Kelemahan Torsion ?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2297
- Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09
@sithlord, kebetulan yang saya jepret itu jazz yang memakai torsion beam, sebenarnya bukan jazz aja, masih banyak yang lain.jadi jangan nyalahinjazz dong. kasihan pemakai jazz.
coba liat torsion beam, terakhir di pake oleh honda di civic wonder tahun 87, start dari granc civic,genio,ferio,vtis, udah pake double wishbone, dan city type z udah pake macpherson strut di tahu 1997-2003. Eh dari new city/jazz mulai dipake kembali.
toyota....saya inget pake torsion beam waktu di corolla generasi 1983-1987, lepas thn 1988 (twincam, greatco, all new, new corola) udah pake macpherson struts, tapi mulai dari altis dipake kembali .... dan toyota selalu pake torsion beam di varian terendahnya yaitu starlet,soluna,vios,yaris dari rentang waktu 1986-2006 selalu pake torsion , maklum gak ada yang complaint kenyamanannya.
mitsu pake torsion beam terakhir di eterna 1993 dan lancer 1992. lepas dari itu udah multilink.
tapi yang gawat, kalo gak salah colt itu pake torsion lagi.
suzuki pake torsion beam terakhir di suzuki forsa/swift 1986 (varian sebelum suzuki amenity, eleny, esteem,baleno 1.6 1.5, aerio, next G). Gua pikir suzuki jago amat pake suspensi macpherson strut terus di mobil sedannya, eh tahunya ketularan juga dari saingan2 nya.
dan mulai pake lagi di suzuki swift 2005.
kalo diliat cukup lama kan torsion beam gak dipake?
jadi seperti nya ada kesepakatan dari antar atpm untuk memangkas biaya dengan kembali ke teknologi lama, sama seperti mereka dengan sendirinya memakai plastik utk bahan interior mobil nya.
Kecuali untuk varian mediumnya.
itu macpherson, multilink, double wishbone udah enak tuh .masing2 berdiri sendiri tanpa berhubungan langsung dengan roda sebelahnya.
jadi kalo roda kiri kena batu/lobang, yang gerak cuma suspensi kiri aja.
@uch, mobilnya apa pak? kemungkinan sih sama ya pak, soalnya basicly ada tulisan torsion/beam, jadi cara kerjanya juga mungkin sama....cmiiw
coba liat torsion beam, terakhir di pake oleh honda di civic wonder tahun 87, start dari granc civic,genio,ferio,vtis, udah pake double wishbone, dan city type z udah pake macpherson strut di tahu 1997-2003. Eh dari new city/jazz mulai dipake kembali.
toyota....saya inget pake torsion beam waktu di corolla generasi 1983-1987, lepas thn 1988 (twincam, greatco, all new, new corola) udah pake macpherson struts, tapi mulai dari altis dipake kembali .... dan toyota selalu pake torsion beam di varian terendahnya yaitu starlet,soluna,vios,yaris dari rentang waktu 1986-2006 selalu pake torsion , maklum gak ada yang complaint kenyamanannya.
mitsu pake torsion beam terakhir di eterna 1993 dan lancer 1992. lepas dari itu udah multilink.
tapi yang gawat, kalo gak salah colt itu pake torsion lagi.
suzuki pake torsion beam terakhir di suzuki forsa/swift 1986 (varian sebelum suzuki amenity, eleny, esteem,baleno 1.6 1.5, aerio, next G). Gua pikir suzuki jago amat pake suspensi macpherson strut terus di mobil sedannya, eh tahunya ketularan juga dari saingan2 nya.
dan mulai pake lagi di suzuki swift 2005.
kalo diliat cukup lama kan torsion beam gak dipake?
jadi seperti nya ada kesepakatan dari antar atpm untuk memangkas biaya dengan kembali ke teknologi lama, sama seperti mereka dengan sendirinya memakai plastik utk bahan interior mobil nya.
Kecuali untuk varian mediumnya.
itu macpherson, multilink, double wishbone udah enak tuh .masing2 berdiri sendiri tanpa berhubungan langsung dengan roda sebelahnya.
jadi kalo roda kiri kena batu/lobang, yang gerak cuma suspensi kiri aja.
@uch, mobilnya apa pak? kemungkinan sih sama ya pak, soalnya basicly ada tulisan torsion/beam, jadi cara kerjanya juga mungkin sama....cmiiw

