Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Kalo sepengamatan sy perge ke negeri panda, sejak awal2 era 2000, sampe sblm covid, (krn kantor sering banget bikin tur bawa karyawan kesana tiap tahunnya), mgkn mnrt pemikiran simple saya, china bakal jadi yg plg siap kalo untuk urusan kendaraan listrik, pemikiran plg simplenya sih saat di belahan dunia lainnya masih berkutat di sepeda motor internal combustion, disana motornya udah ampir listrik semua, yg pake motor2 bengsin cuman di kota2 kecil dan desa2 itupun secuil. Yah krn emang regulasi pemerintah memaksa kota besar tidak boleh ada motor bengsin, tp efek ini malah mnrt sy bikin china jadi cukup ahli dalam teknologi batere di dunia otomotif.
Jadi kalo skrg mau galakin mobil listrik, mnrt sy sih mrk udah siap scr ilmu dan teknologinya, simplenya juga adalah mobil adalah versi gedenya daro motor, jadi ngk susah buat mrk develop buat mobil yg proper. Dulu awal 2000 kesana, iklan BYD (Build Your Dream) entah beneran apa ngk ini singkatan dari merk BYD tp dipapan iklan ada tulisan spt itu, dan itu BYD tukang bikin mobil2 palsu macam CRV dan City krn sy liat sendiri barangnya......skrg ternyata udah jadi produsen mobil listrik 5 besar kl ngk salah. Jadi kalo ada anggapan china bakal jadi no 1 produsen mobil dunia sih, sangat bisa sih.....
Ya bisa jadi minimal passenger car yg low to middle ya..
EV kan emg jauh less component kan di banding ICE.
Dan mgkn bikin motor listrik lebih mudah dari pada gasoline engine atau diesel. Apalagi konfigurasi EV motor kayanya cm liat dari jumlah motor nya dan power nya.. klo engine kan ada byk tipenya NA, turbo, hybrid, blm V atau 3 sil, 4 sil, dll
EV ga perlu transmisi, udah kurang lagi part yg complex.
Sisa part lain selain drive train bisa pakai yg sudah ada dengan mgkn improvement. Chasis ya spt nya gt2 aja kan, selama bkn performance car ya mereka bisa lah bikin yg oke..
Interior sendiri asal dikasi layar besar2 kayanya konsumen skrg pada happy, kesannya canggih walaupun cm modal software utk UI nya..
HP udah market leader.
banyak product electronik juga sudah made in China, walaupun pakai merek negara lain.
untuk mobil, saya pernah punya DFSK Glory 560.
dengan harga yang sama seperti avanza veloz lama, dapat mesin turbo, trans CVT, leather interior dan suspensi yang dewasa (kata fitria eri)
lumayan juga mobilnya. ada beberapa minus, tapi harga segitu ya merem deh.
yaseinotulip wrote: Wed Sep 21, 2022 6:25
Ya bisa jadi minimal passenger car yg low to middle ya..
EV kan emg jauh less component kan di banding ICE.
Dan mgkn bikin motor listrik lebih mudah dari pada gasoline engine atau diesel. Apalagi konfigurasi EV motor kayanya cm liat dari jumlah motor nya dan power nya.. klo engine kan ada byk tipenya NA, turbo, hybrid, blm V atau 3 sil, 4 sil, dll
EV ga perlu transmisi, udah kurang lagi part yg complex.
Sisa part lain selain drive train bisa pakai yg sudah ada dengan mgkn improvement. Chasis ya spt nya gt2 aja kan, selama bkn performance car ya mereka bisa lah bikin yg oke..
Interior sendiri asal dikasi layar besar2 kayanya konsumen skrg pada happy, kesannya canggih walaupun cm modal software utk UI nya..
pertanyaan yang harus dijawab itu sebenernya apakah chinese EV (dan EV-EV lain) ini mampu. mungkin di kota besar spt jakarta/surabaya yang macetnya udah gak masuk akal. minimal mommy2 muda yang cuma pake buat anjem anak dan grocery bakal suka banget. wuling EV semahal itu juga dibeli.
perbedaan batre dan mesin pembakaran sebenernya kan krn mesin pembakaran itu lebih robust dan tahan dengan pemakaian yang bervariasi. kalau ngga ada cooling system failure atau electrical failure hampir semua mesin pembakaran tuh bisa hidup terus.
