Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
hackers11 wrote: Sat May 27, 2023 5:05
Foto retak.
Yg ada bekas las2an(foto 1) itu posisi retak pertama yg saya las sendiri.
Ditawarin direpair sih, cuma waktu retak pertama lagi di SBY dan mau pulang besoknya wkwkwkwk.
itu retak sepertinya karena beban berlebih, mau di las lagi jg ttp bakal retak. soalnya retak bukan di bagian las
up to you seh om
mau DP di modip (tutup retak & tambah braket)/ pindah merek
Pindah merek om jadinya. Karena desain berbeda itu jadinya masuk kriteria. Plus weldingnya lebih rapi dan bahan sekilas lbh tebel.
Kalo sama aja tadinya mau balik standar.
Ini pake dp wuzzi lbh mahal, 2,5jt. Tapi ya ada garansi 1 tahun sih.
Let's see. Btw penampakan new downpipe terlampir.
20230527_123734~2.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
hackers11 wrote: Sat May 27, 2023 9:11
Sayang ini duo RR knalpot Ampe belakang jadi satu.
Sayang juga karena ga ada tempat simpan dipotong.
Oh gitu ya om? Tak kira ada per partsnya modelan bolt on… Napa bikinnya kek gitu seh enjinirr daihatsu, aya aya wae…
Mau ganti tanpa potong-las ya musti beli ujung ke ujung which is mihull wkwkwk
Iya betul. Mau full system part asli harus dipotong potong kalo mau disimpan yg hemat ruang.
Ya kemungkinan diloakin aja sih kalo udah ganti fullsystem. Trus dibikin modular jadi bisa adjust kalo butuh fullsystemnya
betul om bawahnya galak tapi atasnya ngempos, saya lebih cocok sama settingan kansai bawahnya agak loyo tapi tengahnya galak ditambah yang bikin bawahnya loyo juga setelan bukaan gasnya honda payah kalo setup ori saya pasang bypass buat setting bukaannya hasilnya galak banget ni mobil ud kayak ganti mesin sekarang kena jalan licin dikit gampang spin roda depan kalo settingannya paling aggresive
Kirain si 3 huruf itu galak di atas Om, soalnya ane dulu nyoba Onda Obri 1.2 lumayan galak atasnya dibanding standar..
FR6 wrote: Fri Jun 02, 2023 10:32
Kirain si 3 huruf itu galak di atas Om, soalnya ane dulu nyoba Onda Obri 1.2 lumayan galak atasnya dibanding standar..
manual matic om banyak yang bagus di manual malah jelek di matic saya itu ud buang satu muffler sama satu dp-fp karena salah setup ujung2xnya kudu pake barang khusus matic semua plus muffler ori bawaan mobil baru enak
kebanyakan tunner lebih develop buat manual makannya saya malah takut ganti kayak JS racing HKS dkk keknya malah ngempos kalo di matic soalnya mereka ngejar gain hp bukan torsi jd bakalan di bikin sebisa mungkin plong ini bahaya buat matic karena butuh backpressure buat torsi bawahnya karena ratio gigi matic biasanya lebih panjang, kalo manual kan bisa nahan sampe rpm tinggi kalo start awalnya agak loyo gak berasa pas dihajar mentok rpm makin berasa efek gain hpnya, ditambah matic belom rpm yang gain HP dia keburu shifting ya ujung2xnya gak kepake gainnya, makanya saya bilang kalo ada yang bilang pake muffler corong mobilnya makin kenceng tapi matic pasti dia lagi sugesti aja
FR6 wrote: Fri Jun 02, 2023 10:32
Kirain si 3 huruf itu galak di atas Om, soalnya ane dulu nyoba Onda Obri 1.2 lumayan galak atasnya dibanding standar..