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1632
- Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21
Ngak, saya ngak salahin Jazz. Saya cuman crosscheck. Dan jika di negara lain yang lebih maju juga pada pakai Torsion Beam semua, yang adil lah ! Mau ngomong apa lagi ?
Kalau mobil murah pakai torsion beam mungkin masih wajar, tapi kalau mobil harga hampir 300 juta masih pakai torsion beam, maybe we can say itu gimana yah ...
Tapi I think New Civic ngak deh. Thats why kali ini I myself setuju bahwa the New Civic makes the Altis look sooo old ! Padahal harganya ngak beda jauh.
U said the Altis pakai torsion beam. Are U sure ? Ini mobil kan harganya hampir 300 juta ?
Atau saya salah lagi, dan sebenernya masih banyak mobil harga 250+ juta yang masih pakai torsion beam ?
Kalau mobil murah pakai torsion beam mungkin masih wajar, tapi kalau mobil harga hampir 300 juta masih pakai torsion beam, maybe we can say itu gimana yah ...
Tapi I think New Civic ngak deh. Thats why kali ini I myself setuju bahwa the New Civic makes the Altis look sooo old ! Padahal harganya ngak beda jauh.
U said the Altis pakai torsion beam. Are U sure ? Ini mobil kan harganya hampir 300 juta ?
Atau saya salah lagi, dan sebenernya masih banyak mobil harga 250+ juta yang masih pakai torsion beam ?
Thanx bung Handling atas penjelasan rincinya. Kesimpulannya a.l. kalo misalnya suspensi becak ditambahi shockabsorber, maka menjadi persis sama dengan Kijang kapsul ya ? cuma di axle becak tidak ada gardan penggerak roda... BTW, Mr. Sithlord, suspensi Jazz aslinya memang termasuk keras, rebound terlalu cepat... makanya aku mengganti shock belakang dengan Boge yang mustinya untuk Mercy W124. Rebound lebih lambat, mantap tidak ajrut2an..
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2297
- Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09
@sithlord, saya rasa honda civic gak bakalan berani pasangin teknologi lama, apalagi lagi lancer yang terkenal di rally yang sama2 mengejar stability.
kalo altis dan vios ETA Beam (cara kerjanya sama dengan torsion beam) liat spec nya dan coba cek ke kolong mobil, liat rangkaiannya.
Yang paling gampang kalo mobil pak sithlord lagi jalan dan kebetulan ada di belakang starlet, soluna,vios,altis, itu gampang sekali liat jeroan suspensi nya, ada sebatang besi yang melintang dari kiri ke kanan.
@frontier, sama2 pak.
kalo altis dan vios ETA Beam (cara kerjanya sama dengan torsion beam) liat spec nya dan coba cek ke kolong mobil, liat rangkaiannya.
Yang paling gampang kalo mobil pak sithlord lagi jalan dan kebetulan ada di belakang starlet, soluna,vios,altis, itu gampang sekali liat jeroan suspensi nya, ada sebatang besi yang melintang dari kiri ke kanan.
@frontier, sama2 pak.

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1746
- Joined: Tue May 30, 2006 7:02
Sorry Bro, yg gw liat itu ternyata suspensi depan. Bukan belakang. Ini yg lengkap nya..handling wrote:@@uch, mobilnya apa pak? kemungkinan sih sama ya pak, soalnya basicly ada tulisan torsion/beam, jadi cara kerjanya juga mungkin sama....cmiiw
Front Type : Torsion Bar Independent with Bar Stabilizer gas
Rear Type : Multi Level Spring R-Axle with Bar Stabilizer
Boilnya blazer.
Gw liat di warung nya nissan terano, ternyata suspensi nya mirip2, pake kata "torsion" jg.
Suspensi Depan : Independent, double-whishtone torsion bar with telescopic shock absorber, Stabilizer Bar
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2297
- Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09
Pak uch, torsion beam dan torsion bar itu sama pak.
saya kutip sekilas:
saya kutip sekilas:
Torsion beam suspension, also known as a torsion bar or torsion spring suspension, is a vehicle suspension system. One end of a long metal bar is attached firmly to the vehicle chassis....
The main advantages of torsion beam suspension are durability, easy adjustability of ride height, and small profile along the width of the vehicle. It provides a longer travel than leaf spring systems. A major disadvantage is that torsion bars, unlike coil springs, usually cannot provide a progressive spring rate, forcing designers to compromise between ride quality and handling ability...
Its advantages are that it is inexpensive to manufacture and install, and engages a minimum amount of interior volume, leaving more space for the carriage of passengers, cargo, and other components.....

