Ayla/agya ni bisa dibikin mayan nyaman ga ya? Ada kombo shock n per yg oke kah? Kepikiran juga ganti jok ke volvo atau apalah yg tebelanXMTdeluxe wrote: Sat Aug 27, 2022 11:13Ayla yang 1.2 R, harga baru 150 jt lebih sedikit dpt yg matic, manual lbh murah 12 juta. Dimensi panjang 3,66 meter, lebar 1,60 mtr. Ground clearance 180 mm sama dgn All New Ertiga lho. Keunggulan mutlak dibanding mobil lain, radius putar. Kelewatan cari alamat, puter balik gampang banget.supersae wrote: Sat Aug 27, 2022 1:52 compact car(garasi mepet 3x4) Matic suspensi paling nyaman apa ? dana 150 , yg saya tahu:
Ayla
New picanto 2012 up
Karimum wagon
Splash
Mirage
lainya... ?
Jok sdh empuk, lumayan supportif dibanding yg 1000cc.
Kekurangannya posisi nyetir sdh fix, tinggi badan 170 cm ke atas sdh gak enak posisinya. Bantingan suspensi ya nggak empuk kalo dibandingkan reborn![]()
Compact / city car nyaman
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1316
- Joined: Fri Jan 01, 2016 14:51
Re: Compact / city car nyaman
Smileage lebih penting dari mileage 

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 820
- Joined: Sun Oct 30, 2011 14:37
Re: Compact / city car nyaman
Di antara kandidat yg ada cuman splash yg nyaman. Mirage itu meskipun bukan lcgc ga jauh beda rasanya ama agya, datsun go, dsb. Picanto cukup nyaman cuman sempit n feedback setirnya plain bgt, ga enak bawanya. Klo boleh di luar itu, mau nyaranin swift gs sih, ini nyaman ama fun nya dapet n secara dimensi masih di bawah 4 meter panjangnya

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1059
- Joined: Sat Sep 03, 2016 13:25
- Daily Vehicle: Galant + Mx King
Re: Compact / city car nyaman
Agya ayla kalo menurut saya kurang nyaman sih ya
Kaya empuk tapi keras, not in a good way.
Mirage menurut saya enak, empuk, tapi limbung sama peredamannya kacau balau.
Brio lebih keras drpd mirage jd lebih gak limbung dan lebih fun to drive drpd mirage.
3 3nya relatif bandel juga mobilnya krn gak banyak fitur juga sih, peredaman sama² kacau, berisik kalo dipakai ngetol.
Picanto, karimin, dan splash no comment.
Btw saya setuju sm temen² sm, coba aja yaris S yg bakpao ni mobil naikannya jauh lebih enak dibandingkan kandidat yg lain.
Kalo mau agak nyeleneh cobain aja chevy aveo sonic, peredamannya surprisingly bagus, lumayan empuk juga, dan handlingnya lumayan enak (dikelas hatchback).
Kaya empuk tapi keras, not in a good way.
Mirage menurut saya enak, empuk, tapi limbung sama peredamannya kacau balau.
Brio lebih keras drpd mirage jd lebih gak limbung dan lebih fun to drive drpd mirage.
3 3nya relatif bandel juga mobilnya krn gak banyak fitur juga sih, peredaman sama² kacau, berisik kalo dipakai ngetol.
Picanto, karimin, dan splash no comment.
Btw saya setuju sm temen² sm, coba aja yaris S yg bakpao ni mobil naikannya jauh lebih enak dibandingkan kandidat yg lain.
Kalo mau agak nyeleneh cobain aja chevy aveo sonic, peredamannya surprisingly bagus, lumayan empuk juga, dan handlingnya lumayan enak (dikelas hatchback).
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 66
- Joined: Mon Feb 15, 2021 5:30
- Location: Indonesia
Re: Compact / city car nyaman
Yaris bapao tp wajib matic, kalo yg manual siap2 aja kaki kiri sering pegel2 sama mobilnya loncat2 (kalo blom biasa banget bawanya), trus kalo bisa dapat yg tipe S/TRD Sportivo lebih bagus lagi. Spare partnya murah2 dan banyak yg KW bagus2.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 672
- Joined: Tue Dec 08, 2015 16:08
Re: Compact / city car nyaman
Rack stirnya sering bunyi2..