manual matic om banyak yang bagus di manual malah jelek di matic saya itu ud buang satu muffler sama satu dp-fp karena salah setup ujung2xnya kudu pake barang khusus matic semua plus muffler ori bawaan mobil baru enak
kebanyakan tunner lebih develop buat manual makannya saya malah takut ganti kayak JS racing HKS dkk keknya malah ngempos kalo di matic soalnya mereka ngejar gain hp bukan torsi jd bakalan di bikin sebisa mungkin plong ini bahaya buat matic karena butuh backpressure buat torsi bawahnya karena ratio gigi matic biasanya lebih panjang, kalo manual kan bisa nahan sampe rpm tinggi kalo start awalnya agak loyo gak berasa pas dihajar mentok rpm makin berasa efek gain hpnya, ditambah matic belom rpm yang gain HP dia keburu shifting ya ujung2xnya gak kepake gainnya, makanya saya bilang kalo ada yang bilang pake muffler corong mobilnya makin kenceng tapi matic pasti dia lagi sugesti aja
om ini setupku sekarang dari header pipa plong lurus sampai muffler, muffler sengaja pake std biar ga brisik. bawahnya ngempos, kebetulan juga mobilnya matic NA berarti mesti tambah reson ya? tarikan atas bakal berkurang gak ya kalo ditambah reson?
b0ku wrote: Fri Jun 02, 2023 11:02
manual / matic om banyak yang bagus di manual, malah jelek di matic. saya itu ud buang satu muffler sama satu dp-fp karena salah setup, ujung2xnya kudu pake barang khusus matic semua plus muffler ori bawaan mobil baru enak
om ini setupku sekarang dari header pipa plong lurus sampai muffler, muffler sengaja pake std biar ga brisik. bawahnya ngempos, kebetulan juga mobilnya matic NA berarti mesti tambah reson ya? tarikan atas bakal berkurang gak ya kalo ditambah reson?
Jangan lupa di remap ecu nya om. Walaupun gain power kecil krn N/A . Tapi tiap penggantian hardware (intake - exhaust) bagusnya di remap. Coba dulu lahh….
whitehorse4 wrote: Fri Jun 02, 2023 20:36
om ini setupku sekarang dari header pipa plong lurus sampai muffler, muffler sengaja pake std biar ga brisik. bawahnya ngempos, kebetulan juga mobilnya matic NA berarti mesti tambah reson ya? tarikan atas bakal berkurang gak ya kalo ditambah reson?
sebenernya kalo pemakaian hari2x dalem kota stop n go manual pun mendingan pasang reson jd gak ngempos bawahnya ngaruh banget mau high rpmnya gain banyak gak bakalan bisa dapet speed banyak di jalanan traffic kalo setupnya terlalu plong, kalo drag kan di hajar mulu giginya sampe mentok ini kadang di jalanan baru narik nafas eh ud ngerem musti narik nafas lagi reson itu ada 2 macem buat matic sama manual bahkan kenapa saya pake kansai karena front pipenya di kasih reson lagi kalo maticnya ge8
tarikan atasnya sih bakalan berkurang cuma gak bakalan kepake yang ilang itu dapetnya bisa2x di cipali kali
sebenernya idealnya mobil itu bisa lari 180-200kmh effortless ud cukup om diatas itu beneran jarang kepake speednya wong saya pake maserati twin turbo aja cuma pernah lari 200kmh doank itu aja ud kejar2xan keburu kena block
KielConstantine wrote: Sat Jun 03, 2023 4:42
Jangan lupa di remap ecu nya om. Walaupun gain power kecil krn N/A . Tapi tiap penggantian hardware (intake - exhaust) bagusnya di remap. Coba dulu lahh….
remap bagusna terakhir aja om biar gak double2x keluar duitnya kayak saya ud tinggal nunggu ganti radiator alumunium aja
saya pake dalem negri punya (tapi buat diesel) kyk rspeed dan 507 bagus aja nih, uda mau 2 tahun gaada masalah sama skali
tau dari mana gaada masalah?
kemaren abis nyopotin muffler drag + tailpipe sendiri mau distandarin ternyata abis distandarin lebih enak tarikan low rpm nya, mungkin karna saya jadi ga takut ngebejeg ya haha. yang dibilang om b0ku gatau bener apa engga kalo matic enak ada backpressurenya, cmn saya kaget karna jadinya low rpm lebih enteng aja nariknya
F97126B9-F257-4CE1-A673-AE5CDA207C0D.jpeg
oh ya sebenrnya kalo harga 1.7 jtaan itu kykny uda bisa dapet yang beneran bagus ya, saya ada pake juga downpipe buatan thailand merk brd bagus deh, di lengkungannya gaada las lasan sama skali. pake mandrel bending. belinya pun dibawah 2 jt
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
KielConstantine wrote: Sat Jun 03, 2023 4:42
Jangan lupa di remap ecu nya om. Walaupun gain power kecil krn N/A . Tapi tiap penggantian hardware (intake - exhaust) bagusnya di remap. Coba dulu lahh….
