Jadi Yarisnya dijual bro? Syukurlah keluarga semua baik baik aja.b0ku wrote:kayak kasus saya dulu pake yaris bakpao 3 bulan pake selalu nabrak kiri ada kali 4x terakhir yang bikin kapok gak ada angin gak ada apa tiba2x ada motor kena saya dikiri sampe tepar, sebelomnya juga sama nyokap lagi puter balik ada motor nyelonong dari jalur busway kena kiri ampe saya di keroyok orang di jalan untung yang naek motor ngaku itu salah dia, abis itu kapok ganti freed yang di rumah aja![]()
tapi emang yaris blind spotnya parah sih buat mobil kecil ditambah respon setirnya juga jelek gitu saya pake GE8 ud 5th gak pernah nabrak
Minta opini dan saran tentang mobil ditabrak dari belakang beberapa kali
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 51
- Joined: Fri Oct 21, 2005 12:53
- Location: Jakarta
Re: Minta opini dan saran tentang mobil ditabrak dari belakang beberapa kali
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 51
- Joined: Fri Oct 21, 2005 12:53
- Location: Jakarta
Re: Minta opini dan saran tentang mobil ditabrak dari belakang beberapa kali
Terima kasih atas sharingnya om Omnibus. Luar biasa wejangannya. Kasus saya di depan sdh tdk ada ruang utk maju karena posisi macet atau mobil depan berhenti krn lampu merah. Tp kedepan sy akan coba ttp tekan pedal rem biar lampu rem nya nyala. [emoji120]Omnibus wrote:turut simpati apalagi ditabraknya dlm keadaan berhenti dan bukan lg ugals abis itu rem mendadak. bbrp kebiasaan sy yg bisa sy share dgn jij dan bbrp temen2 disini adalah sbb: (ya elah baku banget bahasa nya [emoji2960])
1. setelah mobil berhenti di lampu merah, biasakan kaki tetap menginjak rem supaya lampu rem tetap menyala dan posisi gigi tetap di D utk matic atau gigi 1 utk manual. tujuannya spy org yg dibelakang kita tau kl mobil kita dlm keadaan braking atau bahkan full stop. mrk jd lebih aware. ini sangat penting terutama ketika the next car di belakang kita msh sangat jauh dan msh dlm speed cukup tinggi spt di jalan2 raya protokol lebar spt bypass. jika kita berhenti dan kaki tidak tetap menginjak rem sehingga lampu rem tdk menyala, besar kemungkinan mobil yg msh melaju di belakang kita (kl jaraknya jauh) menganggap mobil kita msh melaju juga. dan akhirnya dia telat ngerem. itu kalau dia ga bengong/ngantuk, kalau ini beda urusan.
2. biasakan lihat ke belakang. melanjutkan no 1 di atas, jika ketemu kondisi ada ciri2 mobil belakang ga slowing down, maka siap2 utk maju perlahan (ini gunanya persneling msh in-gear). kalaupun benturan tdk terhindarkan, paling tidak damage nya berkurang dgn mobil kita ikut maju meski perlahan. maka itu penting mengatur jarak di setopan. sukur2 bisa pindah jalur dgn sigap. minusnya, sering diselipin motor. jd ya kira2 aja atur jaraknya.
3. kalau di belakang kita sdh terisi bbrp mobil, barulah kita bisa dgn aman tidak menginjak lagi pedal rem, pasang rem tangan (parking brake), dan switch ke netral. itupun sy msh curi2 pandang ke blkg takut2 ada truk gandeng yg ngeblong. yes memang agak parno tp kan utk kebaikan kita juga.
4. rajin2lah cek lampu rem kita apakah nyala atau tidak. sudah sering sekali kita ketemu mobil depan kita yg lampu remnya mati. ada yg mati sebelah, ada yg mati dua2nya cuma sisa third brake light yg di pintu tengah atas, dan kemaren baru ketemu kebalikannya yg dua2nya hidup tp third brake light mati. yg paling parah lampu rem mati semua. meskipun mobil ga pernah servis ke bengkel, biasakan lampu rem dicek secara berkala. kl males banget bisa ikuti cara ini; parkir mundur di sebuah ruko yg ada kaca pintunya, lalu lihat dr kaca spion tengah pantulan mobil kita kan lampu remnya kelihatan nyala semua ngga. ini penting bukan cuma utk keselamatan pribadi tp juga keselamatan org lain. meski sy cukup yakin mobil TS lampu remnya baik2 saja krn mobil msh relatif baru but ga ada salahnya double check.
kalau mobil sdh ga merasa nyaman utk kita kendarai lagi krn saking seringnya terlibat accident, maka demi alasan sugesti krn konon katanya ada istilah "pemain sugesti", maka sebaiknya demi kesehatan jiwa ya mobilnya diganti.
semoga bermanfaat sedikit sharing ini.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 51
- Joined: Fri Oct 21, 2005 12:53
- Location: Jakarta
Re: Minta opini dan saran tentang mobil ditabrak dari belakang beberapa kali
Kendaraan sdh diasuransikan cuma pertimbangan saya jika hrs masuk bengkel setiap tahun minimal sekali, saya rada enggan ngurusin proses claim dan mindahin masukin barang barang plus recoating mobil lagi. Ditambah urus ganti registrasi langganan parkir di apartemen dgn mobil pengganti. Lain halnya kalau salah saya yg mengakibatkan tabrakan itu terjadi.marmut wrote:turut prihatin buat TS.
terlepas apa penyebabnya, inilah pentingnya waspada di manapun dan (bukan sales bukan promosi) asuransi.
tulisan mbah Omnibus boleh disimak baik-baik sebagai bahan renungan.
