Kenapa Datsun Cross susah laris?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 543
- Joined: Sat May 09, 2015 8:55
- Location: Sidoarjo, Surabaya, Jakarta
- Daily Vehicle: Potato Car
Re: Kenapa Datsun Cross susah laris?
Setuju sama jawaban diatas, valuenya ga ada bahkan jika dibandingkan dengan saudaranya sendiri (go fl/go+ fl). Improvementnya sih sebenarnya udah lumayan, tapi kalo bisa beli lcgcnya ngapain beli cross yg non-lcgc?
Dan satu lagi, imej. Entah kenapa lebih bisa "bangga" pake ayla daripada pake datsun
Dan satu lagi, imej. Entah kenapa lebih bisa "bangga" pake ayla daripada pake datsun
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 268
- Joined: Thu Aug 06, 2015 6:22
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: CM5
Re: Kenapa Datsun Cross susah laris?
luarnya sih okelah ada improvement...daleman nya itu lah...kaya naek koasi jaman ane sd dulu...big no no
Past : G100 CB-23 '87, DanGan 4G15 '90, Fj 40 '82, TBR541 LS At '00, T32 QR25DE '16, C24 QR20DE '11, F30 330i, GK 5 MT '15, C11 MR18DE '06
Present : CM5 K24 '04, RV3 '22
Present : CM5 K24 '04, RV3 '22
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1612
- Joined: Thu Oct 01, 2015 1:05
Re: Kenapa Datsun Cross susah laris?
Karena logo nya.
Kalau nissan mungkin OK.
Dan lagi karena base datsun GO nya masih kelihatan banget, jadi market pikir ini masih sama aja kualitasnya.
Kalau nissan mungkin OK.
Dan lagi karena base datsun GO nya masih kelihatan banget, jadi market pikir ini masih sama aja kualitasnya.
SUBARU INDONESIA
Instagram : subaru.sales.id
Instagram : subaru.sales.id
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 474
- Joined: Sun Dec 27, 2015 6:41
- Location: Bekasi
Re: Kenapa Datsun Cross susah laris?
Datsun go cross overpriced? Bener banget.
Tapi setelah liat brio rs 190jt lebih overpriced lagi.
Perbedaan datsun cross vs brio rs
1. Headrest adjustable
2. Mesin 3 vs 4 silinder
Sisanya? Hampir ga ada. Persamaannya adalah kualitas interior yang sama sama menyedihkan
Tapi setelah liat brio rs 190jt lebih overpriced lagi.
Perbedaan datsun cross vs brio rs
1. Headrest adjustable
2. Mesin 3 vs 4 silinder
Sisanya? Hampir ga ada. Persamaannya adalah kualitas interior yang sama sama menyedihkan
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 36
- Joined: Thu Mar 02, 2017 9:08
- Location: jakarta
- Daily Vehicle: ertiga
Re: Kenapa Datsun Cross susah laris?
Yup dengan harga segitu ane mending ambil confero ato sekenan ertiga....soerya0711 wrote: Tue Oct 02, 2018 2:16 Coba pertanyaan nya dibalik sbb :
Kalau anda diberi uang senilai harga Datsun Cross (sekitar 165-170 jt), anda akan pilih mobil apa ?
Baru & LCGC ?
Calya, Sigra, Agya, Ayla, Brio lebih menarik dengan harga lebih murah, Hp lbh besar, mesin 4 Cyl, image brand, ASS.
2nd Car tahun muda ?
LMPV, AvXen, Mobilio, R3 juga masih dapat di budget segitu untuk yg mint condition.
Software Payroll Indonesia : https://payrollgratis.wordpress.com
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1221
- Joined: Tue Nov 15, 2016 5:22
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: Mazda 2
Re: Kenapa Datsun Cross susah laris?
Pendapat saya kayaknya gak mainstream, tapi rasanya karena datsun lupa ganti model buntutnya... coba buntutnya rombak total kyk brio, orang gak akan ngeh kalo cross based on datsun go, terlebih nama produknya juga udah beda (gak pake embel2 go)
Ditambah lagi datsun go dashlift pake dashboard yang sama dgn cross... ketauan deh
Intinya kurang diferensiasi, basis boleh sama utk cost cutting, yg penting dari luar harus keliatan beda apalagi harganya segitu... dijamin banyak orang yg gak ngeh kalau basisnya sama dgn mobil yg lebih murah (contoh: renault koleos dgn x-trail)
Ditambah lagi datsun go dashlift pake dashboard yang sama dgn cross... ketauan deh

