya prosedurnya ga reinitiate, trus?... "gini pak sekarang di ukur2 (ga tau di ukur apanya hahaha...) kl emang out of spec di foto2 ... trus di pesankan ke pusat di GANTI 1 GELONDONGAN matic-nya beres dahhh"

lah sekarang kl baca kasus bro F 272, itu mah cuman janji2 palsu

-
- SM Specialist
- Posts: 4780
- Joined: Mon Apr 29, 2013 6:12
- Location: Kota Bogor
- Daily Vehicle: ANF 2019
Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????
Saya akan langsung ke Point utama, detail kronologis nya akan saya akan share cerita nya disini secara ber urutan
Setelah mengalami kejadian beberapa kali Tuas Tranmisi nyangkut dan menimbulkan suara gesekan logam keras di kolong mobil sekitar area transmisi matic.. Saya pun mengalami gejala... Perpindahan gigi persneling yang kasar...baik saat gigi naik (akselerasi) maupun gigi turun (de akselerasi).. bunyi nya dek dek dek... agak engga enak rasanya.. berbeda dengan gigi persneling VNTurbo yang hanya 4 percepatan yg memang juga tidak bisa dikatakan halus..tapi tidak sekasar ini...dan saya sangat hafal karena sudah mengendarai VNT sejauh 60.000 km selama 3 tahun (2013 sd 2016) jadi saya tahu betul mana yg kasar normal...dan mana yg kasar tidak normal.. di sebuah Toyota Fortuner, walaupun beda generasi.. apalagi VRZ adalah generasi terbaru, mustinya lebih canggih dan meningkatkan kenyamanan (menurut saya)
di Ruas Lampung timur saat VRZ saya bawa ke Palembang, terjadi juga Gas nyangkut... seperti tali gas yang nyangkut tidak bisa turun, tapi VRZ kan sudah pasti tidak lagi menggunakan tali..alias Drive by wire (DBW) jadi ini bukan tali nya yang nyangkut pastinya... tapi kejadian malam itu benar2 terjadi... saya sedang berjalan di kecepatan 60km / jam menyusuri perkebunan Tebu di Lampung timur..tiba2 mobil di depan terlihat menginjak rem karena lampu rem nya menyala..secara reflek saya pun ikutan angkat kaki dari pedal gas... tapi belum sempat injak pedal rem.. saya kaget karena RPM tidak turun...dan mesin agak meraung.. saya sampai segera memeriksa tuas perneling untuk memastikan tuas masih pada posisi D, ternyata masih pada posisi D, yg saya khawatirkan tuas tergeser ke N, tapi ternyata tidak... dia tetap pada tempatnya yaitu posisi D... saya coba injak pedal Rem.. tetap RPM di posisi meraung dengan kecepatan tetap di awal yaitu 60 km / jam.. baru saya injak 2 sd 3x pedal rem... Rpm nya turun dan normal kembali... kejadian begitu cepat..tapi saya juga cepat menguasai keadaan.. sehingga tidak terjadi apa2 malam itu... Kronologis ini pun saya sampaikan ke SA dan TL di A2K Yasmin Bogor sejak saya melakukan Complaint pertama. menurut saya ini masih ada hubungan nya dengan ketidak beresan transmisi matic di VRZ saya..entah betul atau tidak.. tapi kejadian ini hanya terjadi 1x selama VRZ ini di tangan saya... sampai sekarang belum terjadi lagi..mudah2an tidak ada lagi... karena saya membayangkan jika itu terjadi saat mobil berada di Tol dg kecepatan tinggi misal 150 Km / Jam... tentu tidak akan mudah mengatasinya seperti saya alami pada kecepatan 60 km / jam malam itu di ruas Lampung Timur..
