Grand Livina Users..! - PART 05

Segala mobil tipe MPV. (Odyssey, Stream, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by DOHC »

mengenai resale value nya batumakam yg terjun ke patahan palung samudra... yahh ane no comment dehh... liat jualan nya mreka aj kaya gt... anget2 chicken sh11t... gmana mau curi hati customer... honda yg punya jargon di enjin tech nya aja kbakaran jenggot dhajar kompetitor, apalagi ini batu makam, nothing special...

anyway, mengenai twin injector, cvt dkk.... ane uda perna TD unit GL matic berpopok (pasti tau d type apa ini).. utk tarikan bawah memang sama lemot nya dgn GL type dulu... tp tetep ada positif nya impelementasi teknologi2 baru tsb... yg ane rasakan adalah karakter mesin lebi alus merata di smua rpm... walaupun tetep bagi speed enthusiast ini adalah kmunduran krn malah jd lelet di smua rentang rpm... tp kl bagi yg ngincer comfort.. ini lebi enak... karakter mesin lebi kalem... apalagi cvt yg bkin less jerky walaupun kl di kick down, entah knapa ane lebi suka karakter matic konvensional nya GL dl... utk unit manual nya, ane cuman ngerasain TD muter2 area showroom doank, dan yg ane rasakan dgn perbandingan parameter GL ane dl, dan xr ane dl.... utk tarikan tetep lebi joss si xr, tp utk gigi 1 dan 2 kalo ane paksa jalan langsam, yg angl lebi kurang ndut2an nya...

utk handling lipina yg cenderung limbung.. itu karena mounting cross member (kl di lipina, ini komponen tempat nempel nya swing arm, stabilizer, steering rack dan enjin mounting yg tengah) yg nempel ke chassis (body) mobil itu terbuat dari rubber, bukan material2 yg lebi stiff atau bahan2 PU sperti di mobil2 lain nya... benefit nya sehh jelas getaran mesin tereduksi jauhhh, apalagi enjin mounting utama nya berbahan gel... kalo ntuh komponen2 kondisi bagus, mesin nyala idle aja ga berasa geteran nya ke mobil.... tp yah drawback nya yahh itu, kaki2 cenderung jd kurang stiff dan limbung krn keseluruhan struktur kaki2 depan mobil jg ikut "bergerak" pas manuver... bsa di atasi dgn ganti shock yg lebi stiff... dan kalo mau extreem, ganti bushing cross member dgn yg bahan lebi kaku.. ane ud perna ngerasain sendiri lipina yg bushing nya uda di "akalin" dgn di jepit pake lempengan2 aluminium, plus shock yg uda diganti dgn yg lebi keras dari bawaan... hasil nya handling pas manuver gila lebi mantap... tp mesin idle bergeter terasa ampe dashboard...

kalo bagian blakang mahh tinggal pasang damper aftermarket dan ganti shock yg lebi stiff jg uda improve koq...

mengenai bagian depan kalo mau less invasive tanpa ngubah2 bushing... pasang sway bay, strut bar aftermarket... ini jg uda lmayan mengobati penyakit limbung lipina...


KodokPushUp wrote:
alexdonovan wrote:Ditambah lagi harga 2nd yang jatuh ke Mariana Trench. Jangankan kompetitor, improvement di ANGL aja bikin pengguna old GL makin iri
Memangnya improvement di ANGL apa aja om alex?

Dual injektor dan twin vtc, ane belum pernah test drive ANGL, tapi dari review suhu2 disini, sepertinya gejala engine yg ga ada tenaga di low rpm masih mendominasi
Transmisi cvt = transmisi yg halus dan unggul di low rpm digabungin mesin yg tenaga baru muncul diatas 4500 rpm? Its worst nightmare :big_slap:
Mestinya kalo improvement, dari 4at diganti 6 geared at, tiptronic, close ratio, nah itu baru improvement

