mhbbi wrote: Mon May 02, 2022 16:11
selamat malam serayamotor, selamat hari raya idul fitri 2022, mohon maaf lahir batin
Saya sekarang pakai xpander 2019 at untuk mobil keluarga, tapi dengan posisi jalan perumahan saya yang bergelombang dan sering berlubang jadi mobil ini terasa kurang nyaman karena terasa body roll, gedubrakan, gludug gludug dan rattle di dashboard dan bagian belakang sekitar bagasi dan knalpot, padahal kondisi kaki-kaki sehat termasuk shock aman tidak bocor
(untuk bunyi panel dashboard ada tutorialnya di youtube DIY nya tapi belum sempat garap)
pengalaman punya mpv 1500cc avanza, mobilio, ertiga sampai grand livina hampir sama aja feelnya terkendala di built quality
nah kira-kira apa lebih baik diakali atau trade in ganti mobil yang lebih nyaman ya om ?
kriteria kalau bisa 3 baris dan size compact, bantingan tidak harus empuk yang penting "dewasa" ac double blower diutamakan, built quality bagus dan bisa minum pertalite dan dana maksimal melar ke 250jutaan.
kalau saya liat review youtube sih ada beberapa mobil yang ada dalam pikiran saya, walaupun tetap saya harus test drive sendiri karena feel bantingan di jalan gelombang dan aspal mulus rasanya beda
1. Outlander sport pernah punya, fit and finish bagus dan model timeless tapi minus cuma 2 baris, tidak double blower, bagasi kecil, tarikan boyo dan possible cvt problems
2.Kijang Innova reborn, pernah punya versi diesel dan menurut saya rasa bantingan cukup nyaman dan tidak ada rattle tapi minus size besar, nosedive saat ngerem sangat terasa, akses baris kedua sulit untuk orang tua saya dan harga seken lagi meroket
3. mazda biante skyactiv, tertarik karena mengacu ke built quality mazda 2 sky saya yang bebas rattle padahal km lebih tinggi daripada xpander, tapi minus running cost cukup besar karena 2 mobil bakal perlu isi pertamax keatas dan oli matic q8 auto mv dexron 6.
4. nissan serena c26, nyaman tapi udah banyak yang tumbang transmisi cvt nya.
5.toyota camry xv40 fl/xv50, orangtua sempat tanya-tanya harga sekennya, tapi rasanya kurang tepat beli mobil cc besar yang cukup berumur disaat bbm lagi mahal disamping pajaknya juga cukup mahal
6. corolla altis E170, desain bagus dan tidak nambah banyak dari xpander tapi gaada kisi ac belakang
7. pertahankan xpander karena masih free servis dan cari bunyi-bunyian tsb dan ganti ban yang lebih nyaman ? apakah ban bagus bisa meningkatkan kenyamanan secara signifikan ? nah kalau ban yang empuk buat xpander apa ya om ?
