banyak yang complain jd jelek untung GE8 masih 4thn lagi yang pajero tuh taon depan bikin males ngurusnyaChZ wrote: Wed Oct 19, 2022 3:30 wakakakka iya jadi gak kontras sama warna bodinya ntar kayak nomer diukir di body![]()

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
banyak yang complain jd jelek untung GE8 masih 4thn lagi yang pajero tuh taon depan bikin males ngurusnyaChZ wrote: Wed Oct 19, 2022 3:30 wakakakka iya jadi gak kontras sama warna bodinya ntar kayak nomer diukir di body![]()
Kayaknya random om. Mobil ayah saya dari taon 2005 sampe sekarang platnya sama terus. Satu mobil saya pas perpanjang stnk 5 taon, dapet platnya juga sama. Ya, beda plat expiration doang sih.ExorT wrote: Tue Oct 18, 2022 11:21 Harus ada reformasi di bidang perpajakan kendaraan juga ini seperti yang disebut diatas2.
Dan, ane masih bingung alasan teknisnya, kenapa PLAT NOMOR kendaraan ini tiap 5 tahun sekali berubah ya? padahal pemiliknya tetap.
Di luar (negeri), plat nomer mobil dari orok keluar dealer juga sama sampai masuk scrap. Kecuali, balik nama ke negara lain.
Tar keliatan ga ada kerjaan om. Makin banyak birokrasi dan transaksi kan makin bagus. Kalo ga itu biro jasa, oknum, tukang gesek rangka, kurir, dll pd mau makan apa kalo ga dari transaksi "esek2" perpanjang plat n pajakExorT wrote: Tue Oct 18, 2022 11:21 Harus ada reformasi di bidang perpajakan kendaraan juga ini seperti yang disebut diatas2.
Dan, ane masih bingung alasan teknisnya, kenapa PLAT NOMOR kendaraan ini tiap 5 tahun sekali berubah ya? padahal pemiliknya tetap.
Di luar (negeri), plat nomer mobil dari orok keluar dealer juga sama sampai masuk scrap. Kecuali, balik nama ke negara lain.
Tetep bisa bagus kok mbah, tapi ntar platnya bikin sendiri aja jangan pake yang dari polisiChZ wrote: Wed Oct 19, 2022 3:30
wakakakka iya jadi gak kontras sama warna bodinya ntar kayak nomer diukir di body![]()
Waduh, saya tahun lalu bayar pajak mobil kab.kediri bisa om, malah bukti pajaknya bisa dikirim lewat pos ke domisili saya di JakSel.Syauqi wrote: Wed Oct 19, 2022 1:47Sudah coba gojek & tokopedia tetep ga bisa om, data mobil saya ga adaZaxis wrote: Tue Oct 18, 2022 13:51Coba pake toped om,ada pilihan e SamsatSyauqi wrote: Tue Oct 18, 2022 10:28 Permudah perpanjangan STNK juga lah.. kita orang mau bayar ke negara masak dipersulit sih.
Mobil saya plat W sidoarjo, bayar pajak di samsat jakarta aja kagak bisa. Saya berharap bisa lewat aplikasi SIGNAL, eh ternyata kagak bisa juga. Kayaknya databasenya belum lengkap tuh. Untung aja di Sidoarjo ada orang yg bisa dimintain tolong bayar, kalo ga gitu males banget dah bayar 'bIr0 jAsa' lagi![]()
Tolonglah ya yang beginian ini dipermudah. Belum lagi kalo waktunya ganti kaleng 5 tahun, ya kali mobilnya harus dikirim dulu ke daerah asal![]()
![]()
Padahal temen saya pake plat L surabaya dia bisa loh, saya W sidoarjo kaga bisa wkwkwk kalo urusan kependudukan kayaknya Sidoarjo emang ketinggalan dibandingkan Surabaya
Yah kalo alasan klasiknya buat pendapatan daerah. pdhl logikanya kalo kendaraan plat B, posisi dipakai di luar jabodetabek kan pajaknya masuk buat perawatan jalan di mana kendaraannya dipake, tapi ya entahlah birocrazyChZ wrote: Wed Oct 19, 2022 3:21nah samsat hrs bayar di daerah ini jg yang ane gak pahamSyauqi wrote: Tue Oct 18, 2022 10:28 Permudah perpanjangan STNK juga lah.. kita orang mau bayar ke negara masak dipersulit sih.
