Baterai LG bermasalah, Hyundai di tuntut, GM recall.

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16249
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Baterai LG bermasalah, Hyundai di tuntut, GM recall.

Post by ChZ »

bensinsolar wrote: Mon Jan 04, 2021 2:52
Wah nice to know WRC masih bakal pertahanin traditional ICE. Time flies, dulu masih ntn dikit2 WRC jaman Loeb. Ga nyangka Hyundai skrg bisa dominate. Dulu masih era Mitsu, Subaru, Citroen. :big_exellent:

Entah apa yg ada dipikiran ex driver F1 jaman dulu ngeliat F1 masa kini...

Formula E mah boring banget. Lbh menarik liat balapan Gokart :big_comfort: :mky_07:
glorified tamiya... :big_biglaugh:

makanya selama ini kan jd pertanyaan... sbenernya klo gak ada insentif bener gak sih orang mau beralih ke BEV...

lama lama bahas EV jg bosenin... apa yang mau dibahas dr EV selain range dan gede gedean batre :big_bored: brutal accelerationnya tesla ya ya udah gitu aja kan... lewat 160 kph dilibas ama lambo. di SM trit soal EV jg cepet bgt tenggelem :big_biglaugh:

lebih seru bahas hybrid dan PHEV variasinya banyak bgt dan potensinya sangat gede...

ICE mah yang dibahas banyak... masda aja masih rencana bikin 6 silinder enjin...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
malaikat
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: Mon Jan 04, 2021 7:49
Location: Bali

Re: Baterai LG bermasalah, Hyundai di tuntut, GM recall.

Post by malaikat »

ada-ada aja cara orang menghambat kemajuan teknologi. cuma bakal jadi usaha yang sia-sia karena sudah menjadi keniscayaan
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4131
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Baterai LG bermasalah, Hyundai di tuntut, GM recall.

Post by kunaskun »

bensinsolar wrote: Mon Jan 04, 2021 2:52 Wah nice to know WRC masih bakal pertahanin traditional ICE. Time flies, dulu masih ntn dikit2 WRC jaman Loeb. Ga nyangka Hyundai skrg bisa dominate. Dulu masih era Mitsu, Subaru, Citroen. :big_exellent:

Entah apa yg ada dipikiran ex driver F1 jaman dulu ngeliat F1 masa kini...

Formula E mah boring banget. Lbh menarik liat balapan Gokart :big_comfort: :mky_07:
iya, saya hanya sesekali amati saja. dan memang tahu kiprah hyundai yg wow sekarang. mungkin seperti F1 ya lawan merek tradisional sudah tidak jor2an di olahraga ini jadi ya seperti biasanya kurang modal.

F1 jaman dulu mungkin takut liat F1 zaman now kali ya. karena makin kenceng kan setiap tahunnya? makin banyak cara bikin mobil tambah kenceng walau banyak dibatasi demi keamanan dan tontonan menarik.

Formula E saya pernah nonton di mana lupa, sebenernya si memang mirip F1 muter2in lap tapi ya itu "soul" dari suara mesin ICE yg ga ada bikin "Sepi" dan jadi ga napsu. mungkin anak sekarang malah ga berasa kali ya. :big_biglaugh:
User avatar
bensinsolar
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 734
Joined: Tue Sep 27, 2016 8:34

Re: Baterai LG bermasalah, Hyundai di tuntut, GM recall.

Post by bensinsolar »

ChZ wrote: Mon Jan 04, 2021 3:33
bensinsolar wrote: Mon Jan 04, 2021 2:52
Wah nice to know WRC masih bakal pertahanin traditional ICE. Time flies, dulu masih ntn dikit2 WRC jaman Loeb. Ga nyangka Hyundai skrg bisa dominate. Dulu masih era Mitsu, Subaru, Citroen. :big_exellent:

Entah apa yg ada dipikiran ex driver F1 jaman dulu ngeliat F1 masa kini...

Formula E mah boring banget. Lbh menarik liat balapan Gokart :big_comfort: :mky_07:
glorified tamiya... :big_biglaugh:

makanya selama ini kan jd pertanyaan... sbenernya klo gak ada insentif bener gak sih orang mau beralih ke BEV...

lama lama bahas EV jg bosenin... apa yang mau dibahas dr EV selain range dan gede gedean batre :big_bored: brutal accelerationnya tesla ya ya udah gitu aja kan... lewat 160 kph dilibas ama lambo. di SM trit soal EV jg cepet bgt tenggelem :big_biglaugh:

lebih seru bahas hybrid dan PHEV variasinya banyak bgt dan potensinya sangat gede...

ICE mah yang dibahas banyak... masda aja masih rencana bikin 6 silinder enjin...
Liat POV Porsche electric, so boring. No emotion :mky_07:
Kalau ga dipaksa EV hanyalah niche market.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16249
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Baterai LG bermasalah, Hyundai di tuntut, GM recall.

Post by ChZ »

bensinsolar wrote: Tue Jan 05, 2021 2:39
Liat POV Porsche electric, so boring. No emotion :mky_07:
Kalau ga dipaksa EV hanyalah niche market.
nahh porschayy aja ga bikin 911 electric tp malah bikin taycan 4 pintu :big_biglaugh:

porschayy sendiri state ga akan bikin 911 electric... akan stay ICE selama masih mungkin.

banteng ngamuk juga bilang akan stay pake ICE dan ga akan axe V12 enjin nya... :mky_02:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
bensinsolar
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 734
Joined: Tue Sep 27, 2016 8:34

Re: Baterai LG bermasalah, Hyundai di tuntut, GM recall.

Post by bensinsolar »

kunaskun wrote: Mon Jan 04, 2021 16:17
bensinsolar wrote: Mon Jan 04, 2021 2:52 Wah nice to know WRC masih bakal pertahanin traditional ICE. Time flies, dulu masih ntn dikit2 WRC jaman Loeb. Ga nyangka Hyundai skrg bisa dominate. Dulu masih era Mitsu, Subaru, Citroen. :big_exellent:

Entah apa yg ada dipikiran ex driver F1 jaman dulu ngeliat F1 masa kini...

Formula E mah boring banget. Lbh menarik liat balapan Gokart :big_comfort: :mky_07:
iya, saya hanya sesekali amati saja. dan memang tahu kiprah hyundai yg wow sekarang. mungkin seperti F1 ya lawan merek tradisional sudah tidak jor2an di olahraga ini jadi ya seperti biasanya kurang modal.

F1 jaman dulu mungkin takut liat F1 zaman now kali ya. karena makin kenceng kan setiap tahunnya? makin banyak cara bikin mobil tambah kenceng walau banyak dibatasi demi keamanan dan tontonan menarik.

Formula E saya pernah nonton di mana lupa, sebenernya si memang mirip F1 muter2in lap tapi ya itu "soul" dari suara mesin ICE yg ga ada bikin "Sepi" dan jadi ga napsu. mungkin anak sekarang malah ga berasa kali ya. :big_biglaugh:
Honda juga mau cabut dari F1, sptnya ud ga menarik lagi karena batasan2 itu. Jd ga bisa all out utk inovasi di ICE, yg ada hanya cari cara walkaround supaya lbh cepat dsb.

Kalau takut sptnya ga d, soalnya safety jauh lebih baik.

Anak skrg mkgn da ga gitu ntn F1 dsb mereka into e-sport yg menurut opini saya bukan sport. Tp gamers yg saya sendiri juga masuk kategori itu :mky_02:
User avatar
bensinsolar
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 734
Joined: Tue Sep 27, 2016 8:34

Re: Baterai LG bermasalah, Hyundai di tuntut, GM recall.

Post by bensinsolar »

ChZ wrote: Tue Jan 05, 2021 2:43
bensinsolar wrote: Tue Jan 05, 2021 2:39
Liat POV Porsche electric, so boring. No emotion :mky_07:
Kalau ga dipaksa EV hanyalah niche market.
nahh porschayy aja ga bikin 911 electric tp malah bikin taycan 4 pintu :big_biglaugh:

porschayy sendiri state ga akan bikin 911 electric... akan stay ICE selama masih mungkin.

banteng ngamuk juga bilang akan stay pake ICE dan ga akan axe V12 enjin nya... :mky_02:
Tp di Indo juga susah EV. Disini aja org masih mikirin resale, bisa diisi premium/solar busuk dsb, fuel efficiency brp km per litre.
Begitu mau beli EV, dibilang battery perlu diganti setiap 8-10 taon seharga 25% dari harga mobil, lgsg keder duluan.
mr_mytplx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1311
Joined: Mon Apr 20, 2009 6:17

Re: Baterai LG bermasalah, Hyundai di tuntut, GM recall.

Post by mr_mytplx »

bensinsolar wrote: Tue Jan 05, 2021 2:51
Tp di Indo juga susah EV. Disini aja org masih mikirin resale, bisa diisi premium/solar busuk dsb, fuel efficiency brp km per litre.
Begitu mau beli EV, dibilang battery perlu diganti setiap 8-10 taon seharga 25% dari harga mobil, lgsg keder duluan.
Umpama ni om, harga mobil 100jt, harga baterainya 25jt.

10 taon ke depan harga mobil tinggal 50 jt, harga baterai 25jt. kan separo harga tu om. mst berat kl mau ganti baterai.

Y itu yg buat saya skeptis sama mobil berbaterai. :big_biglaugh: :big_biglaugh:
User avatar
bensinsolar
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 734
Joined: Tue Sep 27, 2016 8:34

Re: Baterai LG bermasalah, Hyundai di tuntut, GM recall.

Post by bensinsolar »

mr_mytplx wrote: Tue Jan 05, 2021 5:16
bensinsolar wrote: Tue Jan 05, 2021 2:51
Tp di Indo juga susah EV. Disini aja org masih mikirin resale, bisa diisi premium/solar busuk dsb, fuel efficiency brp km per litre.
Begitu mau beli EV, dibilang battery perlu diganti setiap 8-10 taon seharga 25% dari harga mobil, lgsg keder duluan.
Umpama ni om, harga mobil 100jt, harga baterainya 25jt.

10 taon ke depan harga mobil tinggal 50 jt, harga baterai 25jt. kan separo harga tu om. mst berat kl mau ganti baterai.

Y itu yg buat saya skeptis sama mobil berbaterai. :big_biglaugh: :big_biglaugh:
Nah itu dia, baru battery cost. Ga kebayang kalo EV terlibat kecelakaan & butuh repair :big_peace:
EV ini lebih tepat kalau di brand HP seperti Apple. Nice to have aja bwt image. Kocek juga harus dalem.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16249
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Baterai LG bermasalah, Hyundai di tuntut, GM recall.

Post by ChZ »

bensinsolar wrote: Tue Jan 05, 2021 7:20
mr_mytplx wrote: Tue Jan 05, 2021 5:16
bensinsolar wrote: Tue Jan 05, 2021 2:51
Tp di Indo juga susah EV. Disini aja org masih mikirin resale, bisa diisi premium/solar busuk dsb, fuel efficiency brp km per litre.
Begitu mau beli EV, dibilang battery perlu diganti setiap 8-10 taon seharga 25% dari harga mobil, lgsg keder duluan.
Umpama ni om, harga mobil 100jt, harga baterainya 25jt.

10 taon ke depan harga mobil tinggal 50 jt, harga baterai 25jt. kan separo harga tu om. mst berat kl mau ganti baterai.

Y itu yg buat saya skeptis sama mobil berbaterai. :big_biglaugh: :big_biglaugh:
Nah itu dia, baru battery cost. Ga kebayang kalo EV terlibat kecelakaan & butuh repair :big_peace:
EV ini lebih tepat kalau di brand HP seperti Apple. Nice to have aja bwt image. Kocek juga harus dalem.
padahal batre EV murni ntu harganya mgkn udah ngomong ratusan ya... yang hybrid kek prius dan camry aja gocap.

lihat harga dan cost ganti batre nya koq ya ga sebanding ama penghematannya :big_bored:

bener sih ga ganti oli, bener ga ngisi bensin listrik charge cm dua rebuan skali penuh... tp anggeplah pake lewat masa garansi 8 taon tetiba harga batrenya 200 jeteng sendiri kan ya males... :big_biglaugh:

yahh kalo umur batre ga sesuai klaim sehh bisa digaransi bener digaransi... tp ya tetep aja downtime tho... :big_bored:

dan ngomong kecelakaan jd inget rimac concept one nya hammond yang katanya kebakar berhari hari ga kunjung padam... :big_biglaugh:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
bangrosi
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 523
Joined: Wed Nov 20, 2013 5:53

Re: Baterai LG bermasalah, Hyundai di tuntut, GM recall.

Post by bangrosi »

Jarak harga antara mobil listrik dan konvensional hampir setengahnya ini yg bikin konsumen mundur duluan, blm lagi harga batre yg blm jelas brp harganya setelah garansi habis,mobil listrik emang cocok sebagai mobil kedua atau mobil weekend.

Btw pasar smartphone gk bisa disamain dgn pasar otomotif, smartphone isinya itu2 aja proc qualcomm,mediatek,exynos sensor kamera sony,samsung os android produsen cuma jual model dan fitur serta embel2
ftmb
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 23
Joined: Fri Jan 27, 2017 5:46

Re: Baterai LG bermasalah, Hyundai di tuntut, GM recall.

Post by ftmb »

ChZ wrote: Mon Jan 04, 2021 3:33
lama lama bahas EV jg bosenin... apa yang mau dibahas dr EV selain range dan gede gedean batre :big_bored: brutal accelerationnya tesla ya ya udah gitu aja kan... lewat 160 kph dilibas ama lambo. di SM trit soal EV jg cepet bgt tenggelem :big_biglaugh:

lebih seru bahas hybrid dan PHEV variasinya banyak bgt dan potensinya sangat gede...

ICE mah yang dibahas banyak... masda aja masih rencana bikin 6 silinder enjin...
Cobalah anda baca baca sedikit teknologi battery, konversi ke daya, tabel battery charge discharge dll.

Kalau anda punya pengetahuan, anda tahu kenapa karakter mobil listrik akselerasinya brutal.

Tesla itu bukan tandingannya lambo kalau top speed.. Cari tahu lah kenapa.

Anda merasa bosen ngomongin mobil listrik karena secara teknologi anda itu kurang paham.

Kita bicara teknologi dan bisnis, nothing personal.
Nggak perlu terlalu attached dengan teknologi ice atau listrik. Ini cuma soal trend arah bisnis dan teknologi. Suka nggak suka begitulah arahnya. Regulator sudah bersikap, pelaku industri juga berusaha buat business plan yg inline.

Saya tahun 2008 sampai pertengahan 2011 itu jualan battery utk utility, datacenter dll, dengan dimensi yg cukup besar. Termasuk solar panel utk small substation yg tidak ada jaringan listrik, atau ketersediaanya tidak 24 jam.

Awal2 kita masih beli merk2 eropa dan teknologi nya pun masih jadul. Tapi makin lama kita mulai beli dari china bahkan terakhir india dengan teknologi yang lebih baik dimana sizenya lebih kecil, cycle nya lebih besar dan tahan terhadap operasional environment yg lebih jelek. Utamanya temperatur. (dulu mungkin cuma kenal teknologi AGM, gel, tubular gel, terakhir lithium ion)

Saya yakin teknologi battery akan jauh lebih baik lagi dalam hal performa, size yg lebih kecil. Harganya pun akan lebih terjangkau.

Motor listriknya pun akan berkembang, ini mah masih tahap awal.

Dulu untuk solusi solar power station aja harga per watt masih mahal banget, terutama utuk solar panel dan batterynya.
Sekarang solar panel nya sudah lebih baik efisiensi konversi dayanya dan harganya lebih terjangkau. Rumah tangga aja sudah mulai banyak yang pasang.

Menurut saya pribadi evolusi teknologi ice, ke listrik nggak terlalu revolusioner. Autonomous car lebih ngeri lagi lompatannya.. AI, IoT, V2X dll itu lebih sadis lagi.

Btw, kalau disini ada yg di industri otomotif, apakah sudah ada kebutuhan utk chip V2X? Siapa tahu ada peluang bisnis.. Hahaha :big_deal:
mr_mytplx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1311
Joined: Mon Apr 20, 2009 6:17

Re: Baterai LG bermasalah, Hyundai di tuntut, GM recall.

Post by mr_mytplx »

bangrosi wrote: Tue Jan 05, 2021 12:03 Jarak harga antara mobil listrik dan konvensional hampir setengahnya ini yg bikin konsumen mundur duluan, blm lagi harga batre yg blm jelas brp harganya setelah garansi habis,mobil listrik emang cocok sebagai mobil kedua atau mobil weekend.

Btw pasar smartphone gk bisa disamain dgn pasar otomotif, smartphone isinya itu2 aja proc qualcomm,mediatek,exynos sensor kamera sony,samsung os android produsen cuma jual model dan fitur serta embel2
Kl smartphone lg kepepet lowbat butuh telepon msh bisa di charge sambil telp.

Nah kl mobil listrik kepepet butuh kan ga bisa di charge sambil jalan. :big_biglaugh: :big_biglaugh:
ftmb wrote: Tue Jan 05, 2021 13:57
Saya yakin teknologi battery akan jauh lebih baik lagi dalam hal performa, size yg lebih kecil. Harganya pun akan lebih terjangkau.
Nah kl yg ini saya sependapat. Di masa depan siapa tau ditemukan teknologi yg charge cepat dan baterainya tahan lama.

Kl untuk saat ini masih blm masuk logika saya untuk pakai mobil listrik.

Nge charge lbh lama drpd isi bensin.

10 taon nasib baterinya ga jelas.

Harganya lebih mahal dr mobil konvensional.

Kt lihat saja nt ke depannya gmn perkembangan teknologi baterai. :big_okay:
mr_mytplx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1311
Joined: Mon Apr 20, 2009 6:17

Re: Baterai LG bermasalah, Hyundai di tuntut, GM recall.

Post by mr_mytplx »

Btw LG bangun pabrik baterai di Indo. :big_okay:

https://tekno.kompas.com/read/2020/12/3 ... -indonesia
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16249
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Baterai LG bermasalah, Hyundai di tuntut, GM recall.

Post by ChZ »

ftmb wrote: Tue Jan 05, 2021 13:57 Cobalah anda baca baca sedikit teknologi battery, konversi ke daya, tabel battery charge discharge dll.

Kalau anda punya pengetahuan, anda tahu kenapa karakter mobil listrik akselerasinya brutal.

Tesla itu bukan tandingannya lambo kalau top speed.. Cari tahu lah kenapa.

Anda merasa bosen ngomongin mobil listrik karena secara teknologi anda itu kurang paham.
saya cukup aware dan bahkan sudah cukup paham kalau EV memang brutal accel nya karena karakter torque dari 0 RPM dan ya kalau soal top speed graph torque nya jg saya paham instant torque itu at some point dropping... inilah knp saya bilang brutal accel dan instant torque is overrated.

sy juga sangat aware bahwa mau tidak mau elektrifikasi pasti terjadi dan bahkan sedang terjadi... wacana teknologi dan otomotif sekarang sudah ke situ semua.

tetapi untuk fully beralih ke EV semua, saya kira not in near future sih...

apalagi indonesia walah jangankan ngomong ban ICE klo soal euro euroan aja ga jelas udah mau langsung lompat EV. i'll be dead before that happens.

slama listrik di perumahan mewah aja suka njegleg dan kena pemadaman ane masih big no ke EV... tar kalo stasiun pengisian di tengah tol blackout kan ya weleh-weleh juga... butuh genset brapa biji buat nyalain... eh ya pake minyak juga ujungnya :big_biglaugh:

smentara hybrid dan PHEV masih bisa ngacir pake bensin sambil ngisi motor listriknya...

mr_mytplx wrote: Tue Jan 05, 2021 14:20
bangrosi wrote: Tue Jan 05, 2021 12:03 Jarak harga antara mobil listrik dan konvensional hampir setengahnya ini yg bikin konsumen mundur duluan, blm lagi harga batre yg blm jelas brp harganya setelah garansi habis,mobil listrik emang cocok sebagai mobil kedua atau mobil weekend.

Btw pasar smartphone gk bisa disamain dgn pasar otomotif, smartphone isinya itu2 aja proc qualcomm,mediatek,exynos sensor kamera sony,samsung os android produsen cuma jual model dan fitur serta embel2
Kl smartphone lg kepepet lowbat butuh telepon msh bisa di charge sambil telp.

Nah kl mobil listrik kepepet butuh kan ga bisa di charge sambil jalan. :big_biglaugh: :big_biglaugh:
ftmb wrote: Tue Jan 05, 2021 13:57
Saya yakin teknologi battery akan jauh lebih baik lagi dalam hal performa, size yg lebih kecil. Harganya pun akan lebih terjangkau.
Nah kl yg ini saya sependapat. Di masa depan siapa tau ditemukan teknologi yg charge cepat dan baterainya tahan lama.

Kl untuk saat ini masih blm masuk logika saya untuk pakai mobil listrik.

Nge charge lbh lama drpd isi bensin.

10 taon nasib baterinya ga jelas.

Harganya lebih mahal dr mobil konvensional.

Kt lihat saja nt ke depannya gmn perkembangan teknologi baterai. :big_okay:
yup stuju sih soal batre pasti akan makin compact packagingnya dan makin efisien. which is possible juga ICE nanti akan dibuat makin efisien lagi. toyota bisa bikin 1.6 liter 3 silinder tenaga 265 hp sekarang itu kurang efisien apa :big_biglaugh:

artinya kalau dua duanya efisien, win-win solution dan ngebayangin PHEV bisa jalan 2000km+ sekali isi mah seru bgt... road trip ga perlu kelamaan mampir ke SPBU :big_grin:

cm ya entah ini ego petrolhead saya masih belum bisa menerima nyetir mobil kayak tamiya ga ada suara exhaustnya... padahal suara engine note dan exhaust note itu bagian dari experience... makanya lambo dan porsche ngotot akan pertahanin ICE selama mungkin.

dan mreka dengan cukup pede ngomong tidak contribute ke polusi terlalu banyak itu masuk akal sih... 10 biji lambo disimpen buat trackday dan weekend run doank ga ngotorin kota sebanyak 1000 unit agya yang dipake tiap hari :big_biglaugh:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
vipere
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1067
Joined: Mon Feb 17, 2014 8:41

Re: Baterai LG bermasalah, Hyundai di tuntut, GM recall.

Post by vipere »

memang arahnya udah ke mobil listrik semua. apalagi regulasi banyak negera yg ke arah sana.
tapi orang Indo kebanyakan sih, termasuk saya kayaknya belum mampu pake mobil listrik atau hybrid,
kalo sekali ganti batere bisa 60 juta bahkan lebih, itu duit 60 juta bisa buat beli bensin 5 tahun kali.
mr_mytplx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1311
Joined: Mon Apr 20, 2009 6:17

Re: Baterai LG bermasalah, Hyundai di tuntut, GM recall.

Post by mr_mytplx »

vipere wrote: Tue Jan 05, 2021 16:38 memang arahnya udah ke mobil listrik semua. apalagi regulasi banyak negera yg ke arah sana.
tapi orang Indo kebanyakan sih, termasuk saya kayaknya belum mampu pake mobil listrik atau hybrid,
kalo sekali ganti batere bisa 60 juta bahkan lebih, itu duit 60 juta bisa buat beli bensin 5 tahun kali.
Kl teknologi baterai tidak berkembang seperti yg diharapkan ( tetap lebih mahal dari ICE dan waktu charging lama), maka nt di negara2 yg terlanjur memaksakan pindah ke elektrik biaya logistik akan menjadi lebih mahal drpd negara yg belum beralih ke elektrik. Daya saing melemah dsb dsb. Semoga Indo tidak terburu2.

Belum lg kl meletus WW3 atau terjadi krisis seperti 1928. :big_biglaugh: :big_biglaugh:
mpvlover
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1147
Joined: Fri Feb 23, 2007 13:26

Re: Baterai LG bermasalah, Hyundai di tuntut, GM recall.

Post by mpvlover »

Hah kenapa org indo harus mikir beli mobil listrik atau enggak sih ?

Sumpah ga ada yang minta org indo atau pasar IDM untuk beli mobil listrik koq

Saya suka mobil listrik dan kalau ke depannya jadi pindah ke luar negri tentu akan beli mobil listrik

Tapi di indo ga usah ributin beli atau enggak kok, karena yang mau jualan juga ga ada kok

Hyundai bikin pabrik ? Toyota bikin pabrik ?

Wong iya tapi mobil listrik yg dirakit (bukan diproduksi ya) untuk dijual di indo juga kaga akan nyampe 1%. Perakitan lebih dr 1% tapi untuk ekspor ke singapur malaysia thailand australia yg sama sama stir tangan kanan.

Itu kan mereka pinter pinternya supaya dikasih karpet merah oleh gavemen tapi tujuan nyatanya terutama toyota ya untuk produksi besar besaran mesin bensin 4 silinder teknologi 1990 an Vvti buat jualan di indo ketika ga boleh jualan lagi di pasar gemuk negara maju

Lu pikir taun 2030 avanza innova udah EV ?? Borokwokokokkkk wakakakakkk
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4971
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Baterai LG bermasalah, Hyundai di tuntut, GM recall.

Post by b0ku »

ChZ wrote: Mon Jan 04, 2021 3:33
bensinsolar wrote: Mon Jan 04, 2021 2:52
Wah nice to know WRC masih bakal pertahanin traditional ICE. Time flies, dulu masih ntn dikit2 WRC jaman Loeb. Ga nyangka Hyundai skrg bisa dominate. Dulu masih era Mitsu, Subaru, Citroen. :big_exellent:

Entah apa yg ada dipikiran ex driver F1 jaman dulu ngeliat F1 masa kini...

Formula E mah boring banget. Lbh menarik liat balapan Gokart :big_comfort: :mky_07:
glorified tamiya... :big_biglaugh:

makanya selama ini kan jd pertanyaan... sbenernya klo gak ada insentif bener gak sih orang mau beralih ke BEV...

lama lama bahas EV jg bosenin... apa yang mau dibahas dr EV selain range dan gede gedean batre :big_bored: brutal accelerationnya tesla ya ya udah gitu aja kan... lewat 160 kph dilibas ama lambo. di SM trit soal EV jg cepet bgt tenggelem :big_biglaugh:

lebih seru bahas hybrid dan PHEV variasinya banyak bgt dan potensinya sangat gede...

ICE mah yang dibahas banyak... masda aja masih rencana bikin 6 silinder enjin...
gw liat lama2x nasibnya bisa kayak DCT awal2x di gembor2xin lebih kenceng dari manual banyak sportcar mulai pakai eeh tapi banyak trouble dan kurang nyaman, lama2x matic konvensional makin cepet dan nyaman dengan gear yang banyak akhirnya semua balik pake konvensional M series ud balik konvensional, VW golf balik konvensional, mungkin nasibnya bisa2x hybrid yang jadi matic konvensional mesin CC imut turbo dengan tenaga besar di bantu motor listrik dengan batre range pendek biar compact tapi bisa kasih tenaga gede ke motor listrik :ngacir:,

mau liat contohnya cek aja koenigsegg gemera
mr_mytplx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1311
Joined: Mon Apr 20, 2009 6:17

Re: Baterai LG bermasalah, Hyundai di tuntut, GM recall.

Post by mr_mytplx »

ChZ wrote: Tue Jan 05, 2021 15:48
artinya kalau dua duanya efisien, win-win solution dan ngebayangin PHEV bisa jalan 2000km+ sekali isi mah seru bgt... road trip ga perlu kelamaan mampir ke SPBU :big_grin:
Aduh nt kasihan donk yg ud invest bangun pom bensin. :big_biglaugh: :big_biglaugh:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4971
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Baterai LG bermasalah, Hyundai di tuntut, GM recall.

Post by b0ku »

mr_mytplx wrote: Wed Jan 06, 2021 0:48
vipere wrote: Tue Jan 05, 2021 16:38 memang arahnya udah ke mobil listrik semua. apalagi regulasi banyak negera yg ke arah sana.
tapi orang Indo kebanyakan sih, termasuk saya kayaknya belum mampu pake mobil listrik atau hybrid,
kalo sekali ganti batere bisa 60 juta bahkan lebih, itu duit 60 juta bisa buat beli bensin 5 tahun kali.
Kl teknologi baterai tidak berkembang seperti yg diharapkan ( tetap lebih mahal dari ICE dan waktu charging lama), maka nt di negara2 yg terlanjur memaksakan pindah ke elektrik biaya logistik akan menjadi lebih mahal drpd negara yg belum beralih ke elektrik. Daya saing melemah dsb dsb. Semoga Indo tidak terburu2.

Belum lg kl meletus WW3 atau terjadi krisis seperti 1928. :big_biglaugh: :big_biglaugh:
itu yang gw takutin apalagi ambulance police car pake elektrik, penjahat pake V8 extra tangki ya modar :wkkk:
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1298
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: Baterai LG bermasalah, Hyundai di tuntut, GM recall.

Post by Or4cle »

[/quote]

yup stuju sih soal batre pasti akan makin compact packagingnya dan makin efisien. which is possible juga ICE nanti akan dibuat makin efisien lagi. toyota bisa bikin 1.6 liter 3 silinder tenaga 265 hp sekarang itu kurang efisien apa :big_biglaugh:

artinya kalau dua duanya efisien, win-win solution dan ngebayangin PHEV bisa jalan 2000km+ sekali isi mah seru bgt... road trip ga perlu kelamaan mampir ke SPBU :big_grin:

cm ya entah ini ego petrolhead saya masih belum bisa menerima nyetir mobil kayak tamiya ga ada suara exhaustnya... padahal suara engine note dan exhaust note itu bagian dari experience
... makanya lambo dan porsche ngotot akan pertahanin ICE selama mungkin.

dan mreka dengan cukup pede ngomong tidak contribute ke polusi terlalu banyak itu masuk akal sih... 10 biji lambo disimpen buat trackday dan weekend run doank ga ngotorin kota sebanyak 1000 unit agya yang dipake tiap hari :big_biglaugh:
[/quote]

I feel you brooo !
In fact, saat Formula 1 beralih dari V10 - V12 ke V6 turbocharger langsung hambar rasanya :big_dunno:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16249
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Baterai LG bermasalah, Hyundai di tuntut, GM recall.

Post by ChZ »

b0ku wrote: Wed Jan 06, 2021 2:24
gw liat lama2x nasibnya bisa kayak DCT awal2x di gembor2xin lebih kenceng dari manual banyak sportcar mulai pakai eeh tapi banyak trouble dan kurang nyaman, lama2x matic konvensional makin cepet dan nyaman dengan gear yang banyak akhirnya semua balik pake konvensional M series ud balik konvensional, VW golf balik konvensional, mungkin nasibnya bisa2x hybrid yang jadi matic konvensional mesin CC imut turbo dengan tenaga besar di bantu motor listrik dengan batre range pendek biar compact tapi bisa kasih tenaga gede ke motor listrik :ngacir:,

mau liat contohnya cek aja koenigsegg gemera
tul kayak clean diesel di awal juga kan... dulu rame gembor gembor irit torsi gede ramah lingkungan rame dibahas majalah dalem luar negri setelah kasus dieselgate langsung kebuka semua boroknya... penjualan di yurop dan negara maju lain pun langsung menurun drastis penggunanya pada kompak class action.

ah ya gw baru sadar juga loh golf 1.4 skrg ada yang pake 8 auto... :big_biglaugh:

bener gw liatnya batre dan ICE makin ksini sama sama dikembangin dan mainstream manufacturer msh punya harapan dengan ICE... jd yang akan sangat possible dalam waktu dekat ya invention mesin hybrid bonkers di mobil yang lebih "terjangkau"... dari flagship (mekleren P1 dan Porsche 918) mungkin nanti bakal ada 911 hybrid yang powernya 900hp pake ICE dan motor listrik :big_love:
mr_mytplx wrote: Wed Jan 06, 2021 2:26
Aduh nt kasihan donk yg ud invest bangun pom bensin. :big_biglaugh: :big_biglaugh:
gpp khan nanti bakal nambah pom listrik...

kalo listriknya gak modiar... wkwkwkwkwkw...
Or4cle wrote: Wed Jan 06, 2021 2:48 I feel you brooo !
In fact, saat Formula 1 beralih dari V10 - V12 ke V6 turbocharger langsung hambar rasanya :big_dunno:
yah gimana ya ane mengakui mungkin G-Force dari nyetir EV itu memang nyenengin... gw juga masih penasaran pengen nyoba tesla S...

tapi tetep gak bisa ngebayangin nyetir cuma dengar wuzzzzz wuzzzzzz suara angin dan suara roda... :ungg:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Poporing
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 634
Joined: Sun Jun 14, 2020 6:46
Location: Jkt
Daily Vehicle: honda

Re: Baterai LG bermasalah, Hyundai di tuntut, GM recall.

Post by Poporing »

ftmb wrote: Tue Jan 05, 2021 13:57
Saya tahun 2008 sampai pertengahan 2011 itu jualan battery utk utility, datacenter dll, dengan dimensi yg cukup besar. Termasuk solar panel utk small substation yg tidak ada jaringan listrik, atau ketersediaanya tidak 24 jam.

Awal2 kita masih beli merk2 eropa dan teknologi nya pun masih jadul. Tapi makin lama kita mulai beli dari china bahkan terakhir india dengan teknologi yang lebih baik dimana sizenya lebih kecil, cycle nya lebih besar dan tahan terhadap operasional environment yg lebih jelek. Utamanya temperatur. (dulu mungkin cuma kenal teknologi AGM, gel, tubular gel, terakhir lithium ion)

Saya yakin teknologi battery akan jauh lebih baik lagi dalam hal performa, size yg lebih kecil. Harganya pun akan lebih terjangkau.

Motor listriknya pun akan berkembang, ini mah masih tahap awal.
menarik nih ngomong soal batere..
itu om dari 2011 sampe skrg masi jual batere? apakah pasca tesla/EV booming, ada improvement yg signifikan?

itu kan yg om omongin batere untuk skala workstation/industrial, kalo untuk skala kecil macam motor/mobil/gadget apakah ada lompatan teknologi jg om? soalnya kalo ngmg untuk data center/industrial pasti ada pendinginan alami karena space nya ga terlalu sempit.. (kalo dtaro di data center kan emang ada ac yg dingin, tp pas baterenya beroperasi (listrik pln mati) apakah ac itu tetep ditenagai batere om? soalnya kan daya buat aircon lmyn gede)
dan kalo di motor/mobil/gadget dgn ruang yg terbatas pasti pendinginannya ga sebaik kalo ditaro di ruang/gedung...

kira2 om ada chart yg bs nunjukin kira2 batere dgn besar sekian bisa nyimpan tenaga sekian?

soalnya pandangan saya adalah selama ini teknologi batere ya gitu2 aja.. seandainya ada improvement kita bisa pake gadget/device elektronik lebih lama dbanding jaman dulu, ya itu karena efisiensi dari otak/prosesornya... entah dgn manufaktur prosesor/cpu yg semakin mengecil atau dari perangkat lainnya yg semakin efisien.

tolong benerin kalo ada penulisan yg salah om...
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16249
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Baterai LG bermasalah, Hyundai di tuntut, GM recall.

Post by ChZ »

Poporing wrote: Wed Jan 06, 2021 4:10
soalnya pandangan saya adalah selama ini teknologi batere ya gitu2 aja.. seandainya ada improvement kita bisa pake gadget/device elektronik lebih lama dbanding jaman dulu, ya itu karena efisiensi dari otak/prosesornya... entah dgn manufaktur prosesor/cpu yg semakin mengecil atau dari perangkat lainnya yg semakin efisien.
nahh ini menarik... dulu hape nokia jadul cuma butuh sekitar 1000 mAh karena ngga jalanin fungsi macem-macem, seminggu bisa cuma turun 1 strip. sejak eranya blekberi dan aipun batre 2000mAh aja rasanya itungan jem dipake intens cepet banget mampus.

sekarang hape android ane ga tau klo merek lain, tp belakangan pake siomay sehari ngga ngecas juga awet. pdhl kapasitas batre rasanya ga beda-beda amat, tp emang bener lebih ga cepet panas dan pastinya kerjanya lebih cepet... brarti emang yang bikin hemat ya kerja otaknya yang makin efisien ya oom.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7