XL7 Hybrid dan rencana upgrade ke depan

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

X252
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 173
Joined: Thu May 08, 2025 23:22
Location: Balikpapan
Daily Vehicle: Suzuki XL7

Re: XL7 Hybrid dan rencana upgrade ke depan

Post by X252 »

kualitas cat barang CKD
WhatsApp Image 2025-08-08 at 19.14.40.jpeg
WhatsApp Image 2025-08-08 at 19.14.40 (1).jpeg
WhatsApp Image 2025-08-08 at 19.14.41.jpeg
WhatsApp Image 2025-08-08 at 19.14.41 (1).jpeg
ckckckck, ada yang pernah ngalamin?
baru 6 bulan
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
rakyatwkwkland
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 907
Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: XL7 Hybrid dan rencana upgrade ke depan

Post by rakyatwkwkland »

X252 wrote: Sat Aug 09, 2025 0:30 kualitas cat barang CKD

WhatsApp Image 2025-08-08 at 19.14.40.jpeg
WhatsApp Image 2025-08-08 at 19.14.40 (1).jpeg
WhatsApp Image 2025-08-08 at 19.14.41.jpeg
WhatsApp Image 2025-08-08 at 19.14.41 (1).jpeg

ckckckck, ada yang pernah ngalamin?
baru 6 bulan
Busyedd itu cat nya ngegelembung kah? Jelek amir kualitasnya...

Untung unit ane dr 2018 utk cat bawaan masih baik2 saja.

Malah ini ane lg mau ngerepaint bumper belakang yang catnya ngelupas gara2 hasil cat bengkel asuransi. Lagi mau nyari2 referensi bengkel cat di kolom search, ngetik kata kunci 'cat' malah keluar postingan om TS yg ini :big_biglaugh:
X252
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 173
Joined: Thu May 08, 2025 23:22
Location: Balikpapan
Daily Vehicle: Suzuki XL7

Re: XL7 Hybrid dan rencana upgrade ke depan

Post by X252 »

rakyatwkwkland wrote: Sun Aug 10, 2025 13:15
X252 wrote: Sat Aug 09, 2025 0:30 kualitas cat barang CKD

WhatsApp Image 2025-08-08 at 19.14.40.jpeg
WhatsApp Image 2025-08-08 at 19.14.40 (1).jpeg
WhatsApp Image 2025-08-08 at 19.14.41.jpeg
WhatsApp Image 2025-08-08 at 19.14.41 (1).jpeg

ckckckck, ada yang pernah ngalamin?
baru 6 bulan
Busyedd itu cat nya ngegelembung kah? Jelek amir kualitasnya...

Untung unit ane dr 2018 utk cat bawaan masih baik2 saja.

Malah ini ane lg mau ngerepaint bumper belakang yang catnya ngelupas gara2 hasil cat bengkel asuransi. Lagi mau nyari2 referensi bengkel cat di kolom search, ngetik kata kunci 'cat' malah keluar postingan om TS yg ini :big_biglaugh:
Saya mau komplain ini, kalau diperbaiki di cat asuransi malah tambah jelek/gak ori lagi.
Saya kebetulan belum bisa lihat fisiknya karena masih di luar kota.
kayaknya saya biarin aja kecuali kalau saya lihat langsung itu ngelupas dan berpotensi karat, mungkin baru perbaiki.
X252
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 173
Joined: Thu May 08, 2025 23:22
Location: Balikpapan
Daily Vehicle: Suzuki XL7

Re: XL7 Hybrid dan rencana upgrade ke depan

Post by X252 »

ternyata cat di atas itu bukan cacat, tapi getah wkwkwkw

anyway, sepertinya ke depan bakal upgrade ke destinator, tapi belum ada alasan kuat. Sementara cukup untuk kebutuhan sekarang.
indratyo
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Sat Apr 15, 2017 3:17
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Grand_Livina_XV_MT_2012

Re: XL7 Hybrid dan rencana upgrade ke depan

Post by indratyo »

General compare aja di kelas 1.5.
Tenaga : honda BR-V. Tp skrg di jkt dipake armada burung biru.
Stargazer jg bisa jd opsi. CVT Hyundai ga seringkih CVT honda.

