Sharing & Need Advice Neta V-II 2024 Lepas atau Tahan

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
forzanetti
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 452
Joined: Sat Jul 10, 2021 10:04

Re: Sharing & Need Advice Neta V-II 2024 Lepas atau Tahan

Post by forzanetti »

Jenson wrote: Tue Jul 22, 2025 9:06 Otherwise, nyimpen moblis yg gaada pabrikannya kok rasanya kaya ticking time bomb ya. Once rusak, mati total, itu 170 juta jg jadi 0 gaada yg mau lagi. Ya tapi gamble sih, bsa aja aman2 aja, jd masi bsa dipakai.

tinggal pilih, mau take risk, lanjut. Mau play safe, cut loss jual skrg mumpung masi ad harganya
saya juga sependapat. mobil udah ga ada pabrikannya dan populasi sedikit, apalagi EV (yang relatif masih baru di sini). kayanya terlalu serem ya. kalo piara kaya Ford Fiesta gitu meskipun udah ga ada ATPM tapi populasi cukup banyak dan banyak toko sedia sparepartnya. kalo Neta ini populasinya dikit, saya juga ragu ada toko yang mau sedia sparepartnya.

maaf om TS, bukan menakut2i ya, cuma share pendapat saya aja kalo di posisi om TS, mungkin saya bakal consider buat lepas sekarang.
alvinlesmana
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 33
Joined: Mon Jun 26, 2023 1:57
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Harrier

Re: Sharing & Need Advice Neta V-II 2024 Lepas atau Tahan

Post by alvinlesmana »

forzanetti wrote: Wed Jul 23, 2025 2:12
Jenson wrote: Tue Jul 22, 2025 9:06 Otherwise, nyimpen moblis yg gaada pabrikannya kok rasanya kaya ticking time bomb ya. Once rusak, mati total, itu 170 juta jg jadi 0 gaada yg mau lagi. Ya tapi gamble sih, bsa aja aman2 aja, jd masi bsa dipakai.

tinggal pilih, mau take risk, lanjut. Mau play safe, cut loss jual skrg mumpung masi ad harganya
saya juga sependapat. mobil udah ga ada pabrikannya dan populasi sedikit, apalagi EV (yang relatif masih baru di sini). kayanya terlalu serem ya. kalo piara kaya Ford Fiesta gitu meskipun udah ga ada ATPM tapi populasi cukup banyak dan banyak toko sedia sparepartnya. kalo Neta ini populasinya dikit, saya juga ragu ada toko yang mau sedia sparepartnya.
sepengetahuan sy mbah bengkel resmi pun indent utk sparepartnya, krn sy perna nanya misal power window rusak aja mereka hrs indent walopun skemanya claim garansi dan free di sisi konsumen, utk bengkel luaran sudah pasti ga ada yg stock mbah, yah jadi pembelajaran buat sy nya jg jgn asal ambil mbl krn iming2 oprasional murah pajak murah bebas gage dsb. nyesel se nyesel2nya sy jg apalagi jg dana lumayan terbatas ya tgl sgtu2nya saat itu.
User avatar
forzanetti
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 452
Joined: Sat Jul 10, 2021 10:04

Re: Sharing & Need Advice Neta V-II 2024 Lepas atau Tahan

Post by forzanetti »

alvinlesmana wrote: Wed Jul 23, 2025 2:17 sepengetahuan sy mbah bengkel resmi pun indent utk sparepartnya, krn sy perna nanya misal power window rusak aja mereka hrs indent walopun skemanya claim garansi dan free di sisi konsumen, utk bengkel luaran sudah pasti ga ada yg stock mbah, yah jadi pembelajaran buat sy nya jg jgn asal ambil mbl krn iming2 oprasional murah pajak murah bebas gage dsb. nyesel se nyesel2nya sy jg apalagi jg data lumayan terbatas ya tgl sgtu2nya saat itu.
kalo baca press release Neta Indonesia, operasional Neta di luar China sementara masih normal, dan di pusat lagi tahap cari investor baru ya. meskipun ini kayanya bahasa diplomatis aja, kan ga mungkin mereka bilang mau segera tutup, bisa makin panik.

apakah Om udah dapet insight dari orang Neta Indonesia bahwa udah pasti akan tutup dalam waktu dekat?
alvinlesmana
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 33
Joined: Mon Jun 26, 2023 1:57
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Harrier

