Center itu jarang bisa diutak atik.. Rata2 udh computer controlled untuk pembagian torsinya.. Dan itu nenyatu di dalem gearbox, jadi ga bisa segamoang pasang lsd di gardan.. Kalo masalah karakter sih paling jelas ketara kalo di poros depan.. Dikasi lsd kalo belok digas makin kerasa understeer.. Kalo 1,5 way didepan belok pas enginevrake juga understeer, tp bs dinetral dengan torque matching..964 wrote:Saya masih bingung, gimana karakter mobil yg dari AWD open diff (rear, center, front) trus kita mau upgrade, misal, pasang:sukerdan02 wrote:brake controlled lsd, hasil dari traction control,kualitasnya ya tergantunh dari software dan sensor2nya.. Ada plusndan minusnya masing2 tentu.. Semakin canggih softwarenya, semakin cepet juga rekasi dari brake lsd.. FT86 dan miata setau sy dari pabrik g ada LSD, tapi afermarket banyak.. Salah satu yg ada LSD pabrikan contoh AE86 (mobil tahu)..sukerdan02 wrote: Sat May 18, 2019 6:10 pertanyaan sama ni.....
penggantian system lsd k TC, kita meliatnya bagaimana um? fungsi bkerja sm baik kah ato lbh lbh efisien sys kerjanya ?
system tc ini reactive klo ngg salah y ? system/sensor hrs nangkep n send data dulu baca wheel yg ada slip..lalu perintahkan brake utk b kerja.
LSD sendiri banyak jenisnya.. Ada 1 way, 1,5 way, 2way.. Ini merujuk ke kapan dia ngunci..
1 way hanya mengunci kalo ada tenaga diaplly ke gardan.. Jadi kalo posisi dikopling dia release
1,5 way, baik waktu digas maupun waktu engine brake dia mengunci, tapi beda rasio kunciannya..
2 way baik waktu digas maupun waktu engine brake dia mengunci, tapi kalo terque match atau gliding dia bisa release
Masih ada lagi beda2 tipe.. tipe kopling, tipe gear, tipe viscous..
Kalau center diff seperti di mobil AWD, rata2 itu tipe viscous, prinsipnya mirip torque converter di transmisi matic.. Sedangkan kalo di gardan, paling umum tipe kopling..
-1,5 rear LSD, center open, front open
-1,5 rear LSD, center open, 1.0 front LSD
-1,5 rear LSD, center diff lock/split/lsd (pokoknya itulah), front open
-1,5 rear LSD, center diff split, 1.0 front LSD
-dst
Kira2 gimana karakter mobilnya? Blom lg persentase center diff yg bisa di bagi2. Dari dulu bener2 bingung dgn sistem AWD semisal mau upgrade diff.
mobil" yg pk locking differential atopun Lsd apa sj?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 210
- Joined: Thu Jul 20, 2017 4:19
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Trooper
Re: mobil
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 150
- Joined: Sat Feb 24, 2018 9:31
Re: mobil
Banyak banget kombinasi AWD, jd macem2 karakter mobilnya. Ga kebayang sih yg beli Evo convert tp ga mau tau AWD nya.sukerdan02 wrote:Center itu jarang bisa diutak atik.. Rata2 udh computer controlled untuk pembagian torsinya.. Dan itu nenyatu di dalem gearbox, jadi ga bisa segamoang pasang lsd di gardan.. Kalo masalah karakter sih paling jelas ketara kalo di poros depan.. Dikasi lsd kalo belok digas makin kerasa understeer.. Kalo 1,5 way didepan belok pas enginevrake juga understeer, tp bs dinetral dengan torque matching..964 wrote:Saya masih bingung, gimana karakter mobil yg dari AWD open diff (rear, center, front) trus kita mau upgrade, misal, pasang:sukerdan02 wrote: brake controlled lsd, hasil dari traction control,kualitasnya ya tergantunh dari software dan sensor2nya.. Ada plusndan minusnya masing2 tentu.. Semakin canggih softwarenya, semakin cepet juga rekasi dari brake lsd.. FT86 dan miata setau sy dari pabrik g ada LSD, tapi afermarket banyak.. Salah satu yg ada LSD pabrikan contoh AE86 (mobil tahu)..
LSD sendiri banyak jenisnya.. Ada 1 way, 1,5 way, 2way.. Ini merujuk ke kapan dia ngunci..
