apa usia komponen AC mobil juga semakin pendek ?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
daimler
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 463
Joined: Wed Aug 24, 2022 8:40
Location: Semarang
Daily Vehicle: DE 2011

Re: apa usia komponen AC mobil juga semakin pendek ?

Post by daimler »

b0ku wrote: Thu Jan 25, 2024 4:12 -cut-

tergantung om kalo kenanya magnet terus di cepuin bengkel resmi si kena satu gelondong padahal gak bisa di bilang kompresornya jelek magnet tuh bisa karena kita nerabas genangan konslet akhirnya rusak kek freed saya dulu 5x ganti ada kali wong tiap liat genangan malah saya samperin gara2x bannya buang aernya bagus saya jd seneng nabrakin aer bikin splash kek naek speedboat :mky_07:

setelah tau kek gitu saya tiap nerabas genangan ac saya matiin biar gak ada arus listrik di magnetnya, jadi awet semua tuh magnetnya malah ge8 ud 90rb 10thn gak jebol2x padahal ud berapa kali saya nerobos banjir lumayan dalem pake ge8 :mky_03:
jd SR di trit ini dapet ilmu baru, thx mbah infonya :big_deal: ternyata buat antisipasi kompresor ac biar ga mati prematur pas lewat genagan air acnya dimatiin. selama ini sering lewat genangan gara2 musim hujan sering banjir ga pernah kepikiran buat matiin ac. paling cm crawling aja buat ngurangi splashnya :mky_01:
Planned Obsolescence is inevitable luxury cars≠more reliable
r1409
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 669
Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT

Re: apa usia komponen AC mobil juga semakin pendek ?

Post by r1409 »

sekitar 2 bulan lalu kalo ga salah kompresor AC ertiga diesel sy jebol, sy udah share di thread lain.

jebolnya unik, pecah di bodi kompresor. dan kalau diliat kontur pecahannya, ini pecah karena tekanan dari dalam. mekaniknya heran, udah 20 taun tdk pernah liat yg seperti itu.

mobil NIK 2017, sy beli seken taun 2022 di km 38rb. soal perawatan AC tdk jelas, sepertinya ngikut BeRes krn masih km segitu, dan cuma pernah ada histori klaim garansi replace evap belakang.

selama sy pake hingga 2 bulan lalu dan km 83rb, tdk pernah sy servis bongkar AC, krn dinginnya masih normal. perawatan hanya ganti filter kabin dan cuci AC di BeRes suzuki, yg pake metode tanpa bongkar, cuma disemprot pake selang yg dipantau dgn kamera endoscopic. hasil cek AC di BeRes jg selalu normal sampe terakhir waktu servis besar 80rb km.

lalu tiba-tiba terjadilah pecah kompresor. sy belikan yg baru, waktu bongpas mekaniknya cek kondisi part lain, evap ternyata udah keropos krn sisa cairan kimia yg digunakan wkt cuci tdk terbilas bersih. bagian keroposnya ada di sisa cairan yg mengering dan meninggalkan bercak putih. daripada bocor dan freon keluar ke kabin, sy belikan baru merk coolgear beserta expansion valve nya. lalu cek kondensor sudah terisi grum, kondisi dryer kering, tdk ada basah oli sama sekali. sudah dicoba semprot angin utk mendorong grum keluar, dryer udah diganti, waktu dipasang ternyata kabin masih tdk dingin padahal pipa AC sudah dingin banget. waktu dicoba kondensor disemprot air, suhu kabin langsung turun, ini pertanda kondensor tdk bisa melepas panas dgn baik. akhirnya bongkar lagi dan ganti kondensor baru merk denso, sekaligus pasang extra fan.

akhirnya suhu dingin kembali.

pdhl dulu pegang panther seken dan sy bawa dari km 140rb sampe km 230rb tdk pernah ada kerusakan apapun di AC, paling cuma sekali aja bongkar utk cuci dan sekalian ganti dryer.