Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Ane juga mobil merk lain dianjurinnya 10 ribu atau 6 bulan.
Atau jangan2 ada oknum SA yg ditarget jualan oli nih? Sama kayak oknum SA masukin macem-macem cairan cleaner ini itu. Nggak pake tanya tuh, main masukin aja. Kalau gak teliti bisa gede biaya servisnya karena ada tambahan beli macam-macam cairan.
Tapi kalau banyak duit ya sih silahkan aja mau ganti oli sesering mungkin ya gpp
Balik lg ke preferensi user Om, sebenernya kalo kita ngikutin anjuran servis menurut buku dan suatu saat dalam masa garansi itu ada kerusakan mesinnya, kita bisa nuntut karena kita full ngikutin anjuran dari produsen kan.
Cuma mesti dilihat juga kualitas oli resmi dari merek tersebut bagaimana, mungkin secara label sih sama-sama full sintetik dengan viskositas sama, tapi kualitas masing-masing produsen oli pasti beda, ada harga pasti ada rupa. Spesifikasi jg pasti beda-beda
Biar lebih yakin coba oli habis pakai 10rb km itu dites di lab, dari situ bakal keliatan apakah oli yg dipake itu bisa dipake sampe 10rb km atau kurang atau bahkan mungkin bisa lanjut sampe 12rb km.
Kalau saya pribadi sih ngga telan mentah-mentah pandangan kalau dirawat teratur di bengkel resmi itu jaminan lebih baik drpd dirawat di non bengkel resmi, tergantung pengerjaan apa yg dilakukan dan cairan-cairan yg dipake.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
Newmember2018 wrote: Tue Aug 13, 2019 10:45
Ngapain boros-boros ganti oli. Kalau di buku servis juga 10 ribu. SGo juga untuk 10 ribu kan. Ane juga juga awal pake sijuki dibilang SA nya suruh ganti 5ribu. Ane gak terima dan ane tunjukin di bukunya sampe ke website sijuki. Disitu tertulis 10ribu hehehe. SA bilang kalau dia cuma menganjurkan aja. Ane bilang menganjurkan kok spt wajib ngomongnya dan ane kejar lagi yg bener anda atau buku servis dan websote resmi? Akhirnya dia bilang sampe 10 ribu sesuai buku hahaha.
Intinya sih ikutin aja buku servis.
Ane juga mobil merk lain dianjurinnya 10 ribu atau 6 bulan.
Atau jangan2 ada oknum SA yg ditarget jualan oli nih? Sama kayak oknum SA masukin macem-macem cairan cleaner ini itu. Nggak pake tanya tuh, main masukin aja. Kalau gak teliti bisa gede biaya servisnya karena ada tambahan beli macam-macam cairan.
Tapi kalau banyak duit ya sih silahkan aja mau ganti oli sesering mungkin ya gpp
gini om...anjuran buku servis soal oli ga pernah saya ikuti sih...drpd mesin jebol di 80 apa 100rb km...kan udah diitung yg ky bgtu.....mbl bensin saya pakai oli full syn aja paling jln max 7500km / 10bln,klo ud 10bln biarpun baru jln 5000km ttp buang...yg diesel bs 10rb/8bln saya pake 7500km ato 6bln aja...internal mesin bersih semua....ga ada yg namanya sludge ato oli jd lumpur...saya sih lebih percaya sama hasil lab ya drpd acuan buku servis...tmn yg rutin servis di BeRes tiap 10rb km dan ganti oli 5000km aja ttp turun mesin koq....wkwkwkw
Ane juga mobil merk lain dianjurinnya 10 ribu atau 6 bulan.
Atau jangan2 ada oknum SA yg ditarget jualan oli nih? Sama kayak oknum SA masukin macem-macem cairan cleaner ini itu. Nggak pake tanya tuh, main masukin aja. Kalau gak teliti bisa gede biaya servisnya karena ada tambahan beli macam-macam cairan.
Tapi kalau banyak duit ya sih silahkan aja mau ganti oli sesering mungkin ya gpp
gini om...anjuran buku servis soal oli ga pernah saya ikuti sih...drpd mesin jebol di 80 apa 100rb km...kan udah diitung yg ky bgtu.....mbl bensin saya pakai oli full syn aja paling jln max 7500km / 10bln,klo ud 10bln biarpun baru jln 5000km ttp buang...yg diesel bs 10rb/8bln saya pake 7500km ato 6bln aja...internal mesin bersih semua....ga ada yg namanya sludge ato oli jd lumpur...saya sih lebih percaya sama hasil lab ya drpd acuan buku servis...tmn yg rutin servis di BeRes tiap 10rb km dan ganti oli 5000km aja ttp turun mesin koq....wkwkwkw
Kalau berhubungan dengan interval waktu setuju om.
