Trouble pada Karimun Estilo
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1746
- Joined: Tue May 30, 2006 7:02
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 327
- Joined: Thu Jul 06, 2006 9:36
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1746
- Joined: Tue May 30, 2006 7:02
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 62
- Joined: Fri Jun 08, 2007 7:12
- Location: Jakarta
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1158
- Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
- Location: Solo
bro naldo, problem SX4 manual koq belum ada kejelasan ya dari IMNI? bisa tlg dibantu follow up dooonk....naldo wrote:Pak mungkin estilo, saya bisa meminta data2 bapak seperti yang saya posting? Karena bila mobil bapak mau di bereskan supaya tidak terjadi kejadian yang macem2, saya butuh data bapak seperti yang saya minta diatas.
Kalau masalah SX4 masih terus diselidiki n seperti yang saya bilang di postingnya bagian SUV n grandvitara bermasalah. Semuanya ini harus melalui prosedur karena ini di laporkan langsung ke Jepang. Bukannya saya mau mengutamakan karimun estilo lho...
Cuma kalau bapak terus seperti itu, untuk sementara, bapak gas-nya di gedein pak, maen di sekitar 2000-3000RPM n baru lepas kopling. biasanya cara mengakalinya seperti itu.
Cuma kalau bapak terus seperti itu, untuk sementara, bapak gas-nya di gedein pak, maen di sekitar 2000-3000RPM n baru lepas kopling. biasanya cara mengakalinya seperti itu.
-
- Visitor
- Posts: 4
- Joined: Wed Jun 27, 2007 11:48
Bro Naldo,...naldo wrote:Pak mungkin estilo, saya bisa meminta data2 bapak seperti yang saya posting? Karena bila mobil bapak mau di bereskan supaya tidak terjadi kejadian yang macem2, saya butuh data bapak seperti yang saya minta diatas.
lam kenal ogut doni.. salah satu pengguna karimun estilo, ada beberapa pertanyaan nih mengenai tunggangan baru ogut:
1. Ban and Velg, biar agak gahar kira2 ukuran ban n velg dibuat berapa ya?
2. Meskipun ogut lom dapet plat no, tapi estilo udah hampir 1000 km nih, apa udah harus di service... sorry buku service manualnya gak ketemu dah dicari2.
3. ada inrayen gak sih?
4. Top speed berapa ya....
5. Konsumsi BBM nya berapa kalau boleh tau...?
Thanks ya bro...
salam,
Doni
-
- Visitor
- Posts: 4
- Joined: Wed Jun 27, 2007 11:48
Bro Naldo,...naldo wrote:Pak mungkin estilo, saya bisa meminta data2 bapak seperti yang saya posting? Karena bila mobil bapak mau di bereskan supaya tidak terjadi kejadian yang macem2, saya butuh data bapak seperti yang saya minta diatas.
lam kenal ogut doni.. salah satu pengguna karimun estilo, ada beberapa pertanyaan nih mengenai tunggangan baru ogut:
1. Ban and Velg, biar agak gahar kira2 ukuran ban n velg dibuat berapa ya?
2. Meskipun ogut lom dapet plat no, tapi estilo udah hampir 1000 km nih, apa udah harus di service... sorry buku service manualnya gak ketemu dah dicari2.
3. ada inrayen gak sih?
4. Top speed berapa ya....
5. Konsumsi BBM nya berapa kalau boleh tau...?
Thanks ya bro...
salam,
Doni
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2610
- Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
- Location: Kemanggisan, Jakarta Barat
Mas Mungkin_Estilo, saya sudah jawab PM anda. Apakah sudah diterima? Weekend kemarin saya di JOGJA dengan melepas teknologi (wireless asli) tanpa internet, tanpa HP... ternyata jaman sekarang sudah tidak bisa ya..
Apakah sudah sempat telpon ke Bengkel Pulo Gadung?
Saya tidak tahu apakah alamat e-mail dibawah ini bisa membantu, tapi tidak ada salahnya untuk dicoba. Karena kalau bukan bagian mereka, pasti akan di forward ke pihak yang lebih tepat.
"Service Engineering 4W" <[email protected]>
"Service Area Dev 4W" <[email protected]>
L.J.Puntaraksma
Apakah sudah sempat telpon ke Bengkel Pulo Gadung?
