[share] KESIALAN di bengkel Resmi Mercedes Benz PT CaR
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4362
- Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 317
- Joined: Mon Oct 08, 2007 16:45
tanya om shochu deh..Hansen wrote:harga C36 sekarang berapa yah?alim ulama wrote:C36 tu mesinnya 3.6l kalo ndak salah..
trus kalo ndak salah lagi, mesinnya itu seri M104 DOHC Inline 6 4 valve per silinder 2.8l pake stroker-kit jadi 3.6l 276 hp@5750rpm 385Nm @4000rpm. trus kalo ndak salah lagi berhubung yg masuk di Indo itu produksi '94 dapet gearbox nya 4-speed A/T.
lg manja kali bos mobilnya, jadi minta didorong2.
ato jangan2 emblemnya doang C36 + emblem AMG? tapi mesinnya M111 1.8l Inline 4 16valve
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
alim ulama wrote:tanya om shochu deh..Hansen wrote:harga C36 sekarang berapa yah?alim ulama wrote:C36 tu mesinnya 3.6l kalo ndak salah..
trus kalo ndak salah lagi, mesinnya itu seri M104 DOHC Inline 6 4 valve per silinder 2.8l pake stroker-kit jadi 3.6l 276 hp@5750rpm 385Nm @4000rpm. trus kalo ndak salah lagi berhubung yg masuk di Indo itu produksi '94 dapet gearbox nya 4-speed A/T.
lg manja kali bos mobilnya, jadi minta didorong2.
ato jangan2 emblemnya doang C36 + emblem AMG? tapi mesinnya M111 1.8l Inline 4 16valve




-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 317
- Joined: Mon Oct 08, 2007 16:45
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 483
- Joined: Thu Mar 23, 2006 4:10
ga nelpon gw tuh pat..alim ulama wrote:wuakakak.. nongol disini juga enteshochu wrote:makanya pake C36 aja...
gmn sodara gw jadi ngambil gak?
kurang semangat kali dia nya..

my ride: MB G300
http://serayamotor.com/diskusi/viewtopi ... 99&start=0
http://serayamotor.com/diskusi/viewtopi ... 99&start=0
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 483
- Joined: Thu Mar 23, 2006 4:10
berhubung mobilnya sedikit (yg beredar resmi indo, masuk pas KTT '94), rentang harganya juga agak gede.Hansen wrote:harga C36 sekarang berapa yah?alim ulama wrote:C36 tu mesinnya 3.6l kalo ndak salah..
trus kalo ndak salah lagi, mesinnya itu seri M104 DOHC Inline 6 4 valve per silinder 2.8l pake stroker-kit jadi 3.6l 276 hp@5750rpm 385Nm @4000rpm. trus kalo ndak salah lagi berhubung yg masuk di Indo itu produksi '94 dapet gearbox nya 4-speed A/T.
lg manja kali bos mobilnya, jadi minta didorong2.
ato jangan2 emblemnya doang C36 + emblem AMG? tapi mesinnya M111 1.8l Inline 4 16valve
tergantung kondisi banget jadinya. dari 130jt-an (yg kondisi ga jelas) sampe harganya juga ga jelas mau2nya penjual

my ride: MB G300
http://serayamotor.com/diskusi/viewtopi ... 99&start=0
http://serayamotor.com/diskusi/viewtopi ... 99&start=0
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1023
- Joined: Wed Dec 01, 2004 10:17
-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: Wed Dec 19, 2007 1:43
Ijinkan saya menjawab permasalahan mengenai “Kesialan di Bengkel Resmi Mercedes-Benz†yang di tulis oleh Bapak.
Sebagaimana diceritakan di forum bahwa ada 3 poin kekecewaan Bapak dan saya berusaha untuk menjawab poin per poin :
Poin 1:
Mengenai rem, pada hari Kamis 6 Desember 2007 sekitar pukul 16.00 saya menerima telp dari (sepertinya asisten) SA berinisial A*** bahwa piringan rem kendaraan tersebut harus diganti. Saya ingin bertanya masalah teknis namun dikarenakan yg bersangkutan kurang memahami pengetahuan teknis, saya diberi tahu akan ditelp oleh SA yg pada saat itu sedang online.
Saya tunggu sampai pukul 17.30 WIB tidak ada telp dari pihak bengkel PT CaR
Akhirnya konfirmasi atas penggantian rotor tersebut dilakukan pada Jum'at pagi sekitar pukul 10.00 WIB (yang mana seharusnya pada jam tersebut mobil saya sudah bisa diambil). Namun berhubung saya pun sedang berada di luar kota, maka saya katakan kendaraan akan saya ambil sore saja tidak apa2. (kurang baek apa coba gw?)
