Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
KielConstantine wrote: Thu Dec 08, 2022 5:55
Kalo takut mesinnya tetep dingin gara2 kg nyala pas cold start.
Mungkin bisa di coding / remap ecunya, bikin aja settingan pas teken tombol ‘engine start’ mesin combustion auto nyala for 10 minutes, abis itu baru auto switch ke hybrid drivetrain after the conditions fulfilled
Skarang era computerized semua soalnya. Harusnya user dikasih hak full buat setting everything their owned vehicles
ooo tidak bisa lah 2GD aja dilock ECUnya itu toyota astra yang sok sok ngelock ECU 2GD kayaknya kalo ketauan akio toyoda bisa diomelin. buset mesin bisa kenceng loe lock lock ECU ud susah susah naikin pasar enthusiast pake GR beneran ama GR GR an
dah paling bener beli internal combustion turbo aja lah. ga ribet. mau kenceng bisa irit bisa
AbdulHakim wrote: Thu Dec 08, 2022 5:21
Gimana liat rpm mesin ice nya pas nyala?
Nga ada RPM bro
Gak ada om
IMG-20221117-WA0017.jpg
omong2 CroCross hybrid yg masuk indonesia ini fiturnya lumayan banyak disunat ya, masih belum digital display di tengah, belum ada active safety TSS, RCTA aja ga ada, padahal ukuran bodi lumayan lebar. Dan krn belum ada EPB otomatis belum ada Brake Hold, di lampu merah mesti bejek rem terus kalo males oper ke Netral.
CHR (pre 2022) juga belum ada TSS juga ya kayaknya.
Kalo corolla series hybrid di belahan dunia lain ada yg masih pake jarum rpm oom
video pertama 1.8 hybrid gatau di mana, tp kalo liat bahasanya mungkin turki?
video kedua corolla touring 2.0 hybrid di jerman
nah video ini menjawab pertanyaan mbah profith. sy barusan nontonin yg video kedua sih.
itu langsung masuk autobahn rpm langsung tinggi tuh. sebenernya ngeri2 sedap sih emang. yg cuma bikin agak mendingan mesin ICE itu pakai Atkinson cycle dibandingkan Otto cycle pada mobil biasa. di Atkinson cycle timing pembakaran terjadi setelah piston melewati titik mati atas sebutannya ATDC (after top dead center) vs BTDC (before top dead center) pada Otto cycle. hal tsb membuat mesin nya ga terlalu stress.
selain itu ada bbrp jg ICE hybrid yg pakai electric oil pump jd sirkulasi oli tetap ada even mesin ga nyala. meskipun kl ttg suhu kerja normal mesin sptnya msh jauh dr ideal. makanya disiasati dgn grill radiator yg bisa buka tutup otomatis utk menahan kalor di dalam engine bay. heat management nya totally different strategy sih.
omong2 CroCross hybrid yg masuk indonesia ini fiturnya lumayan banyak disunat ya, masih belum digital display di tengah, belum ada active safety TSS, RCTA aja ga ada, padahal ukuran bodi lumayan lebar. Dan krn belum ada EPB otomatis belum ada Brake Hold, di lampu merah mesti bejek rem terus kalo males oper ke Netral.
CHR (pre 2022) juga belum ada TSS juga ya kayaknya.
iya banget om, downspec dari Thai market.
rakyatwkwkland wrote: Thu Dec 08, 2022 9:48
Kalo corolla series hybrid di belahan dunia lain ada yg masih pake jarum rpm oom
video pertama 1.8 hybrid gatau di mana, tp kalo liat bahasanya mungkin turki?
video kedua corolla touring 2.0 hybrid di jerman
itu mungkin sama kyk MID Corolla Hybrid Sedan nya om hosea?
Profith83 wrote: Thu Dec 08, 2022 1:27
Kita diskusi mobil Hybrid.
Mobil Hybrid secara teknologi bagus dan irit pemakaian BBM, karena kecepatan rendah dibawah 40 atau 50 Km/h akan menggunakan baterai, diatas itu menggunakan mesin combustion, jadi bergantian.