Re: Sharing & Need Advice Neta V-II 2024 Lepas atau Tahan

Post by alvinlesmana »

forzanetti wrote: Wed Jul 23, 2025 2:22
alvinlesmana wrote: Wed Jul 23, 2025 2:17 sepengetahuan sy mbah bengkel resmi pun indent utk sparepartnya, krn sy perna nanya misal power window rusak aja mereka hrs indent walopun skemanya claim garansi dan free di sisi konsumen, utk bengkel luaran sudah pasti ga ada yg stock mbah, yah jadi pembelajaran buat sy nya jg jgn asal ambil mbl krn iming2 oprasional murah pajak murah bebas gage dsb. nyesel se nyesel2nya sy jg apalagi jg data lumayan terbatas ya tgl sgtu2nya saat itu.
kalo baca press release Neta Indonesia, operasional Neta di luar China sementara masih normal, dan di pusat lagi tahap cari investor baru ya. meskipun ini kayanya bahasa diplomatis aja, kan ga mungkin mereka bilang mau segera tutup, bisa makin panik.

apakah Om udah dapet insight dari orang Neta Indonesia bahwa udah pasti akan tutup dalam waktu dekat?
sy udh tanya ke spv showroom tmpt sy ngambil di pluit mbah, mereka juga cuma blg aman tenang masih bisa ga akan tutup dsb, mentok2 dia blg akan di akuisisi toyota tp harus dinyatakan pailit dlu, namun ga ada jaminan apa2. tp klo liat brita di negara tetangga thailand sih udh buruk bgt ya neta mulai dari gabisa claim garansi sampe skg di thailand neta diminta balikin duit subsidi pemerintah sana krn gajadi bangun pabrik.

jadi bisa saya anggap press release mereka cuma angin surga buat nenangin konsumen aja, dan hozon auto udh kloter ke 2 utk cari investor sampe 30 juli besok. dan logikanya oprasional mitra internantional aman tp sparepart indent ke china yang dimana udh stop produksi jadi gmn tuh? wkwk. mngkin maksudnya mereka beroprasi normal buat jualin sisa stock mobilnya sampe abis
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16849
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Sharing & Need Advice Neta V-II 2024 Lepas atau Tahan

Post by ChZ »

ah ga usah neta, yang gede kayak B** aja saya ogah. merek china yang saya percaya itu cuma GWM yang memang established track recordnya. harga ngga ikutan perang harga gila gilaan, lineup relatif waras tank 500 dan 300 looks like real car bukan gadgets on wheels.

lainnya nope. apalagi yang risingnya terlalu cepat macem B** dan sekarang dilanda masalah yang mudah sekali cari kok infonya udah tersebar luas juga kalo ini perusahaan ngga gitu sehat keuangannya dan skandal dumping dan mobkas kilometer 0 itu.

biarin dibilang penyefong jepang, lah klo ada apa apa yang ngatain penyefong gak bantuin juga.

buat om TS daripada kena masalah hukum malah makin berabe, lebih baik pake aja mobilnya. mobil begini di overkredit risiko, dijual ngga ada yang mau ambil.

kalo niat dikit sewa pengacara. tapi lagi lagi dengan perlindungan hukum yang lemah, very slim chance ini bisa berhasil. tapi siapa tau kan no viral no justice di negara ini bisa terjadi.

pilihannya viralin, atau diem diem tapi tetep pake dengan segala risikonya.

kemarin ada seseorang pakar mobil eropa tua bilang : "garansi di negeri ini itu bullsh*t, karena perlindungan konsumennya nggak ada" alias ya suka-suka ATPMnya bilang garansi apa nanti ujungnya dibilang "normal kok pak" atau "kami ganti tapi ngga tau deh ampe kiamat tuh sparepart dateng juga pokoknya kami janji dulu" demi ngakalin warranty.

atau, ATPM nya tutup duluan kayak ini lah.
Last edited by ChZ on Wed Jul 23, 2025 3:44, edited 3 times in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
stealthy
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 301
Joined: Fri Mar 13, 2015 4:14

Re: Sharing & Need Advice Neta V-II 2024 Lepas atau Tahan

Post by stealthy »

Andhyka wrote: Tue Jul 22, 2025 22:56 Ini perhitungan perbandingan biaya antara Neta dengan mobil bensin setara yaitu Avanza jika pakai 10 tahun dari pembelian baru, bensin, servis, pajak sampai dijual lagi. Anggap Neta tidak laku, dan Avanza laku 130jt 10 tahun kemudian:

Capture5.JPG

Dalam 10 tahun, pengeluaran mobil bensin lebih besar daripada mobil listrik. Itupun sudah dikurangi harga jual bekas 10 tahun lagi.


