Mohon saran : Second Innova G/V Diesel atau Second Innova V Bensin
Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 438
- Joined: Thu Dec 22, 2016 18:18
Re: Mohon saran : Second Innova G/V Diesel atau Second Innova V Bensin
Kayaknya 140 juta bisa dapet V 2009/2019 om..Soalnya kmrn lepas 2009 G di sekitaran 115.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12278
- Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
- Location: Indonesia
Re: Mohon saran : Second Innova G/V Diesel atau Second Innova V Bensin
Tergantung rute ama kondisi kemacetan om. kalo nubie pribadi sih sehari sekitar 30-50 km dalkot en pernah bandingin antara innova diesel nubie ama innova bensin punya temen (kedua mobil sama2 manual). Kedua mobil nubie isi solar en premium dan sama2 nubie bawa daily dgn rute nubie seperti yg udah ditulis diatas. hasilnya yg bensin cuma bertahan 3 hari, yg solar bisa seminggu....black2345 wrote: Thu Jun 20, 2019 5:30Nah dengan kondisi spt itu (biosolar + racun + ganti filter solar tiap 10-15rb km) apakah running costnya nggak mendekati ipah 2.0 a/t dengan asumsi pakai premium murni?ricz wrote: Thu Jun 20, 2019 4:22Seharusnya sih dikasih B30 masih aman ya menurut nubie. Pertamina buat bbm sih udah pasti diresearch buat mobil2 yg beredar di pasar indo...black2345 wrote:Pertanyaan yang sama nih, kebetulan rencana ambil innova dengan budget maks 200jt, pilihannya kalau nggak 2.0 V a/t 2011-2012 (no dono karena ga demen lubang grillnya) atau 2.5 G a/t th 2010-2011. Awalnya uda bulet ke diesel karena hampir tiap hari dipakai dengan jarak tempuh kurleb 15km dan tergoda keiritannya, tapi karena ada issue b30 yang bikin injektor rawan ambrol jadi mikir lagi ambil yang diesel, sedangkan yg bensin dikasi premium masih aman jaya.
Menurut suhu yg ada disini masih worth yang manakah?
Sbg referensi saya ada ipah 2.0 G a/t th 2011
terima kasih
Dan innova diesel juga mesinnya tergolong badak. Nubie pribadi juga masih punya innova diesel, dicekokin bbm biosolar b20 tanpa aditif sih so far so good. Cuma interval ganti filter solarnya yang jadi dipercepat dari semula 20 ribu km, jadi sekitar 10-15 ribu km...
Palingan kalo misalnya concern soal b30, pas ngisi bbm dioplos ama pertadex aja ato dipakein aditif (bisa tanya ke master Turboman soal aditif apa yg cocok)
Dan kalau ngga salah ipah diesel olie mesinnya lebih banyak 1lt dari ipah bensin bukan? (maaf kalau salah)
Kalo rute om jarang macet sih enakan bensin sih ya, lebih halus mesinnya en ga berisik...
Seingat nubie bedanya sekitar 1-2 liter ya olinya (diesel 7L sama oli, bensin skitar 4-5 liter cmiiw)
Cmiiw ya om, maafkan jika salah. Maklum nubie

Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 345
- Joined: Wed Sep 30, 2015 9:29
Re: Mohon saran : Second Innova G/V Diesel atau Second Innova V Bensin
Saya tinggal di sby yang semakin menjengkelkan macetnya.. hahaha..ricz wrote: Thu Jun 20, 2019 5:44Tergantung rute ama kondisi kemacetan om. kalo nubie pribadi sih sehari sekitar 30-50 km dalkot en pernah bandingin antara innova diesel nubie ama innova bensin punya temen (kedua mobil sama2 manual). Kedua mobil nubie isi solar en premium dan sama2 nubie bawa daily dgn rute nubie seperti yg udah ditulis diatas. hasilnya yg bensin cuma bertahan 3 hari, yg solar bisa seminggu....black2345 wrote: Thu Jun 20, 2019 5:30Nah dengan kondisi spt itu (biosolar + racun + ganti filter solar tiap 10-15rb km) apakah running costnya nggak mendekati ipah 2.0 a/t dengan asumsi pakai premium murni?ricz wrote: Thu Jun 20, 2019 4:22 Seharusnya sih dikasih B30 masih aman ya menurut nubie. Pertamina buat bbm sih udah pasti diresearch buat mobil2 yg beredar di pasar indo...
