Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
itu busi dah dipake berapa km di...... klo dah diatas 5 rb km.. sebaiknya diganti aja..... trus liat hasilnya.... klo msh begitu juga... bearti karbnya ada kemungkinan perlu diserpis......sebaiknya dibawa ke bengkel langganan.....
.......
hahhahaha,,,,waduh lupa koh da di pake brp km,,tar di serpis aj degh biar tokcer lagi,,tapii kalo da panas dia normal koh,,makany benerin ny nanti" aj hahahha....
itu busi dah dipake berapa km di...... klo dah diatas 5 rb km.. sebaiknya diganti aja..... trus liat hasilnya.... klo msh begitu juga... bearti karbnya ada kemungkinan perlu diserpis......sebaiknya dibawa ke bengkel langganan.....
.......
hahhahaha,,,,waduh lupa koh da di pake brp km,,tar di serpis aj degh biar tokcer lagi,,tapii kalo da panas dia normal koh,,makany benerin ny nanti" aj hahahha....
ohhhhhh....... mudah2an mtr nt ngebrebet terussss......................... wakakakakakaka......... ..........
poeticmind wrote:aneh ya setelah sekian lama teknologi berkembang, busi masih bertahan... kira2 kapan busi bisa tidak kepake lagi ya... ?
lha itu yg dipake di mesin diesel (glow plug) apa secara teknis juga bisa disebut busi (spark plug) ya pak?
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
poeticmind wrote:aneh ya setelah sekian lama teknologi berkembang, busi masih bertahan... kira2 kapan busi bisa tidak kepake lagi ya... ?
lha itu yg dipake di mesin diesel (glow plug) apa secara teknis juga bisa disebut busi (spark plug) ya pak?
kalo dari cara kerja nya sigh intinya sama2 bertujuan menciptakan ledakan antara campuran udara dan bensin, cuman beda nya kalo busi biasa itu kaga continues firing nya, sedangkan glow plug itu continuous nyala membara... tapi ane perna denger jg, glow plug cuman buat pas mesin baru nyala doank alias mesin masi dingin baru aktif tuh, kalo uda panas yah si glow plug itu padam..
Kalo busi untuk mobil gasoline justru harus menyala terus bro. Makanya kalo salah satu busi mati pembakaran jd kurang sempurna n mesin menjadi pincang.
Kalo pada mesin diesel glow plug hanya menyala sekali pada waktu starter, selanjutnya yg berperanan membakar solar adalah tekanan kompresi dari mesin. Pada mesin diesel glow plug hanya berfungsi seperti pemantik, makanya umur glow plug lebih lama drpd busi pad mesin bensin.
Makanya busi pemanas kurang cocok kalo disebut jg spark plug
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
BADAK wrote:Kalo busi untuk mobil gasoline justru harus menyala terus bro. Makanya kalo salah satu busi mati pembakaran jd kurang sempurna n mesin menjadi pincang.
Kalo pada mesin diesel glow plug hanya menyala sekali pada waktu starter, selanjutnya yg berperanan membakar solar adalah tekanan kompresi dari mesin. Pada mesin diesel glow plug hanya berfungsi seperti pemantik, makanya umur glow plug lebih lama drpd busi pad mesin bensin.
Makanya busi pemanas kurang cocok kalo disebut jg spark plug
maksud ane kaga continues firing terus itu dalam arti kaya percikan bunga listrik bro, nyala mati dalam waktu yg sangat cepat, nah kalo nyala terus yah kaya glow plug, ampe membara.... lagian ya iya lah musti nyala terus tuh busi, kalo kaga yah siapa yg bakar tuh bensin..
dari beberapa case, customer yg ke garasi selalu saya kasih busi standar. meski dia sudah pake busi performance, atas ijin mereka saya ganti ke standar... dan di'sentuh' dikit gapnya serta tune up.
dari beberapa review, mereka bilang " benar, bro... lebih enak dan irit... "
so, saya pikir sih busi std adalah yg paling worth it... dilihat dari harga dan performanya. kecuali buat mesin performance (turbo or N/A or else) ya iyalah ga rekomen pake busi std.
BADAK wrote:
Makanya busi pemanas kurang cocok kalo disebut jg spark plug
nah itulah salah kaprahnya hehehe... secara busi dari asal katanya berarti "spark plug"
kalo glowplug, berarti cocoknya disebut batang pemijar atau batang pemanas, buang kata "busi"nya
halah.....malah membahas tata bahasa
menghilang dulu sebelum disambit busi ..............
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
eNeR wrote:pak dhe, pak lik, cara ngerawat busi yang baik ntu gimana? nah semisal tiba-tiba busi mati (moga-moga jangan) cara buat ngidupin lg gimana?
suwun...
eNeR wrote:pak dhe, pak lik, cara ngerawat busi yang baik ntu gimana? nah semisal tiba-tiba busi mati (moga-moga jangan) cara buat ngidupin lg gimana?
suwun...
ner, klo busi dah mati, ga ada obatnye.... mesti diganti baru..... tp klo merawatnya sih gampang aja........ yg paling mudah nt beli sikat kawat yg halus......trus kepala businya dibersihkan pake sikat kawat itu...... n jangan lupa gapnya diperhatikan (sesuai standardnya)..... spy busi bisa memberikan performa yg baik........
sedikit tambahan ner.........
Perhatikan saat beli busi, jangan ampe nt beli yg rebuild, krn busi akan cepat mati..... so sebaiknya beli busi di tempat2 yg gimana gitu, misalnya di beresnya ato bengkel2 yg ga nakal..............
Emang busi rebuild bisa diketahui dr fisiknya apa gak boss?
Soalnya saya khawatir jg kena tipu jual busi rebuild? katanya kalo udah dicuci tuh busi bekas jd kyk busi baru ya?
Trz seberapa besar pengaruh gap thd performa kendaraan?
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
Belum tentu bro, gw denger kalo udah dicuci jd gress kyk baru lagi.
Kalo ada gosongnya mah gak perlu lagi kita bingung lagi, waktu beli udah bisa kelihatan langsung.
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today