Ini hitungan jika isi bensin pertamax:

Capture4.JPG
Itu biaya per tahun 7jt tapi kenapa 10 tahun jadi 90jt yah om?

Plus ada 1 big IF.....yaitu IF masih bisa jalan mobil listrik nya dalam 10 tahun ke depan
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12974
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Sharing & Need Advice Neta V-II 2024 Lepas atau Tahan

Post by Suryaputra »

forzanetti wrote: Wed Jul 23, 2025 2:12
Jenson wrote: Tue Jul 22, 2025 9:06 Otherwise, nyimpen moblis yg gaada pabrikannya kok rasanya kaya ticking time bomb ya. Once rusak, mati total, itu 170 juta jg jadi 0 gaada yg mau lagi. Ya tapi gamble sih, bsa aja aman2 aja, jd masi bsa dipakai.

tinggal pilih, mau take risk, lanjut. Mau play safe, cut loss jual skrg mumpung masi ad harganya
saya juga sependapat. mobil udah ga ada pabrikannya dan populasi sedikit, apalagi EV (yang relatif masih baru di sini). kayanya terlalu serem ya. kalo piara kaya Ford Fiesta gitu meskipun udah ga ada ATPM tapi populasi cukup banyak dan banyak toko sedia sparepartnya. kalo Neta ini populasinya dikit, saya juga ragu ada toko yang mau sedia sparepartnya.

maaf om TS, bukan menakut2i ya, cuma share pendapat saya aja kalo di posisi om TS, mungkin saya bakal consider buat lepas sekarang.
Mirip2 mindset jual beli saham ini
Hahahaha

Pilihan cm 2
- lowest risk
- atau deeper loss

Krn sama2 udh loss juga, cm kita bs milih mau lbh dalam, atau udah ketauan dr skrg.
Sulit emang ya. :upss:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
alvinlesmana
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 33
Joined: Mon Jun 26, 2023 1:57
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Harrier

Re: Sharing & Need Advice Neta V-II 2024 Lepas atau Tahan

Post by alvinlesmana »

ChZ wrote: Wed Jul 23, 2025 3:35 ah ga usah neta, yang gede kayak B** aja saya ogah. merek china yang saya percaya itu cuma GWM yang memang established track recordnya. harga ngga ikutan perang harga gila gilaan, lineup relatif waras tank 500 dan 300 looks like real car bukan gadgets on wheels.

lainnya nope. apalagi yang risingnya terlalu cepat macem B** dan sekarang dilanda masalah yang mudah sekali cari kok infonya udah tersebar luas juga kalo ini perusahaan ngga gitu sehat keuangannya dan skandal dumping dan mobkas kilometer 0 itu.

biarin dibilang penyefong jepang, lah klo ada apa apa yang ngatain penyefong gak bantuin juga.

buat om TS daripada kena masalah hukum malah makin berabe, lebih baik pake aja mobilnya. mobil begini di overkredit risiko, dijual ngga ada yang mau ambil.

kalo niat dikit sewa pengacara. tapi lagi lagi dengan perlindungan hukum yang lemah, very slim chance ini bisa berhasil. tapi siapa tau kan no viral no justice di negara ini bisa terjadi.

pilihannya viralin, atau diem diem tapi tetep pake dengan segala risikonya.
thank you om masukannya, next jg ga akan ambil mobcin mening lcgc jepang kalah fitur dll gpp yg pnting after sales servicenya sudah terbukti
carlzeiss
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 752
Joined: Mon Jul 04, 2016 16:27
Daily Vehicle: Ga Kencang Tapi Menggetarkan

Re: Sharing & Need Advice Neta V-II 2024 Lepas atau Tahan

Post by carlzeiss »

kayanya better cutloss deh mumpung masih laku , saya cutloss di angka 200 jt untuk almax, tahun depan tes pasar cuman mau nampung 150 jt :big_think: turun mapuluh jt, itu karna ATPMnya msh ada, klo ini dikhawatirkan taun depan udh ga ada harganya
- yang kenceng kalah sama yang wet look
alvinlesmana
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 33
Joined: Mon Jun 26, 2023 1:57
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Harrier

Re: Sharing & Need Advice Neta V-II 2024 Lepas atau Tahan

Post by alvinlesmana »

stealthy wrote: Wed Jul 23, 2025 3:37
Andhyka wrote: Tue Jul 22, 2025 22:56 Ini perhitungan perbandingan biaya antara Neta dengan mobil bensin setara yaitu Avanza jika pakai 10 tahun dari pembelian baru, bensin, servis, pajak sampai dijual lagi. Anggap Neta tidak laku, dan Avanza laku 130jt 10 tahun kemudian:

Capture5.JPG

Dalam 10 tahun, pengeluaran mobil bensin lebih besar daripada mobil listrik. Itupun sudah dikurangi harga jual bekas 10 tahun lagi.