Tapi daripada servis bolak balik dan nggak lama klutuk2 lagi mending ganti segelondong baru dan sekarang sudah ada merek aftermarketnya (Lupa namanya). Cari info aja di FB grupnya Yaris bakpo..
Maping peta mesinnya kayaknya memang lebih condong ke rpm bawah menengah. Atasnya flat. Jadinya untuk stop n go galak tarikannya, jadi sering nyendul2. Kerasa di transmisi manual. Sebagian org nggak nyaman tp sebagian org malah demen karena buat sodok2an di kemacetan enak.
Harga sensor ABSnya lumayan karena gabung sama laher rodanya.. Nggak tahu ya kalo sekarang bisa diakal2in misal bisa ganti wiringnya doank..
Mungkin beberapa part body agak lama pesennya karena ini mobil (semua tipe yaris bakpo) kan mobil impor dari thailand.
Trus urusan oli juga wajib diperhatikan. Intip2 aja lewat lubang pengisian oli sama dengerin suara deket mekanisme vvtinya. Kalo dilihat dari lubang oli kok banyak sludge atau ada suara tek tek tek di area mekanisme vvtinya, artinya tu orang sebelumnya sering pakai oli jelek atau oli kw atau ganti olinya terlalu panjang kilometernya.
Selebihnya enak sih ini mobil. Mesin kelas 1500cc, irit tp galak mesinnya, tapi bodi masih ramping (panjang dibawah 4 meter) dan banyak tempat naruh barang di dashboard. Dan amazingnya suspensinya empuk. Oiya manuver putar baliknya juga masih enak, gak lebar kayak yaris lele dan penerusnya.
Pilih trim S matic yg ada keyless dan sudah remote steering, trus ganti lampu depannya pake LED, tambahin DRL, headunit ganti android yang bisa android auto, lalu tambahin dashcam yang ada warning collision udah lumayan gak kalah sama mobil2 sekarang.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 92
- Joined: Sun Oct 16, 2016 12:53
Re: Compact / city car nyaman
cari yg under 1200cc aja yg bisa minum pertalite dan irit dalam kota
daftar list buruan sementara:
ayla / agya
picanto
karimun estilo / karimun wagon
mirage
brio
daftar list buruan sementara:
ayla / agya
picanto
karimun estilo / karimun wagon
mirage
brio
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 256
- Joined: Fri May 25, 2018 8:18
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: ANT XMT deluxe
Re: Compact / city car nyaman
Mobil enteng begini kayaknya susah settingannya Om. Dibikin empuk limbung mentul2 dan mudah amblas, dibikin rigid keras kayak gerobak.pendoli wrote: Sun Aug 28, 2022 13:23Ayla/agya ni bisa dibikin mayan nyaman ga ya? Ada kombo shock n per yg oke kah? Kepikiran juga ganti jok ke volvo atau apalah yg tebelanXMTdeluxe wrote: Sat Aug 27, 2022 11:13Ayla yang 1.2 R, harga baru 150 jt lebih sedikit dpt yg matic, manual lbh murah 12 juta. Dimensi panjang 3,66 meter, lebar 1,60 mtr. Ground clearance 180 mm sama dgn All New Ertiga lho. Keunggulan mutlak dibanding mobil lain, radius putar. Kelewatan cari alamat, puter balik gampang banget.supersae wrote: Sat Aug 27, 2022 1:52 compact car(garasi mepet 3x4) Matic suspensi paling nyaman apa ? dana 150 , yg saya tahu:
Ayla
New picanto 2012 up
Karimum wagon
Splash
Mirage
lainya... ?
Jok sdh empuk, lumayan supportif dibanding yg 1000cc.
Kekurangannya posisi nyetir sdh fix, tinggi badan 170 cm ke atas sdh gak enak posisinya. Bantingan suspensi ya nggak empuk kalo dibandingkan reborn![]()
menarik juga buat mobil perang harian
Kalau jok sptnya pakai punya grand new xenia aja sdh proper banget. Tapi jok bawaannya not bad, better dibanding yg 1.0, karimun wagon R, datgo. Rasanya mirip2 duduk di jok ANRushter dgn setting headrest paling bawah.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 61
- Joined: Fri Aug 09, 2019 6:02
- Daily Vehicle: Sirion 1NR VE - HRV L15ZF
Re: Compact / city car nyaman
saya owner sirion 2020 dari baru
memang benar seperti yang senior2 sampaikan disini bahwa harga 2nd nya jeblok, suspensi agak keras, NVH kurang baik (problem terselesaikan dengan pasang peredam full body + ganti karet2 pintu) dan tarikannya agak kurang.