Harga jual lagi, avxen CVT. Tp ya CVT ga bisa diajak kasar, bejek dalem2 gas rem. Rontok itu CVT.

Value for money, si ertiga n XL7.
Harga paling murah, fitur yg standar2 kepake aja, ga ada itu sensing2 ky merk lain. Suzuki cm hill assist, Traction control, abs, dll aja.

Tenaga klo masih 1.5 ya jelas beda drpd Tucson sebelumnya yg om pake. Tp klo uang no problem, dr Tucson coba ambil BMW atau mercy GLB 200 (mesin 1.3L Turbo) tp harga berkali lipat dr jepangan. 😆
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5508
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D Matic

Re: XL7 Hybrid dan rencana upgrade ke depan

Post by nugroho bagor »

X252 wrote: Mon Jun 02, 2025 14:00
black2345 wrote: Mon Jun 02, 2025 7:25
Tunggu 2-3th lagi GV 7 seater strong hybrid, cocok buat yg mau naik kelas dari ertiga/xl7
Waduh ini kalau mesinnya pakai 1500 cc apa gak underpower yak? GV yang sekarang aja lemot begitu.

Saya sebenarnya baru ini pakai mobil 1.500 cc na berasa underpower di posisi tertentu, seperti jalan berliku dan tanjakan. Seharusnya ketika mobil makin melar minimal yg cc 1500 ditambahin turbo biar dapat tenaga.
Lemot? saya pakai XL7 sudah remap ( murah kok, di Beobong bisa ) saya ambil type XL 7 Zeta, hindarin hybridnya :big_childish: driving impresiion biasa pakai 2KD matic remap. setelah saya diskusi sana sini. XL 7 intinya lain kaya diesel . injak terus nanti dia keluar powahnya, jangan takut takut, injak aja full press , meraung , tapi nikmat juga dengarnya :upss: eh IMHO ya
X252
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 173
Joined: Thu May 08, 2025 23:22
Location: Balikpapan
Daily Vehicle: Suzuki XL7

Re: XL7 Hybrid dan rencana upgrade ke depan

Post by X252 »

nugroho bagor wrote: Wed Sep 17, 2025 0:27
X252 wrote: Mon Jun 02, 2025 14:00
black2345 wrote: Mon Jun 02, 2025 7:25
Tunggu 2-3th lagi GV 7 seater strong hybrid, cocok buat yg mau naik kelas dari ertiga/xl7
Waduh ini kalau mesinnya pakai 1500 cc apa gak underpower yak? GV yang sekarang aja lemot begitu.

Saya sebenarnya baru ini pakai mobil 1.500 cc na berasa underpower di posisi tertentu, seperti jalan berliku dan tanjakan. Seharusnya ketika mobil makin melar minimal yg cc 1500 ditambahin turbo biar dapat tenaga.
Lemot? saya pakai XL7 sudah remap ( murah kok, di Beobong bisa ) saya ambil type XL 7 Zeta, hindarin hybridnya :big_childish: driving impresiion biasa pakai 2KD matic remap. setelah saya diskusi sana sini. XL 7 intinya lain kaya diesel . injak terus nanti dia keluar powahnya, jangan takut takut, injak aja full press , meraung , tapi nikmat juga dengarnya :upss: eh IMHO ya
Konteks saya bilang lemot karena waktu itu mau nyalip, tanjakan lagi, saya injak pedal gas dalem gak mindah2 gigi maticnya, pakai OD juga gak signifikan. yasudahlah saya pakainya buat nyantai aja kalau keluar kota.
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 13435
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: XL7 Hybrid dan rencana upgrade ke depan

Post by Suryaputra »

X252 wrote: Wed Sep 17, 2025 2:34
nugroho bagor wrote: Wed Sep 17, 2025 0:27
X252 wrote: Mon Jun 02, 2025 14:00

Waduh ini kalau mesinnya pakai 1500 cc apa gak underpower yak? GV yang sekarang aja lemot begitu.