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
Well, berarti Eterna gw suspensi belakangnya masih torsion beam. Kalo diliat dari belakang ngga akan keliatan karena bodynya tidak setinggi Altis, Vios, or Soluna. Harus bener2 ngolong atau diangkat pake hi-lift baru keliatan batang torsion-nya.mitsu pake torsion beam terakhir di eterna 1993 dan lancer 1992. lepas dari itu udah multilink.
tapi yang gawat, kalo gak salah colt itu pake torsion lagi.
Sharing aja neh, kemaren ini gw (Eterna M/T) kan kebut2an (down-hill) dengan Galant Hiu V6 A/T (temen gw) dari Kawah Tangkuban Perahu sampai ke Pemandian Ciater. Yang pernah lewat sana pasti tau jalannya menurun (turun gunung) dan banyak belokan2 mulai dari belokan tajam (180 derajat lebih) hingga ringan ada semua. Cocok buat lomba down-hill / up-hill, tapi tetap harus hati2 karena kadang ada kabut atau mobil2 pelan ! Nah disaat tikungan tajam itu gw lari cukup kencang, gigi 3 dan dibantu rem, ketika mau masuk tikungan bagian pantat rada ngebuang gitu (mirip drifting banget) tapi yang Galant Hiu temen gw keliatannya lebih stabil (di depan gw waktu itu) dan tidak terlihat pantatnya ngebuang. Larinya sama2 kencang.
Apakah mungkin karena pengaruh Torsion Beam ini ?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1746
- Joined: Tue May 30, 2006 7:02
Thanks Bos,
Yg "torsion" itu suspensi depan lho. Efeknya sama atau lebih parah jika dibandingkan dgn yg make di suspensi belakang..?
Yg "torsion" itu suspensi depan lho. Efeknya sama atau lebih parah jika dibandingkan dgn yg make di suspensi belakang..?
handling wrote:Pak uch, torsion beam dan torsion bar itu sama pak.
saya kutip sekilas:Torsion beam suspension, also known as a torsion bar or torsion spring suspension, is a vehicle suspension system. One end of a long metal bar is attached firmly to the vehicle chassis....
The main advantages of torsion beam suspension are durability, easy adjustability of ride height, and small profile along the width of the vehicle. It provides a longer travel than leaf spring systems. A major disadvantage is that torsion bars, unlike coil springs, usually cannot provide a progressive spring rate, forcing designers to compromise between ride quality and handling ability...
Its advantages are that it is inexpensive to manufacture and install, and engages a minimum amount of interior volume, leaving more space for the carriage of passengers, cargo, and other components.....
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 746
- Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
- Location: Jakarta Indonesia
ini topic mantab juga...paling enggak saya jadi lebih mengerti dan menghormati suspensi torsion beam....hehehe soale selama ini saya agak meremehkan...maklum gak punya mobil yg pake torsion sih

gimana kalo kita kembangkan lagi...
gimana dengan suspensi parnhard rod ala avanza-xenia dan taruna?...., menurut saya kok kurang nyaman ya?..,

gimana kalo kita kembangkan lagi...
gimana dengan suspensi parnhard rod ala avanza-xenia dan taruna?...., menurut saya kok kurang nyaman ya?..,
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2297
- Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09
@uch, kalo seandai suspensi torsion di belakang tentu akan lebih bagus daripada di depan, kalo roda belakang kaku masih mending. daripada roda depan kaku pada saat belok pada kecepatan tinggi, tentu traksi roda depan juga akan berkurang.
tapi blazer kan bukan dirancang untuk kecepatan tinggi di jalanan dalam kota dan lebih cocok dengan jalanan semi off-road, jadi suspensi nya tentu sudah disesuaikan dengan peruntukannya.
Seperti halnya dengan kendaraan lain yang memang dibuat lebih kaku dan keras daripada blazer seperti penggunaan suspensi per daun baik roda depan dan roda belakang seperti Katana, Feroza, Taft
Kalo dibikin empuk malah bahaya saat melintasi medan offroad, jadinya malah ngayun2 terus
.
tapi blazer kan bukan dirancang untuk kecepatan tinggi di jalanan dalam kota dan lebih cocok dengan jalanan semi off-road, jadi suspensi nya tentu sudah disesuaikan dengan peruntukannya.
Seperti halnya dengan kendaraan lain yang memang dibuat lebih kaku dan keras daripada blazer seperti penggunaan suspensi per daun baik roda depan dan roda belakang seperti Katana, Feroza, Taft