EV tuh perlu kondisi yang stabil pengoperasiannya supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan. misal terbakar atau mati mendadak di jalan. mesin bensin mau mati itu udah keliatan tanda-tandanya : tiba-tiba pincang, starter berat, dll. batre kalo dia memutuskan buat mati, ya mati aja. kita aja skrg ngerasain betapa ribetnya sekarang sensor2 aki mobil tuh apalagi kalo matic mogok ya mogok aja, ngga bisa dipancing kayak jaman mobil karbu dulu.
yang kondisi dan environmentnya stabil? ya cuma di kota besar. kalo mogok banyak yang nolongin, rusak tinggal panggil beres.
barusan nissan kicks ce ane aja masalah abis di servis tiba-tiba gensetnya nyala terus (charging terus). perjalanan BSD-SMG jadi boros banget. mungkin dalam beberapa hari ke depan bakal bawa ke beres.
chinese car boom antara bakal jd big success... atau huge flop macem motor china dulu. cuma sekarang kesempatannya kecil kalau mau jadi huge flop. krn inflasi harga mobil jepang / jerman makin gila chinese cars bakal jadi pilihan lambat laun. liat wuling almaz aja banyak ga peduli seberapa borosnya tuh mobil.
ChZ wrote: Wed Sep 21, 2022 7:57
chinese car boom antara bakal jd big success... atau huge flop macem motor china dulu. cuma sekarang kesempatannya kecil kalau mau jadi huge flop. krn inflasi harga mobil jepang / jerman makin gila chinese cars bakal jadi pilihan lambat laun. liat wuling almaz aja banyak ga peduli seberapa borosnya tuh mobil.
Kalau liat harga mobil di Indonesia memang kurang reasonable. Almaz banyak yang bilang murah krn fitur banyak dll , cuman sebetulnya di China sendiri Baojun 530 itu dijualnya 100 ribu yuan atau 220 juta. Di sini uda 400 juta yang tipe tertinggi.
Mobil Jepang juga sama aja. Cx5 di Jepang cuman 3 juta yen atau 400an juta. Di sini uda mo tembus 600 juta.
Ya bisa bilang yang satu cbu, satu ckd sih. Tapi ya tetap aja overprice emang mobil di Indo.
Mobil eropa sih lebih ga masuk akal lagi, mobil 1200 turbo aja mahal bener uda lewat 500 juta.
ChZ wrote: Wed Sep 21, 2022 7:57
chinese car boom antara bakal jd big success... atau huge flop macem motor china dulu. cuma sekarang kesempatannya kecil kalau mau jadi huge flop. krn inflasi harga mobil jepang / jerman makin gila chinese cars bakal jadi pilihan lambat laun. liat wuling almaz aja banyak ga peduli seberapa borosnya tuh mobil.
Kalau liat harga mobil di Indonesia memang kurang reasonable. Almaz banyak yang bilang murah krn fitur banyak dll , cuman sebetulnya di China sendiri Baojun 530 itu dijualnya 100 ribu yuan atau 220 juta. Di sini uda 400 juta yang tipe tertinggi.
Mobil Jepang juga sama aja. Cx5 di Jepang cuman 3 juta yen atau 400an juta. Di sini uda mo tembus 600 juta.
Ya bisa bilang yang satu cbu, satu ckd sih. Tapi ya tetap aja overprice emang mobil di Indo.
Mobil eropa sih lebih ga masuk akal lagi, mobil 1200 turbo aja mahal bener uda lewat 500 juta.
