Ya betul! juga sama dengan Kuda Diesel, bedanya Strada sudah pakai Turbo, Kuda dan L300 belum. Tipe mesinnya 4D56T buat Strada dan 4D56 buat Kuda Diesel dan L300. Angka 4 merupakan jumlah silindernya, huruf D berarti Diesel, 56 adalah nomor seri, terus huruf T pada 4D56T berarti Turbo.gandalf wrote:yak betul samaivanov wrote:Apa benar mesin mitsubishi strada L-200 yg diesel sama ama L-300??
2500 cc, cuma ada tambahan Turbo Intercooler
Double CAb
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4612
- Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
- Location: jauh di mata, dekat di hati
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4612
- Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
- Location: jauh di mata, dekat di hati
Pada zaman dahulu kala (kaya cerita dongeng aja...he.he.he...),The Stream X wrote:Apa benar cuma Daihatsu Rocky di kelas tersebut dahulu?mpoezz wrote:kalo dulu sih yang beli ya orang2 daerah pak soalnya mobil 4x4 yang terjangkau kan cuman kelas kelas rocky hehehe dulu maha ngak ada double cab yang ada single cab lagian kan beli nya buat cari duit pak hehehe (buat nambah pundi pundi uang). lagian mana kuat beli land cruiser heheheh.memang sih kalo beli nambah dikit dapet oddysey tapi kalo oddysey dibawa kedaerah mah jebol duluan sebelum beraksi uheuheuhe (paling jalan dalam kota aja) kalo luar kota mah jalan nya ngak bersahabat hehehe.
Yah, kalau orang punya Honda Odyssey ngerti lah kagak bakal dipake Off-Road. Masa mobil semanis itu mau dipake ke yang aneh-aneh. Atau beli Nissan X-Trail aja sekalian, atau Nissan Serena?
Tersebutlah sebuah kendaraan 4x4 (=16 he...he...he..) bernama Daihatsu Rocky. Rocky adalah pengembangan dari Taft GT 4x4, mesin sama trus ditambah atap Megatop....
Tapi pada zaman dahulu kala....
Bukan cuma Rocky, sebagai petarung 4x4 di Indonesia, selain masih ada saudaranya, Taft, juga ada Suzuki Vitara...
Bedanya, Rocky bermesin diesell 2800cc, sedangkan Vitara bensin 1600cc. Keduanya dulu berharga cukup terjangkau, lebih murah dari sedan sekelas Toyota Corolla waktu itu (tidak sampai 100jt). Selain itu, juga ada Vitara EPI (Electronic Petrol Injection) yg dijual lebih mahal, setara sedan sekelas Corolla, waktu itu harganya Rp 72jt (Dulu Corolla dan kawan2 juga berharga Rp 70jutaan)....
Dan pada zaman dahulu kala...(8-10 tahun lalu)
4x4 yang termahal harganya pada level di bawah Rp 100jt adalah Jeep Wrangler seharga Rp 86jt (dulu muraaaah sekali 'kan?)....
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2980
- Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
- Location: Kingdom of Heaven
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2980
- Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
- Location: Kingdom of Heaven
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4612
- Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
- Location: jauh di mata, dekat di hati
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
Hehehe ... kaget kan ... gw juga sama kaget. Tapi Rocky itu udah ngga ada lagi di dealer DAIHATSU, karena harganya yang ngga masuk akal dan siapa sih yang mau beli ? Andaikan ada mungkin itu adalah sisa stock yang masih belum laku. Akhir2 ini gw juga ngga pernah liat lagi price listnya Rocky di kolom Daihatsu.Rocky itu Daihatsu ya? Masih dijual nggak di dealer Daihatsu?
Emang kemahalan lagi!!! Bukan kemahalan lagi, tapi yang bikin harga udah sakit jiwa!!! Daku kira 150 juta-an, ternyata 300 juta-an!!! Sakit jiwa nggak tuh? Kalau masih dijual, mau dijual kemana tuh? Nggak bakal laku deh!!! Mendingan tambah dikit dapet Honda New Oddysey deh. Walau diskon 30% pun juga nggak ada yang mau. Mendingan beli Double Cab aja deh! Jadi sisa tuh mobil mau dijual kemana ya? Saya nggak habis pikir selama ini.
