Nissan Grand Livina Test Drive saya di Bali - Part 2

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Sithlord
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1632
Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21

Post by Sithlord »

Ya kalau naiknya ngak terlalu gila jangan kaget banget.


Seperti misalnya saya kalau beli saham, asal perusahaannya bagus, kemarin harganya 156 rupiah per saham, jika hari ini naik ke 160 per saham, apakah wajar kalau saya batal ?


Kalau saya, asal barangnya bagus, kalau naik sedikit, saya tetap akan beli. Asal jangan naik ke say 170-180 lah...


Paling penting, misalnya naik ke 160 juta, tanya sendiri apakah masih puas bayar segitu untuk barang yang di sajikan. Jika masih, ya go for it man !....


Masa kalau restoran kemarin hari promosi terakhir discon 10% terus hari ini mau makan diskonnya sudah hilang, kita marahin restorannya " Gila lu ! Kenapa disconnya di hilangkan.... "


Kalau merasa harga ngak se-level dengan makanannya, ya cari lagi restoran lain. Cuman kalau saya, asal enak, hilang discon 10% saya tetap akan makan, asal enak dan suasana enak, dan kalau waiteressnya OK... Hehe ....


Memang saya ngerti rasa kecewa penginden yang akan hadapi kenaikan harga, tapi itu lah, sering terjadi di dunia bisnis, mobil maupun toko, pabrik, rumah sakit....
ichsan_n
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1121
Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03

Post by ichsan_n »

Sithlord wrote:Ya kalau naiknya ngak terlalu gila jangan kaget banget.


Seperti misalnya saya kalau beli saham, asal perusahaannya bagus, kemarin harganya 156 rupiah per saham, jika hari ini naik ke 160 per saham, apakah wajar kalau saya batal ?


Kalau saya, asal barangnya bagus, kalau naik sedikit, saya tetap akan beli. Asal jangan naik ke say 170-180 lah...


Paling penting, misalnya naik ke 160 juta, tanya sendiri apakah masih puas bayar segitu untuk barang yang di sajikan. Jika masih, ya go for it man !....


Masa kalau restoran kemarin hari promosi terakhir discon 10% terus hari ini mau makan diskonnya sudah hilang, kita marahin restorannya " Gila lu ! Kenapa disconnya di hilangkan.... "


Kalau merasa harga ngak se-level dengan makanannya, ya cari lagi restoran lain. Cuman kalau saya, asal enak, hilang discon 10% saya tetap akan makan, asal enak dan suasana enak, dan kalau waiteressnya OK... Hehe ....


Memang saya ngerti rasa kecewa penginden yang akan hadapi kenaikan harga, tapi itu lah, sering terjadi di dunia bisnis, mobil maupun toko, pabrik, rumah sakit....
Oh jadi beneran naik? weleh.. welehh... jadi berapa bung sithlord kalo boleh tahu? dan untuk yang indendt tanggal 16 artinya naik? kok tidak ada pemberitahuan yah even sudah DP
User avatar
TiongBahru_Ahbeng
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1643
Joined: Thu Apr 19, 2007 6:15

Post by TiongBahru_Ahbeng »

Di pameran SC, memang gw pernah dikasih tau olh org salesnya kalo harganya akan dinaikkan stlh jangka waktu 3 bln, mungkin kenaikannya bisa mencapai sekitar 9 jutaan tergantung tipe.
cowcool
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 479
Joined: Sun Feb 15, 2004 17:07

Post by cowcool »

Lah ini Bung tiongbahru orang msia kah?
ReviewDong.com - Review Mobil dan Produk | DepotKantor.com
User avatar
TiongBahru_Ahbeng
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1643
Joined: Thu Apr 19, 2007 6:15

Post by TiongBahru_Ahbeng »

Bukan, gw bkn org malaysia, gw sempat tinggal lama di S'pore, skrg blk ke Jkt utk nerusin family business.
Sithlord
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1632
Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21

Post by Sithlord »

Wah ! Thread Livina mulai banyak. Jadi binggung mau pasang di mana. Akhirnya di sini saja.