Mobil saya plat W sidoarjo, bayar pajak di samsat jakarta aja kagak bisa. Saya berharap bisa lewat aplikasi SIGNAL, eh ternyata kagak bisa juga. Kayaknya databasenya belum lengkap tuh. Untung aja di Sidoarjo ada orang yg bisa dimintain tolong bayar, kalo ga gitu males banget dah bayar 'bIr0 jAsa' lagi![]()
bikin jadi ribet kalo kerja di luar kota. aturan mah skrg jaman udah canggih mau bayar kasih aja virtual account ribet banget pake bawa dokumen macem-macem segala
sekelas ecommerce bisa masa negara gak bisa
kebiasaan kalo bisa ribet ngapain dibuat mudah![]()
nahh ritual 5 tahunan ini yang malesin bangetExorT wrote: Tue Oct 18, 2022 11:21 Harus ada reformasi di bidang perpajakan kendaraan juga ini seperti yang disebut diatas2.
Dan, ane masih bingung alasan teknisnya, kenapa PLAT NOMOR kendaraan ini tiap 5 tahun sekali berubah ya? padahal pemiliknya tetap.
Di luar (negeri), plat nomer mobil dari orok keluar dealer juga sama sampai masuk scrap. Kecuali, balik nama ke negara lain.aturan kalo tujuannya buat integrasi data ngapain ganti-ganti. asal nama pemilik sama ya biarin aja sama ampe dunia kiamat jg lebih mudah kan kerjanya pakpulici
pantes nilang salah melulu.
servernya jg jadi berat kali berapa juta kendaraan coba ganti plat tiap 5 tahun![]()
bentar lagi civic ane ganti plat, mau perpanjang cepet juga gak bisa sama kenalan ane dibilang klo cepet nanti tanggalnya malah mundur sayang bgt![]()
Nah iya, sebetulnya lebih ke faktor per-5 tahunnya perpanjang ini yang ga jelas (terlepas dapat plat sama atau random). Secara kita udah bayar tiap tahun dan mobilnya juga ga kemana2. Tambah beban dan pekerjaan lagi di administrasi.pengendiesel wrote: Wed Oct 19, 2022 5:27
Kayaknya random om. Mobil ayah saya dari taon 2005 sampe sekarang platnya sama terus. Satu mobil saya pas perpanjang stnk 5 taon, dapet platnya juga sama. Ya, beda plat expiration doang sih.
Ya gimana ya, si biro jasa, oknum, dll itu juga pasti masih keluarga2 sendiri juga sih.kendibocor wrote: Wed Oct 19, 2022 5:32
Tar keliatan ga ada kerjaan om. Makin banyak birokrasi dan transaksi kan makin bagus. Kalo ga itu biro jasa, oknum, tukang gesek rangka, kurir, dll pd mau makan apa kalo ga dari transaksi "esek2" perpanjang plat n pajak![]()
Harusnya semua data ini kan sudah ada di KTP. Semua harus berpusat dari nomer KTP (Nama, Alamat, dll).daimler wrote: Wed Oct 19, 2022 12:45
Yah kalo alasan klasiknya buat pendapatan daerah. pdhl logikanya kalo kendaraan plat B, posisi dipakai di luar jabodetabek kan pajaknya masuk buat perawatan jalan di mana kendaraannya dipake, tapi ya entahlah birocrazy![]()
5tahunan kaya ktp & sim jg. Ktp udah berhasil diubah jd seumur hidup (walopun mesti fotocopy kalo diperluin). Kalo sim 5tahun jg mosok ya org lets say hampir tiap hari nyetir, 5tahun skill nyetirnya memudar. Tesnya aja klo perpanjang cuma psikologi gitu.