Ini hitungan jika isi bensin pertamax:

Capture4.JPG
Itu biaya per tahun 7jt tapi kenapa 10 tahun jadi 90jt yah om?

Plus ada 1 big IF.....yaitu IF masih bisa jalan mobil listrik nya dalam 10 tahun ke depan
nah ini yang jadi pertimbangan sy jg dari pada blm ada 10 thn mbl gabisa jalan walopun cost lebih murah
alvinlesmana
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 33
Joined: Mon Jun 26, 2023 1:57
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Harrier

Re: Sharing & Need Advice Neta V-II 2024 Lepas atau Tahan

Post by alvinlesmana »

Suryaputra wrote: Wed Jul 23, 2025 3:40
forzanetti wrote: Wed Jul 23, 2025 2:12
Jenson wrote: Tue Jul 22, 2025 9:06 Otherwise, nyimpen moblis yg gaada pabrikannya kok rasanya kaya ticking time bomb ya. Once rusak, mati total, itu 170 juta jg jadi 0 gaada yg mau lagi. Ya tapi gamble sih, bsa aja aman2 aja, jd masi bsa dipakai.

tinggal pilih, mau take risk, lanjut. Mau play safe, cut loss jual skrg mumpung masi ad harganya
saya juga sependapat. mobil udah ga ada pabrikannya dan populasi sedikit, apalagi EV (yang relatif masih baru di sini). kayanya terlalu serem ya. kalo piara kaya Ford Fiesta gitu meskipun udah ga ada ATPM tapi populasi cukup banyak dan banyak toko sedia sparepartnya. kalo Neta ini populasinya dikit, saya juga ragu ada toko yang mau sedia sparepartnya.

maaf om TS, bukan menakut2i ya, cuma share pendapat saya aja kalo di posisi om TS, mungkin saya bakal consider buat lepas sekarang.
Mirip2 mindset jual beli saham ini
Hahahaha

Pilihan cm 2
- lowest risk
- atau deeper loss

Krn sama2 udh loss juga, cm kita bs milih mau lbh dalam, atau udah ketauan dr skrg.
Sulit emang ya. :upss:
iya om dilema banget makanya
alvinlesmana
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 33
Joined: Mon Jun 26, 2023 1:57
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Harrier

Re: Sharing & Need Advice Neta V-II 2024 Lepas atau Tahan

Post by alvinlesmana »

carlzeiss wrote: Wed Jul 23, 2025 3:42 kayanya better cutloss deh mumpung masih laku , saya cutloss di angka 200 jt untuk almax, tahun depan tes pasar cuman mau nampung 150 jt :big_think: turun mapuluh jt, itu karna ATPMnya msh ada, klo ini dikhawatirkan taun depan udh ga ada harganya
jauh jg ya dlm 1thn 50jt om pdhl ICE dan dari brand yg lumayan bertahan otomatis bengkel luaran mgkin byk yg bisa
stealthy
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 301
Joined: Fri Mar 13, 2015 4:14

Re: Sharing & Need Advice Neta V-II 2024 Lepas atau Tahan

Post by stealthy »

Saya sependapat yang cutloss juga sih.....menurut saya ga akan pernah kejadian itu sisa hutang = harga mobil bekas.
alvinlesmana
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 33
Joined: Mon Jun 26, 2023 1:57
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Harrier

Re: Sharing & Need Advice Neta V-II 2024 Lepas atau Tahan

Post by alvinlesmana »

stealthy wrote: Wed Jul 23, 2025 3:48 Saya sependapat yang cutloss juga sih.....menurut saya ga akan pernah kejadian itu sisa hutang = harga mobil bekas.
oke noted om akan di pertimbangin dan di diskusiin juga untuk cutloss
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12974
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Sharing & Need Advice Neta V-II 2024 Lepas atau Tahan