Omnibus wrote: Tue Oct 05, 2021 1:55
3. kalau di belakang kita sdh terisi bbrp mobil, barulah kita bisa dgn aman tidak menginjak lagi pedal rem, pasang rem tangan (parking brake), dan switch ke netral. itupun sy msh curi2 pandang ke blkg takut2 ada truk gandeng yg ngeblong. yes memang agak parno tp kan utk kebaikan kita juga.
sebagai pengemudi sudah seharusnya memantau situasi depan belakang kiri kanan kapanpun dan dalam keadaan apapun.
itulah guna cermin di mobil, bukan untuk bersolek saja.
jadi, ngana bukan parno mbah, tapi ngana sudah melakukan hal yang tepat dan benar.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 51
- Joined: Fri Oct 21, 2005 12:53
- Location: Jakarta
Re: Minta opini dan saran tentang mobil ditabrak dari belakang beberapa kali
Selama ini pas saya pake mobil lain aman aman aja.trebla88 wrote:berati di daerah/jalan yg mobil ts lalui jalurnya rawan
klo soal klenik sih bukan, coba aja ganti mobil kayanya tetep bisa kena mobil apa pun itu kalau lg apes
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 51
- Joined: Fri Oct 21, 2005 12:53
- Location: Jakarta
Re: Minta opini dan saran tentang mobil ditabrak dari belakang beberapa kali
Turut prihatin om ChZ. Kalo expander boleh dipasangin guard bar tuh om.ChZ wrote:masih lebih sering ekpandir silver saya dihajar motor dari belakang.... di 6 bulan pertama pemakaian tuh uda 2x.
ampe skrg uda jalan 2 taon ya langganan diseruduk. byk orang tolol di jalan bodo amat lah mobil dipake, kerja di daerah industri lagi makin banyak variabelnya
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 51
- Joined: Fri Oct 21, 2005 12:53
- Location: Jakarta
Re: Minta opini dan saran tentang mobil ditabrak dari belakang beberapa kali
Mobil beli dari baru sih. Selalu disayang dan dirawat dgn sepenuh hati. [emoji51]himaatoo wrote:Om beli dari baru apa second om?
Ane pernah denger ada yang bilang kalo pemilik kendaraan udah pernah ngata-ngatain atau ngejelek-jelekin kendaraannya, kedepannya kendaraannya bakalan ada aja problemnya.
Kalo misal second, sesuai teori ngawur di atas, apa mungkin owner sebelumnya pernah begitu ke mobilnya, atau mungkin om / keluarga yang begitu.
Mohon jangan dihujat, hanya menyampaikan teori ngawur saja, cuma denger dari temennya tetangga
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11783
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Minta opini dan saran tentang mobil ditabrak dari belakang beberapa kali
you're most welcome om. semoga kedepannya aman2 saja.trdguy wrote: Tue Oct 05, 2021 8:38 Terima kasih atas sharingnya om Omnibus. Luar biasa wejangannya. Kasus saya di depan sdh tdk ada ruang utk maju karena posisi macet atau mobil depan berhenti krn lampu merah. Tp kedepan sy akan coba ttp tekan pedal rem biar lampu rem nya nyala. [emoji120]
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 820
- Joined: Sun Oct 30, 2011 14:37
Re: Minta opini dan saran tentang mobil ditabrak dari belakang beberapa kali
Ane jg ada kejadian yg kebetulan, tiap punya mobil berkonde (feroza, grand vitara, everest) selalu pernah disundul dari belakang, untung kena ban serep, jadi ga ada kerusakan di pintu bagasi, atau mungkin pintu bagasinya cukup kuat, ga sampe bikin penyokan. Mobil yg nabrak cukup memprihatinkan, bahkan yg waktu ditabrak xenia sampe bocor radiatornya. Padahal ane pake jenis mobil lain ga pernah kejadian ditabrak belakang

-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27647
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Minta opini dan saran tentang mobil ditabrak dari belakang beberapa kali
atau ud coba pasang stiker apa gt di kaca blakang yg posisi rada atastrdguy wrote: Tue Oct 05, 2021 8:28Yg buat saya heran pas cuma pake mobil ini aja yg sering ditabrak dan kondisi ditabraknya itu pas lagi macet tp tabrakannya cukup kenceng. Jadi timbul neti deh.DOHC wrote:Mobil kl sering dipake, wajar... jalanan banyak orang2 ga pinter nyetir koq
Ga ad hub dgn klenik dsb
Kcuali mobil disimpen di gerasi tp penyok2 mulu babak belur, baru itu aneh
kaya merek oli, atau gambar2 anime, atau kl perlu, gambar 234 sc



jadi nya yg pengemudi blakang bsa "agak" ngeliat mobil om , kan kl ad gambar menarik, otomatis mata mereka akan lebi terobsesi
numpang lewat aja....


-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 501
- Joined: Sun Nov 24, 2019 6:23
Re: Minta opini dan saran tentang mobil ditabrak dari belakang beberapa kali
Ini kaya innova reborn hitam kami yg pertama…
Selalu ada kejadian disundul dr belakang, sampai akhirnya pasang towing bar custom dr pelat 8 mm.
Itu berkali2 sampai lupa, entah motor, entah mobil.
