Mohon Advise Fitur sensing aman atau bahaya
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 47
- Joined: Wed Jan 27, 2016 18:17
Re: Mohon Advise Fitur sensing aman atau bahaya
Fitur honda sensing atau toyota safety sense yang saya bakal non aktifkan:
COLLISION MITIGATION BRAKE SYSTEM (Honda) / Pre-Collision System (Toyota)
Resiko ditabrak dari belakang karena mobil rem mendadak.
COLLISION MITIGATION BRAKE SYSTEM (Honda) / Pre-Collision System (Toyota)
Resiko ditabrak dari belakang karena mobil rem mendadak.
-
- SM Specialist
- Posts: 16665
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Mohon Advise Fitur sensing aman atau bahaya
Pdhl di provinsi yang orangnya ngomong alus. Ngomong unggah ungguh alus, di jalan kek orang barbarbrzkr wrote: Wed Aug 09, 2023 8:30
wah berarti w kurang jauh mainnya ya om, soalnya di kota asal w lebih tertib dibanding Jabodetabek.
Gile motong dan nyebrang begitu, rasanya sebagian driver/rider yg ngaco cuma mengandalkan nasib aja sehari-hari, ga ada skill+mitigasi![]()

80% orang nyetir boro boro ada sim tembak om

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 822
- Joined: Fri Oct 24, 2008 4:19
Re: Mohon Advise Fitur sensing aman atau bahaya
Terlepas dari carut marut lalin jkt, tentunya yg plg bikin kecewa adalah ke institusi plokis. Gmn ngk kecewa, udah jelas2 itu motor2 (mau ojol kek mau pribadi kek) kelakuannya udah jelas2 melanggar lalin, tanpa helm, lawan arus, sradak sruduk, tp kagak ada yg mau nangkep, mestinya kan yg kyk gitu dipukat harimau aja sekalian dan simnya di cabut kalo emang ngk layak punya sim, kalo yg ngk ada sim, motornya tahan 1 taon kek di polda. Biar ada efek jeranya.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 66
- Joined: Mon May 17, 2021 7:59
- Location: Surabaya
- Daily Vehicle: GE8 RS AT - All New HRV SE
Re: Mohon Advise Fitur sensing aman atau bahaya
parkiran polda ga cukup omAsfur wrote: Thu Aug 10, 2023 2:12 Terlepas dari carut marut lalin jkt, tentunya yg plg bikin kecewa adalah ke institusi plokis. Gmn ngk kecewa, udah jelas2 itu motor2 (mau ojol kek mau pribadi kek) kelakuannya udah jelas2 melanggar lalin, tanpa helm, lawan arus, sradak sruduk, tp kagak ada yg mau nangkep, mestinya kan yg kyk gitu dipukat harimau aja sekalian dan simnya di cabut kalo emang ngk layak punya sim, kalo yg ngk ada sim, motornya tahan 1 taon kek di polda. Biar ada efek jeranya.

Dari data BPS ada 120juta motor, jumlah SIM C yang diterbitkan baru 9 juta.
-
- SM Specialist
- Posts: 16665
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Mohon Advise Fitur sensing aman atau bahaya
susah om ada ribuan mungkin skrg jutaan motor di jakarta mang mau ditilang semua yg cape plokisnya omAsfur wrote: Thu Aug 10, 2023 2:12 Terlepas dari carut marut lalin jkt, tentunya yg plg bikin kecewa adalah ke institusi plokis. Gmn ngk kecewa, udah jelas2 itu motor2 (mau ojol kek mau pribadi kek) kelakuannya udah jelas2 melanggar lalin, tanpa helm, lawan arus, sradak sruduk, tp kagak ada yg mau nangkep, mestinya kan yg kyk gitu dipukat harimau aja sekalian dan simnya di cabut kalo emang ngk layak punya sim, kalo yg ngk ada sim, motornya tahan 1 taon kek di polda. Biar ada efek jeranya.


ane aja pernah sekali ambil tilang manual kaget jg tiap hari jumlah pelanggar segini itu aja ud banyak kelolosan kan berarti aslinya jauh lebih banyak

ya aturan bener kok DP motor tuh dipersulit eh skrg yang dipersulit malah orang mau beli cash kan ngelawak. DPnya makin rendah ya makin buanyak yang mampu beli.

