DOHC dan SOHC
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1355
- Joined: Wed Nov 16, 2005 14:21
- Location: jkt
ok, saya mengerti ide anda......tetapi apa keuntungan mekanis dari ide anda itu dibanding model konvensional yang udah ada?
bukankah dengan menambah 2 gear penghubung, terdapat kerugian daya yang lebih besar dari gesekan roda2 gigi tsb? ditambah beban pelumasan yang bertambah?
lalu mengapa anda sangat mempertahankan putaran seperti twincam dimana arah putaran kedua cam berlawanan? apa efek utama yang ingin dicapai dari putaran cam yang berlawanan ini?
bukankah dengan menambah 2 gear penghubung, terdapat kerugian daya yang lebih besar dari gesekan roda2 gigi tsb? ditambah beban pelumasan yang bertambah?
lalu mengapa anda sangat mempertahankan putaran seperti twincam dimana arah putaran kedua cam berlawanan? apa efek utama yang ingin dicapai dari putaran cam yang berlawanan ini?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 901
- Joined: Tue Sep 07, 2004 20:44
Seberapa besar kira2 kerugian dayanya sehingga M1 2006 menerapkan "gear driven" ?ween wrote:ok, saya mengerti ide anda......tetapi apa keuntungan mekanis dari ide anda itu dibanding model konvensional yang udah ada?
bukankah dengan menambah 2 gear penghubung, terdapat kerugian daya yang lebih besar dari gesekan roda2 gigi tsb? ditambah beban pelumasan yang bertambah?
Kelihatannya tidak masalah, pertimbangan mereka dng tdk menggunakan rantai, selain lebih durable, timing camshaft yg lebih akurat.
point saya bukan arah yg berlawanan, tetapi bagaimana rantai itu tergantikanween wrote: lalu mengapa anda sangat mempertahankan putaran seperti twincam dimana arah putaran kedua cam berlawanan? apa efek utama yang ingin dicapai dari putaran cam yang berlawanan ini?
tetapi tidak dengan 2 gear yg besar (efek valve bersudut lebar), melainkan
dengan 4 gear.
Tetapi karena kelihatannya bro ween menunjukan ada cons dari arah
cam yg berlawanan, maka bisa saja diaplikasikan 3 gear , sehingga
cam tersebut arahnya sama.
Anyway, mungkin saja efek cam yang berlawanan ini tujuannya utk menyeimbangkan
arah gaya sentrifugal pada gear yg efeknya lebih utk mengurangi vibrasi
pada mesin.
Make sense gak bro?

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 901
- Joined: Tue Sep 07, 2004 20:44
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1158
- Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
- Location: Solo
hahaha bisa aja nih bro ween, kalo moge udah ada lho yang aplikasiin VTEC, CB400 Super Four ada yang vtec, VFR800 juga VTEC hehehe cuma kalo di bebek, kayaknya gak perlu deh... khan udah cukup ngirit.....ween wrote:jadi kemajuan teknologi di mobil pasti akan diikuti motor......bukan ga mungkin taun depan ada bebek v-tec bahkan i-vtec atau bi-vanos......mungkin juga tahun berikutnya muncul bebek dengan turbo intercooler k?atau bebek hybrid?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1028
- Joined: Thu Nov 03, 2005 8:11
- Location: Indonesia
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1158
- Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
- Location: Solo
VTEC = variable valve timing and lift electronic control, merupakan teknologi katup variabel kepunyaan honda, kalo di mitsubishi = MIVEC. teknologi ini diaplikasikan di mobil mobil honda dengan tujuan untuk mendaptkan tenaga yang besar pada setiap putaran mesin tanpa mengorbankan konsumsi BBM. sejak tahun 2003 sudah mulai diaplikasikan di motor gede nya Honda.... antara lain CBR 400 dan VFR 800
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 397
- Joined: Tue Nov 29, 2005 12:58
- Location: most eastern jakarta
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 137
- Joined: Wed Jul 06, 2005 8:07
- Location: Depok City
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 901
- Joined: Tue Sep 07, 2004 20:44
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 397
- Joined: Tue Nov 29, 2005 12:58
- Location: most eastern jakarta
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1158
- Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
- Location: Solo
thanks bung yoyoyo..... emang itu maksud saya.....yoyoyo wrote:hehe, kaget ya?orang_sangit wrote:ini ngomong motor apa mobil sih? kok ada vtec segala? jadi pusing. emang mitsuitshi punya product motor? PUSINGGG
motor honda ada kok yg pakai VTEC.
cuma kemaren bro piterr ngasih tau, mitsu (pd dunia permobilan) punya tekno serupa, dinamai Mivec.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 914
- Joined: Sun Mar 21, 2004 18:15
- Location: Jakarta
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 244
- Joined: Thu Jan 05, 2006 7:47
- Location: zoorabaya....city of heroes....
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1028
- Joined: Thu Nov 03, 2005 8:11
- Location: Indonesia
Trims bung..piterr wrote:VTEC = variable valve timing and lift electronic control, merupakan teknologi katup variabel kepunyaan honda, kalo di mitsubishi = MIVEC. teknologi ini diaplikasikan di mobil mobil honda dengan tujuan untuk mendaptkan tenaga yang besar pada setiap putaran mesin tanpa mengorbankan konsumsi BBM. sejak tahun 2003 sudah mulai diaplikasikan di motor gede nya Honda.... antara lain CBR 400 dan VFR 800
tanya lg neeh..
kalo turbo itu apa sih? ada gak yg dipasang dimotor?
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 78
- Joined: Tue Nov 29, 2005 9:14
- Location: Pasar Rebo, Jak-Tim