Intinya kurang diferensiasi, basis boleh sama utk cost cutting, yg penting dari luar harus keliatan beda apalagi harganya segitu... dijamin banyak orang yg gak ngeh kalau basisnya sama dgn mobil yg lebih murah (contoh: renault koleos dgn x-trail)
P5-VPS | L15Z5 | MR20DD | 2AR-FE
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 917
- Joined: Thu Feb 04, 2010 8:44
Re: Kenapa Datsun Cross susah laris?
kyknya baru honda ya yang PD jualan mbl 2 tipe LCGC dan non LCGC dgn basic yg sama dan keduanya lumayan penjualannya , pdhl hrg g murah kualitas ya gitu
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 92
- Joined: Sat Mar 14, 2015 1:28
Re: Kenapa Datsun Cross susah laris?
Jawaban yg paling mantappatrickstar wrote: Tue Oct 02, 2018 1:50 Q : "Kenapa Datsun Cross susah laris?"
A : "Kenapa beli Datsun Cross?"

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 289
- Joined: Tue Dec 13, 2016 5:41
Re: Kenapa Datsun Cross susah laris?
Sepertinya sudah salah strategi dari awal..
Dari awal Datsun memposisikan dirinya sebagai merk yg supermurah dan bisa dijangkau first time buyer jadi cuma concern sama cost dan harga jual, sisanya bener-bener gak diperhatiin. Akibatnya: bahkan orang yg awam soal otomotif pun bilang kalau datsun itu barang jelek...dan gak sedikit yg cancel orderan taksi online kalau dapet datsun.
Padahal menurut pendapat saya pribadi (di Indo ya saya gatau negara lain gimana) orang itu beli mobil gak cuma sekadar buat alat transportasi...tapi juga pengen gaya (minimal merasa bangga kalau diliat tetangga) jadi ya otomatis disaat ada rival dengan merk lebih mainstream mengeluarkan produk sekelas dengan model, fitur dan kualitas yg jauh lebih baik...ya otomatis datsun akan ditinggal calon pembeli.
Gak masalah keluar uang lebih (paling nambah cicilan dikit) yg penting dapet barang yg menurut konsumen lebih oke modelnya dan kualitasnya mendingan.
There's no second chance to make a first impression.
Dari awal Datsun memposisikan dirinya sebagai merk yg supermurah dan bisa dijangkau first time buyer jadi cuma concern sama cost dan harga jual, sisanya bener-bener gak diperhatiin. Akibatnya: bahkan orang yg awam soal otomotif pun bilang kalau datsun itu barang jelek...dan gak sedikit yg cancel orderan taksi online kalau dapet datsun.
Padahal menurut pendapat saya pribadi (di Indo ya saya gatau negara lain gimana) orang itu beli mobil gak cuma sekadar buat alat transportasi...tapi juga pengen gaya (minimal merasa bangga kalau diliat tetangga) jadi ya otomatis disaat ada rival dengan merk lebih mainstream mengeluarkan produk sekelas dengan model, fitur dan kualitas yg jauh lebih baik...ya otomatis datsun akan ditinggal calon pembeli.
Gak masalah keluar uang lebih (paling nambah cicilan dikit) yg penting dapet barang yg menurut konsumen lebih oke modelnya dan kualitasnya mendingan.
There's no second chance to make a first impression.
ap kt nt aj
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3032
- Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
- Location: Indonesia
Re: Kenapa Datsun Cross susah laris?
Gw aja kg pernah ngeliat seekor datsun cross dijalanan raya semenjak launching. CH-R jg enggak pernah nemu dijalan...
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11778
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Kenapa Datsun Cross susah laris?
justru kalo laku malah surprised
kompetitornya terlalu kuat dan dimana2 cuma ada 2 pemain, market leader dan market challenger. Sisanya pemain figuran. Brand level: mercy-bmw, toyota-honda, fuso-hino, ferrari-lambo, cat-komatsu, dst. Model level: camry accord, corolla civic, vios city, yaris jazz, crv xtrail, pajero fortuner, dst.
Kapasitas memory manusia memang terbatas dlm mengingat2 top-of-mind awareness dan mayoritas utk hal mendasar cenderung risk-averse. figuran baru bisa menang kalau punya unique selling proposition (usp) yg menohok (menjawab niche demands of consumers). mungkin contohnya panther diantara kijang kuda dulu. imho
kompetitornya terlalu kuat dan dimana2 cuma ada 2 pemain, market leader dan market challenger. Sisanya pemain figuran. Brand level: mercy-bmw, toyota-honda, fuso-hino, ferrari-lambo, cat-komatsu, dst. Model level: camry accord, corolla civic, vios city, yaris jazz, crv xtrail, pajero fortuner, dst.
Kapasitas memory manusia memang terbatas dlm mengingat2 top-of-mind awareness dan mayoritas utk hal mendasar cenderung risk-averse. figuran baru bisa menang kalau punya unique selling proposition (usp) yg menohok (menjawab niche demands of consumers). mungkin contohnya panther diantara kijang kuda dulu. imho
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1553
- Joined: Sun Aug 26, 2012 12:36
- Location: Riau
Re: Kenapa Datsun Cross susah laris?
kalo kata fansboy militan di blog roda 2 ini mobil plonga plongo calon penunggu gudang 