terimakasih banyak atas replynya
kalo udh pernah punya ertiga aja masih nyari yg nyaman ya agak susah ya, terutama buat kelas LMPV 1.500 cc, kebetulan saya ex user avxen 5x dan xpander ulti 2017 juga , pernah nyobain semua LMPV dan juga sekarang pakai ANKI Reborn G diesel at 2018
kalo nyari yg lebih nyaman daripada xpander ya kalo mau yg 1 kelas, ya ertiga dan livina, karena 2 itu menurut saya adalah LMPV yg paling nyaman dikelasnya. kalo innova reborn ya buat saya pribadi cukup nyaman, tapi , tergantung biasa pake mobil apa dulu, saya sendiri bilang innova reborn cukup nyaman karena biasa bawa avxen, xpander, jazz, yaris, dan fortuner. om saya yg punya reborn bensin matic pun bilang hal yg sama, karena biasa make jazz, sx4, avanza, rush. intinya kalo om biasa make LCGC, LMPV, LSUV, crossover, hatchback or sesama mobil ladder frame ya bakal nyaman2 aja, tapi kalo dibandingin sm mobil monokok kaya crv, cx5, altis, camry, voxy or serena sm biante ya reborn gabakal berasa nyaman. seperti ibu saya contohnya, biasa make crv , cx5 sm udh nyobain voxy dan serena, begitu naik reborn gak nyaman samsek bantingannya wkwkwk
kalo nyari yg nyaman ya kalo dari saya, paling pilihannya altis, camry xv50 or xv40 sm serena. karena kalo biante, bantingannya cukup keras dan gak nyaman buat ukuran mpv roti tawar compared to serena, kebetulan udh test drive dua duanya dan jauh lebih nyaman serena kalo row 2 dibanding biante, kalo biantenya itu sendiri lebih cocok buat nyetir sendiri or duduk didepan menurut saya, walaupun 2 mobil itu bantingannya masih lebih nyaman dibanding xpander or innova reborn
kalo nyari altis or camry ya mesti sabar, karena kalo di jakarta, banyak yg dijadiin armada pt sm rental + workhorse ownernya juga, jadi yg kondisinya cape dan gak karuan banyak. kalo altis wajib ambil yg 1.8 V dan juga kalo camry xv40 or xv50 wajib ambil yg V, karena beda fiturnya lumayan sm yg tipe G menurut saya, kalo XV40 FL yg bagus juga agak susah, rata2 dasbornya udh pada retak or pecah, udh pindah tangan entah ke brp kali, bekas modif + rack steering sm mesin udh pada rembes2 wkwkwk . camry or altis kalo bisa cari yg full ori luar dalam dan sukur2 dapet yg masih tangan pertama dari baru, bayar lebih mahal gak masalah asal bagus dan minim pr daripada asal murah tapi banyak PRnya, kalo mau cek unit wajib bawa inspektor or kenalan yg ngerti mobil kalo masih awam, jadi potensi dapet unit jelek bisa diminimalkan
kalo saya pribadi, kalo mau yg mainstream, bisa lirik innova reborn bensin matic, kalo biasa make xpander ya bantingannya 11 12, lebih nyaman reborn dikit, tapi driving feelnya masih enakkan xpander + kenyamannya juga masih dibawah livina dan ertiga (kebetulan om saya punya reborn bensin matic, saya sendiri pernah punya xpander selama 3 tahun dan udh pernah td livina + ertiga juga) . plusnya reborn bensin matic, kalo nyari sekennya dapet tahun paling muda diharga sama dibanding varian lain + lebih mudah jg nyari yg kondisinya bagus dibanding varian lainnya menurut saya. minusnya ya cuma ada di konsumsi bbm + tenaga yg berasa under power, apalagi kalo udh pernah pake reborn diesel. tapi kalo gabutuh2 amat tenaga dan tarikan sm konsumsi bbm gak masalah yg masih worthed lah, walaupun dibanding biante, c26, camry sm altis, masih lebih nyaman 4 itu dibanding reborn wkwk
kalo masalah kurang nyaman ya, memang betul oom, kebetulan juga pernah pake xpander ultimate 2017 selama 3 tahun, yg saya rasakan memang kurang nyaman, apalagi kalo biasa make ertiga sm livina, tapi kalo biasa make avxen dan mobilio/ brv ya berasa lebih nyaman itu xpander, karena menurut saya, bantingan xpander itu ada di tengah2, nyaman gak begitu tapi keras juga gak begitu, kebetulan saya udh pernah nyobain semua lmpv 1.500 cc sm pernah punya avxen juga hehehe . kalo rattle ya hoki2an ya, punya saya dulu sampe dijual tahun 2020 lalu sih gaada rattle samsek ya, paling cuma ganti kompresor ac sm idle up doang, sisanya masih aman2 aja
kalo mau mempertahankan xpander, coba aja cari bunyi2an itu, apalagi masih garansi , coba aja ke beres, kalo bolak balik 3x gak solved, bisa pertimbangkan ke spesialis, di jakarta cukup banyak kok yg bisa handle xpander ini menurut saya. atau gak bisa juga diganti shocknya atau pernya yg lebih empuk, sm ganti ban yg bukan eco2an juga bisa jadi opsi yg cukup membantu menurut saya