Karena mobil Hybrid, maka pagi hari tidak perlu memanasin mesin, andaikata mobil start pagi hari juga bukan mesin combustion yang menyala.
Jadi pagi hari start mesin mungkin tunggu 15 detik, bisa jalan di komplek max 20 Km/h masih pakai baterai.
Setelah kurang lebih 1KM keluar komplek perumahan, kebetulan jalannya besar dan sepi.
Kemudian kita injak pedal gas, sampai kecepatan 60 KM per jam maka mesin combustion otomatis menyala, bahkan kadang bisa sampai 80 Km/h apabila jalan kosong.
PERTANYAANNYA, mesin combustion kan otomatis nyala dan langsung kecepatan tinggi diatas 50 Km/h.
Nah .... mesin combustion yang asalnya belum nyala, tiba tiba nyala di kecepatan 50 Km/h bahkan apabila sampai kecepatan 100 Km/h.
Dengan mesin combustion kondisi dingin tiba tiba digeber dari nyala kecepatan 50 Km/h sampai 100 Km/h apa tidak mudah rusak mesin combustion nya? sirkulasi oli kan belum terlumasi sempurna, temperature mesin juga masih dingin.
saya bukan insinyur mesin sih, tp liat sekitaran saya tinggal skarang, taksi disini banyak yg pake prius gen 2 trs yg baruan banyak yg pake altis estate hybrid. Ngeliat tu mobil2 hybrid dijadiin taksi dan gaya nyetir org sini sih, yakin saya mesinnya badak semua. pernah naik skali intip odonya ud di atas 230 ribu km.
fansdiesel wrote: Thu Dec 08, 2022 7:55
kalo mobil gybrid ini kalau baterainya rusak berarti bisa dianggap jadi mesin ice biasa kah ? tanpa ganti baterai
Dari baca baca di google, sepertinya ga bisa (at least dalam jangka menengah, mungkin 10-20 km masih bisa). Karena kalau baterai rusak, computer akan detect bahwa ada problem serius dan hampir semua system akan di shutdown.
Kalo sepenglihatan ane sih, combustion engine nya cukup long lasting tp somehow d Prius coil biasanya cepat koit gak tau jg kenapa.
Buat mobil hybrid yg penting nabung aja, selisih duit hemat beli bensin d pake ntar pas ganti batere hehehehe...kecuali bisa jual sebelum 8 tahun.
AbdulHakim wrote: Thu Dec 08, 2022 5:21
Gimana liat rpm mesin ice nya pas nyala?
Nah ini yang saya maksud om.
Waktu mesin ICE belum pernah nyala, dan kemudian kick down dia nyala. Dimana bisa lihat RPM nya.
Kalau RPM cuma 1500 sih mesin dingin gapapa.
Kalau mesin dingin RPM 3000 ... hmmm
AbdulHakim wrote: Thu Dec 08, 2022 8:31
Gak ada om
IMG-20221117-WA0017.jpg
Kalo corolla series hybrid di belahan dunia lain ada yg masih pake jarum rpm oom
video pertama 1.8 hybrid gatau di mana, tp kalo liat bahasanya mungkin turki?
video kedua corolla touring 2.0 hybrid di jerman
nah video ini menjawab pertanyaan mbah profith. sy barusan nontonin yg video kedua sih.
itu langsung masuk autobahn rpm langsung tinggi tuh. sebenernya ngeri2 sedap sih emang. yg cuma bikin agak mendingan mesin ICE itu pakai Atkinson cycle dibandingkan Otto cycle pada mobil biasa. di Atkinson cycle timing pembakaran terjadi setelah piston melewati titik mati atas sebutannya ATDC (after top dead center) vs BTDC (before top dead center) pada Otto cycle. hal tsb membuat mesin nya ga terlalu stress.
selain itu ada bbrp jg ICE hybrid yg pakai electric oil pump jd sirkulasi oli tetap ada even mesin ga nyala. meskipun kl ttg suhu kerja normal mesin sptnya msh jauh dr ideal. makanya disiasati dgn grill radiator yg bisa buka tutup otomatis utk menahan kalor di dalam engine bay. heat management nya totally different strategy sih.