Terakhir diseruduk all new camry dr belakang sampai towing barnya bengkok.
Coba bayangkan, sampai supir camry yg biasanya sangat berhati2, ndak sabar ingin mencium pantat mobil kami wkwkwk
Selalu ada kejadian disundul dr belakang, sampai akhirnya pasang towing bar custom dr pelat 8 mm.
Itu berkali2 sampai lupa, entah motor, entah mobil.
Terakhir diseruduk all new camry dr belakang sampai towing barnya bengkok.
Coba bayangkan, sampai supir camry yg biasanya sangat berhati2, ndak sabar ingin mencium pantat mobil kami wkwkwk
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 516
- Joined: Sat Feb 04, 2017 1:38
- Location: Jakarta - Bandung
- Daily Vehicle: 1988 300E MT
Re: Minta opini dan saran tentang mobil ditabrak dari belakang beberapa kali
Kalo ketabraknya setahun sekali anggap musibah aja, mobil dipake pasti ada aja
Kalo gak nabrak orang, ya ditabrak orang wkwk
Mungkin juga karena mobil kecil orang jadi gak perhatian
Saya agak ngerasa di Jakarta yah, pake SX4 orang jadinya lebih agresif berani mepet” dibandingkan waktu pake 300E wkwk faktor brand (?)
Kalo gak nabrak orang, ya ditabrak orang wkwk
Mungkin juga karena mobil kecil orang jadi gak perhatian
Saya agak ngerasa di Jakarta yah, pake SX4 orang jadinya lebih agresif berani mepet” dibandingkan waktu pake 300E wkwk faktor brand (?)
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 72
- Joined: Thu Nov 06, 2014 20:40
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Altis
Re: Minta opini dan saran tentang mobil ditabrak dari belakang beberapa kali
Kalo saya kebalikannya om, pake mobil sejuta umat malah ga berani mepet”, soalnya takut ga bisa ngerem tepat waktuadriangaut wrote: Tue Oct 05, 2021 15:12 Kalo ketabraknya setahun sekali anggap musibah aja, mobil dipake pasti ada aja
Kalo gak nabrak orang, ya ditabrak orang wkwk
Mungkin juga karena mobil kecil orang jadi gak perhatian
Saya agak ngerasa di Jakarta yah, pake SX4 orang jadinya lebih agresif berani mepet” dibandingkan waktu pake 300E wkwk faktor brand (?)
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 290
- Joined: Wed Mar 06, 2019 2:15
- Location: Greater Jakarta
- Daily Vehicle: 2024 Honda DD1 - 2019 Honda RU1
Re: Minta opini dan saran tentang mobil ditabrak dari belakang beberapa kali
Klo kejadiannya setaun sekali, masih belom sering2 banget. Dulu waktu masih kuliah saya termasuk rajin claim ke asuransi. Setahun bisa 4-5 kali, mayoritas kejadian ditabrak bukan saya yang nabrak.
Saya sih selalu anggap itu lagi apes aja om tiap kejadian. Klo mau disambung2in ke supranatural, anggap aja masih kurang sedekah jadi perlu keluar duit.
Btw mobilnya masih saya pake sampe sekarang. Udah ga pernah lagi kejadian ditabrak orang.
Saya sih selalu anggap itu lagi apes aja om tiap kejadian. Klo mau disambung2in ke supranatural, anggap aja masih kurang sedekah jadi perlu keluar duit.
Btw mobilnya masih saya pake sampe sekarang. Udah ga pernah lagi kejadian ditabrak orang.
Odd: 2024 DD1 L12B CVT
Even: 2019 RU1 L15Z CVT
In memoriam:
2015 A03A 3A92 5MT
2008 CY4A 4B11 CVT
2003 E46 M54B25 5AT
1994 E36 M50B20 5MT
Even: 2019 RU1 L15Z CVT
In memoriam:
2015 A03A 3A92 5MT
2008 CY4A 4B11 CVT
2003 E46 M54B25 5AT
1994 E36 M50B20 5MT
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 278
- Joined: Mon Sep 08, 2008 8:01
Re: Minta opini dan saran tentang mobil ditabrak dari belakang beberapa kali
Tul kt yg di atas...
Nambahin aja .
Kl di belakang belum ada mobil, lampu rem posisi INJEK LEPAS INJEK LEPAS. jadi flashing kelap kelip dari jauh keliatan..
Dan PAKE TANGAN melambai2 kl masuk ke jalan komplek. Sein doank kdg org ga ngerti mo belok.
Nambahin aja .
Kl di belakang belum ada mobil, lampu rem posisi INJEK LEPAS INJEK LEPAS. jadi flashing kelap kelip dari jauh keliatan..