Kalo dibikin empuk malah bahaya saat melintasi medan offroad, jadinya malah ngayun2 terus


-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2297
- Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09
@digitall, cerita nya seru amat...
:) gua dulu cuma pergi sekali ke tangkubanperahu, memang serem tanjakannya agak belok/miring, tapi gua enjoy nyetir begini, kesannya menantang sekali. jadi butuh kepiawaian juga, apalagi kalo dibawa dengan kecepatan sedang.
yanglebih lucu lagi kalo mobilnya gak ada tenaga
:D, mesti gigi 1 terus
:D
@Yongis CD, seharusnya malah bu yongis senang dengan suspensi esteem/amenity/eleny/MH yang tentu lebih ok daripada suspensi torsion beam. Karena suzuki esteem/amenity/eleny/MH sudah meninggalkan suspensi torsion pada generasi terakhir suzuki Forsa glx (=disebut juga swift pada waktu jamannya). suzuki membuat lompatan besar dengan kendaraan sedan nya dengan harga terjangkau tapi dengan spec yang lengkap dan tidak ketinggalan jaman dibanding pesaingnya saat itu.
hal ini sama dengan daihatsu classy / winner juga

yanglebih lucu lagi kalo mobilnya gak ada tenaga


@Yongis CD, seharusnya malah bu yongis senang dengan suspensi esteem/amenity/eleny/MH yang tentu lebih ok daripada suspensi torsion beam. Karena suzuki esteem/amenity/eleny/MH sudah meninggalkan suspensi torsion pada generasi terakhir suzuki Forsa glx (=disebut juga swift pada waktu jamannya). suzuki membuat lompatan besar dengan kendaraan sedan nya dengan harga terjangkau tapi dengan spec yang lengkap dan tidak ketinggalan jaman dibanding pesaingnya saat itu.
hal ini sama dengan daihatsu classy / winner juga

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
Ceritanya aja udah seru, apalagi kalo loe ikut ! Wah muantap rek ! Hehehe ... gw waktu itu juga duaan ama temen club gw, dia bilang "gila udah kaya naek jet coaster aja !"handling wrote:@digitall, cerita nya seru amat...:) gua dulu cuma pergi sekali ke tangkubanperahu, memang serem tanjakannya agak belok/miring, tapi gua enjoy nyetir begini, kesannya menantang sekali. jadi butuh kepiawaian juga, apalagi kalo dibawa dengan kecepatan sedang.
yanglebih lucu lagi kalo mobilnya gak ada tenaga:D, mesti gigi 1 terus
:D



My Kijang kapsul 1.8 LGX pernah nanjak dari Ciater ke Tangkuban Perahu (arah pulang ke Bandung via Lembang). Wah, gigi 1 terus dan saat shift ke 2, rpm-nya terus turun. Shift lagi ke 1, udah mentok speed n rpm-nya di gear 1 langsung ke 2 lagi. Di gear 2 rpm-nya lama lama turun, shift lagi 1. Wah cuma 1 dan 2, itupun sulit sekali melewati Opel Blazer di depan gw ! Enak my Eterna