Post by Suryaputra »

alvinlesmana wrote: Wed Jul 23, 2025 3:43
Suryaputra wrote: Wed Jul 23, 2025 3:40
forzanetti wrote: Wed Jul 23, 2025 2:12

saya juga sependapat. mobil udah ga ada pabrikannya dan populasi sedikit, apalagi EV (yang relatif masih baru di sini). kayanya terlalu serem ya. kalo piara kaya Ford Fiesta gitu meskipun udah ga ada ATPM tapi populasi cukup banyak dan banyak toko sedia sparepartnya. kalo Neta ini populasinya dikit, saya juga ragu ada toko yang mau sedia sparepartnya.

maaf om TS, bukan menakut2i ya, cuma share pendapat saya aja kalo di posisi om TS, mungkin saya bakal consider buat lepas sekarang.
Mirip2 mindset jual beli saham ini
Hahahaha

Pilihan cm 2
- lowest risk
- atau deeper loss

Krn sama2 udh loss juga, cm kita bs milih mau lbh dalam, atau udah ketauan dr skrg.
Sulit emang ya. :upss:
iya om dilema banget makanya
Iya mbah, turut berduka.. apapun pilihan sangat sulit ini... make sure udh approve juga menkeu :mky_03:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4418
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Sharing & Need Advice Neta V-II 2024 Lepas atau Tahan

Post by ginting »

alvinlesmana wrote: Tue Jul 22, 2025 8:16 Dear suhu-suhu SM,

Saya ingin membagikan cerita saya krg lebih 10 bulan lalu saya membeli EV brand Neta tipe V-II dengan peruntukan penggunaan harian dan hanya mobil satu-satunya dengan skema kredit DP 100JT dan cicilan 4,3jt di tenor 5thn, dan sudah berjalan 10 bln, sisa kurang lebih 50 bulan.

Sebenarnya mobil oke-oke saja dan tidak ada problem sama skali selama pemakaian.
Namun karena Netanya sudah bangkrut dan dari Neta Indo juga sudah merilis press release mengenai isu ini saya memutuskan untuk di coba tawarkan over kredit dan sudah ada penawaran yang ckup mendekati angka yang saya inginkan.

Namun setelah saya konfirmasi ke pihak leasing MUF ternyata tidak bisa over kredit.
Lalu dari Neta pun sudah saya tanya tidak dapat membantu dan solusi.

Menurut suhu-suhu disini apakah saya tetap tahan Neta saya atau saya over kredit saja dengan jalur non-resmi? atau mungkin ada solusi yang lain yang bsa disarankan ke saya.

Note: sebelumnya saya juga sudah menawarkan untuk jual putus dan hanya di terima max 170jt dimana dengan nominal tsb saya harus menombok sisa pokok hutang + penalty di total 204jt

Mohon maaf sebelumnya apabila ada salah-salah kata, dan terima kasih sudah meluangkan waktunya untuk membaca dan memberikan komentar solusi maupun saran di postingan ini.
Jadi begini oom..namanya sudah ada agreement maka gak boleh dilanggar
tapi coba cari celah celah konstitusionil dalam perjanjian pembiayaan tsb.

salah satu alternatif, silahkan baca wording perjanjian untuk double cek, adalah sebagai berikut:
1. cari pembelinya dulu
2. sepakati harga dan term pembayaran dari dia ke oom, sebagai kompensasi atas uang oom yang sdh keluar. misalnya 100 juta (uang pangkal)
3. lalu buat perjanjian sewa menyewa jangka panjang (long term rent) dengan hak membeli exclusive di akhir masa sewa.
4. dia harus sewa ke oom 4,3 juta per bulan. yang mana itu bisa oom gunakan buat cicilan bulanan.
5. urusan perpanjangan Pajak oom tetap handle
6. nanti kalau sudah lunas, maka oom ambil BPKB ke leasing, lalu oom jual itu mobil ke dia misalnya seharga IDR 1 juta (residual value)

Pihak leasing akan tetap terima payment dari oom

silahkan cross check ke lawyer juga kalau mau.
Last edited by ginting on Wed Jul 23, 2025 5:51, edited 1 time in total.
alvinlesmana
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 33
Joined: Mon Jun 26, 2023 1:57
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Harrier

Re: Sharing & Need Advice Neta V-II 2024 Lepas atau Tahan

Post by alvinlesmana »

Suryaputra wrote: Wed Jul 23, 2025 3:52
alvinlesmana wrote: Wed Jul 23, 2025 3:43
Suryaputra wrote: Wed Jul 23, 2025 3:40