Dan PAKE TANGAN melambai2 kl masuk ke jalan komplek. Sein doank kdg org ga ngerti mo belok.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 87
- Joined: Mon Jun 16, 2014 16:13
Re: Minta opini dan saran tentang mobil ditabrak dari belakang beberapa kali
saya dulu pakai nissan march merah tahun 2016.. pakai 4 tahun.. tiap tahun jg kena tabrak..
kena tabraknya bukan karna saya ugal2
tapi slalu pas lagi mblnya diam dan berhenti
1. ditabrak motor
2. ditubruk mercy pas lg lampu merah gr2 orgnya mainin anjing.. pas berenti lupa di netral... alhasil nabrak lah
3. ditubruk mbl jne.. lg berenti.. alasannya ngantuk
4. ditabrak innova pas lg macet..
aneh bgt... yah alhasil itu mbl akhirnya dijual.. memang dicover asuransi tp ribet bgt bolak baliknya dan claimnya..
saya jg pakai nissan march putih 2012.. yg itu gak pernah ditabrak org sekalipun.. kalo nyerempet karna gak ngeh dan kesalahan sendiri ya pernah ....
sama2 dipakai di jakarta di rute yg mirip2 dan saya yg nyetir ..
kalo kata org mbl sekali uda kena tabrak bakalan kena tabrak terus.. entah sugesti atau gak...
kalo menurut kepercayaan org chinese. mbl kalo udah bekas kena tabrak atau kecelakaan mending dijual aja...
kena tabraknya bukan karna saya ugal2
tapi slalu pas lagi mblnya diam dan berhenti
1. ditabrak motor
2. ditubruk mercy pas lg lampu merah gr2 orgnya mainin anjing.. pas berenti lupa di netral... alhasil nabrak lah
3. ditubruk mbl jne.. lg berenti.. alasannya ngantuk
4. ditabrak innova pas lg macet..
aneh bgt... yah alhasil itu mbl akhirnya dijual.. memang dicover asuransi tp ribet bgt bolak baliknya dan claimnya..
saya jg pakai nissan march putih 2012.. yg itu gak pernah ditabrak org sekalipun.. kalo nyerempet karna gak ngeh dan kesalahan sendiri ya pernah ....
sama2 dipakai di jakarta di rute yg mirip2 dan saya yg nyetir ..
kalo kata org mbl sekali uda kena tabrak bakalan kena tabrak terus.. entah sugesti atau gak...
kalo menurut kepercayaan org chinese. mbl kalo udah bekas kena tabrak atau kecelakaan mending dijual aja...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2982
- Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08
Re: Minta opini dan saran tentang mobil ditabrak dari belakang beberapa kali
Ada yg bilang jg biasanya mobil yg baru kita dapet mau bekas / baru biasanya dia ajak kenalan dengan cara ngga sengaja kita nyerempetin atau mungkin ditabrak jg.adrianwill wrote: Wed Oct 06, 2021 1:15 saya dulu pakai nissan march merah tahun 2016.. pakai 4 tahun.. tiap tahun jg kena tabrak..
kena tabraknya bukan karna saya ugal2
tapi slalu pas lagi mblnya diam dan berhenti
1. ditabrak motor
2. ditubruk mercy pas lg lampu merah gr2 orgnya mainin anjing.. pas berenti lupa di netral... alhasil nabrak lah
3. ditubruk mbl jne.. lg berenti.. alasannya ngantuk
4. ditabrak innova pas lg macet..
aneh bgt... yah alhasil itu mbl akhirnya dijual.. memang dicover asuransi tp ribet bgt bolak baliknya dan claimnya..
saya jg pakai nissan march putih 2012.. yg itu gak pernah ditabrak org sekalipun.. kalo nyerempet karna gak ngeh dan kesalahan sendiri ya pernah ....
sama2 dipakai di jakarta di rute yg mirip2 dan saya yg nyetir ..
kalo kata org mbl sekali uda kena tabrak bakalan kena tabrak terus.. entah sugesti atau gak...
kalo menurut kepercayaan org chinese. mbl kalo udah bekas kena tabrak atau kecelakaan mending dijual aja...
Ya percaya gak percaya sih, Innova sama CRV saya kayaknya gak lebih dr sebulan dr unit dtg itu sama2 ngga sengaja nyerempet/nabrak. Kalo Innova waktu itu ortu yg bawa, pas mundur ngeliat di kamera itu kosong, tiba2 nabrak ternyata diliat ada tiang penyangga rantai di parkiran. Untung tanduk nya aja yg bengkok.
Kalo CRV waktu itu ngga sengaja jg di garasi, ingetnya udah handrem sama diganjel jg roda nya, ternyata belom dua2nya, akhirnya itu mobil ngeloyor nabrak pager, untung cuma ngeloyor sekitar 1 meter dan gak kenceng jd cuma flek dikit aja di bumper


1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 87
- Joined: Mon Jun 16, 2014 16:13
Re: Minta opini dan saran tentang mobil ditabrak dari belakang beberapa kali
evanbngdor wrote: Wed Oct 06, 2021 4:11Ada yg bilang jg biasanya mobil yg baru kita dapet mau bekas / baru biasanya dia ajak kenalan dengan cara ngga sengaja kita nyerempetin atau mungkin ditabrak jg.adrianwill wrote: Wed Oct 06, 2021 1:15 saya dulu pakai nissan march merah tahun 2016.. pakai 4 tahun.. tiap tahun jg kena tabrak..
kena tabraknya bukan karna saya ugal2
tapi slalu pas lagi mblnya diam dan berhenti
1. ditabrak motor
2. ditubruk mercy pas lg lampu merah gr2 orgnya mainin anjing.. pas berenti lupa di netral... alhasil nabrak lah
3. ditubruk mbl jne.. lg berenti.. alasannya ngantuk
4. ditabrak innova pas lg macet..
aneh bgt... yah alhasil itu mbl akhirnya dijual.. memang dicover asuransi tp ribet bgt bolak baliknya dan claimnya..
saya jg pakai nissan march putih 2012.. yg itu gak pernah ditabrak org sekalipun.. kalo nyerempet karna gak ngeh dan kesalahan sendiri ya pernah ....
sama2 dipakai di jakarta di rute yg mirip2 dan saya yg nyetir ..
kalo kata org mbl sekali uda kena tabrak bakalan kena tabrak terus.. entah sugesti atau gak...
kalo menurut kepercayaan org chinese. mbl kalo udah bekas kena tabrak atau kecelakaan mending dijual aja...