Hal yang sangat positif dari mobil ini adalah: sangat irit, kabin luas terutama row kedua & super low maintenance.
dalkot saya bisa dapat 1:13-14, kalo mix 40% tol biasanya dapat 1: 17-19, bensin pertalite. Biasanya distance coverage ~350 - 400km baru minta isi bensin fulltank lagi.
maintenance cuma ganti oli + filter oli aja, sisanya dicover beres (pernah shock kiri belakang bocor atau rembes saya lupa, selang 1 minggu inden langsung diganti baru)
kabin row 2 juga luas & bagasi memadai (muat stroller + printilan toddler), ada port usb di sebelah jok driver + hook barang yang banyak.
memang mobil ini kurang laku, tapi kalau untuk dipakai jangka panjang, rasanya sangat worthed & kehematannya bisa dialokasikan ke pos-pos pengeluaran lainnya.
memang benar seperti yang senior2 sampaikan disini bahwa harga 2nd nya jeblok, suspensi agak keras, NVH kurang baik (problem terselesaikan dengan pasang peredam full body + ganti karet2 pintu) dan tarikannya agak kurang.
Hal yang sangat positif dari mobil ini adalah: sangat irit, kabin luas terutama row kedua & super low maintenance.
dalkot saya bisa dapat 1:13-14, kalo mix 40% tol biasanya dapat 1: 17-19, bensin pertalite. Biasanya distance coverage ~350 - 400km baru minta isi bensin fulltank lagi.
maintenance cuma ganti oli + filter oli aja, sisanya dicover beres (pernah shock kiri belakang bocor atau rembes saya lupa, selang 1 minggu inden langsung diganti baru)
kabin row 2 juga luas & bagasi memadai (muat stroller + printilan toddler), ada port usb di sebelah jok driver + hook barang yang banyak.
memang mobil ini kurang laku, tapi kalau untuk dipakai jangka panjang, rasanya sangat worthed & kehematannya bisa dialokasikan ke pos-pos pengeluaran lainnya.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 19
- Joined: Mon Oct 05, 2020 7:53
- Location: Yogyakarta
- Daily Vehicle: Splash
Re: Compact / city car nyaman
Vote Splash (dulu sering pake yang MT).
Bisa mik pertalite, body lumayan anteng & bakoh, empuk, pedal gas & kopling enteng-alus (jauh lebih nyaman dibanding Yaris bakpo MT), utk nikung stabil (surprising for its tall body & eco-class), enak buat jalan santai.
Kekurangan: pilar A kegedean, spion manual setup, pedal gas agak ketinggian (lantai dikasi evamat beres), underpower/lemot so ati2 kalo nanjak & overtake.
Bisa mik pertalite, body lumayan anteng & bakoh, empuk, pedal gas & kopling enteng-alus (jauh lebih nyaman dibanding Yaris bakpo MT), utk nikung stabil (surprising for its tall body & eco-class), enak buat jalan santai.
Kekurangan: pilar A kegedean, spion manual setup, pedal gas agak ketinggian (lantai dikasi evamat beres), underpower/lemot so ati2 kalo nanjak & overtake.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 463
- Joined: Wed Aug 24, 2022 8:40
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: DE 2011
Re: Compact / city car nyaman
Wah menarik om review daily usenya. Kira2 klo buat jangka panjang nyari spare partnya bakal susah ga ya?tonylomena wrote: Thu Sep 08, 2022 12:24 saya owner sirion 2020 dari baru
WhatsApp Image 2022-09-08 at 19.15.59.jpeg
memang benar seperti yang senior2 sampaikan disini bahwa harga 2nd nya jeblok, suspensi agak keras, NVH kurang baik (problem terselesaikan dengan pasang peredam full body + ganti karet2 pintu) dan tarikannya agak kurang.
Hal yang sangat positif dari mobil ini adalah: sangat irit, kabin luas terutama row kedua & super low maintenance.
dalkot saya bisa dapat 1:13-14, kalo mix 40% tol biasanya dapat 1: 17-19, bensin pertalite. Biasanya distance coverage ~350 - 400km baru minta isi bensin fulltank lagi.
maintenance cuma ganti oli + filter oli aja, sisanya dicover beres (pernah shock kiri belakang bocor atau rembes saya lupa, selang 1 minggu inden langsung diganti baru)
kabin row 2 juga luas & bagasi memadai (muat stroller + printilan toddler), ada port usb di sebelah jok driver + hook barang yang banyak.
memang mobil ini kurang laku, tapi kalau untuk dipakai jangka panjang, rasanya sangat worthed & kehematannya bisa dialokasikan ke pos-pos pengeluaran lainnya.