Jawab :
Pada tanggal 6 Desember mobil Bapak datang ke bengkel kami untuk melakukan penggantian oli mesin saja (seharusnya mobil Bapak melakukan service Assyt) dan karena tidak ada keluhan mengenai AC maka mekanik kami pun hanya mengerjakan sesuai yang tertulis di dalam Work Order (WO). Jadi yang terkait dengan sistim pendinginan (AC), mekanik kami tidak menyentuh sama sekali. Saat dilakukan perbaikan kami menemukan ada beberapa yang harus diperbaiki. Salah satu yang paling urgent (karena ini menyangkut masalah safety) adalah masalah brake disc (piringan rem). Sebelum melakukan penggantian piringan rem, service advisor kami melakukan konfirmasi kepada Bapak. Namun pada saat telpon kami tersambung dengan Bapak, Service Advisor kami sedang online dengan pelanggan lain. Setelah itu Service Advisor kami berusaha secepatnya menghubungi Bapak untuk menerangkan kondisi piringan rem Bapak namun sampai sore telpon Bapak tidak dapat dihubungi.
Keesokan harinya SA kami kembali menghubungi Bapak dan akhirnya telpon tersebut baru diangkat dan ketika ditanyakan kenapa telponnya susah dihubungi, Bapak menjawab bahwa Bapak sedang diluar kota (Ciawi) dan karena sedang diluar kota maka Bapak baru bisa mengambil mobilnya sore hari....
Poin 2
Jum'at sore sebelum saya mau menuju PT CaR untuk mengambil kendaraan, terdapat telp dari pihak PT CaR bahwa kendaraan saya sudah bisa diambil dan ternyata A/C saya KURANG DINGIN. (dalam pengertian orang awam kebanyakan, KURANG DINGIN berarti A/C masih dingin, tapi tidak sedingin biasanya).
Ketika saya mengambil kendaraan, ternyata A/C saya menghembuskan UDARA PANAS. (bukannya KURANG DINGIN).
(for the record, Jum'at 7 Desember Jakarta macet seanj*ng-anj*ng).Akhirnya mobil tersebut diperiksa lagi dan baru dijanjikan bisa diambil Sabtu siang.
Poin 3
Kendaraan saya diterima oleh PT CaR dgn laporan TIDAK ADA kerusakan dalam sistem A/C. Ketika saya akan mengambil kendaraan tersebut, ternyata A/C saya menjadi menghembuskan udara panas dan divonis terjadi kerusakan pada Kompressor A/C.
KERUSAKAN ini terjadi KETIKA KENDARAAN SAYA BERADA DI PT CaR. Jadi sudah sewajarnya PT CaR BERTANGGUNG JAWAB PENUH atas segala kerusakan yang timbul ketika mobil saya berada di bengkel PT CaR.
Akhirnya untuk menyelesaikan masalah ini, hari Rabu 12 Desember 2007 saya bertemu dengan saudara M*** dan saudara L***** di PT CaR untuk membahas settlement atas KERUSAKAN KOMPRESSOR A/C yg TERJADI DI Kendaraan saya KETIKA BERADA di PT CaR.
Namun kompensasi yang diberikan HANYA gratis JASA untuk membetulkan dan HANYA discount senilai 20% dari harga price list atas parts2 yang diganti.
Dimana SUDAH SEWAJARNYA apalagi bengkel ketika sudah menerima kendaraan kita, maka segala kerusakan yang terjadi DIGANTI SECARA FULL tanpa konsumen dibebankan apapun. Karena konsumen SUDAH DIRUGIKAN dengan tidak dapet menggunakan kendaraan tersebut selama berada di bengkel.
Jawab :
Sebagai prosedur standar di PT CAR, setiap kendaraan yang sudah selesai di perbaiki harus dilakukan Final Control. Pada saat Final Control dilakukan, kami pun sebenarnya menemukan bahwa kondisi AC mobil sudah tidak normal (sudah tidak dingin). Dan prosedur di bengkel kami, untuk saran – saran perbaikan yang sebaiknya dilakukan oleh pemilik kendaraan biasanya kami tulis di Final Inspection Report (kami menyebutnya Laporan Bengkel). Laporan tersebut disampaikan ke pemilik kendaraan pada saat serah terima kendaraan dan selalu ditanda tangani dan dimengerti oleh pemilik kendaraan.
Pada saat Bapak menyalakan kendaraannya timbullah keluhan keluar hawa panas, teknisi kami langsung mengecek kondisi AC Bapak dan berdasarkan hasil pemeriksaan di simpulkan bahwa kompresor mobil sudah lemah. Hasil pemeriksaan tersebut langsung kami beritahukan kepada Bapak. Namun untuk lebih memastikan lagi kerusakannya maka kami minta mobil tersebut ditinggal guna diperiksa kembali keesokkan harinya.