Tapi dulu sebelum krismon, Rocky murah loh ! Masih under 100 juta ! Yah untung aja orang yang beli sebelum krismon...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 914
- Joined: Sun Mar 21, 2004 18:15
- Location: Jakarta
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2980
- Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
- Location: Kingdom of Heaven
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2980
- Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
- Location: Kingdom of Heaven
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2980
- Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
- Location: Kingdom of Heaven
tapi yang paling untung sih landcruiser tuh pak yang vx turbo sampe sekarang harganya masih tinggi.dulu sebelum krismon kan ngak seberapa mahal.DigitALL wrote:Hehehe ... kaget kan ... gw juga sama kaget. Tapi Rocky itu udah ngga ada lagi di dealer DAIHATSU, karena harganya yang ngga masuk akal dan siapa sih yang mau beli ? Andaikan ada mungkin itu adalah sisa stock yang masih belum laku. Akhir2 ini gw juga ngga pernah liat lagi price listnya Rocky di kolom Daihatsu.Rocky itu Daihatsu ya? Masih dijual nggak di dealer Daihatsu?
Emang kemahalan lagi!!! Bukan kemahalan lagi, tapi yang bikin harga udah sakit jiwa!!! Daku kira 150 juta-an, ternyata 300 juta-an!!! Sakit jiwa nggak tuh? Kalau masih dijual, mau dijual kemana tuh? Nggak bakal laku deh!!! Mendingan tambah dikit dapet Honda New Oddysey deh. Walau diskon 30% pun juga nggak ada yang mau. Mendingan beli Double Cab aja deh! Jadi sisa tuh mobil mau dijual kemana ya? Saya nggak habis pikir selama ini.
Tapi dulu sebelum krismon, Rocky murah loh ! Masih <a href="http://www.serverlogic3.com/lm/rtl2.asp?k=under%20100" onmouseover="window.status='under 100'; return true;" onmouseout="window.status=''; return true;">under 100</a> juta ! Yah untung aja orang yang beli sebelum krismon...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
Bener sih. Dulu gw juga ampir beli tuh sebelom krismon. Cuma karena ada masalah dalam indentnya akhirnya dibatalin. Dulu itu cuma 180 jutaan. Lampu depan kotak 2 dan samping ada sticker gurun ...tapi yang paling untung sih landcruiser tuh pak yang vx turbo sampe sekarang harganya masih tinggi.dulu sebelum krismon kan ngak seberapa mahal.
Skg yang second masih sekitar 300 jutaan bung.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2980
- Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
- Location: Kingdom of Heaven
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
Bisa jadi konglomerat dadakan tuh ! And temen gw juga ada tuh yang beruntung spt itu dan skg dia jadi pemasok produk WELLA. Bedanya temen gw itu simpen USD ...iya gila bener harga nya.
dulu kan masih murah tapi ya itu waktu itu ngak kepikir buat beli.coba beli huehehe sekarang dijual untung banyak tuh
double cab = mana yang bagus
Gue kebetulan sejak 2001 di Kalsel, jadi sempat mengamati sejak munculnya double cab sampai sekarang, yang jumlahnya seabreg2... kalo kita menyusuri jalan A.Yani di Banjarmasin pas jam sibuk, hampir dari setiap 10 mobil pasti terselip 1 atau 2 double cab pickup..... juga yang parkir di halaman hotel2 di Banjarmasin...... buanyak banget populasinya... apalagi kalo ke daerah tambang batubara di Sungai Danau, Batulicin..... Nah hasil pengamatan dan hasil ngobrol2 dengan beberapa bengkel di Banjarmasin, inilah info yang mungkin membantu kita membandingkan berbagai merk tsb :
- Ford Ranger 2500cc = lemah di mekanisme front wheel drive, gigi2nya tidak terlalu kuat gitu, kopling berat, tapi ada airbag..... tapi merk ini cukup tahan solar oplosan, dan populasinya cukup banyak, bersaing dengan Mits. L-200.
- Mitsubishi Strada L-200 2500cc = Ini jenis double cab terbanyak populasinya, bersaing dengan Ford Ranger, mungkin karena tampilan bodynya yang cukup garang dan mesin cukup tangguh walau tenaga kecil sekitar 100 HP, dan harga relatif lebih murah dari yang lain serta suspensi standar yang nyaman. Penumpang belakang cukup nyaman karena leg room kayaknya paling lega walau lebar body lebih sempit daripada Nissan Frontier. Tahan pula terhadap solar oplosan.
- Nissan Frontier 3000cc = tenaga paling besar (150 HP/314 Nm) nomor dua setelah Toyota Hi-Lux Vigo 3000cc. Frontier kencang dan fun to drive(max 160 km/jam) body lebar/ramping dan macho, tapi faktor minusnya menyolok, yaitu sangat tidak tahan solar oplosan, tidak ada ABS, Airbag. Di bengkel Nissan Bjm sudah banyak yang terkapar, minimal harus dikuras tankinya dan dipasangi tambahan filter solar extra. Ada pula beberapa unit yang sudah kena di komponen branstop, harus diganti baru sekitar 4-5 jutaan harganya.
