Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
2kdpelan wrote: Sat Jul 01, 2023 1:34
Nubie ikutan nimbrung ya.. ada rencana (yg blm tau kapan realisasinya) mau turboin mobil n/a nubie
Cara pemilihan turbo biar size nya pas gmn ya?
Trus efeknya kl ga ganti intake apa?
Head kl diganjel, aman gak (kompresi 10.8:1). Kl diganjel, pake apa ganjelnya ya?
Camshaft kl gk diganti, apakah bs patah cam std nya?
Kl dgn budget yg sama (misalnya 100jt) turbo vs na gain nya apakah gain nya akan mirip2 aja?
Sorry bnyk nanya, blm pernah bangun mesin na pake turbo soalnya
mobil nya apa om? bbrp mobil udah ada turbo kitnya by hks greddy apa garett jadi tinggal milih wkwkwkkw.
nah kalo hal2 teknis gini harus banyak trial error sama bengkelnya om.
intake ini udah pasti ganti, karena design exhaust nya juga diganti. kan itu intake nanti nemplok ke housingnya turbo.
head benernya balik ke tune nya makanya musti balik ke mobilnya apa dulu. ada bbrp mobil tanpa turun kompresi aman, ada yang harus turun kompresi. biasa si ditambahin karet atau plat tambahan. tokh ganjalnya paling ukuran milimeter om. 10.8 biasanya kalo high boost di atas 0.3 bar harus turun kompresi. tinggi tuh.
lagi, balik ke mobilnya apa dulu. dan boost mau seberapa. sebenernya kadang ganti conrod aja cukup. tapi karna pressure makin tinggi ada kemungkinan untuk kalah.
gambaran, dulu GE8 temen 0.25 bar pakai all stock internals. ganti conrod bisa 0.8bar.
kalau soal biaya, 100jt mending bangun 2KD daripada ngeturboin mesin NA. wkwkwkwkwkw. nurut saya ngeturboin mesin NA itu tidak worth it effortnya udah kayak bangun mesin ulang mending swap.
Mblnya camry tua om..
Intake diganti ke model apa om? Kl pake std nya pasti ga cocok sama exhaust ya?
Trs kl diganjel pake karet, aman ya? Kl abis 100jt buat turbo, horsepower bs naik brp persen sepengalalan om?
2kd emank bs kenceng, tp jajan kaki2 nya bakalan banyak jg cmiiw hehehe
zonepublic wrote: Sat Jul 01, 2023 4:08
Ini menurut saya kok gagal ya tuningnya freed matic dipasang supercharger cuma jadi 176Hp dan 189Nm
Secara mesin& transmisi sama persis dengan jazz ge8
Apa berat mobil ngaruh di mesin dyno ya?
Bukannya harusnya klo dikasi supercharger malah lebih tinggi naiknya daripada turbocharger ya?
176hp/189Nm itu gede loh dari 118hp. emang berharap brp hp om GE turbo kalo 0.5-0.6 bar jg paling segitu. temen saya 0.8bar aja 190hp
justru SC itu ada yg namanya parasitic loss. dia ada sedikit makan tenaga dari mesin. kan SC nyambung ke pulley mesin.
jd nett gain nya sc : power mesin + boost - parasitic loss. nggak bisa gede. tapi buat low to mid kuat. makanya kadang numbers nggak terlalu matter. yang matter kurva nya seperti apa.
zonepublic wrote: Sat Jul 01, 2023 4:08
Ini menurut saya kok gagal ya tuningnya freed matic dipasang supercharger cuma jadi 176Hp dan 189Nm
Secara mesin& transmisi sama persis dengan jazz ge8
Apa berat mobil ngaruh di mesin dyno ya?
Bukannya harusnya klo dikasi supercharger malah lebih tinggi naiknya daripada turbocharger ya?
176hp/189Nm itu gede loh dari 118hp. emang berharap brp hp om GE turbo kalo 0.5-0.6 bar jg paling segitu. temen saya 0.8bar aja 190hp
justru SC itu ada yg namanya parasitic loss. dia ada sedikit makan tenaga dari mesin. kan SC nyambung ke pulley mesin.
jd nett gain nya sc : power mesin + boost - parasitic loss. nggak bisa gede. tapi buat low to mid kuat. makanya kadang numbers nggak terlalu matter. yang matter kurva nya seperti apa.
mobil nya apa om? bbrp mobil udah ada turbo kitnya by hks greddy apa garett jadi tinggal milih wkwkwkkw.
nah kalo hal2 teknis gini harus banyak trial error sama bengkelnya om.
intake ini udah pasti ganti, karena design exhaust nya juga diganti. kan itu intake nanti nemplok ke housingnya turbo.
