Aki mobil yang dipakai
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
Re: Aki mobil yang dipakai
thx atas saran temen2..
saya udah ganti aki.. udah agak lama juga sih.. baru balik lagi ke SM..
akhirnya saya pilih Yuasa lagi persis sama dengan yang lama..
Yuasa sedang lebih murah dibanding GS (pilihannya cuma 2 ini akhirnya)..
sempet ngobrol2 juga ama yang jualan akinya, lumayan nambah2 ilmu..
baru tau kalo merk2 tertentu kayak massiv, global dkk itu kluaran dari antara yuasa dan GS (astra) juga..
Dan itu adalah produk alternatif sehingga harga lebih murah, dan yang terbaik masih dipegang oleh Yuasa dan GS..
Ada yang tau dengan info ini?
apakah produk2 tsb adalah produk daur ulang sehingga lebih murah?
Untuk Hybrid juga dapet info dari dia..
bedanya hybrid itu dah keisi air akinya dari pabrik..
Jadi ga bisa disimpen lama2 digudang..
lebih dari 3 bulan ditarik..
Sebenarnya rugi juga beli hybrid.. dihitung2 kalo beli aki premium (biasa) juga diisiin air ama tokonya..
Dah gitu kalo sial dapet aki yang udah lama kesimpen di gudang, jadinya umurnya ga lama deh..
Mungkin kasus yang diatas kayak gitu kali..
saya udah ganti aki.. udah agak lama juga sih.. baru balik lagi ke SM..
akhirnya saya pilih Yuasa lagi persis sama dengan yang lama..
Yuasa sedang lebih murah dibanding GS (pilihannya cuma 2 ini akhirnya)..
sempet ngobrol2 juga ama yang jualan akinya, lumayan nambah2 ilmu..
baru tau kalo merk2 tertentu kayak massiv, global dkk itu kluaran dari antara yuasa dan GS (astra) juga..
Dan itu adalah produk alternatif sehingga harga lebih murah, dan yang terbaik masih dipegang oleh Yuasa dan GS..
Ada yang tau dengan info ini?
apakah produk2 tsb adalah produk daur ulang sehingga lebih murah?
Untuk Hybrid juga dapet info dari dia..
bedanya hybrid itu dah keisi air akinya dari pabrik..
Jadi ga bisa disimpen lama2 digudang..
lebih dari 3 bulan ditarik..
Sebenarnya rugi juga beli hybrid.. dihitung2 kalo beli aki premium (biasa) juga diisiin air ama tokonya..
Dah gitu kalo sial dapet aki yang udah lama kesimpen di gudang, jadinya umurnya ga lama deh..
Mungkin kasus yang diatas kayak gitu kali..
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
Bisnis? Sini donk..
-
- SM Specialist
- Posts: 9769
- Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
- Location: Pasar Minggu, Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota Alphard
Re: Aki mobil yang dipakai
Ah bagus deh pake yuasa
aku pake yuasa MF, gak da masalah sama sekali....
aku pake yuasa MF, gak da masalah sama sekali....
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
-
- SM Affiliate
- Posts: 8413
- Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
- Location: 08129215600 www.monza-autosport.com
Re: Aki mobil yang dipakai
Sebelumnya di ferio gw pernah pake Rocket yg MF yg katanya aki kering isi Gel... lumayan bisa bertahan 3thn, trus kemarin ganti aki GS MF krn ada promo di S&D .. beli akki tukar tambah... dapat 4 liter oli shell helix plus .. .ya beli deh.. mayan dapat 4 liter oli.
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14333
- Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
- Location: jakarta
Re: Aki mobil yang dipakai
pak maxx, aki GS yg dipromosikan, aki kering kah?
Permisii
............................. 


-
- SM Affiliate
- Posts: 8413
- Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
- Location: 08129215600 www.monza-autosport.com
Re: Aki mobil yang dipakai
Kalo yg hybrid .. cuma dapat 2 liter oli.. kalo yg MF dapat 4 liter.
Nah gw ga ngerti neh kalo GS MF ini aki kering atau bukan... tp katanya didalam tetap cairan.. cuma saja ga perlu maintanance << berarti bukan aki kering ya.
Nah gw ga ngerti neh kalo GS MF ini aki kering atau bukan... tp katanya didalam tetap cairan.. cuma saja ga perlu maintanance << berarti bukan aki kering ya.
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14333
- Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
- Location: jakarta
Re: Aki mobil yang dipakai
waduh, gw jg lupa itu tipe yg kering atau bukan.. 
hmm, waktu kmarin gw ganti aki di S&D, kyanya belum liat dah ada promo yg dapet oli..
tau gitu gantinya bareng2 pak maxx.. hiks..

hmm, waktu kmarin gw ganti aki di S&D, kyanya belum liat dah ada promo yg dapet oli..
tau gitu gantinya bareng2 pak maxx.. hiks..

