
Kalo gw sih,
FWD lebih enak manuver (but not traction) di jalan es/salju : Yes (walaupun cuman bisa ngebayangin)
FWD Lebih efisien tenaga/lebih hemat BBM : Yes
Selain itu No.
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
Bro, kalau mau coba manuver di es/salju ... bawa saja FWD yang kecil... (Picanto, Jazz) ke Mal Taman Anggrek / Tempat Ice Skating atau ke ICE WORLD di ANCOL....uch wrote:Dimana2 RWD vs FWD itu emang endless discussion
Kalo gw sih,
FWD lebih enak manuver (but not traction) di jalan es/salju : Yes (walaupun cuman bisa ngebayangin)
FWD Lebih efisien tenaga/lebih hemat BBM : Yes
Selain itu No.
Ini khan mobil yang berjalan tidak pakai mesin tapi kemana-mana bawa mesin cadangan di bagasi.... hhehhehehheee....mpvlover wrote:Nimbrung juga ah!
Cmiiw tapi semua pembahasan di atas berasumsi posisi mesin di depan (front engined) yang artinya FWD lebih efisien dan irit, RWD lebih rumit dan ada hilang tenaga dsb dsb.
Tapi overall, sensasi mengemudi RWD rasanya lebih unggul daripada FWD. Jadi mungkin yang paling ideal itu RWD dengan posisi mesin di belakang (rear engined). Kalau konfigurasi begini, mesin di belakang and roda penggerak di belakang, efisiensinya sama dengan mobil FWD bermesin di depan. Tapi punya keunggulan karakteristik handling mobil RWD.
Dua mobil legendaris dgn konfig begini : Porsche 911 dan VW Beetle original (VW Kodok). Yang baru malah FWD dan mesin di depan, gak beda dengan Honda Jazz
Walau kalah populer oleh konfig FWD/front engined apalagi di Indo yang disesaki mobil Jepang, tapi sekarang lagi bangkit kembali tuh. Contohnya, Smart (tau kan?) dan the real new VW Beetle : VW concept UP yang bbrp taun lagi akan diproduksi massal
Buat pengemudi harian/awam, menurut saya sudah tentu FWDilhami wrote:Kalau safety lebih aman fwd atau rwd ?
Betul pak,billyd1773dz wrote:sebenernya RWD tampa LSD.............. minim atw err sulit terjadi oversteer di sengaja aja sulit...
sedangkan FWD 78ps AT aja uda bisa kerasa terjadi understeer.