Apakah ada improvement sasis di ANGL?
Karena chassis sway nya horor, ditambah suspensi empuk yg nanggung
Kenapa saya bilang nanggung?
Buat melewati polisi tidur/ rel kereta sangat terasa, dan tidak nyaman
Tapi di tikungan, gejala body roll segambreng
Dan kemampuan damper nya juga kurang bagus

Exterior, bagian muka menurut saya lebih cantik
Tapi bagian bokong terkesan dipaksakan
Dan lampu di pintu bagasi yg ga bisa nyala?
Jujur, saya bingung, buat apa lampu kalo ga bisa nyala?
Dan bodykit yg bikin penampilan ANGL secara keseluruhan tambah aneh

Interior, menurut saya desain old livina lebih baik, dan salah satu alasan yg bikin saya males TD ANGL

Sorry no offence, hanya curahan hati seorang pengguna old livina
Masalah harga jual yg jatuh ke palung terdalam di samudra itu, ane kurang tau
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by DOHC »

biar lebi ada gambaran nya... ane attach poto crossmember lipina series...
cross member.jpg
yg ane kotak in merah itu lah yg ane maksud dgn bushing biang keladi tsb... 2 bushing tsb di baut ke body mobil... dan itu lah main mouting keseluruhan crossmember tsb di body / chassis mobil... bushing tsb entirely made of rubber... pake obeng di teken2 aja bsa gerak2 tuh mounting...

yg ane kotakin biru dan hijau itu nanti ada 2 komponen namanya ane lupa... pokoknya bentuk nya sperti link yg cuman buat align ntuh crossmember aj... tp ga ada urusan ama weight bearing mesin, kaki2 dll...
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
KodokPushUp
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 623
Joined: Sun Sep 28, 2014 19:04
Location: Surabaya

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by KodokPushUp »

Punya ane dulu udah ganti shock lebih keras, per depan lebih keras (bongkar kaki2 depan 4 kali sampe hapal letak baut2nya), trus bushing diakalin, tapi diapain aja lupa :big_slap: , ada ganti besinya yg kaki2 depan, cuma apanya lupa lagi :big_slap: , ganti ban pake potenza buat grip, mainin chamber

Settingan suspensi depan lebih keras dari belakang, kalo dinaekin 1-2 orang lumayan, tapi begitu kursi belakang/bagasi diisi, langsung deh belakangnya ngebuang

Efeknya emang getaran mesin jadi terasa, handling improve

Pas nikung, sekarang yg bikin limbung bukan suspensinya, tapi chassisnya
Makanya ane bilang chassisnya horror
Mau pasang sway bar/strutbar udah males duluan

Oh iya ane dulu pakenya livina xr m/t

Yg di fotonya om DOHC, ane ga ngerti itu bagian mananya, buta masalah kaki2 :big_biglaugh:
Ikutan trend penghuni garasi:

-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun :evil:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by DOHC »

itu crossmember nya om... kalo ngolong, kliatan ada satu bongkahan besi kaya gt... tempat segala parts kaki2 mobil bermukim...

kalo chassis sehh 11 12 ama merek2 sebelah om... tp yg biang keladi limbung yahh dari si bushing tsb, shock depan blakang bawaan yg stelan nya aneh.. ditambah lagi per yg emang cenderung empuk...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
KodokPushUp
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 623
Joined: Sun Sep 28, 2014 19:04
Location: Surabaya

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by KodokPushUp »

Err merk2 sebelah itu misalnya apa?
Mobilio, avanza-xenia, ertiga?
Atau jazz, yaris, swift?

Soalnya livina xr ini kan ukurannya di tengah2, bingung masukin yg mana
Walaupun mestinya masuk ertiga dkk ya ngeliat wheelbase nya?