1. Complaint pertama saya lakukan ke Bengkel Auto2000 di Kota Bogor, karena disana langganan saya Service VNT selama 3th, saya ada langganan Sa yang sudh kenal baik dan saya puas dengan pelayanan nya.. nama nya Pak Andi Pardillah.. dia mau berkomunikasi via Wa maupun telepon dengan saya kapan pun saya mau (selama Wa nya dia baca), ini yg saya suka.. seolah saya punya konsultan Toyota yg saya pakai.. Begitupun ketika VRZ ini mulai ada gejala2 tuas nyangkut.. saya langsung Wa dia..dan dia langsung info bahwa sudah ada 4 unit VRZ yg demikian di A2K Yasmin Bogor.. 3 sudah selesai perbaikan (dg pengecekan terlebih dulu) dan 1 masih di Pit (yg saya foto dekat VRZ F272) .. 3 VRZ yg sudah selesai perbaikan kata dia tidak ada keluhan lagi...(atau mungkin belum sempat mengeluh) perbaikan yg dilakukan adalah meliputi : Test Jalan dulu.. investigasi oleh tim dan Tehnik Leader (TL)..setelah ketauan/terasa gejala nya..dilakukan lah Flushing oil matic + Bersihkan Dtariner Matic nya... Test jalan... Bagus.. Selesai..mobil dikembalikan ke Pemilik.
Dan VRZ saya sudah masuk PIT hari Senin pagi jam 08.00 wib, tgl.18 Juli 2016 setelah janjian / Booking Service dulu, karena Tim yg menangani VRZ ini harus benar2 dipersiapkan, bukan service rutin biasa.. mungkin VRZ termasuk type baru pula. VRZ baru keluar dai bengkel A2K Yasmin itu Hari Rabu tanggal 20 Juli 2016 sore jam 16.00 saya jemput dan komunikasi langsung dengan SA, dia tunjukkan beberapa foto saat proses pekerjaan Flushing oil matic + Bersihkan Dtariner Matic dilakukan... saya lihat sparepart nya lumayan rumit dan besar di Foto itu.. VRZ pun saya bawa pulang tapi belum sempat Test Drive kemana2 karena jalanan macet... sampai rumah sih aman2 saja...tapi hati saya tetap merasa belum tenang, seolah feeling dan insting saya berkata ini mobil tetap masih menyimpan penyakit yg akan timbul sewaktu2. yah untuk sementara rasanya cukup lah.. tinggal Test drive saja VRZ ini sejauh mana perubahan setelah perbaikan Complaint pertama..
VRZ saya pakai mutar2 selama 1 mingguan dan selama pamakaian itu.. saya tetap mearasakan gejala2 sama seperti sebelum perbaikan..
Saya pun kembali menyampaikan ke pihak A2K Yasmin ke TL dan SA ya... tapi dalam proses penyampain informasi2 perkembangan VRZ ini saya lakukan dengan cara2 saya tersendiri.. bukan dengan cara2 yg mungkin kebanyakan orang sering lakukan...
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
Setelah mengalami kejadian beberapa kali Tuas Tranmisi nyangkut dan menimbulkan suara gesekan logam keras di kolong mobil sekitar area transmisi matic.. Saya pun mengalami gejala... Perpindahan gigi persneling yang kasar...baik saat gigi naik (akselerasi) maupun gigi turun (de akselerasi).. bunyi nya dek dek dek... agak engga enak rasanya.. berbeda dengan gigi persneling VNTurbo yang hanya 4 percepatan yg memang juga tidak bisa dikatakan halus..tapi tidak sekasar ini...dan saya sangat hafal karena sudah mengendarai VNT sejauh 60.000 km selama 3 tahun (2013 sd 2016) jadi saya tahu betul mana yg kasar normal...dan mana yg kasar tidak normal.. di sebuah Toyota Fortuner, walaupun beda generasi.. apalagi VRZ adalah generasi terbaru, mustinya lebih canggih dan meningkatkan kenyamanan (menurut saya)