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2297
- Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1746
- Joined: Tue May 30, 2006 7:02
Ngomong2 soal torsi, sebenarnya torsi itu apa sih Bos ? (sorry kalo terlalu dasar). Maksudnya, kesimpulan apa yg kita dapat kalo liat data maksimum torsi.
Soalnya gw liat mobil kayak terano, kijang innova, nissan Xtrail, bahkan toyota fortuner torsi maksimalnya relatif kecil (dari 25 sampe 55). Jauh bedanya ama CRV yg 160 dan opel blazer yg sampe 182 Nm. Tapi itu pun masih kalah jauh ama landrover (type yg baru2) yg nyampe 400 Nm lebih.
(semua data dari web resminya).
Soalnya gw liat mobil kayak terano, kijang innova, nissan Xtrail, bahkan toyota fortuner torsi maksimalnya relatif kecil (dari 25 sampe 55). Jauh bedanya ama CRV yg 160 dan opel blazer yg sampe 182 Nm. Tapi itu pun masih kalah jauh ama landrover (type yg baru2) yg nyampe 400 Nm lebih.
(semua data dari web resminya).
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2961
- Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1746
- Joined: Tue May 30, 2006 7:02
[quote="conan]
Bung uch, torsi yang Anda maksud = bukan torsion melainkan torque. Jadi bukan torsion seperti pada torsion beam, melainkan torque seperti pada maximum torque (ingat sebuah film motor berjudul 'Torque'?)
[/quote]
Yup, yg saya maksud emang "torque", karna sebelumnya ada yg nyinggung nggak enaknya boil kalo torque max nya di rpm rendah.
[/quote]
Untuk penjelasan mengenai torque dan relevansinya dengan performance sebuah engine, silakan Anda baca postingku dulu di :
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... ower#32021
P.S. Oh ya, ada dua satuan untuk torque yaitu Newton meter (Nm) dan foot pound (Lb Ft), faktor konversinya adalah sekitar 1 Lb Ft = 1.34 Nm. Jadi kalau Anda membandingkan, pastikan dulu satuannya sudah sama.
Hope this helps.
[/quote]
Oh iya... satuan nya akan cek lagi deh. Soalnya ada yg nggak pake satuan.
Thanks a lot buat link nya. Sangat membantu.
Bung uch, torsi yang Anda maksud = bukan torsion melainkan torque. Jadi bukan torsion seperti pada torsion beam, melainkan torque seperti pada maximum torque (ingat sebuah film motor berjudul 'Torque'?)
[/quote]
Yup, yg saya maksud emang "torque", karna sebelumnya ada yg nyinggung nggak enaknya boil kalo torque max nya di rpm rendah.
[/quote]
Untuk penjelasan mengenai torque dan relevansinya dengan performance sebuah engine, silakan Anda baca postingku dulu di :
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... ower#32021
P.S. Oh ya, ada dua satuan untuk torque yaitu Newton meter (Nm) dan foot pound (Lb Ft), faktor konversinya adalah sekitar 1 Lb Ft = 1.34 Nm. Jadi kalau Anda membandingkan, pastikan dulu satuannya sudah sama.
Hope this helps.

Oh iya... satuan nya akan cek lagi deh. Soalnya ada yg nggak pake satuan.
Thanks a lot buat link nya. Sangat membantu.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2297
- Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09
saya rasa anda perlu menghormati omongan anda sendiri conan, untuk menghindari hal2 tidak diinginkan lagi. Tentu anda masih ingat dengan tulisan anda sendiri.
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... sc&start=0
tapi tulisan anda itu tidak bertahan lama,katanya anda tidak tertarik dengan topik saya, tapi bisa nongol ke 2 topik saya lagi .
Posted: Thu Jun 01, 2006 12:22, di topik ini.
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... sc&start=0
Dan hasilnya topik itu di locked.
dan sekarang nongol lagi disini.
Padahal saya sudah senang, saya pikir anda selamanya tidak akan tertarik dengan topik saya.
saya rasa anda tidak lupa dengan omongan anda dan tahu kan arti saya menulis ini.
momod yang saya hormati dan yang sudah mengetahui adanya "same person with different login name" mohon ditindak-lanjuti.
Seperti forum sebelah yang sekarang lagi ketat2nya menindak-lanjuti member yang demikian.
Posted: Thu Jan 26, 2006 13:49, di topik ini:conan wrote:Aku sendiri, walaupun selalu ribut dengan Dark Lord, ............. Tapi, maaf nih sebelumnya, kalau postingan Anda, seratus buah pun aku tidak pernah tertarik membacanya karena aku tahu semuanya hanya happy2 saja, dibaca tidak dibaca sama saja koq
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... sc&start=0
tapi tulisan anda itu tidak bertahan lama,katanya anda tidak tertarik dengan topik saya, tapi bisa nongol ke 2 topik saya lagi .
Posted: Thu Jun 01, 2006 12:22, di topik ini.
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... sc&start=0
Dan hasilnya topik itu di locked.
dan sekarang nongol lagi disini.
Padahal saya sudah senang, saya pikir anda selamanya tidak akan tertarik dengan topik saya.
saya rasa anda tidak lupa dengan omongan anda dan tahu kan arti saya menulis ini.
momod yang saya hormati dan yang sudah mengetahui adanya "same person with different login name" mohon ditindak-lanjuti.
Seperti forum sebelah yang sekarang lagi ketat2nya menindak-lanjuti member yang demikian.

