Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
devin96 wrote: Wed Jun 26, 2019 22:57
Saya pake fortuner bensin 2007, dari baru sampe skrg belum pernah service ac , ganti oli kompresor, cuci evap, gnti drier dan ekspansi. Paling cuma bersihkan filter ac aja, kalo udh parah baru di ganti filter. Sama kalo tiap nyuci mobil saya semprot kondensor nya.
Sampai saat ini sih ac mobil dingin2 aja dan ga ada keluhan apapun, cuma klo dibandingin sama mobil yg masih baru2 pasti beda dinginnya. Saya sih berencana untuk service ac yg meliputi cuci evap (endoscope) biar ga bongkar2, flushing oli dan freon, dan ganti drier untuk sekedar perawatan saja. Kira2 gmn menurut om2? perlukah saya flushing oli nya atau cukup bersihkan evaporatornya?thx
Same case dengan Freed saya. Perawatan yang saya lakukan juga plek sama kaya om juga cuma ganti filter ac aja dan memang harus saya akui AC ga sedingin mobil2 baru. Iseng saya bawa ke bengkel Denso Authorized mereka mengakui ga ada yang bermasalah tapi saya insist untuk cek. Akhirnya dilakukan ini:
imansyx wrote: Thu Jan 17, 2019 9:58
Saya pernah sekali tahun kemarin.
AC dingin / no problem, lebih ke arah perawatan aja. Yang kotor dryer nya malah....selama ini perawatan cuma tiap tahun ganti filter ac
Saya jujur ga ngerti but setelah perawatan itu yang langsung saya rasakan: Ac lebih dingin, pada saat kompressor engage terasa lebih ringan. Udah itu pengalaman saya, sampai sekarang sih fine-fine aja
P47hos wrote:Saya sekali ganti oli kompresor soalnya selang bocor jd diganti selang 1 set. Gantinya pake alat, jd freon lama ditampung di alat tsb, sehingga biaya bisa ditekan. Evaporator ada bocor sedikit tp kata bengkel AC nanti aja diganti klo sudah parah. Kira2 aman aja ga ya?
Menurut saya, problem utamanya di Evaporator sebenernya. Kebocoran di Evaporator, oli Compressor keluar di spot kebocorannya. Jadinya Compressor kekurangan pelumas. Karena kurang pelumas, Compressor terlalu panas, tekanan terlalu tinggi. Jadinya yg kena selangnya karena paling mudah jebol karena tekanan yang over pasti seal, selang karet. Harusnya diganti Evap, sama aja kalo masih bocor.
Same case dengan Freed saya. Perawatan yang saya lakukan juga plek sama kaya om juga cuma ganti filter ac aja dan memang harus saya akui AC ga sedingin mobil2 baru. Iseng saya bawa ke bengkel Denso Authorized mereka mengakui ga ada yang bermasalah tapi saya insist untuk cek. Akhirnya dilakukan ini:
Saya pernah sekali tahun kemarin.
AC dingin / no problem, lebih ke arah perawatan aja. Yang kotor dryer nya malah....selama ini perawatan cuma tiap tahun ganti filter ac
Saya jujur ga ngerti but setelah perawatan itu yang langsung saya rasakan: Ac lebih dingin, pada saat kompressor engage terasa lebih ringan. Udah itu pengalaman saya, sampai sekarang sih fine-fine aja
om di nota ada bongkar pasang. itu bongkar pasang dashboard atau kompresor atau gimana ya..?? barangkali om lihat waktu pengerjaan nya
iwing wrote: Thu Jun 27, 2019 23:56
om di nota ada bongkar pasang. itu bongkar pasang dashboard atau kompresor atau gimana ya..?? barangkali om lihat waktu pengerjaan nya
Bongkar pasang bumper dan kompressor, kalau gak salah kompressor diturunin dicek dan ganti filter dryernya yang kaya choki choki besar warna putih setelah kompressor diturunin cmiiw. Seinget saya ga ada menyentuh area dashboard sama sekali karena saya bilang waktu itu kalau Filter ac nya baru ganti yang bioguard sakura punya.
Izin ikut nanggepin, kl debris itu semacam gram besi yg biasa bercampur dgn oli kompresor?
Kl bener itu yg dimaksud, sy pernah ngalamin muncul debris di mobil sy yg dulu (d. sirloin), munculnya gara2 waktu service ac, olinya diganti pakai oli kompresor universal (keluaran amoil) tp oli bawaan kompresor ngga di flush secara maksimal.