Hasil pemeriksaan ulang (hingga 2 x diperiksa) tetap menghasilkan bahwa kompresor mobil tersebut sudah lemah. Dari hasil pemeriksaan ulang tersebut maka saya selaku Customer Care langsung menemui Service Manager untuk membahas mengenai langkah yang harus diambil untuk dapat memberikan solusi seadil mungkin mengingat Bapak dan keluarga sudah menjadi pelanggan tetap kami sejak tahun 2003 sekaligus bentuk tanggung jawab kami agar pelanggan puas terhadap pelayanan kami. Setelah solusinya didapat maka saya langsung mencoba menghubungi Bapak pada hari Selasa (11/12/07) untuk mengundang Bapak ke kantor kami untuk membahas solusi terhadap permasalahan dari mobil Bapak. Namun disayangkan pada hari tersebut HP Bapak tidak dapat dihubungi (ternyata pada hari itu Bapak sedang ujian).
Pada hari Rabu (12/12/07) saya mencoba kembali untuk menelpon HP Bapak dan Alhamdulillah telpon tersebut dijawab dan ternyata Bapak sedang di Bandung. Bapak baru bisa datang hari Kamis (13/12/07) jam 10.00 . Pada hari yg sudah ditentukan Bapak datang dan langsung saya pertemukan dengan Service Manager kami. Pada pertemuan tersebut yang dihadiri oleh saya selaku Customer Care dan Service Manager, Bapak juga bercerita bahwa kondisi AC mobil Bapak sudah tidak dingin dan sudah mengetahui bahwa ada sesuatu yang kurang beres dengan kompresor mobil tersebut (Bapak bercerita bahwa untuk mencapai suhu dingin maka mesin tersebut harus ditahan pada RPM tinggi dimana hal tersebut merupakan salah satu tanda-tanda bahwa kompresor AC mobil tersebut sudah lemah) dan secara explisit juga Bapak bilang bahwa beliau tidak mau menuduh bahwa bengkel kami lah yang melakukan pengerusakan tersebut ( hal ini berbeda dengan pernyataan Bapak di forum ini dimana karena rusaknya di bengkel kami maka Bapak ingin minta penggantian 100 %)
Pada pertemuan tersebut akhirnya di capai kesepakatan bahwa bengkel kami memberikan diskon 20 % untuk spareparts (dengan garansi 2 tahun) dan membebaskan ongkos kerja dan solusi tersebut sudah dapat diterima oleh Bapak saat itu. Setelah ada persetujuan dari Bapak (persetujuan perbaikan tgl 14/12/07) maka mobil langsung dikerjakan dan selesai pada hari yang sama. Keesokan hari, Bapak beserta ibunya datang mengambil mobil tersebut dan mengecek hasil perbaikan AC yang saat itu sudah normal kembali. Pada saat serah terima kendaraan, bengkel kami selalu memberikan catatan bengkel dimana catatan tersebut berisi kondisi yang harus diperbaiki selanjutnya sehingga customer pun tahu akan kondisi kendaraanya setelah diperbaiki…….
Semoga dari jawaban yang kami berikan ini dapat menjadikan masukan kepada rekan-rekan di forum ini untuk dapat melihat permasalah ini dengan jernih. Khusus untuk Pak Alim Ulama, sekali lagi kami ucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada kami selama 4 tahun untuk merawat mobil bapak. Kami juga ucapkan terima kasih telah membagi pengalaman â€Âyang kurang mengenakkan†ini kepada khalayak. Kami sangat berterima kasih karena dengan ini, menjadi kesempatan buat kami untuk selalu mengevaluasi dan memperbaiki diri.
Demikian penjelasan dari kami …Mohon maaf apabila penjelasan ini terlalu panjang
Marketing Support and Customer Care
PT Cakrawala Automotif Rabhasa
Sebagaimana diceritakan di forum bahwa ada 3 poin kekecewaan Bapak dan saya berusaha untuk menjawab poin per poin :
Poin 1:
Mengenai rem, pada hari Kamis 6 Desember 2007 sekitar pukul 16.00 saya menerima telp dari (sepertinya asisten) SA berinisial A*** bahwa piringan rem kendaraan tersebut harus diganti. Saya ingin bertanya masalah teknis namun dikarenakan yg bersangkutan kurang memahami pengetahuan teknis, saya diberi tahu akan ditelp oleh SA yg pada saat itu sedang online.
Saya tunggu sampai pukul 17.30 WIB tidak ada telp dari pihak bengkel PT CaR
Akhirnya konfirmasi atas penggantian rotor tersebut dilakukan pada Jum'at pagi sekitar pukul 10.00 WIB (yang mana seharusnya pada jam tersebut mobil saya sudah bisa diambil). Namun berhubung saya pun sedang berada di luar kota, maka saya katakan kendaraan akan saya ambil sore saja tidak apa2. (kurang baek apa coba gw?)