Masalahnya ane ga punya mobil2 tersebut, jadi ga bisa bandingin :big_peace:
Dan ane mesti coba yg suspensinya rigid, baru terasa kekakuan sasisnya (maklum ane agak kurang sensitif)
Cuma pernah bandingin sama fiesta, rasanya jauh lebih rigid fiesta (ga sekelas ya, tapi kan harga mirip2 :big_biglaugh: )
Sama aerio ane yg udah umur 10 taon lebih juga masi lebih ga limbung aerio, padahal suspensi aerio lebih empuk daripada livina ane yg udah dimacem2in

Besok deh kalo pas liburan pulang kampung coba ngolong
Soalnya itu livina skrg jadi penghuni gudang di solo :ungg: :ungg:
Ikutan trend penghuni garasi:

-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun :evil:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by DOHC »

mirip2 ama yaris atau jazz gt om... tp kalo stiff bgt malah mnurut ane swift gen1... itu mobil buat meliuk2 gila koq nge grip bgt...

livina xr itu hatchback kelas tanggung, skaligus pelopor hatchback ukuran gede di jaman nya yg dimana tren hatchback itu masi dimensi imut2 lucu...

dulu waktu ane parkir xr ane di mall sebelahan ama apanja, ternyata panjang nya aja sama...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: Thu May 22, 2014 3:38

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by montirangin »

nissan gl xv 2012 aja cuman laku dipasaran 135jt, 145 itu harga buka. Kalo dibanding sekrg harga 204jt? diskon 25jt paling mentok saat ini jadi 180jt. Turun 45jt dalam 2 thn. terlalu banyak untuk mobil harga segini IMO. Kalo ga diskon berarti udah ampir ermm...ya begitu banyaknya
alexdonovan
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 611
Joined: Fri Aug 15, 2008 15:36

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by alexdonovan »

KodokPushUp wrote:
alexdonovan wrote:Ditambah lagi harga 2nd yang jatuh ke Mariana Trench. Jangankan kompetitor, improvement di ANGL aja bikin pengguna old GL makin iri
Memangnya improvement di ANGL apa aja om alex?

Dual injektor dan twin vtc, ane belum pernah test drive ANGL, tapi dari review suhu2 disini, sepertinya gejala engine yg ga ada tenaga di low rpm masih mendominasi
Transmisi cvt = transmisi yg halus dan unggul di low rpm digabungin mesin yg tenaga baru muncul diatas 4500 rpm? Its worst nightmare :big_slap:
Mestinya kalo improvement, dari 4at diganti 6 geared at, tiptronic, close ratio, nah itu

-edited-
Improvement menurut saya yang paling mencolok ya ABS dan Airbag Om. Buat saya, safety improvement saya kasih value diatas.

Sasis horor saya agak kurang setuju. Pas 2 minggu yang lalu, saya emergency swerve @ 13x km/h menghindari kontainer yang pindah jalur di cipularang... Sway-nya masih managable. Shock OEM dan link stabilizer baru... Untung seminggu sebelumnya sempat ganti, kalo gak... Mungkin udah cium pembatas tengah

HR15DE + CVT? Saya tertarik kalo pake body Juke. Meskipun saya lebih tertarik MR18 + 6 M/T :lol:

Sent from my GT-P7300 using Tapatalk 2
Calya A/T 2017 (2022-now)
OS PX 2014 (2022-now)
Kluger Grande 2004 (Jan 2023-Jun 2024)
montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: Thu May 22, 2014 3:38

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by montirangin »

alexdonovan wrote:
Improvement menurut saya yang paling mencolok ya ABS dan Airbag Om. Buat saya, safety improvement saya kasih value diatas.

Sasis horor saya agak kurang setuju. Pas 2 minggu yang lalu, saya emergency swerve @ 13x km/h menghindari kontainer yang pindah jalur di cipularang... Sway-nya masih managable. Shock OEM dan link stabilizer baru... Untung seminggu sebelumnya sempat ganti, kalo gak... Mungkin udah cium pembatas tengah

HR15DE + CVT? Saya tertarik kalo pake body Juke. Meskipun saya lebih tertarik MR18 + 6 M/T :lol:

Sent from my GT-P7300 using Tapatalk 2
ini mah ga masukimprovement. yg lama kan udah ada airbag om. ABS rasanya jg udah ada deh.
alexdonovan
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 611
Joined: Fri Aug 15, 2008 15:36

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by alexdonovan »

montirangin wrote:
alexdonovan wrote:
Improvement menurut saya yang paling mencolok ya ABS dan Airbag Om. Buat saya, safety improvement saya kasih value diatas.