tp serba susah, krn kalo tinggal di pinggiran jakarta jg public transportnya nggak proper pdhl targetnya punya public transport kan commuter yg tiap hari motoran ini. ditambah ud overpopulated sih jakarta ini mau nambah public transport kek manapun gak bakal cukup

ud dari DP motor murah, skrg DP mobil murah, ada ojol/taksol, dulu ane udah mikir makin carut-marut jalanan. skrg bener kan carut-marut beneran. lah gimana orang baru belajar nyetir motor / mobil seminggu udah bisa narik ojol/taksol asal punya SIM.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 262
- Joined: Wed Mar 30, 2022 12:00
- Location: Jakarta
Re: Mohon Advise Fitur sensing aman atau bahaya
bener om, mnurut saya masalahnya terlalu kompleks. gabungan dri tata kota yg ngaco; transportasi publik yg gk merata; watak manusianya sndiri yg "sak karep e dewe", "ada duit ada kuasa"; dll. mngkin emg kudu di "hard reset" ke setelan pabrik klo mau benerin semuanya ahahahaChZ wrote: Thu Aug 10, 2023 3:20susah om ada ribuan mungkin skrg jutaan motor di jakarta mang mau ditilang semua yg cape plokisnya omAsfur wrote: Thu Aug 10, 2023 2:12 Terlepas dari carut marut lalin jkt, tentunya yg plg bikin kecewa adalah ke institusi plokis. Gmn ngk kecewa, udah jelas2 itu motor2 (mau ojol kek mau pribadi kek) kelakuannya udah jelas2 melanggar lalin, tanpa helm, lawan arus, sradak sruduk, tp kagak ada yg mau nangkep, mestinya kan yg kyk gitu dipukat harimau aja sekalian dan simnya di cabut kalo emang ngk layak punya sim, kalo yg ngk ada sim, motornya tahan 1 taon kek di polda. Biar ada efek jeranya.STNKnya aja blom tentu masih hidup om
![]()
ane aja pernah sekali ambil tilang manual kaget jg tiap hari jumlah pelanggar segini itu aja ud banyak kelolosan kan berarti aslinya jauh lebih banyak![]()
ya aturan bener kok DP motor tuh dipersulit eh skrg yang dipersulit malah orang mau beli cash kan ngelawak. DPnya makin rendah ya makin buanyak yang mampu beli.bisnis jualan mobil/motor lama lama cuma bisnis bank dan ATPM belaka.
tp serba susah, krn kalo tinggal di pinggiran jakarta jg public transportnya nggak proper pdhl targetnya punya public transport kan commuter yg tiap hari motoran ini. ditambah ud overpopulated sih jakarta ini mau nambah public transport kek manapun gak bakal cukup
ud dari DP motor murah, skrg DP mobil murah, ada ojol/taksol, dulu ane udah mikir makin carut-marut jalanan. skrg bener kan carut-marut beneran. lah gimana orang baru belajar nyetir motor / mobil seminggu udah bisa narik ojol/taksol asal punya SIM.

4 wheels:
Toyota KUN40 [2013 - now]
Nissan ND1W [2019 - now]
2 wheels:
Yamaha V100 [1988 - now]
Toyota KUN40 [2013 - now]
Nissan ND1W [2019 - now]
2 wheels:
Yamaha V100 [1988 - now]
-
- SM Specialist
- Posts: 16665
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Mohon Advise Fitur sensing aman atau bahaya
overpopulatednya gila sih abis gimana om orang mo kaya mo miskin pada urbanisasi cari kerja ke jakarta, yang lulusan kampus beken pun ngelamarnya ke jakarta. gmn gak sesek tuh kotalexnic wrote: Thu Aug 10, 2023 3:47 bener om, mnurut saya masalahnya terlalu kompleks. gabungan dri tata kota yg ngaco; transportasi publik yg gk merata; watak manusianya sndiri yg "sak karep e dewe", "ada duit ada kuasa"; dll. mngkin emg kudu di "hard reset" ke setelan pabrik klo mau benerin semuanya ahahaha![]()

gampangnya transjawa aja ampe nyerah dibuat 1 arah tiap mudik dan jalannya jd lancar di kota. udah ada bayangan betapa overpopulatednya tuh jakarta.
kalo ud gini benernya gak salah loh pemerintah mau pindah IKN


pake mobil listrik pun gak bikin selesai masalah wong PLTU nya ngelilingin jakarta