Saya sebenarnya baru ini pakai mobil 1.500 cc na berasa underpower di posisi tertentu, seperti jalan berliku dan tanjakan. Seharusnya ketika mobil makin melar minimal yg cc 1500 ditambahin turbo biar dapat tenaga.
Lemot? saya pakai XL7 sudah remap ( murah kok, di Beobong bisa ) saya ambil type XL 7 Zeta, hindarin hybridnya :big_childish: driving impresiion biasa pakai 2KD matic remap. setelah saya diskusi sana sini. XL 7 intinya lain kaya diesel . injak terus nanti dia keluar powahnya, jangan takut takut, injak aja full press , meraung , tapi nikmat juga dengarnya :upss: eh IMHO ya
Konteks saya bilang lemot karena waktu itu mau nyalip, tanjakan lagi, saya injak pedal gas dalem gak mindah2 gigi maticnya, pakai OD juga gak signifikan. yasudahlah saya pakainya buat nyantai aja kalau keluar kota.
klo mesin 1500cc reguler, idealnya (minimal) pakai 6 speed, jadi gear ratio agak rapet spt mazda family.
enak tuh.

Atau klo mau efisien ya CVT sekalian, jd gak gear hunting spt 4AT.
4AT cuma menang di aksel stop&go dan reliability compare to CVT.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
impz
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 36
Joined: Fri Jul 18, 2014 5:05
Location: West Batavia
Daily Vehicle: daHon

Re: XL7 Hybrid dan rencana upgrade ke depan

Post by impz »

X252 wrote: Mon Sep 01, 2025 5:00 ternyata cat di atas itu bukan cacat, tapi getah wkwkwkw

anyway, sepertinya ke depan bakal upgrade ke destinator, tapi belum ada alasan kuat. Sementara cukup untuk kebutuhan sekarang.
I Feel You om.
Posisi sekarang pakai R3 thn 2020 (blom jaman hybrid), mobilnya enak dan yg surprising adalah interiornya cuckup lega buat 7 orang, ga perlu sampe nekuk kaki yang bikin posisi penumpang jadi ga enak buat jalan jauh.

Kemarin sempat kepincut Destinator di GIIAS2025, tp ga punya solid reason buat ganti ke DST. cuman karena gengsi aja. sisanya R3 masih value for money, ke bengkel aja jadi berani ke Beres (mobil sebelumnya, selalu ke bengkel spesialis karena harganya aduhai kalo di Beres)
be responsible and be considerate on the road, folks!
:big_smoking:
Lukayst
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 62
Joined: Tue Nov 12, 2024 7:31
Location: Sumatra selatan
Daily Vehicle: Kijang kapsul diesel

Re: XL7 Hybrid dan rencana upgrade ke depan

Post by Lukayst »