Permisii
............................. 


-
- SM Specialist
- Posts: 9769
- Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
- Location: Pasar Minggu, Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota Alphard
Re: Aki mobil yang dipakai
Aki kering beda dengan aki MF,
Aki Maintenance Free masih pake 'elektrolit' tapi sealed yang artinya nggak dicampur larutan lain lagi hingga 'terdegradasi' sendirinya..
Kalo aki kering setau gw pake gel..
Beda aki kering dan MF lebih mahal aki kering 100rb an, tapi seharusnya secara teori keawetan dan kualitas keduanya sama..
Aki Maintenance Free masih pake 'elektrolit' tapi sealed yang artinya nggak dicampur larutan lain lagi hingga 'terdegradasi' sendirinya..
Kalo aki kering setau gw pake gel..
Beda aki kering dan MF lebih mahal aki kering 100rb an, tapi seharusnya secara teori keawetan dan kualitas keduanya sama..
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
-
- SM Affiliate
- Posts: 8413
- Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
- Location: 08129215600 www.monza-autosport.com
Re: Aki mobil yang dipakai
Kapan lo ganti aki? ... gw beli bulan lalu kalo ga salah inget.nescafe wrote:waduh, gw jg lupa itu tipe yg kering atau bukan..
hmm, waktu kmarin gw ganti aki di S&D, kyanya belum liat dah ada promo yg dapet oli..
tau gitu gantinya bareng2 pak maxx.. hiks..
Mayan tuh dapet shell helix plus (@50rban/ltr), kalo beli yg MF dapat 4ltr (200rban) .. emang seh harga akinya mahal 750rban gitu.. tp kalo itung2 dapat 4ltr helix plus.. jadi 550rban gitu deh
Gila semua harga naik cepat banget dulu waktu beli aki kering Rocket cuma 200rban .. sekarang katanya 675rb .. bujug naik lebih dari 2x lipat .. ya compare harga 3 thn lalu seh .. he3x

MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 694
- Joined: Fri Jul 25, 2008 14:35
Re: Aki mobil yang dipakai
Aki MF gue
Delkor di boil bokap and nyokap
Haten in my sis car
Aki biasa
GS hybrid aki gue,mahasiswa kagak ada duit hehe
So far paling lama pake Haten,.bagus tuh aki ga pernah rewel dan dah hampir 2 tahun no problem,.
Delkor di boil bokap and nyokap
Haten in my sis car
Aki biasa
GS hybrid aki gue,mahasiswa kagak ada duit hehe
So far paling lama pake Haten,.bagus tuh aki ga pernah rewel dan dah hampir 2 tahun no problem,.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 718
- Joined: Wed Dec 19, 2007 7:55
Re: Aki mobil yang dipakai
Gw pake GS MF (aki kering).. baru sekitar 7 bulan, tanpa perawatan sama sekali cek rutin sebulan sekali di ShopnDrive.. bagian dudukan aki yg biasanya rada2 kotor sekarang bersih terus...
Apri-AIC212
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14333
- Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
- Location: jakarta
Re: Aki mobil yang dipakai
yah.. gw gantinya hr minggu kmarin..maxx wrote:Kapan lo ganti aki? ... gw beli bulan lalu kalo ga salah inget.nescafe wrote:waduh, gw jg lupa itu tipe yg kering atau bukan..
hmm, waktu kmarin gw ganti aki di S&D, kyanya belum liat dah ada promo yg dapet oli..
tau gitu gantinya bareng2 pak maxx.. hiks..
Mayan tuh dapet shell helix plus (@50rban/ltr), kalo beli yg MF dapat 4ltr (200rban) .. emang seh harga akinya mahal 750rban gitu.. tp kalo itung2 dapat 4ltr helix plus.. jadi 550rban gitu deh
Gila semua harga naik cepat banget dulu waktu beli aki kering Rocket cuma 200rban .. sekarang katanya 675rb .. bujug naik lebih dari 2x lipat .. ya compare harga 3 thn lalu seh .. he3x

hari gini semua harga barang pada naek.. meskipun pertamax turun..