Terus pernah juga muncul debris gara2 sering pakai AC saat RPM tinggi (>3000).
Kl sy sih lebih baik balik lg ke bengkel tsb, biasanya masih ada garansi pengerjaan, walaupun udah lewat masa garansi pinter2 ngomong aja biar mereka mau terima.
Tapi lebih baik disertain bukti yg kuat spt foto suhu termometer saat keadaan menggigil & suhu saat keadaan biasa.
Kl sy selalu nempelin termometer model tancap di blower AC, jadi bisa memantau suhu AC yg keluar dari blower.
Kalo boleh tau, dulu di flush pakai mesin atau dgn metode apa om? Kebetulan kemarin dikerjakan taun lalu entah masih bisa garansi apa enggak. Yang saya lihat sih kemarin oli yg dipakai nd8
Dulu sih flush nya manual, ngga pake mesin khusus flushing.
Mungkin salahnya tiap komponen spt evap, kondensor, & kompresor dibersihkan sisa2 olinya pake kompresor udara biasa (harusnya pakai gas nitrogen).
Ada kemungkinan juga oli yg dipake wkt itu ngga cocok dgn sistem ac nya (oli universal botol hitam kemasan 500 ml ada tulisan "SP")
Padahal olinya udah pake ND8 ya oom, mungkin masalah utama di kompresornya yg nyebarin debris ke seluruh sistem ac.
devin96 wrote: Wed Jun 26, 2019 22:57
Saya pake fortuner bensin 2007, dari baru sampe skrg belum pernah service ac , ganti oli kompresor, cuci evap, gnti drier dan ekspansi. Paling cuma bersihkan filter ac aja, kalo udh parah baru di ganti filter. Sama kalo tiap nyuci mobil saya semprot kondensor nya.
Sampai saat ini sih ac mobil dingin2 aja dan ga ada keluhan apapun, cuma klo dibandingin sama mobil yg masih baru2 pasti beda dinginnya. Saya sih berencana untuk service ac yg meliputi cuci evap (endoscope) biar ga bongkar2, flushing oli dan freon, dan ganti drier untuk sekedar perawatan saja. Kira2 gmn menurut om2? perlukah saya flushing oli nya atau cukup bersihkan evaporatornya?thx
Same case dengan Freed saya. Perawatan yang saya lakukan juga plek sama kaya om juga cuma ganti filter ac aja dan memang harus saya akui AC ga sedingin mobil2 baru. Iseng saya bawa ke bengkel Denso Authorized mereka mengakui ga ada yang bermasalah tapi saya insist untuk cek. Akhirnya dilakukan ini:
imansyx wrote: Thu Jan 17, 2019 9:58
Saya pernah sekali tahun kemarin.
AC dingin / no problem, lebih ke arah perawatan aja. Yang kotor dryer nya malah....selama ini perawatan cuma tiap tahun ganti filter ac
Saya jujur ga ngerti but setelah perawatan itu yang langsung saya rasakan: Ac lebih dingin, pada saat kompressor engage terasa lebih ringan. Udah itu pengalaman saya, sampai sekarang sih fine-fine aja
Thx om sharenya, itu evaporator nya juga dibersihkan om? oh iya setau saya freed kompresornya pake sanden, service di denso diterima om?
racho wrote: Thu Jun 27, 2019 0:45
idem. Grandis ane dari 2009 blom pernah servis AC, ganti oli, drier, n valve. yang sempet kena cuma transistor blower belakang... disolder dikit dah sembuh.
ane cuma penasaran cuci evap.. seberapa kotor ya kalo udah 10 taun ga dicuci
might be worth to do. makin bersih makin dingin harusnya.
iyaa bener om saya juga penasaran, apalagi punya saya udh 12 tahun ga dibongkar
racho wrote: Thu Jun 27, 2019 0:45
idem. Grandis ane dari 2009 blom pernah servis AC, ganti oli, drier, n valve. yang sempet kena cuma transistor blower belakang... disolder dikit dah sembuh.
ane cuma penasaran cuci evap.. seberapa kotor ya kalo udah 10 taun ga dicuci
might be worth to do. makin bersih makin dingin harusnya.