Ya percaya gak percaya sih, Innova sama CRV saya kayaknya gak lebih dr sebulan dr unit dtg itu sama2 ngga sengaja nyerempet/nabrak. Kalo Innova waktu itu ortu yg bawa, pas mundur ngeliat di kamera itu kosong, tiba2 nabrak ternyata diliat ada tiang penyangga rantai di parkiran. Untung tanduk nya aja yg bengkok.
Kalo CRV waktu itu ngga sengaja jg di garasi, ingetnya udah handrem sama diganjel jg roda nya, ternyata belom dua2nya, akhirnya itu mobil ngeloyor nabrak pager, untung cuma ngeloyor sekitar 1 meter dan gak kenceng jd cuma flek dikit aja di bumper
![]()
![]()
ada bnernya jg.. hahahaha
baru beli ertiga sport juga... dipake adek.. balik2 bodykit kiri samping dan pelek lecet . kena trototar..
lg mau kluar parkiran ga kliatan ada batu beton.. alhasil boncel jg body kit kanan depan..
yg trakhir mau mundur gak liat camera blkg.. alhasil nyium motor.. bodykit blkg boncel jg.. hahaha
untungnya smua kena bodykitnya aja.. bukan bodynya..
yaudahlah ya namanya jg mbl dipake
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 773
- Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Voxy
Re: Minta opini dan saran tentang mobil ditabrak dari belakang beberapa kali
Nah ini saya juga mau tanyain TS, apakah lampu rem ada modif juga tidak ? Karena seperti lampu disko cenderung redup dan tidak kelihatan, apalagi siang hari.Omnibus wrote: Tue Oct 05, 2021 1:55 turut simpati apalagi ditabraknya dlm keadaan berhenti dan bukan lg ugals abis itu rem mendadak. bbrp kebiasaan sy yg bisa sy share dgn jij dan bbrp temen2 disini adalah sbb: (ya elah baku banget bahasa nya)
1. setelah mobil berhenti di lampu merah, biasakan kaki tetap menginjak rem supaya lampu rem tetap menyala dan posisi gigi tetap di D utk matic atau gigi 1 utk manual. tujuannya spy org yg dibelakang kita tau kl mobil kita dlm keadaan braking atau bahkan full stop. mrk jd lebih aware. ini sangat penting terutama ketika the next car di belakang kita msh sangat jauh dan msh dlm speed cukup tinggi spt di jalan2 raya protokol lebar spt bypass. jika kita berhenti dan kaki tidak tetap menginjak rem sehingga lampu rem tdk menyala, besar kemungkinan mobil yg msh melaju di belakang kita (kl jaraknya jauh) menganggap mobil kita msh melaju juga. dan akhirnya dia telat ngerem. itu kalau dia ga bengong/ngantuk, kalau ini beda urusan.
2. biasakan lihat ke belakang. melanjutkan no 1 di atas, jika ketemu kondisi ada ciri2 mobil belakang ga slowing down, maka siap2 utk maju perlahan (ini gunanya persneling msh in-gear). kalaupun benturan tdk terhindarkan, paling tidak damage nya berkurang dgn mobil kita ikut maju meski perlahan. maka itu penting mengatur jarak di setopan. sukur2 bisa pindah jalur dgn sigap. minusnya, sering diselipin motor. jd ya kira2 aja atur jaraknya.
3. kalau di belakang kita sdh terisi bbrp mobil, barulah kita bisa dgn aman tidak menginjak lagi pedal rem, pasang rem tangan (parking brake), dan switch ke netral. itupun sy msh curi2 pandang ke blkg takut2 ada truk gandeng yg ngeblong. yes memang agak parno tp kan utk kebaikan kita juga.
4. rajin2lah cek lampu rem kita apakah nyala atau tidak. sudah sering sekali kita ketemu mobil depan kita yg lampu remnya mati. ada yg mati sebelah, ada yg mati dua2nya cuma sisa third brake light yg di pintu tengah atas, dan kemaren baru ketemu kebalikannya yg dua2nya hidup tp third brake light mati. yg paling parah lampu rem mati semua. meskipun mobil ga pernah servis ke bengkel, biasakan lampu rem dicek secara berkala. kl males banget bisa ikuti cara ini; parkir mundur di sebuah ruko yg ada kaca pintunya, lalu lihat dr kaca spion tengah pantulan mobil kita kan lampu remnya kelihatan nyala semua ngga. ini penting bukan cuma utk keselamatan pribadi tp juga keselamatan org lain. meski sy cukup yakin mobil TS lampu remnya baik2 saja krn mobil msh relatif baru but ga ada salahnya double check.
kalau mobil sdh ga merasa nyaman utk kita kendarai lagi krn saking seringnya terlibat accident, maka demi alasan sugesti krn konon katanya ada istilah "pemain sugesti", maka sebaiknya demi kesehatan jiwa ya mobilnya diganti.
