Suryaputra wrote: Sun Nov 20, 2022 13:15
Kyk demo moblis celup genangan aer
Iya kompresor ac nya Mobil hybrid dan EV, udh kyk kompresor inverter kulkas atau ac split rumah
Tapi klo dipikir2, for peace of mind... pakai MobLis ini 5 thn, terus jual dan beli baru deh ya.
Lbh bagus lg klo ada program
trade in EV di HMI group
Kalo saya dikasih trade in batere dah seneng luar biasa

. Kalo masih garansi itu batere kan begitu kapasitas < 70% diganti baru, nah kalo pemerintahan kedepan rumah BEV kayak sekarang, batere2 under 70% kayak gini benernya bisa dipake ulang buat SPKLU. Taruh sisa batere 70%, jadi +/- 50 kW, kalo 5 batere bekas aja, bisa isi 3-5 mobil tuh. Pasangnya di rest2 area, sebagian isinya dr solar panel sebagian lagi buat load balancing PLTU.
Bisa2 bakal jd bisnis masa depan si Korea nih, harga batere barunya bagi2 antara pemilik SPKLU sama orang yg mau trade in, berhubung main. 3 kaki belun tentu leasing2 sekarang mau main, masuklah Bank Shinhan

…..
Charger yg di 207A/208B kan sumbangan Hyundai, ndak ada tu colokan ChaDemo, jd jangan harap batumakam daun sama Lexus EV bisa lebih jauh dr. Cirebon, abis 207A/208B rencana baru ada Chademo di 309
Suryaputra wrote: Sun Nov 20, 2022 12:58
Klo sistem AC, di bengkel resmi biasanya kan diWah emg gak bisa tempat lain
Hrs grup HMI lgs yg nanganin servis AC.
Rule of thumb suhu batre Lithium family itu di 5 - 35 C,
Itu batas bawah dan atas nya.
Too cold, gak optimal performanya.
Too hot, bisa cpt rusak dan klaim garansi.
Makanya benernya suhu2 macam Indonesia cocok buat EV, terutama kalo pakai water based cooling dan algoritma batas atasnya follow the curve dan suhu 37C dibawa mati2an ke 33C. Kalo cek forum Ioniq di negara2 bule kan sekarang lagi pada ngedumel, ngecas lama, jarak turun drastis, mereka pada minta pre conditioning batere, ada pemanas yg bawa suhu ke 15C.
Yg bikin sy agak kurang peace of mind ya ACnya yang bikinan Korea itu, sampai 3000 km pertama mobil saya ACnya kalo baru start geternya kenceng sampai krasa di pedal rem bangsa 1-2 menitan, mau panas mau dingin ama aja

, eee.., sekarang mobil dah 10.000 km, geter2nya ilang, dan ACnya tetep dingin

Coba ACnya Denso, match in heaven dah…..