iyaa bener om saya juga penasaran, apalagi punya saya udh 12 tahun ga dibongkar
Kalo AC gak masalah gak perlu di utak atik
Kalo Evap yg gak ada filter kabin ya bbrp tahun sekali mmg perlu dicuci
kalo bisa dicuci tanpa bongkar sih bagus, kalo mesti bongkar sekalian cek oli Komp AC, kalo kurang ya tambah
ini hasil pengalaman saya piara mobil produksi 2001 yg masih dipake ampe skg
racho wrote: Thu Jun 27, 2019 0:45
idem. Grandis ane dari 2009 blom pernah servis AC, ganti oli, drier, n valve. yang sempet kena cuma transistor blower belakang... disolder dikit dah sembuh.
ane cuma penasaran cuci evap.. seberapa kotor ya kalo udah 10 taun ga dicuci
might be worth to do. makin bersih makin dingin harusnya.
iyaa bener om saya juga penasaran, apalagi punya saya udh 12 tahun ga dibongkar
Kalo AC gak masalah gak perlu di utak atik
Kalo Evap yg gak ada filter kabin ya bbrp tahun sekali mmg perlu dicuci
kalo bisa dicuci tanpa bongkar sih bagus, kalo mesti bongkar sekalian cek oli Komp AC, kalo kurang ya tambah
ini hasil pengalaman saya piara mobil produksi 2001 yg masih dipake ampe skg
Menurut om untuk oli kompresor meskipun udh 12 tahun tdk perlu diganti kah? memang sih skrg tidak ada kendala di AC, cuma menurut pemikiran saya kalo evap nya dicuci pasti bsa lebih dingin. Entah kalo oli kompresor-nya baru apakah tidak terlalu berkontribusi terhadap suhu AC-nya om?
devin96 wrote: Sat Jul 27, 2019 15:03
Menurut om untuk oli kompresor meskipun udh 12 tahun tdk perlu diganti kah? memang sih skrg tidak ada kendala di AC, cuma menurut pemikiran saya kalo evap nya dicuci pasti bsa lebih dingin. Entah kalo oli kompresor-nya baru apakah tidak terlalu berkontribusi terhadap suhu AC-nya om?
devin96 wrote: Sat Jul 27, 2019 15:03
Menurut om untuk oli kompresor meskipun udh 12 tahun tdk perlu diganti kah? memang sih skrg tidak ada kendala di AC, cuma menurut pemikiran saya kalo evap nya dicuci pasti bsa lebih dingin. Entah kalo oli kompresor-nya baru apakah tidak terlalu berkontribusi terhadap suhu AC-nya om?
kalau dicuci biasa si jadi bocor, karena bocor yang super halus ketutup kotoran + oli + freon, itu kata bengkel langganan dulu. makanya kalau selama ini baik2 saja, ya uda diemin aja jgn diapa2in, kalau cuma iseng cek tekanan atau iseng ganti drier kalau model ganti isi doang masih bolehlah.
devin96 wrote: Sat Jul 27, 2019 15:03
Menurut om untuk oli kompresor meskipun udh 12 tahun tdk perlu diganti kah? memang sih skrg tidak ada kendala di AC, cuma menurut pemikiran saya kalo evap nya dicuci pasti bsa lebih dingin. Entah kalo oli kompresor-nya baru apakah tidak terlalu berkontribusi terhadap suhu AC-nya om?
devin96 wrote: Sat Jul 27, 2019 15:03
Menurut om untuk oli kompresor meskipun udh 12 tahun tdk perlu diganti kah? memang sih skrg tidak ada kendala di AC, cuma menurut pemikiran saya kalo evap nya dicuci pasti bsa lebih dingin. Entah kalo oli kompresor-nya baru apakah tidak terlalu berkontribusi terhadap suhu AC-nya om?
kalau dicuci biasa si jadi bocor, karena bocor yang super halus ketutup kotoran + oli + freon, itu kata bengkel langganan dulu. makanya kalau selama ini baik2 saja, ya uda diemin aja jgn diapa2in, kalau cuma iseng cek tekanan atau iseng ganti drier kalau model ganti isi doang masih bolehlah.
oo gitu om, baru tau saya kalo dicuci ternyata malah bisa jadi bocor halus ya karena kotoran yang nutup bocor jadi hilang. Jadi makin bingung nih, tp disisi lain penasaran juga pengen cuci evap. Thx om infonya