remap bagusna terakhir aja om biar gak double2x keluar duitnya kayak saya ud tinggal nunggu ganti radiator alumunium aja
Dulu ane maen modif jazz ge8 matic udah lumayan kelar tuh sektor pernapasannya (intake-exhaust). Dari intake ganti open filter knn. Trus down pipe + frontpipe kansai . Muffler jg ganti custom.
Busi ud semangat mau ganti modelan iridium antara merk bosch atau denso, katanya lebih kenceng tarikannya. Kaga taunya busi OEM engine L15 ud pake denso iridium jg
Masalahnya dulu (circa 2011) blom ada tren remap ecu… adanya pasang dastek.. mahal lg 5 jutaan, kg ada duit lah anak kuliahan wkwkwk. Jd mapping ecunya standart. Hasilnya tarikan bawah ngemposss, atasnya baru enak diatas 4000 rpm. Sama pas maen paddleshift pas oper gigi di redline berasa ada tembakan dari knalpot
Cuma ya gitu sampe mobilnya dijual. Blom sempet rasain potensi real dari enginenya klo ud di tuning ecu
ctopher7 wrote:saya pake dalem negri punya (tapi buat diesel) kyk rspeed dan 507 bagus aja nih, uda mau 2 tahun gaada masalah sama skali
tau dari mana gaada masalah?
kemaren abis nyopotin muffler drag + tailpipe sendiri mau distandarin ternyata abis distandarin lebih enak tarikan low rpm nya, mungkin karna saya jadi ga takut ngebejeg ya haha. yang dibilang om b0ku gatau bener apa engga kalo matic enak ada backpressurenya, cmn saya kaget karna jadinya low rpm lebih enteng aja nariknya
F97126B9-F257-4CE1-A673-AE5CDA207C0D.jpeg
oh ya sebenrnya kalo harga 1.7 jtaan itu kykny uda bisa dapet yang beneran bagus ya, saya ada pake juga downpipe buatan thailand merk brd bagus deh, di lengkungannya gaada las lasan sama skali. pake mandrel bending. belinya pun dibawah 2 jt
Nah duo RR blom beredar di thai sih om.
Ini aja part performanya slow bgt dah.
Dan membuat yg bagus harganya juga Masi kuat/mahal imho
ctopher7 wrote:saya pake dalem negri punya (tapi buat diesel) kyk rspeed dan 507 bagus aja nih, uda mau 2 tahun gaada masalah sama skali
tau dari mana gaada masalah?
kemaren abis nyopotin muffler drag + tailpipe sendiri mau distandarin ternyata abis distandarin lebih enak tarikan low rpm nya, mungkin karna saya jadi ga takut ngebejeg ya haha. yang dibilang om b0ku gatau bener apa engga kalo matic enak ada backpressurenya, cmn saya kaget karna jadinya low rpm lebih enteng aja nariknya
F97126B9-F257-4CE1-A673-AE5CDA207C0D.jpeg
oh ya sebenrnya kalo harga 1.7 jtaan itu kykny uda bisa dapet yang beneran bagus ya, saya ada pake juga downpipe buatan thailand merk brd bagus deh, di lengkungannya gaada las lasan sama skali. pake mandrel bending. belinya pun dibawah 2 jt
Nah duo RR blom beredar di thai sih om.
Ini aja part performanya slow bgt dah.
Dan membuat yg bagus harganya juga Masi kuat/mahal imho
KielConstantine wrote: Sun Jun 04, 2023 6:05
Dulu ane maen modif jazz ge8 matic udah lumayan kelar tuh sektor pernapasannya (intake-exhaust). Dari intake ganti open filter knn. Trus down pipe + frontpipe kansai . Muffler jg ganti custom.