Ane juga kalau sudah 6 bulan walaupun baru jalan 3000 km pasti ganti. Mungkin kalau full synthetic bisa.lebih panjang waktunya
Maksud ane ini si SA ngomongnya rekomendasi ganti oli 5rb km atau 3 bulan. Tapi begitu ditunjukin di buku dan website yg tertulis 10rb atau 6 bulan mana yg tercapai lebih dulu, si SA bilang yg bener 10rb atau 6 bulan.
Jadi kesannya kok kayak ditarget jualan oli suruh ganti oli 3 bulan atau 5 ribu.
Mungkin ini kasus yg sama yg terjadi sama TS.
Ane juga mobil merk lain dianjurinnya 10 ribu atau 6 bulan.
Atau jangan2 ada oknum SA yg ditarget jualan oli nih? Sama kayak oknum SA masukin macem-macem cairan cleaner ini itu. Nggak pake tanya tuh, main masukin aja. Kalau gak teliti bisa gede biaya servisnya karena ada tambahan beli macam-macam cairan.
Tapi kalau banyak duit ya sih silahkan aja mau ganti oli sesering mungkin ya gpp
gini om...anjuran buku servis soal oli ga pernah saya ikuti sih...drpd mesin jebol di 80 apa 100rb km...kan udah diitung yg ky bgtu.....mbl bensin saya pakai oli full syn aja paling jln max 7500km / 10bln,klo ud 10bln biarpun baru jln 5000km ttp buang...yg diesel bs 10rb/8bln saya pake 7500km ato 6bln aja...internal mesin bersih semua....ga ada yg namanya sludge ato oli jd lumpur...saya sih lebih percaya sama hasil lab ya drpd acuan buku servis...tmn yg rutin servis di BeRes tiap 10rb km dan ganti oli 5000km aja ttp turun mesin koq....wkwkwkw
Kalau berhubungan dengan interval waktu setuju om.
Ane juga kalau sudah 6 bulan walaupun baru jalan 3000 km pasti ganti. Mungkin kalau full synthetic bisa.lebih panjang waktunya
Maksud ane ini si SA ngomongnya rekomendasi ganti oli 5rb km atau 3 bulan. Tapi begitu ditunjukin di buku dan website yg tertulis 10rb atau 6 bulan mana yg tercapai lebih dulu, si SA bilang yg bener 10rb atau 6 bulan.
Jadi kesannya kok kayak ditarget jualan oli suruh ganti oli 3 bulan atau 5 ribu.
Mungkin ini kasus yg sama yg terjadi sama TS.
iya lah pasti di target jualan oli SA nya...dmna2 jg gt om....ud jadi hal umum itu....hhahaha....klo target jualan oli nya tercapai nnti dia dpt bonus kan....
Profith83 wrote: Fri Aug 16, 2019 9:45
Menurut saya aturan 10rb km atau 6 bulan itu ada syarat/kondisi.
Apabila kondisinya sempurna maka bias 10rb atau 6 bulan. Kondisi sempurna itu :
- Tidak ada macet
- Kecepatan maximum 80 km/jam
- Jarang akselerasi
nahhh...kebetulan kmren abis ganti oli mbl sienta matic..pakai selama 5000an km aja krn jarang pakai selama 10bln..pas dikeluarkan oli nya ud parahhh......item bgt+bau gosong...akhrnya kmren gelontor sdkit oli baru dlu sblm oli pengganti diisikan
Menurut saya sih ganti 10 rb km/6 bulan sesuai anjuran buku service sih gpp om. Oli full sintetik dibuat supaya bisa jangka penggantian oli-nya lebih lama jadi lebih ramah lingkungan. Saya sendiri pake oli TMO 10w/40 semi syn di fortuner bensin 2007 selalu ganti oli per 10 rb km, yang di tempuh selama 2 tahun karena mobil jarang pake (yg ini jgn di tiru hehe). So far aman2 aja sih gapernah ada masalah nge-sludge, mesin kasar atau apapun. Pernah dlu ganti seal cover klep, pas saya lihat daleman mesin-nya juga bersih2 aja dan gapernah pake2 engine flush maupun oil additive.
