BBM oktan tinggi = tambah tenaga >> MITOS salah kaprah

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: BBM oktan tinggi = tambah tenaga >> MITOS salah kaprah

Post by Turboman »

Kalau yg nubie pernah baca dulu di sebuah milis, kalo nda salah pemakaian Oktan yg ideal adalah sekitar 2 - 3 Oktan di atas angka Oktan minimum yg disyaratkan.

So kalau sebuah mesin mensyaratkan oktan minimum 91, maka kinerja maksimal ada dgn Oktan 93 - 94.

Untungnya rata2 mesin modern memiliki spec. Oktan rekomendasi di RON 91, sedangkan utk mesin high performance umumnya mensyaratkan RON 95.

Maka itu kebanyakan gasoline yg dijual di berbagai negara memiliki range Oktan dr 87 hingga 95 (RON), walau di negara2 tertentu tersedia gasoline RON 97 - 100 (Shell V Power) hingga RON 102 (BP Ultimate gasoline).

Tersedianya Gasoline RON 98 - 102 mungkin karena makin populernya mesin2 Gasoline kecil dgn Forced Induction di negara tsb. (macam VW TSI 1.4, dll.) serta konsumsi bagi mesin2 supercar.

Yg perlu diperhatikan di sini bahwa Octane number tidak bekorelasi dengan Energy content di suatu jenis bahan bakar, Ethanol dan LPG memiliki Oktan yg sgt tinggi, tetapi saat dipakai kons. BBM akan lebih boros dibanding Petro Gasoline, karena kandungan energy Ethanol & LPG lebih rendah drpd Petro Gasoline

http://en.wikipedia.org/wiki/Octane_rating


Demikian sharing & analisa, mohon koreksi kalau salah.
* Bukan ajakan Beli *
schon1411
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: Sun Jun 08, 2008 0:02
Location: Bandung

Re: BBM oktan tinggi = tambah tenaga >> MITOS salah kaprah

Post by schon1411 »

Setahu gue, standard mobil keluaran baru itu adalah min RON 91. Premium kita adalah 88. Sedangkan di luar Indo, yang namanya Premium ( di kita, Pertamax ) adalah RON 92. Tapi kalau di Indo mobil baru atau mobil kebanyakan orang seperti Xenia, Avanza, Innova dan lain2 diharuskan oleh atpm minum pertamax.. Kagak ada yang beli .... Semuanya marketing kok. Garansi mobil kan cuma 3 thn. Isi premium engga akan apa2, engga tau kalau udah 3 tahun. ATPM engga akan peduli, garansi sudah habis.
Sebaliknya mobil Xenia, Avanza, Innova, dsb yang require min RON 91, dikasih Pertamax plus, menurut gue, tidak akan masalah. Akselerasi akan semakin baik, pembakaran BBM akan semakin sempurna. Karena semakin tinggi RON, dia sulit terbakar . Hasilnya BBM sedikit lebih irit. Kalau masalah BBM sih engga usah diributin. Gue sering lihat mobil Picanto atau Xenia isi pertamax atau pertamax plus :frm_tumbright: . Dan sebaliknya mobil CRV, Mercedez, Alphard isinya Premium :roll:
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Re: BBM oktan tinggi = tambah tenaga >> MITOS salah kaprah

Post by maxx »

blubber21 wrote: bos.. mungkin bisa didefinisiin pemakaian 'oktan yang jauh lebih tinggi' itu berapa?
klo dibilang perlu RON 91, trus dikasih minum pertamax plus gmn?
sudah gw jelasin di page 1 .. sebelum ditanyakan ... passss diatas postingan lo ... silakan dilihat dan di baca
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
User avatar
avansa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2135
Joined: Sat Nov 26, 2005 23:47
Location: Purwokerto

Re: BBM oktan tinggi = tambah tenaga >> MITOS salah kaprah

Post by avansa »

Nambah referensi ,piston ini jadi rusak ancur kayak permukaan bulan gara gara pemakaina bbm yang nggak pas dengan kompresi mesin
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Image
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Re: BBM oktan tinggi = tambah tenaga >> MITOS salah kaprah

Post by maxx »

avansa wrote:Nambah referensi ,piston ini jadi rusak ancur kayak permukaan bulan gara gara pemakaina bbm yang nggak pas dengan kompresi mesin
Kalo ada knocking sensor ga sampe bolong gitu bro ... itu mobil2 jadul yg ga pake knock sensor .. yg kalo ngelitik bisa terus menerus sepanjang jalan... ya jadi deh bolong gitu.