1 way hanya mengunci kalo ada tenaga diaplly ke gardan.. Jadi kalo posisi dikopling dia release
1,5 way, baik waktu digas maupun waktu engine brake dia mengunci, tapi beda rasio kunciannya..
2 way baik waktu digas maupun waktu engine brake dia mengunci, tapi kalo terque match atau gliding dia bisa release
Masih ada lagi beda2 tipe.. tipe kopling, tipe gear, tipe viscous..
Kalau center diff seperti di mobil AWD, rata2 itu tipe viscous, prinsipnya mirip torque converter di transmisi matic.. Sedangkan kalo di gardan, paling umum tipe kopling..
-1,5 rear LSD, center open, front open
-1,5 rear LSD, center open, 1.0 front LSD
-1,5 rear LSD, center diff lock/split/lsd (pokoknya itulah), front open
-1,5 rear LSD, center diff split, 1.0 front LSD
-dst
Kira2 gimana karakter mobilnya? Blom lg persentase center diff yg bisa di bagi2. Dari dulu bener2 bingung dgn sistem AWD semisal mau upgrade diff.
1,5 di depan apa ga susah nge remnya.
Subaru bukannya centernya bisa dibagi2? Tp mmg dibantu komputer.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 385
- Joined: Thu Nov 10, 2016 8:24
- Location: lippo cikarang
- Daily Vehicle: Tetradrive
Re: mobil" yg pk locking differential atopun Lsd apa sj?
Lumayan udah dapet Rear Difflock......#bironxJr
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 210
- Joined: Thu Jul 20, 2017 4:19
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Trooper
Re: mobil
ada beberapa mobil yang bisa disetting prosentasenya, tapi itu udah preselect pake komputer, jadi cuma beda driving mode buat pilih bias pembagian AWDnya.. Merc yang baru AWD tapi bisa pilih 100% RWD..964 wrote: Tue May 21, 2019 11:50Banyak banget kombinasi AWD, jd macem2 karakter mobilnya. Ga kebayang sih yg beli Evo convert tp ga mau tau AWD nya.sukerdan02 wrote:Center itu jarang bisa diutak atik.. Rata2 udh computer controlled untuk pembagian torsinya.. Dan itu nenyatu di dalem gearbox, jadi ga bisa segamoang pasang lsd di gardan.. Kalo masalah karakter sih paling jelas ketara kalo di poros depan.. Dikasi lsd kalo belok digas makin kerasa understeer.. Kalo 1,5 way didepan belok pas enginevrake juga understeer, tp bs dinetral dengan torque matching..964 wrote:Saya masih bingung, gimana karakter mobil yg dari AWD open diff (rear, center, front) trus kita mau upgrade, misal, pasang:
-1,5 rear LSD, center open, front open
-1,5 rear LSD, center open, 1.0 front LSD
-1,5 rear LSD, center diff lock/split/lsd (pokoknya itulah), front open
-1,5 rear LSD, center diff split, 1.0 front LSD
-dst
Kira2 gimana karakter mobilnya? Blom lg persentase center diff yg bisa di bagi2. Dari dulu bener2 bingung dgn sistem AWD semisal mau upgrade diff.
1,5 di depan apa ga susah nge remnya.
Subaru bukannya centernya bisa dibagi2? Tp mmg dibantu komputer.
Sepengetahuan sy, kalo semacam EVO, Subaru, atau Audi Quatro, pembagian torsi depan belakang udah disetting fix sama komputer.. Ada yang 40:60, ada yang 30:70, dll
Kalo yang fleksible itu contohnya torque on demand di Isuzu trooper versi akhir.. Kalau pilih 4wd high, center diff nya otomatis bagi tenaga.. Kalo ga terdeteksi selip, full tenaga tetep ke RWD, kalau ada selip dia otomatis bagi tenaga ke depan, bisa 15:85, 30:70, atau 50:50 tergantung kebutuhan.. Tapi dii 4Low, center diff dikunci di 50:50.. Sepertinya prinsip yang sama juga dipake sama superselect4wd nya mitsu, QuadraTrac punya jeep, dll
Untuk yang lebih advance, sudah gabungan antara kontrol traksi, center diff, brake-lsd, suspesion setting dll kaya di crawl modenya LC200 atau terrainresponse nya Range Rover
1,5 way atau 2 way didepan ngerem sih ga masalah asal posisi ga waktu belok.. Kalau posisi belok jadinya understeer karena lsd ngunci, paling triknya di torque match, jadi pas belok ga boleh bener2 engine brake, tapi sambil digas dikit disesuaikan dengan kecepatan supaya ga ngelock
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2275
- Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
- Location: Columbus, OH, USA
- Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero
Re: mobil" yg pk locking differential atopun Lsd apa sj?