Kalo dari toyota sendiri sih memang apapun oli-nya diganti tiap 10 rb km, jadi saya ikutin aja. Pas udh keluar service dari BeRes toyota, saya ganti oli tetap setia dengan TMO 10w/40 semi syn yg saya dapatkan di Toda dan disarankan ganti per 5 rb km. Tapi saya hiraukan dan tetap ganti per 10 rb km dan aman2 saja sampai skrg. Menurut saya yang terpenting adalah oli-nya ASLI dan sesuai dengan spesifikasi mesin. Ini berdasarkan pengalaman saya loh ya hehe
devin96 wrote: Fri Sep 20, 2019 15:50
Menurut saya sih ganti 10 rb km/6 bulan sesuai anjuran buku service sih gpp om. Oli full sintetik dibuat supaya bisa jangka penggantian oli-nya lebih lama jadi lebih ramah lingkungan. Saya sendiri pake oli TMO 10w/40 semi syn di fortuner bensin 2007 selalu ganti oli per 10 rb km, yang di tempuh selama 2 tahun karena mobil jarang pake (yg ini jgn di tiru hehe). So far aman2 aja sih gapernah ada masalah nge-sludge, mesin kasar atau apapun. Pernah dlu ganti seal cover klep, pas saya lihat daleman mesin-nya juga bersih2 aja dan gapernah pake2 engine flush maupun oil additive.
Kalo dari toyota sendiri sih memang apapun oli-nya diganti tiap 10 rb km, jadi saya ikutin aja. Pas udh keluar service dari BeRes toyota, saya ganti oli tetap setia dengan TMO 10w/40 semi syn yg saya dapatkan di Toda dan disarankan ganti per 5 rb km. Tapi saya hiraukan dan tetap ganti per 10 rb km dan aman2 saja sampai skrg. Menurut saya yang terpenting adalah oli-nya ASLI dan sesuai dengan spesifikasi mesin. Ini berdasarkan pengalaman saya loh ya hehe
Profith83 wrote: Fri Aug 16, 2019 9:45
Menurut saya aturan 10rb km atau 6 bulan itu ada syarat/kondisi.
Apabila kondisinya sempurna maka bias 10rb atau 6 bulan. Kondisi sempurna itu :
- Tidak ada macet
- Kecepatan maximum 80 km/jam
- Jarang akselerasi
Iya, klo liat manual book lio ada keterangan lengkap tentang kondisi berat sbb:
- berkendara rutin kurang dari 8km per hari
- stop & go
- iklim tropis dan berdebu (ini sih indonesia banget)
ganti tiap 6bln / 5rb km (dgn catatan pakai oli bawaan beres honda).
klo olinya di luar beres & lbh bagus, ya bisa lebih lah.
Slowslowglow wrote: Thu Sep 26, 2019 14:05
Oli rekomendasi Ertiga 2019 selain SGO apa ya
di Manual book, rentang SAE bolehnya brp om ?
biasanya klo mobil2 jepang kebanyakan dr 0w20 ~ 10w30
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
devin96 wrote: Fri Sep 20, 2019 15:50
Menurut saya sih ganti 10 rb km/6 bulan sesuai anjuran buku service sih gpp om. Oli full sintetik dibuat supaya bisa jangka penggantian oli-nya lebih lama jadi lebih ramah lingkungan. Saya sendiri pake oli TMO 10w/40 semi syn di fortuner bensin 2007 selalu ganti oli per 10 rb km, yang di tempuh selama 2 tahun karena mobil jarang pake (yg ini jgn di tiru hehe). So far aman2 aja sih gapernah ada masalah nge-sludge, mesin kasar atau apapun. Pernah dlu ganti seal cover klep, pas saya lihat daleman mesin-nya juga bersih2 aja dan gapernah pake2 engine flush maupun oil additive.
Kalo dari toyota sendiri sih memang apapun oli-nya diganti tiap 10 rb km, jadi saya ikutin aja. Pas udh keluar service dari BeRes toyota, saya ganti oli tetap setia dengan TMO 10w/40 semi syn yg saya dapatkan di Toda dan disarankan ganti per 5 rb km. Tapi saya hiraukan dan tetap ganti per 10 rb km dan aman2 saja sampai skrg. Menurut saya yang terpenting adalah oli-nya ASLI dan sesuai dengan spesifikasi mesin. Ini berdasarkan pengalaman saya loh ya hehe
Oli rekomendasi Ertiga 2019 selain SGO apa ya
Menurut saya sih merk bsa apa aja yang penting ASLI dan spesifikasi sesuai. Menurut saya spesifikasi mobil2 baru cocok pake 5w/30, kalo 0w/20 terlalu encer karena iklim yg panas tkt bikin nguap. Merk bsa apa aja seperti liqui moly, AMS, royal purple, PTT, Pertamina, Shell, Castrol dll, sesuaikan saja dengan budget hehe
Profith83 wrote: Fri Aug 16, 2019 9:45
Menurut saya aturan 10rb km atau 6 bulan itu ada syarat/kondisi.
Apabila kondisinya sempurna maka bias 10rb atau 6 bulan. Kondisi sempurna itu :
- Tidak ada macet
- Kecepatan maximum 80 km/jam
- Jarang akselerasi
Iya, klo liat manual book lio ada keterangan lengkap tentang kondisi berat sbb:
- berkendara rutin kurang dari 8km per hari
- stop & go
- iklim tropis dan berdebu (ini sih indonesia banget)
ganti tiap 6bln / 5rb km (dgn catatan pakai oli bawaan beres honda).
klo olinya di luar beres & lbh bagus, ya bisa lebih lah.