Dan innova diesel juga mesinnya tergolong badak. Nubie pribadi juga masih punya innova diesel, dicekokin bbm biosolar b20 tanpa aditif sih so far so good. Cuma interval ganti filter solarnya yang jadi dipercepat dari semula 20 ribu km, jadi sekitar 10-15 ribu km...
Palingan kalo misalnya concern soal b30, pas ngisi bbm dioplos ama pertadex aja ato dipakein aditif (bisa tanya ke master Turboman soal aditif apa yg cocok)
Dan kalau ngga salah ipah diesel olie mesinnya lebih banyak 1lt dari ipah bensin bukan? (maaf kalau salah)
Kalo rute om jarang macet sih enakan bensin sih ya, lebih halus mesinnya en ga berisik...
Seingat nubie bedanya sekitar 1-2 liter ya olinya (diesel 7L sama oli, bensin skitar 4-5 liter cmiiw)
Cmiiw ya om, maafkan jika salah. Maklum nubie![]()
Tapi akan sering dipakai ke luar kota entah ke kediri, solo atau pekalongan (maklum nguli sendiri)
Ok om thanks banget sharingnya, sementara prioritas ke diesel dulu, kalau ngga dapet unit yang sehat & bagus ya terpaksa ke bensin (jadi inget curhat montir langganan ane, dia mau beli ipah diesel matic, percaya atau ngga mobil yg didapet adalah unit ke 121 selama dia cari.. hehehe..
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1649
- Joined: Sun May 22, 2016 4:20
Re: Mohon saran : Second Innova G/V Diesel atau Second Innova V Bensin
Asumsi kondisi mobil sama2 ok, tutup mata ambil yang diesel.
Boros tapi kenceng....asiklah.
Irit tapi lelet...oklah.
Boros tapi lelet...innova bensinlah.
Meskipun harga beli lebih tinggi, ntar kalo dijual juga tetep lebih tinggi daripada yang bensin.
Boros tapi kenceng....asiklah.
Irit tapi lelet...oklah.
Boros tapi lelet...innova bensinlah.
Meskipun harga beli lebih tinggi, ntar kalo dijual juga tetep lebih tinggi daripada yang bensin.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 316
- Joined: Thu Sep 13, 2018 14:35
- Daily Vehicle: Baleno
Re: Mohon saran : Second Innova G/V Diesel atau Second Innova V Bensin
Imho ya om,black2345 wrote:Saya tinggal di sby yang semakin menjengkelkan macetnya.. hahaha..ricz wrote: Thu Jun 20, 2019 5:44Tergantung rute ama kondisi kemacetan om. kalo nubie pribadi sih sehari sekitar 30-50 km dalkot en pernah bandingin antara innova diesel nubie ama innova bensin punya temen (kedua mobil sama2 manual). Kedua mobil nubie isi solar en premium dan sama2 nubie bawa daily dgn rute nubie seperti yg udah ditulis diatas. hasilnya yg bensin cuma bertahan 3 hari, yg solar bisa seminggu....black2345 wrote: Thu Jun 20, 2019 5:30 Nah dengan kondisi spt itu (biosolar + racun + ganti filter solar tiap 10-15rb km) apakah running costnya nggak mendekati ipah 2.0 a/t dengan asumsi pakai premium murni?
Dan kalau ngga salah ipah diesel olie mesinnya lebih banyak 1lt dari ipah bensin bukan? (maaf kalau salah)
Kalo rute om jarang macet sih enakan bensin sih ya, lebih halus mesinnya en ga berisik...
Seingat nubie bedanya sekitar 1-2 liter ya olinya (diesel 7L sama oli, bensin skitar 4-5 liter cmiiw)
Cmiiw ya om, maafkan jika salah. Maklum nubie![]()
Tapi akan sering dipakai ke luar kota entah ke kediri, solo atau pekalongan (maklum nguli sendiri)
Ok om thanks banget sharingnya, sementara prioritas ke diesel dulu, kalau ngga dapet unit yang sehat & bagus ya terpaksa ke bensin (jadi inget curhat montir langganan ane, dia mau beli ipah diesel matic, percaya atau ngga mobil yg didapet adalah unit ke 121 selama dia cari.. hehehe..
Kalo cari ipah diesel itu yg bagus emang susah banget krn kebanyakan dipake niaga,apalagi tipe g/e yg kebanyakan dipakai rentalan,yg pasti sering diisi biosol, trs perawatan jg pasti seadanya.sekalinya ada yg bagus pasti harganya ga masuk akal alias overprice bgt.
