Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
NYoman wrote: Mon Nov 19, 2018 13:29
Dan ingat Corolla ga pernah menjadi saingan Civic untuk urusan performa setelah seri Sprinter di matikan oleh Toyota sendiri, terakhir seri performa nya ada di Altis gen awal (XRS US dan AU only kalau gak salah) dengan mesin 1.8 VVTL-i (apa 2.0 tolong koreksi)
Corolla vs Civic di Indonesia sebenarnya mirip2 om untuk urusan tenaga,
civic vtis 1.7 vs altis 1st gen (kencengan altis),
fb1 vs altis 1.8 10,5th gen juga sekitaran 140an hp sekian,
fd2 vs altis 2.0v 10,5th gen juga sekitar 150an hp sekian.
Mirip-mirip cuma beda karakter satunya sporty yg lain elegan. Kalau diadu drag juga paling 11-12.
Beda kasus dengan Civic turbo vs Altis now, agak sulit Toyota ngimbangin tenaga 1.5 Turbo kalau hanya mengandalkan mesin NA small displacement 1.8/2.0 liter.
Altis terbaru ini depannya keren futuristik, tapi begitu lihat belakangnya yang terlintas adalah ini
kira2 yang masuk indonesia yang versi sport apa yang versi kalem nya ya? Mengingat camry di thailand aja udah sama kaya versi amerika dan global, apakah nanti versi thailand dan indonesia bakal sama juga kaya versi US?
kendibocor wrote: Mon Nov 19, 2018 10:24
Secara desian bisa bikin civic turbo keliatan jd jadul. Tinggal mesinnya aja. Kalo mesinnya masuk 1.8 sih sayang banget, yg 2.0 pun output tenaganya ga bs saingin civic turbo. Si toyota apa ga punya mesin 1500/1800 yg turbo ya?
slapnuts wrote: Mon Nov 19, 2018 11:02
Desain keren tapi kalo masuk Indonesia mesin impoten, ya sama saja, kegiles Civic Turbo.
Nah itu dia, Toyota lama ga develop kelas 1500cc turbo, mungkin kalau isu yang lalu perjanjian dengan BMW benar-benar terjadi dimana Toyota bisa pakai mesin BMW mungkin jadi menarik untuk menyaingi Civic disektor mesin.
NYoman wrote: Mon Nov 19, 2018 13:29
Nice design, kesan agresif tapi elegan nya masih ada..
Mesin termasuk ok dan terbesar dikelasnya untuk 2lt NA 169HP sementara sekarang 2lt NA paling mentok 150an hp apalagi katanya (masih katanya) punya thermal efficiency mencapai 40% dan 41% di hybrid..
Untuk transmisi saya no komplain, CVT di altis lama juga ga bolot kok cendereung smooth dipakai santai dan agak agresif juga kalau di bejek kalau yg ini ada 1st gear dan cvt nampak menarik, yang saya ingat dulu pernah ada tipe G saja yg punya 6MT dan demi apa akhirnya mereka pakai Independen di Corolla (finally)..
Mesin turbo ada di 1.2 tapi sepertinya ini JDM punya deh..
Kalau performa mungkin masuk mesin 2.5L yg 206hp dan rasanya gak mungkin karena itu mesin kelasnya milik Camry..
Dan ingat Corolla ga pernah menjadi saingan Civic untuk urusan performa setelah seri Sprinter di matikan oleh Toyota sendiri, terakhir seri performa nya ada di Altis gen awal (XRS US dan AU only kalau gak salah) dengan mesin 1.8 VVTL-i (apa 2.0 tolong koreksi)
Mesin NA 2.0 dengan tenaga segitu jelas lebih menarik buat sebagian orang, apalagi di IDM yang suka di isi BBM kuning hehehe..
Tapi sampai sini powernya bakal di turunin ga ya?
NYoman wrote: Mon Nov 19, 2018 13:29
Dan ingat Corolla ga pernah menjadi saingan Civic untuk urusan performa setelah seri Sprinter di matikan oleh Toyota sendiri, terakhir seri performa nya ada di Altis gen awal (XRS US dan AU only kalau gak salah) dengan mesin 1.8 VVTL-i (apa 2.0 tolong koreksi)
Corolla vs Civic di Indonesia sebenarnya mirip2 om untuk urusan tenaga,
civic vtis 1.7 vs altis 1st gen (kencengan altis),
fb1 vs altis 1.8 10,5th gen juga sekitaran 140an hp sekian,
fd2 vs altis 2.0v 10,5th gen juga sekitar 150an hp sekian.