Planned Obsolescence is inevitable luxury cars≠more reliable
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 309
- Joined: Wed May 11, 2016 8:40
Re: Compact / city car nyaman
myvi gen sebelumnya pun sebenernya mesinnya badak karena sama persis xeniavanza, sayang bantingannya agak aneh karena keras tapi masih ada limbungnya, mungkin karena GCnya waktu itu ketinggian, nah di generasi ini jadi lebih ceper (150mm). Tapi kalau soal irit malah yang matic dalkotnya lebih irit dari agya 1.0 kalau menurut kaki saya ya. Sayang aja ga laku di sini.tonylomena wrote: Thu Sep 08, 2022 12:24 saya owner sirion 2020 dari baru
WhatsApp Image 2022-09-08 at 19.15.59.jpeg
memang benar seperti yang senior2 sampaikan disini bahwa harga 2nd nya jeblok, suspensi agak keras, NVH kurang baik (problem terselesaikan dengan pasang peredam full body + ganti karet2 pintu) dan tarikannya agak kurang.
Hal yang sangat positif dari mobil ini adalah: sangat irit, kabin luas terutama row kedua & super low maintenance.
dalkot saya bisa dapat 1:13-14, kalo mix 40% tol biasanya dapat 1: 17-19, bensin pertalite. Biasanya distance coverage ~350 - 400km baru minta isi bensin fulltank lagi.
maintenance cuma ganti oli + filter oli aja, sisanya dicover beres (pernah shock kiri belakang bocor atau rembes saya lupa, selang 1 minggu inden langsung diganti baru)
kabin row 2 juga luas & bagasi memadai (muat stroller + printilan toddler), ada port usb di sebelah jok driver + hook barang yang banyak.
memang mobil ini kurang laku, tapi kalau untuk dipakai jangka panjang, rasanya sangat worthed & kehematannya bisa dialokasikan ke pos-pos pengeluaran lainnya.
Beli seken adalah keputusan yang baik karena harganya jeblok. Imho kalau direbadge toyota jadi starlet misalnya, atau tetep produk kembar sama daihatsu mungkin bisa makan pasar brio RS. Untuk sparepart kayak shock masih inden ya om di bengkel resmi?
-
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 70
- Joined: Sat Feb 13, 2016 11:09
- Location: DKI Jakarta
- Daily Vehicle: scooter
Re: Compact / city car nyaman
saya pernah liat agya gr sport, pake jok yaris gr sport, proper sih sekilas dari fotoXMTdeluxe wrote: Thu Sep 08, 2022 12:06Mobil enteng begini kayaknya susah settingannya Om. Dibikin empuk limbung mentul2 dan mudah amblas, dibikin rigid keras kayak gerobak.pendoli wrote: Sun Aug 28, 2022 13:23Ayla/agya ni bisa dibikin mayan nyaman ga ya? Ada kombo shock n per yg oke kah? Kepikiran juga ganti jok ke volvo atau apalah yg tebelanXMTdeluxe wrote: Sat Aug 27, 2022 11:13
Ayla yang 1.2 R, harga baru 150 jt lebih sedikit dpt yg matic, manual lbh murah 12 juta. Dimensi panjang 3,66 meter, lebar 1,60 mtr. Ground clearance 180 mm sama dgn All New Ertiga lho. Keunggulan mutlak dibanding mobil lain, radius putar. Kelewatan cari alamat, puter balik gampang banget.
Jok sdh empuk, lumayan supportif dibanding yg 1000cc.
Kekurangannya posisi nyetir sdh fix, tinggi badan 170 cm ke atas sdh gak enak posisinya. Bantingan suspensi ya nggak empuk kalo dibandingkan reborn![]()
menarik juga buat mobil perang harian
Kalau jok sptnya pakai punya grand new xenia aja sdh proper banget. Tapi jok bawaannya not bad, better dibanding yg 1.0, karimun wagon R, datgo. Rasanya mirip2 duduk di jok ANRushter dgn setting headrest paling bawah.