Last edited by ChZ on Thu Aug 10, 2023 4:01, edited 1 time in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 397
- Joined: Wed Feb 01, 2017 3:23
Re: Mohon Advise Fitur sensing aman atau bahaya
Saya pribadi lebih memilih non-sensing.
Tapi demi mengikuti perkembangan jaman, sah2 aja mobil baru punya fitur sensing seperti itu tetapi sebaiknya harus bisa di non-aktifkan... jadi win-win solution aja, yg merasa mau pakai yah silahkan yang merasa terganggu juga bisa matikan.
Tapi demi mengikuti perkembangan jaman, sah2 aja mobil baru punya fitur sensing seperti itu tetapi sebaiknya harus bisa di non-aktifkan... jadi win-win solution aja, yg merasa mau pakai yah silahkan yang merasa terganggu juga bisa matikan.

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 262
- Joined: Wed Mar 30, 2022 12:00
- Location: Jakarta
Re: Mohon Advise Fitur sensing aman atau bahaya
pernah baca dmana gitu, awalnya orang2 belanda mendesain jakarta supaya kyk kota2 di eropa. mkanya dulu ada trem trus jalannya gk terlalu lebar. tapi entah kenapa tiba2 konsepnya diganti jdi ala US yg lebih car-oriented.ChZ wrote: Thu Aug 10, 2023 3:57 overpopulatednya gila sih abis gimana om orang mo kaya mo miskin pada urbanisasi cari kerja ke jakarta, yang lulusan kampus beken pun ngelamarnya ke jakarta. gmn gak sesek tuh kotapantesan sekarang AQI nya merah mulu.
gampangnya transjawa aja ampe nyerah dibuat 1 arah tiap mudik dan jalannya jd lancar di kota. udah ada bayangan betapa overpopulatednya tuh jakarta.
kalo ud gini benernya gak salah loh pemerintah mau pindah IKNnyerah keknya sama jakarta. butuh space yg lebih sehat buat kewarasan mental jadi bangun IKN ga di pulau jawa
![]()
pake mobil listrik pun gak bikin selesai masalah wong PLTU nya ngelilingin jakarta![]()
mobil listrik? yah, saya netral aja deh. anggap aja mobil listrik itu alternatif lain dri mobil ICE. toh mobil ICE sndiri kan ada yg bensin & ada jga yg diesel (bahkan ada yg hybrid jga kan). biar masyarakat aja yg menilai, toh klo misal ternyata gk sesuai kebutuhan psti gk laku.

klo soal sensing2 an, ini kan sifatnya sebagai pelengkap. jdi kita jga jgn terlalu tergantung sama sistemnya, karena gmana2 udh jdi kewajiban dri si pengemudi utk selalu konsentrasi penuh dlm mengendalikan kendaraannya.

4 wheels:
Toyota KUN40 [2013 - now]
Nissan ND1W [2019 - now]
2 wheels:
Yamaha V100 [1988 - now]
Toyota KUN40 [2013 - now]
Nissan ND1W [2019 - now]
2 wheels:
Yamaha V100 [1988 - now]
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 71
- Joined: Sun Jan 03, 2016 4:40
Re: Mohon Advise Fitur sensing aman atau bahaya
Terima kasih ya masukan nya, setelah membaca semua, saya putuh kan ambil yang non sensing, rasa nya terlalu beresiko ya menyerahkan nyawa ke sistim otonom yang cuma mengandalkan camera ![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
-
- SM Specialist
- Posts: 16665
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Mohon Advise Fitur sensing aman atau bahaya
Gak heran, mbah harto pan temen baek sama amriklexnic wrote: Thu Aug 10, 2023 4:21
pernah baca dmana gitu, awalnya orang2 belanda mendesain jakarta supaya kyk kota2 di eropa. mkanya dulu ada trem trus jalannya gk terlalu lebar. tapi entah kenapa tiba2 konsepnya diganti jdi ala US yg lebih car-oriented.
mobil listrik? yah, saya netral aja deh. anggap aja mobil listrik itu alternatif lain dri mobil ICE. toh mobil ICE sndiri kan ada yg bensin & ada jga yg diesel (bahkan ada yg hybrid jga kan). biar masyarakat aja yg menilai, toh klo misal ternyata gk sesuai kebutuhan psti gk laku.![]()
klo soal sensing2 an, ini kan sifatnya sebagai pelengkap. jdi kita jga jgn terlalu tergantung sama sistemnya, karena gmana2 udh jdi kewajiban dri si pengemudi utk selalu konsentrasi penuh dlm mengendalikan kendaraannya.![]()


