Page 2 of 12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Posted: Fri Apr 18, 2025 12:28
by sahabatq8
Opeakkk wrote: Fri Apr 18, 2025 10:53
DOHC wrote: Fri Apr 18, 2025 7:49
Suryaputra wrote: Fri Apr 18, 2025 5:01

Emg gtu mbah
Ya makanya oli mesin dirancang titik nyala apinya bs sampai >200C

Klo gak pk coolant, ya spt bbrp motor pendingin udara - air cooled, tanpa coolant, blok mesin buat dialirin udara, olinya lbh kentel dgn titik nyala lbh tinggi. :upss:
biar gmanapun, tetep suhu olmes mustinya ga bole sbegitu tinggi, kcuali lg dipake rpm tinggi konstan, kaya misal lg lari di tol, sirkuit dsb

tp kl rpm konstan cruisin di 80kph, sejauh yg kita orang tau ga bakal tralu beda jauh ama coolant, dan suhu coolant itu ga bole lebi tinggi dari 120an drajat .. perbezaan suhu olmes dan coolant pun jg by default ga bole tralu beda jauh, kcuali dapet oli ampas, atau oli mikrolet, yah itu laen crita dah

pengecualian oli girbok manual dan atf, ini emg biasanya mo pemakaian normal pun suhu kerja nya bsa d atas suhu coolant
Kalau segini di L10 normal ga mbah? jalan sekitar 2 jam, kondisi mendung, dalkot ga macet
Suhu coolant mah kalo pemakaian normal and mobil kondisi normal segitu segitu aja. Mau pake coolant atau air juga seharusnya dia ngikut thermostatnya.

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Posted: Fri Apr 18, 2025 13:57
by DOHC
Opeakkk wrote: Fri Apr 18, 2025 10:53
DOHC wrote: Fri Apr 18, 2025 7:49
Suryaputra wrote: Fri Apr 18, 2025 5:01

Emg gtu mbah
Ya makanya oli mesin dirancang titik nyala apinya bs sampai >200C

Klo gak pk coolant, ya spt bbrp motor pendingin udara - air cooled, tanpa coolant, blok mesin buat dialirin udara, olinya lbh kentel dgn titik nyala lbh tinggi. :upss:
biar gmanapun, tetep suhu olmes mustinya ga bole sbegitu tinggi, kcuali lg dipake rpm tinggi konstan, kaya misal lg lari di tol, sirkuit dsb

tp kl rpm konstan cruisin di 80kph, sejauh yg kita orang tau ga bakal tralu beda jauh ama coolant, dan suhu coolant itu ga bole lebi tinggi dari 120an drajat .. perbezaan suhu olmes dan coolant pun jg by default ga bole tralu beda jauh, kcuali dapet oli ampas, atau oli mikrolet, yah itu laen crita dah

pengecualian oli girbok manual dan atf, ini emg biasanya mo pemakaian normal pun suhu kerja nya bsa d atas suhu coolant
Kalau segini di L10 normal ga mbah? jalan sekitar 2 jam, kondisi mendung, dalkot ga macet
itu L10 nya diisi pake aer kembang dari gunung apa ?? adem amet

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Posted: Fri Apr 18, 2025 14:43
by marmut
DOHC wrote: Fri Apr 18, 2025 13:57

itu L10 nya diisi pake aer kembang dari gunung apa ?? adem amet


pasang thermo king di depan radiator

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Posted: Fri Apr 18, 2025 23:03
by DOHC
marmut wrote: Fri Apr 18, 2025 14:43
DOHC wrote: Fri Apr 18, 2025 13:57

itu L10 nya diisi pake aer kembang dari gunung apa ?? adem amet


pasang thermo king di depan radiator
kirain pake aer dari gunung kawi :upss: :upss:

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Posted: Fri Apr 18, 2025 23:28
by Suryaputra
Kap mesinnya dilepas

Jd air intake tempnya jg adem :ngacir:

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Posted: Sat Apr 19, 2025 6:37
by severmaya
DOHC wrote: Fri Apr 18, 2025 7:49
Suryaputra wrote: Fri Apr 18, 2025 5:01
ilhami wrote: Fri Apr 18, 2025 4:27 kok bisa suhu oli sangat tinggi, padahal dinding blok mesin dialiri coolant
Emg gtu mbah
Ya makanya oli mesin dirancang titik nyala apinya bs sampai >200C

Klo gak pk coolant, ya spt bbrp motor pendingin udara - air cooled, tanpa coolant, blok mesin buat dialirin udara, olinya lbh kentel dgn titik nyala lbh tinggi. :upss:
biar gmanapun, tetep suhu olmes mustinya ga bole sbegitu tinggi, kcuali lg dipake rpm tinggi konstan, kaya misal lg lari di tol, sirkuit dsb

tp kl rpm konstan cruisin di 80kph, sejauh yg kita orang tau ga bakal tralu beda jauh ama coolant, dan suhu coolant itu ga bole lebi tinggi dari 120an drajat .. perbezaan suhu olmes dan coolant pun jg by default ga bole tralu beda jauh, kcuali dapet oli ampas, atau oli mikrolet, yah itu laen crita dah

pengecualian oli girbok manual dan atf, ini emg biasanya mo pemakaian normal pun suhu kerja nya bsa d atas suhu coolant
Nah kemarin qr25 dipakai trans Jawa kecepatan konstan di 120-140, suhu coolant di obd sekitar 85.. Nempuh jarak sekitar 500 km ya sekitar segitu aja. Tapi begitu jalan merayap sekitar 40 km/jam dalam kota yang cuaca lagi panas itu obd sampai ke 99, turun lagi sih emang ke 95 an. Begini apa normal? Kalau lihat di dashboard sih aman kurang dari setengah temperaturnya.

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Posted: Sat Apr 19, 2025 6:40
by Suryaputra
severmaya wrote: Sat Apr 19, 2025 6:37
DOHC wrote: Fri Apr 18, 2025 7:49
Suryaputra wrote: Fri Apr 18, 2025 5:01

Emg gtu mbah
Ya makanya oli mesin dirancang titik nyala apinya bs sampai >200C

Klo gak pk coolant, ya spt bbrp motor pendingin udara - air cooled, tanpa coolant, blok mesin buat dialirin udara, olinya lbh kentel dgn titik nyala lbh tinggi. :upss:
biar gmanapun, tetep suhu olmes mustinya ga bole sbegitu tinggi, kcuali lg dipake rpm tinggi konstan, kaya misal lg lari di tol, sirkuit dsb

tp kl rpm konstan cruisin di 80kph, sejauh yg kita orang tau ga bakal tralu beda jauh ama coolant, dan suhu coolant itu ga bole lebi tinggi dari 120an drajat .. perbezaan suhu olmes dan coolant pun jg by default ga bole tralu beda jauh, kcuali dapet oli ampas, atau oli mikrolet, yah itu laen crita dah

pengecualian oli girbok manual dan atf, ini emg biasanya mo pemakaian normal pun suhu kerja nya bsa d atas suhu coolant
Nah kemarin qr25 dipakai trans Jawa kecepatan konstan di 120-140, suhu coolant di obd sekitar 85.. Nempuh jarak sekitar 500 km ya sekitar segitu aja. Tapi begitu jalan merayap sekitar 40 km/jam dalam kota yang cuaca lagi panas itu obd sampai ke 99, turun lagi sih emang ke 95 an. Begini apa normal? Kalau lihat di dashboard sih aman kurang dari setengah temperaturnya.
normal
mirip2 honda 1500 cc

klo di tol jalan konstan, sirkulasi udara muter,
suhu ATF jg lbh rendah itu.