Slowslowglow wrote: Thu Sep 26, 2019 14:05
Oli rekomendasi Ertiga 2019 selain SGO apa ya
di Manual book, rentang SAE bolehnya brp om ?
biasanya klo mobil2 jepang kebanyakan dr 0w20 ~ 10w30
Nanya om..
Klo lewat 6 bulan tapi kilometer oli baru di 2500an km.
Oli mesin aman kah?
Ane juga mobil merk lain dianjurinnya 10 ribu atau 6 bulan.
Atau jangan2 ada oknum SA yg ditarget jualan oli nih? Sama kayak oknum SA masukin macem-macem cairan cleaner ini itu. Nggak pake tanya tuh, main masukin aja. Kalau gak teliti bisa gede biaya servisnya karena ada tambahan beli macam-macam cairan.
Tapi kalau banyak duit ya sih silahkan aja mau ganti oli sesering mungkin ya gpp
gini om...anjuran buku servis soal oli ga pernah saya ikuti sih...drpd mesin jebol di 80 apa 100rb km...kan udah diitung yg ky bgtu.....mbl bensin saya pakai oli full syn aja paling jln max 7500km / 10bln,klo ud 10bln biarpun baru jln 5000km ttp buang...yg diesel bs 10rb/8bln saya pake 7500km ato 6bln aja...internal mesin bersih semua....ga ada yg namanya sludge ato oli jd lumpur...saya sih lebih percaya sama hasil lab ya drpd acuan buku servis...tmn yg rutin servis di BeRes tiap 10rb km dan ganti oli 5000km aja ttp turun mesin koq....wkwkwkw
Kalau berhubungan dengan interval waktu setuju om.
Ane juga kalau sudah 6 bulan walaupun baru jalan 3000 km pasti ganti. Mungkin kalau full synthetic bisa.lebih panjang waktunya
Maksud ane ini si SA ngomongnya rekomendasi ganti oli 5rb km atau 3 bulan. Tapi begitu ditunjukin di buku dan website yg tertulis 10rb atau 6 bulan mana yg tercapai lebih dulu, si SA bilang yg bener 10rb atau 6 bulan.
Jadi kesannya kok kayak ditarget jualan oli suruh ganti oli 3 bulan atau 5 ribu.
Mungkin ini kasus yg sama yg terjadi sama TS.
Ikutin aja om, hajar 10.000km, lebih juga gpp.
Mobil-mobil sendiri kok.
Kalo turun mesin setelah odo 100.000 up, juga bayar sendiri kan?
Ini yg old stock ya om.. udah brp ribu km? Pakai buntut 30 bisa ya berarti
Boeds wrote:Saya jarang sekali pakai sgo sampai 10rb. Mungkin kalopun pernah, hanya sekali saja seingat sy. Biasa kalo rajin di 5rb km kalo males di 7rb an km.
Skrg di 107rb km, mesinnya masih sangat halus, apalagi skrg lagi pake amsoil signature 0w30.. lebih halus lagi.
Profith83 wrote: Fri Aug 16, 2019 9:45
Menurut saya aturan 10rb km atau 6 bulan itu ada syarat/kondisi.
Apabila kondisinya sempurna maka bias 10rb atau 6 bulan. Kondisi sempurna itu :
- Tidak ada macet
- Kecepatan maximum 80 km/jam
- Jarang akselerasi
Iya, klo liat manual book lio ada keterangan lengkap tentang kondisi berat sbb:
- berkendara rutin kurang dari 8km per hari
- stop & go
- iklim tropis dan berdebu (ini sih indonesia banget)
ganti tiap 6bln / 5rb km (dgn catatan pakai oli bawaan beres honda).
klo olinya di luar beres & lbh bagus, ya bisa lebih lah.
Slowslowglow wrote: Thu Sep 26, 2019 14:05
Oli rekomendasi Ertiga 2019 selain SGO apa ya
di Manual book, rentang SAE bolehnya brp om ?
biasanya klo mobil2 jepang kebanyakan dr 0w20 ~ 10w30
Nanya om..
Klo lewat 6 bulan tapi kilometer oli baru di 2500an km.
Oli mesin aman kah?