zonepublic wrote: Mon Jun 02, 2025 11:37
black2345 wrote: Mon Jun 02, 2025 7:25

Tunggu 2-3th lagi GV 7 seater strong hybrid, cocok buat yg mau naik kelas dari ertiga/xl7
Kalo saya sih jujur ga suka full hybrid, malah mending mild hybrid kenapa?hybrid kalo ga mild malah awal starter ga manasin mesin,tau2 udah jalan masuk tol di rpm 3ribu mesin belum dilumasin langsung geber pol apa ga baret smua itu silinder bloknya
Kalo mild hybrid masih manasin mesin waktu starter meskipun ya sama aja cuma gimmick aja sih hybrid ga berdampak signifikan sama kons bbm
black2345 wrote: Mon Jun 02, 2025 7:24
Dan yes, pasar 1.5 n/a sudah mentok pengembangannya menurut saya saat ini, jd jgn berharap lebih untuk produk yg sudah atau akan muncul. Jadi tinggal jualan gimmick & fitur2 yg buat jempol seneng. Knp sy bilang begitu? Di rmh ada ertiga, expander fl & sp sport, all new hrv & new avanza. Overall saya bilang semua sama sebagai kendaraan yg mengantarkan kita dari satu poin ke poin yg lain
Bosen kan? Saya sejak 2014 sudah bosen kok sama mobil2 baru seperti yg saya tulis diatas cm nambah gimik2 sama ukuran mobil ditiup biar melar supaya ada alasan buat naikin harga tapi beban malah ke mesin karena mesin teknologi hampir sama aja tapi bobot nambah,aerodinamis dan hambatan angin makin besar karena luas penampang hambatan juga makin besar
Karena saya ga suka mobil yang lemot meskipun nyaman karena saya biasa di posisi driver,jadi perubahan rasa berkendara berasa sekali buat saya

Soal fitur macam drive by wire sejak crv kotak 2005 sudah ada ga semua suka lho karena delay,beda sama drive by cable yg instan cuma dbw bikin efisiensi bbm lebih baik ,SDIB apa ya ini side door Impact beam?sejak civic ferio udah ada pengaturan ac lengkap?
Mobil prestige accord taun 80-90 sudah ada,malah heater masih ada jaman itu,masalahnya emang T kan pelit fitur buat lmpvnya biar innovanya laku ,makannya lmpvnya ga dikasih fitur gituan,dia jualan rwd,dia lebih milih masang gardan buat keunggulannya lawan ertiga
Gimik 4ws yg ada di honda accord taun 90an awal ga keluar lagi kan? Padahal signifikan ngefek itu buat handling
Bener banget Om, power to weight ratio nya kacau mobil baru sekarang,
Kebetulan jalanan di daerah, aspal jalan lebih tinggi daripada ruko/rumah

Pengalaman bawa 1.5L cvt, hanya utk naik ke aspal aja harus gas dalem sampai mesin meraung,
Kapsul diesel, tinggal angkat kopling tanpa di gasnaek itu.
X252
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 173
Joined: Thu May 08, 2025 23:22
Location: Balikpapan
Daily Vehicle: Suzuki XL7

Re: XL7 Hybrid dan rencana upgrade ke depan

Post by X252 »

Lukayst wrote: Thu Nov 13, 2025 7:35
zonepublic wrote: Mon Jun 02, 2025 11:37
black2345 wrote: Mon Jun 02, 2025 7:25

Tunggu 2-3th lagi GV 7 seater strong hybrid, cocok buat yg mau naik kelas dari ertiga/xl7
Kalo saya sih jujur ga suka full hybrid, malah mending mild hybrid kenapa?hybrid kalo ga mild malah awal starter ga manasin mesin,tau2 udah jalan masuk tol di rpm 3ribu mesin belum dilumasin langsung geber pol apa ga baret smua itu silinder bloknya
Kalo mild hybrid masih manasin mesin waktu starter meskipun ya sama aja cuma gimmick aja sih hybrid ga berdampak signifikan sama kons bbm
black2345 wrote: Mon Jun 02, 2025 7:24
Dan yes, pasar 1.5 n/a sudah mentok pengembangannya menurut saya saat ini, jd jgn berharap lebih untuk produk yg sudah atau akan muncul. Jadi tinggal jualan gimmick & fitur2 yg buat jempol seneng. Knp sy bilang begitu? Di rmh ada ertiga, expander fl & sp sport, all new hrv & new avanza. Overall saya bilang semua sama sebagai kendaraan yg mengantarkan kita dari satu poin ke poin yg lain
Bosen kan? Saya sejak 2014 sudah bosen kok sama mobil2 baru seperti yg saya tulis diatas cm nambah gimik2 sama ukuran mobil ditiup biar melar supaya ada alasan buat naikin harga tapi beban malah ke mesin karena mesin teknologi hampir sama aja tapi bobot nambah,aerodinamis dan hambatan angin makin besar karena luas penampang hambatan juga makin besar
Karena saya ga suka mobil yang lemot meskipun nyaman karena saya biasa di posisi driver,jadi perubahan rasa berkendara berasa sekali buat saya

