Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Zaxis wrote: Tue Jul 16, 2019 0:15
Org sini ke warung 500m aja naek motor/mobil
Mana mau disuruh naek angkutan umum
Musti naek turun tangga jalan kaki jauh
Ngantri di pom bensin, motor aja ga mau di dorong..
nah sy setuju banget sama si om
sy juga naik motor, paling sebel banget sama motor yg lg antri di pom bensin , kagak mau matiin itu mesin
apalagi knalpot yang mengarah ke atas
lsg gosong muka sy kena itu asep knalpot
Zaxis wrote: Tue Jul 16, 2019 0:15
Org sini ke warung 500m aja naek motor/mobil
Mana mau disuruh naek angkutan umum
Musti naek turun tangga jalan kaki jauh
Ngantri di pom bensin, motor aja ga mau di dorong..
nah sy setuju banget sama si om
sy juga naik motor, paling sebel banget sama motor yg lg antri di pom bensin , kagak mau matiin itu mesin
apalagi knalpot yang mengarah ke atas
lsg gosong muka sy kena itu asep knalpot
saya pernah menyaksikan sendiri sebanyak 2 kali di tempat yang berbeda.
di depan mobil saya ada angkot berhenti nurunin penumpang, lalu itu angkot jalan dan berhenti lagi persis 1 meter didepannya karena ada penumpang lagi yang mau turun. OMG Speechless...kenapa engga barengan aja turun dari tadi ?
kalau di mall2, itu para pegawai / staf toko kebanyakan pada males naek turun 1 lantai saja pake tangga / escalator. mereka maunya langsung naek lift yg posisinya ada di depan toilet. lazy ass.
Kebiasaannya yang harus diubah, mulai dari hal kecil aja misalnya dalam 1 keluarga kalo bisa pake 1 kendaraan aja untuk rame-rame ya ngga perlu masing-masing bawa kendaraan, terus jg misalnya tiap rumah wajib menanam minimal 5-10 tumbuhan, dst.
Dari hal-hal kecil gitu kalo udah dibiasain bisa menghasilkan dampak yang positif.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
Salvanost wrote: Mon Jul 15, 2019 18:12
Ga bakalan digubris warga Jakarta kaya beginian
Karena
1. Daerah perumahan polusinya masih rendah
2. Masuk rumah polusinya lebih rendah lagi
3. Hal yg sama dengan mobil yg jendelanya tertutup
Fakta unik dan lucu
1. Merokok di dalam ruangan bikin polusi hingga 10x lipat dibanding ruangan bebas rokok
2. Ruangan smoking area = setara dengan daerah polusi terburuk di Jakarta (sekitar 150++ pm 2.5)
3. Beijing pm2.5 rata2 125 dengan puncak polusi di 800 (5x lipat smoking area)
Kalau mau polusi di Jakarta turun?
Gampang! Hapus aja premium sama pertalite sama solar busuk
tidak semudah itu ferguso...
metromini dikasi pertamina dex ya tetep aja busuk asepnya. lha wong gak ada DPF.
banyak motor-mobil baru disini dikasi pertamax turbo tetep busuk emisinya... lha wong catalystnya pada dicopot ganti knalpot resing.
kuncinya itu justru di catalytic converter/DPF.
bensin oktan rendah kalo catalytic converternya bagus, bisa tembus EURO6 juga meski ada negatifnya: kadar CO2 bakal tinggi untuk power yg sama.
hayo siapa disini yang copot catalyst/ganti knalpot? angkat tangan!
balik lagi soal polusi,
selain kendaraan motor, paling bagus kalo polisi/pol pp juga menindak PEMBAKAR SAMPAH.
banyak yang hobi bakar sampah di daerah ane. even (oknum?) di komplek polisi juga hobi bakar sampah...
mending kalo cuma daun, plastik ama kotoran ayam juga dibakar.
dasar warga +62
Couldn't agree more um um
Yang penting BBM purba harus diremove dulu dari bumi Indo baru bisa bicara solusina wkwkwkwk
Ga usah jauh2 sampe ke eropa dan amerika, kunjungi dan rasakan aza tu KL dan Penang. walo panas sama seperti Jkt tapi ga berpolusi parah yg bikin lepek baju dan rambut. Nafas hidung jg tetap terasa lega
Semua mobil yg dirakit utk.pasar indo harus dipasang catalytic converter jg
lha wong dulu awal 2000 an mobil2 H tegak CBU Thailand yg diimpor HPM semua terpasang CC.
begitu dirakit di Karawang langsung dicopot semua tu CC seperti di Jazz dan City taon 2003-2004
Alasanna karena CC ga perlu dan untuk menekan harga jual jg
tentunya semua punya peran dalam kualitas udara
- bbm kualitas euro IV
- catalytic converter
- penghijauan
- pengurangan pemakaian kendaraan bermotor
- modifikasi ilegal
- transportasi umum
- penegakan Hukum
Salvanost wrote: Tue Jul 16, 2019 17:56
Pencemaran sungai juga bisa jadi faktor
Bau sungai = polusi udara
Sekarang negara lain ada yg pake pm2.5 buat indikator pencemaran sungai juga...