Jawab :
Pada tanggal 6 Desember mobil Bapak datang ke bengkel kami untuk melakukan penggantian oli mesin saja (seharusnya mobil Bapak melakukan service Assyt) dan karena tidak ada keluhan mengenai AC maka mekanik kami pun hanya mengerjakan sesuai yang tertulis di dalam Work Order (WO). Jadi yang terkait dengan sistim pendinginan (AC), mekanik kami tidak menyentuh sama sekali. Saat dilakukan perbaikan kami menemukan ada beberapa yang harus diperbaiki. Salah satu yang paling urgent (karena ini menyangkut masalah safety) adalah masalah brake disc (piringan rem). Sebelum melakukan penggantian piringan rem, service advisor kami melakukan konfirmasi kepada Bapak. Namun pada saat telpon kami tersambung dengan Bapak, Service Advisor kami sedang online dengan pelanggan lain. Setelah itu Service Advisor kami berusaha secepatnya menghubungi Bapak untuk menerangkan kondisi piringan rem Bapak namun sampai sore telpon Bapak tidak dapat dihubungi.
Keesokan harinya SA kami kembali menghubungi Bapak dan akhirnya telpon tersebut baru diangkat dan ketika ditanyakan kenapa telponnya susah dihubungi, Bapak menjawab bahwa Bapak sedang diluar kota (Ciawi) dan karena sedang diluar kota maka Bapak baru bisa mengambil mobilnya sore hari....
Poin 2
Jum'at sore sebelum saya mau menuju PT CaR untuk mengambil kendaraan, terdapat telp dari pihak PT CaR bahwa kendaraan saya sudah bisa diambil dan ternyata A/C saya KURANG DINGIN. (dalam pengertian orang awam kebanyakan, KURANG DINGIN berarti A/C masih dingin, tapi tidak sedingin biasanya).
Ketika saya mengambil kendaraan, ternyata A/C saya menghembuskan UDARA PANAS. (bukannya KURANG DINGIN).
(for the record, Jum'at 7 Desember Jakarta macet seanj*ng-anj*ng).Akhirnya mobil tersebut diperiksa lagi dan baru dijanjikan bisa diambil Sabtu siang.
Poin 3
Kendaraan saya diterima oleh PT CaR dgn laporan TIDAK ADA kerusakan dalam sistem A/C. Ketika saya akan mengambil kendaraan tersebut, ternyata A/C saya menjadi menghembuskan udara panas dan divonis terjadi kerusakan pada Kompressor A/C.
KERUSAKAN ini terjadi KETIKA KENDARAAN SAYA BERADA DI PT CaR. Jadi sudah sewajarnya PT CaR BERTANGGUNG JAWAB PENUH atas segala kerusakan yang timbul ketika mobil saya berada di bengkel PT CaR.
Akhirnya untuk menyelesaikan masalah ini, hari Rabu 12 Desember 2007 saya bertemu dengan saudara M*** dan saudara L***** di PT CaR untuk membahas settlement atas KERUSAKAN KOMPRESSOR A/C yg TERJADI DI Kendaraan saya KETIKA BERADA di PT CaR.
Namun kompensasi yang diberikan HANYA gratis JASA untuk membetulkan dan HANYA discount senilai 20% dari harga price list atas parts2 yang diganti.
Dimana SUDAH SEWAJARNYA apalagi bengkel ketika sudah menerima kendaraan kita, maka segala kerusakan yang terjadi DIGANTI SECARA FULL tanpa konsumen dibebankan apapun. Karena konsumen SUDAH DIRUGIKAN dengan tidak dapet menggunakan kendaraan tersebut selama berada di bengkel.
Jawab :
Sebagai prosedur standar di PT CAR, setiap kendaraan yang sudah selesai di perbaiki harus dilakukan Final Control. Pada saat Final Control dilakukan, kami pun sebenarnya menemukan bahwa kondisi AC mobil sudah tidak normal (sudah tidak dingin). Dan prosedur di bengkel kami, untuk saran – saran perbaikan yang sebaiknya dilakukan oleh pemilik kendaraan biasanya kami tulis di Final Inspection Report (kami menyebutnya Laporan Bengkel). Laporan tersebut disampaikan ke pemilik kendaraan pada saat serah terima kendaraan dan selalu ditanda tangani dan dimengerti oleh pemilik kendaraan.
Pada saat Bapak menyalakan kendaraannya timbullah keluhan keluar hawa panas, teknisi kami langsung mengecek kondisi AC Bapak dan berdasarkan hasil pemeriksaan di simpulkan bahwa kompresor mobil sudah lemah. Hasil pemeriksaan tersebut langsung kami beritahukan kepada Bapak. Namun untuk lebih memastikan lagi kerusakannya maka kami minta mobil tersebut ditinggal guna diperiksa kembali keesokkan harinya.