Ini lo, ada saran untuk Livina owners, termasuk bung Wardana yang baru saja dapat mobilnya. Menurut saya, meskipun mungkin ngak semua orang setuju :

1. Tunggu 2 bulan, terus wax badannya. Jangan di poles.

2. Cuculah jika kotor banget. Kalau cuman kotor sedikit, cuci pakai air dan tangan saja. Jangan pakai shampoo mobil.


Kenapa ? Kalau tiap hari atau terlalu sering cuci pakai shampoo, itu kimia shampoo akan lebih cepat makan habis lapisan pelindung waxnya. Nah, wax mobil itu capek ! Saya saja mulai malas. Dulu tiap 3 bulan sekali. Sekarang cuman 6 bulan sekali !


So, dengan kurangi pakai shampoo mobil, wax itu akan lebih tahan lama. Toh dari pengalaman saya, kotor sedikit, pakai air dan tangan tinggal di gosok, hilang juga tuh kotorannya. Tapi kalau ngak pakai shampoo, saya ngak keringgin mobilnya. Biar dia basah, kering sendiri nanti. Takut masih ada sisa kotoran yang akan baretin mobil kalau pakai chamois...


Serena saya sudah umur 3 tahun. Sampai hari ini masih lumayan awet muda catnya... Entah gara gara cat pabrik tebal, bagus, atau cara saya sukses, atau 22nya.... Atau gimana...


Memang ada shampoo yang tulisannya sih tidak akan makan wax, tapi saya rasa sesuatu yang kimia, pasti akan makan wax, meskipun merek tertentu sedikit, tapi kalau tiap hari atau 3 kali seminggu, ya terkikis juga...


Pula kalau ngak tiap hari cuci, hemat air juga. Jaman sekarang air mahal yah ?


Thats my experience. Tapi yang ada supir, mungkin mau tiap hari cuci mobil...
foomy
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 41
Joined: Thu Apr 12, 2007 6:14

Post by foomy »

Opini gua doang yah, kalo ga setuju, boleh komen, jgn jadi bahan berantem lagi.

Seharusnya sih kalo udah indent, otomatis harga diikat, jadi kalo harga naek tuh buat yg blon indent.
Kalo udah indent trus harga tetep musti naik, rasanya buat gua terlalu beresiko untuk indent. Dengan segala kehebohan indent yg gila2an, tetep pengen tau dulu nanti 1-2 bulan seudah launching untuk tau lebih jelas barangnya gimana. Toh skrg masih ada mobil. Kecuali gua butuh banget mobil secepatna.
asumsi ke 1: indent skrg, tapi harga ikut sewaktu barang dapet. Kalo Indent skrg, dapetnya bulan september (info dari sales yg gua tanyain), kalo ternyata harga ikut bulan september, apakah bulan september, yg indent masih harus nunggu 4-5 bulan? I doubt that.
Kecuali kalo yakin bahwa nanti bulan september tuh indent masih 3 bulan (indent september, dapetnya bulan desember). Baru boleh dipikirin buat indent sekarang, soalnya takutnya kaga dapet2 barang.

Kalo asumsi ke-2 : ternyata nanti bulan september, indent udah ga selama sekarang. Taro aja 1 bulan. Mending nanti 1-2 bulan lagi (april/mei) baru indent, seudah lebih yakin sama barangnya (seudah review pemakai udah jelas). Dapet barangnya juga paling lama tetep bulan oktober, soalnya asumsi gua: kapasitas produksi udah ditambah biarpun dikit, yg indent juga udah berkurang biarpun tetep banyak.

Malah siapa tau yg indent bulan juni/juli jauh lebih berkurang untuk sementara. Kan bertepatan dengan ajaran baru, dimana uang pangkal masuk sekola tuh udah pada tau naeknya gila2an. Pasti ada yg uangnya kepake buat masukin anaknya sekolah (biarpun mungkin sedikit doang).

So, kalo indent tuh tidak mengikat harga, boleh dipikirin masukan dari gua.

edit:

Ada lagi pertimbangan. Inden skrg, dapetnya bulan september. Taro kalo dapetnya bisa lebih cepet sebulan, jadi bulan agustus. Dimana harga udah naek 1 kali (asumsi 3 bulan seudah launching, harga naek). Apakah tiap bulan harga naek? Atau 3 bulan sekali? Dikit kemungkinan kalo yg dapet oktober bakal kena kenaikan harga 2 kali.