semoga bermanfaat sedikit sharing ini.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 51
- Joined: Fri Oct 21, 2005 12:53
- Location: Jakarta
Re: Minta opini dan saran tentang mobil ditabrak dari belakang beberapa kali
Lampu rem standar aja. Secara fungsionalitas standar tdk ada yg di modif. Secara berkala juga dicek utk memastikan lampu selalu menyala. Ternyata banyak juga temen temen disini yg mengalami kejadian kejadian seperti ini. Dan saat ini sy cenderung memilih utk mengganti mobil saja as a fresh new start to have more peaceful driving experience.timbermaniac123 wrote:Nah ini saya juga mau tanyain TS, apakah lampu rem ada modif juga tidak ? Karena seperti lampu disko cenderung redup dan tidak kelihatan, apalagi siang hari.Omnibus wrote: Tue Oct 05, 2021 1:55 turut simpati apalagi ditabraknya dlm keadaan berhenti dan bukan lg ugals abis itu rem mendadak. bbrp kebiasaan sy yg bisa sy share dgn jij dan bbrp temen2 disini adalah sbb: (ya elah baku banget bahasa nya [emoji2960])
1. setelah mobil berhenti di lampu merah, biasakan kaki tetap menginjak rem supaya lampu rem tetap menyala dan posisi gigi tetap di D utk matic atau gigi 1 utk manual. tujuannya spy org yg dibelakang kita tau kl mobil kita dlm keadaan braking atau bahkan full stop. mrk jd lebih aware. ini sangat penting terutama ketika the next car di belakang kita msh sangat jauh dan msh dlm speed cukup tinggi spt di jalan2 raya protokol lebar spt bypass. jika kita berhenti dan kaki tidak tetap menginjak rem sehingga lampu rem tdk menyala, besar kemungkinan mobil yg msh melaju di belakang kita (kl jaraknya jauh) menganggap mobil kita msh melaju juga. dan akhirnya dia telat ngerem. itu kalau dia ga bengong/ngantuk, kalau ini beda urusan.
2. biasakan lihat ke belakang. melanjutkan no 1 di atas, jika ketemu kondisi ada ciri2 mobil belakang ga slowing down, maka siap2 utk maju perlahan (ini gunanya persneling msh in-gear). kalaupun benturan tdk terhindarkan, paling tidak damage nya berkurang dgn mobil kita ikut maju meski perlahan. maka itu penting mengatur jarak di setopan. sukur2 bisa pindah jalur dgn sigap. minusnya, sering diselipin motor. jd ya kira2 aja atur jaraknya.
3. kalau di belakang kita sdh terisi bbrp mobil, barulah kita bisa dgn aman tidak menginjak lagi pedal rem, pasang rem tangan (parking brake), dan switch ke netral. itupun sy msh curi2 pandang ke blkg takut2 ada truk gandeng yg ngeblong. yes memang agak parno tp kan utk kebaikan kita juga.
4. rajin2lah cek lampu rem kita apakah nyala atau tidak. sudah sering sekali kita ketemu mobil depan kita yg lampu remnya mati. ada yg mati sebelah, ada yg mati dua2nya cuma sisa third brake light yg di pintu tengah atas, dan kemaren baru ketemu kebalikannya yg dua2nya hidup tp third brake light mati. yg paling parah lampu rem mati semua. meskipun mobil ga pernah servis ke bengkel, biasakan lampu rem dicek secara berkala. kl males banget bisa ikuti cara ini; parkir mundur di sebuah ruko yg ada kaca pintunya, lalu lihat dr kaca spion tengah pantulan mobil kita kan lampu remnya kelihatan nyala semua ngga. ini penting bukan cuma utk keselamatan pribadi tp juga keselamatan org lain. meski sy cukup yakin mobil TS lampu remnya baik2 saja krn mobil msh relatif baru but ga ada salahnya double check.
kalau mobil sdh ga merasa nyaman utk kita kendarai lagi krn saking seringnya terlibat accident, maka demi alasan sugesti krn konon katanya ada istilah "pemain sugesti", maka sebaiknya demi kesehatan jiwa ya mobilnya diganti.
semoga bermanfaat sedikit sharing ini.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4361
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Minta opini dan saran tentang mobil ditabrak dari belakang beberapa kali
kalau kata org zaman dulu: mandi kembang dulu. tapi dulu saya cobain ga suksestrdguy wrote: Thu Oct 07, 2021 9:24 Lampu rem standar aja. Secara fungsionalitas standar tdk ada yg di modif. Secara berkala juga dicek utk memastikan lampu selalu menyala. Ternyata banyak juga temen temen disini yg mengalami kejadian kejadian seperti ini. Dan saat ini sy cenderung memilih utk mengganti mobil saja as a fresh new start to have more peaceful driving experience.

tapi ya kalau ada dana ya mendingan ganti mobil, daripada kepikiran malah tar benerean apes kena lagi.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 418
- Joined: Sun Dec 27, 2015 15:18
Re: Minta opini dan saran tentang mobil ditabrak dari belakang beberapa kali
Wah.. Makasih banyak Mbah Omnibus. Bagus banget inputnya neh Mbah..Omnibus wrote:turut simpati apalagi ditabraknya dlm keadaan berhenti dan bukan lg ugals abis itu rem mendadak. bbrp kebiasaan sy yg bisa sy share dgn jij dan bbrp temen2 disini adalah sbb: (ya elah baku banget bahasa nya [emoji2960])
1. setelah mobil berhenti di lampu merah, biasakan kaki tetap menginjak rem supaya lampu rem tetap menyala dan posisi gigi tetap di D utk matic atau gigi 1 utk manual. tujuannya spy org yg dibelakang kita tau kl mobil kita dlm keadaan braking atau bahkan full stop. mrk jd lebih aware. ini sangat penting terutama ketika the next car di belakang kita msh sangat jauh dan msh dlm speed cukup tinggi spt di jalan2 raya protokol lebar spt bypass. jika kita berhenti dan kaki tidak tetap menginjak rem sehingga lampu rem tdk menyala, besar kemungkinan mobil yg msh melaju di belakang kita (kl jaraknya jauh) menganggap mobil kita msh melaju juga. dan akhirnya dia telat ngerem. itu kalau dia ga bengong/ngantuk, kalau ini beda urusan.