Hasil pemeriksaan ulang (hingga 2 x diperiksa) tetap menghasilkan bahwa kompresor mobil tersebut sudah lemah. Dari hasil pemeriksaan ulang tersebut maka saya selaku Customer Care langsung menemui Service Manager untuk membahas mengenai langkah yang harus diambil untuk dapat memberikan solusi seadil mungkin mengingat Bapak dan keluarga sudah menjadi pelanggan tetap kami sejak tahun 2003 sekaligus bentuk tanggung jawab kami agar pelanggan puas terhadap pelayanan kami. Setelah solusinya didapat maka saya langsung mencoba menghubungi Bapak pada hari Selasa (11/12/07) untuk mengundang Bapak ke kantor kami untuk membahas solusi terhadap permasalahan dari mobil Bapak. Namun disayangkan pada hari tersebut HP Bapak tidak dapat dihubungi (ternyata pada hari itu Bapak sedang ujian).
Pada hari Rabu (12/12/07) saya mencoba kembali untuk menelpon HP Bapak dan Alhamdulillah telpon tersebut dijawab dan ternyata Bapak sedang di Bandung. Bapak baru bisa datang hari Kamis (13/12/07) jam 10.00 . Pada hari yg sudah ditentukan Bapak datang dan langsung saya pertemukan dengan Service Manager kami. Pada pertemuan tersebut yang dihadiri oleh saya selaku Customer Care dan Service Manager, Bapak juga bercerita bahwa kondisi AC mobil Bapak sudah tidak dingin dan sudah mengetahui bahwa ada sesuatu yang kurang beres dengan kompresor mobil tersebut (Bapak bercerita bahwa untuk mencapai suhu dingin maka mesin tersebut harus ditahan pada RPM tinggi dimana hal tersebut merupakan salah satu tanda-tanda bahwa kompresor AC mobil tersebut sudah lemah) dan secara explisit juga Bapak bilang bahwa beliau tidak mau menuduh bahwa bengkel kami lah yang melakukan pengerusakan tersebut ( hal ini berbeda dengan pernyataan Bapak di forum ini dimana karena rusaknya di bengkel kami maka Bapak ingin minta penggantian 100 %)
Pada pertemuan tersebut akhirnya di capai kesepakatan bahwa bengkel kami memberikan diskon 20 % untuk spareparts (dengan garansi 2 tahun) dan membebaskan ongkos kerja dan solusi tersebut sudah dapat diterima oleh Bapak saat itu. Setelah ada persetujuan dari Bapak (persetujuan perbaikan tgl 14/12/07) maka mobil langsung dikerjakan dan selesai pada hari yang sama. Keesokan hari, Bapak beserta ibunya datang mengambil mobil tersebut dan mengecek hasil perbaikan AC yang saat itu sudah normal kembali. Pada saat serah terima kendaraan, bengkel kami selalu memberikan catatan bengkel dimana catatan tersebut berisi kondisi yang harus diperbaiki selanjutnya sehingga customer pun tahu akan kondisi kendaraanya setelah diperbaiki…….
Semoga dari jawaban yang kami berikan ini dapat menjadikan masukan kepada rekan-rekan di forum ini untuk dapat melihat permasalah ini dengan jernih. Khusus untuk Pak Alim Ulama, sekali lagi kami ucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada kami selama 4 tahun untuk merawat mobil bapak. Kami juga ucapkan terima kasih telah membagi pengalaman â€Âyang kurang mengenakkan†ini kepada khalayak. Kami sangat berterima kasih karena dengan ini, menjadi kesempatan buat kami untuk selalu mengevaluasi dan memperbaiki diri.
Demikian penjelasan dari kami …Mohon maaf apabila penjelasan ini terlalu panjang
Marketing Support and Customer Care
PT Cakrawala Automotif Rabhasa
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
Wah keren.. Dijawab langsung... hayo2 gmn neh?
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
Bisnis? Sini donk..
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1023
- Joined: Wed Dec 01, 2004 10:17
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 687
- Joined: Fri Oct 19, 2007 20:34
gw juga belom lama ini baru kelar urusan sama bmw INA untuk masalah serius e90 320 gw yg baru 3 minggu umurnya waktu itu. Mulai dari komplain pertama gw sih langsung lewat email jadi semuanya ada dokumentasi dan emailnya selalu proffesional isinya dan gw selalu tekenin di akhir emailnya bahwa gw bakal remain discreet utk masalahnya kecuali mereka nggak nanggepin baru gw akan expose ke 1)bmw AG 2)public media.