Permisii
............................. 


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11778
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Aki mobil yang dipakai
Saya pakai bawaan mobil tuh GS Hybrid dari mobil baru keluaran maret 2005 yg kalo ga salah skrg udah 3.5 taunan ya. Agak kaget jg sih kok accu bisa tahan selama itu. Tapi skrg agak was2 nih takut sewaktu parkir tiba2 pas mau distart ga mau jalan gara2 soak. Hehehe
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Aki mobil yang dipakai
kaga naek nes, cuma disesuaikan aja kok harganye..............nescafe wrote:yah.. gw gantinya hr minggu kmarin..maxx wrote:Kapan lo ganti aki? ... gw beli bulan lalu kalo ga salah inget.nescafe wrote:waduh, gw jg lupa itu tipe yg kering atau bukan..
hmm, waktu kmarin gw ganti aki di S&D, kyanya belum liat dah ada promo yg dapet oli..
tau gitu gantinya bareng2 pak maxx.. hiks..
Mayan tuh dapet shell helix plus (@50rban/ltr), kalo beli yg MF dapat 4ltr (200rban) .. emang seh harga akinya mahal 750rban gitu.. tp kalo itung2 dapat 4ltr helix plus.. jadi 550rban gitu deh
Gila semua harga naik cepat banget dulu waktu beli aki kering Rocket cuma 200rban .. sekarang katanya 675rb .. bujug naik lebih dari 2x lipat .. ya compare harga 3 thn lalu seh .. he3x
hari gini semua harga barang pada naek.. meskipun pertamax turun..