Mesin yg dilengkapi dg knock sensor ... tetap ada ngelitik kalo pakai bbm dg RON ga sesuai dg kompresi mesin ... tapi pas terjadi knocking "tik tik" langsung waktu pengapian di adjust (mudur) sesuai beban mesin agar knock di eliminir, tapiiii... kalo pas sial ketemu bensin oplosan >> alhasil RON jauh dibawah premium (RON 88).. saat tsb bisa terjadi knocking terus2an krn knocking sensor ga mumpuni untuk mundurin waktu pengapian lebih jauh.
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
blubber21
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Sun Oct 05, 2008 2:13

Re: BBM oktan tinggi = tambah tenaga >> MITOS salah kaprah

Post by blubber21 »

maxx wrote:
blubber21 wrote: bos.. mungkin bisa didefinisiin pemakaian 'oktan yang jauh lebih tinggi' itu berapa?
klo dibilang perlu RON 91, trus dikasih minum pertamax plus gmn?
sudah gw jelasin di page 1 .. sebelum ditanyakan ... passss diatas postingan lo ... silakan dilihat dan di baca
oh iya.. gak ngeliat bos.. keburu napsu mo nanya sih.. hahaha tenkiu2..
User avatar
avansa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2135
Joined: Sat Nov 26, 2005 23:47
Location: Purwokerto

Re: BBM oktan tinggi = tambah tenaga >> MITOS salah kaprah

Post by avansa »

kalau knocking sensor di paksa reset terus pengapian,maksud saya mesin berkompresi tinggi di kasih minum premium terus.Knocking sensor akan jebol.
untuk mobil jadul walaupun nggak ada knocking sensor,timing pengapian kan bisa di set di delco.
Image
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: BBM oktan tinggi = tambah tenaga >> MITOS salah kaprah

Post by JESKONENG »

Shaqilla wrote:Pastinya pengetahuan n pengalaman pak jeskoneng lebih baik dari saya pak...
Ah gak juga bro.. kalo seluk beluk pembakaran, knocking, Compresson Ratio, ignition timing, warna busi, prinsip kerja karburator itu kan ilmu katon (nampak jelas dan prinsip2nya mudah dipelajari oleh siapa aja)...
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
User avatar
satyr
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3721
Joined: Tue Feb 06, 2007 8:17
Location: Bdg

Re: BBM oktan tinggi = tambah tenaga >> MITOS salah kaprah

Post by satyr »

setau gw mesti pas di RON yg dianjurkan baru optimal

lebih besar dari rekomendasi = useless

CMIIW
Corolla AE111, AE112, ZZE122, ZRE211
4A-FE, 7A-FE, 1ZZ-FE, 2ZR-FE
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Re: BBM oktan tinggi = tambah tenaga >> MITOS salah kaprah

Post by maxx »

satyr wrote:setau gw mesti pas di RON yg dianjurkan baru optimal

lebih besar dari rekomendasi = useless

CMIIW
Betulll !!!.. setuju tyr !! :frm_tumbright:
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: BBM oktan tinggi = tambah tenaga >> MITOS salah kaprah

Post by GTR »

teorinya begitu sih, tapi anehnya dulu tahun 80an, wkt jamannya di mobil2 capella DX civic-excellent, pake super98 selalu jadi lebih responsif.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: BBM oktan tinggi = tambah tenaga >> MITOS salah kaprah

Post by Turboman »

Berhubung jaman BBM mahal, kalo ane sih skg lebih tertarik dgn "bagaimana caranya dgn BBM oktan pas2 an tapi kinerja mesin tetap mak nyusss" :mrgreen:

Kalo dr temen yg pake Ipah & Fortie TR-FE yg udah pasang Dastek Q konon pake BBM Pert Plus campur premium 50:50 tarikan tetap enak.

Ada yg punya minat meneliti hal serupa ? Yuk sharing........
* Bukan ajakan Beli *
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4631
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: BBM oktan tinggi = tambah tenaga >> MITOS salah kaprah

Post by Profith83 »

hehehe saya pernah pake biasanya 15:25 hasilnya 1 liter : 10.8 KM
dan pernah pake 50:50 hasilnya 1 liter : 11.2 KM
tapi belum pernah pake pretamax plus semua soalnya mahal harganya :)
User avatar
avansa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2135
Joined: Sat Nov 26, 2005 23:47
Location: Purwokerto

Re: BBM oktan tinggi = tambah tenaga >> MITOS salah kaprah

Post by avansa »

saya pernah pakai teori 50:50 premium;pertamax..kayaknya nggak ada perbedaanya sama aja,tapi ini mobil di pakai dalam kecepatan standar,maklum nggak pernah lewat tol,he..he.he Mana ada Tol di tempat saya.Pengalaman isi 50;50 repot isinya mesti muter lagi dan malah kadang bikin tukang isinya terheran heran.kok balik lagi dan isi dengan jenis bbm lain.
yang penting pakai teorinya OM Penyu turbo ajah,selama mesin nggak gelitik walau mesin pakai premium..yah jalan terus.kalau nanti nantinya CC nya rusak yah buang ajah,masalah emisi gas buang bukan salah saya,kenapa bensinya bertimbal..wekekeke :big_weee:
Image
User avatar
liat2aja
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1093
Joined: Thu Dec 30, 2004 19:23