Sasis horor saya agak kurang setuju. Pas 2 minggu yang lalu, saya emergency swerve @ 13x km/h menghindari kontainer yang pindah jalur di cipularang... Sway-nya masih managable. Shock OEM dan link stabilizer baru... Untung seminggu sebelumnya sempat ganti, kalo gak... Mungkin udah cium pembatas tengah

HR15DE + CVT? Saya tertarik kalo pake body Juke. Meskipun saya lebih tertarik MR18 + 6 M/T :lol:

Sent from my GT-P7300 using Tapatalk 2
ini mah ga masukimprovement. yg lama kan udah ada airbag om. ABS rasanya jg udah ada deh.
Yang lama cuma ada di tipe tertinggi Om... Kalo ANGL, di trim XV aja rasanya udah bikin iri.

ANGL XV ada ABS + airbag, old GL XV ada doa orang cari makan :D...
Mana yang lebih efektif ya?
Calya A/T 2017 (2022-now)
OS PX 2014 (2022-now)
Kluger Grande 2004 (Jan 2023-Jun 2024)
alexdonovan
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 611
Joined: Fri Aug 15, 2008 15:36

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by alexdonovan »

Habis baca uraian dari Om DOHC... Seandainya itu GL bukan mau dijual tahun depan, saya akan implement itu semua method untuk improve handling.

OOT dikit, Nissan Juke baru... Is it worth the price? Atau ada alternatif lain di harga 250 - 300?

Syaratnya, peak power ada di RPM tinggi... Juga ga boleh kecil... JORR penuh truk soalnya

*Saya pasti minoritas di SM yang sudah telanjur cocok ama HR15
Calya A/T 2017 (2022-now)
OS PX 2014 (2022-now)
Kluger Grande 2004 (Jan 2023-Jun 2024)
KodokPushUp
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 623
Joined: Sun Sep 28, 2014 19:04
Location: Surabaya

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by KodokPushUp »

Peak power di rpm tinggi, brarti cari engine yg over bore, paling ga square engine
Om alex rencana manual atau matic?

Ford ecosport, over bore engine, di rpm rendah no power, bahkan kondisi stop-and-go jalan datar dengan gas kecil, rpm turun sedikit (nge-drop), baru naek, tapi begitu diatas 4000 rpm, engine bersemangat

Mitsubishi outlander sport, square engine, mesin ini bersemangat dari rpm tengah keatas, ambil manual

Keduanya harga under 300 jt (OS tipe manual, harga setelah diskon)

Tapi handling menang os jauh dibanding ecosport
Kalau sebelumnya pegang GL, lebih cocok ke OS menurut saya
Kebetulan saya beberapa kali td OS dari yg belum facelift sampe yg sekarang, dan ada ecosport punya adek ane
Kalo juke belum pernah nyobain, dan menurut saya agak overprice dengan fitur yg ditawarkan
Ikutan trend penghuni garasi:

-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun :evil:
alexdonovan
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 611
Joined: Fri Aug 15, 2008 15:36

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by alexdonovan »

Trims om kodok. Ternyata om kodok sehati sama saya. Habis ngobrol sama nyonya, kayaknya mending ambil kredit OS yang PX aja deh... Kalo maksain cash nanggung soalnya, hanya dapet yang manual.

ATPM Mitsu mau pake KKB BCA ga ya? :D

*waktunya baca review OS di serayamotor :D
Calya A/T 2017 (2022-now)
OS PX 2014 (2022-now)
Kluger Grande 2004 (Jan 2023-Jun 2024)
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by DOHC »

yup... itulah beda nya karakter enjin nya L15 nya honda dgn hr15 nya nissan... yg hr15 lebi nonjok putaran atas nya krn square enjin (yg ane rasakan di manual, kalo matic, somehow gearbox nya kayanya cekek power putaran atas ini mesin)...
KodokPushUp wrote:Peak power di rpm tinggi, brarti cari engine yg over bore, paling ga square engine
Om alex rencana manual atau matic?