Mirip-mirip cuma beda karakter satunya sporty yg lain elegan. Kalau diadu drag juga paling 11-12.
Beda kasus dengan Civic turbo vs Altis now, agak sulit Toyota ngimbangin tenaga 1.5 Turbo kalau hanya mengandalkan mesin NA small displacement 1.8/2.0 liter.
Altis terbaru ini depannya keren futuristik, tapi begitu lihat belakangnya yang terlintas adalah ini
Nah ini, tapi emang kok dari dulu emg gimana-gimana Corolla ga pernah lebih unggul soal performa dibanding Civic apalagi sama TypeR nya..
Kalaupun ada performance satu-satunya mesin andalan mereka cuma 2ZR-FE tapi pasti bakal mahal, apalagi pasang 2.5 baru lebih gak mungkin karena itu mesin milik Camry.. Mesin 1.2L nya lebih cocok untuk mesin small HB.. Kalau Hybrid lebih menarik karena naik 1.8 milik prius baru mesinnya punchy di bawah dan ditengah di dorong mesin atkinson termasuk enak buat harian dan agressive driving..
Yap, saya ngelihat design2 nya sekarang pada mirip2.. Yaris baru designnya mirip New Corolla Hatch sampai ke belakangnya mirip cuma lebih kecil aja ukurannya..
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
kendibocor wrote: Mon Nov 19, 2018 10:24
Secara desian bisa bikin civic turbo keliatan jd jadul. Tinggal mesinnya aja. Kalo mesinnya masuk 1.8 sih sayang banget, yg 2.0 pun output tenaganya ga bs saingin civic turbo. Si toyota apa ga punya mesin 1500/1800 yg turbo ya?
slapnuts wrote: Mon Nov 19, 2018 11:02
Desain keren tapi kalo masuk Indonesia mesin impoten, ya sama saja, kegiles Civic Turbo.
Nah itu dia, Toyota lama ga develop kelas 1500cc turbo, mungkin kalau isu yang lalu perjanjian dengan BMW benar-benar terjadi dimana Toyota bisa pakai mesin BMW mungkin jadi menarik untuk menyaingi Civic disektor mesin.
NYoman wrote: Mon Nov 19, 2018 13:29
Nice design, kesan agresif tapi elegan nya masih ada..
Mesin termasuk ok dan terbesar dikelasnya untuk 2lt NA 169HP sementara sekarang 2lt NA paling mentok 150an hp apalagi katanya (masih katanya) punya thermal efficiency mencapai 40% dan 41% di hybrid..
Untuk transmisi saya no komplain, CVT di altis lama juga ga bolot kok cendereung smooth dipakai santai dan agak agresif juga kalau di bejek kalau yg ini ada 1st gear dan cvt nampak menarik, yang saya ingat dulu pernah ada tipe G saja yg punya 6MT dan demi apa akhirnya mereka pakai Independen di Corolla (finally)..
Mesin turbo ada di 1.2 tapi sepertinya ini JDM punya deh..
Kalau performa mungkin masuk mesin 2.5L yg 206hp dan rasanya gak mungkin karena itu mesin kelasnya milik Camry..
Dan ingat Corolla ga pernah menjadi saingan Civic untuk urusan performa setelah seri Sprinter di matikan oleh Toyota sendiri, terakhir seri performa nya ada di Altis gen awal (XRS US dan AU only kalau gak salah) dengan mesin 1.8 VVTL-i (apa 2.0 tolong koreksi)
Mesin NA 2.0 dengan tenaga segitu jelas lebih menarik buat sebagian orang, apalagi di IDM yang suka di isi BBM kuning hehehe..
Tapi sampai sini powernya bakal di turunin ga ya?
Nah mesin ini kompresinya tinggi banget lho, setara Skyactive.. Rasanya ndak mungkin kalau harus ngorbanin paling mentok masuk 1.8 Valvematic
Toyota sebetulnya punya mesin under 2L yang pakai force induction 1.2 turbo dan 1.8 supercharge (milik grmn dan lotus).. Tp melihat kelakuan manusia di Indonesia yang kalau ngerusak itu cepet banget dibandingkan aware..