Lha di negara sini kan yang super duper maut kan pajaknya. Itu Ioniq 5 begitu sama sekali ndak kena pajak kan harganya on par dengan harga di UK. Trim ultimate yg ampir sama dengan Signature GBP 48.150 x IDR 17.000 = 818 juta, disini trim Signature LR kan IDR 859 jtcuma selisih 40an juta...
farizfsa wrote: Mon Sep 19, 2022 3:54
kalo mau pilih mobil cina yang mendingan, coba liat yang di negara2 lain lumayan laku aja atau exist
misal kaya MG, di thai laku, itu mobil listrik china si ora good cat dan BYD juga laku dan ada lama di Singapore, Malaysia.
kl saya harus beli mbl china, paling saat ini ya baru kepikiran MG, kalo ada BYD mungkin lirik itu.
ya tapi balik lg ke pasar ya, mbl china masuk sini cuma masukin SUV dan MPV wkwk. sekalinya masukin mobil kecil, masukin kotak sabun.
setidaknya mungkin liat yang mereka alih teknloogi dari brand2 eropa/jepang macem BYD tu kerjasama toyota, daimler, mitsu
SAIC sama VW group
Bener bgt nih om, di UK dan negara-negara EU juga MG cukup laku. Smpet pernah nyoba di rental, untuk fitur2 memang lumayan tp driving experiencenya masih kurang sih rasanya. Stir kelewat ringan dan mesinnya kurang halus
grimjow wrote: Thu Sep 22, 2022 13:12
Kalau liat harga mobil di Indonesia memang kurang reasonable. Almaz banyak yang bilang murah krn fitur banyak dll , cuman sebetulnya di China sendiri Baojun 530 itu dijualnya 100 ribu yuan atau 220 juta. Di sini uda 400 juta yang tipe tertinggi.
Mobil Jepang juga sama aja. Cx5 di Jepang cuman 3 juta yen atau 400an juta. Di sini uda mo tembus 600 juta.
Ya bisa bilang yang satu cbu, satu ckd sih. Tapi ya tetap aja overprice emang mobil di Indo.
Mobil eropa sih lebih ga masuk akal lagi, mobil 1200 turbo aja mahal bener uda lewat 500 juta.
kl ngomong harga mobil d indo gelap om. ntah patokannya apa
lah itu yang aneh wuling air ev tetep ane masih geleng geleng liatnya harga 300 juta. suspensi aja live axle. ban cm 12 inch. masa semobil yang mahal batrenya doank yang gak gede gede amat bisa 300 juta
grimjow wrote: Thu Sep 22, 2022 13:12
Kalau liat harga mobil di Indonesia memang kurang reasonable. Almaz banyak yang bilang murah krn fitur banyak dll , cuman sebetulnya di China sendiri Baojun 530 itu dijualnya 100 ribu yuan atau 220 juta. Di sini uda 400 juta yang tipe tertinggi.
Mobil Jepang juga sama aja. Cx5 di Jepang cuman 3 juta yen atau 400an juta. Di sini uda mo tembus 600 juta.
Ya bisa bilang yang satu cbu, satu ckd sih. Tapi ya tetap aja overprice emang mobil di Indo.
Mobil eropa sih lebih ga masuk akal lagi, mobil 1200 turbo aja mahal bener uda lewat 500 juta.