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2297
- Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09
@uch, saya coba definisikan secara kasar....cmiiw, utk detailnya mungkin bisa dibantu rekan yang lain.
torsi di mesin secara kasar bisa diartikan kemampuan mesin utk membawa beban berat pada rpm tertentu atau bahasa awamnya biasa disebut daya nanjak .
Biasanya untuk spesifikasi di mobil memakai satuaan NM atau kgm/rpm.
torsi ini kalo mau spesifik mesti diukur pake alat dynotest.
Tapi kalo kita awam , kita bisa merasakan sendiri torsi maksimum berada di putaran rpm berapa.
Dengan coba2 injakan pedal gas, bapak akan bisa merasakan sendiri, pada saat rpm tertentu, jarum rpm akan naik dengan cepat sampe rpm tertentu, dan kemudian naik secara pelan kembali.
ini butuh kepekaan merasakan kalo tidak mengetes dengan alat.
utk spesifikasi mobil biasa ditulis Nm atau Kgm/rpm,tergantung dari pabrikan mencantumkan yang mana.
blazer 2198cc 180Nm atau 18.3kgm/3400
xtrail 2488cc 244Nm atau 25.0kgm/4000
terrano 2389cc 176Nm atau 18.0kgm/2800
crv 2354cc 220Nm atau 22.4kgm/3600
fortuner 2694cc 240Nm atau 24.6kgm/3800
kenaikan kapasitas mesin akan mempengaruhi torsi maksimum yang didapat. Tentu saja landrover akan mempunyai torsi yang besar karena kapasitas mesinnya juga besar.
coba liat mobil yang cc nya kecil : karimun 970cc 99Nm atau 10.2kgm/4000, jazz vtec 143Nm atau 14.3kgm/4800
itu data untuk mesin bensin, utk mesin diesel, torsi maksimum yang didapat tentu akan lebih besar lagi.seperti land cruiser 4164cc 362Nm atau 37kgm/1800
torsi di mesin secara kasar bisa diartikan kemampuan mesin utk membawa beban berat pada rpm tertentu atau bahasa awamnya biasa disebut daya nanjak .
Biasanya untuk spesifikasi di mobil memakai satuaan NM atau kgm/rpm.
torsi ini kalo mau spesifik mesti diukur pake alat dynotest.
Tapi kalo kita awam , kita bisa merasakan sendiri torsi maksimum berada di putaran rpm berapa.
Dengan coba2 injakan pedal gas, bapak akan bisa merasakan sendiri, pada saat rpm tertentu, jarum rpm akan naik dengan cepat sampe rpm tertentu, dan kemudian naik secara pelan kembali.
ini butuh kepekaan merasakan kalo tidak mengetes dengan alat.
utk spesifikasi mobil biasa ditulis Nm atau Kgm/rpm,tergantung dari pabrikan mencantumkan yang mana.
blazer 2198cc 180Nm atau 18.3kgm/3400
xtrail 2488cc 244Nm atau 25.0kgm/4000
terrano 2389cc 176Nm atau 18.0kgm/2800
crv 2354cc 220Nm atau 22.4kgm/3600
fortuner 2694cc 240Nm atau 24.6kgm/3800
kenaikan kapasitas mesin akan mempengaruhi torsi maksimum yang didapat. Tentu saja landrover akan mempunyai torsi yang besar karena kapasitas mesinnya juga besar.
coba liat mobil yang cc nya kecil : karimun 970cc 99Nm atau 10.2kgm/4000, jazz vtec 143Nm atau 14.3kgm/4800
itu data untuk mesin bensin, utk mesin diesel, torsi maksimum yang didapat tentu akan lebih besar lagi.seperti land cruiser 4164cc 362Nm atau 37kgm/1800

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2961
- Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34
Maaf saja, aku sama sekali tidak tertarik dengan topik Anda. Memangnya aku merespons Anda? Bukan, tuh. Aku hanya mencoba membantu Mr. Uch.Padahal saya sudah senang, saya pikir anda selamanya tidak akan tertarik dengan topik saya.
saya rasa anda tidak lupa dengan omongan anda dan tahu kan arti saya menulis ini.
Tapi, aku akan menghapus postinganku di atas. Yang penting Mr. Uch sudah membacanya.
He, main tuduh sembarangan lagi? Dan tidak usah mengancamku dengan 'momod', karena dia juga bukan satu2nya yang memiliki otoritas disini. Aku tidak keberatan Lagipula, kalau memang memiliki tanggung jawab sebagai 'momod', tangannya terikat oleh hak dan kewajibannya dan tidak bisa semena2. Jangan lupa bahwa yang lain2 juga mengawasi. Aku tidak takut dizalimi, Pak!momod yang saya hormati dan yang sudah mengetahui adanya "same person with different login name" mohon ditindak-lanjuti.
Dan memangnya aku tidak tahu tentang private message diam2 Anda pada darklord/momod? Kalian menyerangku dengan tuduhan palsu yang sama, hahahaha, apa Anda tidak memikirkan cara yang lebih pintar? Menggelikan. Ck ck ck, kurang kerjaan.
FYI, aku memang tidak suka tipe orang seperti Anda, tipe yang menyebut setiap orang dengan sebutan bosA lah, bos B lah. Apa tidak capek, menjilat permen terus?
Hmm, tampaknya sebentar lagi aku akan 'ditegur' oleh 'momod' Anda, eh?