Busi ud semangat mau ganti modelan iridium antara merk bosch atau denso, katanya lebih kenceng tarikannya. Kaga taunya busi OEM engine L15 ud pake denso iridium jg
Masalahnya dulu (circa 2011) blom ada tren remap ecu… adanya pasang dastek.. mahal lg 5 jutaan, kg ada duit lah anak kuliahan wkwkwk. Jd mapping ecunya standart. Hasilnya tarikan bawah ngemposss, atasnya baru enak diatas 4000 rpm. Sama pas maen paddleshift pas oper gigi di redline berasa ada tembakan dari knalpot
Cuma ya gitu sampe mobilnya dijual. Blom sempet rasain potensi real dari enginenya klo ud di tuning ecu
percaya sama saya om remap kalo mesin n/a itu bakalan gak gitu berasa efeknya paling berasanya pas mulai RPM tengah aja atau dihajar ngetol kadang orang kayak saya bingung ini nambah cepetnya beneran apa sugesti sih sampe saya bawa di tol baru ngeh emang gain power
paling berasa itu maen setelan bukaan gasnya lsg lompat tuh mobil kalo di buka paling aggresive kalo gak biasa lsg berasa kayak bawa ferarri jaman pake sequential
potensi GE8 sih beneran parah kalo full bukaan gas modal full system aja saya pernah lagi nikung hajar gas kenceng dia berapa kali spin2x rodanya padahal punya saya matic
makannya kayak elika dia selalu suruh pasang trotle control dulu pas remap maksudnya dia biar sekalian gasnya bisa diatur bukaannya
jd dari RPM bawah ud jambak karena trotle response yang agresive ntar pas mulai rpm tengah disambut sama hasil remap jd bawah sampe atas nafasnya lebih enak
Last edited by b0ku on Sun Jun 04, 2023 11:46, edited 1 time in total.
ctopher7 wrote:saya pake dalem negri punya (tapi buat diesel) kyk rspeed dan 507 bagus aja nih, uda mau 2 tahun gaada masalah sama skali
tau dari mana gaada masalah?
kemaren abis nyopotin muffler drag + tailpipe sendiri mau distandarin ternyata abis distandarin lebih enak tarikan low rpm nya, mungkin karna saya jadi ga takut ngebejeg ya haha. yang dibilang om b0ku gatau bener apa engga kalo matic enak ada backpressurenya, cmn saya kaget karna jadinya low rpm lebih enteng aja nariknya
F97126B9-F257-4CE1-A673-AE5CDA207C0D.jpeg
oh ya sebenrnya kalo harga 1.7 jtaan itu kykny uda bisa dapet yang beneran bagus ya, saya ada pake juga downpipe buatan thailand merk brd bagus deh, di lengkungannya gaada las lasan sama skali. pake mandrel bending. belinya pun dibawah 2 jt
Nah duo RR blom beredar di thai sih om.
Ini aja part performanya slow bgt dah.
Dan membuat yg bagus harganya juga Masi kuat/mahal imho
b0ku wrote: Fri Jun 02, 2023 11:02
manual matic om banyak yang bagus di manual malah jelek di matic saya itu ud buang satu muffler sama satu dp-fp karena salah setup ujung2xnya kudu pake barang khusus matic semua plus muffler ori bawaan mobil baru enak
kebanyakan tunner lebih develop buat manual makannya saya malah takut ganti kayak JS racing HKS dkk keknya malah ngempos kalo di matic soalnya mereka ngejar gain hp bukan torsi jd bakalan di bikin sebisa mungkin plong ini bahaya buat matic karena butuh backpressure buat torsi bawahnya karena ratio gigi matic biasanya lebih panjang, kalo manual kan bisa nahan sampe rpm tinggi kalo start awalnya agak loyo gak berasa pas dihajar mentok rpm makin berasa efek gain hpnya, ditambah matic belom rpm yang gain HP dia keburu shifting ya ujung2xnya gak kepake gainnya, makanya saya bilang kalo ada yang bilang pake muffler corong mobilnya makin kenceng tapi matic pasti dia lagi sugesti aja
Manual sih Om wkwk berasa vtec kick in juga, ban juga udah semi slick, jadi ngegrip banget.