di Ruas Lampung timur saat VRZ saya bawa ke Palembang, terjadi juga Gas nyangkut... seperti tali gas yang nyangkut tidak bisa turun, tapi VRZ kan sudah pasti tidak lagi menggunakan tali..alias Drive by wire (DBW) jadi ini bukan tali nya yang nyangkut pastinya... tapi kejadian malam itu benar2 terjadi... saya sedang berjalan di kecepatan 60km / jam menyusuri perkebunan Tebu di Lampung timur..tiba2 mobil di depan terlihat menginjak rem karena lampu rem nya menyala..secara reflek saya pun ikutan angkat kaki dari pedal gas... tapi belum sempat injak pedal rem.. saya kaget karena RPM tidak turun...dan mesin agak meraung.. saya sampai segera memeriksa tuas perneling untuk memastikan tuas masih pada posisi D, ternyata masih pada posisi D, yg saya khawatirkan tuas tergeser ke N, tapi ternyata tidak... dia tetap pada tempatnya yaitu posisi D... saya coba injak pedal Rem.. tetap RPM di posisi meraung dengan kecepatan tetap di awal yaitu 60 km / jam.. baru saya injak 2 sd 3x pedal rem... Rpm nya turun dan normal kembali... kejadian begitu cepat..tapi saya juga cepat menguasai keadaan.. sehingga tidak terjadi apa2 malam itu... Kronologis ini pun saya sampaikan ke SA dan TL di A2K Yasmin Bogor sejak saya melakukan Complaint pertama. menurut saya ini masih ada hubungan nya dengan ketidak beresan transmisi matic di VRZ saya..entah betul atau tidak.. tapi kejadian ini hanya terjadi 1x selama VRZ ini di tangan saya... sampai sekarang belum terjadi lagi..mudah2an tidak ada lagi... karena saya membayangkan jika itu terjadi saat mobil berada di Tol dg kecepatan tinggi misal 150 Km / Jam... tentu tidak akan mudah mengatasinya seperti saya alami pada kecepatan 60 km / jam malam itu di ruas Lampung Timur..
1. Complaint pertama saya lakukan ke Bengkel Auto2000 di Kota Bogor, karena disana langganan saya Service VNT selama 3th, saya ada langganan Sa yang sudh kenal baik dan saya puas dengan pelayanan nya.. nama nya Pak Andi Pardillah.. dia mau berkomunikasi via Wa maupun telepon dengan saya kapan pun saya mau (selama Wa nya dia baca), ini yg saya suka.. seolah saya punya konsultan Toyota yg saya pakai.. Begitupun ketika VRZ ini mulai ada gejala2 tuas nyangkut.. saya langsung Wa dia..dan dia langsung info bahwa sudah ada 4 unit VRZ yg demikian di A2K Yasmin Bogor.. 3 sudah selesai perbaikan (dg pengecekan terlebih dulu) dan 1 masih di Pit (yg saya foto dekat VRZ F272) .. 3 VRZ yg sudah selesai perbaikan kata dia tidak ada keluhan lagi...(atau mungkin belum sempat mengeluh) perbaikan yg dilakukan adalah meliputi : Test Jalan dulu.. investigasi oleh tim dan Tehnik Leader (TL)..setelah ketauan/terasa gejala nya..dilakukan lah Flushing oil matic + Bersihkan Dtariner Matic nya... Test jalan... Bagus.. Selesai..mobil dikembalikan ke Pemilik.
Dan VRZ saya sudah masuk PIT hari Senin pagi jam 08.00 wib, tgl.18 Juli 2016 setelah janjian / Booking Service dulu, karena Tim yg menangani VRZ ini harus benar2 dipersiapkan, bukan service rutin biasa.. mungkin VRZ termasuk type baru pula. VRZ baru keluar dai bengkel A2K Yasmin itu Hari Rabu tanggal 20 Juli 2016 sore jam 16.00 saya jemput dan komunikasi langsung dengan SA, dia tunjukkan beberapa foto saat proses pekerjaan Flushing oil matic + Bersihkan Dtariner Matic dilakukan... saya lihat sparepart nya lumayan rumit dan besar di Foto itu.. VRZ pun saya bawa pulang tapi belum sempat Test Drive kemana2 karena jalanan macet... sampai rumah sih aman2 saja...tapi hati saya tetap merasa belum tenang, seolah feeling dan insting saya berkata ini mobil tetap masih menyimpan penyakit yg akan timbul sewaktu2. yah untuk sementara rasanya cukup lah.. tinggal Test drive saja VRZ ini sejauh mana perubahan setelah perbaikan Complaint pertama..
VRZ saya pakai mutar2 selama 1 mingguan dan selama pamakaian itu.. saya tetap mearasakan gejala2 sama seperti sebelum perbaikan..