Saya tidak tahu apakah alamat e-mail dibawah ini bisa membantu, tapi tidak ada salahnya untuk dicoba. Karena kalau bukan bagian mereka, pasti akan di forward ke pihak yang lebih tepat.
"Service Engineering 4W" <[email protected]>
"Service Area Dev 4W" <[email protected]>
L.J.Puntaraksma
Dari Solo ke Oslo


Mas doni... Salam kenal..
1. Untuk ukuran ban&velg, mas doni berminat ukuran berapa? Karena menurut saya, karimun estilo maksimumnya 16" mungkin, itu aja perkiraan jadi ada kemungkinan fender mesti di roll karena gak cukup spacenya, untuk aman si ambil 15" aja. Untuk ban, standar kan 155/65/13". Kalau 15" pakai 185/50/15. Bila 16", pakai 185/45/16. Ini hanya perhitungan kasar saja, karena saya takut bila memakai ban kelebaran, ban akan keluar fender yang membuat mobil jadi jelek unless di wide body bisa kasi ukuran besar2 d. Jujur aja si, ban yang dikasi dari India memang terlalu kecil. Semestinya mengikuti standar karimun terdahulu, 165/65/13, paling tidak segitu tapi India ngirit.
2. Seharusnya 1000KM sudah harus di service, bila buku service tidak dapat, tanyakan kepada dealer dimana anda membeli mobil n mengambil mobil itu, karena setiap pembelian mobil harus ada instruction manual n buku service
3. Inrayen apa y? Saya terus terang tidak mengerti tentang ini jadi mohon penjelasannya.
4. Top speed saya belom pernah coba, tapi saya yakin 160KM/J bisa tembus. Btw, pernah dicoba si ma temen bisa tembus 160KM/J.
5. Konsumsi BBM dari karimun estilo saya bilang tergantung tetapi rata2 bisa mencapai 1:10/11 dalam kota, tetapi bila macetny agak berlebihan bisa saja 1:8/9 n luar kota bisa saja mencapai 1:18 bahkan bila menyetirnya lebih kalem bisa saja 1:20, tetapi bila gas poll, cuma bisa 1:13/14. Tetapi sejauh ini saya belom pernah coba keiritannya tetapi yang saya dapat dari info temen2, bisa segitu konsumsinya.
Terima kasih
1. Untuk ukuran ban&velg, mas doni berminat ukuran berapa? Karena menurut saya, karimun estilo maksimumnya 16" mungkin, itu aja perkiraan jadi ada kemungkinan fender mesti di roll karena gak cukup spacenya, untuk aman si ambil 15" aja. Untuk ban, standar kan 155/65/13". Kalau 15" pakai 185/50/15. Bila 16", pakai 185/45/16. Ini hanya perhitungan kasar saja, karena saya takut bila memakai ban kelebaran, ban akan keluar fender yang membuat mobil jadi jelek unless di wide body bisa kasi ukuran besar2 d. Jujur aja si, ban yang dikasi dari India memang terlalu kecil. Semestinya mengikuti standar karimun terdahulu, 165/65/13, paling tidak segitu tapi India ngirit.
2. Seharusnya 1000KM sudah harus di service, bila buku service tidak dapat, tanyakan kepada dealer dimana anda membeli mobil n mengambil mobil itu, karena setiap pembelian mobil harus ada instruction manual n buku service
3. Inrayen apa y? Saya terus terang tidak mengerti tentang ini jadi mohon penjelasannya.
4. Top speed saya belom pernah coba, tapi saya yakin 160KM/J bisa tembus. Btw, pernah dicoba si ma temen bisa tembus 160KM/J.
5. Konsumsi BBM dari karimun estilo saya bilang tergantung tetapi rata2 bisa mencapai 1:10/11 dalam kota, tetapi bila macetny agak berlebihan bisa saja 1:8/9 n luar kota bisa saja mencapai 1:18 bahkan bila menyetirnya lebih kalem bisa saja 1:20, tetapi bila gas poll, cuma bisa 1:13/14. Tetapi sejauh ini saya belom pernah coba keiritannya tetapi yang saya dapat dari info temen2, bisa segitu konsumsinya.