kl ngomong harga mobil d indo gelap om. ntah patokannya apa
lah itu yang aneh wuling air ev tetep ane masih geleng geleng liatnya harga 300 juta. suspensi aja live axle. ban cm 12 inch. masa semobil yang mahal batrenya doank yang gak gede gede amat bisa 300 juta
Ah baru banget nyoba wuling air ev, kebetulan ada pameran mobil listrik kecil2an di kantor. Dann yess rasanya ga enak! Posisi mengemudi aneh dan ga enak blas, padahal tinggi saya 170 aja, normal untuk ukuran orang Indonesia. Gas kudu diinjak agak dalam dulu baru jalan, lepas rem mah ga jalan sama sekali (apa ini matic rasa2 AGS AMT ya? Belum pernah coba AGS AMT gitu sih). 300 juta for this? Big noo
adty wrote: Fri Sep 23, 2022 3:45
Ah baru banget nyoba wuling air ev, kebetulan ada pameran mobil listrik kecil2an di kantor. Dann yess rasanya ga enak! Posisi mengemudi aneh dan ga enak blas, padahal tinggi saya 170 aja, normal untuk ukuran orang Indonesia. Gas kudu diinjak agak dalam dulu baru jalan, lepas rem mah ga jalan sama sekali (apa ini matic rasa2 AGS AMT ya? Belum pernah coba AGS AMT gitu sih). 300 juta for this? Big noo
makanya mbah, kalau masspro electric car bakalnya kayak gini sih the future is so boring
apalagi kl banyakan yang pake emak emak ke pasar alamat makin banyak lanehogger
adty wrote: Fri Sep 23, 2022 3:45
Ah baru banget nyoba wuling air ev, kebetulan ada pameran mobil listrik kecil2an di kantor. Dann yess rasanya ga enak! Posisi mengemudi aneh dan ga enak blas, padahal tinggi saya 170 aja, normal untuk ukuran orang Indonesia. Gas kudu diinjak agak dalam dulu baru jalan, lepas rem mah ga jalan sama sekali (apa ini matic rasa2 AGS AMT ya? Belum pernah coba AGS AMT gitu sih). 300 juta for this? Big noo
bener mbah, saya kemarin juga coba di bca expo, cuma 10 menit sih, rasanya kyk nyetir carry pickup, AC panas padahal udah mentok. mobil begini ngantrinyya sampai 2 bulan
grimjow wrote: Thu Sep 22, 2022 13:12
Kalau liat harga mobil di Indonesia memang kurang reasonable. Almaz banyak yang bilang murah krn fitur banyak dll , cuman sebetulnya di China sendiri Baojun 530 itu dijualnya 100 ribu yuan atau 220 juta. Di sini uda 400 juta yang tipe tertinggi.
Mobil Jepang juga sama aja. Cx5 di Jepang cuman 3 juta yen atau 400an juta. Di sini uda mo tembus 600 juta.
Ya bisa bilang yang satu cbu, satu ckd sih. Tapi ya tetap aja overprice emang mobil di Indo.
Mobil eropa sih lebih ga masuk akal lagi, mobil 1200 turbo aja mahal bener uda lewat 500 juta.
kl ngomong harga mobil d indo gelap om. ntah patokannya apa
lah itu yang aneh wuling air ev tetep ane masih geleng geleng liatnya harga 300 juta. suspensi aja live axle. ban cm 12 inch. masa semobil yang mahal batrenya doank yang gak gede gede amat bisa 300 juta
Ah baru banget nyoba wuling air ev, kebetulan ada pameran mobil listrik kecil2an di kantor. Dann yess rasanya ga enak! Posisi mengemudi aneh dan ga enak blas, padahal tinggi saya 170 aja, normal untuk ukuran orang Indonesia. Gas kudu diinjak agak dalam dulu baru jalan, lepas rem mah ga jalan sama sekali (apa ini matic rasa2 AGS AMT ya? Belum pernah coba AGS AMT gitu sih). 300 juta for this? Big noo
Ya Wuling EV memang overprice. Lah di negara asal ev2 kecil gitu cuman dijual range 100an mentok yg top range. Di sini jual nya di 300 juta. Tapi hebatnya bisa laku juga tuh indent nya uda mengular.
adty wrote: Fri Sep 23, 2022 3:45
Ah baru banget nyoba wuling air ev, kebetulan ada pameran mobil listrik kecil2an di kantor. Dann yess rasanya ga enak! Posisi mengemudi aneh dan ga enak blas, padahal tinggi saya 170 aja, normal untuk ukuran orang Indonesia. Gas kudu diinjak agak dalam dulu baru jalan, lepas rem mah ga jalan sama sekali (apa ini matic rasa2 AGS AMT ya? Belum pernah coba AGS AMT gitu sih). 300 juta for this? Big noo
bener mbah, saya kemarin juga coba di bca expo, cuma 10 menit sih, rasanya kyk nyetir carry pickup, AC panas padahal udah mentok. mobil begini ngantrinyya sampai 2 bulan
Nah itu, ini barang harga/kwh relatif jauh lebih mahal kalo dibandingkan mobil listrik lainnya. Trim 300 jutanya 26.7 kWh = 11.2 juta. I5 Signature LR 859 juta dapet 11.7 juta. Sekalian dibandingin ama i4, 2 milyar dapet 84 kWh = 24 juta
Kalo dari experience-nya kayak gitu, berarti bisa ditungguin second-nya ex orang2 yang kuciwa ama barangnya (kalo ntar harga tinggal 125-150 juta dan SOH-nya > 98%)....