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Posted: Sat Apr 19, 2025 6:44
by sahabatq8
severmaya wrote: Sat Apr 19, 2025 6:37
DOHC wrote: Fri Apr 18, 2025 7:49
Suryaputra wrote: Fri Apr 18, 2025 5:01

Emg gtu mbah
Ya makanya oli mesin dirancang titik nyala apinya bs sampai >200C

Klo gak pk coolant, ya spt bbrp motor pendingin udara - air cooled, tanpa coolant, blok mesin buat dialirin udara, olinya lbh kentel dgn titik nyala lbh tinggi. :upss:
biar gmanapun, tetep suhu olmes mustinya ga bole sbegitu tinggi, kcuali lg dipake rpm tinggi konstan, kaya misal lg lari di tol, sirkuit dsb

tp kl rpm konstan cruisin di 80kph, sejauh yg kita orang tau ga bakal tralu beda jauh ama coolant, dan suhu coolant itu ga bole lebi tinggi dari 120an drajat .. perbezaan suhu olmes dan coolant pun jg by default ga bole tralu beda jauh, kcuali dapet oli ampas, atau oli mikrolet, yah itu laen crita dah

pengecualian oli girbok manual dan atf, ini emg biasanya mo pemakaian normal pun suhu kerja nya bsa d atas suhu coolant
Nah kemarin qr25 dipakai trans Jawa kecepatan konstan di 120-140, suhu coolant di obd sekitar 85.. Nempuh jarak sekitar 500 km ya sekitar segitu aja. Tapi begitu jalan merayap sekitar 40 km/jam dalam kota yang cuaca lagi panas itu obd sampai ke 99, turun lagi sih emang ke 95 an. Begini apa normal? Kalau lihat di dashboard sih aman kurang dari setengah temperaturnya.
Normal , t32 saya jg segituan. Suhu luar 42c bisa nyampe 95 c

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Posted: Sat Apr 19, 2025 13:01
by mkamil
kalau di push max 121C untuk oil temp, kalau cruising santai dapat 98-100C, eneos x 0w20 gratisan. memang perlu obd display euy buat baca cvt dan coolant temp secara pasti :big_think:
IMG_5719.jpeg

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Posted: Sat Apr 19, 2025 13:14
by Suryaputra
mkamil wrote: Sat Apr 19, 2025 13:01 kalau di push max 121C untuk oil temp, kalau cruising santai dapat 98-100C, eneos x 0w20 gratisan. memang perlu obd display euy buat baca cvt dan coolant temp secara pasti :big_think:

IMG_5719.jpeg
Normal itu, masih di bawah indikator merah juga

Mobil apa ini mbah?
Menarik ada engine oil temp nya.
Jarang2 soalnya :big_biglaugh:

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Posted: Sat Apr 19, 2025 13:56
by mkamil
Suryaputra wrote: Sat Apr 19, 2025 13:14
mkamil wrote: Sat Apr 19, 2025 13:01 kalau di push max 121C untuk oil temp, kalau cruising santai dapat 98-100C, eneos x 0w20 gratisan. memang perlu obd display euy buat baca cvt dan coolant temp secara pasti :big_think:

IMG_5719.jpeg
Normal itu, masih di bawah indikator merah juga

Mobil apa ini mbah?
Menarik ada engine oil temp nya.
Jarang2 soalnya :big_biglaugh:
outback kang

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Posted: Sat Apr 19, 2025 14:46
by JusMusiq
Ijin tanya mbah..

Rush 2018 dibuat mudik. Berkendara berjam berjam. Ketika mesin nyala dan panas, saya buka kap mobil kok mesin ada bunyi lirih klek klek klek ya mbah?

Besok paginya sy coba di mesin dingin. Gak ada sama sekali bunyi klek klek klek.

Kira2 normal kah mbah?

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Posted: Sat Apr 19, 2025 14:57
by t105erd
JusMusiq wrote: Sat Apr 19, 2025 14:46 Ijin tanya mbah..

Rush 2018 dibuat mudik. Berkendara berjam berjam. Ketika mesin nyala dan panas, saya buka kap mobil kok mesin ada bunyi lirih klek klek klek ya mbah?

