Re: New ANPS, VRZ 2017 atau VNT 2014?
Posted: Sun Jun 12, 2022 14:16
lintas sumatra yang kondisi jalannya biadab itu jambi - palembang, apakah om TS itu melalui jalur ini?
Indonesian Automotive Discussion Forum
https://www.serayamotor.com/diskusi/
Jalur saya palembang - bengkulu om. Mungkin sedikit lebih mulus, tapi banyak kelokan.AbdulHakim wrote: Sun Jun 12, 2022 14:16 lintas sumatra yang kondisi jalannya biadab itu jambi - palembang, apakah om TS itu melalui jalur ini?
owh pantesan, banyak kelokan jalur Plg - Bengkulu, iya kalo gitu wajib yg akselerasinya instan om. bikin pede kalo mo nyalip.biznatch wrote: Sun Jun 12, 2022 14:22Jalur saya palembang - bengkulu om. Mungkin sedikit lebih mulus, tapi banyak kelokan.AbdulHakim wrote: Sun Jun 12, 2022 14:16 lintas sumatra yang kondisi jalannya biadab itu jambi - palembang, apakah om TS itu melalui jalur ini?
dibatasinnya 60 liter per hari, itu mah sama aja kyk ga dibatasi ombiznatch wrote:alexand wrote: Sun Jun 12, 2022 10:31 Fortuner 2.8 tarikan bawahnya lebih kuat dari ANPS
yg di concern sama TS itu enak buat nyalip kan, jadi mending 1GD aja
tapi entah mesin 1GD ini bisa kuat di isi dexlite terus / harus di kasih minum pertamina dex
kalo mau rajin bisa pakai https://www.hotshotsecret.com/everyday- ... treatment/ biar tahan di isi solbus
Siap makasih masukannya om. Iya, isu solar dibatasi masih belum bisa ngegoyang harga vrz dan vnt bekasmike22 wrote: Sun Jun 12, 2022 11:50 Menurut saya ambil VNT kl mau isi solar goceng. Tanggung jg ambil vrz seken karena blm vsc dan emg harganya lagi tinggi2nya (dulu pas pandemi pernah di 380an).
Kl saya sih prefer innova V 2.4 baru saja om, kabarnya kan ini kijang terakhir yg RWD diesel.
kebetulan saya ex user xpander dan vrz. sekarang pakai reborn diesel matic dan sudah pernah test drive ANPS dan VNT juga. kalo dari xpander ya semua kandiat bakal upgrade secara tarikan. dan juga yg om bilang bener, xpander tarikan bawahnya memang agak kurang, kebetulan pernah pakai dari 2017 - dijual akhir 2020. sama berdasarkan pengalaman saya, saya coba bantu jawab yabiznatch wrote: Sat Jun 11, 2022 22:12 Halo rekan-rekan SMers,
As subject, mohon masukan terkait ketiga mobil tersebut.
Latar belakang
Setelah beberapa tahun tersiksa pakai Xpander yang sukses bikin saya selalu deg-degan tiap kali mau nyalip truk di jalan lintas sumatera, saya putuskan untuk mengganti Xpander dengan SUV ladderframe yang lebih bertenaga namun tetap nyaman untuk bawa istri dan balita saya di kursi belakang. Awalnya, pilihan jatuh ke ANPS facelift yang menurut saya lebih ganteng dan safetynya lebih lengkap daripada fortuner 2.8.
Namun ketika uang udah siap dan mau SPK, jiwa frugal saya belum siap untuk membayar 600jt demi alat transportasi yang yang utilitasnya relatif rendah bagi saya (mobil hanya dipakai rata-rata 2 kali sebulan untuk perjalanan 500km PP antar kabupaten di sumatera, sementara sehari-hari saya cukup pakai motor). Dengan perkembangan jasa inspektor mobkas yang sekarang bikin beli mobkas jadi lebih terjamin, akhirnya saya coba pertimbangkan alternatif mobkas berikut:
Fortuner VNT
Ada 2 target, keduanya tahun 2014 dengan odo 38rb dan 58rb. Harga sekitar 315jt.
Pros :
+ Modelnya eksteriornya saya suka
+ Badak, spare part gampang
+ bisa hemat hampir 300jt
Cons :
- 315 jt untuk mobil tahun 2014 kok rasanya kemahalan ya?
- Dashboard dan fiturnya udah mulai termakan usia
- Design interior utilitarian, takutnya penumpang belakang ngerasa di-downgrade dibanding Xpander
- Meskipun saya udah siap dengan biaya lebih untuk perawatan, tapi mungkin kesulitan cari waktu kalo harus sering ke bengkel
Fortuner VRZ improvement
Targetnya VRZ NIK 2017 yang udah double disc dengan odo 40rb. Harga sekitar 425jt.