Hallo Om Omnibus,
benar om di video ke dua itu menjawab pertanyaan saya .... Jadi kita bisa atur sendiri kalau waktu mesin ICE pertama kali nyala diusahakan RPM jangan lewat 1500 atau 2000, kecuali terpaksa.
Karena kalau piston belum ada pembakaran selama 1 menit kayanya dudukan piston ke liner gimana gitu.
Setahu saya panas mesin ICE sekitar 600 derajat.
Misal suhu normal 600 derajat di ruang pembakaran, jadi waktu 300 derajat bisa dibilang sudah normal.
Nah apakah cold start mesin ICE di hybrid ada system yang menghangatkan ruang bakar? kan jadi boros baterai hybrid.
Yang ada seperti om bilang ada buka tutup saluran udara dari depan, agar suhu tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin.
Tapi tetap saja suhu mesin tidak akan sampai 100 derajat keatas kalau mesin ICE belum nyala. Bahkan mungkin cuma 50 atau 60 derajat max.
Atau mesin ICE yang untuk hybrid memang teknologi sangat maju, bisa cold start bejek sampai RPM 3500? saya masih ragu, namanya cold start tetap bagusnya RPM rendah sptnya
Apakah mesin ICE nya ini khusus, cold start bisa dibejek sampai RPM 3500, sekedar curious saja dan agar perlindungan mesin maksimal saja
Last edited by Profith83 on Fri Dec 09, 2022 1:50, edited 1 time in total.
AbdulHakim wrote: Thu Dec 08, 2022 8:31
Gak ada om
IMG-20221117-WA0017.jpg
Kalo corolla series hybrid di belahan dunia lain ada yg masih pake jarum rpm oom
video pertama 1.8 hybrid gatau di mana, tp kalo liat bahasanya mungkin turki?
video kedua corolla touring 2.0 hybrid di jerman
nah ini enak ada RPM nya, jadi waktu cold start mesin ICE kita bisa lihat RPM nya, gak asal bejek2x
Ya kembali lg mbah, mungkin sebagian besar penggunaan mobil hybrid itu ngga langsung cold start langsung bejek pol ya kecuali rumahya 100 meter dr pintu tol, ada kemungkinan gitu
Jd msh ada waktu untuk mesin buat warming up dulu, dan rasanya ngga mungkin langsung high rev sih meskipun bener-bener cold start langsung pedal to metal, pasti rpm naik secara gradual, jd mestinya mesin aman
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
Kalo corolla series hybrid di belahan dunia lain ada yg masih pake jarum rpm oom
video pertama 1.8 hybrid gatau di mana, tp kalo liat bahasanya mungkin turki?
video kedua corolla touring 2.0 hybrid di jerman
Masih ada RPM, udah digital display, masih ada paddle shifter, EPB dan brake hold, TSS. Jadi kerasa spec down yg di Indo. Yaaaaaa, yg penting iritnya masih sama dapat sih.
AbdulHakim wrote: Thu Dec 08, 2022 5:21
Gimana liat rpm mesin ice nya pas nyala?
Nah ini yang saya maksud om.
Waktu mesin ICE belum pernah nyala, dan kemudian kick down dia nyala. Dimana bisa lihat RPM nya.
Kalau RPM cuma 1500 sih mesin dingin gapapa.
Kalau mesin dingin RPM 3000 ... hmmm
Nih ketemu video bagus pergerakan Ice engine dan battery di Prius Hybrid.
Menit ke 15 : Mode jalan biasa, ICE mulai masuk rpm di speed 12 miles (20 kmh), trus ke 1100 rpm di 20 miles (30 kmh)
Menit ke 22 : Mode ngebut pedal to metal.