Besok paginya sy coba di mesin dingin. Gak ada sama sekali bunyi klek klek klek.

Kira2 normal kah mbah?
sebelah mana? kalo di mesin 1NZ bunyi nya "tik tik tik" dari vacum valve yg dari saluran bensin ke intake yg ngebuka kalo mesin udah panas, kalo baru nyala emang ga bunyi. Ga tau deh di mesin NR gitu juga ga.

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Posted: Sun Apr 20, 2025 3:39
by DOHC
t105erd wrote: Sat Apr 19, 2025 14:57
JusMusiq wrote: Sat Apr 19, 2025 14:46 Ijin tanya mbah..

Rush 2018 dibuat mudik. Berkendara berjam berjam. Ketika mesin nyala dan panas, saya buka kap mobil kok mesin ada bunyi lirih klek klek klek ya mbah?

Besok paginya sy coba di mesin dingin. Gak ada sama sekali bunyi klek klek klek.

Kira2 normal kah mbah?
sebelah mana? kalo di mesin 1NZ bunyi nya "tik tik tik" dari vacum valve yg dari saluran bensin ke intake yg ngebuka kalo mesin udah panas, kalo baru nyala emang ga bunyi. Ga tau deh di mesin NR gitu juga ga.
mbah

kl 1NZ ud panas suka bunyi dari arah rante keteng, knapa tu mbah

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Posted: Sun Apr 20, 2025 6:39
by Suryaputra
mkamil wrote: Sat Apr 19, 2025 13:56
Suryaputra wrote: Sat Apr 19, 2025 13:14
mkamil wrote: Sat Apr 19, 2025 13:01 kalau di push max 121C untuk oil temp, kalau cruising santai dapat 98-100C, eneos x 0w20 gratisan. memang perlu obd display euy buat baca cvt dan coolant temp secara pasti :big_think:

IMG_5719.jpeg
Normal itu, masih di bawah indikator merah juga

Mobil apa ini mbah?
Menarik ada engine oil temp nya.
Jarang2 soalnya :big_biglaugh:
outback kang
Ganteng
Best AWD monokok in class :big_exellent:

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Posted: Sun Apr 20, 2025 8:49
by t105erd
DOHC wrote: Sun Apr 20, 2025 3:39
t105erd wrote: Sat Apr 19, 2025 14:57
JusMusiq wrote: Sat Apr 19, 2025 14:46 Ijin tanya mbah..

Rush 2018 dibuat mudik. Berkendara berjam berjam. Ketika mesin nyala dan panas, saya buka kap mobil kok mesin ada bunyi lirih klek klek klek ya mbah?

Besok paginya sy coba di mesin dingin. Gak ada sama sekali bunyi klek klek klek.

Kira2 normal kah mbah?
sebelah mana? kalo di mesin 1NZ bunyi nya "tik tik tik" dari vacum valve yg dari saluran bensin ke intake yg ngebuka kalo mesin udah panas, kalo baru nyala emang ga bunyi. Ga tau deh di mesin NR gitu juga ga.
mbah

kl 1NZ ud panas suka bunyi dari arah rante keteng, knapa tu mbah
waduh belum pernah ngalamin, mudah2an bukan tensioner timing chain nya, sama apatuh namanya yg kaya sabit yg di sebrangnya.

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Posted: Sun Apr 20, 2025 9:14
by kayukayuthe5th
mkamil wrote: Sat Apr 19, 2025 13:01 kalau di push max 121C untuk oil temp, kalau cruising santai dapat 98-100C, eneos x 0w20 gratisan. memang perlu obd display euy buat baca cvt dan coolant temp secara pasti :big_think:
IMG_5719.jpeg
Suryaputra wrote: Sat Apr 19, 2025 13:14
mkamil wrote: Sat Apr 19, 2025 13:01 kalau di push max 121C untuk oil temp, kalau cruising santai dapat 98-100C, eneos x 0w20 gratisan. memang perlu obd display euy buat baca cvt dan coolant temp secara pasti :big_think:

IMG_5719.jpeg
Normal itu, masih di bawah indikator merah juga

Mobil apa ini mbah?
Menarik ada engine oil temp nya.
Jarang2 soalnya :big_biglaugh:
wiw subaru gratisannya eneos x boleh juga :big_okay:

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Posted: Sun Apr 20, 2025 15:11
by draxx13
Opeakkk wrote: Fri Apr 18, 2025 10:53
DOHC wrote: Fri Apr 18, 2025 7:49
Suryaputra wrote: Fri Apr 18, 2025 5:01

Emg gtu mbah
Ya makanya oli mesin dirancang titik nyala apinya bs sampai >200C

Klo gak pk coolant, ya spt bbrp motor pendingin udara - air cooled, tanpa coolant, blok mesin buat dialirin udara, olinya lbh kentel dgn titik nyala lbh tinggi. :upss:
biar gmanapun, tetep suhu olmes mustinya ga bole sbegitu tinggi, kcuali lg dipake rpm tinggi konstan, kaya misal lg lari di tol, sirkuit dsb

tp kl rpm konstan cruisin di 80kph, sejauh yg kita orang tau ga bakal tralu beda jauh ama coolant, dan suhu coolant itu ga bole lebi tinggi dari 120an drajat .. perbezaan suhu olmes dan coolant pun jg by default ga bole tralu beda jauh, kcuali dapet oli ampas, atau oli mikrolet, yah itu laen crita dah

pengecualian oli girbok manual dan atf, ini emg biasanya mo pemakaian normal pun suhu kerja nya bsa d atas suhu coolant
Kalau segini di L10 normal ga mbah? jalan sekitar 2 jam, kondisi mendung, dalkot ga macet
l10 saya jg segitu mbah kalo pas jalan konstan ga macet

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Posted: Mon Apr 21, 2025 4:09
by Muhalafta
selamat siang mbah, mohon maaf kalau sudah pernah di tanyakan
untuk penggunaan aditif merk psdk apakah rekomen ya?
kebetulan gerobak pakai anki 2019, odo 250rb, oli pakai ptt 5w30
semisal memang perlu rencana mau mulai rutin memakai
matursuwun mbah

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Posted: Mon Apr 21, 2025 14:10
by ivancandinegara
Malam om, sori kalo uda sering dibahas sebelumnya. Baru ambil Harrier XU30, 2AZ-FE, tahun 2008, odo 111k. Dari kitiran oli keliatan 2019 terakhir pake 5w30 di odo 83k, selanjutnya sampe odo 108k cuma ditulis TMO aja. Pertanyaan saya:

1. Terakhir ganti olmes dan filter di odo 108k Desember 2024. Apakah perlu ganti skrg ato nunggu sampe odo 113k aja?
2. Ganti berikutnya sebaiknya 5w30 ato coba 0w20? Dua2 masuk di list opsi buku manual.
3. Gimana caranya utk cek ato preventif oli nguap?

Sekalian tanya utk oli matic, terakhir ganti pake TMO T-IV di odo 101k Maret 2024. Saya rencana tunggu sampe odo 120k baru ganti oli maticnya.

1. Apa aja yg sebaiknya dikerjain yah? Ganti gasket?
2. TMO vs Aisin lbh bagus mana?

Thank you, om2

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Posted: Mon Apr 21, 2025 14:17
by saturday
Screenshot_2025-04-21-20-01-45-098_com.google.android.apps.docs-edit.jpg
Screenshot_2025-04-21-20-02-08-174_com.google.android.apps.docs-edit.jpg
UOA United Eco Zen 0W30 API SP
Unit: Civic FD2 2011
Pemakaian: 7300 km
Interval: 27 Oktober 2024 - 19 April 2025
Rute: 35% dalkot, 65% toll
BBM: BP 95/Shell 95 + ROX

UOA kali ini spek mesin sudah naik kompresi dari 9.8 ke 10.2 dan 3 angle valve job.