Iya, dan kalau tempat tinggalnya berjarak ngga lebih dari 1 kilometer dari sungai yg tercemar itu baunya kadang kecium menyengat sih.
Balik lg, habbit/kebiasaan masyarakat yg harus diubah, buang sampah aja banyak yg masih sembarangan, makanan sisa dibuang gitu aja padahal bisa dijadiin kompos. Kalo dibuang gitu aja begitu basi kan bau nya merajalela
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
Mungkin polusi akibat BBM Premium dan Solar terakumulasi bertahun-tahun dan lama-lama mempengaruhi kecerdasan rakyatnya. Memang harus sih BBM Premium dan Solar dihilangan karena kecerdasan rakyatnya yang dipertaruhkan.
Zaxis wrote: Tue Jul 16, 2019 0:15
Org sini ke warung 500m aja naek motor/mobil
Mana mau disuruh naek angkutan umum
Musti naek turun tangga jalan kaki jauh
Ngantri di pom bensin, motor aja ga mau di dorong..
nah sy setuju banget sama si om
sy juga naik motor, paling sebel banget sama motor yg lg antri di pom bensin , kagak mau matiin itu mesin
apalagi knalpot yang mengarah ke atas
lsg gosong muka sy kena itu asep knalpot
Kalau saya biasa langsung ditegur aja orangnya om..
TUFF Stough wrote: Wed Jul 17, 2019 6:05
kok ane malah berpendapat berita ini sarat kepentingan lain ya?
bukannya udara di Beijing dan Shanghai malah lebih parah pencemarannya?
terlepas dari kualitas udara Jakarta skrg benar atau tidak terburuk dunia, tapi utk beijing setahu saya pemerintahnya sangat serius untuk mengurangi tingkat polusi udara di sana. semoga dengan adanya berita Jakarta polusinya terburuk bisa menjadi pemacu pihak terkait untuk serius memerangi polusi.
3 hari yg lalu sempat masuk peringkat pertama terburuk untuk kualitas udara di jakarta.. minggu ini kayaknya masih paling buruk.. ini efek dari musim kemarau yg sudah lama tidak ada hujan juga sihz
Untuk shanghai/beijing, pemerintah mereka sedang giat2nya campaign EV.. polusi udara sedang dipress sekali..
cekeremez wrote: Wed Jul 17, 2019 9:38
Pindah ibukota apakah bisa dijadikan solusi? Mari kita lihat,,,
Menurut saya, ga akan ngefek sih.. pindah ibukota kan hanya pusat pemerintahannya saja yg dipindah, sedangkan jakarta tetap jadi kota bisnis (seperti washington DC as ibukota negara USA dan Newyork sebagai kota bisnisnya)
btw, kalau mental warganya susah hijrah ke angkutan umum, dan angkutan umumnya tidak berkembang yaa polusi akan gitu2 aja dijakarta..
Kalau betul ibukota negara pindah ke kalimantan, dan volume penduduknya tidak meledak seperti di jakarta, mungkin polusi udara disana tidak akan seburuk dijakarta
Ya polusi udara pengaruhnya sih ada, cuma rasanya sih ngga signifikan, lebih banyak pengaruhnya dari iklim&cuaca.
Tp yg paling berpengaruh ya kualitas material itu sendiri
Saya heran dengan pemilihan material “art for public” ini.. kelihatan sekali memang tidak untuk jangka panjang, dan zero maintanance (tanpa maintanance tapi ada batas umur instalasinya)..
Kenapa ga pilih material yg lifetime tapi tetap ada sequence maintanance ya? biar pemakaiannya bisa untuk jangka panjang gitu..
Ya polusi udara pengaruhnya sih ada, cuma rasanya sih ngga signifikan, lebih banyak pengaruhnya dari iklim&cuaca.
Tp yg paling berpengaruh ya kualitas material itu sendiri
Saya heran dengan pemilihan material “art for public” ini.. kelihatan sekali memang tidak untuk jangka panjang, dan zero maintanance (tanpa maintanance tapi ada batas umur instalasinya)..
Kenapa ga pilih material yg lifetime tapi tetap ada sequence maintanance ya? biar pemakaiannya bisa untuk jangka panjang gitu..
mboh lah aneh emang..
Pasti ada pertimbangan tertentu, bisa jadi karena material tersebut punya unsur seni yang lebih tinggi.
Kalo ngeliat temen yg emang seniman emang pemilihan material untuk sebuah karya khususnya kerajinan tangan itu faktor penting dalam keindahan.
Ada kalanya seni itu di luar nalar orang awam pada umumnya sih
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
Ya polusi udara pengaruhnya sih ada, cuma rasanya sih ngga signifikan, lebih banyak pengaruhnya dari iklim&cuaca.
Tp yg paling berpengaruh ya kualitas material itu sendiri
Saya heran dengan pemilihan material “art for public” ini.. kelihatan sekali memang tidak untuk jangka panjang, dan zero maintanance (tanpa maintanance tapi ada batas umur instalasinya)..