Mirip2 mindset jual beli saham ini
Hahahaha

Pilihan cm 2
- lowest risk
- atau deeper loss

Krn sama2 udh loss juga, cm kita bs milih mau lbh dalam, atau udah ketauan dr skrg.
Sulit emang ya. :upss:
iya om dilema banget makanya
Iya mbah, turut berduka.. apapun pilihan sangat sulit ini... make sure udh approve juga menkeu :mky_03:
betul harus sepersetujuan menkeu :big_peace: haha
alvinlesmana
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 33
Joined: Mon Jun 26, 2023 1:57
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Harrier

Re: Sharing & Need Advice Neta V-II 2024 Lepas atau Tahan

Post by alvinlesmana »

ginting wrote: Wed Jul 23, 2025 3:53
alvinlesmana wrote: Tue Jul 22, 2025 8:16 Dear suhu-suhu SM,

Saya ingin membagikan cerita saya krg lebih 10 bulan lalu saya membeli EV brand Neta tipe V-II dengan peruntukan penggunaan harian dan hanya mobil satu-satunya dengan skema kredit DP 100JT dan cicilan 4,3jt di tenor 5thn, dan sudah berjalan 10 bln, sisa kurang lebih 50 bulan.

Sebenarnya mobil oke-oke saja dan tidak ada problem sama skali selama pemakaian.
Namun karena Netanya sudah bangkrut dan dari Neta Indo juga sudah merilis press release mengenai isu ini saya memutuskan untuk di coba tawarkan over kredit dan sudah ada penawaran yang ckup mendekati angka yang saya inginkan.

Namun setelah saya konfirmasi ke pihak leasing MUF ternyata tidak bisa over kredit.
Lalu dari Neta pun sudah saya tanya tidak dapat membantu dan solusi.

Menurut suhu-suhu disini apakah saya tetap tahan Neta saya atau saya over kredit saja dengan jalur non-resmi? atau mungkin ada solusi yang lain yang bsa disarankan ke saya.

Note: sebelumnya saya juga sudah menawarkan untuk jual putus dan hanya di terima max 170jt dimana dengan nominal tsb saya harus menombok sisa pokok hutang + penalty di total 204jt

Mohon maaf sebelumnya apabila ada salah-salah kata, dan terima kasih sudah meluangkan waktunya untuk membaca dan memberikan komentar solusi maupun saran di postingan ini.
Jadi begini oom..namanya sudah ada agreement maka gak boleh dilanggar
tapi coba cari celah celah konstitusionil dalam perjanjian pembiayaan tsb.

salah satu alternatif, silahkan baca wording perjanjian untuk double cek, adalah sebagai berikut:
1. cari pembelinya dulu
2. sepakati harga dan term pembayaran dari dia ke oom, sebagai kompensasi atas uang oom yang sdh keluar. misalnya 100 juta (uang pangkal)
3. lalu buat perjanjian sewa menyewa jangka panjang (long term rent) dengan hak membeli exclusive di akhir masa sewa.
4. dia harus sewa ke oom 3,4 juta per bulan. yang mana itu bisa oom gunakan buat cicilan bulanan.
5. urusan perpanjangan Pajak oom tetap handle
6. nanti kalau sudah lunas, maka oom ambil BPKB ke leasing, lalu oom jual itu mobil ke dia misalnya seharga IDR 1 juta (residual value)

Pihak leasing akan tetap terima payment dari oom

silahkan cross check ke lawyer juga kalau mau.
ohh jadi ini untuk mengakali kata-kata over kredit jadi di bikin perjanjian sewa menyewa ya om, tks info nya om smoga bsa jadi jalan keluar sy jg
Andhyka
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 425
Joined: Mon Nov 19, 2012 9:42

Re: Sharing & Need Advice Neta V-II 2024 Lepas atau Tahan

Post by Andhyka »

stealthy wrote: Wed Jul 23, 2025 3:37
Itu biaya per tahun 7jt tapi kenapa 10 tahun jadi 90jt yah om?

Plus ada 1 big IF.....yaitu IF masih bisa jalan mobil listrik nya dalam 10 tahun ke depan
Oh iya maksudnya itu hitungan untuk pemakaian 12 tahun tapi keliru nulis 10 tahun
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4418
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Sharing & Need Advice Neta V-II 2024 Lepas atau Tahan

Post by ginting »

alvinlesmana wrote: Wed Jul 23, 2025 3:55
ginting wrote: Wed Jul 23, 2025 3:53
alvinlesmana wrote: Tue Jul 22, 2025 8:16 Dear suhu-suhu SM,

Saya ingin membagikan cerita saya krg lebih 10 bulan lalu saya membeli EV brand Neta tipe V-II dengan peruntukan penggunaan harian dan hanya mobil satu-satunya dengan skema kredit DP 100JT dan cicilan 4,3jt di tenor 5thn, dan sudah berjalan 10 bln, sisa kurang lebih 50 bulan.