Kalo sy jd ts akan ambil bensin v,
Menurut sy masih worthed kok,mengingat pajak lebih murah,gak perlu repot gnti filter solar,oli jg lebih murah.
Soal boros,menurut ane dengan selisih bensin vs solar yg harga unit bisa selisih 50-60jt per unit,itu bisa buat premium 5 taun lah ya.paling ga si ts 5-6 taun lagi dah bs ganti mobil lg jg.
Toh soal kebadakan nih mobil 11-12,asal gak seneng kebut2an/seneng jalan santai masih worth kok om
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 672
- Joined: Tue Dec 08, 2015 16:08
Re: Mohon saran : Second Innova G/V Diesel atau Second Innova V Bensin
Kalo mo ambil V bensin karena lebih murah dan dapat tahun muda, lebih joss lagi di tuning mesinnya =>
Stage pertama:
Elektrik fan (menggantikan stdnya yg visko), injektor 11h (utk innova non euro), airbox prado, ground cable, modul multispark
Total dananya: 8-9 jt.
Udah lumayan itu iritnya dapat bisa 1-9-11 dalam kota ramai radius dibawah 7km dengan pemakaian pertalite.
Stage kedua: remap dan knalpot kansai.
Jng lupa di sehatin dulu: bersihkan throotle bodi, bersihkan intake udara, carbon cleaner, bersihkan filter bensin depan.
Lumayan pake innova bensin tipe V yg sudah stage pertama tadi.
Kenapa? Karena pemakaian bbm dalam kota jadinya beti sama yg solar tp nilai plusnya getaran mesin jauh lebih halus. Getaran ya bukan suara. Kalo getaran tetap diesel nggak bisa ngalahin getarannya bensin.
Stage pertama:
Elektrik fan (menggantikan stdnya yg visko), injektor 11h (utk innova non euro), airbox prado, ground cable, modul multispark
Total dananya: 8-9 jt.
Udah lumayan itu iritnya dapat bisa 1-9-11 dalam kota ramai radius dibawah 7km dengan pemakaian pertalite.
Stage kedua: remap dan knalpot kansai.
Jng lupa di sehatin dulu: bersihkan throotle bodi, bersihkan intake udara, carbon cleaner, bersihkan filter bensin depan.
Lumayan pake innova bensin tipe V yg sudah stage pertama tadi.
Kenapa? Karena pemakaian bbm dalam kota jadinya beti sama yg solar tp nilai plusnya getaran mesin jauh lebih halus. Getaran ya bukan suara. Kalo getaran tetap diesel nggak bisa ngalahin getarannya bensin.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 345
- Joined: Wed Sep 30, 2015 9:29
Re: Mohon saran : Second Innova G/V Diesel atau Second Innova V Bensin
wah ini saran yang sangat menarik..quyquy wrote: Thu Jun 20, 2019 12:57 Kalo mo ambil V bensin karena lebih murah dan dapat tahun muda, lebih joss lagi di tuning mesinnya =>
Stage pertama:
Elektrik fan (menggantikan stdnya yg visko), injektor 11h (utk innova non euro), airbox prado, ground cable, modul multispark
Total dananya: 8-9 jt.
Udah lumayan itu iritnya dapat bisa 1-9-11 dalam kota ramai radius dibawah 7km dengan pemakaian pertalite.
Stage kedua: remap dan knalpot kansai.
Jng lupa di sehatin dulu: bersihkan throotle bodi, bersihkan intake udara, carbon cleaner, bersihkan filter bensin depan.
Lumayan pake innova bensin tipe V yg sudah stage pertama tadi.
Kenapa? Karena pemakaian bbm dalam kota jadinya beti sama yg solar tp nilai plusnya getaran mesin jauh lebih halus. Getaran ya bukan suara. Kalo getaran tetap diesel nggak bisa ngalahin getarannya bensin.
namun saya ada pertanyaan:
- Elektrik van pake punya apa ya? Dan apakah pnp ke ipah? Browsing-browsing sih dc 4-5jt sebijinya
- Injektor 11h perlukah untuk ipah th 2012? Kalau ngga salah inget ini sudah euro
- Knalpot kansai ini full system kah? atau hanya sebagian?
kalah hitungan kasar DC yg dibutuhkan kurleb 15jt ya?