Apapun mblnya dan oli bawaan bengkel resmi.
klo kilometer pendek, biasanya saya pribadi mentokin sampai 7 bulan.
jd even 7 bln br sampai 4rb km, lgs sy ganti.
kecuali klo saya pakai oli yg kelas premium macam amsoil asm, redline, schaeffer, Q8 dan sejenisnya hajar deh 1 thn
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Untuk pelajaran, gak selalu buku panduan itu 100% benar dan 100% aman.. Kembali ke pemakaian dan preferensi user dulu
Kalau mau contoh, Chevrolet Spin yang diesel (yg dieselnya sebangun dengan ertiga diesel), kenapa banyak kasus gentong? Karena di manual book spin ditulis ganti oli + filter PER 15.000 km.. Setelah banyak kasus liner gentong, direvisi lah manual book itu menjadi 7500km..
Untuk kasus yg di spin, katanya sih gara2 oil dilution, karena oli yang jenis LOW SAPS yang harusnya untuk kondisi low sulphur, cepet terkontaminasi dengan kondisi bbm kita yg kandungan sulphurnya tinggi, akhirnya oli rusak sebelum waktunya.
Saya ada contoh nyatanya sih di rumah, ada 2 spin diesel, km mirip2 yang satu 105k satunya 99k.. Dan keduanya selalu servis bengkel resmi sampai saat garansi habis.. dan keduanya selalu pakai Pertade, oli juga selalu pakai Q8 sesuai beres.
Perbedaanya, yang km 99k suara sudah lebih kasar dan sudah keluar asap tipis dari lubang dipstick oli
yang km 105 suara lebih halus dan ga ada asap sama sekali
yang km 99k dulu selalu ikut interval servis sesuai manual book
yang km 105k, sejak awal ganti oli di 7500km, ga pernah ikut manual book
Saat ini kedua mobil itu ganti oli per 5k km, oli masih pake Q8
Pelajarannya, informasi di manual book jangan ditelan mentah2.. sering2 lah cek kondisi oli dll kendaraan anda, dan peka pada perubahan karakter kendaraan
sukerdan02 wrote:Untuk pelajaran, gak selalu buku panduan itu 100% benar dan 100% aman.. Kembali ke pemakaian dan preferensi user dulu
Kalau mau contoh, Chevrolet Spin yang diesel (yg dieselnya sebangun dengan ertiga diesel), kenapa banyak kasus gentong? Karena di manual book spin ditulis ganti oli + filter PER 15.000 km.. Setelah banyak kasus liner gentong, direvisi lah manual book itu menjadi 7500km..
Untuk kasus yg di spin, katanya sih gara2 oil dilution, karena oli yang jenis LOW SAPS yang harusnya untuk kondisi low sulphur, cepet terkontaminasi dengan kondisi bbm kita yg kandungan sulphurnya tinggi, akhirnya oli rusak sebelum waktunya.
Saya ada contoh nyatanya sih di rumah, ada 2 spin diesel, km mirip2 yang satu 105k satunya 99k.. Dan keduanya selalu servis bengkel resmi sampai saat garansi habis.. dan keduanya selalu pakai Pertade, oli juga selalu pakai Q8 sesuai beres.
Perbedaanya, yang km 99k suara sudah lebih kasar dan sudah keluar asap tipis dari lubang dipstick oli
yang km 105 suara lebih halus dan ga ada asap sama sekali
yang km 99k dulu selalu ikut interval servis sesuai manual book
yang km 105k, sejak awal ganti oli di 7500km, ga pernah ikut manual book
Saat ini kedua mobil itu ganti oli per 5k km, oli masih pake Q8
Pelajarannya, informasi di manual book jangan ditelan mentah2.. sering2 lah cek kondisi oli dll kendaraan anda, dan peka pada perubahan karakter kendaraan
10.000 itu harus kendaraan yang ga ernah kena macet sama sekali. Dengan 200jam kerja mesin. Dengan kata lain jalan rata harus diatas 50kmph. Klo rata rata cuma 25 kmph oli hanya tahan 5000km. Klo cuma jalan rata rata dibawah 10kmph atau macet. Oli 2000km saja sudah jelek. (oli standar dealer macam honda toyota suzuki dll). Dan sekali starter mesin, mobil dilarang kerja berat dan sebelum mesin mati ga boleh jalan di bawah 8km, dan ga boleh ban diam lama dalam keadaan mesin nyala (macet).
Contoh di mobil saya crv turbo ada oil lifenya. Di indokator tercatat mampu 10400km lagi adahal saya sudah jalan 3000km. Itu dengan catatan konsumsi bbm 20kmpl. 20kmpl itu bisa di capai karna jalanan tidak macet sama sekali. Dengan kata lain, anda harus tinggal di daerah saya, yg ga pernah kena macet sama sekali.
Kalau mau dipaksa macet dan tetep mau pake 5000km atau lebih, wajib pakai amsoil atau oli yg grade nya lebih tinggi.