-
- Visitor
- Posts: 2
- Joined: Sun Sep 21, 2008 5:02
Re: Aki mobil yang dipakai
Untuk yang nanya apa bedanya GS Hybrid. GS Hybrid tuh mengandung calcium di salah satu plate-nya. Jadi dengan ada calcium itu, cranking power dari aki pasti lebih bagus, terus penyerapan air aki berkurang - artinya, lebih jarang aki harus di-isi ulang dengan distilled water, umur penyimpanan di gudangnya bertambah.
Kategori aki berdasarkan teknologinya:
- Conventional: Butuh isi ulang [tiap bulan juga udah berkurang airnya dikit], Platenya antimony-antimony, kalo udah diisi acid dalam 1 bulan udah harus mulai pake ato bakal kristalisasi dan aki rusak, cranking power rendah
- Hybrid: Butuh isi ulang tapi gak sesering Conv, Calcium di salah satu plate, umur di rak bisa 3 - 6 bulan tergantung suhu, cranking power lebih tinggi dibanding conventional
- MF: Gak butuh isi ulang, Calcium di kedua plate, umur rak 6-12 bulan, cranking power lebih tinggi dibanding Hybrid, tapi kalo yang berkualitas rendah, gak akan tahan di daerah tropis
- Gel: Acid-nya diganti gel, jadi gak akan kehabisan... yang ini baru sebenernya boleh dibilang aki kering karena akinya dibalik juga gak akan ada acid yang tumpah... di Indo salah kaprah MF disebut aki kering... coba aja aki MF dibalik posisinya... kemungkinan besar ada yang menetes acid...
MF ada varian laennya yang bisa juga disebut kering, yang biasa disebut pakai shock absorbent material... GS punya tapi untuk motor... kalo untuk mobil kemahalan kali yah...
Kalo bandingin aki... secara garis besar, Yuasa cranking awal biasanya lebih powerful, tapi long run-nya kalah ma GS....
Yang sempet dibilang Massiv, Ge-Force, itu adenya Yuasa..... kalo adenya GS, ada INCOE dan Quantum...
Untuk Quantum [Kuda Nil] dan INCOE, pake plate baru juga koq... cuma formula aja yang sedikit berbeda... Yang lebih ngaruh menurut gua sih cara perawatannya juga.... [kalo Quantum n INCOE dibandingin GS]... cuma kalo mau pake untuk [cencored], ya mendingan GS...
Kalo Bosch, dimana2 juga dia minta dibikinin orang laen.. ya gak di semua negara sih, mungkin kalo di Jerman dia bikin sendiri... tapi kalo Asia sih... dah tau deh siapa juga yang buat... jadi ngapain bayar premium untuk Bosch kalo isinya ma yang laen sami mawon...
Delkor Korea sih bagus, cuma sebenernya dia bikin untuk negara yang agak cold climate juga... tapi quality sih oke....
Kategori aki berdasarkan teknologinya:
- Conventional: Butuh isi ulang [tiap bulan juga udah berkurang airnya dikit], Platenya antimony-antimony, kalo udah diisi acid dalam 1 bulan udah harus mulai pake ato bakal kristalisasi dan aki rusak, cranking power rendah
- Hybrid: Butuh isi ulang tapi gak sesering Conv, Calcium di salah satu plate, umur di rak bisa 3 - 6 bulan tergantung suhu, cranking power lebih tinggi dibanding conventional
- MF: Gak butuh isi ulang, Calcium di kedua plate, umur rak 6-12 bulan, cranking power lebih tinggi dibanding Hybrid, tapi kalo yang berkualitas rendah, gak akan tahan di daerah tropis
- Gel: Acid-nya diganti gel, jadi gak akan kehabisan... yang ini baru sebenernya boleh dibilang aki kering karena akinya dibalik juga gak akan ada acid yang tumpah... di Indo salah kaprah MF disebut aki kering... coba aja aki MF dibalik posisinya... kemungkinan besar ada yang menetes acid...
MF ada varian laennya yang bisa juga disebut kering, yang biasa disebut pakai shock absorbent material... GS punya tapi untuk motor... kalo untuk mobil kemahalan kali yah...
Kalo bandingin aki... secara garis besar, Yuasa cranking awal biasanya lebih powerful, tapi long run-nya kalah ma GS....
Yang sempet dibilang Massiv, Ge-Force, itu adenya Yuasa..... kalo adenya GS, ada INCOE dan Quantum...
Untuk Quantum [Kuda Nil] dan INCOE, pake plate baru juga koq... cuma formula aja yang sedikit berbeda... Yang lebih ngaruh menurut gua sih cara perawatannya juga.... [kalo Quantum n INCOE dibandingin GS]... cuma kalo mau pake untuk [cencored], ya mendingan GS...
Kalo Bosch, dimana2 juga dia minta dibikinin orang laen.. ya gak di semua negara sih, mungkin kalo di Jerman dia bikin sendiri... tapi kalo Asia sih... dah tau deh siapa juga yang buat... jadi ngapain bayar premium untuk Bosch kalo isinya ma yang laen sami mawon...
Delkor Korea sih bagus, cuma sebenernya dia bikin untuk negara yang agak cold climate juga... tapi quality sih oke....
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Aki mobil yang dipakai
@phassat:
bro, supaya di kepala aki tidak timbul jamuran putih ada apa ngak obat yg manjur, krn sampai saat ini ane baru pada tahap percobaan.
Trus yg dimaksud dg cranking power itu apa?. teng kyu
bro, supaya di kepala aki tidak timbul jamuran putih ada apa ngak obat yg manjur, krn sampai saat ini ane baru pada tahap percobaan.
Trus yg dimaksud dg cranking power itu apa?. teng kyu
-
- Visitor
- Posts: 2
- Joined: Sun Sep 21, 2008 5:02
Re: Aki mobil yang dipakai
Untuk ngatasin jamur putihnya kalo gak salah sih pake aer panas... terus dikasih gemuk lagi... Waktu itu ada obat manjurnya deh... tapi dah lupa pake apa... Dikasih gemuk-nya setelah dibersihin... Kalo gak persis yang di-iklan aja... hehehesjamsul wrote:@phassat:
bro, supaya di kepala aki tidak timbul jamuran putih ada apa ngak obat yg manjur, krn sampai saat ini ane baru pada tahap percobaan.
Trus yg dimaksud dg cranking power itu apa?. teng kyu
Cranking Power itu tenaga untuk start mesin... biasanya standard uji pakai -18 Celcius.... Makin gede makin bertenaga... contoh:
NS40 300 CCA
NS60 380 CCA
seiring ukuran battery berubah, CCA pun bertambah... tapi belum tentu yang CCAnya tinggi, berarti paling bagus, karena ada life time juga...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Aki mobil yang dipakai
@phassat:
so menurut ente lbh baik pake aki kering ato aki basah?.
so menurut ente lbh baik pake aki kering ato aki basah?.
-
- SM Specialist
- Posts: 9769
- Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
- Location: Pasar Minggu, Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota Alphard
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Aki mobil yang dipakai
bisa tahan berapa th bro?.AD74YA wrote:pake MF yuasa uawet sekali lhoo...