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 40
- Joined: Fri Jan 18, 2019 2:18
- Location: Jakarta
Re: Mohon saran : Second Innova G/V Diesel atau Second Innova V Bensin
Emang Kijang Innova mesin 2KD-FTV 2.5L Turbo Diesel (D4-D) boleh minum DEX ya? sempet nonton di yutub LC pake DEX crankshaft patah.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 917
- Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
- Location: Jakarta
Re: Mohon saran : Second Innova G/V Diesel atau Second Innova V Bensin
innova diesel 2KD lebih badak dikasih biosolar daripada innova bensin 2TR dikasih premium IMO. minimal pertalite la jgn premium, kalau di mobil bensin terasa banget efek nya (dari power, konsumsi bbm nya) antara premium dan bensin kelas diatasnya. Mana harus rajin2 carbon clean klo pake premium di pengalaman gue, cepet banget menurun performanya.
Sedangkan pas jaman 2KD dulu gue... mau isi dex, atau biosolar, konsumsi bbm sama powernya mirip2 aja rasanya
Sedangkan pas jaman 2KD dulu gue... mau isi dex, atau biosolar, konsumsi bbm sama powernya mirip2 aja rasanya
W212 M272 '10
AN140 2GD '18
AN140 2GD '18
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2982
- Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08
Re: Mohon saran : Second Innova G/V Diesel atau Second Innova V Bensin
Boleh aja, temen saya ada yg dr baru sampe skg isinya DEX. So far ngga ada masalah sama sekali, malah filter solarnya lebih ngga gampang kotor dibanding pake biosol.senoadjie888 wrote: Fri Sep 20, 2019 2:18 Emang Kijang Innova mesin 2KD-FTV 2.5L Turbo Diesel (D4-D) boleh minum DEX ya? sempet nonton di yutub LC pake DEX crankshaft patah.
Saya jg ganti2 antara biosol sama dex, ngga ada masalah sih sampe skg 150rb km lebih.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 410
- Joined: Fri Oct 17, 2014 3:16
Re: Mohon saran : Second Innova G/V Diesel atau Second Innova V Bensin
Udah jangan dengerin lagi yang nyaranin innova bensin kecuali dompet tebel buat beli bensin. Fokus aja cari 2KD sesuai budget.. itu mobil legend SM.


-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 120
- Joined: Mon Jun 17, 2019 9:55
- Location: kota Surabaya
Re: Mohon saran : Second Innova G/V Diesel atau Second Innova V Bensin
LeeYi wrote: Tue Dec 11, 2018 5:19 Halo SMers, mudah2an selalu sehat dan sukses!![]()
Setelah bbrp lama menyimak jadi SR di forum ini, ane memutuskan akan membeli mobil second yang terfokus hanya pada dua jenis yaitu pada Innova G/V diesel AT/MT dan Innova V Bensin MT
Keterangan tambahan kira2 sbb :
-Pemakaian rata2 tidak akan sampai 10km setiap hari, hanya dalkot di bandung,jalan relatif baik dan lancar2 sangat jarang macet. Keluar kota mungkin 1 tahun maksimal hanya 5 kali dan masih di jawa barat dan ke jabodetabek.
-Budget maksimal 140jt, hanya fokus ke 2 jenis innova itu saja.
-Penggunaan untuk 2 dewasa, 1 balita dan 1 bayi. Perlu bagasi lapang jd fokus innova selain krn katanya bandel
-Penggunaan mobil sebelumnya kijang grand extra '94 yg msh 1 tangan. Sayang sih masih kinyis2 istimewa tp perlu ganti karena intensitas luar kota meningkat jadi rencana mau dilepas saja sekalian menambah dana. (ada yg minat?hehe..)
-Manual atau matic tidak masalah untuk ane, kalau innova bensin manual sj agar irit dan tapi utk diesel matic/manual boleh lah.
-Rencana penggunaan jangka panjang mungkin 4 tahun ke depan, atau mungkin lebih cepat kalau terbeli innova terbaru, aamiin. Pecinta kijang sih
sementara saat ini ane dapat tawaran seperti ini :
1.Innova G diesel d4d matic 2008 @137jt
2.Innova V bensin manual 2006 @121jt
Semua unit di atas telah dicek dipastikan kondisi bagus oleh kenalan baik ane pemilik showroom mobkas.
Mohon sarannya kira2 pilih mana ya dan apa saja kekurangan dan kelebihannya dr berbagai sisi baik teknis maupun harga jual kembali di kemudian hari. Sementara fokus ke dua itu saja yaaaa,hehe..Innova G/V diesel AT/MT dan Innova V Bensin MT. Oh iya ane baca2 innova 2007 ke atas itu sudah Euro, kalau di bawah itu belum. Apa saja perbedaannya dan apa jauh perbedaan keiritannya? Innova V yang dual airbags mulai tahun berapa ya?