IMG20190706155712.jpeg
IMG20190807130342.jpeg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
arief225 wrote: Mon Nov 18, 2019 7:26
10.000 itu harus kendaraan yang ga ernah kena macet sama sekali. Dengan 200jam kerja mesin. Dengan kata lain jalan rata harus diatas 50kmph. Klo rata rata cuma 25 kmph oli hanya tahan 5000km. Klo cuma jalan rata rata dibawah 10kmph atau macet. Oli 2000km saja sudah jelek. (oli standar dealer macam honda toyota suzuki dll). Dan sekali starter mesin, mobil dilarang kerja berat dan sebelum mesin mati ga boleh jalan di bawah 8km, dan ga boleh ban diam lama dalam keadaan mesin nyala (macet).
Contoh di mobil saya crv turbo ada oil lifenya. Di indokator tercatat mampu 10400km lagi adahal saya sudah jalan 3000km. Itu dengan catatan konsumsi bbm 20kmpl. 20kmpl itu bisa di capai karna jalanan tidak macet sama sekali. Dengan kata lain, anda harus tinggal di daerah saya, yg ga pernah kena macet sama sekali.
Kalau mau dipaksa macet dan tetep mau pake 5000km atau lebih, wajib pakai amsoil atau oli yg grade nya lebih tinggi.IMG20190706155712.jpegIMG20190807130342.jpeg
Intinya yang saya tuju adalah, ga perlu ngeyel harus ikut manual book.. Sesuaikan dengan kondisi berkendara juga.. Kalo mau ideal, saya sebenernya lebih sreg kalau ada engine hour meter sih, jadi kaya genset itu, yg ganti oli sesuai lama waktu mesin menyala..
Yups tepat sekali. Di crv gen 4 ada engine hours nya. Tpi di crv gen 5 tidak ada, akan tetapi digantikan oleh oil life.
Saran saya. Karna pertanyaan ts seperti yg pengen mobilnya selalu baik, bukan mobil asal jalan, maka : untuk ertiga, klo itu mobil tempur atau buat kerja, ganti saja pakai hx8 ganti tiap 5rb. Klo mobil kesayangan atau rawatan pakai lah oli yg bagus macam lucas amsoil royal purple dll. Ganti tiap 5000 sampai 7500. Klo bilang mahal, ya tergantung ya. Klo oli ngesludge jatuhnya kudu overhaul, mesin rusak benerinnya mahal dan membekas, tenaga pasti drop.
sukerdan02 wrote:Untuk pelajaran, gak selalu buku panduan itu 100% benar dan 100% aman.. Kembali ke pemakaian dan preferensi user dulu
Kalau mau contoh, Chevrolet Spin yang diesel (yg dieselnya sebangun dengan ertiga diesel), kenapa banyak kasus gentong? Karena di manual book spin ditulis ganti oli + filter PER 15.000 km.. Setelah banyak kasus liner gentong, direvisi lah manual book itu menjadi 7500km..
Untuk kasus yg di spin, katanya sih gara2 oil dilution, karena oli yang jenis LOW SAPS yang harusnya untuk kondisi low sulphur, cepet terkontaminasi dengan kondisi bbm kita yg kandungan sulphurnya tinggi, akhirnya oli rusak sebelum waktunya.
Saya ada contoh nyatanya sih di rumah, ada 2 spin diesel, km mirip2 yang satu 105k satunya 99k.. Dan keduanya selalu servis bengkel resmi sampai saat garansi habis.. dan keduanya selalu pakai Pertade, oli juga selalu pakai Q8 sesuai beres.
Perbedaanya, yang km 99k suara sudah lebih kasar dan sudah keluar asap tipis dari lubang dipstick oli
yang km 105 suara lebih halus dan ga ada asap sama sekali
yang km 99k dulu selalu ikut interval servis sesuai manual book
yang km 105k, sejak awal ganti oli di 7500km, ga pernah ikut manual book
Saat ini kedua mobil itu ganti oli per 5k km, oli masih pake Q8
Pelajarannya, informasi di manual book jangan ditelan mentah2.. sering2 lah cek kondisi oli dll kendaraan anda, dan peka pada perubahan karakter kendaraan
10.000 itu harus kendaraan yang ga ernah kena macet sama sekali. Dengan 200jam kerja mesin. Dengan kata lain jalan rata harus diatas 50kmph. Klo rata rata cuma 25 kmph oli hanya tahan 5000km. Klo cuma jalan rata rata dibawah 10kmph atau macet. Oli 2000km saja sudah jelek. (oli standar dealer macam honda toyota suzuki dll). Dan sekali starter mesin, mobil dilarang kerja berat dan sebelum mesin mati ga boleh jalan di bawah 8km, dan ga boleh ban diam lama dalam keadaan mesin nyala (macet).
Contoh di mobil saya crv turbo ada oil lifenya. Di indokator tercatat mampu 10400km lagi adahal saya sudah jalan 3000km. Itu dengan catatan konsumsi bbm 20kmpl. 20kmpl itu bisa di capai karna jalanan tidak macet sama sekali. Dengan kata lain, anda harus tinggal di daerah saya, yg ga pernah kena macet sama sekali.