Long story short sesudah exchange 3 email problemnya di beresin dan presdir bmw INA juga turun tangan langsung. Kalo menurut gw permasalahan seperti ini coba di handle secara discreet dulu ke yg bersangkutan dan higher upnya sebelum di expose ke public medium supaya bisa kasih kesempatan buat mereka utk melakukan correction kalo mereka nggak ada tanggepan baru deh sebarin ke mana mana. Juga selalu simpan semua bukti interaksi just in case the problem has to go public makanya gw lebih suka pakai email karena semua bukti interaksi sudah terekam in writing.
BTW jangan tanya masalah apa sama e90 320 gw karena masalahnya udah kelar.
Long story short sesudah exchange 3 email problemnya di beresin dan presdir bmw INA juga turun tangan langsung. Kalo menurut gw permasalahan seperti ini coba di handle secara discreet dulu ke yg bersangkutan dan higher upnya sebelum di expose ke public medium supaya bisa kasih kesempatan buat mereka utk melakukan correction kalo mereka nggak ada tanggepan baru deh sebarin ke mana mana. Juga selalu simpan semua bukti interaksi just in case the problem has to go public makanya gw lebih suka pakai email karena semua bukti interaksi sudah terekam in writing.
BTW jangan tanya masalah apa sama e90 320 gw karena masalahnya udah kelar.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 497
- Joined: Tue Nov 30, 2004 19:38
- Location: surabaya
Re: [share] KESIALAN di bengkel Resmi Mercedes Benz PT CaR
alim ulama wrote: Pada saat penerimaan mobil, diberikan estimasi bahwa kendaraan dapat selesai sore hari.. Namun saya bilang saya ambil besok pagi saja (hari Jum'at) agar dapat mengerjakan kendaraan saya dgn tidak terburu2 dan optimal. Disamping itu ketika penerimaan mobil TIDAK ADA laporan apapun mengenai kerusakan sistem A/C.
Poin 1:
Mengenai rem, pada hari Kamis 6 Desember 2007 sekitar pukul 16.00 saya menerima telp dari (sepertinya asisten) SA berinisial A*** bahwa piringan rem kendaraan tersebut harus diganti. Saya ingin bertanya masalah teknis namun dikarenakan yg bersangkutan kurang memahami pengetahuan teknis, saya diberi tahu akan ditelp oleh SA yg pada saat itu sedang online.
Saya tunggu sampai pukul 17.30 WIB tidak ada telp dari pihak bengkel PT CaR
PAda saat penyerahan mobil kan mobil di bawa ke dalam bengkel oleh mekaniknya sendiri kan dia pastinya menyalakan ac [kebanyakan bengkel pasti begitu, kecuali kalo di mercedes benz petugasnya mau buka jendela tapi rasanya meragukan]
seharusnya dia pun sudah tau misalkan ada hawa yang kurang dingin tersebut.. dan apabila dia tau harusnya ssat itu juga pemilik mobil dikasih tau..
kerusakannya dapat timbul sebelum mobil masuk bengkel (pemilik yang lbh tau)/ pada saat didalam bengkel.. (mekanik yang lbh tau)
Setau saya apabila ac itu tidak ada bagian yang bocor (pipa/kompresor), ac itu pasti dingin.. jadi gak ada cerita freonnya kurang lah, ato tambah2 freon..
palingan kalo agak gak dingin itu disebabkan filter nya aja yg kotor.. jadi selama gak ada yg bocor freon gak bakalan berkurang... kalo memang kurang bukan hanya ditambah freon saja melainkan harus adanya pemeriksaan pipa2nya sehingga ketemu pangkal masalahnya.. kalo gak yah siap2 ngisi freon terus tuh

saran buat bengkel : sebaiknya di dalam bengkel harusnya diksh cctv / kamera pengawas sehingga apabila adanya komplain pihak bengkel dapat membuktikan bahwa pada bagian trsbt tdk di utak atik.. apalagi bengkel sekelas mercedes dimana mobil2nya sangat premium sehinggaa tidak terjadi hal2 yang tidak diinginkan..
karena banyak cerita yang mana mobil2 yang masuk bengkel sering di kerjai agar penjualan spare part dapat naik.. ato pendapatan dr servic yang meningkat.
btw2 "cust care CAR" welcome to serayamotor.com hehehe

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 497
- Joined: Tue Nov 30, 2004 19:38
- Location: surabaya
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4362
- Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40
-
- Visitor
- Posts: 3
- Joined: Tue Jun 21, 2011 11:42
Re: [share] KESIALAN di bengkel Resmi Mercedes Benz PT CaR
kebetulan lg ngomongin soal bengkel sekedar share aja, mgkn berguna buat yg mau ke bengkel krn matic nya bermasalah. mobil gw bukan mercy tapi di tempat ini jg ada mercy diservis.
harap browsing2 dulu sampe pegel sblm menentukan bengkel matic mana yg akan dituju. browsing juga sampe pegel utk mengetahui sistem/mekanisme matic di mobil anda.