Untung KK ga kena 5tahunan![]()
Kalo data terintegrasi kite warga praktis ngurus adminitrasi gitu, tapi instantsi pemerintah ga seneng karena jatah pengadaannya berkurangExorT wrote: Wed Oct 19, 2022 13:03 Harusnya semua data ini kan sudah ada di KTP. Semua harus berpusat dari nomer KTP (Nama, Alamat, dll).
Bisa saja walaupun plat B, karena alamat KTP kita di luar jabodatebek, maka otomatis pajaknya masuk ke daerah situ.
Kalau SIM ada batas berlakunya ini saya setuju Om. Walaupun jangan 5 tahun juga, di luar sih 10 tahun. Ini berguna untuk manula yang masih setir mobil.
Setiap tahun atau per beberapa tahun gitu, dicek terus kelayakan mengemudinya. Karena kan skill nyetir memudar sejalan dengan umur yang bertambah tua. Kan ada saja di berita sini, manula yang nyetirnya ngaco.
Kembali lagi ke yang mengecek, serius atau tidak. Aturannya sih oke, oknumnya yang melaksanakan aturannya ini yang jadi masalah.
Idealnya gitu om, tp kalo uda ngomongin duit mah gawsa heran. Itu plat nomor ganti per 5 thn pasti banyak yg diuntungkan dari mulai pengadaan plat, cat, sampe tukang gesek noka pasti semuanya ada transaksi esek2nya. Walaupun keliatannya barang murah, tp kuantitasnya 1 indonesia tetep aja transaksi dibawah mejanya besar. Gawsa berharap hal2 remah2 gini akan diurusin dlm waktu dekat, yg lebih penting macem RUU aja bisa pembahasan bertahun2 kalo ga ada kepentingan sama si anggota2 wakil rakyat terhormat itu. Apalagi ginian yg ga ada urgensinya sama sekali.ExorT wrote: Wed Oct 19, 2022 12:51
Ya gimana ya, si biro jasa, oknum, dll itu juga pasti masih keluarga2 sendiri juga sih.
Namanya juga menurut saya, "butuh reformasi" Om, ya harus ada yang digeser pekerjaannya ke yang lain. Dari tukang ketik admin plat nomer jadi pengatur lalu lintas di lapangan.![]()
Selama praktek seperti ini masih ada, ya negara ini disini2 saja. Sama tetangga aja dah jauh sekali tertinggalnya.
Wah, berarti sepertinya database untuk tahun ini bermasalah yah om. Di aplikasi signal saya muncul error kayak gitu juga, bahwa kita harus validasi data ke samsat.adrianucleus wrote: Wed Oct 19, 2022 12:40Waduh, saya tahun lalu bayar pajak mobil kab.kediri bisa om, malah bukti pajaknya bisa dikirim lewat pos ke domisili saya di JakSel.Syauqi wrote: Wed Oct 19, 2022 1:47 Sudah coba gojek & tokopedia tetep ga bisa om, data mobil saya ga ada![]()
Padahal temen saya pake plat L surabaya dia bisa loh, saya W sidoarjo kaga bisa wkwkwk kalo urusan kependudukan kayaknya Sidoarjo emang ketinggalan dibandingkan Surabaya
Tapi tahun ini nggak bisa, katanya nomor tidak teregistrasi dan harus datang ke samsat terdekat.![]()
Udh by design spt itu yaa.mastom wrote: Sun Oct 23, 2022 23:32 pengalaman nguli di malaysia selama 8 tahun dulu,
punya mobil beli di KL
di pindah ke Sabah,
jual di sabah, itu mobil
1. Plat nomor KL, selamanya, ga peduli ganti nama, dan pindah provinsi
2. Balik nama cuman 5 menit, di kantor yg nyaman, yg penting penjual pembeli datang, ID jelas
3. PLat nomor keren, pake aklirik, ga pernah rusak, dan model bisa macem2, asal bikin di autorized
4. Pajak murah sekali, kayaknya 30% dari indo, 4 jt vs 400 an, sayang asuransi wajib, jatuhnya sama, dan semua serba mudah, bayar di kantor pos