Melihat juga mobil2 berturbo lain seperti 1.5T Honda yang agak2 suka nguap kalau dikasih oli yang kurang bagus (kebiasaan lama).. Plg aman masukan mesin lama yang udah di develop buat orang Indonesia
Camry baru masih mungkin dapat 2.0L atau 2.5L baru nya..Tapi ngelihat yg lama 2.5 aja udah 160-180hpan harusnya dapat 2.5 lagi karena body makin besar (203hp std, 206hp TRD)..
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
NYoman wrote: Tue Nov 20, 2018 6:49
Nah mesin ini kompresinya tinggi banget lho, setara Skyactive.. Rasanya ndak mungkin kalau harus ngorbanin paling mentok masuk 1.8 Valvematic
Toyota sebetulnya punya mesin under 2L yang pakai force induction 1.2 turbo dan 1.8 supercharge (milik grmn dan lotus).. Tp melihat kelakuan manusia di Indonesia yang kalau ngerusak itu cepet banget dibandingkan aware..
Melihat juga mobil2 berturbo lain seperti 1.5T Honda yang agak2 suka nguap kalau dikasih oli yang kurang bagus (kebiasaan lama).. Plg aman masukan mesin lama yang udah di develop buat orang Indonesia
Camry baru masih mungkin dapat 2.0L atau 2.5L baru nya..Tapi ngelihat yg lama 2.5 aja udah 160-180hpan harusnya dapat 2.5 lagi karena body makin besar (203hp std, 206hp TRD)..
ya paling retune dikit biar aman di Indo. bisalah mestinya, enjin "aneh" kaya di Nav1 atau noah aja bisa aman di indo.
NYoman wrote: Tue Nov 20, 2018 6:49
Nah mesin ini kompresinya tinggi banget lho, setara Skyactive.. Rasanya ndak mungkin kalau harus ngorbanin paling mentok masuk 1.8 Valvematic
Toyota sebetulnya punya mesin under 2L yang pakai force induction 1.2 turbo dan 1.8 supercharge (milik grmn dan lotus).. Tp melihat kelakuan manusia di Indonesia yang kalau ngerusak itu cepet banget dibandingkan aware..
Melihat juga mobil2 berturbo lain seperti 1.5T Honda yang agak2 suka nguap kalau dikasih oli yang kurang bagus (kebiasaan lama).. Plg aman masukan mesin lama yang udah di develop buat orang Indonesia
Camry baru masih mungkin dapat 2.0L atau 2.5L baru nya..Tapi ngelihat yg lama 2.5 aja udah 160-180hpan harusnya dapat 2.5 lagi karena body makin besar (203hp std, 206hp TRD)..
ya paling retune dikit biar aman di Indo. bisalah mestinya, enjin "aneh" kaya di Nav1 atau noah aja bisa aman di indo.
Mesin aneh Nav sm Altis lama itu underdog lho.. menarik cuma ga ada yg ngelirik..
Suryaputra wrote: Tue Nov 20, 2018 8:50
Menarik nih, untuk kelas harga segini udah Full Independent (bagian blkg pake Multi-Link).
klo gen sblmnya kan masih suspensi batangan ala LMPV
Civic udh duluan pakai independen.. jd sebetulnya ini udh ga baru, ketinggalan dr dulu iya
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
Great Corolla dan All New Corolla Corolla AE110 sebenarnya sudah menggunakan independent rear suspension, entah mengapa di edisi berikutnya, yaitu Corolla Altis hingga ke yang keluaran 2018 ini, malah menggunakan torsion beam.
Kira2 apa ya yg ada di benak pimpinan Toyota ketika memutuskan hal tsb? Soalnya selalu jadi bahan bully kompetitornya
NYoman wrote: Tue Nov 20, 2018 12:00
Civic udh duluan pakai independen.. jd sebetulnya ini udh ga baru, ketinggalan dr dulu iya
Sekalinya Atoyot step-up the game langsung jadi wah yah meskipun kompetitornya udah duluan
"wah effect" sesaat aja
artoodetoo wrote: Tue Nov 20, 2018 14:50
Great Corolla dan All New Corolla Corolla AE110 sebenarnya sudah menggunakan independent rear suspension, entah mengapa di edisi berikutnya, yaitu Corolla Altis hingga ke yang keluaran 2018 ini, malah menggunakan torsion beam.