Makanya yg digemborin kan masyarakat disuruh ganti listrik buat kendaliin polusi, lah PLTUnya aja keliling gitu

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2553
- Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
- Location: Jakarta
Re: Mohon Advise Fitur sensing aman atau bahaya
lajur trem ditimbunlexnic wrote: Thu Aug 10, 2023 4:21
pernah baca dmana gitu, awalnya orang2 belanda mendesain jakarta supaya kyk kota2 di eropa. mkanya dulu ada trem trus jalannya gk terlalu lebar. tapi entah kenapa tiba2 konsepnya diganti jdi ala US yg lebih car-oriented.
jalan dilebarin
abistu sempitin jalan lagi
bangun LRT layang
kesannya kyk pemikiran short term sahaja

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2553
- Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
- Location: Jakarta
Re: Mohon Advise Fitur sensing aman atau bahaya
yg lucunya eropaan biar jalan kecil" gitu mobil tetep laku umChZ wrote: Thu Aug 10, 2023 5:55
Gak heran, mbah harto pan temen baek sama amriktrs car-centric development bikin investasi asing jg liat prospeknya bagus buat otomotif jd jor joran khan ampe bikin kijang
![]()
Makanya yg digemborin kan masyarakat disuruh ganti listrik buat kendaliin polusi, lah PLTUnya aja keliling gitu![]()

disana yg ga laku malah motor

-
- SM Specialist
- Posts: 16665
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Mohon Advise Fitur sensing aman atau bahaya
ya laku om ke luar kotanya cross border tetep harus pake mobildarrelund wrote: Thu Aug 10, 2023 6:35 yg lucunya eropaan biar jalan kecil" gitu mobil tetep laku um![]()
disana yg ga laku malah motor![]()

makanya targetnya urban planning dan public transport kan sebenernya pengguna motor ini om. kesannya mobil lebih boros space tp motor jumlahnya berkali-kali lipet lebih banyak ya sama aja

di tokyo aslinya liat macetnya ya sama-sama aja kek jakarta tp gak ada motor jd lebih rapi. males jg kali commute pake mobil pribadi

ane pertama kali ngalamin lewat work hours di jakarta tempo ari, ngeri banget lah, liat motor berduselan kayak gitu

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3027
- Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
- Location: Indonesia
Re: Mohon Advise Fitur sensing aman atau bahaya
Car centric sih iyee chriss.. cuman yg bikin gedek tuh mobil2 yg di lepas ke pasar low quality smua kebanyakan. Skalinya beneran bagus harga overpriceChZ wrote: Thu Aug 10, 2023 5:55 Gak heran, mbah harto pan temen baek sama amriktrs car-centric development bikin investasi asing jg liat prospeknya bagus buat otomotif jd jor joran khan ampe bikin kijang
![]()
Makanya yg digemborin kan masyarakat disuruh ganti listrik buat kendaliin polusi, lah PLTUnya aja keliling gitu![]()

Bener tuh dulu om NR pernah bilang. Indo jadi raja the king of low compliance market. Jadi tiap ada mobil world premier dunia; pasti kelas low low bgitu. Contoh mobilio pas jaman dulu yg rame bener, trus expandirr, trus skarang HFC concept lah world premier

S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure

-
- SM Specialist
- Posts: 16665
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Mohon Advise Fitur sensing aman atau bahaya
ya dianggepnya kayak india mbah.KielConstantine wrote: Thu Aug 10, 2023 7:00 Car centric sih iyee chriss.. cuman yg bikin gedek tuh mobil2 yg di lepas ke pasar low quality smua kebanyakan. Skalinya beneran bagus harga overprice
Bener tuh dulu om NR pernah bilang. Indo jadi raja the king of low compliance market. Jadi tiap ada mobil world premier dunia; pasti kelas low low bgitu. Contoh mobilio pas jaman dulu yg rame bener, trus expandirr, trus skarang HFC concept lah world premier![]()
car centric tapi masih kere


bener deh, di indo tuh sebenernya gaji UMR cukup-cukup aja buat nabung beli motor cash sisanya buat makan dll.
kota-kota kecil jg banyak yg lebih didesain buat pake motor