- Isuzu D-Max 3000cc = tenaga 130 HP, dan belum terdengar keluhan dari pengguna. Nampaknya cukup tahan solar oplosan.... Populasi lebih banyak daripada Nissan Frontier tapi lebih sedikit daripada L-200 dan Ford Ranger. ABS/Airbag... komplet... Nampaknya ini pilihan bagus.
- Mazda B2500 = mesin serupa Ranger, namun body nampak lebih ringan dan kurang macho...populasi sedikit.
- Toyota Hi-Lux Vigo = yang 3000 cc powernya terbesar di antara semua yang double cab yang exist sekarang ini. 170 HP. Cuma muahalnya minta ampun, di atas 300 jutaan... Ada beberapa di Kalsel.
Gitu lah sekedar info dari Kalsel, salam.
[/b]
- Ford Ranger 2500cc = lemah di mekanisme front wheel drive, gigi2nya tidak terlalu kuat gitu, kopling berat, tapi ada airbag..... tapi merk ini cukup tahan solar oplosan, dan populasinya cukup banyak, bersaing dengan Mits. L-200.
- Mitsubishi Strada L-200 2500cc = Ini jenis double cab terbanyak populasinya, bersaing dengan Ford Ranger, mungkin karena tampilan bodynya yang cukup garang dan mesin cukup tangguh walau tenaga kecil sekitar 100 HP, dan harga relatif lebih murah dari yang lain serta suspensi standar yang nyaman. Penumpang belakang cukup nyaman karena leg room kayaknya paling lega walau lebar body lebih sempit daripada Nissan Frontier. Tahan pula terhadap solar oplosan.
- Nissan Frontier 3000cc = tenaga paling besar (150 HP/314 Nm) nomor dua setelah Toyota Hi-Lux Vigo 3000cc. Frontier kencang dan fun to drive(max 160 km/jam) body lebar/ramping dan macho, tapi faktor minusnya menyolok, yaitu sangat tidak tahan solar oplosan, tidak ada ABS, Airbag. Di bengkel Nissan Bjm sudah banyak yang terkapar, minimal harus dikuras tankinya dan dipasangi tambahan filter solar extra. Ada pula beberapa unit yang sudah kena di komponen branstop, harus diganti baru sekitar 4-5 jutaan harganya.
- Isuzu D-Max 3000cc = tenaga 130 HP, dan belum terdengar keluhan dari pengguna. Nampaknya cukup tahan solar oplosan.... Populasi lebih banyak daripada Nissan Frontier tapi lebih sedikit daripada L-200 dan Ford Ranger. ABS/Airbag... komplet... Nampaknya ini pilihan bagus.
- Mazda B2500 = mesin serupa Ranger, namun body nampak lebih ringan dan kurang macho...populasi sedikit.
- Toyota Hi-Lux Vigo = yang 3000 cc powernya terbesar di antara semua yang double cab yang exist sekarang ini. 170 HP. Cuma muahalnya minta ampun, di atas 300 jutaan... Ada beberapa di Kalsel.
Gitu lah sekedar info dari Kalsel, salam.
[/b]
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 556
- Joined: Thu Feb 16, 2006 10:31
L200!! tenaga memang gak gt gede... mobil saya pertama kali pas diajarin nyetirrr... hahaha... kangennya...
tapi mobil ini diadu ama Landcruiser VX turbo masihh menang... saya masih inget banget, disetirin bokap di cipularang speedometer mentok (180), masi asik2 aja kog, stabil.. gak pake ban pacul sih... masi bridgestone standar... desert dueller apa gt... lupa...
nieh mobil di Inggris juga double cab paling lariss... di aust. mesinnya 3000 bensin... gak ngerti deh sama KTB... kalo gak salah di indo kode mesinnya gak beda jauh ama Kuda dan L300, cuma with turbo intercooler... uda kebukti bandelnya x ya...
tapi mobil ini diadu ama Landcruiser VX turbo masihh menang... saya masih inget banget, disetirin bokap di cipularang speedometer mentok (180), masi asik2 aja kog, stabil.. gak pake ban pacul sih... masi bridgestone standar... desert dueller apa gt... lupa...
nieh mobil di Inggris juga double cab paling lariss... di aust. mesinnya 3000 bensin... gak ngerti deh sama KTB... kalo gak salah di indo kode mesinnya gak beda jauh ama Kuda dan L300, cuma with turbo intercooler... uda kebukti bandelnya x ya...