Silicone content mungkin bisa diabaikan dulu. Terakhir kali UOA baru lakukan perbaikan bocor timing chain cover, cover klep, dan VTC. Kemungkinan silicone content dari silicone sealant yang digunakan.

Sedangkan UOA kali ini, saya gunakan cylinder head copotan kosong untuk dibubut. Sehingga ada kemungkinan juga silicone sealant digunakan ketika perakitan ulang komponen.

Fuel dilution pada UOA kali ini mungkin lebih banyak. Mobil saya sempat dua kasus trouble yang mengakibatkan AFR banjir ke 11-12 sampai tidak bisa idle. Yang terjadi adalah:

1. Setelah ganti header, EGR mampet. Menyebabkan AFR banjir ke area 11-12. Mobil maunya lari terus dan tidak bisa idle lebih dari beberapa detik. Menurut mekanik bengkel resmi Honda, kasus ini sudah beberapa kali ia tangani ketika penggantian header/downpipe di Mobilio dan Brio.

2. Bobok sirip box filter udara. Rupanya sirip yang ada pada box filter udara itu punya fungsi memperlambat dan menghaluskan aliran udara sehingga udara yang masuk me Mass Air Flow sensor stabil dan laminar.

Karena sekat dibobok, MAF sensor tidak bisa membaca udara secara akurat karena udara yang masuk ke MAF sensor terlalu turbulen. MAF sensor membaca udara terlalu banyak padahal tidak demikian, lalu karena udara seakan banyak, ECU perintahkan semprot bensin sesuai udara yang seakan masuk. AFR ngaco ke area 11-13 dan tidak bisa idle.

Next UOA: United Eco Zen sekali lagi. Tapi dengan kondisi AFR lebih rich (mau di tune ulang kondisi close loop).

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Posted: Mon Apr 21, 2025 14:47
by Profith83
Lagi bahas temperature oli ....

Mobil HRV saya 1 thn cuma jalan 3rb KM.
Oli yang saya pakai sebelum dan sesudah ganti oli adalah : PTT Performa Syntec Plus SAE 5W-30 API SP
Waktu saya belum ganti oli, masukin mobil ke garasi mundur/atret, terdengar suara fan nya otomatis nyala kencang banget.

Setelah saya ganti oli, hampir gak pernah bunyi. Bunyi fan pun kecil sekali.

Oli lama di Mobil terdegrasi dan cepat panas

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Posted: Mon Apr 21, 2025 14:51
by sahabatq8
Profith83 wrote: Mon Apr 21, 2025 14:47 Lagi bahas temperature oli ....

Mobil HRV saya 1 thn cuma jalan 3rb KM.
Oli yang saya pakai sebelum dan sesudah ganti oli adalah : PTT Performa Syntec Plus SAE 5W-30 API SP
Waktu saya belum ganti oli, masukin mobil ke garasi mundur/atret, terdengar suara fan nya otomatis nyala kencang banget.

Setelah saya ganti oli, hampir gak pernah bunyi. Bunyi fan pun kecil sekali.

Oli lama di Mobil terdegrasi dan cepat panas
Kalo di tes lab mungkin bisa tau penyebabnya. Tapi brati degradasinya lumayan signifikan ya sampe cepat panas gitu.

Kalo mobil jalannya dikit, suka short trip juga mempengaruhi umur oli.

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Posted: Mon Apr 21, 2025 15:09
by Profith83
sahabatq8 wrote: Mon Apr 21, 2025 14:51
Profith83 wrote: Mon Apr 21, 2025 14:47 Lagi bahas temperature oli ....

Mobil HRV saya 1 thn cuma jalan 3rb KM.
Oli yang saya pakai sebelum dan sesudah ganti oli adalah : PTT Performa Syntec Plus SAE 5W-30 API SP
Waktu saya belum ganti oli, masukin mobil ke garasi mundur/atret, terdengar suara fan nya otomatis nyala kencang banget.