Last edited by ChZ on Thu Aug 10, 2023 7:08, edited 1 time in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 767
- Joined: Tue Mar 08, 2022 7:25
- Location: Surabaya
- Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid
Re: Mohon Advise Fitur sensing aman atau bahaya
Ini yg harus dimatikan manual setiap kali start mobil soalnya begitu mesin mati reset on lagibungle wrote: Wed Aug 09, 2023 10:17 Fitur honda sensing atau toyota safety sense yang saya bakal non aktifkan:
COLLISION MITIGATION BRAKE SYSTEM (Honda) / Pre-Collision System (Toyota)
Resiko ditabrak dari belakang karena mobil rem mendadak.

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4384
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: Mohon Advise Fitur sensing aman atau bahaya
Karena Daya beli masih rendah, oomKielConstantine wrote: Thu Aug 10, 2023 7:00Car centric sih iyee chriss.. cuman yg bikin gedek tuh mobil2 yg di lepas ke pasar low quality smua kebanyakan. Skalinya beneran bagus harga overpriceChZ wrote: Thu Aug 10, 2023 5:55 Gak heran, mbah harto pan temen baek sama amriktrs car-centric development bikin investasi asing jg liat prospeknya bagus buat otomotif jd jor joran khan ampe bikin kijang
![]()
Makanya yg digemborin kan masyarakat disuruh ganti listrik buat kendaliin polusi, lah PLTUnya aja keliling gitu![]()
Bener tuh dulu om NR pernah bilang. Indo jadi raja the king of low compliance market. Jadi tiap ada mobil world premier dunia; pasti kelas low low bgitu. Contoh mobilio pas jaman dulu yg rame bener, trus expandirr, trus skarang HFC concept lah world premier![]()
diperberat lagi Pajak.
saya yakin kalau mobil dibuat pajak seperti di LN (jangan liat SG dan MY yaak), maka akan banyak mobil bagus under USD 30K di Indo.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 47
- Joined: Wed Jan 27, 2016 18:17
Re: Mohon Advise Fitur sensing aman atau bahaya
Yah bayangin aja pas lagi winter naik motor.darrelund wrote: Thu Aug 10, 2023 6:35 yg lucunya eropaan biar jalan kecil" gitu mobil tetep laku um![]()
disana yg ga laku malah motor![]()
Maknyus banget motoran kalau cuaca kaya gitu.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 262
- Joined: Wed Mar 30, 2022 12:00
- Location: Jakarta
Re: Mohon Advise Fitur sensing aman atau bahaya
klo gk bgtu, gk dianggap kerja om. lagian aneh, parameter utk ngeliat suatu pencapaian masa dri seberapa banyak anggaran yg terserap. klo gitu ya gmpng, bikin pake spek rendah aja biar proyeknya slalu ada tiap tahun ahahahadarrelund wrote: Thu Aug 10, 2023 6:33lajur trem ditimbunlexnic wrote: Thu Aug 10, 2023 4:21
pernah baca dmana gitu, awalnya orang2 belanda mendesain jakarta supaya kyk kota2 di eropa. mkanya dulu ada trem trus jalannya gk terlalu lebar. tapi entah kenapa tiba2 konsepnya diganti jdi ala US yg lebih car-oriented.
jalan dilebarin
abistu sempitin jalan lagi
bangun LRT layang
kesannya kyk pemikiran short term sahaja![]()