Saya pun kembali menyampaikan ke pihak A2K Yasmin ke TL dan SA ya... tapi dalam proses penyampain informasi2 perkembangan VRZ ini saya lakukan dengan cara2 saya tersendiri.. bukan dengan cara2 yg mungkin kebanyakan orang sering lakukan...
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 561
- Joined: Sun Nov 23, 2014 5:25
Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????
waduh...kok menakutkan...F 272 wrote:terjadi juga Gas nyangkut... seperti tali gas yang nyangkut tidak bisa turun, tapi VRZ kan sudah pasti tidak lagi menggunakan tali..alias Drive by wire (DBW) jadi ini bukan tali nya yang nyangkut pastinya... tapi kejadian malam itu benar2 terjadi... saya sedang berjalan di kecepatan 60km / jam menyusuri perkebunan Tebu di Lampung timur..tiba2 mobil di depan terlihat menginjak rem karena lampu rem nya menyala..secara reflek saya pun ikutan angkat kaki dari pedal gas... tapi belum sempat injak pedal rem.. saya kaget karena RPM tidak turun...dan mesin agak meraung.. saya sampai segera memeriksa tuas perneling untuk memastikan tuas masih pada posisi D, ternyata masih pada posisi D, yg saya khawatirkan tuas tergeser ke N, tapi ternyata tidak... dia tetap pada tempatnya yaitu posisi D... saya coba injak pedal Rem.. tetap RPM di posisi meraung dengan kecepatan tetap di awal yaitu 60 km / jam.. baru saya injak 2 sd 3x pedal rem... Rpm nya turun dan normal kembali...
hati2 kawan2 lain yang pake fortuner baru juga ya semoga selalu selamat...
nah om F272 mungkin bisa liaise closely dengan om NR perihal ini, seingat saya dulu om NR pernah ada cerita case mengenai fortuner lamanya juga yang kurang baik...(entah disini atau di sebelah)
mohon maaf kalau ingatan saya salah
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1960
- Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
- Location: jkt
Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????
Dr deskrip diatas, (asumsi mbl msh baru)
shifting AT kasar= solusi nya flushing oil + cleaning dtrainer
*Solusi diatas br masuk akal dilakukan klo memang sedari awal dr pabrikan sono ada slh type oli matic yg digunakan yg tdk sesuai spec.
*jk oli at di anggap sdh "sesuai spec", flushing/cleaning ngga mungkin ngilangan penyakitnya, Itu artinya di tranny systemnya ada yg flaws disitu.
Meski ganti gelondongan, klo blm ada perubahan/perbaikan di material tranny yg flaws itu ya sama saja...bakal muncul lagi itu penyakit.
shifting AT kasar= solusi nya flushing oil + cleaning dtrainer
*Solusi diatas br masuk akal dilakukan klo memang sedari awal dr pabrikan sono ada slh type oli matic yg digunakan yg tdk sesuai spec.
*jk oli at di anggap sdh "sesuai spec", flushing/cleaning ngga mungkin ngilangan penyakitnya, Itu artinya di tranny systemnya ada yg flaws disitu.
Meski ganti gelondongan, klo blm ada perubahan/perbaikan di material tranny yg flaws itu ya sama saja...bakal muncul lagi itu penyakit.
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 781
- Joined: Thu Jan 01, 2009 17:47
Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????
waduh .. jadi takut beli new fortuner...
Mobilio Prestige L15Z1 iVtec Cvt 2014 Grey
Jazz Gk5 L15Z5 Ivtec Earthdream Cvt 2015 White
Veloz 3SZ VE 1.5 Vvti M 2013 White
Avanza K3VE 1.3 Vvti 2012 Black
ANH10 ASG 2AZ FE 2.4 Vvti 2007 Black
Jazz Gk5 L15Z5 Ivtec Earthdream Cvt 2015 White
Veloz 3SZ VE 1.5 Vvti M 2013 White
Avanza K3VE 1.3 Vvti 2012 Black
ANH10 ASG 2AZ FE 2.4 Vvti 2007 Black
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 264
- Joined: Fri Jan 01, 2010 1:40
Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????
Gileee... gas nyangkut... kalau terbukti bisa di ulangi gejalanya (recreate symptom)... harusnya ini point recall international (ini kan produk global, katanya
)
masak kudu tunggu ada (maaf ya, saya ga doain yg jelek2) korban jiwa. zzzz...