Kira2 apa ya yg ada di benak pimpinan Toyota ketika memutuskan hal tsb? Soalnya selalu jadi bahan bully kompetitornya
gimana gak dibully om ?... majority di sini gairah muda, yah kali mbl -/+400jt kelas sedan dapetnya suspensi batangan
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
artoodetoo wrote: Tue Nov 20, 2018 14:50
Great Corolla dan All New Corolla Corolla AE110 sebenarnya sudah menggunakan independent rear suspension, entah mengapa di edisi berikutnya, yaitu Corolla Altis hingga ke yang keluaran 2018 ini, malah menggunakan torsion beam.
Kira2 apa ya yg ada di benak pimpinan Toyota ketika memutuskan hal tsb? Soalnya selalu jadi bahan bully kompetitornya
Saya baru tau kalau greco itu udah pakai independent lho om.. Thks koreksinya
Altis walaupun balik pakai torsion beam untungnya masih nyaman cuma emang jadi kelihatan kyk mobil murah karena pakai suspensi paling basic..
Dan seingat saya Civic pernah sekali ngeganti independent rear dengan torsion beam bahkan di seri TypeR nya..yg bikin banyak orang bertanya2 ngapain diganti dengan suspensi yang lebih jelek?
Artinya 22 nya pernah kena masa kelabu ya..
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
artoodetoo wrote: Tue Nov 20, 2018 14:50
Great Corolla dan All New Corolla Corolla AE110 sebenarnya sudah menggunakan independent rear suspension, entah mengapa di edisi berikutnya, yaitu Corolla Altis hingga ke yang keluaran 2018 ini, malah menggunakan torsion beam.
Kira2 apa ya yg ada di benak pimpinan Toyota ketika memutuskan hal tsb? Soalnya selalu jadi bahan bully kompetitornya
gimana gak dibully om ?... majority di sini gairah muda, yah kali mbl -/+400jt kelas sedan dapetnya suspensi batangan
Jangan kan Corolla, Alphard satu em aja dulu dikasih Torsion Bar.. Untung udah balik ek jalan yang benar..
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
artoodetoo wrote: Tue Nov 20, 2018 14:50
Great Corolla dan All New Corolla Corolla AE110 sebenarnya sudah menggunakan independent rear suspension, entah mengapa di edisi berikutnya, yaitu Corolla Altis hingga ke yang keluaran 2018 ini, malah menggunakan torsion beam.
Kira2 apa ya yg ada di benak pimpinan Toyota ketika memutuskan hal tsb? Soalnya selalu jadi bahan bully kompetitornya
gimana gak dibully om ?... majority di sini gairah muda, yah kali mbl -/+400jt kelas sedan dapetnya suspensi batangan
Jangan kan Corolla, Alphard satu em aja dulu dikasih Torsion Bar.. Untung udah balik ek jalan yang benar..
Pernah coba alphard versi supensi batangan; rasanya mual.
klo lewat jalan gelombang atau rusak; geol geol suspensi belakangnya
Lbh enak Camry kemana2 deh, atau accord sekalian
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
gimana gak dibully om ?... majority di sini gairah muda, yah kali mbl -/+400jt kelas sedan dapetnya suspensi batangan
Jangan kan Corolla, Alphard satu em aja dulu dikasih Torsion Bar.. Untung udah balik ek jalan yang benar..
Pernah coba alphard versi supensi batangan; rasanya mual.
klo lewat jalan gelombang atau rusak; geol geol suspensi belakangnya
Lbh enak Camry kemana2 deh, atau accord sekalian
ngomongin torsion bar saya jadi teringat soluna, kalo iringan di belakangnya tuh batang kelihatan di bawah soalnya bemper belakangnya rada tinggi...sumpah jueeleek mampus....
Jangan kan Corolla, Alphard satu em aja dulu dikasih Torsion Bar.. Untung udah balik ek jalan yang benar..