faktor daya beli rendah ini jga secara gk lngsung berefek ke hal2 lain kyk perawatan kendaraan maupun administrasi kendaraan tsb. lha pendapatan blm bener2 cukup tapi maksain nyicil (entah motor ato mobil), trus ambil tenor yg panjang biar cicilannya ringan. karena dananya mepet, akhirnya perawatan dilakukan ala kadarnya (BBM kualitas rendah, ganti oli gk teratur, servis jga ala kadarnya). kadang smpe pajaknya mati pun dibiarin asal mobil / motornya msh gelinding. sekuat2nya mesin, klo dirawat ala kadarnya terus2an psti jga jebol. nah klo udh jebol, bermunculanlah omongan miring yg katanya gk awet, rewelan, ringkih, dll. mkanya spek kendaraan yg beredar ya begitu2 aja, dripada susah2 bikin yg proper tapi kena omongan miring konsumen sini (pdhl yg salah ya si konsumen itu jga)ginting wrote: Thu Aug 10, 2023 8:19Karena Daya beli masih rendah, oomKielConstantine wrote: Thu Aug 10, 2023 7:00Car centric sih iyee chriss.. cuman yg bikin gedek tuh mobil2 yg di lepas ke pasar low quality smua kebanyakan. Skalinya beneran bagus harga overpriceChZ wrote: Thu Aug 10, 2023 5:55 Gak heran, mbah harto pan temen baek sama amriktrs car-centric development bikin investasi asing jg liat prospeknya bagus buat otomotif jd jor joran khan ampe bikin kijang
![]()
Makanya yg digemborin kan masyarakat disuruh ganti listrik buat kendaliin polusi, lah PLTUnya aja keliling gitu![]()
Bener tuh dulu om NR pernah bilang. Indo jadi raja the king of low compliance market. Jadi tiap ada mobil world premier dunia; pasti kelas low low bgitu. Contoh mobilio pas jaman dulu yg rame bener, trus expandirr, trus skarang HFC concept lah world premier![]()
diperberat lagi Pajak.
saya yakin kalau mobil dibuat pajak seperti di LN (jangan liat SG dan MY yaak), maka akan banyak mobil bagus under USD 30K di Indo.

4 wheels:
Toyota KUN40 [2013 - now]
Nissan ND1W [2019 - now]
2 wheels:
Yamaha V100 [1988 - now]
Toyota KUN40 [2013 - now]
Nissan ND1W [2019 - now]
2 wheels:
Yamaha V100 [1988 - now]
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2553
- Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
- Location: Jakarta
Re: Mohon Advise Fitur sensing aman atau bahaya
bener sih, emg begitu kan kenyataannyalexnic wrote: Thu Aug 10, 2023 10:21klo gk bgtu, gk dianggap kerja om. lagian aneh, parameter utk ngeliat suatu pencapaian masa dri seberapa banyak anggaran yg terserap. klo gitu ya gmpng, bikin pake spek rendah aja biar proyeknya slalu ada tiap tahun ahahahadarrelund wrote: Thu Aug 10, 2023 6:33lajur trem ditimbunlexnic wrote: Thu Aug 10, 2023 4:21
pernah baca dmana gitu, awalnya orang2 belanda mendesain jakarta supaya kyk kota2 di eropa. mkanya dulu ada trem trus jalannya gk terlalu lebar. tapi entah kenapa tiba2 konsepnya diganti jdi ala US yg lebih car-oriented.
jalan dilebarin
abistu sempitin jalan lagi
bangun LRT layang
kesannya kyk pemikiran short term sahaja![]()
![]()

cuma ya disayangkan aja, duitnya buat gali lubang tutup lubang disitu situ aja
dahal duitnya bisa dipake buat bangun yg laen
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2553
- Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
- Location: Jakarta
Re: Mohon Advise Fitur sensing aman atau bahaya
bener sih, emg begitu kan kenyataannyalexnic wrote: Thu Aug 10, 2023 10:21klo gk bgtu, gk dianggap kerja om. lagian aneh, parameter utk ngeliat suatu pencapaian masa dri seberapa banyak anggaran yg terserap. klo gitu ya gmpng, bikin pake spek rendah aja biar proyeknya slalu ada tiap tahun ahahahadarrelund wrote: Thu Aug 10, 2023 6:33lajur trem ditimbunlexnic wrote: Thu Aug 10, 2023 4:21
pernah baca dmana gitu, awalnya orang2 belanda mendesain jakarta supaya kyk kota2 di eropa. mkanya dulu ada trem trus jalannya gk terlalu lebar. tapi entah kenapa tiba2 konsepnya diganti jdi ala US yg lebih car-oriented.
jalan dilebarin
abistu sempitin jalan lagi
bangun LRT layang
kesannya kyk pemikiran short term sahaja![]()
![]()

cuma ya disayangkan aja, duitnya buat gali lubang tutup lubang disitu situ aja
dahal duitnya bisa dipake buat bangun yg laen
dan jalanan jg jadi makin sempit grgr ada tiang LRT
tuh jalanan mt haryono aja ruwetnya ampun"an grgr ada tiang segala macem

