Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
sonsa wrote: Fri Jul 23, 2021 0:52
Hallo semuanya..
Sedang galau nih antara pilihan Honda City Hatchback atau Toyota Raize GR TSS..
Memang agak berbeda segmen, tapi kepincut antara 2 pilihan itu.
Dulu sebelumnya pernah pakai Honda Brio, Jazz GK, Agya 1.2, Innova 2.4 Diesel juga pernah.
Sebenarnya suka karakter Honda yang fun to drive dan mesin nya yang sy bilang lumayan lah.
Tapi untuk sekarang juga butuh mobil yang lumayan untuk jalan rusak atau berlubang
Yang jadi pertimbangan :
- Honda City Ground Clereance nya rendah vs Raize lebih tinggi pasti lebih aman
- Honda City 4 silinder (lebih halus) vs Raize 3 silinder ( blm pernah coba apakah akan segitu getar nya ? )
- Honda City minim fitur vs Raize TSS fitur berlimpah ( istri yang akan pakai mungkin berguna TSS nya ?)
Sempat lihat langsung Honda City dan rasa nya BQ lebih baik drpada Jazz.
Kalau Raize belum pernah lihat dan coba sama sekali.
Mohon saran rekan2 disini. Terimakasih
Mata Saya masih belum bisa menerima proporsi desain body si Raize atau Rocky ini, ada yang janggal dimata saya. Kebiasaan lihat Jimny, sekarang jadi aneh lihat Ban si Raize sekecil itu. Jadi membuat saya selalu mengernyitkan dahi setiap ketemu mobil ini. So jadi saya vote City Hatchback.
Hahahahaa kadang saya suka sangsi juga liat tampilannya raize om.
Yg GR"an udah rame2 kombor gitu dan velgnya item ga keliatan, ukuran ban bawaannya jg tanggung yg R17 (205/60/R17), cukup yakin kl udah available di toko ban unt size ini, itu ban enasave sama champ ecotec bawaannya bakal tinggi harganya krn size aneh. Saya bayanginnya kl mau maen OEM ya bannya diganti BS alenza dr rush 215 60 17 lumayan bagus dan improve naikannya. Yg raize tipe G 1.2 justru saya suka tampilannya krn R16 om, dan bs dapet bridgestone turanza T005A 205 65 16. Itu SM motorsport punya rocky udah ganti velg R18 dan dikasih ban 215 55 18 lumayan juga tampilannya.
Terus krn bemper belakang dibanding unit JDM raize lebih panjang dikit jadi kaya cingkrang gitu kesannya. Saya sendiri paling heran lihat unit JDM krn tapak bannya cm 195 yg jadi tambah cingkrang
kesimpulannya: kalau naik mobil duduknya di luar ya beli city HB, karena ini satu2nya mobil 300 juta yg head turner in any color. selebihnya kalau dari kriterianya jelas Raize.
erwinign wrote: Thu Sep 16, 2021 16:11
Hahahahaa kadang saya suka sangsi juga liat tampilannya raize om.
Yg GR"an udah rame2 kombor gitu dan velgnya item ga keliatan, ukuran ban bawaannya jg tanggung yg R17 (205/60/R17), cukup yakin kl udah available di toko ban unt size ini, itu ban enasave sama champ ecotec bawaannya bakal tinggi harganya krn size aneh. Saya bayanginnya kl mau maen OEM ya bannya diganti BS alenza dr rush 215 60 17 lumayan bagus dan improve naikannya. Yg raize tipe G 1.2 justru saya suka tampilannya krn R16 om, dan bs dapet bridgestone turanza T005A 205 65 16. Itu SM motorsport punya rocky udah ganti velg R18 dan dikasih ban 215 55 18 lumayan juga tampilannya.
Terus krn bemper belakang dibanding unit JDM raize lebih panjang dikit jadi kaya cingkrang gitu kesannya. Saya sendiri paling heran lihat unit JDM krn tapak bannya cm 195 yg jadi tambah cingkrang
kebiasaan yoyota kan, kasih tempel2an sana sini biar naik 100 hp. ban ya kasih saja secukupnya biar ga diprotes yg beli: ban lebar2 gitu buat apaan, udah tipis bantingan keras, udah gitu mahal, nyetir juga pelan2, udahlah cukup kasih ecopia saja.
proporsi paling pas ya tentu saja di Rocky type M atau X. tentu karena ini asli JDM.
kunaskun wrote: Fri Sep 17, 2021 13:34
kesimpulannya: kalau naik mobil duduknya di luar ya beli city HB, karena ini satu2nya mobil 300 juta yg head turner in any color. selebihnya kalau dari kriterianya jelas Raize.
erwinign wrote: Thu Sep 16, 2021 16:11
Hahahahaa kadang saya suka sangsi juga liat tampilannya raize om.
Yg GR"an udah rame2 kombor gitu dan velgnya item ga keliatan, ukuran ban bawaannya jg tanggung yg R17 (205/60/R17), cukup yakin kl udah available di toko ban unt size ini, itu ban enasave sama champ ecotec bawaannya bakal tinggi harganya krn size aneh. Saya bayanginnya kl mau maen OEM ya bannya diganti BS alenza dr rush 215 60 17 lumayan bagus dan improve naikannya. Yg raize tipe G 1.2 justru saya suka tampilannya krn R16 om, dan bs dapet bridgestone turanza T005A 205 65 16. Itu SM motorsport punya rocky udah ganti velg R18 dan dikasih ban 215 55 18 lumayan juga tampilannya.
Terus krn bemper belakang dibanding unit JDM raize lebih panjang dikit jadi kaya cingkrang gitu kesannya. Saya sendiri paling heran lihat unit JDM krn tapak bannya cm 195 yg jadi tambah cingkrang
kebiasaan yoyota kan, kasih tempel2an sana sini biar naik 100 hp. ban ya kasih saja secukupnya biar ga diprotes yg beli: ban lebar2 gitu buat apaan, udah tipis bantingan keras, udah gitu mahal, nyetir juga pelan2, udahlah cukup kasih ecopia saja.
proporsi paling pas ya tentu saja di Rocky type M atau X. tentu karena ini asli JDM.
Loh, raize rocky yg R16 bannya kl hoki turanza T005A om, baik banget walaupun kl ga hoki R16 ya champ luxe/ecotec berlaku juga buat rocky M sama X krn sama2 R16 dan bs dapet turanza T005A.
Kalo yg R17 yaaaaaa mgkn kompromi dr fitur, insulation, tongkrongan yaudah lah ya bannya yg enasep ato ecotec
Dr tampilan sbnrnya ngga ada yg persis JDM om produk kembar ini, spion beda sama bemper blkg yg versi sini lbh panjang dikit. Terus dr chassis juga beda kan, yg sini kode A250 tapi JDM A200 ntah beda di moldingan/weldingan apanya
sonsa wrote: Fri Jul 23, 2021 0:52
Hallo semuanya..
Sedang galau nih antara pilihan Honda City Hatchback atau Toyota Raize GR TSS..
Memang agak berbeda segmen, tapi kepincut antara 2 pilihan itu.
Dulu sebelumnya pernah pakai Honda Brio, Jazz GK, Agya 1.2, Innova 2.4 Diesel juga pernah.
Sebenarnya suka karakter Honda yang fun to drive dan mesin nya yang sy bilang lumayan lah.
Tapi untuk sekarang juga butuh mobil yang lumayan untuk jalan rusak atau berlubang
Yang jadi pertimbangan :
- Honda City Ground Clereance nya rendah vs Raize lebih tinggi pasti lebih aman
- Honda City 4 silinder (lebih halus) vs Raize 3 silinder ( blm pernah coba apakah akan segitu getar nya ? )
- Honda City minim fitur vs Raize TSS fitur berlimpah ( istri yang akan pakai mungkin berguna TSS nya ?)
Sempat lihat langsung Honda City dan rasa nya BQ lebih baik drpada Jazz.
Kalau Raize belum pernah lihat dan coba sama sekali.
Mohon saran rekan2 disini. Terimakasih
Mata Saya masih belum bisa menerima proporsi desain body si Raize atau Rocky ini, ada yang janggal dimata saya. Kebiasaan lihat Jimny, sekarang jadi aneh lihat Ban si Raize sekecil itu. Jadi membuat saya selalu mengernyitkan dahi setiap ketemu mobil ini. So jadi saya vote City Hatchback.
Hahahahaa kadang saya suka sangsi juga liat tampilannya raize om.
Yg GR"an udah rame2 kombor gitu dan velgnya item ga keliatan, ukuran ban bawaannya jg tanggung yg R17 (205/60/R17), cukup yakin kl udah available di toko ban unt size ini, itu ban enasave sama champ ecotec bawaannya bakal tinggi harganya krn size aneh. Saya bayanginnya kl mau maen OEM ya bannya diganti BS alenza dr rush 215 60 17 lumayan bagus dan improve naikannya. Yg raize tipe G 1.2 justru saya suka tampilannya krn R16 om, dan bs dapet bridgestone turanza T005A 205 65 16. Itu SM motorsport punya rocky udah ganti velg R18 dan dikasih ban 215 55 18 lumayan juga tampilannya.
Terus krn bemper belakang dibanding unit JDM raize lebih panjang dikit jadi kaya cingkrang gitu kesannya. Saya sendiri paling heran lihat unit JDM krn tapak bannya cm 195 yg jadi tambah cingkrang
Iya lihat versi JDM biasa-biasa aja, begitu sampai sini jadi aneh..
rakyatwkwkland wrote: Fri Jul 23, 2021 12:58
Dimensi honda city hatchback : 4.349 mm P x 1.748 mm L x 1.488 mm T
Kalo preferensi pribadi ane sih, ane sebenernya overall demen sama city hatchback ini, tapi yang mengganjal bagi ane adalah panjangnya yang sampe 4,35 meter dongg!! Malah dimensinya mepet ke civic itu mah.
Nah preferensi oom TS gimana?
kalo kita liat dari lineup honda sebenernya civic juga panjangnya udah 4.5 meter, juga terpanjang di kelasnya. malah civic itu lebih boros dimensi soalnya dia panjang karena profil sloping roofnya. city masih mending 4.35m tapi kabinnya luas. ini keanehan di lineup honda yang jazz/city dan turunannya kabinnya lebih gede dari kelas atasnya.
city ini kayak honda ngedesain jazz tapi dikasih hidung gak diutak atik kabinnya cuma dikasih moncong doang.
tapi buat sebuah B-segment city ini lebih panjang dari golf MK8 dan mendekati mercedes benz A class... surprising sih. lebarnya juga cuma 40mm lebih narrow daripada civic.
cuma ngeliat dimensi sebesar itu dibanding penampakan aslinya... city ini kalo liat beneran gak gede gede amat padahal. kemarin sempat gak sengaja parkir deketan city dan civic ane tetep rasanya koq mobilnya gak terlalu gede pdhl udah sepanjang itu wkwkwkwkwk. malah secara styling jazz rasanya lebih gendut.
rakyatwkwkland wrote: Fri Jul 23, 2021 12:58
Dimensi honda city hatchback : 4.349 mm P x 1.748 mm L x 1.488 mm T
Kalo preferensi pribadi ane sih, ane sebenernya overall demen sama city hatchback ini, tapi yang mengganjal bagi ane adalah panjangnya yang sampe 4,35 meter dongg!! Malah dimensinya mepet ke civic itu mah.
Nah preferensi oom TS gimana?
kalo kita liat dari lineup honda sebenernya civic juga panjangnya udah 4.5 meter, juga terpanjang di kelasnya. malah civic itu lebih boros dimensi soalnya dia panjang karena profil sloping roofnya. city masih mending 4.35m tapi kabinnya luas. ini keanehan di lineup honda yang jazz/city dan turunannya kabinnya lebih gede dari kelas atasnya.
city ini kayak honda ngedesain jazz tapi dikasih hidung gak diutak atik kabinnya cuma dikasih moncong doang.
tapi buat sebuah B-segment city ini lebih panjang dari golf MK8 dan mendekati mercedes benz A class... surprising sih. lebarnya juga cuma 40mm lebih narrow daripada civic.
cuma ngeliat dimensi sebesar itu dibanding penampakan aslinya... city ini kalo liat beneran gak gede gede amat padahal. kemarin sempat gak sengaja parkir deketan city dan civic ane tetep rasanya koq mobilnya gak terlalu gede pdhl udah sepanjang itu wkwkwkwkwk. malah secara styling jazz rasanya lebih gendut.
Kalo ane sih gapernah ngemasalahin styling ya. Bodo amat mau stylingnya gendut kek, kurus kek. Malah moncong ekstra panjang begini kadang bikin jadi keliatan tambah cantik kalo diliat dari samping, kayak mubil2 ne mazda gitu.
Yang jadi masalah, orang2 yang nyari mubil di kelas ini dan kelas city car ada sebagian yang tujuannya karena memang pingin mubil yang dimensinya kompak, entah karena sering dibawa keluar masuk jalan tikus, gang rumahnya sempit, atau bahkan gerasi/carport rumahnya yang kecil. So, tergantung gimana goal si calon buyer ini. Kalo gak masalah dengan dimensi, ya cocok2 aja, apalagi dgn dimensi yang melar legroom nya jg ikut nambah walau gak signifikan2 amad. Tapi kalo memang yang diincar adalah kekompakan, ya city hb ini adalah pilihan yang sangat2 salah. Dimensi di atas kertas itu gak akan pernah bisa bohong, apalagi kalo gerasi rumah ukurannya pas2an. Ane paham perkara ini sebab pengalaman ane sendiri, dari awalnya make xenia yg panjangnya cuma 4,1 meter carport rumah berasa luas, begitu ganti er3 yang panjangnya 4,4 meter, carport mendadak jadi sempit...
rakyatwkwkland wrote: Sat Sep 18, 2021 3:38
Kalo ane sih gapernah ngemasalahin styling ya. Bodo amat mau stylingnya gendut kek, kurus kek. Malah moncong ekstra panjang begini kadang bikin jadi keliatan tambah cantik kalo diliat dari samping, kayak mubil2 ne mazda gitu.
Yang jadi masalah, orang2 yang nyari mubil di kelas ini dan kelas city car ada sebagian yang tujuannya karena memang pingin mubil yang dimensinya kompak, entah karena sering dibawa keluar masuk jalan tikus, gang rumahnya sempit, atau bahkan gerasi/carport rumahnya yang kecil. So, tergantung gimana goal si calon buyer ini. Kalo gak masalah dengan dimensi, ya cocok2 aja, apalagi dgn dimensi yang melar legroom nya jg ikut nambah walau gak signifikan2 amad. Tapi kalo memang yang diincar adalah kekompakan, ya city hb ini adalah pilihan yang sangat2 salah. Dimensi di atas kertas itu gak akan pernah bisa bohong, apalagi kalo gerasi rumah ukurannya pas2an. Ane paham perkara ini sebab pengalaman ane sendiri, dari awalnya make xenia yg panjangnya cuma 4,1 meter carport rumah berasa luas, begitu ganti er3 yang panjangnya 4,4 meter, carport mendadak jadi sempit...
maksudnya secara kesan sugesti gitu rasanya koq gendutan jazz daripada city kl ketemu di jalan.
nah masalahnya 90% dari kita gak pernah baca spek. pokoknya sugesti aja ini keliatan ukurannya gede/kecil. problemnya sama kayak ane sampe bikin emak bokap brantem dulu waktu ambil expander. si emak gak suka expander grgr liat dokter hewan kalo visit ke rumah bawa ntu mobil rasanya gede bgt grgr biasa pake apanja yang cuma 4.2 meter,
nah bokap dengan sugestinya bahwa expander = rival apanja, artinya compact MPV dan dimensinya mirip mirip. ane dulu jg gak nyadar kalo expander panjangnya 4.5 jd ngerasa emak ane rese aja ributin gituan masa sih apa gak efek bodinya gendut gendut gitu aja jd keliatan gede...
... begitu dateng mobilnya ke rumah ntu koq pantat berasa mepet bener ke pager yak cek dimensi eh bener dong 30cm lebih melar dr apanja pantes... dan pantes aja larinya senen kamis... 1.5liter di badan segendut itu.
erwinign wrote: Fri Sep 17, 2021 13:54
Loh, raize rocky yg R16 bannya kl hoki turanza T005A om, baik banget walaupun kl ga hoki R16 ya champ luxe/ecotec berlaku juga buat rocky M sama X krn sama2 R16 dan bs dapet turanza T005A.
Kalo yg R17 yaaaaaa mgkn kompromi dr fitur, insulation, tongkrongan yaudah lah ya bannya yg enasep ato ecotec
Dr tampilan sbnrnya ngga ada yg persis JDM om produk kembar ini, spion beda sama bemper blkg yg versi sini lbh panjang dikit. Terus dr chassis juga beda kan, yg sini kode A250 tapi JDM A200 ntah beda di moldingan/weldingan apanya
oh kalau soal ban, sepertinya, hanya batch awal saja, nanti juga tetiba jadi GT Radial atau multistrada
malah baru tau kalau chassis berubah? saya kira berubah dimensi akibat bemper depan belakang atau spion saja.
kalau kode sasis mungkin karena rakitan Indo bukan jepang.
Barusan ke giias masuk kabin raize, ko beda feelnya ya dgn rocky.. Sekilas raize lebih firm aja gitu.. Ada yg sependapat kah?
Kalo City HB secara harga jg beda 50an jt, kl ada duit ya merem pilih city HB..... Tp raize perasaan bagus deh Kualitas interiornya, ga yg gmn2 banget gitu.. (mobil ane livina taun tua ya tp.. Wkwk)
Pernah tes duduk raize sekalian uji emisi venturer, jok belakang kanan bagian dudukan yg deket pintu itu agak kurang tulang ga si? jadi ky meleyot gitu kl didudukin jd kurang nyaman. apa ini perasaan aja ya?
Kl buat driving position langsung pas si tinggi saya 175 ga ada telescopic ga masalahh, kabin belakang leg room sm head room aman.
City hatchback blm bisa komen blm tes duduk soalnya. hahaha
Sy akhir nya ambil Raize GR Sport Non TSS dengan pertimbangan karena TSS indent lama. Mau yg G biasa pas kok unit ga ready. Ada stok 1 unit tp warna nya ga sesuai keinginan.
Kalau untuk interior dll rasa nya sama deh antara Raize dan Rocky. Tp entah bener apa gak soal nya ga pernah masuk ke kabin nya Rocky.
Kl dibanding City Hatchback, kualias nya City lebih bagus, Posisi duduk juga lebih rileks di City.
sonsa wrote: Thu Nov 18, 2021 2:34
Sy akhir nya ambil Raize GR Sport Non TSS dengan pertimbangan karena TSS indent lama. Mau yg G biasa pas kok unit ga ready. Ada stok 1 unit tp warna nya ga sesuai keinginan.
Kalau untuk interior dll rasa nya sama deh antara Raize dan Rocky. Tp entah bener apa gak soal nya ga pernah masuk ke kabin nya Rocky.
Kl dibanding City Hatchback, kualias nya City lebih bagus, Posisi duduk juga lebih rileks di City.
selamat om atas mobil barunya. kalo TSS emg indent lama , karena kalo di jakarta, tipe yg paling laku katanya sales kenalan bapak saya yg TSS, kalo yg non TSS katanya dia lebih laku diluar jakarta, jadi indennya lebih cepet kalo mau yg non tss tipe GR di jakarta hehehe
Saya sempet punya perdebatan yang sama antara Raize dan City HB, eh tiba2 kepikiran Kia Sonet. Secara kualitas berkendara, si Sonet ini enak banget menurut saya pasca test drive dan fitur2nya juga sepadan (atau lebih?) dibandingkan harganya yang masih sama di rentang RR dan City HB. Reports dari teman saya pengguna Sonet pun bilang mesinnya irit banget, udah jalan 120 km rute kombinasi dalkot dan tol avg fuel consumptionnya masih ada di angka 19.8km/l (gatau apakah trip computernya kelewat optimistis atau ga). Kekurangannya memang di bengkel dan dan parts Kia yang mungkin ga sehebat Toyota dan Honda sih, plus resale value pun pasti lumayan kurang.
Kalau Raize dan Rocky itu menurut saya getarnya lumayan minim tp masih ada microvibration di setir dari mesin 3-silindernya (iya, tangan dan badan saya kelewat sensitif karena udah pernah coba beragam jenis mobil ketika dahulu kala jadi jurnalis otomotif). Kalau untuk sesekali aja, mungkin ga berasa, tapi untuk long term akan jadi lumayan mengganggu. Tapi selain itu, RR udah cukup banget untuk dijadikan daily beater—irit, fitur oke, compact, dan resale value pasti bakalan lebih kejaga.
Untuk City HB saya agak kurang rekomen sih. BQ interior emang naik dibandingkan Jazz, tapi rival2nya yang justru naik drastis dibandingkan mobil ini. Impresi interior City HB buat saya agak kurang karena kesan jadul di instrument cluster tahun 2000-an vibes dan head unit yang ga simetris sama tunnel transmisi tengah kabin. Agak OCD memang, makanya saya ga betah lama2 ada di dalam City HB kecuali di belakang dengan ruang yang lega banget (sayang minim armrest).
Last edited by susupanda on Thu Nov 18, 2021 2:44, edited 1 time in total.