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2982
- Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08
Re: Compact / city car nyaman
150jt boleh pertimbangkan Baleno Hatchback second tahun 2018an kalo ngga bermasalah sama desainnya.
Itu mobil empuk, jok jg cukup nyaman, fitur jg OK dan yg jelas usia nya relatif muda
Itu mobil empuk, jok jg cukup nyaman, fitur jg OK dan yg jelas usia nya relatif muda
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 61
- Joined: Fri Aug 09, 2019 6:02
- Daily Vehicle: Sirion 1NR VE - HRV L15ZF
Re: Compact / city car nyaman
daimler wrote: Thu Sep 08, 2022 17:41Wah menarik om review daily usenya. Kira2 klo buat jangka panjang nyari spare partnya bakal susah ga ya?tonylomena wrote: Thu Sep 08, 2022 12:24 saya owner sirion 2020 dari baru
WhatsApp Image 2022-09-08 at 19.15.59.jpeg
memang benar seperti yang senior2 sampaikan disini bahwa harga 2nd nya jeblok, suspensi agak keras, NVH kurang baik (problem terselesaikan dengan pasang peredam full body + ganti karet2 pintu) dan tarikannya agak kurang.
Hal yang sangat positif dari mobil ini adalah: sangat irit, kabin luas terutama row kedua & super low maintenance.
dalkot saya bisa dapat 1:13-14, kalo mix 40% tol biasanya dapat 1: 17-19, bensin pertalite. Biasanya distance coverage ~350 - 400km baru minta isi bensin fulltank lagi.
maintenance cuma ganti oli + filter oli aja, sisanya dicover beres (pernah shock kiri belakang bocor atau rembes saya lupa, selang 1 minggu inden langsung diganti baru)
kabin row 2 juga luas & bagasi memadai (muat stroller + printilan toddler), ada port usb di sebelah jok driver + hook barang yang banyak.
memang mobil ini kurang laku, tapi kalau untuk dipakai jangka panjang, rasanya sangat worthed & kehematannya bisa dialokasikan ke pos-pos pengeluaran lainnya.secara klo unit yg terjual jg ga terlalu banyak, yg udh2 perlu usaha lebih buat nyari spare partnya di kemudian hari
kalo sparepart mesin, karena ini mesin yang sama dengan avxen harusnya gak ada masalah
untuk sektor yang lainnya sih cepet ya, selama 2 tahun make gak pernah ganti sparepart apapun kecuali shock kiri belakang aja, cuma inden 3 harian tapi saya baru sempet ke beresnya 1 minggu kemudian
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27644
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Compact / city car nyaman
Jok agya ayla (bahkan yg 1000 cc) wajip di bekleed ulang, minta tambahin busa d bagian duduk ama punggung, udah enak koqXMTdeluxe wrote: Thu Sep 08, 2022 12:06Mobil enteng begini kayaknya susah settingannya Om. Dibikin empuk limbung mentul2 dan mudah amblas, dibikin rigid keras kayak gerobak.pendoli wrote: Sun Aug 28, 2022 13:23Ayla/agya ni bisa dibikin mayan nyaman ga ya? Ada kombo shock n per yg oke kah? Kepikiran juga ganti jok ke volvo atau apalah yg tebelanXMTdeluxe wrote: Sat Aug 27, 2022 11:13
Ayla yang 1.2 R, harga baru 150 jt lebih sedikit dpt yg matic, manual lbh murah 12 juta. Dimensi panjang 3,66 meter, lebar 1,60 mtr. Ground clearance 180 mm sama dgn All New Ertiga lho. Keunggulan mutlak dibanding mobil lain, radius putar. Kelewatan cari alamat, puter balik gampang banget.
Jok sdh empuk, lumayan supportif dibanding yg 1000cc.
Kekurangannya posisi nyetir sdh fix, tinggi badan 170 cm ke atas sdh gak enak posisinya. Bantingan suspensi ya nggak empuk kalo dibandingkan reborn![]()
menarik juga buat mobil perang harian
Kalau jok sptnya pakai punya grand new xenia aja sdh proper banget. Tapi jok bawaannya not bad, better dibanding yg 1.0, karimun wagon R, datgo. Rasanya mirip2 duduk di jok ANRushter dgn setting headrest paling bawah.
Bawaan ga enak karena bahan kain nya tralu lentur, jadi nya ga megang busa nya dan gampang sobek
numpang lewat aja....