Pernah coba alphard versi supensi batangan; rasanya mual.
klo lewat jalan gelombang atau rusak; geol geol suspensi belakangnya
Lbh enak Camry kemana2 deh, atau accord sekalian
ngomongin torsion bar saya jadi teringat soluna, kalo iringan di belakangnya tuh batang kelihatan di bawah soalnya bemper belakangnya rada tinggi...sumpah jueeleek mampus....
Altis yang baru juga agak keliatan kok torsion bar nya apalagi kalau kita sama naik mobil yang sama rendah posisi duduknya..
Soluna ga masalah karena emg mobil yang bisa dibilang murah jaman itu (macem Vios skrg kan)
Kmrn waktu saya ada survey buat track trail buat lari 1 ada yg bawa Stream 1 ada bawa Brio.. Ngeliat Stream dari belakang kyknya itu body anteng, liat Brio udah kocak begitu body nya macam mobil goyang padahal pelan. Saya naik TS sih baik2 aja karena independen depan dan belakang
Jadi kalau ada yang bilang gpp pakai torsion beam, berarti belum pernah tau bawa mobil full independen di jalan yang gelombang agak parah..
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
NYoman wrote: Wed Nov 21, 2018 4:35
Altis yang baru juga agak keliatan kok torsion bar nya apalagi kalau kita sama naik mobil yang sama rendah posisi duduknya..
Soluna ga masalah karena emg mobil yang bisa dibilang murah jaman itu (macem Vios skrg kan)
Kmrn waktu saya ada survey buat track trail buat lari 1 ada yg bawa Stream 1 ada bawa Brio.. Ngeliat Stream dari belakang kyknya itu body anteng, liat Brio udah kocak begitu body nya macam mobil goyang padahal pelan. Saya naik TS sih baik2 aja karena independen depan dan belakang
Jadi kalau ada yang bilang gpp pakai torsion beam, berarti belum pernah tau bawa mobil full independen di jalan yang gelombang agak parah..
Setujuh, mobil yg pake torsion-beam cocok diaplikasikan untuk LMPV, LCGC atau mobil niaga yg butuh kapasitas angkut yang tinggi.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
NYoman wrote: Wed Nov 21, 2018 4:35
Altis yang baru juga agak keliatan kok torsion bar nya apalagi kalau kita sama naik mobil yang sama rendah posisi duduknya..
Soluna ga masalah karena emg mobil yang bisa dibilang murah jaman itu (macem Vios skrg kan)
Kmrn waktu saya ada survey buat track trail buat lari 1 ada yg bawa Stream 1 ada bawa Brio.. Ngeliat Stream dari belakang kyknya itu body anteng, liat Brio udah kocak begitu body nya macam mobil goyang padahal pelan. Saya naik TS sih baik2 aja karena independen depan dan belakang
Jadi kalau ada yang bilang gpp pakai torsion beam, berarti belum pernah tau bawa mobil full independen di jalan yang gelombang agak parah..
Setujuh, mobil yg pake torsion-beam cocok diaplikasikan untuk LMPV, LCGC atau mobil niaga yg butuh kapasitas angkut yang tinggi.
Sebetulnya tidak juga, contohnya seperti Fiesta ST, Clio, Peugeot208 GTi dan Yaris GRMN masih pakai twist beam/torsion beam dan mereka handlingnya dan kenyamannan nya juga baik lho..
Gak semua torsion beam jelek sih, cuma emang kalau nyari nyaman independen ga ada yg ngalahin..
grandscenic wrote: Thu Nov 22, 2018 3:53
Ada bocoran soal harganya? Kira kira "emosional" ga ya harganya.. haha
Apa iya bakal bisa lebih murah dari CHR? sementara CHR ga kena skema pajak tinggi seperti sedan.
Saya rasa agak susah kalau mau naikin harga secara itu Camry aja harganya udah 600an jeti.. Mungkin H2H harganya dengan Civic turbo..
CH-R sih keterlaluan bener harganya.. Parah sih placement range nya
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
NYoman wrote: Wed Nov 21, 2018 4:35
Altis yang baru juga agak keliatan kok torsion bar nya apalagi kalau kita sama naik mobil yang sama rendah posisi duduknya..