Asumsi mana yg anda ambil. Kalo yakin asumsi no.1, indent sekarang. Kalo asumsi no.2, mending nunggu sebulan lagi, baru inden, seudah lebih yakin.
Gua yakin untuk skrg ini, livina mobil berikutnya gua. Harga ok, mobil ok. Tapi gua tetep ga mau gegabah, sebelon ada review pemakai yg lebih banyak, sampe gua yakin.

Kata akhir, kalo indent tuh mengikat harga. Buat gua pribadi, tetep bakal nunggu sampe yakin seudah keluar review pemakai. Kalo ternyata harga udah naek, ya udah, gua tetep puas dapet barang yg ok. Pengalaman gua, dapet barang bagus, harga mahal dikit ga masalah. Dapet barang kurang sreg, harga lebih murah juga tetep kesel. Rasanya "kaduhung".
sutanmudonankayo
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 56
Joined: Fri Apr 13, 2007 10:15

Post by sutanmudonankayo »

Kalo yang sudah indent, terus rencana kredit... bagaimana?

Soalnya kemarin saya sudah teken kontrak sama Panin & sepertinya harganya sudah fix... Meskipun dijanjikan baru akan datang barangnya Juli nanti..

Masak iyah harga tidak mengikat kalo dah teken kontrak begitu?

Pernah sih nanya waktu heboh-hebohnya Rush (belon lama yah?) kata salesnya memang harga tidak mengikat meskipun sudah kasih tanda jadi... (untung nggak jadi...he...he....he..)

Tapi sales Nissan berkata lain, katanya kalo dah kasih tanda jadi 5 Juta, harga sudah fix...

jadi binun nih...
ichsan_n
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1121
Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03

Post by ichsan_n »

[quote="foomy"]Opini gua doang yah, kalo ga setuju, boleh komen, jgn jadi bahan berantem lagi.

Logika gw jg gitu sih.. ngga adil banget untuk yang udah indent ehhh harga berubah.. lah wong orang mutusin beli kan pada saat itu dengna kondisi itu.. lalu kalo berubah.. taela itu mah setengah meres juga. kalo batal dp hangus.. tapi kalo diterima cicilan perbulannya bertambah (jangan angep semua orang kaya yah bisa beli cash). but dalam case gw yang butuh mobil banget sih gw rela nunggu. karena kalo gw beli jazz.. takut nyesel kemudian, harga sama tapi dapet mobil kecil (secara gw butuh mobil keluarga untuk anak, tapi kalo innova.. hehehe kaga minat deh). Nissan sih merek bagus, mesinnya kuat, walaupun gw jg belum tau harga jual kembalinya ini livina bakalan sama kaya honda jazz or tidak. But untuk 4-5 tahun kedepan sih gw cuman mikir funtionality dari mobil ini (nyaman, lega, familiy car, city car, dll). CUMAN YAH ITUUU.. NUNGGU INDENTNYA CUAPEE DEEE
sutanmudonankayo
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 56
Joined: Fri Apr 13, 2007 10:15

Post by sutanmudonankayo »

Rasanya bung ichsan sudah tidak sabar lagi nih.. lihat saja tulisan capitalnya he.h.e.h.e.. sebenarnya saya juga pingin nulis kayak gitu... xixixixixi

Kalo ambil alternatif seperti bung foomy, bisa lebih gede lagi itu huruf kapitalnya...
Saya pun saat ini masih punya boil laik pakai, malah kadang saya lebih suka naik motornya Komeng... tapi kalo harus nunggu review dari real users, rasanya akan kehilangan banyak momentum belum resiko kenaikan harga.. inga-ingat prinsip ekonomi...

Setidaknya GL saya nanti bisa mengundang banyak mata orang di komplek... because i'm the first... (he..he..he.. bukan maksud mo nyombong) tapi sensasinya itu lho... kalo jadi follower mah nggak ada tantangannya..betul?
ifmarch
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 312
Joined: Mon Feb 05, 2007 8:55

Post by ifmarch »

Ini tips kecil untuk friend yang unit indennya udah mau sampe dirumah.