Setelah saya ganti oli, hampir gak pernah bunyi. Bunyi fan pun kecil sekali.

Oli lama di Mobil terdegrasi dan cepat panas
Kalo di tes lab mungkin bisa tau penyebabnya. Tapi brati degradasinya lumayan signifikan ya sampe cepat panas gitu.

Kalo mobil jalannya dikit, suka short trip juga mempengaruhi umur oli.
Sebenarnya waktu mundur masukin mobil yang nyala fan nya ... itu cuma nyala 2 sd 4 detik. Gak nyala terus terusan.
Normal sih, mundur mesti pelan pelan karena garasi kecil. Kira dan kanan mepet. Muka dan belakang juga mepat.

Cuma habis ganti oli fan nya juga nyala tapi pelan.
Masih normal kok.
Cuma cukup surprise kalau olinya baru suara fan nya cuma kecil.

Alias biarpun pakai 1 thn masih OK, cuma yah itu fan sempat nyala kenceng saja, itupun cuma 2 sd 4 detik saja
Sering kan kita dengar fan mobil lain nyala kencang juga bahkan lama gak henti2x

Tapi barunya betul betul bagus, gak ada suara fan kencang sama sekali.
Puas pakai oli 1 thn lebih 1 atau 2 bulan.

Kalau mau yang harga 180rb an wah itu oli bagus banget, licin banget

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Posted: Mon Apr 21, 2025 23:49
by kayukayuthe5th
saturday wrote: Mon Apr 21, 2025 14:17 Screenshot_2025-04-21-20-01-45-098_com.google.android.apps.docs-edit.jpgScreenshot_2025-04-21-20-02-08-174_com.google.android.apps.docs-edit.jpg

UOA United Eco Zen 0W30 API SP
Unit: Civic FD2 2011
Pemakaian: 7300 km
Interval: 27 Oktober 2024 - 19 April 2025
Rute: 35% dalkot, 65% toll
BBM: BP 95/Shell 95 + ROX

UOA kali ini spek mesin sudah naik kompresi dari 9.8 ke 10.2 dan 3 angle valve job.

Silicone content mungkin bisa diabaikan dulu. Terakhir kali UOA baru lakukan perbaikan bocor timing chain cover, cover klep, dan VTC. Kemungkinan silicone content dari silicone sealant yang digunakan.

Sedangkan UOA kali ini, saya gunakan cylinder head copotan kosong untuk dibubut. Sehingga ada kemungkinan juga silicone sealant digunakan ketika perakitan ulang komponen.

Fuel dilution pada UOA kali ini mungkin lebih banyak. Mobil saya sempat dua kasus trouble yang mengakibatkan AFR banjir ke 11-12 sampai tidak bisa idle. Yang terjadi adalah:

1. Setelah ganti header, EGR mampet. Menyebabkan AFR banjir ke area 11-12. Mobil maunya lari terus dan tidak bisa idle lebih dari beberapa detik. Menurut mekanik bengkel resmi Honda, kasus ini sudah beberapa kali ia tangani ketika penggantian header/downpipe di Mobilio dan Brio.

2. Bobok sirip box filter udara. Rupanya sirip yang ada pada box filter udara itu punya fungsi memperlambat dan menghaluskan aliran udara sehingga udara yang masuk me Mass Air Flow sensor stabil dan laminar.

Karena sekat dibobok, MAF sensor tidak bisa membaca udara secara akurat karena udara yang masuk ke MAF sensor terlalu turbulen. MAF sensor membaca udara terlalu banyak padahal tidak demikian, lalu karena udara seakan banyak, ECU perintahkan semprot bensin sesuai udara yang seakan masuk. AFR ngaco ke area 11-13 dan tidak bisa idle.

Next UOA: United Eco Zen sekali lagi. Tapi dengan kondisi AFR lebih rich (mau di tune ulang kondisi close loop).
wow nice UOA.
hmmm ca cukup tinggi.
TBN udah level 3.0