head benernya balik ke tune nya makanya musti balik ke mobilnya apa dulu. ada bbrp mobil tanpa turun kompresi aman, ada yang harus turun kompresi. biasa si ditambahin karet atau plat tambahan. tokh ganjalnya paling ukuran milimeter om. 10.8 biasanya kalo high boost di atas 0.3 bar harus turun kompresi. tinggi tuh.
lagi, balik ke mobilnya apa dulu. dan boost mau seberapa. sebenernya kadang ganti conrod aja cukup. tapi karna pressure makin tinggi ada kemungkinan untuk kalah.
gambaran, dulu GE8 temen 0.25 bar pakai all stock internals. ganti conrod bisa 0.8bar.
kalau soal biaya, 100jt mending bangun 2KD daripada ngeturboin mesin NA. wkwkwkwkwkw. nurut saya ngeturboin mesin NA itu tidak worth it effortnya udah kayak bangun mesin ulang mending swap.
mobil nya apa om? bbrp mobil udah ada turbo kitnya by hks greddy apa garett jadi tinggal milih wkwkwkkw.
nah kalo hal2 teknis gini harus banyak trial error sama bengkelnya om.
intake ini udah pasti ganti, karena design exhaust nya juga diganti. kan itu intake nanti nemplok ke housingnya turbo.
head benernya balik ke tune nya makanya musti balik ke mobilnya apa dulu. ada bbrp mobil tanpa turun kompresi aman, ada yang harus turun kompresi. biasa si ditambahin karet atau plat tambahan. tokh ganjalnya paling ukuran milimeter om. 10.8 biasanya kalo high boost di atas 0.3 bar harus turun kompresi. tinggi tuh.
lagi, balik ke mobilnya apa dulu. dan boost mau seberapa. sebenernya kadang ganti conrod aja cukup. tapi karna pressure makin tinggi ada kemungkinan untuk kalah.
gambaran, dulu GE8 temen 0.25 bar pakai all stock internals. ganti conrod bisa 0.8bar.
kalau soal biaya, 100jt mending bangun 2KD daripada ngeturboin mesin NA. wkwkwkwkwkw. nurut saya ngeturboin mesin NA itu tidak worth it effortnya udah kayak bangun mesin ulang mending swap.
2kdpelan wrote: Sat Jul 01, 2023 4:13
Mblnya camry tua om..
Intake diganti ke model apa om? Kl pake std nya pasti ga cocok sama exhaust ya?
Trs kl diganjel pake karet, aman ya? Kl abis 100jt buat turbo, horsepower bs naik brp persen sepengalalan om?
2kd emank bs kenceng, tp jajan kaki2 nya bakalan banyak jg cmiiw hehehe
ganti CAI (Cold air intake) om yg kek jamur itu soalnya pasti ganti piping.
paling kalau ganti internal si tergantung engine nya biasa naik 100% dari tenaga itu udah besar banget aka high boost tergantung mesinnya kuat seberapa.
ane gak tanya punya temen habis berapa. turbo dan ic sendiri mahal blom piping nya. uda ganti conrod segala mau 100 kali tuh. ganti conrod dah pasti overhaul kan. dari 119hp ke 190hp.
mobilnya dah berapa kali nginep di bengkel wkwkkwkwkw. ane dulu tiap servis rutin CRV pasti ketemu mobil dia tp bangunnya dulu sekitar thn 2012-2014 an.
ChZ wrote: Sat Jul 01, 2023 8:11
ane gak tanya punya temen habis berapa. turbo dan ic sendiri mahal blom piping nya. uda ganti conrod segala mau 100 kali tuh. ganti conrod dah pasti overhaul kan. dari 119hp ke 190hp.
NA engine di turboin salah satu komponen yg mahal pasti repogram ECUnya . Pake modelan standalone kek brand Max ECU keliatan lah start from 20juta ++ tergantung type..
Mana bisa di remap doang ecu stdnya wkwkwkwk
Paling enak seh mobil yg ud ada turbo dari pabrik. Paling simple. Tinggal ganti perintilan hardware, ecu bawaan tinggal remap custom tune. Atau pake yg merk macem hondata; bm3 ; apr ; gintani; jordan tuned sgala macem
swap ke mesin civic atau crv turbo ambil paketan halfcut (klo ada)
tapi klo saya dr dulu mikir lbh keren misalnya upgrade transmisi. misal honda jadul era 2007an masih 5AT tuker ke 10AT. atau fortie/hiace premio 2.8 ganti matic 10AT lexus/toyota
Big Displacement V engine enthusiast:
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT
2kdpelan wrote: Sat Jul 01, 2023 1:34
Nubie ikutan nimbrung ya.. ada rencana (yg blm tau kapan realisasinya) mau turboin mobil n/a nubie
Cara pemilihan turbo biar size nya pas gmn ya?