Berdasarkan pengalaman selama pakai mobil, ada bagian-bagian tertentu dari mobil yang harus dijaga :


1. Handle pintu GL mau yang 1.8L ataupun yang 1.5L tetap saja krom hanya handlenya saja. Apalagi tipe 1.5L handlenya juga gak di krom, tapi poinnya bukan dihandle tapi poinnya di space/ruang pas persis dibelakang handle pintu sebaiknya di KROM juga , karena kalau tidak setiap kita buka pintu kuku kita akan selalu menggores space/ruangan dibelakang handle pintu tersebut, sehingga lama kelamaan akan keliatan goresan/cakaran dari kuku kita. Bisa saja kita sbg orang tua hati-hati saat buka pintu, tapi bagaimana dgn anak kita ? Mereka pasti tidak akan memikirkan betapa kita begitu care pada mobil, so jangan lupa space dibelakang handle 4 pintu + 1 pintu belakang di krom.


2. Kursi jok selalu menjadi tempat kita duduk, kadang kitapun makan disana, anak-anak bisa loncat-loncat diatas kursi dan semua kotoran akan tumpah di atas kursi. Jika kursi mobil terbuat dari bahan fabric / kain bludru tentu akan butuh perawatan yang lebih rumit untuk membersihkan jok tersebut. Jangan sayang untuk melapisi dengan kulit/kulit sintetis , karena kotoran apapun yang menempel diatasnya akan dgn sangat gampang untuk dibersihkan.


3. Kebersihan kabin mobil menjadi sangat perlu untuk pertimbangan kesehatan. Kabin yang kotor oleh debu, bau-bauan, sampah dll tentu udaranya disirkulasikan oleh AC. Coba bayangkan jika selama berjam-jam dalam satu hari kita ada dalam mobil, kemudian kita menghisap sirkulasi udara yang kotor, OK lah kalau daya imunisasi kita kuat tapi bagaimana dengan anak kita ? Tentu mereka akan gampang terserang penyakit yang akibatkan oleh kecerobohan kita.


itu dulu tipsnya, Selamat menikmati mobil baru.
sutanmudonankayo
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 56
Joined: Fri Apr 13, 2007 10:15

Post by sutanmudonankayo »

Thanks bung buat tipsnya..

Terutama point 2, berhubung anak masih balita...you know lha how they really act, jadi tambah yakin pingin ngelapisin jok pakai kulit.. rencana mo pesen ti Garut tea.. kulit asli domba/sapi.. BTW ada yang punya gambar spek kursi secara ukuran dan kontur nggak yah? mau donk...

Untuk poin 1, ane kayaknya mo nunggu produk aksesoris aftersales aje deh... kayak avanza/xenia tuh dah menjamur pisan.. crommed handle + jeroannya..

poin 3. susah memang ngaturnya, kadang kitanya apik, tapi penumpang nggak mau tahu.. yg penting sampe tujuan aja..:p little dust bin is highly recommended for this case..

Hayo yang punya tips & tricks lainnya... you're all invited..he.h.e.he :)
User avatar
Winata
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 889
Joined: Wed Mar 14, 2007 4:28
Location: Jakarta

Post by Winata »

Tapi sales Nissan berkata lain, katanya kalo dah kasih tanda jadi 5 Juta, harga sudah fix...

Seperti kata bung lord penjualan nissan livina merugi. Kalo semua pengindent kasi 5 juta harga fix. NMI bisa bangkrut dan tutup dan bawa lari 5 juta loh. So inti disini harga tidak mengikat dan NMI ga rugi kalo jual tanpa menaikkan harga, pokoknya tetap untung.