grimjow wrote: Tue Sep 20, 2022 13:17
Kalau liat jurus China narik investasi bisa juga sih dalam bbrp tahun ke depan mereka akan di depan dalam industri mobil.
Karena untuk masuk China itu setau saya harus joint venture ama perusahaan lokal, dan sedikit atau banyak pasti rahasia dapur perusahaan yang mau masuk akan kebuka dan teknologi wise bisa di copy.
Contoh Joint venture :
Beijing Benz : JV BAIC dan Mercedez
BMW Brilliance : JV Brilliance dan BMW
GAC Toyota : JV GAC dan Toyota
Honda China : JV GAC,Dongfeng dan Honda
Changan Mazda : JV Changan dan Mazda
copy paste, ilmu generasi sekarang nih (saya jg demen copy paste).
tp ya klo baca2 cerita apple dan microsoft, kan mereka jg awalnya copy teknologi nya xerox... so, sah2 aja sih. mgkn salah satu ilmu sukses ya : berani copy paste.
grimjow wrote: Tue Sep 20, 2022 13:17
Kalau liat jurus China narik investasi bisa juga sih dalam bbrp tahun ke depan mereka akan di depan dalam industri mobil.
Karena untuk masuk China itu setau saya harus joint venture ama perusahaan lokal, dan sedikit atau banyak pasti rahasia dapur perusahaan yang mau masuk akan kebuka dan teknologi wise bisa di copy.
Contoh Joint venture :
Beijing Benz : JV BAIC dan Mercedez
BMW Brilliance : JV Brilliance dan BMW
GAC Toyota : JV GAC dan Toyota
Honda China : JV GAC,Dongfeng dan Honda
Changan Mazda : JV Changan dan Mazda
copy paste, ilmu generasi sekarang nih (saya jg demen copy paste).
tp ya klo baca2 cerita apple dan microsoft, kan mereka jg awalnya copy teknologi nya xerox... so, sah2 aja sih. mgkn salah satu ilmu sukses ya : berani copy paste.
prinsip fake it till you make it
china udah kasi jari tengah ke barat waktu mereka plagiat design dan menang lawsuit soalnya policy negaranya ngelindungin industri dalem negeri banget pinter dia, jualannya di kandang sendiri makanya aman dari lawsuit.
makanya ane blg kan, china ga peduli mereka jualan sampah model apa pokoknya asal kejual.
tapi bos bosnya sendiri gak pake, mampu beli mercedes atau BMW sampe jerman aja bikin varian khusus LWB kalo gak marketnya gede mana mau
barat ga berkutik kalo udah ngomong market china. mo dilepas konsumennya gede, tapi geram jg teknologi dicopy copy terus.
grimjow wrote: Tue Sep 20, 2022 13:17
Kalau liat jurus China narik investasi bisa juga sih dalam bbrp tahun ke depan mereka akan di depan dalam industri mobil.
Karena untuk masuk China itu setau saya harus joint venture ama perusahaan lokal, dan sedikit atau banyak pasti rahasia dapur perusahaan yang mau masuk akan kebuka dan teknologi wise bisa di copy.
Contoh Joint venture :
Beijing Benz : JV BAIC dan Mercedez
BMW Brilliance : JV Brilliance dan BMW
GAC Toyota : JV GAC dan Toyota
Honda China : JV GAC,Dongfeng dan Honda
Changan Mazda : JV Changan dan Mazda
copy paste, ilmu generasi sekarang nih (saya jg demen copy paste).
tp ya klo baca2 cerita apple dan microsoft, kan mereka jg awalnya copy teknologi nya xerox... so, sah2 aja sih. mgkn salah satu ilmu sukses ya : berani copy paste.