Soal fitur macam drive by wire sejak crv kotak 2005 sudah ada ga semua suka lho karena delay,beda sama drive by cable yg instan cuma dbw bikin efisiensi bbm lebih baik ,SDIB apa ya ini side door Impact beam?sejak civic ferio udah ada pengaturan ac lengkap?
Mobil prestige accord taun 80-90 sudah ada,malah heater masih ada jaman itu,masalahnya emang T kan pelit fitur buat lmpvnya biar innovanya laku ,makannya lmpvnya ga dikasih fitur gituan,dia jualan rwd,dia lebih milih masang gardan buat keunggulannya lawan ertiga
Gimik 4ws yg ada di honda accord taun 90an awal ga keluar lagi kan? Padahal signifikan ngefek itu buat handling
Bener banget Om, power to weight ratio nya kacau mobil baru sekarang,
Kebetulan jalanan di daerah, aspal jalan lebih tinggi daripada ruko/rumah

Pengalaman bawa 1.5L cvt, hanya utk naik ke aspal aja harus gas dalem sampai mesin meraung,
Kapsul diesel, tinggal angkat kopling tanpa di gasnaek itu.
Saya kemarin ke IKN pakai XL7, ya buat salip truck kalau lagi tanjakan gak ada tenaga, jadi nunggu jalan datar. 4AT bukan CVT padahal haha. jadi ya sabar2 kalau pakai mobil dimensi gede mesin cuma 1500 cc.
Lukayst
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 62
Joined: Tue Nov 12, 2024 7:31
Location: Sumatra selatan
Daily Vehicle: Kijang kapsul diesel

Re: XL7 Hybrid dan rencana upgrade ke depan

Post by Lukayst »

Cari mobil taun 2015 kebawah kl saya mau cari mobil.
Lower arm dll masih besi, bukan bahan alpaka/aluminium.
Masih serius bikin mobil😄
X252
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 173
Joined: Thu May 08, 2025 23:22
Location: Balikpapan
Daily Vehicle: Suzuki XL7

Re: XL7 Hybrid dan rencana upgrade ke depan

Post by X252 »

Lukayst wrote: Thu Nov 20, 2025 9:38 Cari mobil taun 2015 kebawah kl saya mau cari mobil.
Lower arm dll masih besi, bukan bahan alpaka/aluminium.
Masih serius bikin mobil😄
emang lower arm yg pake aluminium mobil apa?
rakyatwkwkland
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 907
Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: XL7 Hybrid dan rencana upgrade ke depan

Post by rakyatwkwkland »

X252 wrote: Wed Sep 17, 2025 2:34
nugroho bagor wrote: Wed Sep 17, 2025 0:27
X252 wrote: Mon Jun 02, 2025 14:00

Waduh ini kalau mesinnya pakai 1500 cc apa gak underpower yak? GV yang sekarang aja lemot begitu.