Ford ecosport, over bore engine, di rpm rendah no power, bahkan kondisi stop-and-go jalan datar dengan gas kecil, rpm turun sedikit (nge-drop), baru naek, tapi begitu diatas 4000 rpm, engine bersemangat

Mitsubishi outlander sport, square engine, mesin ini bersemangat dari rpm tengah keatas, ambil manual

Keduanya harga under 300 jt (OS tipe manual, harga setelah diskon)

Tapi handling menang os jauh dibanding ecosport
Kalau sebelumnya pegang GL, lebih cocok ke OS menurut saya
Kebetulan saya beberapa kali td OS dari yg belum facelift sampe yg sekarang, dan ada ecosport punya adek ane
Kalo juke belum pernah nyobain, dan menurut saya agak overprice dengan fitur yg ditawarkan
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
KodokPushUp
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 623
Joined: Sun Sep 28, 2014 19:04
Location: Surabaya

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by KodokPushUp »

alexdonovan wrote:Trims om kodok. Ternyata om kodok sehati sama saya. Habis ngobrol sama nyonya, kayaknya mending ambil kredit OS yang PX aja deh... Kalo maksain cash nanggung soalnya, hanya dapet yang manual.

ATPM Mitsu mau pake KKB BCA ga ya? :D

*waktunya baca review OS di serayamotor :D
OS PX cvt loh..Pastiin dulu dengan karakter cvt nya, cocok atau ga
Mitsu sering ada promo kredit 0%, cuma pake bank apa lupa, barusan ubek2 cari brosur mitsu kok ga nemu
Biasanya disarankan sama dealernya pake bca finance, tapi nego bisa kok, kan yg punya duit kita
Cuma memang agak lama proses kkb bca
DOHC wrote:yup... itulah beda nya karakter enjin nya L15 nya honda dgn hr15 nya nissan... yg hr15 lebi nonjok putaran atas nya krn square enjin (yg ane rasakan di manual, kalo matic, somehow gearbox nya kayanya cekek power putaran atas ini mesin)...
Iya om DOHC, seperti juga di OS, putaran atasnya napas ga abis2, cuma transmisi cvt nya yg ga bisa ngimbangin
Makanya ane diatas bilang, buat karakter mesin kayak gini, cvt ga cocok

Banyak yg bilang livina series ga kuat nanjak
Padahal kalau dibandingin, torsi diatas kertas livina vs avanza vs jazz
avanza 1.5 13.9 kgm @4400 rpm
jazz 14.8 kgm @4800 rpm
livina 1.5 15.1 kgm @4400 rpm

Paling gede livina
Adu nanjak? Tahan aja di 4400 rpm
Kalo livina ga kuat, dijamin si irit nan kencang juga ga bisa lewat :big_weee:
Ikutan trend penghuni garasi:

-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun :evil:
montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: Thu May 22, 2014 3:38

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by montirangin »

alexdonovan wrote:Habis baca uraian dari Om DOHC... Seandainya itu GL bukan mau dijual tahun depan, saya akan implement itu semua method untuk improve handling.

OOT dikit, Nissan Juke baru... Is it worth the price? Atau ada alternatif lain di harga 250 - 300?

Syaratnya, peak power ada di RPM tinggi... Juga ga boleh kecil... JORR penuh truk soalnya

*Saya pasti minoritas di SM yang sudah telanjur cocok ama HR15
kendalanya cuman 1...body besar kabin kecil
alexdonovan
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 611
Joined: Fri Aug 15, 2008 15:36

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by alexdonovan »

*Tapatalk for WP ga bisa multi-quote



@Om DOHC & Om kodok: Selama ini belum pernah bawa mobil CVT, tapi ga ada pilihan lain. Bini harus bisa bawa, saya mulai tahun depan ga ada lagi waktu kosong buat jadi driver dia :p. Please CMIIW, secara teori kalau diberikan jalan yang kosong dan panjang, itu CVT pasti bisa nyampe rasio terkecil-nya bukan? Kalau sudah sampai rasio terkecil, baru RPM mobil yang naik sampai peak power di 6000 RPM?