Ada. Biasanya merk2 Amrik seperti full-size GM SUV-pickup dengan kode RPO G80 (Silverado-Tahoe-Suburban-Sierra-Yukon) dan mobil sport (Camaro, Corvette, Mustang, Charger-Challenger, Cadillac V, BMW M, MB AMG, Fairlady Z, GTR, Miata, RX7-8, Supra, dll), bahkan KIA Stinger ada opsi untuk LSD hanya untuk yang RWD.
Jaman sekarang, LSD atau locking differential itu mutlak buat gw. Tanpa LSD, RWD jadi sama bengeknya seperti FWD (Failed Wheel Drive).
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 150
- Joined: Sat Feb 24, 2018 9:31
Re: mobil
Makasih sharingnya.sukerdan02 wrote:ada beberapa mobil yang bisa disetting prosentasenya, tapi itu udah preselect pake komputer, jadi cuma beda driving mode buat pilih bias pembagian AWDnya.. Merc yang baru AWD tapi bisa pilih 100% RWD..964 wrote: Tue May 21, 2019 11:50Banyak banget kombinasi AWD, jd macem2 karakter mobilnya. Ga kebayang sih yg beli Evo convert tp ga mau tau AWD nya.sukerdan02 wrote:Center itu jarang bisa diutak atik.. Rata2 udh computer controlled untuk pembagian torsinya.. Dan itu nenyatu di dalem gearbox, jadi ga bisa segamoang pasang lsd di gardan.. Kalo masalah karakter sih paling jelas ketara kalo di poros depan.. Dikasi lsd kalo belok digas makin kerasa understeer.. Kalo 1,5 way didepan belok pas enginevrake juga understeer, tp bs dinetral dengan torque matching..
1,5 di depan apa ga susah nge remnya.
Subaru bukannya centernya bisa dibagi2? Tp mmg dibantu komputer.
Sepengetahuan sy, kalo semacam EVO, Subaru, atau Audi Quatro, pembagian torsi depan belakang udah disetting fix sama komputer.. Ada yang 40:60, ada yang 30:70, dll
Kalo yang fleksible itu contohnya torque on demand di Isuzu trooper versi akhir.. Kalau pilih 4wd high, center diff nya otomatis bagi tenaga.. Kalo ga terdeteksi selip, full tenaga tetep ke RWD, kalau ada selip dia otomatis bagi tenaga ke depan, bisa 15:85, 30:70, atau 50:50 tergantung kebutuhan.. Tapi dii 4Low, center diff dikunci di 50:50.. Sepertinya prinsip yang sama juga dipake sama superselect4wd nya mitsu, QuadraTrac punya jeep, dll
Untuk yang lebih advance, sudah gabungan antara kontrol traksi, center diff, brake-lsd, suspesion setting dll kaya di crawl modenya LC200 atau terrainresponse nya Range Rover
1,5 way atau 2 way didepan ngerem sih ga masalah asal posisi ga waktu belok.. Kalau posisi belok jadinya understeer karena lsd ngunci, paling triknya di torque match, jadi pas belok ga boleh bener2 engine brake, tapi sambil digas dikit disesuaikan dengan kecepatan supaya ga ngelock
Kalo bisa saya simpulkan, yg mekanikal cenderung gitu2 aja settingannya, yg komputer bisa dpt banyak driving mode.
Jd 1,5 dan 2.0 ga cocok buat aspal ya?
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 150
- Joined: Sat Feb 24, 2018 9:31
Re: mobil" yg pk locking differential atopun Lsd apa sj?
Esensi banget sih LSD, sportcar ke atas udah pasti pake.POS VETT wrote:Ada. Biasanya merk2 Amrik seperti full-size GM SUV-pickup dengan kode RPO G80 (Silverado-Tahoe-Suburban-Sierra-Yukon) dan mobil sport (Camaro, Corvette, Mustang, Charger-Challenger, Cadillac V, BMW M, MB AMG, Fairlady Z, GTR, Miata, RX7-8, Supra, dll), bahkan KIA Stinger ada opsi untuk LSD hanya untuk yang RWD.
