Kecelakaan pesawat lion air jakarta- pangkal pinang
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
- Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
- Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S
Re: Apakah B 737 MAX & LEAP engine = Perlu RECALL ?
Sorry tolong jangan menggiring opini yang tidak2 ya, tiba2 langsung keluar semua hasil searching dari internet..
LCC ataupun Flag Carrier tidak ada perbedaan disektor keamanan nya, karena yang mahal itu adalah passenger service bukan di maintenance..
Pesawat baru ataupun pesawat lama tidak ada hubungan nya dengan kecelakaan karena pesawat baru test terbang bisa besoknya malah jatuh juga ada, sebaiknya tunggu investigasi dari pihak berwenang..
LCC ataupun Flag Carrier tidak ada perbedaan disektor keamanan nya, karena yang mahal itu adalah passenger service bukan di maintenance..
Pesawat baru ataupun pesawat lama tidak ada hubungan nya dengan kecelakaan karena pesawat baru test terbang bisa besoknya malah jatuh juga ada, sebaiknya tunggu investigasi dari pihak berwenang..
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Apakah B 737 MAX & LEAP engine = Perlu RECALL ?
Trit ini adalah membahas pesawatnya om, and especially engine nya......spt bahas mobil yg ada problemNYoman wrote:Sorry tolong jangan menggiring opini yang tidak2 ya, tiba2 langsung keluar semua hasil searching dari internet..
LCC ataupun Flag Carrier tidak ada perbedaan disektor keamanan nya, karena yang mahal itu adalah passenger service bukan di maintenance..
Pesawat baru ataupun pesawat lama tidak ada hubungan nya dengan kecelakaan karena pesawat baru test terbang bisa besoknya malah jatuh juga ada, sebaiknya tunggu investigasi dari pihak berwenang..
Bukan Airline / maskapai nya
Juga bukan bahas penyebab jatuhnya PK - LQP (ini nanti tunggu report KNKT aja)
Giring opini gimana ?
itu semua artikel based on reality kok......bukan saya yg bikin
Sampe sebuah jenis pesawat di Grounded......it must be something serious !
Remember Mc Donnel Douglas DC 10 case ?
Hopefully Boeing & CFM segera ambil tindakan nyata utk memperbaiki semua bug......krn 737 MAX series ini sgt laris sekali.....
IMHO
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2899
- Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
- Location: Jabodetabek
- Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box
Re: Apakah B 737 MAX & LEAP engine = Perlu RECALL ?


-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 118
- Joined: Sun Apr 02, 2017 8:35
- Location: Bandung
Re: Apakah B 737 MAX & LEAP engine = Perlu RECALL ?
Enggak ada cerita gitu om, semuanya sama untuk kebutuhan basic. Bedanya lcc sama flag carrier itu cuman di pemanis aja seperti in flight meal dkk. Kalau sampai ada perbedaan berarti regulatornya yang gak bener karena acuannya sama kok aturan dari dgcanya.carl wrote: Mon Oct 29, 2018 11:48 Kira2 SMers ada yang tahu, apakah Low Cost Carrier punya standar maintenance pesawat yang sama dengan Flag Carrier? Soalnya saya pernah denger cerita dari pilot flag carrier kalo maintenance LCC itu gak seketat flag carrier....
Btw tidak menjamin pesawat yang sangat baru bebas defect karena ikutnya itu bathtub curve bukan linear
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Apakah B 737 MAX & LEAP engine = Perlu RECALL ?
Banyak kejadian di psawat model baru........
787 dulu battery problem
A380 - Rolls Royce Trent engine problem
tapi ke 2 case di atas dah solved
A350 gimana ya ?
Awal Okt saya sempat naik utk CGK - SIN.....enak si A350 ini......di IFE nya juga ada mode display spt view dari cockpit (simulasi aja)
787 dulu battery problem
A380 - Rolls Royce Trent engine problem
tapi ke 2 case di atas dah solved
A350 gimana ya ?