masak kudu tunggu ada (maaf ya, saya ga doain yg jelek2) korban jiwa. zzzz...

-
- SM Specialist
- Posts: 16668
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????
".... ada suara gesekan logam waktu mindah dari P ke R" ....
Dugaan saya malah kena clutch pack nya.... Soalnya part yang bergesekan di transmisi matic waktu mindah perseneleng itu clutch (kopling) nya... Kalo berat dan ada suara gesekan logam... kemungkinan clutch nya gak mau release dan waktu om Wahdi maksa pindah ke R dia "terpaksa" release... jadi terjadilah suara gesekan itu. CMIIW.
Harus dilakukan OH Matic baru bisa ketauan....
Flushing ATF bukan solusi sih.... Idem om jivos. Flushing ATF dilakukan kalau spesifikasi nya memang gak sesuai.... atau sudah waktunya dikuras.
Sedikit cerita, Honda Civic FB2 saya kemarin sempat bergetar di sekitaran tuas perseneleng dan dasbor tengah waktu ngoper ke R di posisi mesin dingin pagi hari. Lalu saya lakukan flushing ATF baru ketauan ATF nya sudah jelek sekali... Setelah dikuras sampe sekarang gejala kasar waktu ngoper di R pagi hari gak terjadi lagi.
Dugaan saya malah kena clutch pack nya.... Soalnya part yang bergesekan di transmisi matic waktu mindah perseneleng itu clutch (kopling) nya... Kalo berat dan ada suara gesekan logam... kemungkinan clutch nya gak mau release dan waktu om Wahdi maksa pindah ke R dia "terpaksa" release... jadi terjadilah suara gesekan itu. CMIIW.
Harus dilakukan OH Matic baru bisa ketauan....
Flushing ATF bukan solusi sih.... Idem om jivos. Flushing ATF dilakukan kalau spesifikasi nya memang gak sesuai.... atau sudah waktunya dikuras.
Sedikit cerita, Honda Civic FB2 saya kemarin sempat bergetar di sekitaran tuas perseneleng dan dasbor tengah waktu ngoper ke R di posisi mesin dingin pagi hari. Lalu saya lakukan flushing ATF baru ketauan ATF nya sudah jelek sekali... Setelah dikuras sampe sekarang gejala kasar waktu ngoper di R pagi hari gak terjadi lagi.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3209
- Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
- Location: idn, 18 mdpl
- Daily Vehicle: b48 1gd 4a9
Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????
Klo matic ny ini masi pake torque converter.. tida bisa dibuka n diganti oil nya.. harus diganti 1 gelondong unit torque concerterny.. dugaan om chz sepertiny benar juga..
Atau..
Klo pas di brake masih ngegas ya berarti ada masalah di programny, ini mobil kan dah ga pake kabel gas kayak jaman dulu.. sy kira fitur power mode dan eco ny it masi prematur... kan hanya setel responsif pedal .. tp transmisiny tida tau menau alias ga sinkron (maklum bukan bmw)...
Cara tes keamanan peda gas dan rem easy sj.... klo di camry sy.. pas kita injak gas dan saat bersamaan kaki kiri injak rem (emamg sengaja sy coba) tampa release pedal gas maka rpm berapa pun akan ke idle n tida ada power ... n mau ente injak full pedal gas nya pun selama anda tetap menginjak pedal rem ngak akan naik rpm ny.. tp tida tau apa fortuner juga seperti itu apa tidak.. klo mau coba pastikan safe ..
Atau..
Klo pas di brake masih ngegas ya berarti ada masalah di programny, ini mobil kan dah ga pake kabel gas kayak jaman dulu.. sy kira fitur power mode dan eco ny it masi prematur... kan hanya setel responsif pedal .. tp transmisiny tida tau menau alias ga sinkron (maklum bukan bmw)...
Cara tes keamanan peda gas dan rem easy sj.... klo di camry sy.. pas kita injak gas dan saat bersamaan kaki kiri injak rem (emamg sengaja sy coba) tampa release pedal gas maka rpm berapa pun akan ke idle n tida ada power ... n mau ente injak full pedal gas nya pun selama anda tetap menginjak pedal rem ngak akan naik rpm ny.. tp tida tau apa fortuner juga seperti itu apa tidak.. klo mau coba pastikan safe ..
engine roaring!