Saya tahunya CVT ya cuma Mio sama Vario :D... Berarti waktunya harus pas Mitsubishi ngadain promo bunga 0 % nih.



@Om Montir: Iya om, betul. Makanya, mau utang aja. Biar dapet OS.

@Om TS: Sorry banget, jadi malah bahas merk lain disini :D
Calya A/T 2017 (2022-now)
OS PX 2014 (2022-now)
Kluger Grande 2004 (Jan 2023-Jun 2024)
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by VanzMatic »

Bisa om, tapatalk multiquote, hanya agak ribet dikit.

Sent from my Siemens C35 using Tapatalk
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by DOHC »

cuman utk livina yg uda dual cvtc dan dual injector skrg, torsi nya jadi kisaran 14an om... uda ga setinggi hr15 gen awal...
KodokPushUp wrote:
DOHC wrote:yup... itulah beda nya karakter enjin nya L15 nya honda dgn hr15 nya nissan... yg hr15 lebi nonjok putaran atas nya krn square enjin (yg ane rasakan di manual, kalo matic, somehow gearbox nya kayanya cekek power putaran atas ini mesin)...
Iya om DOHC, seperti juga di OS, putaran atasnya napas ga abis2, cuma transmisi cvt nya yg ga bisa ngimbangin
Makanya ane diatas bilang, buat karakter mesin kayak gini, cvt ga cocok

Banyak yg bilang livina series ga kuat nanjak
Padahal kalau dibandingin, torsi diatas kertas livina vs avanza vs jazz
avanza 1.5 13.9 kgm @4400 rpm
jazz 14.8 kgm @4800 rpm
livina 1.5 15.1 kgm @4400 rpm

Paling gede livina
Adu nanjak? Tahan aja di 4400 rpm
Kalo livina ga kuat, dijamin si irit nan kencang juga ga bisa lewat :big_weee:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
elraedrew
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 365
Joined: Fri Mar 21, 2014 2:13

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by elraedrew »

om dohc ada bengkel kaki2 rekomen yg harga dibawah beres nissan?
servis terakhir dpt banyak estimasi yang berhubungan dengan kaki2
ane lokasi bekasi ya, kalau ke jakarta masi boleh lah
meski kata org2 bekasi itu jauh bangettt
:wkkk: :wkkk:

terlampir ya om
thanks
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
KodokPushUp
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 623
Joined: Sun Sep 28, 2014 19:04
Location: Surabaya

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by KodokPushUp »

alexdonovan wrote:*Tapatalk for WP ga bisa multi-quote



@Om DOHC & Om kodok: Selama ini belum pernah bawa mobil CVT, tapi ga ada pilihan lain. Bini harus bisa bawa, saya mulai tahun depan ga ada lagi waktu kosong buat jadi driver dia :p. Please CMIIW, secara teori kalau diberikan jalan yang kosong dan panjang, itu CVT pasti bisa nyampe rasio terkecil-nya bukan? Kalau sudah sampai rasio terkecil, baru RPM mobil yang naik sampai peak power di 6000 RPM?
CVT bisa kok naik sampe 6000 rpm
Prinsipnya mirip sama nyetir geared matic, kalo gas pol, maka downshift dan rpm naek
Di cvt, maka nahan rasio dan rpm naik
Lagian kan ada "manual" mode nya
Cuma saya sendiri masih mikir reliability nya, walaupun kata orang cvt skrg udah lebih awet daripada cvt generasi awal

@om elrae
Itu estimasi biaya 10 jt lebih ya?
Yg bikin mahal karena yg perlu ganti sebenernya cuma bushing2nya aja, tapi di nissan jadi 1 kesatuan sama besinya
Kalo mau murah, coba ke bengkel kaki2 yg biasa ngakalin bushing
Ikutan trend penghuni garasi:

-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun :evil:
elraedrew
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 365
Joined: Fri Mar 21, 2014 2:13

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by elraedrew »

KodokPushUp wrote: @om elrae
Itu estimasi biaya 10 jt lebih ya?
Yg bikin mahal karena yg perlu ganti sebenernya cuma bushing2nya aja, tapi di nissan jadi 1 kesatuan sama besinya
Kalo mau murah, coba ke bengkel kaki2 yg biasa ngakalin bushing
bener om, hampir 11 juta
ada bengkel kaki2 yg rekomen ga om? yang bener lah kerjanya
takut ditipu om.. soalnya biasa apa2 ke beres aja. heheh
ini karena glnya mau dilepas. kalau benerin sampe 11juta apa iah harga jualnya bisa naik segitu.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by DOHC »

@ elrae : emang kalo di beres nissan harga kisaran sgitu om... dl ane diestimasi ama beres betulin kaki2 aj jg kisaran 7-8 jt, excld shock breaker, tie rod dkk...

kalo mau lebi murah dari beres dan ga mau pusing, coba ke jasmin motor di MGK kemayoran... ntuh crossmember ama dia cuman di ganti bushing, ga usa ganti crossmember... tp bushing nya dia sehh aftermarket, ga tau buatan mana...

kalo ane dl sehh pake bengkel rumahan yg montir nya ane culik pas hari libur, tapi sembari di kerjain montirnya ane assist terus dari awal ampe selesai...

tp kalo om punya banyak waktu, bsa jg beli sparepart nya di atrium atau pusat onderdil mobil... ntar bawa spare part nya ke bengkel rumahan mana aja yg ada alat press nya.... seinget ane utk crossmember full set oem livina kisaran 1.5-2 jt, tp kalo karet bushing nya doank bsa beli kisaran 500an rebu... shock breaker depan sepasang 1 jutaan lebi dikit mrek kayaba excel g... swing arm kiri kanan ori 1.2 jt... nah support shock pake yg thailand punya aj, karet lebi tebal dan lebi stiff dari bawaan... spasang cuman 400an rebu...jgn lupa beli damper karet insulator shock nya, pasti uda ancur kalo di livina, murah ini cuman 100 rb sepasang... karet stabilizer total 100-150 rb ori nissan... engine mounting kiri mendingan skalian diganti, 350 rb ori nissan... yg tengah pake thailand punya aj, 200an rebu barang kurleb mirip kualitas nya dan lebi tebal karet2 nya...

sdikit percobaan kalo om mau, pas di bongkar ntuh smua nya, om minta tuh bushing cross member dicopotin trus om bawa ntuh bushing ke daerah glodok sana deket jalan blustru... cari tukang bubut teflon mana aj suru pasang in ke ntuh bushing... nanti ama mreka di bakar tuh karet dan diganti pake yg teflon.... dijamin lebi mantep drpd make bahan karet...

btw kalo diliat perincian dari beres, mobil nya perlu ganti shock lengkap ampe ke bearing di shock nya tuh.... itu bearing pas di bongkar coba di bersihin pake sabun (jgn sekali2 dikasi penetran atau minyak tanah) trus abis itu coba kasi oli atau selipin gemuk dikit2 ke dalam celah nya, abis itu di puter2... kalo bisa lancar dan ga ada geol2... pake lagi aja... bagian ini emang rentan brisik dan kering kalo di lipina... kalo belom parah sehh diminyakin jg uda bagus lg koq...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: Thu May 22, 2014 3:38