Kalau mau dipaksa macet dan tetep mau pake 5000km atau lebih, wajib pakai amsoil atau oli yg grade nya lebih tinggi.IMG20190706155712.jpegIMG20190807130342.jpeg
kalau ane liat di oil life meter nya civic / CRV itu tiap reset habis ganti oli ya selalu dapetnya sekitar 5.000an di dalem kota. baru kemarin aja civic tembus jadi 5600 krn cukup sering ngetol.
pada heboh indikator olinya "boros", lah kalo mobil lain dikasi indikator oli jg paling kaget juga dapetnya dikit banget, apalagi yg sehari-hari kena macet berjam - jam.
dgn asumsi ini wajarnya mobil dipake dalem kota dengan kerja yang sangat berat begitu idealnya ya segitu. tapi ya ane tiap minggu selalu nyuci mobil sendiri sekalian cek mingguan cairan-cairan.
ane si itungan ikut bulan karena mobil sebulan jalan gak sampe 1000. blm nyala indikatornya udah 6 bulan gak berani di indonesia ganti oli per 10.000. klo pake oli bagus setaun 1x, kalo pake oli pabrikan ya 6 bulan sekali.
sukerdan02 wrote:Untuk pelajaran, gak selalu buku panduan itu 100% benar dan 100% aman.. Kembali ke pemakaian dan preferensi user dulu
Kalau mau contoh, Chevrolet Spin yang diesel (yg dieselnya sebangun dengan ertiga diesel), kenapa banyak kasus gentong? Karena di manual book spin ditulis ganti oli + filter PER 15.000 km.. Setelah banyak kasus liner gentong, direvisi lah manual book itu menjadi 7500km..
Untuk kasus yg di spin, katanya sih gara2 oil dilution, karena oli yang jenis LOW SAPS yang harusnya untuk kondisi low sulphur, cepet terkontaminasi dengan kondisi bbm kita yg kandungan sulphurnya tinggi, akhirnya oli rusak sebelum waktunya.
Saya ada contoh nyatanya sih di rumah, ada 2 spin diesel, km mirip2 yang satu 105k satunya 99k.. Dan keduanya selalu servis bengkel resmi sampai saat garansi habis.. dan keduanya selalu pakai Pertade, oli juga selalu pakai Q8 sesuai beres.
Perbedaanya, yang km 99k suara sudah lebih kasar dan sudah keluar asap tipis dari lubang dipstick oli
yang km 105 suara lebih halus dan ga ada asap sama sekali
yang km 99k dulu selalu ikut interval servis sesuai manual book
yang km 105k, sejak awal ganti oli di 7500km, ga pernah ikut manual book
Saat ini kedua mobil itu ganti oli per 5k km, oli masih pake Q8
Pelajarannya, informasi di manual book jangan ditelan mentah2.. sering2 lah cek kondisi oli dll kendaraan anda, dan peka pada perubahan karakter kendaraan
10.000 itu harus kendaraan yang ga ernah kena macet sama sekali. Dengan 200jam kerja mesin. Dengan kata lain jalan rata harus diatas 50kmph. Klo rata rata cuma 25 kmph oli hanya tahan 5000km. Klo cuma jalan rata rata dibawah 10kmph atau macet. Oli 2000km saja sudah jelek. (oli standar dealer macam honda toyota suzuki dll). Dan sekali starter mesin, mobil dilarang kerja berat dan sebelum mesin mati ga boleh jalan di bawah 8km, dan ga boleh ban diam lama dalam keadaan mesin nyala (macet).
Contoh di mobil saya crv turbo ada oil lifenya. Di indokator tercatat mampu 10400km lagi adahal saya sudah jalan 3000km. Itu dengan catatan konsumsi bbm 20kmpl. 20kmpl itu bisa di capai karna jalanan tidak macet sama sekali. Dengan kata lain, anda harus tinggal di daerah saya, yg ga pernah kena macet sama sekali.
Kalau mau dipaksa macet dan tetep mau pake 5000km atau lebih, wajib pakai amsoil atau oli yg grade nya lebih tinggi.IMG20190706155712.jpegIMG20190807130342.jpeg
kalau ane liat di oil life meter nya civic / CRV itu tiap reset habis ganti oli ya selalu dapetnya sekitar 5.000an di dalem kota. baru kemarin aja civic tembus jadi 5600 krn cukup sering ngetol.
pada heboh indikator olinya "boros", lah kalo mobil lain dikasi indikator oli jg paling kaget juga dapetnya dikit banget, apalagi yg sehari-hari kena macet berjam - jam.
dgn asumsi ini wajarnya mobil dipake dalem kota dengan kerja yang sangat berat begitu idealnya ya segitu. tapi ya ane tiap minggu selalu nyuci mobil sendiri sekalian cek mingguan cairan-cairan.
ane si itungan ikut bulan karena mobil sebulan jalan gak sampe 1000. blm nyala indikatornya udah 6 bulan gak berani di indonesia ganti oli per 10.000. klo pake oli bagus setaun 1x, kalo pake oli pabrikan ya 6 bulan sekali.