-
- SM Specialist
- Posts: 9769
- Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
- Location: Pasar Minggu, Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota Alphard
Re: Aki mobil yang dipakai
dari 2006 sampe sekarang..
itu awet nggak yah?
catatan; gw sering tinggalin mobil ke jakarta 2 hari dalam seminggu, lebaran 2 minggu kutinggal nggak ada yang manasin, pokoknya sering banget ditinggal tanpa ngecopot kepala aki (katanya biar aki gak soak harus lepas kepala aki kalo ga ada yg manasin, tapi aku takutnya kena ke ECU jadi gak dilepas), sampe sekarang tiap di cek, masih tanda +, pas starter mobil juga masih spontan nyala, nggak ada jeda yang panjang... puas deh pokoknya bener2 free maintenance...
sebelumnya pake aki standar (lupa merk apa) digituin cuma tahan setahun (2004 akhir, ganti awal 2006 udah soak total!)
itu awet nggak yah?
catatan; gw sering tinggalin mobil ke jakarta 2 hari dalam seminggu, lebaran 2 minggu kutinggal nggak ada yang manasin, pokoknya sering banget ditinggal tanpa ngecopot kepala aki (katanya biar aki gak soak harus lepas kepala aki kalo ga ada yg manasin, tapi aku takutnya kena ke ECU jadi gak dilepas), sampe sekarang tiap di cek, masih tanda +, pas starter mobil juga masih spontan nyala, nggak ada jeda yang panjang... puas deh pokoknya bener2 free maintenance...
sebelumnya pake aki standar (lupa merk apa) digituin cuma tahan setahun (2004 akhir, ganti awal 2006 udah soak total!)
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14333
- Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
- Location: jakarta
Re: Aki mobil yang dipakai
@AD74YA: jgn lupa dirawat bro, biar umurnya lebih panjang lg.. 
terakhir gw pakai GS, dr tahun 2004-2006.. lumayan menurut gw.. tp karena itu free maintenance and udah agak loyo, akhirnya gw ganti dah..

terakhir gw pakai GS, dr tahun 2004-2006.. lumayan menurut gw.. tp karena itu free maintenance and udah agak loyo, akhirnya gw ganti dah..
Permisii
............................. 


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Aki mobil yang dipakai
Sebetulnye klo aki mo lbh awet lg, baca aja di sharing jumper aki yg bener, disitu sebagian besar elmu menambah umur aki dah gw turunken. Klo diikutin saran gw disitu, gw jamin tuh aki bisa tahan lebih lama lagi, tinggal ntar tukang akinye nyang marah2 ke gw, krn omsetnye pade turun. hehehe........nescafe wrote:@AD74YA: jgn lupa dirawat bro, biar umurnya lebih panjang lg..
terakhir gw pakai GS, dr tahun 2004-2006.. lumayan menurut gw.. tp karena itu free maintenance and udah agak loyo, akhirnya gw ganti dah..
btw, suatu saat nanti gw akan coba bahas cairan pengawet aki. ok.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Aki mobil yang dipakai
Pade tau ngak kenapa aki bawaan mobil bisa tahan lebih lama?. Hayo siapa yg bisa jawab.Omnibus wrote:Saya pakai bawaan mobil tuh GS Hybrid dari mobil baru keluaran maret 2005 yg kalo ga salah skrg udah 3.5 taunan ya. Agak kaget jg sih kok accu bisa tahan selama itu. Tapi skrg agak was2 nih takut sewaktu parkir tiba2 pas mau distart ga mau jalan gara2 soak. Hehehe
Klo kaga ade nyang bisa, besok akan gw coba uraiken. ok
-
- SM Specialist
- Posts: 9769
- Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
- Location: Pasar Minggu, Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota Alphard
Re: Aki mobil yang dipakai
boleh2 om sjamsul..
aki bawaan sama saya cuma tahan 1 tahun rata2.. hehehe..
aki bawaan sama saya cuma tahan 1 tahun rata2.. hehehe..
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Aki mobil yang dipakai
@omnibus:
bro, kaga usah was2. Perhatikan aja klo paginya distarter masih ok, kaga usah khawatir. Tapi klo pagi hari mo distarter kurang galak, baru deh boleh khawatir, krn aki tsb mulai lemah. ok.
bro, kaga usah was2. Perhatikan aja klo paginya distarter masih ok, kaga usah khawatir. Tapi klo pagi hari mo distarter kurang galak, baru deh boleh khawatir, krn aki tsb mulai lemah. ok.