5. SIM, ga pernah expire, cmn bayar iuran tahunan, bahkan bs 3 thnan....
Di kita ammpunnnn...dah lebih dari 20 thn reformasi, plat nomor tiap 5 thn hrs ganti, keplek2 gak keren bgt,
bknnya mereka ga tau, emang sengaja bt proyek kayaknya....
jual beli mobil 2 bulan ngurus cabut berkas.....ga ada perwira pulisi yg gerah dikit atau napa yah....bt reformasi kecil2an
ganti rejim 4 kali ga berubah2......jgn2 2050 jg masih sama, ada istilah cabut berkas segala hehehe
Wakanda Kalo ga dibikin ribet, makannya dari mana ommastom wrote: Sun Oct 23, 2022 23:32 pengalaman nguli di malaysia selama 8 tahun dulu,
punya mobil beli di KL
di pindah ke Sabah,
jual di sabah, itu mobil
1. Plat nomor KL, selamanya, ga peduli ganti nama, dan pindah provinsi
2. Balik nama cuman 5 menit, di kantor yg nyaman, yg penting penjual pembeli datang, ID jelas
3. PLat nomor keren, pake aklirik, ga pernah rusak, dan model bisa macem2, asal bikin di autorized
4. Pajak murah sekali, kayaknya 30% dari indo, 4 jt vs 400 an, sayang asuransi wajib, jatuhnya sama, dan semua serba mudah, bayar di kantor pos
5. SIM, ga pernah expire, cmn bayar iuran tahunan, bahkan bs 3 thnan....
Di kita ammpunnnn...dah lebih dari 20 thn reformasi, plat nomor tiap 5 thn hrs ganti, keplek2 gak keren bgt,
bknnya mereka ga tau, emang sengaja bt proyek kayaknya....
jual beli mobil 2 bulan ngurus cabut berkas.....ga ada perwira pulisi yg gerah dikit atau napa yah....bt reformasi kecil2an
ganti rejim 4 kali ga berubah2......jgn2 2050 jg masih sama, ada istilah cabut berkas segala hehehe
blom kalo apes kena pemeriksaan mbah, dah macem kriminal buronan interpol semua aliran dana ditanyainkendibocor wrote: Thu Nov 03, 2022 3:41 Wakanda Kalo ga dibikin ribet, makannya dari mana om
Ane pribadi pajak sih ga masalah mo beda jauh ma di malay. Tiap negara pasti punya skema perndapatan sendiri. Ada plus minusnya. Yg ngeselin uda bayar pajak mahal, super ribet, yg ngurus berasa yg jadi bos ga ada ramah2nya. Padahal perutnya keisi dari pajak rakyat. Tp asal apa2 seakan2 kita yg harus mohon2![]()
Kalau saya sekarang kalau bayar di samsat container namanya. Cuma nunggu 5-7 menit. Tapi ya itu foto copy ktp dan stnk is a mustilhami wrote: Thu Nov 03, 2022 3:20 Bayar pajak STNK di samsat ngisi formulir segambreng, isi no rangka, mesin dsb, pinjem pulpen dsb. Sudah bawa KTP asli pemilik, tetap harus bikin surat kuasa. Kalau datang nya jam 10 baru beres setelah makan siang.