Terima kasih
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 62
- Joined: Fri Jun 08, 2007 7:12
- Location: Jakarta
Terima kasih mas, udah saya baca pm-nya. Tapi belum sempat saya telp ke bengkel pulo gadung. Lagipula mobil saya kan di Gresik sekarang. Besok Sabtu rencana akan saya bawa ke Jogja.€lj€p€ wrote:Mas Mungkin_Estilo, saya sudah jawab PM anda. Apakah sudah diterima? Weekend kemarin saya di JOGJA dengan melepas teknologi (wireless asli) tanpa internet, tanpa HP... ternyata jaman sekarang sudah tidak bisa ya..
Apakah sudah sempat telpon ke Bengkel Pulo Gadung?
Saya tidak tahu apakah alamat e-mail dibawah ini bisa membantu, tapi tidak ada salahnya untuk dicoba. Karena kalau bukan bagian mereka, pasti akan di forward ke pihak yang lebih tepat.
"Service Engineering 4W" <[email protected]>
"Service Area Dev 4W" <[email protected]>
L.J.Puntaraksma
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 505
- Joined: Fri Apr 21, 2006 4:33
- Location: JAKARTA
loe minta ganti baru aja, om gw beli swift, baru beberapa bulan pake, trus ada masalah di ecu-nya, akhirnya doi minta uangnya balik, emang ngga semuanya, tp klo ngga salah bisa koq, loe ngotot aja, doi takut koq ama konsumen.
GW PUNYA HOBI OTOMOTIF, YA SAPA TAU KETEMU YG HOBI JG JD BISA TUKER PENDAPAT DALAM MODIFIKASI
-
- Visitor
- Posts: 4
- Joined: Wed Jun 27, 2007 11:48
naldo wrote:Mas doni... Salam kenal..
1. Untuk ukuran ban&velg, mas doni berminat ukuran berapa? Karena menurut saya, karimun estilo maksimumnya 16" mungkin, itu aja perkiraan jadi ada kemungkinan fender mesti di roll karena gak cukup spacenya, untuk aman si ambil 15" aja. Untuk ban, standar kan 155/65/13". Kalau 15" pakai 185/50/15. Bila 16", pakai 185/45/16. Ini hanya perhitungan kasar saja, karena saya takut bila memakai ban kelebaran, ban akan keluar fender yang membuat mobil jadi jelek unless di wide body bisa kasi ukuran besar2 d. Jujur aja si, ban yang dikasi dari India memang terlalu kecil. Semestinya mengikuti standar karimun terdahulu, 165/65/13, paling tidak segitu tapi India ngirit.
2. Seharusnya 1000KM sudah harus di service, bila buku service tidak dapat, tanyakan kepada dealer dimana anda membeli mobil n mengambil mobil itu, karena setiap pembelian mobil harus ada instruction manual n buku service
3. Inrayen apa y? Saya terus terang tidak mengerti tentang ini jadi mohon penjelasannya.
4. Top speed saya belom pernah coba, tapi saya yakin 160KM/J bisa tembus. Btw, pernah dicoba si ma temen bisa tembus 160KM/J.
5. Konsumsi BBM dari karimun estilo saya bilang tergantung tetapi rata2 bisa mencapai 1:10/11 dalam kota, tetapi bila macetny agak berlebihan bisa saja 1:8/9 n luar kota bisa saja mencapai 1:18 bahkan bila menyetirnya lebih kalem bisa saja 1:20, tetapi bila gas poll, cuma bisa 1:13/14. Tetapi sejauh ini saya belom pernah coba keiritannya tetapi yang saya dapat dari info temen2, bisa segitu konsumsinya.
Terima kasih
Bang Naldo,...
Thanks atas penjelasannya... mengenai inrayen itu maksudnya mobil tidak boleh dibawa kebut dulu hingga mencapai katakanlah 1000 KM, artinya selama km masih dibawah 1000 KM mobil tidak boleh dipaksakan ngebut... kalau itu namanya apa bang....? dan kalau memang hal itu ada apakah hal itu juga berlaku di estilo...?
Thanks ya bang...
