Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Or4cle wrote: Sat Sep 19, 2020 2:53
Heran dgn media sekarang,
Tata bahasanya kok bombastis & hiperbola ...
Apa SOP pemberitaan syarat utamanya mesti clickbait ?
jangankan judulnya...
isi beritanya aj kadang cuma copy paste. uda nggak ngikutin alur kerja jurnalistik yang baik, males verifikasi sumber, cek dan ricek... ga jarang ampe media mainstream besar aja bs kemakan berita hoax gegara ngejar traffic semata.
bandingin ama narasi tv... jauh bener.
btw nih berita gak ada kelanjutannya lg ? fix jadi wacana forever lagi ya berarti?
ngeja wrote: Sat Sep 19, 2020 2:08
Too good to be true, pemerintah lagi BU gan
Makanya yg mulai digenjot pajak baru dari e commerce nih skarang. Tapi sebetulnya bagus sih insentif ini memang utk mobil2 CKD, kalo penjualan mampet trus bsa2 pabrik pada bubar
Halaah.. lagu lama kaset baru. Belum lama aja lagi pandemi ngeluarin aturan pajak pph. Mobil diatas 2M harga off the road kena tambahan pajak 5% lagi. Gayanya mau hapus PKB, mau bayar PNS sama ASN dari mana? Mau bayar utang dari mana?
whitetiger wrote: Sun Sep 20, 2020 11:28
ini beda website beda berita
ada yg bilang yg di ajukan di gratiskan itu ppn bm
ada yg bilang yg di ajukan di gratiskan itu PKB
kalau cuman PKB nya sih kecil potongannya wkwk
kalau ga buruan diputuskan, bahaya ini, malah yg mau beli mobil, pending semua nunggu potongan ini
PPnBM = ditjen pajak
PKB = bappenda
Ini mah tarik2an antara pusat vs pemda buat siapa yg bakal dikorbanin, ah tapi paling mentoknya jadi wacana angin surga doang kyk sebelumnya
kalau ppn bm nya 20% keatas, dan ppn, ppnbm & bbn digratiskan semua, baru bisa turun 50% kak
tapi ini mulai ada berita kontra nya, jadi pesimis ini
Pilihan yg sulit tapi tergantung pemerintah juga rela gk tdk ada pemasukan pajak dari industri ini, bisa jadi ini alternatif utk menyelamatkan industri otomotif beserta turunan nya dan bikin ekonomi berputar.
Klo saya pemerintah sih gausah mikir lama langsung potong pajek ini biar industrinya muter lagi. Soalnya taun depanya kan gov tetep dapet pajek taunan.
Soal gimana bayar kakitangan gov tinggal ambil dr post infra, klo tol ama pembangkit baru ditunda setaun aja udah mayan dananya buat nutup bolong dr income pajak mobil / motor, klo infra ditunda gabakal ada yg protes kok.
sekarang yg penting muter dulu ekonomi, biarin industri ama rakyat survive dulu, nanti klo sudah normal barudeh pajak di normalin lagi
kalau ppn bm nya 20% keatas, dan ppn, ppnbm & bbn digratiskan semua, baru bisa turun 50% kak
tapi ini mulai ada berita kontra nya, jadi pesimis ini
Pilihan yg sulit tapi tergantung pemerintah juga rela gk tdk ada pemasukan pajak dari industri ini, bisa jadi ini alternatif utk menyelamatkan industri otomotif beserta turunan nya dan bikin ekonomi berputar.
Ini sih chancenya menurut saya buat dijalanin msh ada om walaupun saya ttp berspekulasi. Udah mulai sebulan lalu sosialiasi ke atpm. Apalg uda masuk berita, kl sampe wacana sih astra apalg toyota bisa tambah bonyok. Krn kita tau sendiri langsung ga langsung toyota ada pengaruh buat nentuin pasar disini, dan kalo ga jalan customer pd nahan beli mobil spt yg dibilang itu.
Entah nanti sistem cashback yg udah jalan bakal gimana sih yg saya pikirin dr kemarin. Kl 0 persennya jalan, tapi cashback kaya skrg ga ada ya sami mawon wkwkwk. Dan kl di momen ini, kalo beneran jalan sih sekalian itu pelan2 persuasif masyarakat buat mulai lirik2 ke mobil hybrid-listrik dg benefit kaya keringanan pajak 0 persen ini. Mungkin output penjualan mobilnya bakal ngga seberapa, minimal di momen ini msh ada yg bs diupayain scr solutip.
Kl mau all out, pakde sekalian buat inpres ato sejenisnya buat nyepetin pemberlakuan pajak emisi itu
erwinign wrote: Tue Sep 22, 2020 12:05
Ini sih chancenya menurut saya buat dijalanin msh ada om walaupun saya ttp berspekulasi. Udah mulai sebulan lalu sosialiasi ke atpm. Apalg uda masuk berita, kl sampe wacana sih astra apalg toyota bisa tambah bonyok. Krn kita tau sendiri langsung ga langsung toyota ada pengaruh buat nentuin pasar disini, dan kalo ga jalan customer pd nahan beli mobil spt yg dibilang itu.
Entah nanti sistem cashback yg udah jalan bakal gimana sih yg saya pikirin dr kemarin. Kl 0 persennya jalan, tapi cashback kaya skrg ga ada ya sami mawon wkwkwk. Dan kl di momen ini, kalo beneran jalan sih sekalian itu pelan2 persuasif masyarakat buat mulai lirik2 ke mobil hybrid-listrik dg benefit kaya keringanan pajak 0 persen ini. Mungkin output penjualan mobilnya bakal ngga seberapa, minimal di momen ini msh ada yg bs diupayain scr solutip.
Kl mau all out, pakde sekalian buat inpres ato sejenisnya buat nyepetin pemberlakuan pajak emisi itu
ya sepemikiran dengan saya, justru ini sekarang momentum bagus buat kasih jalan mobil hybrid, atau LCGC setidaknya tapi LCGC juga udah 0 kan ya pajaknya.
lagian kalau kelas avanza aja cuma turun 20 jutaan, ga terlalu berasa paling efek di DP doang jadi 0 = mirip beli mobil awal tahun dengan NIK tahun sebelumnya.
lebih ngefek bunga kredit kecil. karena kalau di total dengan skema sekarang saja total bunga nyicil 5 tahun yg akan dibayarkan sudah separuh harga beli. cuma ya balik lagi akan ningkatin kredit macet.
erwinign wrote: Tue Sep 22, 2020 12:05
Ini sih chancenya menurut saya buat dijalanin msh ada om walaupun saya ttp berspekulasi. Udah mulai sebulan lalu sosialiasi ke atpm. Apalg uda masuk berita, kl sampe wacana sih astra apalg toyota bisa tambah bonyok. Krn kita tau sendiri langsung ga langsung toyota ada pengaruh buat nentuin pasar disini, dan kalo ga jalan customer pd nahan beli mobil spt yg dibilang itu.
Entah nanti sistem cashback yg udah jalan bakal gimana sih yg saya pikirin dr kemarin. Kl 0 persennya jalan, tapi cashback kaya skrg ga ada ya sami mawon wkwkwk. Dan kl di momen ini, kalo beneran jalan sih sekalian itu pelan2 persuasif masyarakat buat mulai lirik2 ke mobil hybrid-listrik dg benefit kaya keringanan pajak 0 persen ini. Mungkin output penjualan mobilnya bakal ngga seberapa, minimal di momen ini msh ada yg bs diupayain scr solutip.
Kl mau all out, pakde sekalian buat inpres ato sejenisnya buat nyepetin pemberlakuan pajak emisi itu
ya sepemikiran dengan saya, justru ini sekarang momentum bagus buat kasih jalan mobil hybrid, atau LCGC setidaknya tapi LCGC juga udah 0 kan ya pajaknya.
lagian kalau kelas avanza aja cuma turun 20 jutaan, ga terlalu berasa paling efek di DP doang jadi 0 = mirip beli mobil awal tahun dengan NIK tahun sebelumnya.
lebih ngefek bunga kredit kecil. karena kalau di total dengan skema sekarang saja total bunga nyicil 5 tahun yg akan dibayarkan sudah separuh harga beli. cuma ya balik lagi akan ningkatin kredit macet.
Diskon mah avanza 20an kl sekarang om. Angan2 saya kalo pajak 0 persen setidaknya kaya avanza bs korting sampe 40jt+program cashback 10jt lah itu baru kerasa . Juga selain itu ada chance pabrikan buat mikirin unt ngeganti mesin2 1500cc ke 1600cc/1800cc setidaknya. Waktu pakde ke korea mampir di pabrik hyundai ulsan, pihak hyundai sendiri selain bangun pabrik ini juga spesial minta metode pajak baru biar mesin 1600cc mereka bisa masuk sini om (entah 1600cc T-GDI ato yg mana kayanya yg kepasang di elantra/avante). Yaaa cukup banyak chance yg bisa menguntungkan sih kl dilihat2, walaupun dr POV atpm ya selain gerakin labour2 mereka dan penyerapan labournya spt di berita.
Berbahaya sih, kebanyakan ksh info setengah begini. pdhal baru di proposed..
kasihan yg dagang (Dealer mobkas, or Dealer baru), krn pasti sama2 pending nunggu (apalg sekarang untuk tujuan ganti mobil bs tunggu lah, wong gk kepake bgt)
ini harus cpet di info lg, jalan apa gak.
klo jalan jg timeline nya mesti clear sekali, klo gk kasihan yg dagang mobkas (bakal terkoreksi abis).
erwinign wrote: Tue Sep 22, 2020 15:55
Diskon mah avanza 20an kl sekarang om. Angan2 saya kalo pajak 0 persen setidaknya kaya avanza bs korting sampe 40jt+program cashback 10jt lah itu baru kerasa . Juga selain itu ada chance pabrikan buat mikirin unt ngeganti mesin2 1500cc ke 1600cc/1800cc setidaknya. Waktu pakde ke korea mampir di pabrik hyundai ulsan, pihak hyundai sendiri selain bangun pabrik ini juga spesial minta metode pajak baru biar mesin 1600cc mereka bisa masuk sini om (entah 1600cc T-GDI ato yg mana kayanya yg kepasang di elantra/avante). Yaaa cukup banyak chance yg bisa menguntungkan sih kl dilihat2, walaupun dr POV atpm ya selain gerakin labour2 mereka dan penyerapan labournya spt di berita.
kalau total 50 juta ya baru berasa dikit, lebih berasa bunga kredit menurut saya ya.
kalau Hyundai minta keringanan pajak 1600cc menurut saya si ga bakalan dikasi, merek jepang lain kan rajanya 1500 cc
lagian kalau ga salah skema pajak emisi kalau jadi jalan kan sudah ga ngaruh soal urusan kapasitas mesin? CMIIW.
ya industri otomotif itu memang di negara manapun dunia salah satu yang gede banget, karena lingkupnya gede banget. ga heran si hyundai coba2 deal.
ini hal yang gak mungkin apalagi yang ditulis di media...dimana pemerintah lagi butuh duid banget..apbn terpakai langsung ke penanganan covid-19...lets say ambil penjualan di agustus yang 37rb katakan 35rb lah, avanza semua potongan 150jt lah ambil flat utk satu mobil yang libur bayar..kalikan 35rb udah ilang 5.25T satu bulan, itu dengan catatan avanza semua ga keitung yang beli mobil di atas 1m mungkin bisa ilang 20T satu bulan kan ga mungkin diskon 50 yang beli cuman 35 rebu bakal ada rush yang potensinya lebih besar dari itu...klo libur bayar pkb emang ga efek apa2 paling ketambahan diskon 10jtan...ga usah jauh2 abonemen listrik aja 500k sebulan ga ilang...ga dipake die ga rugi apa2 tapi ditagih lagi efek pandemi covid begini yang mana semua orang sama2 susah
Dengan korting 50%an tadi sekaligus bikin pedege mobkas jadi pengangguran semua...mungkin akan dikasih tapi dengan syarat ketentuan berlaku pastinya
IMHO klo turun cuma 10-20 jt ya apa bedanya sama diskon akhir tahun?
Tapi klo emang turun 50% di satu sisi mungkin bagus.. dan semoga ga cuma dari sisi pajak doank yg dipotong, tapi margin pabrikan mungkin kudu rela dipotong jg dengan kualitas dan fitur produk yg sama.
Disisi lain:
-Mungkin akan menghantam pasar mobkas, harga pada turun karena konsumen pada pilih mobil baru, pedagang mobkas rugi..
-Leasing bisa ikutan kena. Karena konsumen kredit mobil yg skrg bisa jadi rame2 balikin mobil karena berasa harga/angsurannya kemahalan, dan mending pilih mulai angsur mobil baru lagi yg harganya lebih murah.
Tak lupa kudu diperhatikan jg segmen kendaran niaga (truk, bus, dsb) yg untuk angkut logistik atau angkutan umum.