KielConstantine wrote: Sun May 16, 2021 5:03
Oke oke saatnya kita mode serius
#Timing Chain mesin N20 enggak semahal itu. Bisa di tebus diangka 10 jutaan saja di bengkel spesialis macam anugrah motor.
#Steering rack beli segelondong import dari singapore Rp40 juta. Tapi itu jaman dulu pas awal2 F30 kluar. Skarang udh ada repair kitnya . Klo rusak kg perlu ganti segelondong . Kurang lebih 5 jutaan saja u/ repairs. Jauh lebih terjangkau
Info penting jg buat rack steer F30 yg rentan. Jangan sampe skalipun ngobok / rendam banjir . Prone to failurenya disitu dy. Kalo pemakaian wajar dia lumayan awet. Estimasi usia 5 thn. Kalo mau aman kuras ganti oli power steering 2 tahun skali.
#waterpump F30 only 5 jutaan di bengkel spesialis. Klo ud ganti waterpump harus dibarengin sama thermostat.
Kadang ada yg nyepelein. Ganti waterpump doank, thermostat enggak skalian diganti. Itu bs bikin overheat mesin jg, malah ada beberapa kejadian aer radiator nyampur oli. Leads to catastrophic engine failure . Harga thermostat cuman 700rb-1 jutaan. Ga mahal.
Misal kena engine failure —> Harga mesin utuh N20 import dari German Rp200 juta. Coba tanya om berbie VIPSERIES dy pengalaman beli engine baru wkwkwk.
#shock adaptive . Ini klo ente ambil model 328i . Itu harga shocknya 1 batang sekitar Rp 7 sampe 8jt . Harga bengkel spesialis. Ganti depan kiri kanan kluar duit 15 jt ud keliatan.
Model F30 320i pake shock biasa. Sepasang kiri kanan cuman 2 jutaan. Jauh lebih murah.
#Aki pake merk Varta cuma 5 juta . Tapi kg bisa langsung cabut aki lama, pasang baru. Habis pasang baru harus register dulu pake software bmw . Jadi ecu learningnya bener . Misal kg diregister, biasanya alternator bacanya error jd aki malah tekor walaupun masih baru.
#Headlights model ud canggih bisa adaptive belok kiri kanan; angel eyes ; HID projector . Pastiin smua berfungsi normal . Misalnya amit2 tabrakan trus headlight pecah / ancur. Beli headlights baru Rp 18 juta sebelah . Jadi kiri kanan = Rp 36 juta
#Transmisi pakai ZF-8 speed . Ud jauh lebih awet , no more mechatronic problems. Perawatan ganti oli aja 5 tahun sekali / setiap 50rb kilometer. Harga oli matic & jasa only 2.5 jutaan
#Ban RFT harga 1 biji Rp 5 juta. Ganti 4 pcs = 20 juta.
Tapi klo mau murah bs pake ban tubeless biasa. Contoh ganti michelin pilotsport 4 . Only 1.6jt / pcs . Konsekuensinya kg ada ban serep aja.
#i-drive & soundsystem harman kardon . Cendrung awet, blom pernah denger ada masalah tiba2 failure sih. Atau mungkin klo ada user pernah pengalaman boleh share.
#Sunroof (khusus type 328i) cenderung awet dan kg ad problem. Walaupun pernah ada 1 kejadian sunroof mendadak pecah tanpa sebab di model F10 528i . Ganti segelondong di charge sama astra bmw Rp 80jt . Tp itu cuma 1 kejadian aja. Bisa diabaikan
#Sensor ini yg paling ngeselin dari pelihara bmw modern. Banyak banget sensor yg gampang rusak / umur pendek. Contoh speed sensor 1 - 2 tahun skali rusak. Harga murah cuma 1 juta-an per roda. Jadi ganti 4 roda = 4 juta
Ada jg MAF sensor atau Mass Air Flow . Biasanya failure di tahun ke 3 pemakaian . Itu harganya cuma 3 jt.
Oxygen sensor , letaknya di pipa downpipe dari turbo. Ada 2 sensor setau ane. Usia sekitar 3 thn jg. Misal rusak, harga baru skitar 2.5 jutaan / piece.
#Ignition coil ini jg beberapa kali kejadian. Kadang failure sebiji. Nyebabin missfire di cylinder tertentu, engine berasa berebet trus bergetar. Harga coil only 1.5 jt / pcs. Mesin N20 ada 4 biji coil krn 4 cylinders. Jadi ganti smua = Rp 6 juta.
#Oil leak di engine. Kebanyakan karena usia karet2 cover gasket mulai getas kemakan usia. Harga ganti ga terlalu mahal. 1 sampe 2 jutaan aja. Usianya lama bisa 5 tahun klo ud ganti baru.
#Bahan bakar wajib RON98. Fuel cons cendrung irit . Skitar 7-10 km/liter pemakaian wajar. Hobi gaspol turun jd 6 km/l
———
Segitu dulu yg gw tau sampe saat ini. Jadi siapin budget perawatan sekitar Rp 20jt / tahun untuk jaga2 . Bisa lebih murah dari itu. Jadi kg perlu terlalu parno. Nikmatin aja mobilnya. Yg penting dipake tiap hari jadi kluarin duitnya buat ngempanin servis & sparepart enggak sia-sia .