Yang berani lawan cuman Porsche.
"Enak aja mo copy paste copy paste, ntar di copas mobil g jadi POSCH atau POUCH atau POT" kata principal Porsche.
China has now also become the most important sales market for Porsche. In 2020 alone, the Stuttgart-based company was able to sell almost 89,000 cars there.
Nevertheless, the sports car brand would like to continue producing its cars only in Europe. This is what CEO Oliver Blume indicated to the Financial Times. With the exception of the Cayenne, all models will even come off the production line in Germany.
The "Made in Germany" seal should continue to contribute to the attractiveness of the Porsche brand in the future. For this, the company also accepts the higher production costs in this country.
adty wrote: Fri Sep 23, 2022 3:45
Ah baru banget nyoba wuling air ev, kebetulan ada pameran mobil listrik kecil2an di kantor. Dann yess rasanya ga enak! Posisi mengemudi aneh dan ga enak blas, padahal tinggi saya 170 aja, normal untuk ukuran orang Indonesia. Gas kudu diinjak agak dalam dulu baru jalan, lepas rem mah ga jalan sama sekali (apa ini matic rasa2 AGS AMT ya? Belum pernah coba AGS AMT gitu sih). 300 juta for this? Big noo
makanya mbah, kalau masspro electric car bakalnya kayak gini sih the future is so boring
apalagi kl banyakan yang pake emak emak ke pasar alamat makin banyak lanehogger
Yg dimasspro pasti fun to drive ada kok mbah. Tuh biem i4 sama ix, merc eq series, pors sate taichan, dll. Cuman harganya aja yg ga fun
adty wrote: Fri Sep 23, 2022 3:45
Ah baru banget nyoba wuling air ev, kebetulan ada pameran mobil listrik kecil2an di kantor. Dann yess rasanya ga enak! Posisi mengemudi aneh dan ga enak blas, padahal tinggi saya 170 aja, normal untuk ukuran orang Indonesia. Gas kudu diinjak agak dalam dulu baru jalan, lepas rem mah ga jalan sama sekali (apa ini matic rasa2 AGS AMT ya? Belum pernah coba AGS AMT gitu sih). 300 juta for this? Big noo
makanya mbah, kalau masspro electric car bakalnya kayak gini sih the future is so boring
apalagi kl banyakan yang pake emak emak ke pasar alamat makin banyak lanehogger
Yg dimasspro pasti fun to drive ada kok mbah. Tuh biem i4 sama ix, merc eq series, pors sate taichan, dll. Cuman harganya aja yg ga fun
wahh gmn tuh shirr ngebengkel plisurr versi listrik ntar jarang ngadep bengkel, sekali ngadep tahun ke-7 500 juta.
makanya mbah, kalau masspro electric car bakalnya kayak gini sih the future is so boring
apalagi kl banyakan yang pake emak emak ke pasar alamat makin banyak lanehogger
Yg dimasspro pasti fun to drive ada kok mbah. Tuh biem i4 sama ix, merc eq series, pors sate taichan, dll. Cuman harganya aja yg ga fun
wahh gmn tuh shirr ngebengkel plisurr versi listrik ntar jarang ngadep bengkel, sekali ngadep tahun ke-7 500 juta.
4 bulan gonta-ganti pakai G20 ama Ioniq 5, mbayangin kalo yg Ioniq punya chassis+suspensi pakai Bayern punya, masuk tikungan los gas dikit, ditahan pakai regen (alias ngerim tanpa perlu injak rem dan ilang momentum), ampir mau keluar tikungan masuk mode sport hantam gas. . Yang ndak kuat itu mbayangin harganya, yg i4 aja dah 2 M. Pernah coba pakai Kroya punya goyang semua, dah body relatip tinggi, suspensinya empuk, chassisnya ndak rigid, maklum mobil bukan pake kenceng2an, langsung kapok…..