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by montirangin »

elrae wrote:
KodokPushUp wrote: @om elrae
Itu estimasi biaya 10 jt lebih ya?
Yg bikin mahal karena yg perlu ganti sebenernya cuma bushing2nya aja, tapi di nissan jadi 1 kesatuan sama besinya
Kalo mau murah, coba ke bengkel kaki2 yg biasa ngakalin bushing
bener om, hampir 11 juta
ada bengkel kaki2 yg rekomen ga om? yang bener lah kerjanya
takut ditipu om.. soalnya biasa apa2 ke beres aja. heheh
ini karena glnya mau dilepas. kalau benerin sampe 11juta apa iah harga jualnya bisa naik segitu.
ga bakal bisa naik segitu lah om. mending dijual tuker yg baru. apalagi kalo diskon bisa naik ke 33jt lagi. om punya thn brp? segitu banyak penggantian harusnya minimum udah 4thn ya?
elraedrew
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 365
Joined: Fri Mar 21, 2014 2:13

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by elraedrew »

DOHC wrote:@ elrae : emang kalo di beres nissan harga kisaran sgitu om... dl ane diestimasi ama beres betulin kaki2 aj jg kisaran 7-8 jt, excld shock breaker, tie rod dkk...

kalo mau lebi murah dari beres dan ga mau pusing, coba ke jasmin motor di MGK kemayoran... ntuh crossmember ama dia cuman di ganti bushing, ga usa ganti crossmember... tp bushing nya dia sehh aftermarket, ga tau buatan mana...

kalo ane dl sehh pake bengkel rumahan yg montir nya ane culik pas hari libur, tapi sembari di kerjain montirnya ane assist terus dari awal ampe selesai...

tp kalo om punya banyak waktu, bsa jg beli sparepart nya di atrium atau pusat onderdil mobil... ntar bawa spare part nya ke bengkel rumahan mana aja yg ada alat press nya.... seinget ane utk crossmember full set oem livina kisaran 1.5-2 jt, tp kalo karet bushing nya doank bsa beli kisaran 500an rebu... shock breaker depan sepasang 1 jutaan lebi dikit mrek kayaba excel g... swing arm kiri kanan ori 1.2 jt... nah support shock pake yg thailand punya aj, karet lebi tebal dan lebi stiff dari bawaan... spasang cuman 400an rebu...jgn lupa beli damper karet insulator shock nya, pasti uda ancur kalo di livina, murah ini cuman 100 rb sepasang... karet stabilizer total 100-150 rb ori nissan... engine mounting kiri mendingan skalian diganti, 350 rb ori nissan... yg tengah pake thailand punya aj, 200an rebu barang kurleb mirip kualitas nya dan lebi tebal karet2 nya...

sdikit percobaan kalo om mau, pas di bongkar ntuh smua nya, om minta tuh bushing cross member dicopotin trus om bawa ntuh bushing ke daerah glodok sana deket jalan blustru... cari tukang bubut teflon mana aj suru pasang in ke ntuh bushing... nanti ama mreka di bakar tuh karet dan diganti pake yg teflon.... dijamin lebi mantep drpd make bahan karet...

btw kalo diliat perincian dari beres, mobil nya perlu ganti shock lengkap ampe ke bearing di shock nya tuh.... itu bearing pas di bongkar coba di bersihin pake sabun (jgn sekali2 dikasi penetran atau minyak tanah) trus abis itu coba kasi oli atau selipin gemuk dikit2 ke dalam celah nya, abis itu di puter2... kalo bisa lancar dan ga ada geol2... pake lagi aja... bagian ini emang rentan brisik dan kering kalo di lipina... kalo belom parah sehh diminyakin jg uda bagus lg koq...
waduh panjang juga ya ceritanya,,, waktunya ga ada om.. mungkin ke yg mgk itu aja kali ya. asal DC total dibawah beres kasi kerja aja d,
montirangin wrote: ga bakal bisa naik segitu lah om. mending dijual tuker yg baru. apalagi kalo diskon bisa naik ke 33jt lagi. om punya thn brp? segitu banyak penggantian harusnya minimum udah 4thn ya?
uda 5 tahun om, shock uda ganti 2x,, bocor mulu bilangnya.
itu maksudnya ganti ke GL lagi ? wah no way om.. hehhehe.. cukup sudah urusan dengan nissang
yang ambil freed itu buat adek. ane demen freed juga sih, tapi 1 1 lah. berat kalau nanggung 2 boil