Sebenarnya mobil oke-oke saja dan tidak ada problem sama skali selama pemakaian.
Namun karena Netanya sudah bangkrut dan dari Neta Indo juga sudah merilis press release mengenai isu ini saya memutuskan untuk di coba tawarkan over kredit dan sudah ada penawaran yang ckup mendekati angka yang saya inginkan.

Namun setelah saya konfirmasi ke pihak leasing MUF ternyata tidak bisa over kredit.
Lalu dari Neta pun sudah saya tanya tidak dapat membantu dan solusi.

Menurut suhu-suhu disini apakah saya tetap tahan Neta saya atau saya over kredit saja dengan jalur non-resmi? atau mungkin ada solusi yang lain yang bsa disarankan ke saya.

Note: sebelumnya saya juga sudah menawarkan untuk jual putus dan hanya di terima max 170jt dimana dengan nominal tsb saya harus menombok sisa pokok hutang + penalty di total 204jt

Mohon maaf sebelumnya apabila ada salah-salah kata, dan terima kasih sudah meluangkan waktunya untuk membaca dan memberikan komentar solusi maupun saran di postingan ini.
Jadi begini oom..namanya sudah ada agreement maka gak boleh dilanggar
tapi coba cari celah celah konstitusionil dalam perjanjian pembiayaan tsb.

salah satu alternatif, silahkan baca wording perjanjian untuk double cek, adalah sebagai berikut:
1. cari pembelinya dulu
2. sepakati harga dan term pembayaran dari dia ke oom, sebagai kompensasi atas uang oom yang sdh keluar. misalnya 100 juta (uang pangkal)
3. lalu buat perjanjian sewa menyewa jangka panjang (long term rent) dengan hak membeli exclusive di akhir masa sewa.
4. dia harus sewa ke oom 4,3 juta per bulan. yang mana itu bisa oom gunakan buat cicilan bulanan.
5. urusan perpanjangan Pajak oom tetap handle
6. nanti kalau sudah lunas, maka oom ambil BPKB ke leasing, lalu oom jual itu mobil ke dia misalnya seharga IDR 1 juta (residual value)

Pihak leasing akan tetap terima payment dari oom

silahkan cross check ke lawyer juga kalau mau.
ohh jadi ini untuk mengakali kata-kata over kredit jadi di bikin perjanjian sewa menyewa ya om, tks info nya om smoga bsa jadi jalan keluar sy jg
siyapp oom...jangan lupa baca dulu klausula klausula di perjanjiannya secara lengkapnya.

good luck !!!

//hukum tak boleh dilanggar
//kontrak jangan pernah diingkari
//tapi bisnis harus tetap jalan
//disitulah legal counsel diperlukan
User avatar
forzanetti
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 452
Joined: Sat Jul 10, 2021 10:04

Re: Sharing & Need Advice Neta V-II 2024 Lepas atau Tahan

Post by forzanetti »

carlzeiss wrote: Wed Jul 23, 2025 3:42 kayanya better cutloss deh mumpung masih laku , saya cutloss di angka 200 jt untuk almax, tahun depan tes pasar cuman mau nampung 150 jt :big_think: turun mapuluh jt, itu karna ATPMnya msh ada, klo ini dikhawatirkan taun depan udh ga ada harganya
maaf ya Om TS jadi OOT.

Almaz drop segitunya ya Om? padahal kan ATPM masih aktif. faktor apa tuh Om koq parah banget dropnya? saya kebetulan kurang ngikutin pasaran second mobcin
User avatar
mobilover
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 878
Joined: Mon Jul 15, 2013 2:40

Re: Sharing & Need Advice Neta V-II 2024 Lepas atau Tahan

Post by mobilover »

Mobil cina perkembangannya cepet. Banyak model baru. Harga juga terjangkau. Jadi yg model lama kurang peminatnya apalagi orang daerah belum berani ambil mobil merek china. Sesimple itu sih.