Salam,
Doni
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 284
- Joined: Wed Jul 26, 2006 7:18
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 62
- Joined: Fri Jun 08, 2007 7:12
- Location: Jakarta
Aku dah bawa estiloku dari Gresik ke Jogja sabtu kemarin dengan waktu tempuh 7 jam. Gak ada masalah. Kemudian minggunya aku bawa keliling2 di jogja seharian gak ada masalah juga. Jadi aku harap tetap seperti ini adanya. Gak mogok2 lagi gitu... Tapi estilo tetap ada di jogja. Belum ada kesempatan bawa ke Jakarta, walaupun aku sekarang ada di jakarta.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 705
- Joined: Fri Dec 28, 2007 13:33
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 62
- Joined: Fri Jun 08, 2007 7:12
- Location: Jakarta
Re: Trouble pada Karimun Estilo
Yup, thanks 4 all Suzuki Authorized Workstations from Gresik, Surabaya, Jogjakarta, Jakarta n Bogor.... Sampai km 19000 sekarang ini belum ada keluhan lagi..
Thanks juga buat para anggota SM yang telah bantu saya lewat postingan2 yang oke punya...



Thanks juga buat para anggota SM yang telah bantu saya lewat postingan2 yang oke punya...

Re: Trouble pada Karimun Estilo
Tenang aja bos. Ada komplain urusan suzuki, PM saya aja, coba untuk dibereskan
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 62
- Joined: Fri Jun 08, 2007 7:12
- Location: Jakarta
Re: Trouble pada Karimun Estilo
naldo wrote:Tenang aja bos. Ada komplain urusan suzuki, PM saya aja, coba untuk dibereskan
Dah terbukti... Thanks ya... Cuman dari milis yang saya ikuti kok masalah ban yang ukurannya gak umum itu belum terpecahkan ya??? Beberapa anggota milis yang pecah ban sulit cari penggantinya, walaupun di Beress. Mungkin bisa jadi masukan ke Suzuki, agar distribusi ban ukuran itu bisa diratakan ke daerah2 yang dah ada pengguna Karimun Estilo n minimal ada di tiap Beress. Oke???
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 629
- Joined: Fri Apr 06, 2007 1:37
- Location: Jakarta Selatan
Re: Trouble pada Karimun Estilo
Wah hebat juga penyelesaiannya, bisa melalui forum di internet wekekek...
ID42NER - TOYOTA FORTUNER CLUB OF INDONESIA
http://www.id42ner.org | http://groups.yahoo.com/group/id42ner | http://fortunerforum.fr.yuku.com/
http://www.id42ner.org | http://groups.yahoo.com/group/id42ner | http://fortunerforum.fr.yuku.com/
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1746
- Joined: Tue May 30, 2006 7:02
Re: Trouble pada Karimun Estilo
Bro Naldo,
Apa benar original part/aksesoris Karimun estillo itu masih diimpor dari India ? Atau hanya cuman akal2an asuransi buat ngeles..?
Cerita nya Estillo sodara gw nabrak pagar. Lampu belakang pecah dan body bagian belakang penyok. Udah dibawa ke asuransi sih. Tapi baru di cat kasar, karena masih nunggu lampu belakang yg (katanya asuransi) inden karna masih impor dari India. Udah sekitar 3 minggu ini bagian belakang estillo cuman di cat kasar kayak pake pilox doang.
Apa benar original part/aksesoris Karimun estillo itu masih diimpor dari India ? Atau hanya cuman akal2an asuransi buat ngeles..?
Cerita nya Estillo sodara gw nabrak pagar. Lampu belakang pecah dan body bagian belakang penyok. Udah dibawa ke asuransi sih. Tapi baru di cat kasar, karena masih nunggu lampu belakang yg (katanya asuransi) inden karna masih impor dari India. Udah sekitar 3 minggu ini bagian belakang estillo cuman di cat kasar kayak pake pilox doang.
Re: Trouble pada Karimun Estilo
Semua aksesoris estilo sebagian dari india. Tapi kalau liat kasus bro UCH, semua partsnya datang dari india. Coba komplain aja tuh bro. 3 minggu si ga beres juga, kelamaan gitu.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 702
- Joined: Sat May 05, 2007 3:07
Re: Trouble pada Karimun Estilo
@ Bro Nando, inputan ajah yah... dr forum sebelah neh....
Semula diposting oleh naim
O iyo .. mau sharing bengkel lupa nih ..