Mas Skullkid, aku kok masih ragu ya kalo Strada L 200 bisa lari 180 kpj.. Aku sering banget adu tarikan/top speed sama Strada ataupun merk double cab lain di jalur Bjm - Banjarbaru - Batulicin, di jalur kosong lurus, tikungan, tanjakan & turunan, kok rasanya Nissan Frontier lebih kencang, padahal mentoknya cuman 165 kpj..... ? Apa mungkin milik bokap Anda itu Strada Storm bensin 3000 cc Turbo ?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 556
- Joined: Thu Feb 16, 2006 10:31
gak salah lagi, punya bokap 2500CC turbo... memank, bokap ngeluhin tarikannya gak gitu beres, lagian mobilnya dah dijual kog, dah balik modall katanya (waktu dulu di rent sama orang di sumatra)... kayaknya saya yakin masih bagusan frontier anda deh kalo tarik2an gt, soalnya tenaganya lumayan beda jauh, 50 hp.. tapi saya liat sendiri kog, speedometernya mentok 180.. gak cuma sekali kog itu.. saya pake kurang lebih cuma 3 or 4 bulan pertama doank kog..
Strada lari 180 kpj
Mungkin Strada memang bisa 180 kpj tapi dapetnya lama dan perlu track panjang ya.. kalo Frontier tarikannya lumayan bikin kaget penumpang, cepet mencapai 165 kpj, dan rasanya gak bisa lebih kencang lagi...
Last edited by frontier on Mon Feb 27, 2006 12:50, edited 2 times in total.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 556
- Joined: Thu Feb 16, 2006 10:31
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Bicara soal performa, mesin mesin diesel Double Cab hampir semuanya dilengkapi dengan Turbocharger.
Drawback dari sistem turbo konvensional non VGT / VNT umumnya terdapat lag under 2000 RPM.
Double cab yg sudah menggunakan turbo VNT adalah Hi Lux Vigo 3000 cc CRD mesin 1 KD-FTV.
Solusi utk Conventional Turbocharger without VNT / VGT device adalah Max. 2B, berfungsi sebagai virtual bridge antara jalur sebelum turbo dan antara turbo - plenum chamber, dimana pada saat mesin mulai revving up dr posisi stationer, katup dalam tabung Max. 2B akan mem by pass intake ke air filter, lalu katup akan menutup pada saat turbo sudah "ON" dan mesin akan bekerja penuh dng boost dr turbo.
Percobaan pada Panther LS 25 AT, Touring, hingga Innova D4 D membuat response bawah (1100 RPM & up) serasa mesin Diesel normal aspirated
Juga yg sgt terasa ketika anda melakukan middle acceleration
Furhermore :
Utk improve performa pada RPM menengah & tinggi, anda bisa ganti muffler exhaust anda dengan semi free flow exhaust, utk mengurangi back pressure pada bagian exhaust sesudah turbocharger, membuat kinerja turbocharger semakin leluasa.
Sistem exhaust free flow tanpa menimbulkan suara berisik adalah dengan 2 tabung, jadi ada pre muffler & main muffler.
Utk mesin Diesel turbocharged up to 2500 cc dengan muffler di bagian tengah chassis / body, bisa menggunakan main muffler replika Mercedes Mini 200 yg konstruksi aslinya sudah free flow itu.
Proven report :
Kombinasi Max. 2B dan semi free flow tidak membuat konsumsi BBM bertambah boros.
Drawback dari sistem turbo konvensional non VGT / VNT umumnya terdapat lag under 2000 RPM.
Double cab yg sudah menggunakan turbo VNT adalah Hi Lux Vigo 3000 cc CRD mesin 1 KD-FTV.
Solusi utk Conventional Turbocharger without VNT / VGT device adalah Max. 2B, berfungsi sebagai virtual bridge antara jalur sebelum turbo dan antara turbo - plenum chamber, dimana pada saat mesin mulai revving up dr posisi stationer, katup dalam tabung Max. 2B akan mem by pass intake ke air filter, lalu katup akan menutup pada saat turbo sudah "ON" dan mesin akan bekerja penuh dng boost dr turbo.
Percobaan pada Panther LS 25 AT, Touring, hingga Innova D4 D membuat response bawah (1100 RPM & up) serasa mesin Diesel normal aspirated
Juga yg sgt terasa ketika anda melakukan middle acceleration

Furhermore :
Utk improve performa pada RPM menengah & tinggi, anda bisa ganti muffler exhaust anda dengan semi free flow exhaust, utk mengurangi back pressure pada bagian exhaust sesudah turbocharger, membuat kinerja turbocharger semakin leluasa.
Sistem exhaust free flow tanpa menimbulkan suara berisik adalah dengan 2 tabung, jadi ada pre muffler & main muffler.
Utk mesin Diesel turbocharged up to 2500 cc dengan muffler di bagian tengah chassis / body, bisa menggunakan main muffler replika Mercedes Mini 200 yg konstruksi aslinya sudah free flow itu.
Proven report :
Kombinasi Max. 2B dan semi free flow tidak membuat konsumsi BBM bertambah boros.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Last edited by Turboman on Fri Mar 02, 2007 5:02, edited 1 time in total.