Awal Okt saya sempat naik utk CGK - SIN.....enak si A350 ini......di IFE nya juga ada mode display spt view dari cockpit (simulasi aja)
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1412
- Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
- Daily Vehicle: Pleiades
Re: Apakah B 737 MAX & LEAP engine = Perlu RECALL ?
ya namanya juga mesin baru..dulu tahun 1970an 747-100 dengan JT9D-3 nya gak bebas masalah ? banyak bug nya itu sampe 1st commercial flight nya aja keganggu gara2 mesin rusak..akhirnya si pabrikan upgrade si mesin dan kasi opsi mesin baru JT9D-7..dan makanya lahirlah 747-200 untuk mengatasi apa yang kurang dari 747-100 (new engines + update aerodynamics)
lebay ih, stay away from those flying metal tube please...itu semua terjadi jauhhhh sebelum hari ini
M-e-n-g-e-r-i-k-a-n..........
#menolaklupa
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Apakah B 737 MAX & LEAP engine = Perlu RECALL ?
hehehheharistk7 wrote:ya namanya juga mesin baru..dulu tahun 1970an 747-100 dengan JT9D-3 nya gak bebas masalah ? banyak bug nya itu sampe 1st commercial flight nya aja keganggu gara2 mesin rusak..akhirnya si pabrikan upgrade si mesin dan kasi opsi mesin baru JT9D-7..dan makanya lahirlah 747-200 untuk mengatasi apa yang kurang dari 747-100 (new engines + update aerodynamics)
lebay ih, stay away from those flying metal tube please...itu semua terjadi jauhhhh sebelum hari ini
M-e-n-g-e-r-i-k-a-n..........
tulisan alinea terakhir mah utk becandaan doang boss........wkwkwkkw
Yes......gak mobil, gak pesawat, biasa sesuatu yg "type baru" ada aja bug-nya......
Thx utk info 747-100 nya.....really informative [emoji106]
* Bukan ajakan Beli *
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Apakah B 737 MAX & LEAP engine = Perlu RECALL ?
Semoga bug bug cepat solved
Jika semua bug dah solve......LEAP engine sangat menarik
Jika semua bug dah solve......LEAP engine sangat menarik
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1464
- Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39
Re: Kecelakaan pesawat lion air jakarta- pangkal pinang
Ya koreksi Om, mau masuk V1 harusnya, kejadian seperti yang digambarkan video Airbus Captain Joe iniDuvebriliant0 wrote: Mon Oct 29, 2018 12:13Kalo udh V1 gaboleh RTO om...Pugman wrote: Mon Oct 29, 2018 11:25 Diluar banyaknya isu Leap Engine, kalau saya pribadi mohon maaf, selama masih ada maskapai lain, saya ga mau naik pesawat dari maskapai Baterai Lithium isi ulang.
Saya pernah naik, sudah di runway persiapan take off, sudah jalan mungkin sudah sampai V1 menuju Vr, tiba-tiba brake sampai ujung runway lalu balik ke tempat parkir. Lha kalau runway overrun piye?

-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Kecelakaan pesawat lion air jakarta- pangkal pinang
Mungkin om haristk bisa jelaskan ini "DTC error" apa saja
itu PK LQP saat DPS - CGK sehari sebelumnya
Sumber gbr = twitter
itu PK LQP saat DPS - CGK sehari sebelumnya
Sumber gbr = twitter
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 176
- Joined: Mon Jun 13, 2016 14:47
Re: Apakah B 737 MAX & LEAP engine = Perlu RECALL ?
Baca berita mesin ini di tarik dari peredaran sama amerika dan boeing
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Apakah B 737 MAX & LEAP engine = Perlu RECALL ?
Udah ada "Service Campaign" dari pihak GEfikrebi wrote:Baca berita mesin ini di tarik dari peredaran sama amerika dan boeing
https://www.bloomberg.com/news/articles ... nd-quarter
Konon parts2 tertentu lgs diganti saat si mesin masuk "servis berkala"
* Bukan ajakan Beli *
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Apakah B 737 MAX & LEAP engine = Perlu RECALL ?