Terima kasih
:big_deal
sedikit masukan aja om, klo melihat dari kondisi pemakaian om nya, mending ambil bensin aja tp klo harga segitu sepertinya kemahalan om,
cari yg lain aja, kondisi innova bensin sih menurut saya banyak yg masih bagus dengan jarak tempuh yg ga terlalu banyak...
dengan harga 120jt mgkn bisa dapat innova bensin yg tahunnya lebih mudaan..
innova itu boros klo didalam kota apalagi macet tp klo diluar kota lumayan kok masih bisa 1:11 km/lt... (hampir mirip dengan fortie VNT)![]()
mobil 2000cc itu gap FC antara dalam kota dengan luar kota lumayan jauh... (pengalaman pake CRV selama 6 tahun)
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 928
- Joined: Sat May 21, 2016 12:08
- Location: Solo
- Daily Vehicle: Innova
Re: Mohon saran : Second Innova G/V Diesel atau Second Innova V Bensin
kalau bs cari tahun yg agk mudaan om....innova bensin mending cari tahun muda ato minimal yg udah EURO II ga perlu setel2 afr dan fuel cons jg sedikit lebih irit dibanding yg thn 2006 pasti blm EURO II itu....klo tiap hr dipake biarpun jarak dekat kynya diesel gpp sih..tp perlu diperhatikan soal perawatan diesel nya....mesin ini sih bandel bgt sbnrnya.....dan harga part yg masih bersahabat....tp krn tahun nya udah tua liat aja record perawatan nya..kalau ada part2 yg sekiranya mahal dan blm pernah diganti mgkin bs jd alasan untuk tawar harganya
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 40
- Joined: Fri Jan 18, 2019 2:18
- Location: Jakarta
Re: Mohon saran : Second Innova G/V Diesel atau Second Innova V Bensin
Tq gan infonya, berarti ga masalah ya. Soal akselerasi pasti berubah yaevanbngdor wrote: Fri Sep 20, 2019 2:43Boleh aja, temen saya ada yg dr baru sampe skg isinya DEX. So far ngga ada masalah sama sekali, malah filter solarnya lebih ngga gampang kotor dibanding pake biosol.senoadjie888 wrote: Fri Sep 20, 2019 2:18 Emang Kijang Innova mesin 2KD-FTV 2.5L Turbo Diesel (D4-D) boleh minum DEX ya? sempet nonton di yutub LC pake DEX crankshaft patah.
Saya jg ganti2 antara biosol sama dex, ngga ada masalah sih sampe skg 150rb km lebih.
Kebetulan ane ada rencana mau upgrade apansa ke ipah diesel.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2982
- Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08
Re: Mohon saran : Second Innova G/V Diesel atau Second Innova V Bensin
Akselerasi ngga berubah signifikan, perubahan yg paling berasa ya getaran&suara mesin kalau pake DEX itusenoadjie888 wrote: Fri Sep 20, 2019 10:06Tq gan infonya, berarti ga masalah ya. Soal akselerasi pasti berubah yaevanbngdor wrote: Fri Sep 20, 2019 2:43
Boleh aja, temen saya ada yg dr baru sampe skg isinya DEX. So far ngga ada masalah sama sekali, malah filter solarnya lebih ngga gampang kotor dibanding pake biosol.
Saya jg ganti2 antara biosol sama dex, ngga ada masalah sih sampe skg 150rb km lebih.
Kebetulan ane ada rencana mau upgrade apansa ke ipah diesel.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 21
- Joined: Wed May 23, 2018 11:14
Re: Mohon saran : Second Innova G/V Diesel atau Second Innova V Bensin
Dulu pake innova GNKI bensin matic, sekarang pake innova reborn bensin. Saran saya ttp ambil yang diesel. Pake yang bensin ngerasa sedih sering bolak balik pom bensin, belum lagi isi pake solar goceng paling 200 ribu dah dapet hampir 40 liter. Kalau pake pertalite, cuma dapet 26 liter. Belum yang bensin lebih boros juga. Kalau ga salah saudara ada yang di remap, katanya tenaga sama escape 2.3 jauh enak ipah dieselnya (solbus) lebih irit lagi. Apalagi kalau dapet di harga bagus 