saya terakhir ke bengkel matic bernama wani mat*c karena melihat bengkel ini dapat banyak referensi dr berbagai forum. saya datang utk cek kondisi matic krn mobil sudah tua. waktu di tes jalan menurut owner bengkel kondisi matic masih ok, jadi cukup di kuras. akhirnya di kuras lah oleh anak buahnya.
dr browsing saya tahu kalau matic saya punya 2 chamber oli, satu transmisi dan satunya lagi gardan. di toda langganan saya ganti oli matic juga mrk biasa ganti oli dua chamber ini. wkt sy minta mrk kuras transmisi dan gardan, kru bengkel bilang mobil tarikan roda depan nggak pake gardan. setelah berdebat dan ngotot barulah mrk mau cari baut kuras gardan dan akhirnya ketemu.
waktu pengisian oli baru saya bilang lubang pengisiannya beda dan kembali kru bengkel ngotot kalo di sistem tarikan roda depan isi oli transimisi akan mengisi jg chamber oli gardan. kembali harus ngotot dan kru bengkel tdk menemukan lubang pengisian oli gardan. akhirnya dipanggillah owner bengkel baru dia bs menemukan lubang pengisian oli gardan.
saya juga tanya bagaimana cara ngetes oli matic, menurut kru bengkel caranya mesin nyala, gear di N, cabut dipstick. cairan oli harus menempel di tanda cold (wkt dingin) atau diatasnya yaitu hot (setelah dipake jalan jauh).
kuras oli dan bersihkan filter matic selesai, owner cek jalan dan cari kebocoran paking karter matic. beres.
seminggu kemudian saya cek dipstick mengikuti arahan kru bengkel, ternyata cairan oli jauh diatas tanda hot, apalagi cold.
waktu saya sms owner bengkel wani m*t*c, katanya nggak ada kasus matic rusak krn overfill oli.
setau saya dr browsing, overfill akan bikin seal2 dan paking jebol krn tekanan berlebih... yg mana nih yg bener, browsing ato si owner bengkel...
yg jelas sih bengkel spesialis matic itu nggak paham soal gardan mobil saya... jd moral of the story, bos bengkel biasanya punya itikad baik krn mrk hrs jaga loyalitas tapi anak buahnya itu soal lain.
wkt di bengkel itu jg ada orang bawa w140, dia pake seragam bengkel mercy terkenal kalo ga salah namanya to*o 7* dan gw shock wkt lihat dia nyolong bensin mobil itu disedot pake selang ke jerigen. pasti yg diambil ga banyak tapi kalo dia berani nyolong bensin ga mustahil ulah lebih parah juga dilakukan
harap browsing2 dulu sampe pegel sblm menentukan bengkel matic mana yg akan dituju. browsing juga sampe pegel utk mengetahui sistem/mekanisme matic di mobil anda.
saya terakhir ke bengkel matic bernama wani mat*c karena melihat bengkel ini dapat banyak referensi dr berbagai forum. saya datang utk cek kondisi matic krn mobil sudah tua. waktu di tes jalan menurut owner bengkel kondisi matic masih ok, jadi cukup di kuras. akhirnya di kuras lah oleh anak buahnya.
dr browsing saya tahu kalau matic saya punya 2 chamber oli, satu transmisi dan satunya lagi gardan. di toda langganan saya ganti oli matic juga mrk biasa ganti oli dua chamber ini. wkt sy minta mrk kuras transmisi dan gardan, kru bengkel bilang mobil tarikan roda depan nggak pake gardan. setelah berdebat dan ngotot barulah mrk mau cari baut kuras gardan dan akhirnya ketemu.
waktu pengisian oli baru saya bilang lubang pengisiannya beda dan kembali kru bengkel ngotot kalo di sistem tarikan roda depan isi oli transimisi akan mengisi jg chamber oli gardan. kembali harus ngotot dan kru bengkel tdk menemukan lubang pengisian oli gardan. akhirnya dipanggillah owner bengkel baru dia bs menemukan lubang pengisian oli gardan.
saya juga tanya bagaimana cara ngetes oli matic, menurut kru bengkel caranya mesin nyala, gear di N, cabut dipstick. cairan oli harus menempel di tanda cold (wkt dingin) atau diatasnya yaitu hot (setelah dipake jalan jauh).
kuras oli dan bersihkan filter matic selesai, owner cek jalan dan cari kebocoran paking karter matic. beres.
seminggu kemudian saya cek dipstick mengikuti arahan kru bengkel, ternyata cairan oli jauh diatas tanda hot, apalagi cold.
waktu saya sms owner bengkel wani m*t*c, katanya nggak ada kasus matic rusak krn overfill oli.