Btw sebetulnya setiap jenis type pesawat buatan suatu pabrikan harus menjalani proses "Airworthiness" untuk mendapat sertifikat kelayakan terbang
Tahapan uji coba ini gak main main, pesawat dibawa ke aneka daerah dgn kondisi extreme.....baik panas banget / dingin banget......test landing / take off dgn Crosswind yg kenceng dll
Tapi herannya problem2 real juga banyak yang baru ketemu setelah pesawat dioperasikan scr komersial........
Mungkin om haristk selaku pakar pesawat di SM dapat memberi pencerahan......monggo [emoji2]
Tahapan uji coba ini gak main main, pesawat dibawa ke aneka daerah dgn kondisi extreme.....baik panas banget / dingin banget......test landing / take off dgn Crosswind yg kenceng dll
Tapi herannya problem2 real juga banyak yang baru ketemu setelah pesawat dioperasikan scr komersial........
Mungkin om haristk selaku pakar pesawat di SM dapat memberi pencerahan......monggo [emoji2]
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 205
- Joined: Wed May 03, 2017 6:33
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Jazz
Re: Kecelakaan pesawat lion air jakarta- pangkal pinang
Sumber: IG
Jd ogah ane naik Lion buat kedepannya klo servicenya ancur2an kek gini, lebih prefer Garuda/Citilink utk rute domestik
Jd ogah ane naik Lion buat kedepannya klo servicenya ancur2an kek gini, lebih prefer Garuda/Citilink utk rute domestik
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Chester Bennington 1976-2017, gone but not forgotten
"I've become so numb, I can't feel you there. Become so tired, so much more aware"
"I've become so numb, I can't feel you there. Become so tired, so much more aware"
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 288
- Joined: Fri Sep 30, 2016 3:52
Re: Apakah B 737 MAX & LEAP engine = Perlu RECALL ?
serem ya.. kl mobil ada cacat produksi sih paling apa risikonya, mogok?? kl pesawat mogok ya game over..
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 42
- Joined: Fri Aug 04, 2017 7:26
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Livina_XGear
Re: Apakah B 737 MAX & LEAP engine = Perlu RECALL ?
yakin om cuma beda pemanis? mungkin SOP nya sama tapi dikerjainya gimana ada yg tau? atau cb di survei basic salary pegawai antar carrier kaya FOO nya kecuali flight deck crew,, bisa jd salah satu faktor.. bisa jadi... IMHOSPH wrote: Mon Oct 29, 2018 13:22Enggak ada cerita gitu om, semuanya sama untuk kebutuhan basic. Bedanya lcc sama flag carrier itu cuman di pemanis aja seperti in flight meal dkk. Kalau sampai ada perbedaan berarti regulatornya yang gak bener karena acuannya sama kok aturan dari dgcanya.carl wrote: Mon Oct 29, 2018 11:48 Kira2 SMers ada yang tahu, apakah Low Cost Carrier punya standar maintenance pesawat yang sama dengan Flag Carrier? Soalnya saya pernah denger cerita dari pilot flag carrier kalo maintenance LCC itu gak seketat flag carrier....
Btw tidak menjamin pesawat yang sangat baru bebas defect karena ikutnya itu bathtub curve bukan linear
dan inget, ada larangan terbang dari UE dan US itu dicabutnya kapan.. kalo beda beda berarti ada pemenuhan standar yang beda yang satu cepet satu lama.. IMHO..
harapan saya jg semoga standar safety itu mutlak beda cuma pemanis kaya om bilang.. hopefully
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5951
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Kecelakaan pesawat lion air jakarta- pangkal pinang
Emang sih Lion ini paling banyak "kasus".
Ya tapi kan populasi mereka paling banyak, seperti misal kenapa kita sering liat Avanza kecelakaan karena populasi mereka paling banyak.
Tapi ya karena kebanyakan populasi kebanyakan rute, system sama HR nya kadang keteteran ngikutin jadwal.
Apalg enaknya Lion ini selain dia paling murah, dia trbang ke banyak rute, terus banyak pilihan jam.