Re: BBM oktan tinggi = tambah tenaga >> MITOS salah kaprah

Post by liat2aja »

kalo saya ceritanya begini.. Jazz 2005 idsi CVT biasa isi Shell Super. Terus berhubung BBM naik terus, downgrade d (tiap kali isi bensin bisa buat makan steak ama pacar sih :frm_bang_head: )

Tapi pake Premium, suka ada suara ngelitik. Solusi kasih octane booster tetep kadang ngelitik di RPM tertentu.

Sementara lagi coba... tiap bensin sudah tinggal sedikit lgsg ke Shell isi Super Extra secukupnya (saya isi 100 rb, dgn harga sekarang dapet 11.5 liter kira2) terus nyetir lagi, cari Pertamina terdekat (kira2 jalan 1.5 km) baru full-in pake Premium. Sementara sih ngelitik hilang. Kalo soal boros ga nya dibanding full Premium atau full Shell Super belum tau. Tapi ribetnya? Aduh :big_slap:
User avatar
avansa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2135
Joined: Sat Nov 26, 2005 23:47
Location: Purwokerto

Re: BBM oktan tinggi = tambah tenaga >> MITOS salah kaprah

Post by avansa »

sebenarny kalau di hitung dengan jari,kalkulator magsudnya pertmax vs premium etoh lebih hemat pertamax apalagi kalau di hitung untuk jangka waktu lama ,setahun misalnya.untuk mesin yang kompresinya merekom untuk minum pertamax.Coba aja. cuman kalau kita dengan jumlah uang yang sama akan lebih banyak literanya premium ketimbang pertamax yang kita bayar.
Image
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Re: BBM oktan tinggi = tambah tenaga >> MITOS salah kaprah

Post by maxx »

avansa wrote:sebenarny kalau di hitung dengan jari,kalkulator magsudnya pertmax vs premium etoh lebih hemat pertamax apalagi kalau di hitung untuk jangka waktu lama ,setahun misalnya.untuk mesin yang kompresinya merekom untuk minum pertamax.Coba aja. cuman kalau kita dengan jumlah uang yang sama akan lebih banyak literanya premium ketimbang pertamax yang kita bayar.
Kalo mo itung2an ekonomis, lebih tepatnya lagi dihitung 1KM berapa duit?

Misalnya:
Pakai Premium (Rp.6000) >> FC 1:8 = Rp. 750/KM
Pakai Pertamax (Rp. 8000) >> FC 1:12 = Rp. 666.66/KM

Kalo dihitung per liter emang lebih murah Premium, tapi kalo lebih jeli u/ hitungan ekonomis justru lebih murah pakai Pertamax.

Meskipun
Pakai Premium (Rp.6000) >> FC 1:9 = Rp. 666.66/KM
Pakai Pertamax (Rp. 8000) >> FC 1:12 = Rp. 666.66/KM

Tetap lebih untung pakai Pertamax krn kita mendapat performa mesin yg lebih dg harga u/ jarak tempuh 1KM yg sama, Belum lagi benefit >> mesin lebih bersih dan awet dg dipakainya pertamax.
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: BBM oktan tinggi = tambah tenaga >> MITOS salah kaprah

Post by sjamsul »

@maxx:
klo di spd mtr antara premium n pertamax jarak tempuh per km nya kok sama aja yah.
Cuma memang perasaan gw klo pake pertamax tarikannya lebih enteng. Kira2 salah di mana yah?. :e-think:
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Re: BBM oktan tinggi = tambah tenaga >> MITOS salah kaprah

Post by maxx »

sjamsul wrote:@maxx:
klo di spd mtr antara premium n pertamax jarak tempuh per km nya kok sama aja yah.
Cuma memang perasaan gw klo pake pertamax tarikannya lebih enteng. Kira2 salah di mana yah?. :e-think:
Kaga ada yg salah, informasi yg disajikan pada speedometer, odometer dan FC bersifat perkiraan, bukan hal yg pasti dan exact precise. Informasi disajikan berdasarkan asumsi variable u/ perhitungan. Sudah pasti disana tidak disajikan pilihan/menu input bensin premium atau pertamax atau pertamax plus kan? .. semua dipukul rata.

Sama halnya dg odometer .. pakai ban std dg ban lebih gede variable itungannya sama .. alhasil informasi yg disajikan lebih jauh lagi dari yg real.