Ingat biarpun anda kasi 10jt kek atau 20jt kek harga tetap tidak mengikat. Misalnya bulan 8 naik harga ya anda yang belum terima unit ya tetapi ikut naik[/quote]
User avatar
kien
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 42
Joined: Fri Mar 30, 2007 4:44
Location: Pontianak

Post by kien »

Bung wardana, kayanya only you yg bs bantu. Sy pemakai ipod. Tape mbl anda ada aux in ga? Thx bos.<br/><br/><br/><i>.:Posted via WAP:.</i>
User avatar
Winata
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 889
Joined: Wed Mar 14, 2007 4:28
Location: Jakarta

Post by Winata »

Ada iklan beli innova sekarang, leasing hanya 2.5% per tahun pantesan laku tuh innova. Gila tuh TAM. Berani banget. Livina jangan kalah dong leasing jadi 2% per tahun.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Post by Turboman »

Winata wrote:Ada iklan beli innova sekarang, leasing hanya 2.5% per tahun pantesan laku tuh innova. Gila tuh TAM. Berani banget. Livina jangan kalah dong leasing jadi 2% per tahun.
Udah 2,5% / annum ditambah disc. 4 jt. + rear spoiler + spion yg ada lampunya.

Pasar compact MPV menuju "Red ocean" nih, persaingan makin sengit, konsumen diuntungkan :D
User avatar
boilers
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1023
Joined: Wed Dec 01, 2004 10:17

Post by boilers »

Turboman wrote:
Udah 2,5% / annum ditambah disc. 4 jt. + rear spoiler + spion yg ada lampunya.

Pasar compact MPV menuju "Red ocean" nih, persaingan makin sengit, konsumen diuntungkan :D
:D Hehehe, kalo ini sih good nih tapinya, yang diuntungin yah kita sbg customer
Khöedhöe
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 157
Joined: Tue Apr 17, 2007 3:56

Post by Khöedhöe »

Pertengahan tahun kemaren tetangga beli Inova G di Toyota Pecenongan Jkt. udah dapet diskon 10jt (diskon tok, tanpa asesoris).

Kalau sekarang disc. 4jt + rear spoiler + spion lampu, total kurang lebih 7jt.
Berarti sisanya buat subsidi tuh leasing. Belum lagi pengurangan margin penjualan. Mangkanya berani 2.5%.

Bahkan kalau si pembeli bisa nego abis, mungkin bisa dapet diskon lebih dari itu.

It's easier to say hello, but hard to say goodbye...
User avatar
Winata
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 889
Joined: Wed Mar 14, 2007 4:28
Location: Jakarta

Post by Winata »

Nampaknya TAM lagi habisin stock innova, Pertanda masuk kijang baru atau facelift nih. LIVINA benar2 penganggu pasar INNOVA TAM ya. Tapi nampaknya LIVINA harus segera berbenah untuk mengantisipasi strategy TAM yang baru.
ifmarch
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 312
Joined: Mon Feb 05, 2007 8:55

Post by ifmarch »

Ada iklan beli innova sekarang, leasing hanya 2.5% per tahun pantesan laku tuh innova. Gila tuh TAM. Berani banget. Livina jangan kalah dong leasing jadi 2% per tahun.
Itu pertanda genderang perang udah dimulai, perangnya bisa jadi sudah berdarah-darah . Innova bisa dijual dengan diskon segitu artinya mungkin selama ini dgn harga sekarang udah dapat cuan yang cukup besar sehingga jika cuannya dikurangi sedikit, gak jadi soal...apalah artinya mengurangi 10jt-an tapi angka penjualan tetap bisa dimaintan tinggi.


Hal lain yang mungkin seperti apayang dibilang bung winata bahwa Innova sudah akan menghabiskan stock yang ada di dealer untuk keluar facelift Innova. Umur Innovakan emang udah mature kalau kita liat dari life cycle product nya udah berumur 3 - 4 tahun, artinya sudah harus ada second curve strategi dan produknya. Bisa jadi facelift Innova akan keluar, tapi kalau facelift bukan totally different dari enginenya (tetap memakai engine sekarang), rasanya strateginya kurang pas, karena selama ini image negatif Innova yang paling sering terdengar adalah boros dan bongsor .
User avatar
Winata
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 889
Joined: Wed Mar 14, 2007 4:28
Location: Jakarta

Post by Winata »