Saya sebenarnya baru ini pakai mobil 1.500 cc na berasa underpower di posisi tertentu, seperti jalan berliku dan tanjakan. Seharusnya ketika mobil makin melar minimal yg cc 1500 ditambahin turbo biar dapat tenaga.
Lemot? saya pakai XL7 sudah remap ( murah kok, di Beobong bisa ) saya ambil type XL 7 Zeta, hindarin hybridnya :big_childish: driving impresiion biasa pakai 2KD matic remap. setelah saya diskusi sana sini. XL 7 intinya lain kaya diesel . injak terus nanti dia keluar powahnya, jangan takut takut, injak aja full press , meraung , tapi nikmat juga dengarnya :upss: eh IMHO ya
Konteks saya bilang lemot karena waktu itu mau nyalip, tanjakan lagi, saya injak pedal gas dalem gak mindah2 gigi maticnya, pakai OD juga gak signifikan. yasudahlah saya pakainya buat nyantai aja kalau keluar kota.
Kalo OD off gak signifikan, tandanya gigi ente masih ketinggian. Problemnya matic suzuki itu dia bodoh, lola, dan suka kurang peka kalo usernya lagi mau kebut2an. Jadi tangan kiri kita yang harus aktif mainin tuas transmisi. Ada selector D, OD off, 2, dan L itu kudu dimanfaatkan dengan sebaik2nya :big_grin:

Tuas transmisi D dan OD off itu transmisi di setting biar maks di gigi 3. Kalo masih berasa lemot, tandanya gigi masih ketinggian buat speed segitu, dan mengingat transmisinya ini rada2 bodoh, seringkali kita mau ngebut tapi dia stay di gigi 3 gamau turun ke gigi 2. Kalo udah begini langsung geser tuas transmisi ke 2, ini maks di gigi 2. Biar kita paksa dia turun gigi. Gigi turun otomatis rpm naik dong, nah baru tenaga dan torsi keluar.

Gan di 2 juga masih berasa lemot gan, gimana dong? Coba liat rpm mesin udh seberapa tinggi? Kalo masih belum seberapa tinggi ya turunin lagi tuas transmisi ke L, ini dia fix ngunci di gigi 1. Cocok buat tanjakan yang beneran curam.

Intinya ingat, ertiga atau XL7 ini mobil bensin, bukan mobil diesel yang torsinya di putaran mesin rendah 1.000-2.000 rpm aja udah keluar. Kalo mesin diesel buat ngeraih torsi puncak di 2.000 rpm aja udah dapet kan biasanya? Kalo mesin bensin ini biasanya torsi puncaknya itu di 4.000an rpm dan untuk tenaga puncak di 6.000an rpm. Jadi kalo ente mau nyalip di tanjakan, pastiin putaran mesin main di 4.000an rpm juga, baru itu mobil ngacir.

Bener kata om bagor, gausa takut buat ngebejek gas. Asalkan cooling system sehat dan oli ganti rutin dibejek2 buat nyalip2 mah masih aman. Ane pake nanjak2 di cipularang, nyalip2 di pantura, lintas sumatera, sama lintas selatan bali terbukti masih bisa lari tuh walaupun di tanjakan sekalipun. Karena ane berani ngebejek sampe 4.000 rpm, bahkan sampe mepet redline di 6.000 rpm dan tangan kiri juga aktif mainin tuas transmisi. Malah waktu ane bawa mobil ini ke bali, ane nyalip2an kayanya udah lumayan 'nyalip' lah, ehh ketemu sama2 ertiga K15B plat DK, warnanya sama2 abu2 pulak, gokill bawanya lebih edan lagi, nyalipnya jauh lebih ngacir dari ane. Tiap kali nyalip di kanan ane kedengeran raungan mesinnya :mky_07: makin yakin ane kalo emang mobil bensin mau dimaksimalkan potensinya buat lari, ya harus dibejek full throtle, gaboleh takut2 :mky_03:
X252
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 173
Joined: Thu May 08, 2025 23:22
Location: Balikpapan
Daily Vehicle: Suzuki XL7

Re: XL7 Hybrid dan rencana upgrade ke depan

Post by X252 »

rakyatwkwkland wrote: Sun Dec 14, 2025 14:44
X252 wrote: Wed Sep 17, 2025 2:34
nugroho bagor wrote: Wed Sep 17, 2025 0:27