setau saya dr browsing, overfill akan bikin seal2 dan paking jebol krn tekanan berlebih... yg mana nih yg bener, browsing ato si owner bengkel...
yg jelas sih bengkel spesialis matic itu nggak paham soal gardan mobil saya... jd moral of the story, bos bengkel biasanya punya itikad baik krn mrk hrs jaga loyalitas tapi anak buahnya itu soal lain.
wkt di bengkel itu jg ada orang bawa w140, dia pake seragam bengkel mercy terkenal kalo ga salah namanya to*o 7* dan gw shock wkt lihat dia nyolong bensin mobil itu disedot pake selang ke jerigen. pasti yg diambil ga banyak tapi kalo dia berani nyolong bensin ga mustahil ulah lebih parah juga dilakukan
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 299
- Joined: Fri Apr 25, 2008 5:29
Re: [share] KESIALAN di bengkel Resmi Mercedes Benz PT CaR
weleh2...pake seragam bengkel * masih nyolong bensin ?!?!?javapride wrote:kebetulan lg ngomongin soal bengkel sekedar share aja, mgkn berguna buat yg mau ke bengkel krn matic nya bermasalah. mobil gw bukan mercy tapi di tempat ini jg ada mercy diservis.
harap browsing2 dulu sampe pegel sblm menentukan bengkel matic mana yg akan dituju. browsing juga sampe pegel utk mengetahui sistem/mekanisme matic di mobil anda.
saya terakhir ke bengkel matic bernama wani mat*c karena melihat bengkel ini dapat banyak referensi dr berbagai forum. saya datang utk cek kondisi matic krn mobil sudah tua. waktu di tes jalan menurut owner bengkel kondisi matic masih ok, jadi cukup di kuras. akhirnya di kuras lah oleh anak buahnya.
dr browsing saya tahu kalau matic saya punya 2 chamber oli, satu transmisi dan satunya lagi gardan. di toda langganan saya ganti oli matic juga mrk biasa ganti oli dua chamber ini. wkt sy minta mrk kuras transmisi dan gardan, kru bengkel bilang mobil tarikan roda depan nggak pake gardan. setelah berdebat dan ngotot barulah mrk mau cari baut kuras gardan dan akhirnya ketemu.
waktu pengisian oli baru saya bilang lubang pengisiannya beda dan kembali kru bengkel ngotot kalo di sistem tarikan roda depan isi oli transimisi akan mengisi jg chamber oli gardan. kembali harus ngotot dan kru bengkel tdk menemukan lubang pengisian oli gardan. akhirnya dipanggillah owner bengkel baru dia bs menemukan lubang pengisian oli gardan.
saya juga tanya bagaimana cara ngetes oli matic, menurut kru bengkel caranya mesin nyala, gear di N, cabut dipstick. cairan oli harus menempel di tanda cold (wkt dingin) atau diatasnya yaitu hot (setelah dipake jalan jauh).
kuras oli dan bersihkan filter matic selesai, owner cek jalan dan cari kebocoran paking karter matic. beres.
seminggu kemudian saya cek dipstick mengikuti arahan kru bengkel, ternyata cairan oli jauh diatas tanda hot, apalagi cold.
waktu saya sms owner bengkel wani m*t*c, katanya nggak ada kasus matic rusak krn overfill oli.
setau saya dr browsing, overfill akan bikin seal2 dan paking jebol krn tekanan berlebih... yg mana nih yg bener, browsing ato si owner bengkel...
yg jelas sih bengkel spesialis matic itu nggak paham soal gardan mobil saya... jd moral of the story, bos bengkel biasanya punya itikad baik krn mrk hrs jaga loyalitas tapi anak buahnya itu soal lain.
wkt di bengkel itu jg ada orang bawa w140, dia pake seragam bengkel mercy terkenal kalo ga salah namanya to*o 7* dan gw shock wkt lihat dia nyolong bensin mobil itu disedot pake selang ke jerigen. pasti yg diambil ga banyak tapi kalo dia berani nyolong bensin ga mustahil ulah lebih parah juga dilakukan
kalo ane liat pegawai kayak gitu, ane langsung laporin ke bos-nya, biar langsung dipecat.

Memalukan sekali, nyolong kok sekedar bensin satu jerigen.

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3072
- Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
- Location: Indonesia
Re: [share] KESIALAN di bengkel Resmi Mercedes Benz PT CaR
Kalau mobil mobil mahal sih prefer beli yg baru bro , terus kalau service sebisa mungkin di tunggu . karena sekarang byk montir montir nakal bin stress kalau bisa mobil di bawah 5 tahun biar aman servisnya harus di bengkel resmi nah udah lewat 5 tahun terserah lo dah mau servis di bengkel umum atau servis sendiri aja kalau bisa belajar dari youtube banyak kok panduannya 

Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun