Bingung pilih xpander cross baru atau fortuner vnt second
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 672
- Joined: Tue Dec 08, 2015 16:08
Re: Bingung pilih xpander cross baru atau fortuner vnt second
Kalo ane jadi TS, pilihan ane: Toyota All New Kijang Innova (Innova reborn) bensin matic tipe V seken tahun 2016-2017
Kenapa?
1. Harganya beti sama Xpander Cross
2. Fitur dah lengkap (AC digital, spion retract), paling datang ke variasi nambah keyless pun bisa
3. Maticnya 6 speed dan udah ada tiptronik yang gak ada di Xpander dan Fortuner VNT.
Gara2 matic 6 speed ini pun uda jauh refinement. Luar kota lebih bisa irit dibanding innova bensin lama dan top speed pun bisa tinggi 190an
4. Faktor BBM. BBMnya innova bensin masih bisa nenggak pertalite tanpa pusing2 mikirin nyetok beberapa unit filter bahan bakar segala kayak di
dieselnya. Fyi buat yang pertama kali pegang mobil, diesel common rail kalo nenggak biosolar kudu nyetok2 filter solar lebih banyak karena penggatian harus lebih sering. Apalagi sekarang biosolar skr kadar bionya naik lebih tinggi ke 30.
5. Masih berhubungan dengan biosolar yg kadar bionya lebih tinggi, kalo mobilnya jarang dipake malah lebih rawan endapan. Trus gimana donk biar gak rawan endapan? ya minumnya jangan biosolar, harus pertadex. Dexlite? masih ada kadar bio nya. Nah lho, bandingin ama innova reborn bensin, mo nenggak pertalite trus disimpan lama masih nggak apa2. Apalagi si TS bilang ini mobil weekend kan?
6. Faktor rekondisi. Fortuner VNT sudah lama umurnya, namanya juga mobil seken pasti ada rekondisinya. Nah fortuner vnt itu mobil diesel, ya kalo
pemakai sebelumnya rapih meliharanya, kalo jorok meliharanya biaya rekondisi mesinnya jaaaaauh lebih mahal ketimbang bensin.
7. Faktor kenyamanan. Fortuner VNT itu kelas jip/SUV. Kelas SUV itu pasti kenyamanan kalah jauh dengan kelas MPV. Jangan melihat wah mobilnya
gede, bannya gede pasti nyaman nih. Nooo big nooo.. SUV itu pasti lebih keras ketimbang MPV. Kalo SUV dibikin senyaman MPV bisa guling klontang
di jalan itu mobil. Trus SUV itu interiornya lebih sempit ketimbang MPV. Jadi jng gara2 SUV itu tinggi pake ban gede trus berasumsi nyaman, itu
asumsi yang salah besar.
Jadi saran saya pilih Innova reborn seken matic tipe V tahun 2016-207.
1. Ketika mobil nggak dipake seminggu dua minggu aman dari masalah pengendapan bahan bakar yg bisa terjadi di diesel yang pake biosolar.
2. Cost rekondisinya jauh lebih murah ketimbang milih fortuner VNT, syukur2 dapat low kilometer.
3. Transmisinya uda matic tiptronik 6 speed yang gak ada di Xpander cross dan fortuner VNT.
4. Kenyamanan lebih nyaman dari xpander cross apalagi sama fortuner VNT.
5. Ada coolbox dan meja makan yang nggak ada di xpander cross dan fortuner vnt
6. Maintenance mesin 1TR bensin masih gampang dan nggak rewel bandel. Nenggak bbmnya pun masih bisa pertalite dan nggak pusing mikirin additive dan filter kayak di solarnya.
Kenapa?
1. Harganya beti sama Xpander Cross
2. Fitur dah lengkap (AC digital, spion retract), paling datang ke variasi nambah keyless pun bisa
3. Maticnya 6 speed dan udah ada tiptronik yang gak ada di Xpander dan Fortuner VNT.
Gara2 matic 6 speed ini pun uda jauh refinement. Luar kota lebih bisa irit dibanding innova bensin lama dan top speed pun bisa tinggi 190an
4. Faktor BBM. BBMnya innova bensin masih bisa nenggak pertalite tanpa pusing2 mikirin nyetok beberapa unit filter bahan bakar segala kayak di
dieselnya. Fyi buat yang pertama kali pegang mobil, diesel common rail kalo nenggak biosolar kudu nyetok2 filter solar lebih banyak karena penggatian harus lebih sering. Apalagi sekarang biosolar skr kadar bionya naik lebih tinggi ke 30.
5. Masih berhubungan dengan biosolar yg kadar bionya lebih tinggi, kalo mobilnya jarang dipake malah lebih rawan endapan. Trus gimana donk biar gak rawan endapan? ya minumnya jangan biosolar, harus pertadex. Dexlite? masih ada kadar bio nya. Nah lho, bandingin ama innova reborn bensin, mo nenggak pertalite trus disimpan lama masih nggak apa2. Apalagi si TS bilang ini mobil weekend kan?
6. Faktor rekondisi. Fortuner VNT sudah lama umurnya, namanya juga mobil seken pasti ada rekondisinya. Nah fortuner vnt itu mobil diesel, ya kalo
pemakai sebelumnya rapih meliharanya, kalo jorok meliharanya biaya rekondisi mesinnya jaaaaauh lebih mahal ketimbang bensin.
7. Faktor kenyamanan. Fortuner VNT itu kelas jip/SUV. Kelas SUV itu pasti kenyamanan kalah jauh dengan kelas MPV. Jangan melihat wah mobilnya
gede, bannya gede pasti nyaman nih. Nooo big nooo.. SUV itu pasti lebih keras ketimbang MPV. Kalo SUV dibikin senyaman MPV bisa guling klontang
di jalan itu mobil. Trus SUV itu interiornya lebih sempit ketimbang MPV. Jadi jng gara2 SUV itu tinggi pake ban gede trus berasumsi nyaman, itu
asumsi yang salah besar.
Jadi saran saya pilih Innova reborn seken matic tipe V tahun 2016-207.
1. Ketika mobil nggak dipake seminggu dua minggu aman dari masalah pengendapan bahan bakar yg bisa terjadi di diesel yang pake biosolar.
2. Cost rekondisinya jauh lebih murah ketimbang milih fortuner VNT, syukur2 dapat low kilometer.
3. Transmisinya uda matic tiptronik 6 speed yang gak ada di Xpander cross dan fortuner VNT.
4. Kenyamanan lebih nyaman dari xpander cross apalagi sama fortuner VNT.
5. Ada coolbox dan meja makan yang nggak ada di xpander cross dan fortuner vnt
6. Maintenance mesin 1TR bensin masih gampang dan nggak rewel bandel. Nenggak bbmnya pun masih bisa pertalite dan nggak pusing mikirin additive dan filter kayak di solarnya.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4908
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Bingung pilih xpander cross baru atau fortuner vnt second
Nah. Kalo kriterianya begitu, saya sebagai user xpander non cross 2017 vote for VNT seken. Tahun 2012-2013 yg non trd kembaliannya lumayan, bisa buat perbaikan atau modif hehehe, apalagi kalo maintenance sm pajak gak jadi masalah, go for vnt. karena kelas jelas diatas xpander + paling memenuhi kriteria terutama no 2. Kalo VNT tarikan ada, lebih nendang daripada xpander yg lemot tarikan bawahnya apalagi nanjak, tapi soal kenyamanan, saya rasa masih lebih nyaman xpander, kebetulan pernah naik VNT 2012 punya temen juga hehehe + kalo jalan berlubang sepertinya lebih enak fortuner, secara dia chasis ladder frame which is lebih cocok buat lewat jalan desa dan jalan berlubang. Kalo mau mobil baru, saya sarankan ANR TRD aja. Memenuhi semua kriteria, kecuali driving feel dan handlingnya gak seenak xpander, diskonnya lumayan tu denger2 hehehewhis09 wrote: Sun Aug 30, 2020 2:381. Mobil pertama huGreenhunter wrote:Bingung mau jawabnya om, data kurang lengkap kuatir salah jawab.
1, ini mobil ke 1 atau mobil ke 10 ?
2. Yang dicari gengsi, nyaman, speed ?
3. Tinggal dikota atau hutan atau desa ? Lintasan sehari hari kayak apa ?
4. Maintenance, pajak, harga bbm, dimensi beda jauh, gak masalah ?
5. Weekend car atau buat harian ? Mobil tinggi capek buat hatian
Dll, dst, dsb
2. Kalau bisa nyaman tapi tetap ada tarikanya
3. Kebetulan tinggal di desa gan jalanan sebagian berlubang
4. Tidak terlalu masalah om
5. Kayaknya bakal jadi mobil weekend aja om karena sehari2 pakai r2
Kalo alternatif. Bisa lirik ANKI Reborn G diesel AT 2016-2017. Paling masuk kriteria , terutama soal kenyamanan which is better than vnt, minusnya cuma fitur doang yg rada kopong buat mobil yg harga barunya hampir 300jt hehehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3450
- Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45
Re: Bingung pilih xpander cross baru atau fortuner vnt second
Saya sangat sangat sangat setuju sama om. Okelah kl innova baru pasti byk orang rekomen diesel 2GD krn irit lah, tarikan enak lah, lari enak lah sama saya akuin ini slh satu mesin diesel teradvance di indonesia. Cuman kl ngegampangin dikasih biosolar ya sami mawon buat saya, walaupun bisa2 aja (bisa asal gelinding).quyquy wrote: Mon Aug 31, 2020 4:06 Kalo ane jadi TS, pilihan ane: Toyota All New Kijang Innova (Innova reborn) bensin matic tipe V seken tahun 2016-2017
Kenapa?
1. Harganya beti sama Xpander Cross
2. Fitur dah lengkap (AC digital, spion retract), paling datang ke variasi nambah keyless pun bisa
3. Maticnya 6 speed dan udah ada tiptronik yang gak ada di Xpander dan Fortuner VNT.
Gara2 matic 6 speed ini pun uda jauh refinement. Luar kota lebih bisa irit dibanding innova bensin lama dan top speed pun bisa tinggi 190an
4. Faktor BBM. BBMnya innova bensin masih bisa nenggak pertalite tanpa pusing2 mikirin nyetok beberapa unit filter bahan bakar segala kayak di
dieselnya. Fyi buat yang pertama kali pegang mobil, diesel common rail kalo nenggak biosolar kudu nyetok2 filter solar lebih banyak karena penggatian harus lebih sering. Apalagi sekarang biosolar skr kadar bionya naik lebih tinggi ke 30.
5. Masih berhubungan dengan biosolar yg kadar bionya lebih tinggi, kalo mobilnya jarang dipake malah lebih rawan endapan. Trus gimana donk biar gak rawan endapan? ya minumnya jangan biosolar, harus pertadex. Dexlite? masih ada kadar bio nya. Nah lho, bandingin ama innova reborn bensin, mo nenggak pertalite trus disimpan lama masih nggak apa2. Apalagi si TS bilang ini mobil weekend kan?
6. Faktor rekondisi. Fortuner VNT sudah lama umurnya, namanya juga mobil seken pasti ada rekondisinya. Nah fortuner vnt itu mobil diesel, ya kalo
pemakai sebelumnya rapih meliharanya, kalo jorok meliharanya biaya rekondisi mesinnya jaaaaauh lebih mahal ketimbang bensin.
7. Faktor kenyamanan. Fortuner VNT itu kelas jip/SUV. Kelas SUV itu pasti kenyamanan kalah jauh dengan kelas MPV. Jangan melihat wah mobilnya
gede, bannya gede pasti nyaman nih. Nooo big nooo.. SUV itu pasti lebih keras ketimbang MPV. Kalo SUV dibikin senyaman MPV bisa guling klontang
di jalan itu mobil. Trus SUV itu interiornya lebih sempit ketimbang MPV. Jadi jng gara2 SUV itu tinggi pake ban gede trus berasumsi nyaman, itu
asumsi yang salah besar.
Jadi saran saya pilih Innova reborn seken matic tipe V tahun 2016-207.
1. Ketika mobil nggak dipake seminggu dua minggu aman dari masalah pengendapan bahan bakar yg bisa terjadi di diesel yang pake biosolar.
2. Cost rekondisinya jauh lebih murah ketimbang milih fortuner VNT, syukur2 dapat low kilometer.
3. Transmisinya uda matic tiptronik 6 speed yang gak ada di Xpander cross dan fortuner VNT.
4. Kenyamanan lebih nyaman dari xpander cross apalagi sama fortuner VNT.
5. Ada coolbox dan meja makan yang nggak ada di xpander cross dan fortuner vnt
6. Maintenance mesin 1TR bensin masih gampang dan nggak rewel bandel. Nenggak bbmnya pun masih bisa pertalite dan nggak pusing mikirin additive dan filter kayak di solarnya.
Diesel jaman now =
- Oli harus bagus dan minta volumnya banyak (7lt, dikasi 15W40 ya gimana wkwkw)
- Kl dikasih solar B30 harus sering2 ganti filter solar (okelah memang kejar maintenance irit dan murah), cuma balik lagi. Analisa saya kenapa pd sering ganti filter solar kl pake solar busuk krn dibalik harga yg murah terlepas dr karakter taneman sawit, selain ongkos pengolahan minyak jd solar, saya cukup curiga di treatment material handling solar berliter2 selama proses jadi-dituang ke SPBU. Entah bak tanki di truk/SPBU/kilangnya ga pernah dibersihin (ongkos lagi loh ini) atau emang semua eksekusi prosesnya dibedain jauh sama dex. Krn sering kejadian jg solar di tiap SPBU ga mesti kan kualitasnya. Belum kl mau akalin pake biosolar tp harus ttp enak tambah aditif2an lagi.
Jatuhnya tiap perawatan jd jauh lbh mahal, belum kl kaya om bilang yg injektor ada nge-gel air itu. Jd, kl mau maksimal punya innova diesel apalagi jarang dipakai ya pake dex urusan beres. Irit jg kok AVG solarnya kl pake dex.
Nah kl bensin, mungkin byk yg bilang boros boyo ngempos blablabla. Tp menang di biaya maintenance, kehalusannya, sama harga seken yg jatuh dan kondisinya lebih baik. AVG bensinnya emang lebih boros, tp kl udah tau yaudah (pengalaman saya selama punya innova bensin). Kl bensin, oli butuh 5,5lt doang, bs pertalite dan dikeep bbrp minggu pun masih tetep cair kaya bensin pertalite di tangki, Filter bhn bakar paling kudu berkala dibersihin jg tiap tuneup kl pertalite sbnrnya cukup kotor, dan penggantian filter bhn bakar lama banget (balik lg masalah beda harga dan material handling di SPBU). 1TR+6sp sih udah jauh refined, dan sy pernah coba 1TR ANKI manual aja jauh lebih enak dibanding innova bensin lama saya (power delivery lebih alus). Semahal2nya 1TR dual vvti paling cuma ganti businya yg hampir 1jt, itupun jarang banget krn udah iridium jd long life. Tinggal kasih oli 0W20 bagus+oli transmisi bagusan sama rutin tuneup selesai urusan di innova bensin. Paling yg agak mahal di harganya oli gardan
Kl ngomongin fortuner VNT, saya sendiri nggak gitu tertarik karena rata2 unit sekennya pasti capek semua/bekas modifan. Mending kl pas untung2an nemu yg bener2 bagus baru ambil. Secara unit kemungkinan dpt unit bekas bagus lbh gede di innova baru (esp yg bensin) krn usia lebih muda juga
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2982
- Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08
Re: Bingung pilih xpander cross baru atau fortuner vnt second
Tapi nyari VNT kondisi mint jauh lebih gampang dibanding Innova diesel di tahun yg sama Om.erwinign wrote: Mon Aug 31, 2020 6:31Saya sangat sangat sangat setuju sama om. Okelah kl innova baru pasti byk orang rekomen diesel 2GD krn irit lah, tarikan enak lah, lari enak lah sama saya akuin ini slh satu mesin diesel teradvance di indonesia. Cuman kl ngegampangin dikasih biosolar ya sami mawon buat saya, walaupun bisa2 aja (bisa asal gelinding).quyquy wrote: Mon Aug 31, 2020 4:06 Kalo ane jadi TS, pilihan ane: Toyota All New Kijang Innova (Innova reborn) bensin matic tipe V seken tahun 2016-2017
Kenapa?
1. Harganya beti sama Xpander Cross
2. Fitur dah lengkap (AC digital, spion retract), paling datang ke variasi nambah keyless pun bisa
3. Maticnya 6 speed dan udah ada tiptronik yang gak ada di Xpander dan Fortuner VNT.
Gara2 matic 6 speed ini pun uda jauh refinement. Luar kota lebih bisa irit dibanding innova bensin lama dan top speed pun bisa tinggi 190an
4. Faktor BBM. BBMnya innova bensin masih bisa nenggak pertalite tanpa pusing2 mikirin nyetok beberapa unit filter bahan bakar segala kayak di
dieselnya. Fyi buat yang pertama kali pegang mobil, diesel common rail kalo nenggak biosolar kudu nyetok2 filter solar lebih banyak karena penggatian harus lebih sering. Apalagi sekarang biosolar skr kadar bionya naik lebih tinggi ke 30.
5. Masih berhubungan dengan biosolar yg kadar bionya lebih tinggi, kalo mobilnya jarang dipake malah lebih rawan endapan. Trus gimana donk biar gak rawan endapan? ya minumnya jangan biosolar, harus pertadex. Dexlite? masih ada kadar bio nya. Nah lho, bandingin ama innova reborn bensin, mo nenggak pertalite trus disimpan lama masih nggak apa2. Apalagi si TS bilang ini mobil weekend kan?
6. Faktor rekondisi. Fortuner VNT sudah lama umurnya, namanya juga mobil seken pasti ada rekondisinya. Nah fortuner vnt itu mobil diesel, ya kalo
pemakai sebelumnya rapih meliharanya, kalo jorok meliharanya biaya rekondisi mesinnya jaaaaauh lebih mahal ketimbang bensin.
7. Faktor kenyamanan. Fortuner VNT itu kelas jip/SUV. Kelas SUV itu pasti kenyamanan kalah jauh dengan kelas MPV. Jangan melihat wah mobilnya
gede, bannya gede pasti nyaman nih. Nooo big nooo.. SUV itu pasti lebih keras ketimbang MPV. Kalo SUV dibikin senyaman MPV bisa guling klontang
di jalan itu mobil. Trus SUV itu interiornya lebih sempit ketimbang MPV. Jadi jng gara2 SUV itu tinggi pake ban gede trus berasumsi nyaman, itu
asumsi yang salah besar.
Jadi saran saya pilih Innova reborn seken matic tipe V tahun 2016-207.
1. Ketika mobil nggak dipake seminggu dua minggu aman dari masalah pengendapan bahan bakar yg bisa terjadi di diesel yang pake biosolar.
2. Cost rekondisinya jauh lebih murah ketimbang milih fortuner VNT, syukur2 dapat low kilometer.
3. Transmisinya uda matic tiptronik 6 speed yang gak ada di Xpander cross dan fortuner VNT.
4. Kenyamanan lebih nyaman dari xpander cross apalagi sama fortuner VNT.
5. Ada coolbox dan meja makan yang nggak ada di xpander cross dan fortuner vnt
6. Maintenance mesin 1TR bensin masih gampang dan nggak rewel bandel. Nenggak bbmnya pun masih bisa pertalite dan nggak pusing mikirin additive dan filter kayak di solarnya.
Diesel jaman now =
- Oli harus bagus dan minta volumnya banyak (7lt, dikasi 15W40 ya gimana wkwkw)
- Kl dikasih solar B30 harus sering2 ganti filter solar (okelah memang kejar maintenance irit dan murah), cuma balik lagi. Analisa saya kenapa pd sering ganti filter solar kl pake solar busuk krn dibalik harga yg murah terlepas dr karakter taneman sawit, selain ongkos pengolahan minyak jd solar, saya cukup curiga di treatment material handling solar berliter2 selama proses jadi-dituang ke SPBU. Entah bak tanki di truk/SPBU/kilangnya ga pernah dibersihin (ongkos lagi loh ini) atau emang semua eksekusi prosesnya dibedain jauh sama dex. Krn sering kejadian jg solar di tiap SPBU ga mesti kan kualitasnya. Belum kl mau akalin pake biosolar tp harus ttp enak tambah aditif2an lagi.
Jatuhnya tiap perawatan jd jauh lbh mahal, belum kl kaya om bilang yg injektor ada nge-gel air itu. Jd, kl mau maksimal punya innova diesel apalagi jarang dipakai ya pake dex urusan beres. Irit jg kok AVG solarnya kl pake dex.
Nah kl bensin, mungkin byk yg bilang boros boyo ngempos blablabla. Tp menang di biaya maintenance, kehalusannya, sama harga seken yg jatuh dan kondisinya lebih baik. AVG bensinnya emang lebih boros, tp kl udah tau yaudah (pengalaman saya selama punya innova bensin). Kl bensin, oli butuh 5,5lt doang, bs pertalite dan dikeep bbrp minggu pun masih tetep cair kaya bensin pertalite di tangki, Filter bhn bakar paling kudu berkala dibersihin jg tiap tuneup kl pertalite sbnrnya cukup kotor, dan penggantian filter bhn bakar lama banget (balik lg masalah beda harga dan material handling di SPBU). 1TR+6sp sih udah jauh refined, dan sy pernah coba 1TR ANKI manual aja jauh lebih enak dibanding innova bensin lama saya (power delivery lebih alus). Semahal2nya 1TR dual vvti paling cuma ganti businya yg hampir 1jt, itupun jarang banget krn udah iridium jd long life. Tinggal kasih oli 0W20 bagus+oli transmisi bagusan sama rutin tuneup selesai urusan di innova bensin. Paling yg agak mahal di harganya oli gardan
Kl ngomongin fortuner VNT, saya sendiri nggak gitu tertarik karena rata2 unit sekennya pasti capek semua/bekas modifan. Mending kl pas untung2an nemu yg bener2 bagus baru ambil. Secara unit kemungkinan dpt unit bekas bagus lbh gede di innova baru (esp yg bensin) krn usia lebih muda juga
Coba aja liat iklan rata-rata VNT tahun 2013-2015 itu odometernya bisa setengah nya innova diesel di tahun segituan juga.

1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3450
- Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45
Re: Bingung pilih xpander cross baru atau fortuner vnt second
Oh iya om? Make sense juga sih wkwkwkwk. Maap sy mainnya krg jauhevanbngdor wrote: Mon Aug 31, 2020 7:00Tapi nyari VNT kondisi mint jauh lebih gampang dibanding Innova diesel di tahun yg sama Om.erwinign wrote: Mon Aug 31, 2020 6:31Saya sangat sangat sangat setuju sama om. Okelah kl innova baru pasti byk orang rekomen diesel 2GD krn irit lah, tarikan enak lah, lari enak lah sama saya akuin ini slh satu mesin diesel teradvance di indonesia. Cuman kl ngegampangin dikasih biosolar ya sami mawon buat saya, walaupun bisa2 aja (bisa asal gelinding).quyquy wrote: Mon Aug 31, 2020 4:06 Kalo ane jadi TS, pilihan ane: Toyota All New Kijang Innova (Innova reborn) bensin matic tipe V seken tahun 2016-2017
Kenapa?
1. Harganya beti sama Xpander Cross
2. Fitur dah lengkap (AC digital, spion retract), paling datang ke variasi nambah keyless pun bisa
3. Maticnya 6 speed dan udah ada tiptronik yang gak ada di Xpander dan Fortuner VNT.
Gara2 matic 6 speed ini pun uda jauh refinement. Luar kota lebih bisa irit dibanding innova bensin lama dan top speed pun bisa tinggi 190an
4. Faktor BBM. BBMnya innova bensin masih bisa nenggak pertalite tanpa pusing2 mikirin nyetok beberapa unit filter bahan bakar segala kayak di
dieselnya. Fyi buat yang pertama kali pegang mobil, diesel common rail kalo nenggak biosolar kudu nyetok2 filter solar lebih banyak karena penggatian harus lebih sering. Apalagi sekarang biosolar skr kadar bionya naik lebih tinggi ke 30.
5. Masih berhubungan dengan biosolar yg kadar bionya lebih tinggi, kalo mobilnya jarang dipake malah lebih rawan endapan. Trus gimana donk biar gak rawan endapan? ya minumnya jangan biosolar, harus pertadex. Dexlite? masih ada kadar bio nya. Nah lho, bandingin ama innova reborn bensin, mo nenggak pertalite trus disimpan lama masih nggak apa2. Apalagi si TS bilang ini mobil weekend kan?
6. Faktor rekondisi. Fortuner VNT sudah lama umurnya, namanya juga mobil seken pasti ada rekondisinya. Nah fortuner vnt itu mobil diesel, ya kalo
pemakai sebelumnya rapih meliharanya, kalo jorok meliharanya biaya rekondisi mesinnya jaaaaauh lebih mahal ketimbang bensin.
7. Faktor kenyamanan. Fortuner VNT itu kelas jip/SUV. Kelas SUV itu pasti kenyamanan kalah jauh dengan kelas MPV. Jangan melihat wah mobilnya
gede, bannya gede pasti nyaman nih. Nooo big nooo.. SUV itu pasti lebih keras ketimbang MPV. Kalo SUV dibikin senyaman MPV bisa guling klontang
di jalan itu mobil. Trus SUV itu interiornya lebih sempit ketimbang MPV. Jadi jng gara2 SUV itu tinggi pake ban gede trus berasumsi nyaman, itu
asumsi yang salah besar.
Jadi saran saya pilih Innova reborn seken matic tipe V tahun 2016-207.
1. Ketika mobil nggak dipake seminggu dua minggu aman dari masalah pengendapan bahan bakar yg bisa terjadi di diesel yang pake biosolar.
2. Cost rekondisinya jauh lebih murah ketimbang milih fortuner VNT, syukur2 dapat low kilometer.
3. Transmisinya uda matic tiptronik 6 speed yang gak ada di Xpander cross dan fortuner VNT.
4. Kenyamanan lebih nyaman dari xpander cross apalagi sama fortuner VNT.
5. Ada coolbox dan meja makan yang nggak ada di xpander cross dan fortuner vnt
6. Maintenance mesin 1TR bensin masih gampang dan nggak rewel bandel. Nenggak bbmnya pun masih bisa pertalite dan nggak pusing mikirin additive dan filter kayak di solarnya.
Diesel jaman now =
- Oli harus bagus dan minta volumnya banyak (7lt, dikasi 15W40 ya gimana wkwkw)
- Kl dikasih solar B30 harus sering2 ganti filter solar (okelah memang kejar maintenance irit dan murah), cuma balik lagi. Analisa saya kenapa pd sering ganti filter solar kl pake solar busuk krn dibalik harga yg murah terlepas dr karakter taneman sawit, selain ongkos pengolahan minyak jd solar, saya cukup curiga di treatment material handling solar berliter2 selama proses jadi-dituang ke SPBU. Entah bak tanki di truk/SPBU/kilangnya ga pernah dibersihin (ongkos lagi loh ini) atau emang semua eksekusi prosesnya dibedain jauh sama dex. Krn sering kejadian jg solar di tiap SPBU ga mesti kan kualitasnya. Belum kl mau akalin pake biosolar tp harus ttp enak tambah aditif2an lagi.
Jatuhnya tiap perawatan jd jauh lbh mahal, belum kl kaya om bilang yg injektor ada nge-gel air itu. Jd, kl mau maksimal punya innova diesel apalagi jarang dipakai ya pake dex urusan beres. Irit jg kok AVG solarnya kl pake dex.
Nah kl bensin, mungkin byk yg bilang boros boyo ngempos blablabla. Tp menang di biaya maintenance, kehalusannya, sama harga seken yg jatuh dan kondisinya lebih baik. AVG bensinnya emang lebih boros, tp kl udah tau yaudah (pengalaman saya selama punya innova bensin). Kl bensin, oli butuh 5,5lt doang, bs pertalite dan dikeep bbrp minggu pun masih tetep cair kaya bensin pertalite di tangki, Filter bhn bakar paling kudu berkala dibersihin jg tiap tuneup kl pertalite sbnrnya cukup kotor, dan penggantian filter bhn bakar lama banget (balik lg masalah beda harga dan material handling di SPBU). 1TR+6sp sih udah jauh refined, dan sy pernah coba 1TR ANKI manual aja jauh lebih enak dibanding innova bensin lama saya (power delivery lebih alus). Semahal2nya 1TR dual vvti paling cuma ganti businya yg hampir 1jt, itupun jarang banget krn udah iridium jd long life. Tinggal kasih oli 0W20 bagus+oli transmisi bagusan sama rutin tuneup selesai urusan di innova bensin. Paling yg agak mahal di harganya oli gardan
Kl ngomongin fortuner VNT, saya sendiri nggak gitu tertarik karena rata2 unit sekennya pasti capek semua/bekas modifan. Mending kl pas untung2an nemu yg bener2 bagus baru ambil. Secara unit kemungkinan dpt unit bekas bagus lbh gede di innova baru (esp yg bensin) krn usia lebih muda juga
Coba aja liat iklan rata-rata VNT tahun 2013-2015 itu odometernya bisa setengah nya innova diesel di tahun segituan juga.
![]()

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2982
- Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08
Re: Bingung pilih xpander cross baru atau fortuner vnt second
Coba aja iseng2 buka situs jual beli mobil. Ambil contoh lain misalnya fortuner diesel 2010 itu banyak yg odo nya belom sampe 100rb, cb cari innova diesel 2010, rasanya ngga ada yg odonya di bawah 100rberwinign wrote: Mon Aug 31, 2020 7:07Oh iya om? Make sense juga sih wkwkwkwk. Maap sy mainnya krg jauhevanbngdor wrote: Mon Aug 31, 2020 7:00 Tapi nyari VNT kondisi mint jauh lebih gampang dibanding Innova diesel di tahun yg sama Om.
Coba aja liat iklan rata-rata VNT tahun 2013-2015 itu odometernya bisa setengah nya innova diesel di tahun segituan juga.
![]()
![]()

1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 672
- Joined: Tue Dec 08, 2015 16:08
Re: Bingung pilih xpander cross baru atau fortuner vnt second
Innova reborn bensin om yg matic tipe Vevanbngdor wrote: Mon Aug 31, 2020 7:00
Tapi nyari VNT kondisi mint jauh lebih gampang dibanding Innova diesel di tahun yg sama Om.
Coba aja liat iklan rata-rata VNT tahun 2013-2015 itu odometernya bisa setengah nya innova diesel di tahun segituan juga.
![]()
Odometernya kebanyakan pasti lebih sedikit ketimbang VNT.
Kalo pilihannya fortuner vnt atau innova reborn bensin matic dng tujuan dipakai weekend, dipakai normal bukan utk bahan modif mesin/balapan mending milih innova reborn bensin matic. Biaya rekondisi lebih sedikit, biaya perawatan lebih sedikit, running cost beti krn 1TR+6 speed lukot itu ajib, gak was2 endapan biosolar kalo gak dipakai berminggu2, satu hal yg pasti halus getaran lebih juara ketimbang VNT
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 681
- Joined: Wed Sep 14, 2016 11:20
Re: Bingung pilih xpander cross baru atau fortuner vnt second
pake wuling almaz saja, lebih baru dan harganya bersaing.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 523
- Joined: Wed Nov 20, 2013 5:53
Re: Bingung pilih xpander cross baru atau fortuner vnt second
Mantap sarannya gan, kalo ganti timing belt musti 3 in 1 ya di rekomendasi.
pernah tanya2 mekanik bengkel langganan jg sih kalo ganti timing belt cukup belt original berikut bearing merk nsk saja sdh cukup tonjokan gk perlu ganti begitupun fanbelt cukup belt saja.
mekanik sering nanganin hilux scab, hi ace mobil operasional kantor berikutnya disarankan ganti per 100rb km saja beda dgn bawaan pabrik lbh awet.
Waterpump,thermostat ciri2nya apa ya gan kalo minta ganti walaupun blm rusak.
pernah tanya2 mekanik bengkel langganan jg sih kalo ganti timing belt cukup belt original berikut bearing merk nsk saja sdh cukup tonjokan gk perlu ganti begitupun fanbelt cukup belt saja.
mekanik sering nanganin hilux scab, hi ace mobil operasional kantor berikutnya disarankan ganti per 100rb km saja beda dgn bawaan pabrik lbh awet.
Waterpump,thermostat ciri2nya apa ya gan kalo minta ganti walaupun blm rusak.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2982
- Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08
Re: Bingung pilih xpander cross baru atau fortuner vnt second
Saya juga cuma ganti timing belt+pulley nya aja kok waktu itu, biaya ngga sampe 1 juta. Pulley nya mau ori dus toyota pun dalemnya NSK, jadi ya beli NSK langsung aja lebih murahbangrosi wrote: Mon Aug 31, 2020 10:17 Mantap sarannya gan, kalo ganti timing belt musti 3 in 1 ya di rekomendasi.
pernah tanya2 mekanik bengkel langganan jg sih kalo ganti timing belt cukup belt original berikut bearing merk nsk saja sdh cukup tonjokan gk perlu ganti begitupun fanbelt cukup belt saja.
mekanik sering nanganin hilux scab, hi ace mobil operasional kantor berikutnya disarankan ganti per 100rb km saja beda dgn bawaan pabrik lbh awet.
Waterpump,thermostat ciri2nya apa ya gan kalo minta ganti walaupun blm rusak.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2083
- Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
- Location: CGK-BDO-JOG
Re: Bingung pilih xpander cross baru atau fortuner vnt second
Bener nih, pilihannya balik ke kayak milih bensin vs diesel jaman duluquyquy wrote: Mon Aug 31, 2020 4:06 Kalo ane jadi TS, pilihan ane: Toyota All New Kijang Innova (Innova reborn) bensin matic tipe V seken tahun 2016-2017
Kl sering jalan, pilih Diesel, krn Opex jadi murah, lebih irit biaya BBM
kl mobil weekend/ mobilitas <10.000km per tahun, pilih Bensin,krn maintenance lbh murah, harga mobilnya jg lebih murah. Cuma ya, kalau udh tau tarikan diesel, bnawa bensin tuh bolot sih


Rocky R ADS CVT 2021
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 21
- Joined: Wed May 23, 2018 11:14
Re: Bingung pilih xpander cross baru atau fortuner vnt second
Kalau pilihan TS harus dari antara 2 itu, saya akan pilih fortuner VNT dan di tambah dastek. Namun jika boleh ada saran lain, saya akan menyarankan innova reborn baik diesel atau bensin. Kalau budget terbatas mungkin ambil yang bensin tipe Q sepertinya ada di angka 250 Jt an. Menurut saya itu worth. Jangan bandingkan Xpander dengan Innova menurut saya, karena memang beda kelas, pasti rasanya juga sangat beda. kebetulan saya ada ANKI V Bensin dan pernah coba Xpander juga Fortie VNT.
Kalau sudah coba nyetir ANKI, coba nyetir Old Pajero Sport atau Fortuner pasti rasanya beda jauh. Bukan membangga-banggakan Innova, tapi mungkin TS bisa coba test drive dulu. Oh iya saya dulu sering bawa GNKI ke Semarang, lumayan berasa pegal dan capek. Namun setelah ganti ke ANKI, entah kenapa saya tidak merasa lelah mungkin karena jok lebih besar dan berbentuk. (kalau Fortie VNT, rasa menyetir mirip GNKI namun jok lebih pendek dan kursi tidak senyaman ANKI CMIIW) Memang ANKI bensin lemot, tapi memang improve dari GNKI (dulu pakai GNKI V Bensin). Bensin lebih irit, dalkot sekitar 1:9-10 di BSD, lukot kalau nyetir kaki sekolah bisa 1:14, tapi biasannya saya dapat 1:12 pakai Pertalite. Kalau pakai pertamax bisa lebih hemat sedikit dan suara mesin jauh lebih senyap. Perawatan saya baru pakai sampai km 40rb, blm ganti apa-apa, hanya kemarin ada recall untuk pompa bensin. entah kenapa setelah ganti pompa bensin, mobil berasa jauh lebih enteng tarikannya.
Kalau tenaga sama-sama standar dan jalan datar, saya rasa VNT dan ANKI bensin tidak terlalu jauh rasanya, apalagi jika fortienya pakai Biosol. Kalau tanjakan jelas enak Fortie. Namun jika TS hanya butuh mobil untuk mingguan saya kira ANKI bensin sangat cukup. Tidak usah memikirkan perawatan sama sekali, suspensi nyaman dan kuat, dan kapasitas yang muat banyak untuk bawa peralatan bayi. Untuk pajak, saya kena sekitar 6 Jt untuk plat Jakarta.
Kalau sudah coba nyetir ANKI, coba nyetir Old Pajero Sport atau Fortuner pasti rasanya beda jauh. Bukan membangga-banggakan Innova, tapi mungkin TS bisa coba test drive dulu. Oh iya saya dulu sering bawa GNKI ke Semarang, lumayan berasa pegal dan capek. Namun setelah ganti ke ANKI, entah kenapa saya tidak merasa lelah mungkin karena jok lebih besar dan berbentuk. (kalau Fortie VNT, rasa menyetir mirip GNKI namun jok lebih pendek dan kursi tidak senyaman ANKI CMIIW) Memang ANKI bensin lemot, tapi memang improve dari GNKI (dulu pakai GNKI V Bensin). Bensin lebih irit, dalkot sekitar 1:9-10 di BSD, lukot kalau nyetir kaki sekolah bisa 1:14, tapi biasannya saya dapat 1:12 pakai Pertalite. Kalau pakai pertamax bisa lebih hemat sedikit dan suara mesin jauh lebih senyap. Perawatan saya baru pakai sampai km 40rb, blm ganti apa-apa, hanya kemarin ada recall untuk pompa bensin. entah kenapa setelah ganti pompa bensin, mobil berasa jauh lebih enteng tarikannya.
Kalau tenaga sama-sama standar dan jalan datar, saya rasa VNT dan ANKI bensin tidak terlalu jauh rasanya, apalagi jika fortienya pakai Biosol. Kalau tanjakan jelas enak Fortie. Namun jika TS hanya butuh mobil untuk mingguan saya kira ANKI bensin sangat cukup. Tidak usah memikirkan perawatan sama sekali, suspensi nyaman dan kuat, dan kapasitas yang muat banyak untuk bawa peralatan bayi. Untuk pajak, saya kena sekitar 6 Jt untuk plat Jakarta.
-
- SM Specialist
- Posts: 16678
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Bingung pilih xpander cross baru atau fortuner vnt second
nahh ipah bensin ini seriously underrated dibanding varian diesel. pdhl harga sekennya bagus, nyari yang tidak abused juga lbh mudah. terlepas dr performa pas pasan dan gak sbrp irit nya.quyquy wrote: Mon Aug 31, 2020 4:06 Kalo ane jadi TS, pilihan ane: Toyota All New Kijang Innova (Innova reborn) bensin matic tipe V seken tahun 2016-2017
Kenapa?
1. Harganya beti sama Xpander Cross
2. Fitur dah lengkap (AC digital, spion retract), paling datang ke variasi nambah keyless pun bisa
3. Maticnya 6 speed dan udah ada tiptronik yang gak ada di Xpander dan Fortuner VNT.
Gara2 matic 6 speed ini pun uda jauh refinement. Luar kota lebih bisa irit dibanding innova bensin lama dan top speed pun bisa tinggi 190an
4. Faktor BBM. BBMnya innova bensin masih bisa nenggak pertalite tanpa pusing2 mikirin nyetok beberapa unit filter bahan bakar segala kayak di
dieselnya. Fyi buat yang pertama kali pegang mobil, diesel common rail kalo nenggak biosolar kudu nyetok2 filter solar lebih banyak karena penggatian harus lebih sering. Apalagi sekarang biosolar skr kadar bionya naik lebih tinggi ke 30.
5. Masih berhubungan dengan biosolar yg kadar bionya lebih tinggi, kalo mobilnya jarang dipake malah lebih rawan endapan. Trus gimana donk biar gak rawan endapan? ya minumnya jangan biosolar, harus pertadex. Dexlite? masih ada kadar bio nya. Nah lho, bandingin ama innova reborn bensin, mo nenggak pertalite trus disimpan lama masih nggak apa2. Apalagi si TS bilang ini mobil weekend kan?
6. Faktor rekondisi. Fortuner VNT sudah lama umurnya, namanya juga mobil seken pasti ada rekondisinya. Nah fortuner vnt itu mobil diesel, ya kalo
pemakai sebelumnya rapih meliharanya, kalo jorok meliharanya biaya rekondisi mesinnya jaaaaauh lebih mahal ketimbang bensin.
7. Faktor kenyamanan. Fortuner VNT itu kelas jip/SUV. Kelas SUV itu pasti kenyamanan kalah jauh dengan kelas MPV. Jangan melihat wah mobilnya
gede, bannya gede pasti nyaman nih. Nooo big nooo.. SUV itu pasti lebih keras ketimbang MPV. Kalo SUV dibikin senyaman MPV bisa guling klontang
di jalan itu mobil. Trus SUV itu interiornya lebih sempit ketimbang MPV. Jadi jng gara2 SUV itu tinggi pake ban gede trus berasumsi nyaman, itu
asumsi yang salah besar.
Jadi saran saya pilih Innova reborn seken matic tipe V tahun 2016-207.
1. Ketika mobil nggak dipake seminggu dua minggu aman dari masalah pengendapan bahan bakar yg bisa terjadi di diesel yang pake biosolar.
2. Cost rekondisinya jauh lebih murah ketimbang milih fortuner VNT, syukur2 dapat low kilometer.
3. Transmisinya uda matic tiptronik 6 speed yang gak ada di Xpander cross dan fortuner VNT.
4. Kenyamanan lebih nyaman dari xpander cross apalagi sama fortuner VNT.
5. Ada coolbox dan meja makan yang nggak ada di xpander cross dan fortuner vnt
6. Maintenance mesin 1TR bensin masih gampang dan nggak rewel bandel. Nenggak bbmnya pun masih bisa pertalite dan nggak pusing mikirin additive dan filter kayak di solarnya.
varian diesel biasanya udah bulukan susah cari yg sehat... operational cost rendah jd favorit buat mobil jalan sehari-hari.
SUV apalagi ladder sehh ntu bodinya gede kabinnya ngga seberapa. ban gede juga kalo buat ganti ban relatif lebih mahal aplg dibanding ban ipah / expander yang dpt ban eco ecoan... harga ban fortuner bisa 2 kali lipat lebih

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 917
- Joined: Thu Feb 04, 2010 8:44
Re: Bingung pilih xpander cross baru atau fortuner vnt second
cari VNT 2nd odo dikit butuh kesabaran om, tp lbh gampang drpd cari innova diesel odo dikit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 523
- Joined: Wed Nov 20, 2013 5:53
Re: Bingung pilih xpander cross baru atau fortuner vnt second
Betul merk nsk jg walaupun dus toyota, tapi kalo dus toyota original parts biasanya ada 3 parts number yg bedain buatannya indonesia,thailand,japan.evanbngdor wrote:Saya juga cuma ganti timing belt+pulley nya aja kok waktu itu, biaya ngga sampe 1 juta. Pulley nya mau ori dus toyota pun dalemnya NSK, jadi ya beli NSK langsung aja lebih murahbangrosi wrote: Mon Aug 31, 2020 10:17 Mantap sarannya gan, kalo ganti timing belt musti 3 in 1 ya di rekomendasi.
pernah tanya2 mekanik bengkel langganan jg sih kalo ganti timing belt cukup belt original berikut bearing merk nsk saja sdh cukup tonjokan gk perlu ganti begitupun fanbelt cukup belt saja.
mekanik sering nanganin hilux scab, hi ace mobil operasional kantor berikutnya disarankan ganti per 100rb km saja beda dgn bawaan pabrik lbh awet.
Waterpump,thermostat ciri2nya apa ya gan kalo minta ganti walaupun blm rusak.
Betul jg cari 2KD VNT yg kondisi bagus lbh gampang di banding 2KD innova.
Info dari makelar/calo mobil seken Kalo mau cari 2KD innova diesel kondisi bagus KM rendah coba cari tipe V karena rata2 pemakai pribadi dibanding tipe G atau E yg kebanyakan buat operasional.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 289
- Joined: Tue Dec 13, 2016 5:41
Re: Bingung pilih xpander cross baru atau fortuner vnt second
Nahh ini..ChZ wrote: Tue Sep 01, 2020 7:47nahh ipah bensin ini seriously underrated dibanding varian diesel. pdhl harga sekennya bagus, nyari yang tidak abused juga lbh mudah. terlepas dr performa pas pasan dan gak sbrp irit nya.quyquy wrote: Mon Aug 31, 2020 4:06 Kalo ane jadi TS, pilihan ane: Toyota All New Kijang Innova (Innova reborn) bensin matic tipe V seken tahun 2016-2017
Kenapa?
1. Harganya beti sama Xpander Cross
2. Fitur dah lengkap (AC digital, spion retract), paling datang ke variasi nambah keyless pun bisa
3. Maticnya 6 speed dan udah ada tiptronik yang gak ada di Xpander dan Fortuner VNT.
Gara2 matic 6 speed ini pun uda jauh refinement. Luar kota lebih bisa irit dibanding innova bensin lama dan top speed pun bisa tinggi 190an
4. Faktor BBM. BBMnya innova bensin masih bisa nenggak pertalite tanpa pusing2 mikirin nyetok beberapa unit filter bahan bakar segala kayak di
dieselnya. Fyi buat yang pertama kali pegang mobil, diesel common rail kalo nenggak biosolar kudu nyetok2 filter solar lebih banyak karena penggatian harus lebih sering. Apalagi sekarang biosolar skr kadar bionya naik lebih tinggi ke 30.
5. Masih berhubungan dengan biosolar yg kadar bionya lebih tinggi, kalo mobilnya jarang dipake malah lebih rawan endapan. Trus gimana donk biar gak rawan endapan? ya minumnya jangan biosolar, harus pertadex. Dexlite? masih ada kadar bio nya. Nah lho, bandingin ama innova reborn bensin, mo nenggak pertalite trus disimpan lama masih nggak apa2. Apalagi si TS bilang ini mobil weekend kan?
6. Faktor rekondisi. Fortuner VNT sudah lama umurnya, namanya juga mobil seken pasti ada rekondisinya. Nah fortuner vnt itu mobil diesel, ya kalo
pemakai sebelumnya rapih meliharanya, kalo jorok meliharanya biaya rekondisi mesinnya jaaaaauh lebih mahal ketimbang bensin.
7. Faktor kenyamanan. Fortuner VNT itu kelas jip/SUV. Kelas SUV itu pasti kenyamanan kalah jauh dengan kelas MPV. Jangan melihat wah mobilnya
gede, bannya gede pasti nyaman nih. Nooo big nooo.. SUV itu pasti lebih keras ketimbang MPV. Kalo SUV dibikin senyaman MPV bisa guling klontang
di jalan itu mobil. Trus SUV itu interiornya lebih sempit ketimbang MPV. Jadi jng gara2 SUV itu tinggi pake ban gede trus berasumsi nyaman, itu
asumsi yang salah besar.
Jadi saran saya pilih Innova reborn seken matic tipe V tahun 2016-207.
1. Ketika mobil nggak dipake seminggu dua minggu aman dari masalah pengendapan bahan bakar yg bisa terjadi di diesel yang pake biosolar.
2. Cost rekondisinya jauh lebih murah ketimbang milih fortuner VNT, syukur2 dapat low kilometer.
3. Transmisinya uda matic tiptronik 6 speed yang gak ada di Xpander cross dan fortuner VNT.
4. Kenyamanan lebih nyaman dari xpander cross apalagi sama fortuner VNT.
5. Ada coolbox dan meja makan yang nggak ada di xpander cross dan fortuner vnt
6. Maintenance mesin 1TR bensin masih gampang dan nggak rewel bandel. Nenggak bbmnya pun masih bisa pertalite dan nggak pusing mikirin additive dan filter kayak di solarnya.
varian diesel biasanya udah bulukan susah cari yg sehat... operational cost rendah jd favorit buat mobil jalan sehari-hari.
SUV apalagi ladder sehh ntu bodinya gede kabinnya ngga seberapa. ban gede juga kalo buat ganti ban relatif lebih mahal aplg dibanding ban ipah / expander yang dpt ban eco ecoan... harga ban fortuner bisa 2 kali lipat lebih :mky_01:
Jujur mnrt sy kalo sebagai penumpang yg ga peduli sama rasa nyetir, tenaga mesin, dan konsumsi bbm...jauhh lebih nyaman naik innova bensin karena ga ada getaran yg masuk sampe kabin kayak yg diesel, sy lebih gampang tidur kalo naik innova bensin haha
Dibanding sama fortuner VNT...basic nya aja udh jauh lbh nyaman innova, sempet pake VNT dan menurut sy ga terlalu nyaman sbg penumpang krn lebih keras (dibanding innova) dan gak enak sama sekali di setir...sama suv ladder frame sekelasnya aja kalah banget menurut pribadi sy yg pernah pake VNT, pernah punya pajero exceed dan nyetir everest jarak jauh. :big_sorry:
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4359
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Bingung pilih xpander cross baru atau fortuner vnt second
nyari innova type V diesel itu justru lebih sulit lagi. sama sulitnya dengan innova diesel G yg sehat dengan km masuk akalbangrosi wrote: Tue Sep 01, 2020 9:32 Betul jg cari 2KD VNT yg kondisi bagus lbh gampang di banding 2KD innova.
Info dari makelar/calo mobil seken Kalo mau cari 2KD innova diesel kondisi bagus KM rendah coba cari tipe V karena rata2 pemakai pribadi dibanding tipe G atau E yg kebanyakan buat operasional.

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2982
- Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08
Re: Bingung pilih xpander cross baru atau fortuner vnt second
Betulll, populasinya innova V itu jauh lebih dikit drpd G soalnya. Dan sekalinya ada yg jual harganya udah sama kyk VNT, ya mending VNT sekaliankunaskun wrote: Tue Sep 01, 2020 14:51nyari innova type V diesel itu justru lebih sulit lagi. sama sulitnya dengan innova diesel G yg sehat dengan km masuk akalbangrosi wrote: Tue Sep 01, 2020 9:32 Betul jg cari 2KD VNT yg kondisi bagus lbh gampang di banding 2KD innova.
Info dari makelar/calo mobil seken Kalo mau cari 2KD innova diesel kondisi bagus KM rendah coba cari tipe V karena rata2 pemakai pribadi dibanding tipe G atau E yg kebanyakan buat operasional.![]()

1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 739
- Joined: Wed May 03, 2017 9:39
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Karimun Wagon R
Re: Bingung pilih xpander cross baru atau fortuner vnt second
Klo saya sih pilih ANKI bensin
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4359
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Bingung pilih xpander cross baru atau fortuner vnt second
eh iya ya, nempel VNT lohevanbngdor wrote: Wed Sep 02, 2020 1:00 Betulll, populasinya innova V itu jauh lebih dikit drpd G soalnya. Dan sekalinya ada yg jual harganya udah sama kyk VNT, ya mending VNT sekalian
![]()

atau seperti om FU27:
boleh dipertimbangkan juga. toh dengan xpander sama2 bensin tapi sedikit lebih lega tapi lebih "cross" dari xpander cross karena RWD dan Ladder Frame.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 714
- Joined: Tue Nov 24, 2015 5:53
Re: Bingung pilih xpander cross baru atau fortuner vnt second
Ortu saya mempertimbangkan xpander cross bwt gantiin vnt 2015. Udah dites naikan xpander jauh lbh enak. Sevis bisa dibilang gratis sampe 4 tahun dan ganteng pula.
Duit vnt yg laku malah masi sisa ambil xpander.
Cuma setelah diassess 7 seater ga perlu lagi. Vntnya jok row 3 ga pernah turun bahkan.
Akhirnya ngambil seltos wkwkwkwk
Duit vnt yg laku malah masi sisa ambil xpander.
Cuma setelah diassess 7 seater ga perlu lagi. Vntnya jok row 3 ga pernah turun bahkan.
Akhirnya ngambil seltos wkwkwkwk
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 523
- Joined: Wed Nov 20, 2013 5:53
Re: Bingung pilih xpander cross baru atau fortuner vnt second
Itulah tantangan nyari innova diesel V tapi gk sesulit nyari innova bensin 2700cc :-)kunaskun wrote:nyari innova type V diesel itu justru lebih sulit lagi. sama sulitnya dengan innova diesel G yg sehat dengan km masuk akalbangrosi wrote: Tue Sep 01, 2020 9:32 Betul jg cari 2KD VNT yg kondisi bagus lbh gampang di banding 2KD innova.
Info dari makelar/calo mobil seken Kalo mau cari 2KD innova diesel kondisi bagus KM rendah coba cari tipe V karena rata2 pemakai pribadi dibanding tipe G atau E yg kebanyakan buat operasional.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4359
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Bingung pilih xpander cross baru atau fortuner vnt second
Itulah tantangan nyari innova diesel V tapi gk sesulit nyari innova bensin 2700cc :-)bangrosi wrote: Sat Sep 05, 2020 14:42 nyari innova type V diesel itu justru lebih sulit lagi. sama sulitnya dengan innova diesel G yg sehat dengan km masuk akal
[/quote]
innova bensin 2700 V ya, jauh lebih sulit lagi apalgi yg km rendah dan fit karena umurnya sudah 10 tahun untuk yg termuda.

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 352
- Joined: Fri Feb 16, 2018 14:23
- Location: Kalimantan
Re: Bingung pilih xpander cross ba atau fortuner vnt second
Tiinggal di desa? Jalanan kurang baik? mobil cuma buat weekend? ANKI bensin bekas aja yg V. Mesin memang sama dengan yg lama, tp naikannya jauh lebih nyaman. Fitur2 jg jauh lengkap. VNT klo ga dimodif tenaganya biasa aja. Expander? Ga usah beli FWD deh klo jalanan kurang baik + tinggal jauh dr kota, ntar cepet bunyi2 kriet2, klotak2 kaki2nya. Mobil weekend punya gratis service 4 tahun jg kurang kepake. Klo Innova asal ganti oli rutin dan spek nya sesuai, biae ga servis rutin jg masih enak aja tu mobil.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 523
- Joined: Wed Nov 20, 2013 5:53
Re: Bingung pilih xpander cross baru atau fortuner vnt second
innova bensin 2700 V ya, jauh lebih sulit lagi apalgi yg km rendah dan fit karena umurnya sudah 10 tahun untuk yg termuda.kunaskun wrote:Itulah tantangan nyari innova diesel V tapi gk sesulit nyari innova bensin 2700cc :-)bangrosi wrote: Sat Sep 05, 2020 14:42 nyari innova type V diesel itu justru lebih sulit lagi. sama sulitnya dengan innova diesel G yg sehat dengan km masuk akal

Rata2 innova V 2700cc KM dibawah 100rb tapi itu harganya gk jelas bahkan ada yg jual 140jt an, sebelum byk yg review pernah lihat di bawah 100jt skr mah gk dapet.ternyata yg 2.7 lbh irit di banding 2.0.