Mohon maaf apabila ada member ******* yg bekerja atau terkait dg bengkel tsb.
Bagi pemilik Suzuki ..
Setelah beberapa kali membaca keluhan-keluhan di Surat Pembaca Jawa Pos mengenai kredibilitas bengkel resmi Suzuki di Sby yaitu UMC (authorized dealer Suzuki utk Indonesia Timur), beberapa minggu yang lalu saya mengalami sendiri nih ..
Sebelumnya saya sempat konfirm dg om Feri .. nanyain bengkel resmi Suzuki selain UMC .. tp ternyata di Jatim ATPM tunggalnya cuma UMC :regan
Biasanya saya mengklasifikasikan servis menjadi 2 bagian yaitu:
1. Servis part2 yg halus yg butuh ketelitian tinggi, adalah:
- Tune up (stel klep, stel timing pengapian dll)
- Overhaul karburator (belum punya yg injeksi sih ..
- Overhaul mesin
2. Servis part2 kasar, yaitu :
- Onderstel atau kaki-kaki
- Power steering
- Radiator
- dll
Untuk yg nomer satu saya biasanya lebih percaya dealer resmi, asumsinya mereka menggunakan alat ukur yg akurat bukan menggunakan perasaan dan tentunya dengan konsekuensi biaya servis yang lebih mahal juga ... tp ternyata apa yg saya harapkan di bengkel resmi UMC jauh dari harapan :puzzle
Secara pelayanan jangan dibandingkan dengan bengkel Toyota Astra deh ... ato Daihatsu Astra karena sangat tidak sebanding, secara peralatan kerja mungkin sama dg bengkel Astra .. tp secara layanan kayak bengkel pinggiran jalan biasa deh .. UMC ini managementnya masih old fashion banget
saya ambil salah satu contoh:
masih banyak mekanik yang hanya kongkow-kongkow .. padahal mobil saya dan beberapa mobil pelanggan masih nongkrong belum tertangani .. pffff !!!
sampe waktu itu saya sempat ngomel2 ke customer advisornya .. lah siapa gak gregeten ... sudah ruang tunggunya gak nyaman .. dan hampir 2 jam mobil masih nongkrong .. pdhal banyak mekanik yg nganggur ... pfff !!!
Setelah ngomel baru deh ada mekanik yg nanganin ... bengkel resmi yg aneh ..
Itu kejengkelan saya yg pertama,
Yang kedua:
Waktu mobil dibawa ke bengkel subject nya adalah: 1.overhoul carburator
2.tune-up (stel klep dan timing pengapian) keluhanya ketika AC hidup klep sering nglitik
Untuk masalah yang kedua setelah sampai dirumah saya telp ke customer advisornya krn sepanjang perjalanan bunyi nglitik klep ternyata gak hilang ... dan ternyata jawabanya SANGAT MENGGELIKAN
"pak klo masih ngelitik untuk sementara bensinya dicampur saja dengan pertamax .. "
asli lucu banget ...)
lebih kaget lagi ... waktu saya buka kap mesin dan saya amati di silinder cop .. ternyata tidak ada bekas2 bahwa silinder cop tsb barusan dilepas utk stel klep ... karena biasanya disilinder cop kan ada cable guide tempat kabel busi .. nah supaya kabel busi tsb tdk lepas dari cable guide sengaja saya ikat lagi dg tirep/cable ties,
Jadi gak bakalan mungkin silinder cop tsb bisa dilepas dengan kondisi silinder cop masih terikat dg cable busi .. dan kabel ties/tirep-nya masih utuh (kabel ties adalah plastik pengikat sekali pakai, klo sudah terpasang melepasnya mesti dipotong)
Jadi kesimpulanya .. servis tune up stel klep tidak dilakukan oleh mekanik .. padahal saya sudah mengeluarkan biaya 500rb yang mestinya sebanding dg apa yg saya dapat.
Aneh memang ... hal itu dilakukan oleh bengkel sebesar itu.
jadi pesan moralnya adalah :
BENGKEL UMC ADALAH BENGKEL YANG SANGAT SANGAT TIDAK RECOMENDED !!!,
Klo anda pemilik mobil Suzuki mending cari bengkel biasa aja yah ...
wait ajah deh... klo sempet seh.. see 