Pakai biro jasa kalau disini cukup menambah 70.000 rupiah.
sebenarnya malaysia lah kiblat yang ideal buat kemajuan Indonesiamastom wrote: Sun Oct 23, 2022 23:32 pengalaman nguli di malaysia selama 8 tahun dulu,
punya mobil beli di KL
di pindah ke Sabah,
jual di sabah, itu mobil
1. Plat nomor KL, selamanya, ga peduli ganti nama, dan pindah provinsi
2. Balik nama cuman 5 menit, di kantor yg nyaman, yg penting penjual pembeli datang, ID jelas
3. PLat nomor keren, pake aklirik, ga pernah rusak, dan model bisa macem2, asal bikin di autorized
4. Pajak murah sekali, kayaknya 30% dari indo, 4 jt vs 400 an, sayang asuransi wajib, jatuhnya sama, dan semua serba mudah, bayar di kantor pos
5. SIM, ga pernah expire, cmn bayar iuran tahunan, bahkan bs 3 thnan....
Di kita ammpunnnn...dah lebih dari 20 thn reformasi, plat nomor tiap 5 thn hrs ganti, keplek2 gak keren bgt,
bknnya mereka ga tau, emang sengaja bt proyek kayaknya....
jual beli mobil 2 bulan ngurus cabut berkas.....ga ada perwira pulisi yg gerah dikit atau napa yah....bt reformasi kecil2an
ganti rejim 4 kali ga berubah2......jgn2 2050 jg masih sama, ada istilah cabut berkas segala hehehe
Kita justru udah biasa om. Penghasilan 5-6 jt tp kredit motor bisa yg 50 jthotoriii wrote: Sun Nov 06, 2022 0:49 bagus lagi kalau pajak2 lain untuk kendaraan dihapus jg sih (ngarep.com)
oot tp dulu saya pernah ditanya teman kerja orang cungkuo dia pingin bisa jalan2 naik motor sendiri di indonesia (dia gak bisa nyetir mobil dan buat dia mobil itu mahal karena mindset dia setau saya kendaraan ya ongoing expenses dan harus practical)
tanyalah dia "how much does your scooter cost?", dan saya jawab "around 20 million", dia ngomel2 yg intinya "what? too expensive, forget it, this costs maybe around 10 million in our country. I know honda is more expensive because of better quality and tax regulations but even this costs around only 16 million in our country."
monthly income dia (setau saya) di range 50-75 an juta an, mindset nya belum semaju orang US, dan dia masih kebawa lingkungan disana kalau gak boleh menghina pemerintah, tapi itupun dia bisa langsung menyatakan gak terima kalau beli barang kemahalan karena faktor2 pajak & kebijakannya gak jelas. apalagi kita ....
Kl mudah tar isilop ga dpt cuan dr biro jasaricz wrote: Mon Oct 17, 2022 6:12 Pajak progresif dihapus saya setuju, bikin ribet. Toh pada akhirnya selama public transportation blm murah dan memadai, orang akan tetap beli mobil pribadi...
NB : proses pengurusan pajak kendaraan mbok ya dipermudah aja, biar orang pada bayar pajak kendaraan. Proses bayar pajak yg ribet nan belibet itu kadang yg bikin mager bayar pajak kendaraan apalagi kalo mobil / motornya jarang dipake...
Idealnya memang dihapus. Tp tau sendiri kalo ngurus kebijakan yg ga gitu menguntungkan bwat mereka lamanya kayak apa. Kalo ngurus kebijakan yg "menguntungkan" macam mengurangi hukuman korupsi baru tuh cepet dibahasnyalemonadelovers wrote: Mon Jan 23, 2023 11:03 Bbrp ganjalan PKB:
Penetapan NJKB ga akurat, untuk mobil segmen niche NJKB lebih tinggi dr harga pasaran, pajak tahunan jd lbh mahal.
BBN KB kendaraan seken sebaiknya dihapus krna bikin orang ga balik nama n data ga akurat lagian kendaraan baru udah kena pajak yg skg 12.5%
Pajak progresif dihapus aja, krna dulu pertimbangannya mengurangi minat kepemilikan kendaraan, faktanya beli mobil sepasang akalin ganjil genap, populasi kendaraan malah naik dan banyak org tidak parkir d lahan sendiri. Lagian ga ada kajian lanjutan apakah berhasil menurunkan populasi kendaraan.
Pendapatan pemda tetap naik krna harga mobil tiap tahun naik.