Jaman sekarang, LSD atau locking differential itu mutlak buat gw. Tanpa LSD, RWD jadi sama bengeknya seperti FWD (Failed Wheel Drive).
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 210
- Joined: Thu Jul 20, 2017 4:19
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Trooper
Re: mobil
Yang komputer pun tergantung ke softwarenya.. Kalo yg jamna dulu2 kayanya juga ga ada driving mode..964 wrote:Makasih sharingnya.sukerdan02 wrote:ada beberapa mobil yang bisa disetting prosentasenya, tapi itu udah preselect pake komputer, jadi cuma beda driving mode buat pilih bias pembagian AWDnya.. Merc yang baru AWD tapi bisa pilih 100% RWD..964 wrote: Tue May 21, 2019 11:50 Banyak banget kombinasi AWD, jd macem2 karakter mobilnya. Ga kebayang sih yg beli Evo convert tp ga mau tau AWD nya.
1,5 di depan apa ga susah nge remnya.
Subaru bukannya centernya bisa dibagi2? Tp mmg dibantu komputer.
Sepengetahuan sy, kalo semacam EVO, Subaru, atau Audi Quatro, pembagian torsi depan belakang udah disetting fix sama komputer.. Ada yang 40:60, ada yang 30:70, dll
Kalo yang fleksible itu contohnya torque on demand di Isuzu trooper versi akhir.. Kalau pilih 4wd high, center diff nya otomatis bagi tenaga.. Kalo ga terdeteksi selip, full tenaga tetep ke RWD, kalau ada selip dia otomatis bagi tenaga ke depan, bisa 15:85, 30:70, atau 50:50 tergantung kebutuhan.. Tapi dii 4Low, center diff dikunci di 50:50.. Sepertinya prinsip yang sama juga dipake sama superselect4wd nya mitsu, QuadraTrac punya jeep, dll
Untuk yang lebih advance, sudah gabungan antara kontrol traksi, center diff, brake-lsd, suspesion setting dll kaya di crawl modenya LC200 atau terrainresponse nya Range Rover
1,5 way atau 2 way didepan ngerem sih ga masalah asal posisi ga waktu belok.. Kalau posisi belok jadinya understeer karena lsd ngunci, paling triknya di torque match, jadi pas belok ga boleh bener2 engine brake, tapi sambil digas dikit disesuaikan dengan kecepatan supaya ga ngelock
Kalo bisa saya simpulkan, yg mekanikal cenderung gitu2 aja settingannya, yg komputer bisa dpt banyak driving mode.
Jd 1,5 dan 2.0 ga cocok buat aspal ya?
1,5 & 2 way sih jarang ada aplikasinya buat nobil harian.. Biasanya buat motorsport
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1960
- Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
- Location: jkt
Re: mobil" yg pk locking differential atopun Lsd apa sj?
konon katanya...mbl jadul d rmh ane dr pabrikan dah pk difflock sekaligus lsd um yg basisnya sm persis dg yg d oake celica gt4, system awd diff n dll...jd barang inceran buat d copotin n pasang d celica 1.8 mesin az penggerak FWd.
ngga ada mode" an sih d tombol cockpit, ssmpe skrg blm ngerti jg perbedaan rasanya
*miata, ft86, gti perfomance packed, peugot 3008 dah pk lsd ternyata dr penelusuran ane sementara
ngga ada mode" an sih d tombol cockpit, ssmpe skrg blm ngerti jg perbedaan rasanya

*miata, ft86, gti perfomance packed, peugot 3008 dah pk lsd ternyata dr penelusuran ane sementara
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 150
- Joined: Sat Feb 24, 2018 9:31
Re: mobil" yg pk locking differential atopun Lsd apa sj?
Mobilnya apa om?jivos wrote:konon katanya...mbl jadul d rmh ane dr pabrikan dah pk difflock sekaligus lsd um yg basisnya sm persis dg yg d oake celica gt4, system awd diff n dll...jd barang inceran buat d copotin n pasang d celica 1.8 mesin az penggerak FWd.
ngga ada mode" an sih d tombol cockpit, ssmpe skrg blm ngerti jg perbedaan rasanya
*miata, ft86, gti perfomance packed, peugot 3008 dah pk lsd ternyata dr penelusuran ane sementara
Beda sportcar dgn mobil dibawahnya yg paling menonjol ya lsd nya. Mau mobilnya rasa sportcar wajib la pasang lsd. Driver jd lebih bisa ngelawan mobilnya ketika over power.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1960
- Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
- Location: jkt
Re: mobil
rav4 gen1964 wrote: Wed May 22, 2019 17:29 Mobilnya apa om?