Sama aja sih prinsipnya
AbdulHakim wrote: Thu Dec 08, 2022 5:21
Gimana liat rpm mesin ice nya pas nyala?
Nah ini yang saya maksud om.
Waktu mesin ICE belum pernah nyala, dan kemudian kick down dia nyala. Dimana bisa lihat RPM nya.
Kalau RPM cuma 1500 sih mesin dingin gapapa.
Kalau mesin dingin RPM 3000 ... hmmm
Masak dibilang menghasut
lucu yah, lama lama dasbor mobil kg ada isinya wkwkwkwkw. itu jarum temp jg disunat kah kayak mobil2 murah
mobil hybrid mahal2 tachometer disunat, ud kayak datsun go
AbdulHakim wrote: Thu Dec 08, 2022 5:21
Gimana liat rpm mesin ice nya pas nyala?
Nah ini yang saya maksud om.
Waktu mesin ICE belum pernah nyala, dan kemudian kick down dia nyala. Dimana bisa lihat RPM nya.
Kalau RPM cuma 1500 sih mesin dingin gapapa.
Kalau mesin dingin RPM 3000 ... hmmm
Masak dibilang menghasut
lucu yah, lama lama dasbor mobil kg ada isinya wkwkwkwkw. itu jarum temp jg disunat kah kayak mobil2 murah
mobil hybrid mahal2 tachometer disunat, ud kayak datsun go
kalah ama angkot susuki carry
jelek2 gt aj masi dikasi tacho, meteran suhu coolant
fansdiesel wrote: Thu Dec 08, 2022 7:55
kalo mobil gybrid ini kalau baterainya rusak berarti bisa dianggap jadi mesin ice biasa kah ? tanpa ganti baterai
Dari baca baca di google, sepertinya ga bisa (at least dalam jangka menengah, mungkin 10-20 km masih bisa). Karena kalau baterai rusak, computer akan detect bahwa ada problem serius dan hampir semua system akan di shutdown.
fansdiesel wrote: Fri Dec 09, 2022 11:31
yah sayang sekali ya haha padahal kalau cuma masalah baterai rusak dan lagi bokek tinggal cabut aje jadi mesin pure ice
saya tuh dapet beberapa camry hybrid ud mati batre keknya masih bisa gelinding
AbdulHakim wrote: Thu Dec 08, 2022 8:31
Gak ada om
IMG-20221117-WA0017.jpg
Kalo corolla series hybrid di belahan dunia lain ada yg masih pake jarum rpm oom
video pertama 1.8 hybrid gatau di mana, tp kalo liat bahasanya mungkin turki?
video kedua corolla touring 2.0 hybrid di jerman
Masih ada RPM, udah digital display, masih ada paddle shifter, EPB dan brake hold, TSS. Jadi kerasa spec down yg di Indo. Yaaaaaa, yg penting iritnya masih sama dapat sih.
Tapi setir kiri
Yaa kalo mau yg full spek ya ada di corolla altis. Itu semua ada di corolla altis kecuali jarum rpm putara mesin. Di corolla cross ga ada ya wajar lah harganya lebih murah. Emang ada harga ada barang pasti. hehehe.
Atau kl msh mau tampilan SUV mungkin bisa pilih CHR. Kalo gasalah yg FL terakhir jadi dapet TSS bukan.
Nah ini yang saya maksud om.
Waktu mesin ICE belum pernah nyala, dan kemudian kick down dia nyala. Dimana bisa lihat RPM nya.
Kalau RPM cuma 1500 sih mesin dingin gapapa.
Kalau mesin dingin RPM 3000 ... hmmm
Masak dibilang menghasut
lucu yah, lama lama dasbor mobil kg ada isinya wkwkwkwkw. itu jarum temp jg disunat kah kayak mobil2 murah
mobil hybrid mahal2 tachometer disunat, ud kayak datsun go
kalah ama angkot susuki carry
jelek2 gt aj masi dikasi tacho, meteran suhu coolant