DOHC dan SOHC

Ingin membahas hal-hal umum mengenai sepeda motor, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

ween
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1355
Joined: Wed Nov 16, 2005 14:21
Location: jkt

Post by ween »

ok, saya mengerti ide anda......tetapi apa keuntungan mekanis dari ide anda itu dibanding model konvensional yang udah ada?

bukankah dengan menambah 2 gear penghubung, terdapat kerugian daya yang lebih besar dari gesekan roda2 gigi tsb? ditambah beban pelumasan yang bertambah?

lalu mengapa anda sangat mempertahankan putaran seperti twincam dimana arah putaran kedua cam berlawanan? apa efek utama yang ingin dicapai dari putaran cam yang berlawanan ini?
User avatar
yoyoyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 901
Joined: Tue Sep 07, 2004 20:44

Post by yoyoyo »

ween wrote:ok, saya mengerti ide anda......tetapi apa keuntungan mekanis dari ide anda itu dibanding model konvensional yang udah ada?

bukankah dengan menambah 2 gear penghubung, terdapat kerugian daya yang lebih besar dari gesekan roda2 gigi tsb? ditambah beban pelumasan yang bertambah?
Seberapa besar kira2 kerugian dayanya sehingga M1 2006 menerapkan "gear driven" ?
Kelihatannya tidak masalah, pertimbangan mereka dng tdk menggunakan rantai, selain lebih durable, timing camshaft yg lebih akurat.
ween wrote: lalu mengapa anda sangat mempertahankan putaran seperti twincam dimana arah putaran kedua cam berlawanan? apa efek utama yang ingin dicapai dari putaran cam yang berlawanan ini?
point saya bukan arah yg berlawanan, tetapi bagaimana rantai itu tergantikan
tetapi tidak dengan 2 gear yg besar (efek valve bersudut lebar), melainkan
dengan 4 gear.
Tetapi karena kelihatannya bro ween menunjukan ada cons dari arah
cam yg berlawanan, maka bisa saja diaplikasikan 3 gear , sehingga
cam tersebut arahnya sama.
Anyway, mungkin saja efek cam yang berlawanan ini tujuannya utk menyeimbangkan
arah gaya sentrifugal pada gear yg efeknya lebih utk mengurangi vibrasi
pada mesin.

Make sense gak bro? :e-think:
User avatar
yoyoyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 901
Joined: Tue Sep 07, 2004 20:44

Post by yoyoyo »

*bump*
jadi gemana nih bro ween , bro beg0g ?
User avatar
piterr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1158
Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
Location: Solo

Post by piterr »

ween wrote:jadi kemajuan teknologi di mobil pasti akan diikuti motor......bukan ga mungkin taun depan ada bebek v-tec bahkan i-vtec atau bi-vanos......mungkin juga tahun berikutnya muncul bebek dengan turbo intercooler k?atau bebek hybrid?
hahaha bisa aja nih bro ween, kalo moge udah ada lho yang aplikasiin VTEC, CB400 Super Four ada yang vtec, VFR800 juga VTEC hehehe cuma kalo di bebek, kayaknya gak perlu deh... khan udah cukup ngirit.....
anak_singkong
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1028
Joined: Thu Nov 03, 2005 8:11
Location: Indonesia

Post by anak_singkong »

wahhhhh...

OBROLAN KELAS BERAAATTTT!!! :O

DOHC kalo gak salah itu dobel klep yah?