2. biasakan lihat ke belakang. melanjutkan no 1 di atas, jika ketemu kondisi ada ciri2 mobil belakang ga slowing down, maka siap2 utk maju perlahan (ini gunanya persneling msh in-gear). kalaupun benturan tdk terhindarkan, paling tidak damage nya berkurang dgn mobil kita ikut maju meski perlahan. maka itu penting mengatur jarak di setopan. sukur2 bisa pindah jalur dgn sigap. minusnya, sering diselipin motor. jd ya kira2 aja atur jaraknya.
3. kalau di belakang kita sdh terisi bbrp mobil, barulah kita bisa dgn aman tidak menginjak lagi pedal rem, pasang rem tangan (parking brake), dan switch ke netral. itupun sy msh curi2 pandang ke blkg takut2 ada truk gandeng yg ngeblong. yes memang agak parno tp kan utk kebaikan kita juga.
4. rajin2lah cek lampu rem kita apakah nyala atau tidak. sudah sering sekali kita ketemu mobil depan kita yg lampu remnya mati. ada yg mati sebelah, ada yg mati dua2nya cuma sisa third brake light yg di pintu tengah atas, dan kemaren baru ketemu kebalikannya yg dua2nya hidup tp third brake light mati. yg paling parah lampu rem mati semua. meskipun mobil ga pernah servis ke bengkel, biasakan lampu rem dicek secara berkala. kl males banget bisa ikuti cara ini; parkir mundur di sebuah ruko yg ada kaca pintunya, lalu lihat dr kaca spion tengah pantulan mobil kita kan lampu remnya kelihatan nyala semua ngga. ini penting bukan cuma utk keselamatan pribadi tp juga keselamatan org lain. meski sy cukup yakin mobil TS lampu remnya baik2 saja krn mobil msh relatif baru but ga ada salahnya double check.
kalau mobil sdh ga merasa nyaman utk kita kendarai lagi krn saking seringnya terlibat accident, maka demi alasan sugesti krn konon katanya ada istilah "pemain sugesti", maka sebaiknya demi kesehatan jiwa ya mobilnya diganti.
semoga bermanfaat sedikit sharing ini.
Kalau aaya ada tambahan lagi:
1. Karena motor banyak banget yg ga awaa, akhirnya pasang towing bar belakang
2. Sama gak lupa tuk tempelin mata kucing (reflektor) tambahan di belakang, supaya kalau parkir beneran di malam keliatan.
3. Dan pasang reflektor (mata kucing tambahan) di atas roda depan, hadi kalau keluar di pertigaan di malam hari, yanga dari arah jam 3 dan jam 9 bisa liat. Maklum akrng lampu sein kan di kaca spion, dan banyak oertugaan yang banyak blank apot terutama malam, qpalagi kalau mobil yang bonnetnya panjang.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11783
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Minta opini dan saran tentang mobil ditabrak dari belakang beberapa kali
you're welcome omfl4b1e wrote: Thu Oct 07, 2021 15:18Wah.. Makasih banyak Mbah Omnibus. Bagus banget inputnya neh Mbah..Omnibus wrote:turut simpati apalagi ditabraknya dlm keadaan berhenti dan bukan lg ugals abis itu rem mendadak. bbrp kebiasaan sy yg bisa sy share dgn jij dan bbrp temen2 disini adalah sbb: (ya elah baku banget bahasa nya [emoji2960])
1. setelah mobil berhenti di lampu merah, biasakan kaki tetap menginjak rem supaya lampu rem tetap menyala dan posisi gigi tetap di D utk matic atau gigi 1 utk manual. tujuannya spy org yg dibelakang kita tau kl mobil kita dlm keadaan braking atau bahkan full stop. mrk jd lebih aware. ini sangat penting terutama ketika the next car di belakang kita msh sangat jauh dan msh dlm speed cukup tinggi spt di jalan2 raya protokol lebar spt bypass. jika kita berhenti dan kaki tidak tetap menginjak rem sehingga lampu rem tdk menyala, besar kemungkinan mobil yg msh melaju di belakang kita (kl jaraknya jauh) menganggap mobil kita msh melaju juga. dan akhirnya dia telat ngerem. itu kalau dia ga bengong/ngantuk, kalau ini beda urusan.
2. biasakan lihat ke belakang. melanjutkan no 1 di atas, jika ketemu kondisi ada ciri2 mobil belakang ga slowing down, maka siap2 utk maju perlahan (ini gunanya persneling msh in-gear). kalaupun benturan tdk terhindarkan, paling tidak damage nya berkurang dgn mobil kita ikut maju meski perlahan. maka itu penting mengatur jarak di setopan. sukur2 bisa pindah jalur dgn sigap. minusnya, sering diselipin motor. jd ya kira2 aja atur jaraknya.