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 89
- Joined: Fri Sep 24, 2021 16:29
- Location: BUMI
- Daily Vehicle: Vios G
Re: Mohon Advise Fitur sensing aman atau bahaya
Mulai diubah jadi kaya keamrik-amrikan sejak zaman bung karno, zaman beliau trem dihapus. zaman pak harto makin kencengChZ wrote: Thu Aug 10, 2023 5:55Gak heran, mbah harto pan temen baek sama amriklexnic wrote: Thu Aug 10, 2023 4:21
pernah baca dmana gitu, awalnya orang2 belanda mendesain jakarta supaya kyk kota2 di eropa. mkanya dulu ada trem trus jalannya gk terlalu lebar. tapi entah kenapa tiba2 konsepnya diganti jdi ala US yg lebih car-oriented.
mobil listrik? yah, saya netral aja deh. anggap aja mobil listrik itu alternatif lain dri mobil ICE. toh mobil ICE sndiri kan ada yg bensin & ada jga yg diesel (bahkan ada yg hybrid jga kan). biar masyarakat aja yg menilai, toh klo misal ternyata gk sesuai kebutuhan psti gk laku.![]()
klo soal sensing2 an, ini kan sifatnya sebagai pelengkap. jdi kita jga jgn terlalu tergantung sama sistemnya, karena gmana2 udh jdi kewajiban dri si pengemudi utk selalu konsentrasi penuh dlm mengendalikan kendaraannya.![]()
trs car-centric development bikin investasi asing jg liat prospeknya bagus buat otomotif jd jor joran khan ampe bikin kijang
![]()
Makanya yg digemborin kan masyarakat disuruh ganti listrik buat kendaliin polusi, lah PLTUnya aja keliling gitu![]()
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 89
- Joined: Fri Sep 24, 2021 16:29
- Location: BUMI
- Daily Vehicle: Vios G
Re: Mohon Advise Fitur sensing aman atau bahaya
Pengalaman ane:
Di rumah ada 3 mobil, 2 ga pake sensing-sensingan yang satu pake sensing-sensingan. Daily biasa bawa yang ga pake sensing pp kurleb 40-80 km, tapi pernah pake yang sensing. Yang sensing biasa dibawa pp bapak ane Bandung-Jakarta mingguan 300 km+++. Yang non-sensing Alhamdulillah belum pernah tiba2 ngaco sistem active safetynya (cuma ABS+EBD aja sih). Yang sensing, kadang-kadang suka tiba2 error dan harus direset system dulu baru bener

. Tapi untungnya belum pernah phantom braking.
Di rumah ada 3 mobil, 2 ga pake sensing-sensingan yang satu pake sensing-sensingan. Daily biasa bawa yang ga pake sensing pp kurleb 40-80 km, tapi pernah pake yang sensing. Yang sensing biasa dibawa pp bapak ane Bandung-Jakarta mingguan 300 km+++. Yang non-sensing Alhamdulillah belum pernah tiba2 ngaco sistem active safetynya (cuma ABS+EBD aja sih). Yang sensing, kadang-kadang suka tiba2 error dan harus direset system dulu baru bener
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1327
- Joined: Mon Apr 20, 2009 6:17
Re: Mohon Advise Fitur sensing aman atau bahaya
Yg kadang kadang error dan harus di reset produknya H tegak y om?DLM wrote: Thu Aug 10, 2023 13:38 Pengalaman ane:
Di rumah ada 3 mobil, 2 ga pake sensing-sensingan yang satu pake sensing-sensingan. Daily biasa bawa yang ga pake sensing pp kurleb 40-80 km, tapi pernah pake yang sensing. Yang sensing biasa dibawa pp bapak ane Bandung-Jakarta mingguan 300 km+++. Yang non-sensing Alhamdulillah belum pernah tiba2 ngaco sistem active safetynya (cuma ABS+EBD aja sih). Yang sensing, kadang-kadang suka tiba2 error dan harus direset system dulu baru bener. Tapi untungnya belum pernah phantom braking.