Hal lain yang mungkin seperti apayang dibilang bung winata bahwa Innova sudah akan menghabiskan stock yang ada di dealer untuk keluar facelift Innova. Umur Innovakan emang udah mature kalau kita liat dari life cycle product nya udah berumur 3 - 4 tahun, artinya sudah harus ada second curve strategi dan produknya. Bisa jadi facelift Innova akan keluar, tapi kalau facelift bukan totally different dari enginenya (tetap memakai engine sekarang), rasanya strateginya kurang pas, karena selama ini image negatif Innova yang paling sering terdengar adalah boros dan bongsor .
Mungkin facelift atau juga mungkin ganti total.
Sithlord
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1632
Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21

Post by Sithlord »

Dan itu dia, ciptakan mobil baru bukan ciptakan hamburger baru, mau langsung jadi. Mau bikin mobil All new butuh waktu, tenaga, duit banyak etc. MEskipun ATPM kaya tetap makan waktu.


Pula Innova baru 3 tahun. Ngak mungkin deh keluar all new. Biasanya cycle mobil paling cepat juga sekitar 6 tahun ? Face lift sih sangat mungkin. Cuman basic mesin dan bodinya, chassisnya ya sudah pasti sama. Namanya juga facelift...
User avatar
datsu
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2396
Joined: Thu Jun 17, 2004 3:00
Location: Jakarta and Bandung

Post by datsu »

Sithlord wrote:Dan itu dia, ciptakan mobil baru bukan ciptakan hamburger baru, mau langsung jadi. Mau bikin mobil All new butuh waktu, tenaga, duit banyak etc. MEskipun ATPM kaya tetap makan waktu.


Pula Innova baru 3 tahun. Ngak mungkin deh keluar all new. Biasanya cycle mobil paling cepat juga sekitar 6 tahun ? Face lift sih sangat mungkin. Cuman basic mesin dan bodinya, chassisnya ya sudah pasti sama. Namanya juga facelift...
hhohohoho.. kata siapa..? skrng sangat mudah liat bagaimana corolla menunda model terbarunya karena civic baru keluar.. dengan gampangnya mereka bilang nanti aja, bikin desain baru...

Liat bagaimana life cycle vios 'cuman' 4 tahun 1 bulan.. hoho.. life cycle mobil2 jepang sekarang semakin pendek darklord... :P
==========
I'm flying with my Siti
Powered by L15Z1 N/A
Sithlord
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1632
Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21

Post by Sithlord »

Model tertentu bisa saja lebih cepat, tapi ngak mungkin nyaris semua model tiap merek cycle hidupnya cuman 4 tahun. Mayoritas tetap sekitar 6 tahunan deh.


Sebab kalau semua line-up tiap 4 tahun di ganti all new, gila, biaya perkembanganya bisa berapa duit ? Tanya saja orang yang kerja di ATPM pusat. Biaya paling besar adalah selain R&D technology baru adalah develop new platform, all new model.


Thats why lagi trend semua pabrik mobil sharing parts dan share platform. Juga waktunya amat lama. Livina saja developnya mulai akhir tahun 2001. 6 long years ! Tapi hasilnya untung memuaskan...
User avatar
datsu
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2396
Joined: Thu Jun 17, 2004 3:00
Location: Jakarta and Bandung

Post by datsu »

Sithlord wrote:Model tertentu bisa saja lebih cepat, tapi ngak mungkin nyaris semua model tiap merek cycle hidupnya cuman 4 tahun. Mayoritas tetap sekitar 6 tahunan deh.


Sebab kalau semua line-up tiap 4 tahun di ganti all new, gila, biaya perkembanganya bisa berapa duit ? Tanya saja orang yang kerja di ATPM pusat. Biaya paling besar adalah selain R&D technology baru adalah develop new platform, all new model.


Thats why lagi trend semua pabrik mobil sharing parts dan share platform. Juga waktunya amat lama. Livina saja developnya mulai akhir tahun 2001. 6 long years ! Tapi hasilnya untung memuaskan...
Paragraf terakhir hampir bener.. JUSTRU karena mobil2 pada share platform, biaya R&D bisa ditekan, dan keuntungan bisa dipercepat.. that's why mobil2 yang share platform cepet nyampe BEP-nya.. nah, ketika udah lewat BEP dan model udah mulai gak laku, ya gampang2 aja buat riset lagi.. :p
==========
I'm flying with my Siti
Powered by L15Z1 N/A