Silakan, asal bisa tunjukkan sebab dan alasan yang sesuai. Posting pertama yang kubuat, menjawab pertanyaan member lain tentang otomotif. Posting kedua ini, semata2 menjawab Anda yang lebih dahulu menyinggung ke hal pribadi, jadi aku berhak merespon secara pribadi pula. Aku tidak melanggar peraturan apapun di forum SM ini. Dan kalau ada alasan yang dibuat2, aku tidak akan tinggal diam. Tapi berbeda dengan Anda, aku selalu menyampaikan keluhanku secara langsung, bukan melalui private message.
Bukankah itu gunanya section Saran dan Kritik?

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1746
- Joined: Tue May 30, 2006 7:02
Buat bro handling n Conan, thanks buat penjelasan abt torqie nya. Sekarang gw lebih ngeh kalo baca spek mesin mobil, dibanding sebelumnya sering bingung liat torsi maks mobil mesin gede tapi angka torsi maks nya "kecil" (ternyata beda satuan ya...).
Back to torsion/suspensi, gw mo nanya. Dulu kalo make kijang agak ngoprot dikit (baca : jalan tanah waktu pulang kampung), sering kepater. Sebelah ban nya terbenam, sebelah lagi di atas, nggak kepater tapi koq nggak mutar. Kenapa ban yg nggak kepater itu nggak muter ya..? Padahal normal nya kan 2 roda belakang muter. Apakah itu akibat suspensi belakang yg make torsion bar jg..?
Sory, kalo udah pernah dibahas. Tapi gw bingung search nya pake kata apa. Udah pake "kepater" tapi nggak cocok.
Back to torsion/suspensi, gw mo nanya. Dulu kalo make kijang agak ngoprot dikit (baca : jalan tanah waktu pulang kampung), sering kepater. Sebelah ban nya terbenam, sebelah lagi di atas, nggak kepater tapi koq nggak mutar. Kenapa ban yg nggak kepater itu nggak muter ya..? Padahal normal nya kan 2 roda belakang muter. Apakah itu akibat suspensi belakang yg make torsion bar jg..?
Sory, kalo udah pernah dibahas. Tapi gw bingung search nya pake kata apa. Udah pake "kepater" tapi nggak cocok.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 475
- Joined: Sun Jul 10, 2005 16:36
- Location: Cideng
@uch : kalau untuk roda berputar kedua-duanya kayanya harus ada Limited Slip (kalau gak salah yah namanya), ini biasanya ada pada kendaraan 4x4 atau racing car, biasanya kalau racing car itu sudah dipasang Limited Slip atau LSD namanya kalau gak salah, dengan adanya alat ini maka kedua roda akan ikut berputar bersamaan sehingga membantu kendaraan untuk lebih cepat dalam berakslerasi.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2297
- Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09
@uch, itu gak ada hubungannya dengan suspensi pak.
memang roda belakang dihubungkan dengan satu poros, tetapi perputaran roda sebelah kiri dan kanan tetap beda. Hal ini juga sama dengan roda depan. Kalo sama malah bisa berbahaya.
Misalnya pada saat mobil kita akan berbelok kesalah salah satu sisi kiri, tentu putaran roda sebelah kiri akan lebih sedikit dibandingkan dengan roda kanan. Roda kanan akan memutar lebih banyak karena dia berada disisi luar.
Kalo perputaran roda kiri sama dengan kanan, nanti malah gak bisa belok mobilnya
Nah di dalam gardan mobil itu masih banyak roda2 gigi, diantara nya ada satelite gear dan side gear. Side gear ada 2, berada di roda kiri dan kanan, sedangkan satelite gear berada ditengah2 kedua side gear kiri dan kanan. Satelite gear ini akan menjaga keseimbangan perputaran roda kiri dan kanan dengan mendeteksi beban yang diberikan pada roda kiri dan kanan, supaya tidak terjadi perbedaan perputaran yang signifikan, Kalo terjadi perbedaan signifikan pada salah satu roda misalkan roda kiri tidak terkena beban sehingga memutar lebih cepat melebihi kondisi normal, maka roda sebelah kanan akan tidak mempunyai tenaga utk muter. Jadi mereka harus bekerja secara berbarengan.
Pernah nonton filmnya jacky chan yang ‘thunderbolt’ kan, waktu adegan mendekati finish line, mobil jacky dan lawannya keluar dari lintasan , kena gundukan batu kehilangan traksi , sehingga memutar lebih cepat, sementara roda sebelahnya lagi gak bisa ngapa-ngapain, walaupun tidak terhalang apapun.
Sistem standart differential roda ini memang diaplikasikan pada mobil2 yang dipake dengan kondisi standart sehari2 di jalan raya, tapi untuk kendaraan off-road hal ini tentu akan menjadi masalah. Jadi memang ada teknologi yang seperti pak Jeremyray bilang, namanya kalo gak salah ‘limited slip differential’…..cmiiw…yang pada prinsipnya membantu tugas satelite gear ‘dengan mengurangi perbedaan signifikan yang terjadi antara roda kiri dan kanan’, sehingga salah satu roda tetap dapat bekerja (walaupun kemampuannya tidak maksimal dibandingkan dengan kondisi standar pada saat mobil berjalan lurus tanpa terperosok/tergelincir rodanya…tapi at least bisa menolong)
Saya cuma tahu secara garis besar nya saja, jadi maaf nih kalo ada salah penjelasan.
memang roda belakang dihubungkan dengan satu poros, tetapi perputaran roda sebelah kiri dan kanan tetap beda. Hal ini juga sama dengan roda depan. Kalo sama malah bisa berbahaya.
Misalnya pada saat mobil kita akan berbelok kesalah salah satu sisi kiri, tentu putaran roda sebelah kiri akan lebih sedikit dibandingkan dengan roda kanan. Roda kanan akan memutar lebih banyak karena dia berada disisi luar.
Kalo perputaran roda kiri sama dengan kanan, nanti malah gak bisa belok mobilnya