Soluna ga masalah karena emg mobil yang bisa dibilang murah jaman itu (macem Vios skrg kan)
Kmrn waktu saya ada survey buat track trail buat lari 1 ada yg bawa Stream 1 ada bawa Brio.. Ngeliat Stream dari belakang kyknya itu body anteng, liat Brio udah kocak begitu body nya macam mobil goyang padahal pelan. Saya naik TS sih baik2 aja karena independen depan dan belakang
Jadi kalau ada yang bilang gpp pakai torsion beam, berarti belum pernah tau bawa mobil full independen di jalan yang gelombang agak parah..
Setujuh, mobil yg pake torsion-beam cocok diaplikasikan untuk LMPV, LCGC atau mobil niaga yg butuh kapasitas angkut yang tinggi.
Sebetulnya tidak juga, contohnya seperti Fiesta ST, Clio, Peugeot208 GTi dan Yaris GRMN masih pakai twist beam/torsion beam dan mereka handlingnya dan kenyamannan nya juga baik lho..
Gak semua torsion beam jelek sih, cuma emang kalau nyari nyaman independen ga ada yg ngalahin..
grandscenic wrote: Thu Nov 22, 2018 3:53
Ada bocoran soal harganya? Kira kira "emosional" ga ya harganya.. haha
Apa iya bakal bisa lebih murah dari CHR? sementara CHR ga kena skema pajak tinggi seperti sedan.
Saya rasa agak susah kalau mau naikin harga secara itu Camry aja harganya udah 600an jeti.. Mungkin H2H harganya dengan Civic turbo..
CH-R sih keterlaluan bener harganya.. Parah sih placement range nya
Soal torsion beam bener tuh saya baru ingat dari Peugeout 206 bahkan juga pakai, tetap nyaman meski ga bisa senyaman yang Independen. Back to masalah harga, memang CHR itu jadi bikin kacau segmentasi harga, nanti kira2 alasannya apa ya? Masa SUV lebih mahal dari Sedan padahal CHR bisa dibilang Corolla yang ditinggikan, hehehe...
Suryaputra wrote: Tue Nov 20, 2018 15:08
gimana gak dibully om ?... majority di sini gairah muda, yah kali mbl -/+400jt kelas sedan dapetnya suspensi batangan
Nah ini yang buat saya gemes sama T sering kali. Harus nunggu dibully dulu baru bisa ngasih lebih. Kok kesannya jadi seperti mengandalkan kecuekan konsumen/kaum awam.
NYoman wrote: Tue Nov 20, 2018 15:20
Saya baru tau kalau greco itu udah pakai independent lho om.. Thks koreksinya
Altis walaupun balik pakai torsion beam untungnya masih nyaman cuma emang jadi kelihatan kyk mobil murah karena pakai suspensi paling basic..
Dan seingat saya Civic pernah sekali ngeganti independent rear dengan torsion beam bahkan di seri TypeR nya..yg bikin banyak orang bertanya2 ngapain diganti dengan suspensi yang lebih jelek?
Artinya 22 nya pernah kena masa kelabu ya..
Civic dengan torsion bar itu :
FN2 (generasi 8 ) - seri "hatchback" nya FD, type R nya dihujat Clarkson gara-gara lebih pelan dari yang lama dan lebih berat. Kontras banget sama FD2 R nya yang justru dapet pujian dimana-mana.
FK2 (generasi 9) - seri hatchback nya FB, type R nya cm muncul 1 taun sih klo ini, pertama pake turbo. tp yang ini mayan lah record lap nya di Nurburgring.
tp abis muncul generasi 10 udah bertobat ke multilink hahahahah. yang secara resmi dijual HPM gada yang turun ke torsion beam krn sedan, tapi dari dulu ya dobel wisbon mulu.
Kerasa bedanya independen dan torsion, kalo urusan kenyamanan. apalagi di economy car kebanyakan dengan harga setara misal CX-3/HRV vs Mazda3/Civic yang level 400 juta-an. Di tol bawa 3/Civic itu jauh lebih anteng bokongnya pas pindah jalur. Belum kena guncangan kabin yang lebih enak. Jgnkan Civic/M3, Outlander yang belakangnya multilink aja berasa satu level di atas ride nya di tol dibanding CX/HRV.
Tapi kalo orang belum test drive cuma sekedar liat fitur, ya gak akan ngerti... masalahnya ngerti lah bro banyak yang menilai mobil gak test drive cuma asal liat fitur... hahaha...