Trus efeknya kl ga ganti intake apa?
Head kl diganjel, aman gak (kompresi 10.8:1). Kl diganjel, pake apa ganjelnya ya?
Camshaft kl gk diganti, apakah bs patah cam std nya?
Kl dgn budget yg sama (misalnya 100jt) turbo vs na gain nya apakah gain nya akan mirip2 aja?
Sorry bnyk nanya, blm pernah bangun mesin na pake turbo soalnya
mobil nya apa om? bbrp mobil udah ada turbo kitnya by hks greddy apa garett jadi tinggal milih wkwkwkkw.
nah kalo hal2 teknis gini harus banyak trial error sama bengkelnya om.
intake ini udah pasti ganti, karena design exhaust nya juga diganti. kan itu intake nanti nemplok ke housingnya turbo.
head benernya balik ke tune nya makanya musti balik ke mobilnya apa dulu. ada bbrp mobil tanpa turun kompresi aman, ada yang harus turun kompresi. biasa si ditambahin karet atau plat tambahan. tokh ganjalnya paling ukuran milimeter om. 10.8 biasanya kalo high boost di atas 0.3 bar harus turun kompresi. tinggi tuh.
lagi, balik ke mobilnya apa dulu. dan boost mau seberapa. sebenernya kadang ganti conrod aja cukup. tapi karna pressure makin tinggi ada kemungkinan untuk kalah.
gambaran, dulu GE8 temen 0.25 bar pakai all stock internals. ganti conrod bisa 0.8bar.
kalau soal biaya, 100jt mending bangun 2KD daripada ngeturboin mesin NA. wkwkwkwkwkw. nurut saya ngeturboin mesin NA itu tidak worth it effortnya udah kayak bangun mesin ulang mending swap.
Mblnya camry tua om..
Intake diganti ke model apa om? Kl pake std nya pasti ga cocok sama exhaust ya?
Trs kl diganjel pake karet, aman ya? Kl abis 100jt buat turbo, horsepower bs naik brp persen sepengalalan om?
2kd emank bs kenceng, tp jajan kaki2 nya bakalan banyak jg cmiiw hehehe
pengalamam saya klo dr camry 2.4 ganti ke 3.5Q (277HP) belum puas ganti LS460L (380HP) lebih pasti lebih nyaman dan naik kelas
Big Displacement V engine enthusiast:
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT
ChZ wrote: Sat Jul 01, 2023 8:11
ane gak tanya punya temen habis berapa. turbo dan ic sendiri mahal blom piping nya. uda ganti conrod segala mau 100 kali tuh. ganti conrod dah pasti overhaul kan. dari 119hp ke 190hp.
NA engine di turboin salah satu komponen yg mahal pasti repogram ECUnya . Pake modelan standalone kek brand Max ECU keliatan lah start from 20juta ++ tergantung type..
Mana bisa di remap doang ecu stdnya wkwkwkwk
Paling enak seh mobil yg ud ada turbo dari pabrik. Paling simple. Tinggal ganti perintilan hardware, ecu bawaan tinggal remap custom tune. Atau pake yg merk macem hondata; bm3 ; apr ; gintani; jordan tuned sgala macem
mobil nya apa om? bbrp mobil udah ada turbo kitnya by hks greddy apa garett jadi tinggal milih wkwkwkkw.
nah kalo hal2 teknis gini harus banyak trial error sama bengkelnya om.
intake ini udah pasti ganti, karena design exhaust nya juga diganti. kan itu intake nanti nemplok ke housingnya turbo.
head benernya balik ke tune nya makanya musti balik ke mobilnya apa dulu. ada bbrp mobil tanpa turun kompresi aman, ada yang harus turun kompresi. biasa si ditambahin karet atau plat tambahan. tokh ganjalnya paling ukuran milimeter om. 10.8 biasanya kalo high boost di atas 0.3 bar harus turun kompresi. tinggi tuh.
lagi, balik ke mobilnya apa dulu. dan boost mau seberapa. sebenernya kadang ganti conrod aja cukup. tapi karna pressure makin tinggi ada kemungkinan untuk kalah.
gambaran, dulu GE8 temen 0.25 bar pakai all stock internals. ganti conrod bisa 0.8bar.
kalau soal biaya, 100jt mending bangun 2KD daripada ngeturboin mesin NA. wkwkwkwkwkw. nurut saya ngeturboin mesin NA itu tidak worth it effortnya udah kayak bangun mesin ulang mending swap.
Mblnya camry tua om..
Intake diganti ke model apa om? Kl pake std nya pasti ga cocok sama exhaust ya?
Trs kl diganjel pake karet, aman ya? Kl abis 100jt buat turbo, horsepower bs naik brp persen sepengalalan om?