Kenapa ga pilih material yg lifetime tapi tetap ada sequence maintanance ya? biar pemakaiannya bisa untuk jangka panjang gitu..
mboh lah aneh emang..
Pasti ada pertimbangan tertentu, bisa jadi karena material tersebut punya unsur seni yang lebih tinggi.
Kalo ngeliat temen yg emang seniman emang pemilihan material untuk sebuah karya khususnya kerajinan tangan itu faktor penting dalam keindahan.
Ada kalanya seni itu di luar nalar orang awam pada umumnya sih
Masuk akal.. kadang seni instalasi juga bisa didapat dari material disposal (sampah) dan tetap mahal karena idenya sih..
Berarti spot yg dibongkar itu, ga menutup kemungkinan ada instalasi seni lainnya mungkin ya? Kalau begitu adanya ya lumayan fresh idenya. (Walaupun mungkin akan ada yg kontra atas anggaran biaya)
evanbngdor wrote: Fri Jul 19, 2019 7:20
Pasti ada pertimbangan tertentu, bisa jadi karena material tersebut punya unsur seni yang lebih tinggi.
Kalo ngeliat temen yg emang seniman emang pemilihan material untuk sebuah karya khususnya kerajinan tangan itu faktor penting dalam keindahan.
Ada kalanya seni itu di luar nalar orang awam pada umumnya sih
Masuk akal.. kadang seni instalasi juga bisa didapat dari material disposal (sampah) dan tetap mahal karena idenya sih..
Berarti spot yg dibongkar itu, ga menutup kemungkinan ada instalasi seni lainnya mungkin ya? Kalau begitu adanya ya lumayan fresh idenya. (Walaupun mungkin akan ada yg kontra atas anggaran biaya)
Bisa jadi sih Om. Saya sendiri termasuk orang yang ngga terlalu paham dengan seni, bahkan masuk ke museum seni aja masih suka ngga ngerti apa esensinya dr sebuah hasil karya itu.
Kalau udah bicara budget soal seni susah deh, karena biasanya seniman/penikmat seni itu mengesampingkan unsur biaya, bahkan ada seniman yang secara uang itu rugi besar dalam sebuah proyek, tp kepuasan atas hasil karya nya itu yg ngga bisa dibeli.
Di Indonesia memang dunia seni belum terlalu dihargai dibanding luar negeri, khususnya Amerika&Eropa. Contoh sederhananya aja di Indonesia seniman yg buat karikatur/sketsa wajah agak 'diremehkan', padahal di luar sana sketsa wajah sederhana aja bisa dijual seharga 30-50 USD. Di sini 100rb aja masih ditawar
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
Mungkin benar adanya karena populasi motor yang saya lihat memang semakin menggila pasca krisis moneter 1998.
Konon tingkat polusi yang dihasilkan motor itu 20 kali lipat dari mesin mobil Apalagi motor 2 stroke bisa 50 kali lipat. Padahal era 1990 an saya penggemar motor 2 stroke Yamaha dan Suzuki apalagi Moto GP masa itu all 2 stroke hahaha. Secara Honda 2W Indo DM hanya memproduksi motor 4 stroke kecuali trim NSR yang juga sangat terbatas dan mahal.
Masalahnya Jakarta dan kota penopang di sekitarnya adalah sentra segala-galanya di Indonesia. Sehingga rencana pemindahan ibu kota ke Kalimantan dinilai sebagai melarikan diri dari masalah bukan memecahkan solusi sama sekali.
Yang penting BBM purba harus diremove dulu dari bumi Indo baru bisa bicara solusina wkwkwkwk
Ga usah jauh2 sampe ke eropa dan amerika, kunjungi dan rasakan aza tu KL dan Penang. walo panas sama seperti Jkt tapi ga berpolusi parah yg bikin lepek baju dan rambut. Nafas hidung jg tetap terasa lega
Semua mobil yg dirakit utk.pasar indo harus dipasang catalytic converter jg
lha wong dulu awal 2000 an mobil2 H tegak CBU Thailand yg diimpor HPM semua terpasang CC.
begitu dirakit di Karawang langsung dicopot semua tu CC seperti di Jazz dan City taon 2003-2004
Alasanna karena CC ga perlu dan untuk menekan harga jual jg
Hmmm brand tu sih tidak heran secara kampak spec downnya memang sangat tajam ckckck.
KL dan Penang tidak cocok dibandingkan dengan Jakarta secara beda kepadatan dan juga motor 2W tidak terlalu banyak di 2 kota itu. Juga dengan kualitas BBM yang jauh lebih baik karena di sana minimal RON 95 yang setara Pertamax Turbo. Walaupun memang ada persamaan dimana pemakaian kendaraan pribadi lebih mendominasi karena transportasi massal belum terintegrasi dengan baik juga.
Lebih cocok Bangkok dan Hanoi secara karakteristik dan kepadatan juga sama seperti Jakartq dengan motor 2W yang juga merajalela di jalanan hahaha