kenop wrote: Thu Aug 05, 2021 3:15
odo agak tinggi gpp sih menurut ane asal terawat sm track record servis nya jelas (di bengkel resmi nilai plus), dari pada odo rendah tapi ngga ada record servis nya..
bbrp bulan lalu waktu jual mobil, odo kan mayan tinggi, taon 2013 hampir 160rebu km.. tawarin ke pedagang2 yg pertama kali ditanya, "servis dmana?" dgn bangga nya sy jawab bengkel resmi, kali aja bs dapet tawaran lebih bagus, ternyata ngga haha.. malah lebih rendah dari pada buka harga awal nya..
pas ditanya kenapa kek gitu rata2 jawaban nya "nanti sy jd susah puter2 odo klo semua ada record di bengkel resmi, klo ngga pernah ke beres kan gampang"
jadi klo dapet odo rendah menurut sy sih harus ada record jelas nya, ato klo ngga ya kita uda ngerti bgt cara inspeksi mobil nya (klo sampe ga ada record nya)
memang, karena kalo ada record di bengkel resmi, bisa berabe nanti kalo buyernya ngeh

(walaupun ini hoki2an jatohnya) . kalo ga pernah ke bengkel resmi kan gampang. bon servis , gantungan oli dan buku manual dibuang , terus sisain STNK sm BPKB aja + kunci serep buat kelengkapan tambahan mobilnya. terus setir tinggal ganti atau retrim, terus karpet mobil diganti, seatbelt kalo berjamur tinggal diakalin biar bersih lagi (minimal di pinggir2nya deh, yg sering keliatan orang kaya di sisi kanan atau kiri depan or belakang), terus bagian joknya kalo misalkan emg udh kempot tinggal retrim ulang atau ganti jok baru, terus shift knob kalo udh jelek ya ganti baru, biar keliatan mulus dan jarang dipake wkwkkw

, terus body dipoles biar keliatan kinclong, jadi deh, terus suara mesin dibikin halus dan kaki2 dibikin senyap biar buyernya ga curiga, gitu aja selesai deh wkwkkw + ban kalo perlu diganti juga biar keliatan baru wkkwwk + headlamp foglamp kalo memang udh retak atau kusam tinggal dipoles atau diganti baru or copotan biar keliatan kinclong lagi
dan buat poin kedua yg saya bold saya setuju, odo rendah harus ada recordnya. mending km tinggi tapi history servicenya jelas daripada km rendah tapi history servicenya gajelas atau ga terawat. dan yg pasti buku manual, buku servis dan faktur wajib ada. kalo odo rendah tapi salah 1 dari 3 itu gaada tinggalin aja karena kemungkinan besar gaberes barangnya. lebih bagus kalo ada gantungan oli atau bon penggantian spareparts baik beres atau spesialis, jadi ada gambaran mobil tersebut bakal jajan apa aja kedepannya. dan kalo cara inspeksi mobil yg gaada recordnya ya paling mudah liat di jok atau setirnya aja, doortrim juga bisa. kalo odo rendah, tapi setirnya udh halus kulit jeruknya apalagi kalo dipegang oblak, jok drivernya udh kempot, atau doortrimnya udh kotor parah ya tinggalin aja, atau kalo emg udh ngerti bgt, bisa cek di pedal gas atau pedal remnya. karena bagian itu yg paling susah diakalin menurut saya, karena kalo jok, setir dan doortrim bisa diakalin,sedangkan pedal rem dan gas susah. kalo km rendah (dibawah 100 rb) umur mobil 5 tahun bahkan lebih, tapi pedal gasnya udah aus, tinggalin aja, karena kemungkinan besar odonya udh puteran, itu aja sih kalo dari saya kwkw