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 158
- Joined: Wed Jan 14, 2009 8:34
Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????
@F272, andai waktu itu sesuai diskusi kita u beli landcruiser, hahaha. This would not even exist
Masih belum terlambat om F272, trade in aja, banyak prado nganggur dan LC200 nganggur di dealer

Masih belum terlambat om F272, trade in aja, banyak prado nganggur dan LC200 nganggur di dealer

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1327
- Joined: Mon Apr 20, 2009 6:17
Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????
Iy saya jg pernah baca berita kl toyota ANKI baru gasnya nyangkut. milik anggota DPRD di jawa barat seingat saya. cuma saya lupa link nya di mana karena nda saya save.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 433
- Joined: Mon Feb 15, 2016 16:19
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Anki
Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????
Setau saya bukan nyangkut ya. Tp kalau d taro d mode power, selagi kita angkat kaki kita dr gas, dia memang manteng d rpm tinggi supaya standby lgsg kita gas lagi biar respon jauh lebih cepat, jdi ga kayak d mode normal atau eco yg dia lgsg pindah gigi lebih tinggi, yg menyebabkan lost power dlu walau d kick down lagi. Tp kalau kejadian d mode normal atau eco bgung jga. Cmiiw ya..
Trus om F272, setiap taro mobil, apakah uda pernah d coba untuk taro posisi N, tarik rem tangan baru masuk P?
Tp ya memang transmisi 2gd ini sangatw parah perpindahannya. Amat sangat amat amat kasar. Hahaha
Trus om F272, setiap taro mobil, apakah uda pernah d coba untuk taro posisi N, tarik rem tangan baru masuk P?
Tp ya memang transmisi 2gd ini sangatw parah perpindahannya. Amat sangat amat amat kasar. Hahaha
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 264
- Joined: Fri Jan 01, 2010 1:40
Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????
Aku bantu jawab dikit ya bro walid, ANF kayaknya masih pake matic yg ada donat-nya deh ....walid_007 wrote:Klo matic ny ini masi pake torque converter.. tida bisa dibuka n diganti oil nya.. harus diganti 1 gelondong unit torque concerterny.. dugaan om chz sepertiny benar juga..
Atau..
Klo pas di brake masih ngegas ya berarti ada masalah di programny, ini mobil kan dah ga pake kabel gas kayak jaman dulu.. sy kira fitur power mode dan eco ny it masi prematur... kan hanya setel responsif pedal .. tp transmisiny tida tau menau alias ga sinkron (maklum bukan bmw)...
Cara tes keamanan peda gas dan rem easy sj.... klo di camry sy.. pas kita injak gas dan saat bersamaan kaki kiri injak rem (emamg sengaja sy coba) tampa release pedal gas maka rpm berapa pun akan ke idle n tida ada power ... n mau ente injak full pedal gas nya pun selama anda tetap menginjak pedal rem ngak akan naik rpm ny.. tp tida tau apa fortuner juga seperti itu apa tidak.. klo mau coba pastikan safe ..

btw kalau soal fitur safety (throttle + brake di injak bersamaan)... kl dari posisi mobil diam saya hampir pastikan (90%

Karena pas TD (kagak punya sie, jd maap kl kurang valid)... itu throttle ama gas pernah aku coba injak bersamaan buat ngetes asal2 an 0-60 (kmh bukan mph loh hahaha...).
nah kalau mbl sudah jalan, ini aku ga kepirkiran nyoba

kalau boleh tahu bro walid ngetes fitur safety camry-nya itu pas mobil diam atau sudah bergerak? thx b4.
CMIIW
PS : saya barusan kepikiran dan googling ... ANF di thai katanya ada fitur Cruise Control (cc), bener ya?... tp di indo ga ada / ga di install, asumsi itu fitur cc sudah ada di ecu-nya... mungkin ini yg "glitch" .... sotoy ahh


Last edited by Ecrush on Wed Aug 17, 2016 2:27, edited 2 times in total.