Lemot? saya pakai XL7 sudah remap ( murah kok, di Beobong bisa ) saya ambil type XL 7 Zeta, hindarin hybridnya :big_childish: driving impresiion biasa pakai 2KD matic remap. setelah saya diskusi sana sini. XL 7 intinya lain kaya diesel . injak terus nanti dia keluar powahnya, jangan takut takut, injak aja full press , meraung , tapi nikmat juga dengarnya :upss: eh IMHO ya
Konteks saya bilang lemot karena waktu itu mau nyalip, tanjakan lagi, saya injak pedal gas dalem gak mindah2 gigi maticnya, pakai OD juga gak signifikan. yasudahlah saya pakainya buat nyantai aja kalau keluar kota.
Kalo OD off gak signifikan, tandanya gigi ente masih ketinggian. Problemnya matic suzuki itu dia bodoh, lola, dan suka kurang peka kalo usernya lagi mau kebut2an. Jadi tangan kiri kita yang harus aktif mainin tuas transmisi. Ada selector D, OD off, 2, dan L itu kudu dimanfaatkan dengan sebaik2nya :big_grin:

Tuas transmisi D dan OD off itu transmisi di setting biar maks di gigi 3. Kalo masih berasa lemot, tandanya gigi masih ketinggian buat speed segitu, dan mengingat transmisinya ini rada2 bodoh, seringkali kita mau ngebut tapi dia stay di gigi 3 gamau turun ke gigi 2. Kalo udah begini langsung geser tuas transmisi ke 2, ini maks di gigi 2. Biar kita paksa dia turun gigi. Gigi turun otomatis rpm naik dong, nah baru tenaga dan torsi keluar.

Gan di 2 juga masih berasa lemot gan, gimana dong? Coba liat rpm mesin udh seberapa tinggi? Kalo masih belum seberapa tinggi ya turunin lagi tuas transmisi ke L, ini dia fix ngunci di gigi 1. Cocok buat tanjakan yang beneran curam.

Intinya ingat, ertiga atau XL7 ini mobil bensin, bukan mobil diesel yang torsinya di putaran mesin rendah 1.000-2.000 rpm aja udah keluar. Kalo mesin diesel buat ngeraih torsi puncak di 2.000 rpm aja udah dapet kan biasanya? Kalo mesin bensin ini biasanya torsi puncaknya itu di 4.000an rpm dan untuk tenaga puncak di 6.000an rpm. Jadi kalo ente mau nyalip di tanjakan, pastiin putaran mesin main di 4.000an rpm juga, baru itu mobil ngacir.

Bener kata om bagor, gausa takut buat ngebejek gas. Asalkan cooling system sehat dan oli ganti rutin dibejek2 buat nyalip2 mah masih aman. Ane pake nanjak2 di cipularang, nyalip2 di pantura, lintas sumatera, sama lintas selatan bali terbukti masih bisa lari tuh walaupun di tanjakan sekalipun. Karena ane berani ngebejek sampe 4.000 rpm, bahkan sampe mepet redline di 6.000 rpm dan tangan kiri juga aktif mainin tuas transmisi. Malah waktu ane bawa mobil ini ke bali, ane nyalip2an kayanya udah lumayan 'nyalip' lah, ehh ketemu sama2 ertiga K15B plat DK, warnanya sama2 abu2 pulak, gokill bawanya lebih edan lagi, nyalipnya jauh lebih ngacir dari ane. Tiap kali nyalip di kanan ane kedengeran raungan mesinnya :mky_07: makin yakin ane kalo emang mobil bensin mau dimaksimalkan potensinya buat lari, ya harus dibejek full throtle, gaboleh takut2 :mky_03:
saya biasa pakai 2.000 cc ke atas sebelumnya, yg matic. mungkin kebiasaan ini yg beda ya, dibejek dikit udah bisa laju. berarti mesin 1.5 4 AT khususnya K15B ini kalau mau dimaksimalkan ya harus bejek dalem ya. saya jarang mainin transmisi buat turun gigi sih kalau pake matic. mobil sebelumnya gak ada gigi 2 dan L, tapi bisa triptonic. itu juga jarang saya pakai mode manualnya.