3. kalau di belakang kita sdh terisi bbrp mobil, barulah kita bisa dgn aman tidak menginjak lagi pedal rem, pasang rem tangan (parking brake), dan switch ke netral. itupun sy msh curi2 pandang ke blkg takut2 ada truk gandeng yg ngeblong. yes memang agak parno tp kan utk kebaikan kita juga.
4. rajin2lah cek lampu rem kita apakah nyala atau tidak. sudah sering sekali kita ketemu mobil depan kita yg lampu remnya mati. ada yg mati sebelah, ada yg mati dua2nya cuma sisa third brake light yg di pintu tengah atas, dan kemaren baru ketemu kebalikannya yg dua2nya hidup tp third brake light mati. yg paling parah lampu rem mati semua. meskipun mobil ga pernah servis ke bengkel, biasakan lampu rem dicek secara berkala. kl males banget bisa ikuti cara ini; parkir mundur di sebuah ruko yg ada kaca pintunya, lalu lihat dr kaca spion tengah pantulan mobil kita kan lampu remnya kelihatan nyala semua ngga. ini penting bukan cuma utk keselamatan pribadi tp juga keselamatan org lain. meski sy cukup yakin mobil TS lampu remnya baik2 saja krn mobil msh relatif baru but ga ada salahnya double check.
kalau mobil sdh ga merasa nyaman utk kita kendarai lagi krn saking seringnya terlibat accident, maka demi alasan sugesti krn konon katanya ada istilah "pemain sugesti", maka sebaiknya demi kesehatan jiwa ya mobilnya diganti.
semoga bermanfaat sedikit sharing ini.
Kalau aaya ada tambahan lagi:
1. Karena motor banyak banget yg ga awaa, akhirnya pasang towing bar belakang
2. Sama gak lupa tuk tempelin mata kucing (reflektor) tambahan di belakang, supaya kalau parkir beneran di malam keliatan.
3. Dan pasang reflektor (mata kucing tambahan) di atas roda depan, hadi kalau keluar di pertigaan di malam hari, yanga dari arah jam 3 dan jam 9 bisa liat. Maklum akrng lampu sein kan di kaca spion, dan banyak oertugaan yang banyak blank apot terutama malam, qpalagi kalau mobil yang bonnetnya panjang.
iya memang skrg jamannya org lg banyak pikiran terutama setelah pandemi. jd sebaiknya kita hrs mawas diri sendiri di jalan. ada kalanya kita sdh hati2 eh org lain yg ceroboh. jd sebisa mungkin kita meningkatkan situational awareness kita, n other people if possible.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 254
- Joined: Fri Dec 27, 2013 11:59
Re: Minta opini dan saran tentang mobil ditabrak dari belakang beberapa kali
lebih aneh lg kalau bawa mobil kantor.. mau sradak sruduk, rem mendadak kayak apa, gak pernah srempetan.
giliran pake mobil sendiri yang eman2, ada aja di serempet orang
kadang pake barang kalo keliwat sayang malah begitu..
giliran pake mobil sendiri yang eman2, ada aja di serempet orang
kadang pake barang kalo keliwat sayang malah begitu..

-
- SM Specialist
- Posts: 16678
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Minta opini dan saran tentang mobil ditabrak dari belakang beberapa kali
bokap ane saking emosinya mobil langganan tabrak lari sampe mikir mau dipasang bumper guard dari besi UNP....trdguy wrote: Tue Oct 05, 2021 8:48Turut prihatin om ChZ. Kalo expander boleh dipasangin guard bar tuh om.ChZ wrote:masih lebih sering ekpandir silver saya dihajar motor dari belakang.... di 6 bulan pertama pemakaian tuh uda 2x.
ampe skrg uda jalan 2 taon ya langganan diseruduk. byk orang tolol di jalan bodo amat lah mobil dipake, kerja di daerah industri lagi makin banyak variabelnya

kl ane kebalik mbah...adriangaut wrote: Tue Oct 05, 2021 15:12 Kalo ketabraknya setahun sekali anggap musibah aja, mobil dipake pasti ada aja
Kalo gak nabrak orang, ya ditabrak orang wkwk
Mungkin juga karena mobil kecil orang jadi gak perhatian
Saya agak ngerasa di Jakarta yah, pake SX4 orang jadinya lebih agresif berani mepet” dibandingkan waktu pake 300E wkwk faktor brand (?)
pake CRV justru lebih sering rasanya dipepetin orang drpd pake civic

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 221
- Joined: Thu Dec 06, 2018 6:16
- Daily Vehicle: 2016 SX-4 Scross
Re: Minta opini dan saran tentang mobil ditabrak dari belakang beberapa kali
Kalo sy ga ditabrak, tapi malah seperti dihalang-halangin. Misal di jalan arteri atau tol, lagi buru buru jalan di kanan di depan ada lane hogger, mau nyusul lewat kiri kosong, yang didepan sy malah ke tengah nanggung ngikutin pergerakan mobil sy. Di klakson gak nggubris pula, intinya seperti orang bengong bukan ngalang-ngalangin secara agresif.
Lucunya giliran disengajain rapet ke kanan dia ikut juga ke kanan alhasil sy kagetin belok kiri buat nyusul. Mobil seperti ada magnetnya hahaha
Lucunya giliran disengajain rapet ke kanan dia ikut juga ke kanan alhasil sy kagetin belok kiri buat nyusul. Mobil seperti ada magnetnya hahaha