Hehehe.
Ya tapi kan populasi mereka paling banyak, seperti misal kenapa kita sering liat Avanza kecelakaan karena populasi mereka paling banyak.
Tapi ya karena kebanyakan populasi kebanyakan rute, system sama HR nya kadang keteteran ngikutin jadwal.
Apalg enaknya Lion ini selain dia paling murah, dia trbang ke banyak rute, terus banyak pilihan jam.
Hehehe.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1112
- Joined: Wed Mar 15, 2017 9:14
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: Yamaha
Re: Apakah B 737 MAX & LEAP engine = Perlu RECALL ?
bukannya maintenance itu dihandle sama perusahaan yang berbeda ya ?dittotama wrote: Tue Oct 30, 2018 1:21yakin om cuma beda pemanis? mungkin SOP nya sama tapi dikerjainya gimana ada yg tau? atau cb di survei basic salary pegawai antar carrier kaya FOO nya kecuali flight deck crew,, bisa jd salah satu faktor.. bisa jadi... IMHOSPH wrote: Mon Oct 29, 2018 13:22Enggak ada cerita gitu om, semuanya sama untuk kebutuhan basic. Bedanya lcc sama flag carrier itu cuman di pemanis aja seperti in flight meal dkk. Kalau sampai ada perbedaan berarti regulatornya yang gak bener karena acuannya sama kok aturan dari dgcanya.carl wrote: Mon Oct 29, 2018 11:48 Kira2 SMers ada yang tahu, apakah Low Cost Carrier punya standar maintenance pesawat yang sama dengan Flag Carrier? Soalnya saya pernah denger cerita dari pilot flag carrier kalo maintenance LCC itu gak seketat flag carrier....
Btw tidak menjamin pesawat yang sangat baru bebas defect karena ikutnya itu bathtub curve bukan linear
dan inget, ada larangan terbang dari UE dan US itu dicabutnya kapan.. kalo beda beda berarti ada pemenuhan standar yang beda yang satu cepet satu lama.. IMHO..
harapan saya jg semoga standar safety itu mutlak beda cuma pemanis kaya om bilang.. hopefully
di bandara Soetta saya lihat ada gedung Garuda Maintenance Facility, tapi gak ada Lion air maintenance,
kalo pas lewat, suka liat juga pesawat non garuda didalam hanggarnya,
jadi asumsi bloon saya, penerbangan lain ya nebeng ke GMF itu servisnya...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3044
- Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Delman
Re: Apakah B 737 MAX & LEAP engine = Perlu RECALL ?
Lion juga punya semacem "GMF-nya" um, di Batam, namanya Batam AeroTechnic. Cuman kalau lagi kendala di jakarta, dan butuh perbaikan saat itu juga ya mau gamau dioper masuk GMF dulu. Tapi kalau scheduled maintenance alias serpis berkala, larinya ke batam situ.IGedeAmat wrote: Tue Oct 30, 2018 1:42
bukannya maintenance itu dihandle sama perusahaan yang berbeda ya ?
di bandara Soetta saya lihat ada gedung Garuda Maintenance Facility, tapi gak ada Lion air maintenance,
kalo pas lewat, suka liat juga pesawat non garuda didalam hanggarnya,
jadi asumsi bloon saya, penerbangan lain ya nebeng ke GMF itu servisnya...

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 601
- Joined: Mon Oct 02, 2017 10:20
- Location: Jakarta
Re: Apakah B 737 MAX & LEAP engine = Perlu RECALL ?