Nah di dalam gardan mobil itu masih banyak roda2 gigi, diantara nya ada satelite gear dan side gear. Side gear ada 2, berada di roda kiri dan kanan, sedangkan satelite gear berada ditengah2 kedua side gear kiri dan kanan. Satelite gear ini akan menjaga keseimbangan perputaran roda kiri dan kanan dengan mendeteksi beban yang diberikan pada roda kiri dan kanan, supaya tidak terjadi perbedaan perputaran yang signifikan, Kalo terjadi perbedaan signifikan pada salah satu roda misalkan roda kiri tidak terkena beban sehingga memutar lebih cepat melebihi kondisi normal, maka roda sebelah kanan akan tidak mempunyai tenaga utk muter. Jadi mereka harus bekerja secara berbarengan.
Pernah nonton filmnya jacky chan yang ‘thunderbolt’ kan, waktu adegan mendekati finish line, mobil jacky dan lawannya keluar dari lintasan , kena gundukan batu kehilangan traksi , sehingga memutar lebih cepat, sementara roda sebelahnya lagi gak bisa ngapa-ngapain, walaupun tidak terhalang apapun.
Sistem standart differential roda ini memang diaplikasikan pada mobil2 yang dipake dengan kondisi standart sehari2 di jalan raya, tapi untuk kendaraan off-road hal ini tentu akan menjadi masalah. Jadi memang ada teknologi yang seperti pak Jeremyray bilang, namanya kalo gak salah ‘limited slip differential’…..cmiiw…yang pada prinsipnya membantu tugas satelite gear ‘dengan mengurangi perbedaan signifikan yang terjadi antara roda kiri dan kanan’, sehingga salah satu roda tetap dapat bekerja (walaupun kemampuannya tidak maksimal dibandingkan dengan kondisi standar pada saat mobil berjalan lurus tanpa terperosok/tergelincir rodanya…tapi at least bisa menolong)
Saya cuma tahu secara garis besar nya saja, jadi maaf nih kalo ada salah penjelasan.
