Setau gw sih mesin i-VTEC V6 Honda itu teknologi jaman jebot. Honda sedikit bingung dan cenderung membabi buta untuk pengimbuhan "intelligent" di mesin VTEC-nya. Contoh; mesin seri K itu i-VTEC, karena memperkenalkan fungsi Variable Timing Control (VTC) yang membuat pengaktifan "cam panas" merentang di setiap putaran mesin, berbeda dengan VTEC tradisional putaran rendah "cam hangat", putaran tinggi "cam panas". Oh ya hampir lupa, di seri K i-VTEC = VTEC + DOHC + VTC.
Tapi, di i-VTEC seri R terbaru (CR-V, Civic, Stream), i-VTEC = VTEC + SOHC + profil cam baru. Profil cam baru ini berbeda dengan VTEC tradisional hangat/panas, karena profil cam sekarang adalah dingin/hangat. Terdapat juga semacam mekanisme menyerupai VTC jadi pengubahan profil cam lebih cepat dibanding VTEC tradisional.
Kemudian, di i-VTEC V6... Sebenernya adalah VTEC V6 + SOHC + Variable Cylinder Management. Mesin VTEC V6 itu sendiri cuma penyempurnaan mesin dari jaman Accord generasi ke-enam, nama serinya adalah J. Tapi meskipun mesin jebot, seri J adalah salah satu bukti kehebatan tukang insinyur Honda, dengan penyempurnaan, mesin yang sama bisa diadopsi untuk menghasilkan tenaga lebih besar dari tahun ke tahun. Accord V6 EX (Amrik), mesinnya J30 (3000cc) namun menghasilkan tenaga 240hp. Dari mesin yang sama dibuatlah J32 (3200cc) yang nyempil di Acura TL menghasilkan 260hp, dan sekarang menjadi 3500 cc menghasilkan tenaga 290hp (Acura TL), semuanya tanpa mengorbankan konsumsi bensin secara signifikan.
Untuk masalah getaran... Setau gw sih Odyssey Lagreat gak punya VCM, VCM baru diperkenalkan tahun 2005 sementara Odyssey Lagreat udah gak diproduksi semenjak 2004 (Lagreat itu Odyssey versi Amrik yang dijual di Jepang). Tapi gw mungkin salah, sapa tau ada produksi spesial. VCM itu menonaktifkan beberapa silinder ketika jalan santai, otomatis mesin bergetar karena ada ketidakseimbangan daya torsi yang memutar crankshaft. Tapi, Honda menyertakan dua teknologi untuk meredam (dan mengklaim menghilangkan) getaran tersebut. Yaitu mounting mesin aktif yang dikontrol komputer dan Active Noise Control. ANC merekam suara gaduh mesin dan memutar balik suara itu secara insinkron melalui sistem audio mobil. Untuk Accord baru, VCM masuk generasi kedua, jadi gak cuma mematikan silinder 3 aja tapi juga bisa matiin hanya 2 silinder. Untuk kasus mobil pake VCM mesinnya bergetar, ada kemungkinan mounting mesin aktifnya rusak.
Tambahan lagi dikit...
VTEC = Variable Valve Timing Lift Electronic Control
VVT-i = Variable Valve Timing Intelligent
VVTL-i = Variable Valve Timing and Lift Intelligent.
Urutan keruwetan teknis (bukan yang terbaik ya...) VVT-i - VTEC - VVTL-i
Ada lagi yang lebih ruwet teknisnya, VVT-Ie, i-VTEC, i-VTEC Turbo, Bi-Vanos, VarioCam, dll, cape ngetiknya.
Untuk masalah penerbitan mana yang memenangkan mobil terbaik, terserah masing-masing penerbitan. Mereka pasti punya cara pengujian masing-masing. Yang pasti sih... Honda Accord udah memenangkan kategori family sedan of the year selama 21 tahun berturut-turut menurut majalah Car and Driver. Accord generasi ke-8 menggenapi angka tersebut menjadi 22 tahun.
Caranddriver