kalau faktor maintenace pesawat kita juga gak ngerti ya Om, karena pasti hal tersebut tidak mungkin diungkap ke publik. Tapi yang pasti fatigue level dan stress level crew nya beda, dimana dalam LCC utilitas crew dipush sampai ke limit maksimal mereka, dimana crew LCC bisa tugas ke tujuan yang lebih banyak dalam sehari dibanding full service airlines (IMHO), belum lagi apabila crew harus menginap mungkin kualitas hotel/penginapan full service airlines berbeda dengan penginapan untuk crew LCC, sehingga dengan stress level yang berbeda kemungkinan faktor human errornya lebih tinggidittotama wrote: Tue Oct 30, 2018 1:21yakin om cuma beda pemanis? mungkin SOP nya sama tapi dikerjainya gimana ada yg tau? atau cb di survei basic salary pegawai antar carrier kaya FOO nya kecuali flight deck crew,, bisa jd salah satu faktor.. bisa jadi... IMHOSPH wrote: Mon Oct 29, 2018 13:22Enggak ada cerita gitu om, semuanya sama untuk kebutuhan basic. Bedanya lcc sama flag carrier itu cuman di pemanis aja seperti in flight meal dkk. Kalau sampai ada perbedaan berarti regulatornya yang gak bener karena acuannya sama kok aturan dari dgcanya.carl wrote: Mon Oct 29, 2018 11:48 Kira2 SMers ada yang tahu, apakah Low Cost Carrier punya standar maintenance pesawat yang sama dengan Flag Carrier? Soalnya saya pernah denger cerita dari pilot flag carrier kalo maintenance LCC itu gak seketat flag carrier....
Btw tidak menjamin pesawat yang sangat baru bebas defect karena ikutnya itu bathtub curve bukan linear
dan inget, ada larangan terbang dari UE dan US itu dicabutnya kapan.. kalo beda beda berarti ada pemenuhan standar yang beda yang satu cepet satu lama.. IMHO..
harapan saya jg semoga standar safety itu mutlak beda cuma pemanis kaya om bilang.. hopefully
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 833
- Joined: Thu Aug 27, 2009 4:59
- Location: Serpong
- Daily Vehicle: Brio Dipanjangin
Re: Kecelakaan pesawat lion air jakarta- pangkal pinang
kalau benaran ada kejadian begini sudah seram sekali. Mungkin penumpang pesawat kita harus diedukasi untuk lebih berani membela hak, apabila ada kesalahan teknis begini harus ramai-ramai tuntut ganti pesawat.demonicorchestra wrote: Tue Oct 30, 2018 1:05 Sumber: IG
Jd ogah ane naik Lion buat kedepannya klo servicenya ancur2an kek gini, lebih prefer Garuda/Citilink utk rute domestik
20181030_080115.jpg
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3044
- Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Delman
Re: Apakah B 737 MAX & LEAP engine = Perlu RECALL ?
Saya ada pengalaman kerja (tidak lama) di burung hijau. Utilitas betul memang "lebih maksimal" dibanding si induk. Cuman tetap ada limitnya sesuai aturan internasional. Kalau hotel crew, sepanjang yang saya tahu masih dikasih kelas bintang 3 kadang bintang 4 (gatau sekarang ya).casabalancas wrote: Tue Oct 30, 2018 1:49
kalau faktor maintenace pesawat kita juga gak ngerti ya Om, karena pasti hal tersebut tidak mungkin diungkap ke publik. Tapi yang pasti fatigue level dan stress level crew nya beda, dimana dalam LCC utilitas crew dipush sampai ke limit maksimal mereka, dimana crew LCC bisa tugas ke tujuan yang lebih banyak dalam sehari dibanding full service airlines (IMHO), belum lagi apabila crew harus menginap mungkin kualitas hotel/penginapan full service airlines berbeda dengan penginapan untuk crew LCC, sehingga dengan stress level yang berbeda kemungkinan faktor human errornya lebih tinggi
Turut menjawab yang diatas, kalau aircraft maintenance mereka sudah punya AMM sebagai standar baku dalam troubleshooting n repair procedure.
Tapi kalau ngomong decision release boleh atau tidak untuk terbang, saya ga pernah ada info tapi jika kita menilik kasus adam air KI574, hasil investigasi KNKT dan NTSB, seinget saya disebutkan kalau pilot2 sudah sering melaporkan adanya malfunction, tapi engineer tetap release terbang yang ternyata karena adanya desakan management (supaya utilisasi pesawat terus tercapai target).....
edit: cuman untuk kasus JT ini, saya gamau berspekulasi lebih dalam deh, paling bener nunggu hasil KNKT n NTSB aja. Kaya AirAsia yg lalu, banyak spekulasi ternyata karena masalah solderan cuman berapa mm doang besarnya padahal.

