Klo rumah seller daerah banjir, ga ada 2 buku ini jg bsa jd kewaspadaan mobil kuatirnta pernah kena banjir setinggi dashboarderwinign wrote: Thu Dec 31, 2020 3:09Maap om kl boleh tau, waktu cek unit record service dan buku servis ada? Biasa kl ini 2 barang menghilang = odo ngga beresmasaudie wrote: Thu Dec 31, 2020 2:10 Tambahan sedikit, dari pengalaman pribadi. Baru aja ngambil mobil odo nya direset/diganti/pokoke udah nggak aslinya lagi. Udah feeling soalnya dari kondisi mobil to good to be true kl odonya baru segitu, tapi memang kondisinya masih oke dibanding harganya jadi yaudah angkut.
Untuk mobil Toyota, sebelum ke BeRes untuk cek history, kita bisa install aplikasi Auto2000 (di android sih ada, nggak tau di iphone), masukin data-data mobil (plat no, VIN/NIK), nanti bisa dicek dari situ service historynya. nomer VIN/NIK minta aja fotoin stnknya dari seller. Kadang disebutin KM berapa mobil itu diservis, kadang nggak keliatan jd mesti cek lagi ke Auto2000. Paling nggak ini bisa jadi indikasi awal odonya dimainin apa nggak.
Di mobil odo mobil saya tertulis 56k, padahal di taun 2018 udah servis 80k (kalo ini nanya sama BeRes karena dari aplikasi nggak ketauan). Baru tau cara ini setelah transaksi dan setelah cek ke BeRes.
Semoga membantu.
Cara mendeteksi odometer masi ASLI / udah dimundurin pada Ipah AN 40 / Fortuner AN 60
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1702
- Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42
Re: Cara mendeteksi odometer masi ASLI / udah dimundurin pada Ipah AN 40 / Fortuner AN 60
Big Displacement V engine enthusiast:
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT
Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT
Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 720
- Joined: Tue Feb 12, 2013 12:30
Re: Cara mendeteksi odometer masi ASLI / udah dimundurin pada Ipah AN 40 / Fortuner AN 60
Ya untung2 an sih..kmaren bengkel temen yg biasa pasang transgo cerita ada customer beli seken anki type Q....setelah turunin karter matik ketauan banyak las2an indikasi habis crash...sudah general inspeksi di toyota ga ketauan juga.. record Toyota jg ga bisa menjamin sepenuhnya
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4900
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Cara mendeteksi odometer masi ASLI / udah dimundurin pada Ipah AN 40 / Fortuner AN 60
nah , kalo saya boleh koreksi. kalo km nya 56 rb 6 tahun, interiornya harus mulus alami, dalam artian jok dan trimnya harus masih aslinya atau belum diganti sama sekali, kalo jok dan trimnya itu sudah gantian, bisa disimpulkan kalau jok dan trim aslinya sudah kurang bagus which is mobil sering dipake tiap hari sehingga km nya pasti tinggi jg. dan kalo pengetahuan om masih terbatas, ada baiknya ambil di user langsung aja atau gak bawa kenalan yg ngerti mobil, jadi potensi dapet unit jeleknya bisa diminimalisir. cuma kalo secara overall, kondisi awal mobil yg om ceritakan persis seperti ANA G MT 2015 saya dulu , bodi interior mulus , gaada bekas tabrak banjir, hasil test drive jg memuaskan (suara mesin halus , naikkan masih enak) . cuma bedanya saya ambil di user langsung aja ( dan tangan pertama PT rental , tangan kedua pribadi) dan gantungan oli ada 2, tapi buku servis gaada . sama pas ditangan PT itu, servis record terakhir bulan Januari tahun lalu, sisanya ke bengkel biasamasaudie wrote: Thu Dec 31, 2020 16:07 Andai saya ketemu om @pboyz97 sebelom ngangkat mobil, bisa lebih hati2 milih.. memang penyesalan selalu dateng belakangan hahahaha. Tengkyu feedbacknya yang super komprehensif.
Sebelum memutuskan ambil mobil ini, ada beberapa opsi lain. Ada beberapa pertimbangan knp akhirnya pilih mobil ini (based on pengetahuan ttg mobkas saya yg terbatas): bodi mulus, interior mulus (walopun jok dan trim udah di ganti), pas di tes drive juga enak (tarikan ok, transmisi ok, gak ada rembes oli, suspensi enak), cek bekas tabrak (kerapetan pintu, sealer pintu, nat) nggak terlihat, bekas banjir (karat-karat, bau) ngga terlihat. Dulu beli di showroom yg kerjasama dgn OLX, dan ada inspeksi dari OLX juga yg menyatakan bebas tabrak, bebas banjir, kondisi normal (sempet terbesit pertanyaan ini bisa dipertanggung jawabkan netralitasnya gak ya?). Sempet konsultasi sama sodara yang bisnis jual beli mobil dia bilang sih ambil aja. Pas ketauan odo diputer, langsung telpon showroom dan ceritain kronologisnya, showroom bilang sempet diganti instrumen panelnya sama pemilik sebelumnya karena ada error di indikator bensin.
gantungan oli cuma ada 1, tangan ke 3 (tangan ke 1 PT bukan rental, tangan ke 2 pribadi). Pas di tangan PT sampe 2018 itu rutin servis BeRes, diatas 2018 service record nggak ada lagi.
To good to be truenya sih dari beberapa detailnya, sperti mulai ada karat di mur engsel pintu, setir baret2 di wood panelnya, ada bekas stiker di kaca belakang tulisan PT bla bla bla. Cek pedal dan seatbelt sih normal dan bersih.
Entry terakhir service record
Kalo memang ini mobil odonya diputer karena dulunya mobil capek, jujur belum ada rasa seperti itu. Sempet general check up ke A2k krn ngerasa mesin ngelitik, mereka bilang mesin normal dan bagian lainnyapun normal. Ternyata boot steer cover pecah jd suara mesin masuk ke kabin. Setelah diganti, ngelitik gak kedengeran lagi. Memang bener kalo ada suara-suara aneh dari mesin, obat paling ampuh itu tambah peredam kabin atau upgrade audio. Hal ini diamini juga sama 2 bengkel lain (1 bengkel chain besar depannya B tengahnya O belakangnya S, dan bengkel spesialis toyota di BSD, depannya D tengahnya U belakangnya M) yang menyatakan walopun ini mobil katakan udah 100rb keatas, mesin masih normal.
Untuk ukuran saya mobil ini masih enak banget, nggak ada komplen. Agak teryakinkan juga dgn garansi 1 bulan dari showroom itu kalo ada apa2 sama mesin dan transmisinya, makanya 1 bulan pertama kemarin lgsg dibanyakin pake mobil ini (padahal gak ada urusan keluar rumah krn masih WFH). Sampe sekarang alhamdulillah nggak ada yang aneh-aneh.
terus kalo soal to good to be truenya, kayanya ada yg perlu saya koreksi om, maaf sblmnya. kondisi yg om sebutkan sama sekali gak mencerminkan mobil km 56 rb 6 tahun. karena gaboleh ada karat sama sekali di mur engsel pintu ,karena kalo udh mulai ada karat, berarti mobil sering dipakai tiap hari, kemudian setir pun harus masih mulus dan bagus (gaboleh ada baret) , kalo setirnya ada baret , berarti mobil sering dipake dan dipegang orang setirnya. kemudian pedalnya, mohon maaf, kok gak kaya mobil 6 tahun 56 rb ya? soalnya udh mulai keliatan aus, terutama bagian gasnya menurut pengamatan sotoy saya, kondisinya mirip dengan GNA 2017 saya dulu yg km nya sudah 77rb (3 tahun) , sedangkan kalo km nya 56rb, pedal gas dan remnya masih bagus, gaboleh ada bagian yg aus sama sekali. dan untuk seatbelt, untuk bisa dibilang normal dan bersih, usahakan jangan cek bagian yang sering dipegang dan dilihat orang saja (pinggir row 1 -3) , tapi cek juga yg dibagian tengahnya, yg mendem dan luput dari perhatian orang, kalo yg bagian tengah dan mendem itu sama bersihnya dengan yg dipinggir row 1-3, berarti benar seatbeltnya normal dan bersih, tapi kalo yg dibangian tengah itu jamuran dan kotor tapi seatbelt pinggirnya bersih, berarti mobil sudah diakalin dan sering dipakai tiap hari (karena kondisi seatbelt tengah itu gabisa diboongin dan menggambarkan kondisi mobil yg sesungguhnya). karena jujur aja, awal kecurigaan saya terhadap ANA 2015 saya dulu adalah pada seatbeltnya, km baru 78 rb 5 tahun kenapa seatbelt tengah yg mendem itu sudah jamuran dan kotor , sedangkan seatbelt yg dipinggir which is sering diliat dan dipegang orang keliatan mulus dan bersih, selain itu, indikasi lain ada di setir kemudi bagian atasnya sudah licin klimis, alias sudah habis kulit jeruknya, serta pedal gas , rem dan kopling yg sudah haus + ada sedikit karat pada bagian bawah jok driver sebelah kanan, yg untungnya dibagian jok penumpang sebelah kiri gaada karat sama sekali . dan akhirnya dugaan saya terbukti abis cek di apps auto 2000 kalo mobil sudah pernah servis bulan januari tahun lalu di km 140rb

cuma baguslah , kalo mobil masih enak dan gaada komplen sama sekali walaupun dari service history yg om kasih jg ada indikasi bekas insiden dari history yg menunjukkan kalo mobil tersebut pernah ganti panel bodi . semoga awet sampai dijual nanti dan dijadikan pembelajaran agar lebih jeli, sabar ,teliti dan hati2 lagi dalam membeli mobil bekas. intinya jangan terburu buru dan jangan tergesa gesa, sama lebih baik harga lebih mahal sedikit, odometer lebih tinggi dan tahun lebih tua tapi history servicenya jelas dan terawat dibanding harga murah, odometer rendah, tahun muda tapi history servicenya gak jelas atau meragukan dan gak terawat. semoga bermanfaat
Last edited by Pboyz97 on Fri Jan 01, 2021 17:54, edited 1 time in total.
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4900
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Cara mendeteksi odometer masi ASLI / udah dimundurin pada Ipah AN 40 / Fortuner AN 60
bagus deh kalo masih oke kondisinya, semoga awet sampai dijual nanti yamasaudie wrote: Thu Dec 31, 2020 16:30Iya buat pelajaran aja deh om. Sebenernya misalnya pun ini mobil udah 100k keatas, kondisinya pun masih oke, jadi diputuskan untuk dipiara aja dulu. Malah jadi makin sayang ama mobil ini hahaha.Pboyz97 wrote: Thu Dec 31, 2020 16:11
waduhh, lain kali kalo gak ada buku2 itu jangan diambil om. kemungkinan besar udah dimainin odonya. dijadiin pelajaran aja biar lebih jeli dan teliti lagi dalam membeli mobekas. saya sendiri jg pernah dalam posisi yg sama seperti om. beli mobil karena bodi mulus tanpa buku srevis akhirnya dikadalin odo puteran 2x lipet![]()
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 114
- Joined: Sun Nov 22, 2020 4:08
Re: Cara mendeteksi odometer masi ASLI / udah dimundurin pada Ipah AN 40 / Fortuner AN 60
Iya mudah2an mobil awet om mobil ini. Jadi banyak belajar akibat kejadian ini. Makasih om inputnya.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3450
- Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45
Re: Cara mendeteksi odometer masi ASLI / udah dimundurin pada Ipah AN 40 / Fortuner AN 60
Gpp om, penting dapet pengalamannya. Itu yg paling berharga, nanti jadi lebih pro kalo ubek2 mbl sekenmasaudie wrote: Sat Jan 02, 2021 2:06 Iya mudah2an mobil awet om mobil ini. Jadi banyak belajar akibat kejadian ini. Makasih om inputnya.