Coba saja hitung secara manual ... pada umumnya FC pakai pertamax lebih baik dr pada FC pakai premium.
Last edited by maxx on Thu Oct 23, 2008 0:30, edited 1 time in total.
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
TUFF Stough
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3512
Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
Daily Vehicle: Ipin - Ipah

Re: BBM oktan tinggi = tambah tenaga >> MITOS salah kaprah

Post by TUFF Stough »

Setelan karbu kali Bro yang gak disetel lagi setiap kali ganti bensin.

AFAIK untuk pertamax setelan bensinnya harus lebih kurus (lean) dibanding premium. Tapi iritnya gak terlalu signifikan kok.
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: BBM oktan tinggi = tambah tenaga >> MITOS salah kaprah

Post by sjamsul »

ok deh. Thanks yah buat bro maxx n bro Tuff Stough. :thanks:
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Re: BBM oktan tinggi = tambah tenaga >> MITOS salah kaprah

Post by maxx »

TUFF Stough wrote:Setelan karbu kali Bro yang gak disetel lagi setiap kali ganti bensin.

AFAIK untuk pertamax setelan bensinnya harus lebih kurus (lean) dibanding premium. Tapi iritnya gak terlalu signifikan kok.
Irit dari pemakaian premium / pertamax tergantung kompresi mesin.
Kalo kompresi 10:1 .. pakai premium bila dihitung secara tepat >> borosnya lumayan jauh dibanding pakai pertamax.
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8856
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: BBM oktan tinggi = tambah tenaga >> MITOS salah kaprah

Post by y_anjasrana »

Wah... kapan ya terakhir gw ngisi pertamas.....

Weleh.. weleh... udah lupaa.. Kalu pertamas lupa, tapi kalu shell beberapa bulan yang lalu sih..

:upss:
Accurate V5 Accounting System Consultant
User avatar
ardhi32
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 47
Joined: Mon Mar 17, 2008 2:50

Re: BBM oktan tinggi = tambah tenaga >> MITOS salah kaprah

Post by ardhi32 »

maxx wrote:
satyr wrote:setau gw mesti pas di RON yg dianjurkan baru optimal

lebih besar dari rekomendasi = useless

CMIIW
Betulll !!!.. setuju tyr !! :frm_tumbright:
Saya juga setuju dengan ini, masing kendaraan sudah di seting pengapiannya sesuai dengan bahan bakar yang di rekomendasikan.

Knoking adalah terjadinya ledakan bahan bakar di dalam ruang bakar lebih cepat dari setelan pengapian. Pake BBM sesuai rekomendasi juga bisa knoking kalau setelan pengapiannya berubah, biasanya maju. Dan ini berbahaya karena bahan bakar meledak, yang artinya tenaga sudah tersedia sebelum sampai TMA. Piston bisa jebol, crank shaft bengkok. Biasanya pengapian disetel sekian derajat sebelum TMA, tujuannya untuk memaksimalkan ledakan yang selanjutnya tenaga disalurkan ke putaran mesin. Kalau ledakan terjadi setelah TMA mesin jadi loss power, tapi tetap jalan, cuman FC jadi ga maksimal, ini tidak begitu pengaruh ke engine.

Lebih tinggi oktan lebih kecil derajat pengapiannya menjelang TMA.

Antiknok sensor bekerja berdasarkan vibrasi di ruang bakar, yang akan menyesuaikan pengapian. Sekedar safety, bukan untuk otomatis penyetelan. Tapi kalau kita mau downgrade BBM kita tetep harus di setel ulang pengapiannya. Kadang mesin tidak terpengaruh dengan downgrade BBM yang kita lakukan, karena sebenarnya selisih pengapian untuk masing2 oktan tidak telalu besar. CMIIW pls.
In the name of science, question everything
simplymachines
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Sat Sep 29, 2007 15:56

Re: BBM oktan tinggi = tambah tenaga >> MITOS salah kaprah

Post by simplymachines »

saya pake karimun thn 2000..

pake premium fulltank, dapet 1 : 10
pake pertamax + pertamaxplus, dapet 1 : 11,7
pake pertamax+, dapet 1 : 12,6

:big_peace:

kenapa naek ke pertamax, karena busi, filter sama kabel busi dah diganti, trus pake premium ngempos sama ngelitik... test pake pertamax langsung naek tarikan, ngelitik ilang... kecuali start jalan pake gigi 4.... :big_weee: dan itung2 bantu pemerintah subsidi bbm... huehuehue....

ada masukan ga teman2? soalnya, selama penggunaan pertamax, mobil terasa lebih ringan dan irit... tapi khawatir dengan penjelasan temen2 sebelumnya neh... :ungg:

salam....