Pros :
+ Interior mewah
+ Walaupun bekas, tapi mungkin lebih worry free daripada VNT
Cons:
- Apakah VRZ tahun segitu masih ada masalah putu jedug?
- Rasanya sedikit tanggung, 425jt untuk mobkas berumur 5 tahun demi hemat <200jt
Mohon saran mana yang paling worth it untuk saya ambil: VNT dengan concern usianya, VRZ yang rasanya tanggung atau bite the bullet ambil ANPS baru? Yang terpenting bagi saya adalah tenaganya cukup untuk nyalip truk-truk panjang di lintas sumatera yang jalannya cuma 2 ruas namun tetap manusiawi bagi penumpang belakang. Untuk BBM, di area saya gak ada biosolar dan pertadex cuma ada di ibukota provinsi. Jadi kemungkinannya akan rutin diisi dexlite. Oh ya, saya penganut aliran standaran, jadi gak ada rencana untuk modif2 termasuk remap/ desktek, dll.
Why not dakar <2017? Nyari unitnya lebih susah dari nyari fortuner dan selisih harganya yang lumayan tinggi. CRV/CX5? Kenceng, nyaman, tapi kaki-kaki pasti cepet nyerah dengan kondisi jalan di sini. MPV? No, cuma mau SUV jadi jangan ada Inova Diesel diantara kita![]()
Terima kasih sebelumnya![]()
Iya om, udah sempat liat2 CRV 2.4 juga. Cuma dengan pertimbangan merawat toyota tua lebih mudah dari honda tua, saya coret dulu CRV nya.AbdulHakim wrote: Sun Jun 12, 2022 14:36 owh pantesan, banyak kelokan jalur Plg - Bengkulu, iya kalo gitu wajib yg akselerasinya instan om. bikin pede kalo mo nyalip.
tapi kalo ladder frame limbung, kesian yg di row 2 om, kalo saya siy tetep prefer suv monokok yaitu CRV RM gen-4 facelift belum pake cvt soalnya.
ctopher7 wrote: Sun Jun 12, 2022 15:02 dibatasinnya 60 liter per hari, itu mah sama aja kyk ga dibatasi om
fortuner saya isi maksimal stengah tanki uda balik pom pasti. itu aja bisa pake 1.5 - 2 minggu. kalo innova lebih irit lagi karna bodynya lebih enteng
btw kenapa ga inova diesel matic aja om?
Wah makasih banyak om pboyz. Lengkap banget nih penjelasannyaPboyz97 wrote: Sun Jun 12, 2022 16:15 .....
finally kami memutuskan untuk menjual VRZ tersebut dan digantikan oleh reborn diesel, yg saya rasakan adalah lebih nyaman di row 2nya dibanding VRZ kami sebelumnya dan VNT + ANPS yg sudah pernah saya test drive sebelumnya , walaupun kalo driving feel masih lebih enak 3 itu dibanding reborn menurut saya
kalo opsi alternatif lain, bisa pertimbangkan OPS dakar 2014-2015
lah.. ini om kompresorz juga ya?vanosz wrote: Mon Jun 13, 2022 1:11 beli voxy baru aja gans,itu mesin barunya kencang,dan mobil begtu gak ada duanya buat kenyamanan,
jangan beli lader kalo buat keluarga,apalg ada bayi,
serius gans,
perempuan rumah ane aja kerja gak mau bawa lader,mual ktnya,![]()
maunya naik bus,
Screenshot_20220613-081030_Gallery.jpg
ini dilemma yang gak dialami oleh orang yang suka nyaranin inivi disil mitic dan kebo diesel, dan akhirnya ada juga yang nyadar kalo resale value nya terlampau gak waras untuk mobil seusianya. might as well dibilang "tergoreng".Namun ketika uang udah siap dan mau SPK, jiwa frugal saya belum siap untuk membayar 600jt demi alat transportasi yang yang utilitasnya relatif rendah bagi saya (mobil hanya dipakai rata-rata 2 kali sebulan untuk perjalanan 500km PP antar kabupaten di sumatera, sementara sehari-hari saya cukup pakai motor). Dengan perkembangan jasa inspektor mobkas yang sekarang bikin beli mobkas jadi lebih terjamin, akhirnya saya coba pertimbangkan alternatif mobkas berikut:
Fortuner VNT
- 315 jt untuk mobil tahun 2014 kok rasanya kemahalan ya?