2kd emank bs kenceng, tp jajan kaki2 nya bakalan banyak jg cmiiw hehehe
pengalamam saya klo dr camry 2.4 ganti ke 3.5Q (277HP) belum puas ganti LS460L (380HP) lebih pasti lebih nyaman dan naik kelas
Ls460 tkt ga kuat ngerawatnya.. too much electrical cmiiw. Trs d body bongsor gitu, 380hp jg mungkin ga terlalu berasa kencengnya..
Mau pasang s/c tp susah bgt cari barangnya (+mahal juga) hahaha
2kdpelan wrote: Sat Jul 01, 2023 4:13
Mblnya camry tua om..
Intake diganti ke model apa om? Kl pake std nya pasti ga cocok sama exhaust ya?
Trs kl diganjel pake karet, aman ya? Kl abis 100jt buat turbo, horsepower bs naik brp persen sepengalalan om?
2kd emank bs kenceng, tp jajan kaki2 nya bakalan banyak jg cmiiw hehehe
ganti CAI (Cold air intake) om yg kek jamur itu soalnya pasti ganti piping.
paling kalau ganti internal si tergantung engine nya biasa naik 100% dari tenaga itu udah besar banget aka high boost tergantung mesinnya kuat seberapa.
ane gak tanya punya temen habis berapa. turbo dan ic sendiri mahal blom piping nya. uda ganti conrod segala mau 100 kali tuh. ganti conrod dah pasti overhaul kan. dari 119hp ke 190hp.
mobilnya dah berapa kali nginep di bengkel wkwkkwkwkw. ane dulu tiap servis rutin CRV pasti ketemu mobil dia tp bangunnya dulu sekitar thn 2012-2014 an.
Ga ngincer sampe 100% gain sih, 550hp di fwd yg ada cm diem di tmpt & excessive torque steer (not to mention driveshaft nya kuat atau gk handle power & torsi yg naik 2x lipat dibanding std).
Boost sih ga mau gede2, paling ya std 12-15psi u/ daily.. mobilnya mbl keluarga mbah
zonepublic wrote: Sat Jul 01, 2023 4:08
Ini menurut saya kok gagal ya tuningnya freed matic dipasang supercharger cuma jadi 176Hp dan 189Nm kok masih jauh dari 200hp
Open filter udah ganti,exhaust juga udah ganti full system
Secara mesin& transmisi sama persis dengan jazz ge8
Apa berat mobil ngaruh di mesin dyno ya?
Bukannya harusnya klo dikasi supercharger malah lebih tinggi naiknya daripada turbocharger ya?
Berat mobil ga ngaruh di dyno
Mungkin efek transmisinya?
Supercharger setau gw biasanya output lebih rendah dari turbo, pressure juga lebih rendah (?) cmiiw ya belum pengalaman forced induction
Lagian itu L15 freed basicnya berapa ya 115hp? Naek 60hp dah 50% kan ya
zonepublic wrote: Sat Jul 01, 2023 14:51
Brio swap enjin N/A ga pake turbo ga pake supercharger 300HP yang katanya cukup bikin para pemilik brio jumawa
Btw apakah boost turbo di mesin bensin ga da yg bisa ditune tembus diatas 1 koma spt di 2kd ya?
yaah mobil bensin sekarang alumunium semua jeroan ud di ganti blocknya ntar bisa ambyarrrrr
2KD diesel, kompresi gede cari aman pake besi cor makanya kuat tapi ya jeleknya gitu berat mesinnya makanya handlingnya kek kapal oleng
EVO, SUPRA, SKYLINE itu besi cor semua makannya abusenya bisa gila2xan yang alumunium kan cuma SR20 aja
makanya honda tuh hebat dari dulu block alumunium tapi kuat di tuning gila2xan
2kdpelan wrote: Sat Jul 01, 2023 14:01
Ga ngincer sampe 100% gain sih, 550hp di fwd yg ada cm diem di tmpt & excessive torque steer (not to mention driveshaft nya kuat atau gk handle power & torsi yg naik 2x lipat dibanding std).
Boost sih ga mau gede2, paling ya std 12-15psi u/ daily.. mobilnya mbl keluarga mbah
Kalau cuma incer tipis2 gini biasa stock internals msh tahan mbah. Yaaa sediain 50-70jt buat trial errornya deh. Partsnya sendiri bisa 50jt tuh
zonepublic wrote: Sat Jul 01, 2023 14:51
Brio swap enjin N/A ga pake turbo ga pake supercharger 300HP yang katanya cukup bikin para pemilik brio jumawa
Btw apakah boost turbo di mesin bensin ga da yg bisa ditune tembus diatas 1 koma spt di 2kd ya?
Civic turbo/crv turbo bisa 1.5bar pake stock internals. Di atas itu harus ganti conrod.