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1464
- Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39
Re: Kecelakaan pesawat lion air jakarta- pangkal pinang
Saya pernah mengalami hal itu, ya persis di maskapai Baterai Lithium isi ulang ini..demonicorchestra wrote: Tue Oct 30, 2018 1:05 Sumber: IG
Jd ogah ane naik Lion buat kedepannya klo servicenya ancur2an kek gini, lebih prefer Garuda/Citilink utk rute domestik
20181030_080115.jpg
Dari Banjarmasin-CGK, Tadinya saya mau pakai Garuda, tapi yang jam 16.00 habis, lalu di tawari yang jam 20.00 atau dengan maskapai "ini" jam 15.30, karena ingin cepat saya pilih penerbangan sore itu, eh ternyata delay sampai jam 20.00 juga dan saat kami akan berangkat, Garuda yang jadwal jam 20.00 itu juga sudah siap mau berangkat...
Ya naik pesawat rasa bis kota ekonomi.

-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 42
- Joined: Fri Aug 04, 2017 7:26
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Livina_XGear
Re: Apakah B 737 MAX & LEAP engine = Perlu RECALL ?
Lion di batam maintenance facilitynya, tapi setiap base pasti ada mekanik, dispatcher, manajer operasi base dari masing" carrier buat kasi greenlight pesawat bisa take off apa ngga.. apalagi Soetta, ngga mungkin ngga ada orang carrier asli disitu..IGedeAmat wrote: Tue Oct 30, 2018 1:42 bukannya maintenance itu dihandle sama perusahaan yang berbeda ya ?
di bandara Soetta saya lihat ada gedung Garuda Maintenance Facility, tapi gak ada Lion air maintenance,
kalo pas lewat, suka liat juga pesawat non garuda didalam hanggarnya,
jadi asumsi bloon saya, penerbangan lain ya nebeng ke GMF itu servisnya...
iya, ini maksudnya om.. jd ngga cuma beda pemanis aja.. workhours beda, transit time LCC sama Full service beda, fasilitas kru dan ground handling jg.. tapi ngga berarti lcc jelek juga... manajemen punya andil besar ngurus suatu hal, makanya di post sebelumnya saya sempet singgung mungkin SOP nya sama tp dikerjainnya gimana mempertimbangkan banyak faktor lain di luar SOPcasabalancas wrote: Tue Oct 30, 2018 1:49 kalau faktor maintenace pesawat kita juga gak ngerti ya Om, karena pasti hal tersebut tidak mungkin diungkap ke publik. Tapi yang pasti fatigue level dan stress level crew nya beda, dimana dalam LCC utilitas crew dipush sampai ke limit maksimal mereka, dimana crew LCC bisa tugas ke tujuan yang lebih banyak dalam sehari dibanding full service airlines (IMHO), belum lagi apabila crew harus menginap mungkin kualitas hotel/penginapan full service airlines berbeda dengan penginapan untuk crew LCC, sehingga dengan stress level yang berbeda kemungkinan faktor human errornya lebih tinggi
after all balik lagi.. semoga safety itu mutlak jangan di tawar"...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1224
- Joined: Wed May 07, 2014 2:36
Re: Kecelakaan pesawat lion air jakarta- pangkal pinang
Apakah JT610 yg dimaksud di cerita tsb memang benar PK-LQP yg jatuh?demonicorchestra wrote: Tue Oct 30, 2018 1:05 Sumber: IG
Jd ogah ane naik Lion buat kedepannya klo servicenya ancur2an kek gini, lebih prefer Garuda/Citilink utk rute domestik
20181030_080115.jpg
Krn saya dapat info kalo nomor penerbangan sama, tapi beda rute blm tentu pake pesawat yg sama.