Fortuner VRZ improvement
- Rasanya sedikit tanggung, 425jt untuk mobkas berumur 5 tahun demi hemat <200jt
Bengkulu Palembangbiznatch wrote: Sun Jun 12, 2022 14:22
Jalur saya palembang - bengkulu om. Mungkin sedikit lebih mulus, tapi banyak kelokan.
wah makin banyak yg nyaranin 2.8GR nih, banyak banget ternyata di sini fansnyawalid_007 wrote: Mon Jun 13, 2022 0:52 2.8GR baru
joss
beli toyota 2nd and in case pjero 2nd trll overprice
harga ga beda jauh dr baru
dan mobil bekas tempur smua
Wah jangan om, selain gak suka sama MPV roti tawar, mobilnya pasti gasruk kalo dibawa di daerah saya.vanosz wrote: Mon Jun 13, 2022 1:11 beli voxy baru aja gans,itu mesin barunya kencang,dan mobil begtu gak ada duanya buat kenyamanan,
Either Xpandernya manual, atau dia udah ambil ancang2 dari 1 km itu mungkin omPoporing wrote: Mon Jun 13, 2022 2:08 sy baru tau klo xpander lemot.. sy kira kenceng.. karena sy pernah disalip ama xpander ngebut 2 kali...
keseringan sy disalip disel ladderframe...
*curhatan dari orang yg pengen beli H1 disel, tp maju mundur karena banyak baca cerita org di grup fb komunitas, susah nyari disel goceng pas di kota2 kecil*
YES! YES! YES! akhirnya ada juga yang address alasan utama saya buat thread ini. Yaitu "worth it" atau tidaknya ketiga opsi tersebut dan financial implication ketika beli mobil.ChZ wrote: Mon Jun 13, 2022 2:42 ini dilemma yang gak dialami oleh orang yang suka nyaranin inivi disil mitic dan kebo diesel, dan akhirnya ada juga yang nyadar kalo resale value nya terlampau gak waras untuk mobil seusianya. might as well dibilang "tergoreng".
600jt brand new
vs
300-400jt untuk mobil usia 5-10thn. dengan kasaran itungan harga fortuner sekarang artinya Fortuner usia 10 thn pun baru terdepresiasi 50%, kasarnya 4-5% per tahun.
minus beli baru jelas, di momen 1 detik pertama deal salaman dengan sales lalu keluar showroom harganya udah turun. ini tidak dialami mobil bekas. mobil bekas mau dijual harga sama pun masih bisa asal masih di tahun yang sama. nggak rugi, tapi pertimbangannya begini :
baik VNT atau VRZ saya sangat yakin bukan mobil garage queen. kemampuan nenggak biosolar 5150 itu jelas sebagian besar akan jadi mobil operasional pemilik sebelumnya. dan 5 - 10 tahun? apa yang terjadi selama waktu itu kita juga tidak ngerti. iya betul dapet barangnya 300-400juta, tapi abis itu maintenance dan wearable parts juga pasti costly. slow moving mulai minta jajan, ban udah mulai minta jajan.
ya sudah rough estimate +-30juta untuk perbaikan artinya di akumulasi jadi biaya extra lagi. belom repot-repotnya nanti kalo mau dipake, eh mobilnya malah masih antri di bengkel krn bengkelnya dekat-dekat liburan rame krn kalau baca postnya ini mobil akan dipake cuma untuk liburan dan weekend saja kan?
nah dengan rate penurunan segini dan randomnya kualitas barang, 600 juta-an di awal beli ANPS baru jadi kedengeran sangat reasonable krn 5 tahun pertama nyaris gak perlu mikir apa-apa, mobil pake tinggal greng. servis masih ditanggung dealer (tiga berlian dapet free servis 4 tahun kalo gak salah). apalagi kalo mobil cuma akan dipake jarang-jarang kan enakan beli baru.
Siap makasih masukannya om. Sebenernya saya cari unitnya di jakarta, tapi ya sama aja. Kalo unit sumatera takut bekas tambang/kebun sawit, unit jakarta takut bekas banjir dan travelMamang555 wrote: Mon Jun 13, 2022 2:52 Btw, mungkin kalo areal Sumatra, saya sarankan beli baru saja
Lebih tenang. Karena biasanya, mobil2 ladder di Sumatera kadang dibawa blusukan masuk kebun sawit
Udah ngalamin kepater di jalanan tanah dan kolong2 jangan2 udah bolak balik kepentok batu
Sebenernya Innova G MT diesel aja enak. Harga masih termasuk reasonable.. tapi ini kan ga dipilih ya.. hehehe
Just imho
Ahh, ide yang menarik, HRV turbo. Makasih masukannya om.silentIm2 wrote: Mon Jun 13, 2022 3:03 Kalo milih antara baru dan bekas, mending ambil baru sih om, walopun 'hanya' yg 2,4 G. Karena kalo baru masih garansi and worry free. Mobil 1,5 liter NA sekarang untuk kelok2 menanjak memang agak mengkhawatirkan, bukannya makin cepet malah makin selow, karena mereka mengejar efisiensi, tapi teknologi mesin masih sama 10 tahun yang lalu. Prinsip cost/tech-efficiency-performance - pick 2, masih berlaku.