Mau nanya nih om mumpung ketemu om di tread ini. Om pakai oli ama di l15 dan k24? Selama ini aku pakai amsoil signatur 0w20. Ganti tiap 6000sampai7.5000. Karna mobil setahun jalan 25000lebih hehe. Jadi pakai hitungan km. Sudai sesuai kah?
10.000 itu harus kendaraan yang ga ernah kena macet sama sekali. Dengan 200jam kerja mesin. Dengan kata lain jalan rata harus diatas 50kmph. Klo rata rata cuma 25 kmph oli hanya tahan 5000km. Klo cuma jalan rata rata dibawah 10kmph atau macet. Oli 2000km saja sudah jelek. (oli standar dealer macam honda toyota suzuki dll). Dan sekali starter mesin, mobil dilarang kerja berat dan sebelum mesin mati ga boleh jalan di bawah 8km, dan ga boleh ban diam lama dalam keadaan mesin nyala (macet).
Contoh di mobil saya crv turbo ada oil lifenya. Di indokator tercatat mampu 10400km lagi adahal saya sudah jalan 3000km. Itu dengan catatan konsumsi bbm 20kmpl. 20kmpl itu bisa di capai karna jalanan tidak macet sama sekali. Dengan kata lain, anda harus tinggal di daerah saya, yg ga pernah kena macet sama sekali.
Kalau mau dipaksa macet dan tetep mau pake 5000km atau lebih, wajib pakai amsoil atau oli yg grade nya lebih tinggi.IMG20190706155712.jpegIMG20190807130342.jpeg
kalau ane liat di oil life meter nya civic / CRV itu tiap reset habis ganti oli ya selalu dapetnya sekitar 5.000an di dalem kota. baru kemarin aja civic tembus jadi 5600 krn cukup sering ngetol.
pada heboh indikator olinya "boros", lah kalo mobil lain dikasi indikator oli jg paling kaget juga dapetnya dikit banget, apalagi yg sehari-hari kena macet berjam - jam.
dgn asumsi ini wajarnya mobil dipake dalem kota dengan kerja yang sangat berat begitu idealnya ya segitu. tapi ya ane tiap minggu selalu nyuci mobil sendiri sekalian cek mingguan cairan-cairan.
ane si itungan ikut bulan karena mobil sebulan jalan gak sampe 1000. blm nyala indikatornya udah 6 bulan gak berani di indonesia ganti oli per 10.000. klo pake oli bagus setaun 1x, kalo pake oli pabrikan ya 6 bulan sekali.
Mau nanya nih om mumpung ketemu om di tread ini. Om pakai oli ama di l15 dan k24? Selama ini aku pakai amsoil signatur 0w20. Ganti tiap 6000sampai7.5000. Karna mobil setahun jalan 25000lebih hehe. Jadi pakai hitungan km. Sudai sesuai kah?
Klo lihat datasheetnya Amsoil ASM.
Max pemakaian adalah : 1 year / 25rb miles / 700 hours engine run (mana yg nyampai duluan)
misal dalam 6 bulan, engine hours udah nyentuh 750 jam (karena 90% kena macet), yah baiknya ganti.
Itu kelas amsoil signature series loh, jawara di kelasnya & harga di online 200rb-an / 946ml
bayangin klo oli" kelas bengkel-resmi
Ganti oli gak seberapa mahal, dibanding resiko internal parts kenapa2.
Anyway ketika ngelihat manual book interval ganti oli, harus dibaca juga di bagian syarat & ketentuan tambahan (ada di halaman lain biasanya).
Biasanya ada statement bahwa, oli bisa ganti sampai interval 10rb atau 6 bln dgn kondisi ringan atau sangat jarang / gak pernah kena macet.
kecepatan jg seringnya konstan / bukan stop & go yg cukup menyiksa mesin dan transmisi.
Last edited by Suryaputra on Mon Nov 18, 2019 10:24, edited 1 time in total.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Waktu service di salah satu beres suzuki di jatim ane sempet nanya soal ganti olie
Oleh mekanik dijawab sebenernya bisa sampai 10.000 km atau 6 bulan, tergantung mana yang tercapai lebih dahulu
Karena ANE sudah pakai olie dengan spek 0w-20, yang lebih baik kualitasnya dari 5w-30 punya SGO