VTEC itu apa sih? gunanya apa?
User avatar
piterr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1158
Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
Location: Solo

Post by piterr »

VTEC = variable valve timing and lift electronic control, merupakan teknologi katup variabel kepunyaan honda, kalo di mitsubishi = MIVEC. teknologi ini diaplikasikan di mobil mobil honda dengan tujuan untuk mendaptkan tenaga yang besar pada setiap putaran mesin tanpa mengorbankan konsumsi BBM. sejak tahun 2003 sudah mulai diaplikasikan di motor gede nya Honda.... antara lain CBR 400 dan VFR 800
orang_sangit
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 397
Joined: Tue Nov 29, 2005 12:58
Location: most eastern jakarta

Post by orang_sangit »

ini ngomong motor apa mobil sih? kok ada vtec segala? jadi pusing. emang mitsuitshi punya product motor? PUSINGGG
:D KAMI SEBAGAI KAUM LAKI-LAKI MENOLAK KERAS RUU ANTI [cencored] DAN [cencored] :D
User avatar
noe777
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 137
Joined: Wed Jul 06, 2005 8:07
Location: Depok City

Post by noe777 »

ngomongin motor lah, itu CBR n VFR kan motor.
1+1 = ?
User avatar
yoyoyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 901
Joined: Tue Sep 07, 2004 20:44

Post by yoyoyo »

orang_sangit wrote:ini ngomong motor apa mobil sih? kok ada vtec segala? jadi pusing. emang mitsuitshi punya product motor? PUSINGGG
hehe, kaget ya?
motor honda ada kok yg pakai VTEC.
cuma kemaren bro piterr ngasih tau, mitsu (pd dunia permobilan) punya tekno serupa, dinamai Mivec.
orang_sangit
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 397
Joined: Tue Nov 29, 2005 12:58
Location: most eastern jakarta

Post by orang_sangit »

ooo dikirain apaan... rupanya cuman pengaplikasikan ke motor... bro yo itu gambar mesin dohc f150 ya? kok kayaknya mirip pas bongkar2 hehehe

maaf lg ada proyek jd jarang2
:D KAMI SEBAGAI KAUM LAKI-LAKI MENOLAK KERAS RUU ANTI [cencored] DAN [cencored] :D
User avatar
piterr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1158
Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
Location: Solo

Post by piterr »

yoyoyo wrote:
orang_sangit wrote:ini ngomong motor apa mobil sih? kok ada vtec segala? jadi pusing. emang mitsuitshi punya product motor? PUSINGGG
hehe, kaget ya?
motor honda ada kok yg pakai VTEC.
cuma kemaren bro piterr ngasih tau, mitsu (pd dunia permobilan) punya tekno serupa, dinamai Mivec.
thanks bung yoyoyo..... emang itu maksud saya.....
gauss
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 914
Joined: Sun Mar 21, 2004 18:15
Location: Jakarta

Post by gauss »

Wis mumet aku.....gak mudeng.....
splitfire
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 244
Joined: Thu Jan 05, 2006 7:47
Location: zoorabaya....city of heroes....

Post by splitfire »

huahahahha sama ora mudeng sisan......hihihihihi

OOT,wahhh Repsolnya udah di jual.....hehehehehe
tunggu aja bro , sapa tau abis ini,Honda Thai mo rilis versi Repsol lagi,huahahahahahha
anak_singkong
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1028
Joined: Thu Nov 03, 2005 8:11
Location: Indonesia

Post by anak_singkong »

piterr wrote:VTEC = variable valve timing and lift electronic control, merupakan teknologi katup variabel kepunyaan honda, kalo di mitsubishi = MIVEC. teknologi ini diaplikasikan di mobil mobil honda dengan tujuan untuk mendaptkan tenaga yang besar pada setiap putaran mesin tanpa mengorbankan konsumsi BBM. sejak tahun 2003 sudah mulai diaplikasikan di motor gede nya Honda.... antara lain CBR 400 dan VFR 800
Trims bung..
tanya lg neeh..
kalo turbo itu apa sih? ada gak yg dipasang dimotor?
User avatar
mr_dhani
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 78
Joined: Tue Nov 29, 2005 9:14
Location: Pasar Rebo, Jak-Tim

Post by mr_dhani »

Kalo ngga salah untuk SOHC perlu disetel celah antara pelatuk dan klepnya sesuai dengan anjuran buku manual supaya kerjanya baik khan.....