Kalo ga perlu baris 3 sih saya suggest HRV turbo / Mazda CX3 / Kia Seltos, mengapa? 1. Performa sangat2 cukup untuk menyalip truk. Apalagi kalo yg turbo (CX3 masih NA). 2. Kaki2 belakang torsion beam lebih simpel dan rugged untuk perjalanan jalan rusak dibanding multilink, anggap saja seperti live axle tapi untuk FWD. 3. Kaki2 depan macpherson lebih simpel daripada double wishbone di Fortuner. Tapi berat mesin lebih ringan, jumlah bushing lebih sedikit dan bisa dibuat lebih besar, sehingga bisa saja lebih awet macpherson. bisa dibandingkan lebih sering bunyi2 suspensi depan innova atau hatchback setelah 150 ribu km. Itu juga alasan mobil WRC tetap pakai macpherson untuk suspensi depan (walopun dimodif karena beban kerja jauh lebih berat daripada standar). 4. Akurasi dan feel steering tetap lebih tajam monokok hatchback SUV daripada ladder, bikin manuver mepet2 lebih mudah. Tentu faktor utama ada di skill driver sih.
yah se tangguh tangguhnya itu duo gajah bekas ngisi 5150, gak ada yang bilang injektor dan fuel systemnya tidak perlu diservis kan? ya cerita di permukaan pada bilang oh kuat kok injektornya gak rusak bla bla bla, yang males kan kalo apes rontok keluar puluhan juta kita mau claim warranty ke siape? A2k mau sehebat apapun nego nya itu udah lewat masa garansi baru dateng udah auto tolakbiznatch wrote: Mon Jun 13, 2022 7:01
YES! YES! YES! akhirnya ada juga yang address alasan utama saya buat thread ini. Yaitu "worth it" atau tidaknya ketiga opsi tersebut dan financial implication ketika beli mobil.
Saya sangat sepakat dengan istilah "tergoreng" yang digunakan. Selama ini saya terbiasa pakai angka 10-15% untuk (conservatively) hitung depresiasi kendaraan bermotor. Makanya saya cukup kaget ketika hitung depresiasi kasar Vnt dan Vrz yang sebegitu kecilnya.
Terima kasih banyak masukannya om Chz![]()
kalo beli baru sekarang mendingan beli INNOVA diesel deh om mumpung belom discountinueChZ wrote: Mon Jun 13, 2022 7:54
yah se tangguh tangguhnya itu duo gajah bekas ngisi 5150, gak ada yang bilang injektor dan fuel systemnya tidak perlu diservis kan? ya cerita di permukaan pada bilang oh kuat kok injektornya gak rusak bla bla bla, yang males kan kalo apes rontok keluar puluhan juta kita mau claim warranty ke siape? A2k mau sehebat apapun nego nya itu udah lewat masa garansi baru dateng udah auto tolak![]()
makin menguatkan lagi alasan buat keduanya jadi tidak worth dibeli dengan harga setinggi itu![]()
klo saya sih mikirnya 600jt gpp buat investment jangka panjang ajah, itung2 kalo mobilnya masih bagus kan bisa dipake sampe >5 tahunliat mobil masih kinclong 5 thn kemudian tuh bisa mengurangi hasrat untuk ganti ke model baru krn liat mobil2 baru jadi kemahalan.
koreksi dikit Om...yang biadab itu di bagian provinsi sumatra selatan nya .AbdulHakim wrote: Sun Jun 12, 2022 14:16 lintas sumatra yang kondisi jalannya biadab itu jambi - palembang, apakah om TS itu melalui jalur ini?
betul sekali..ilhami wrote: Mon Jun 13, 2022 10:03koreksi dikit Om...yang biadab itu di bagian provinsi sumatra selatan nya .AbdulHakim wrote: Sun Jun 12, 2022 14:16 lintas sumatra yang kondisi jalannya biadab itu jambi - palembang, apakah om TS itu melalui jalur ini?![]()
Memang tak bisa dipungkiri, seolah-olah sudah menjadi suatu hal yg wajar, memalukanilhami wrote: Mon Jun 13, 2022 10:03koreksi dikit Om...yang biadab itu di bagian provinsi sumatra selatan nya .AbdulHakim wrote: Sun Jun 12, 2022 14:16 lintas sumatra yang kondisi jalannya biadab itu jambi - palembang, apakah om TS itu melalui jalur ini?![]()
Yupp, bener banget om..ilhami wrote: Mon Jun 13, 2022 10:03koreksi dikit Om...yang biadab itu di bagian provinsi sumatra selatan nya .AbdulHakim wrote: Sun Jun 12, 2022 14:16 lintas sumatra yang kondisi jalannya biadab itu jambi - palembang, apakah om TS itu melalui jalur ini?![]()