Langsung insecure Fiesta 1.4 Sport jadi2an saya, kalah galak tarikannya wakakaka
Kebanyakan buatan lokal sehabis di las ga di heat treatment lagi, padahal proses heat treatment itu penting bgt buat ngilangin tegangan sisa yang timbul karena panas selama proses pengelasan, jadinya yaa asal nyambung aja. Tapi ga diperhatikan itu kekuatan lasnya berapa. Dulu saya pernah riset proses PWHT (Post Weld Heat Treatment) untuk material AL6061 (Aero Grade) pakai proses temper T6 (Solution heat treatment dengan pemanasan 650⁰C selama 1 jam dan langsung di dinginkan dengan air + Artificial aging selama 8 jam dengan suhu 200, 225, 250, 275). Itu ngaruh bgt di material Al6061 bisa nambah tegangan tarik 30% lebih di suhu yg tepat, dibanding yg ga pakai proses PWHT. Nanti terlihat tuh pas di foto mikro, struktur mikro di HAZ (Heat Affected Zone), weld metal dan base metal, untuk yg sudah di PWHT struktur mikronya lebih homogen dibanding yg nggak di PWHT.
Yang pasti harga produk bakal lebih mihil secara prosesnya lama dan butuh banyak energi, contoh speda gunung/balap yg pakai AL6061,kalo ga di PWHT bakal patah itu sambungan las pas dibuat balapan downhill wkwkwk...
Nah kalau bahan knalpot kaya baja tahan karat mungkin cara tempering nya beda. Arus listrik saat ngelas harus pas sama tebal plat, kecepatan las harus pas, ah ribet kalo udah urusan welding.
Sorry kepanjangan soalnya inget jaman masih kuliah hehe...
t105erd wrote:Kebanyakan buatan lokal sehabis di las ga di heat treatment lagi, padahal proses heat treatment itu penting bgt buat ngilangin tegangan sisa yang timbul karena panas selama proses pengelasan, jadinya yaa asal nyambung aja. Tapi ga diperhatikan itu kekuatan lasnya berapa. Dulu saya pernah riset proses PWHT (Post Weld Heat Treatment) untuk material AL6061 (Aero Grade) pakai proses temper T6 (Solution heat treatment dengan pemanasan 650⁰C selama 1 jam dan langsung di dinginkan dengan air + Artificial aging selama 8 jam dengan suhu 200, 225, 250, 275). Itu ngaruh bgt di material Al6061 bisa nambah tegangan tarik 30% lebih di suhu yg tepat, dibanding yg ga pakai proses PWHT. Nanti terlihat tuh pas di foto mikro, struktur mikro di HAZ (Heat Affected Zone), weld metal dan base metal, untuk yg sudah di PWHT struktur mikronya lebih homogen dibanding yg nggak di PWHT.
Yang pasti harga produk bakal lebih mihil secara prosesnya lama dan butuh banyak energi, contoh speda gunung/balap yg pakai AL6061,kalo ga di PWHT bakal patah itu sambungan las pas dibuat balapan downhill wkwkwk...
Nah kalau bahan knalpot kaya baja tahan karat mungkin cara tempering nya beda. Arus listrik saat ngelas harus pas sama tebal plat, kecepatan las harus pas, ah ribet kalo udah urusan welding.
Sorry kepanjangan soalnya inget jaman masih kuliah hehe...
Wow, kompleks juga ya.
Tapi ya barang aftermarket vs atpm punya (untuk downpipe) beda sih.
Yg aftermarket masih shiny gitu sementara atpm punya udah item butek lagi. Mungkin in9 hasil extra treatment-nya yg disampaikan om t105erd.
Dan las2an juga beda dimana aftermarket sekilas punya estetika yg bagus sementara kalo atpm punya hampir ga ada jejak(sekilas mirip hasil friction welding).
Untuk konteks kebetulan ada foto downpipe asli pemakaian 3000an km vs downpipe yg sekarang retak dalam kondisi baru side by side
20220219_121456~2.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.