Beda sportcar dgn mobil dibawahnya yg paling menonjol ya lsd nya. Mau mobilnya rasa sportcar wajib la pasang lsd. Driver jd lebih bisa ngelawan mobilnya ketika over power.
permanen awd, central difflock, torsen rear lsd
yg ane AT, jd kpn start active/tdknya difflock diatur system. klo yg MT ada tombol active on/off difflocknya.
klo rav4 gen2...lsd ganti model viscou, katanya.
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 325
- Joined: Sun Jun 06, 2010 6:49
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 150
- Joined: Sat Feb 24, 2018 9:31
Re: mobil
Review dong, hahhaaajivos wrote:rav4 gen1964 wrote: Wed May 22, 2019 17:29 Mobilnya apa om?
Beda sportcar dgn mobil dibawahnya yg paling menonjol ya lsd nya. Mau mobilnya rasa sportcar wajib la pasang lsd. Driver jd lebih bisa ngelawan mobilnya ketika over power.
permanen awd, central difflock, torsen rear lsd
yg ane AT, jd kpn start active/tdknya difflock diatur system. klo yg MT ada tombol active on/off difflocknya.
klo rav4 gen2...lsd ganti model viscou, katanya.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 510
- Joined: Thu Jul 21, 2011 5:44
Re: mobil" yg pk locking differential atopun Lsd apa sj?
Lalu om apakah ada perbedaan rasa mengemudi (pemakaian aspal dalam kota) antara mobil ber LSD atau tidak? baik di mobil AWD ataupun RWD? Misal radius putar jd lebih besar dsb....
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 210
- Joined: Thu Jul 20, 2017 4:19
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Trooper
Re: mobil" yg pk locking differential atopun Lsd apa sj?
Kalo LSD di FWD baru ada kerasa di setir, umunya kalo di tikungan disentak gas nya setir akan ngelawan lebih kuat maksa lurus.. Tapi kalo LSD gardan depan tp 4x4 yang defaultnya 4x2 RWD ya ga ada efeknya..glendotan wrote: Thu May 23, 2019 9:04 Lalu om apakah ada perbedaan rasa mengemudi (pemakaian aspal dalam kota) antara mobil ber LSD atau tidak? baik di mobil AWD ataupun RWD? Misal radius putar jd lebih besar dsb....
Kalo LSD di gardan belakang, umumnya ga kerasa..
beda kalo locker, saat belok disentak gas nya bisa melintir kalo jalan licin.. juga lebih sering decit kalau waktu belok sambil digas, dan umumnya ban belakang habisnya lebih cepet dan ga rata, terutama tepi ban nya chipping..
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 150
- Joined: Sat Feb 24, 2018 9:31
Re: mobil" yg pk locking differential atopun Lsd apa sj?
Saya tambahin, LSD akan berasa kalo gaya nyetirnya sporty. Ketika ngerem, akselerasi, atau di tikungan. LSD 1.0 tidak berefek ketika ngerem, 1.0 hanya untuk berakselerasi, biasa dipake di mobil FWD. 1.5 atau 2.0 way bedanya pada braking, yg 2.0 lebih ngelock drpd yg 1.5. Ketika akselerasi baik 1.0, 1.5 atau 2.0 sama rasanya, akan memberikan tenaga ke roda kiri kanan secara imbang (persentase tertentu) . Jd perbedaan ketiganya pd braking.glendotan wrote:Lalu om apakah ada perbedaan rasa mengemudi (pemakaian aspal dalam kota) antara mobil ber LSD atau tidak? baik di mobil AWD ataupun RWD? Misal radius putar jd lebih besar dsb....
Gampangnya, LSD bikin mobil bisa ngepot, atau muter2 bikin donat, hahahaa.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10470
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: mobil" yg pk locking differential atopun Lsd apa sj?
Triton 2019 spek indonesia kecewa electric diff lock nya kena sunat zzzz, spertinya ttp hybrid LSD