Kl mobil jepang kan lama ganti modelnya. Jadi model yg lama pun masih banyak peminat terutama di daerah. Beda utamanya di situ
carlzeiss
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 752
Joined: Mon Jul 04, 2016 16:27
Daily Vehicle: Ga Kencang Tapi Menggetarkan

Re: Sharing & Need Advice Neta V-II 2024 Lepas atau Tahan

Post by carlzeiss »

forzanetti wrote: Wed Jul 23, 2025 7:59
carlzeiss wrote: Wed Jul 23, 2025 3:42 kayanya better cutloss deh mumpung masih laku , saya cutloss di angka 200 jt untuk almax, tahun depan tes pasar cuman mau nampung 150 jt :big_think: turun mapuluh jt, itu karna ATPMnya msh ada, klo ini dikhawatirkan taun depan udh ga ada harganya
maaf ya Om TS jadi OOT.

Almaz drop segitunya ya Om? padahal kan ATPM masih aktif. faktor apa tuh Om koq parah banget dropnya? saya kebetulan kurang ngikutin pasaran second mobcin
kebetulan saya nawarinnya ke showroom ya om karna saya uda tes jualan sendiri ga ada yg nawar malah, kalo sependengeran saya, mereka (showroom) alasannya : buta harga, ga brani nyimpen, susah muter, mocin jadi mreka harus antisipasi harganya .

btw eks unit sy masih ada di oelex hingga skrg :ungg:
- yang kenceng kalah sama yang wet look
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4418
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Sharing & Need Advice Neta V-II 2024 Lepas atau Tahan

Post by ginting »

carlzeiss wrote: Wed Jul 23, 2025 8:56
forzanetti wrote: Wed Jul 23, 2025 7:59
carlzeiss wrote: Wed Jul 23, 2025 3:42 kayanya better cutloss deh mumpung masih laku , saya cutloss di angka 200 jt untuk almax, tahun depan tes pasar cuman mau nampung 150 jt :big_think: turun mapuluh jt, itu karna ATPMnya msh ada, klo ini dikhawatirkan taun depan udh ga ada harganya
maaf ya Om TS jadi OOT.

Almaz drop segitunya ya Om? padahal kan ATPM masih aktif. faktor apa tuh Om koq parah banget dropnya? saya kebetulan kurang ngikutin pasaran second mobcin
kebetulan saya nawarinnya ke showroom ya om karna saya uda tes jualan sendiri ga ada yg nawar malah, kalo sependengeran saya, mereka (showroom) alasannya : buta harga, ga brani nyimpen, susah muter, mocin jadi mreka harus antisipasi harganya .

btw eks unit sy masih ada di oelex hingga skrg :ungg:
boleh tahu oom, itu Almaz tahun brp dan oom jual harga brp ?
saran saya bisa juga jual di FB bagian jual beli komunitas.
bilang ini owner langsung, bukan showroom.
saya 3x jualan di FB (Xenia, Innova GNKI dan MUX), semua laku sama user langsung...
carlzeiss
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 752
Joined: Mon Jul 04, 2016 16:27
Daily Vehicle: Ga Kencang Tapi Menggetarkan

Re: Sharing & Need Advice Neta V-II 2024 Lepas atau Tahan

Post by carlzeiss »

ginting wrote: Wed Jul 23, 2025 9:19
carlzeiss wrote: Wed Jul 23, 2025 8:56
forzanetti wrote: Wed Jul 23, 2025 7:59

maaf ya Om TS jadi OOT.

Almaz drop segitunya ya Om? padahal kan ATPM masih aktif. faktor apa tuh Om koq parah banget dropnya? saya kebetulan kurang ngikutin pasaran second mobcin
kebetulan saya nawarinnya ke showroom ya om karna saya uda tes jualan sendiri ga ada yg nawar malah, kalo sependengeran saya, mereka (showroom) alasannya : buta harga, ga brani nyimpen, susah muter, mocin jadi mreka harus antisipasi harganya .

btw eks unit sy masih ada di oelex hingga skrg :ungg:
boleh tahu oom, itu Almaz tahun brp dan oom jual harga brp ?
saran saya bisa juga jual di FB bagian jual beli komunitas.
bilang ini owner langsung, bukan showroom.
saya 3x jualan di FB (Xenia, Innova GNKI dan MUX), semua laku sama user langsung...
saya pakai yg tipe Exclusive 5 seater NIK 2019 regis 2020 om, laku di 200 jt om tahun 2022
wah bole di coba sih nanti nextnya kalau unit saya yg skrg mau dilego, thankyou advice nya om
Last edited by carlzeiss on Wed Jul 23, 2025 9:53, edited 1 time in total.
- yang kenceng kalah sama yang wet look