-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 33
- Joined: Thu Jan 04, 2018 3:24
Re: Kenapa Datsun Cross susah laris?
Harusnya datsun membangun brand image mobil murah yang aman, aman disini maksudnya bukan dilengkapi active safety, tapi lebih ke passivenya. buat apa kita beli boil yang ada fitur gimmic active safety tapi pas ada accident kecil perbaikan besar. This is indonesia, when people touch their body panel though. Belajarlah dari merk sebelah yang ngebangun mobil LCGC dengan shell body yg lumayan solid, that's not guarantee you will be safe 100%, but in another hand makes you peace of mind when drive it. Sampe bengkel langganan saya bilang buat ngelurusin dudukan grill depan datsun go aja bisa diketok pake palu. LOL...
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 450
- Joined: Tue Jan 09, 2018 1:09
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: ex user EV yg balik ke ICE
Re: Kenapa Datsun Cross susah laris?
di Bogor (Kota) kok cukup banyak ya ini Datsun X (baca : Cross)
kalau seputaran Jaksel baru nemu 1 di parkiran kantor nyonya...
kalau seputaran Jaksel baru nemu 1 di parkiran kantor nyonya...
Past :
1x1 XM 2023 | 1 Speed Direct Drive 26.7 kWh
Now :
2AZ-FE 2011
1x1 XM 2023 | 1 Speed Direct Drive 26.7 kWh
Now :
2AZ-FE 2011
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 27
- Joined: Sun Sep 23, 2018 0:12
Re: Kenapa Datsun Cross susah laris?
Seumur-umur baru sekali liat datsun cross ini dan itupun tadi di drop off.
IMO kalo dulu ganti tampilan belakang + interior kayanya bakal bernasip sedikit lebih baik. kayanya dulu konsep yang dipamerin bentukannya lebih ke kelasnya rushter

IMO kalo dulu ganti tampilan belakang + interior kayanya bakal bernasip sedikit lebih baik. kayanya dulu konsep yang dipamerin bentukannya lebih ke kelasnya rushter

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1437
- Joined: Thu Aug 02, 2018 4:43
- Location: Jakarta
Re: Kenapa Datsun Cross susah laris?
image mobil murah...
so, ngapain beli mobil image murah dengan harga mahal?
so, ngapain beli mobil image murah dengan harga mahal?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 601
- Joined: Mon Oct 02, 2017 10:20
- Location: Jakarta
Re: Kenapa Datsun Cross susah laris?
gak laku, eeh taunya di masa depan jadi collector item kyk Datsun 810 (ngayal) wkwkwk
-
- SM Specialist
- Posts: 16668
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Kenapa Datsun Cross susah laris?
Padahal sebenernya si Crot ini punya segudang kelengkapan yang cukup "premium" ... yang enggak terpikirkan.
Tapi yah namanya citra udah kebangun jelek emang susah.
Dan orang kita kebanyakan memandang mobil berdasarkan "kelas" a.k.a gengsi dan bukan "fungsi" ... Padahal klo secara fungsi, si Crot ini pas banget mobil tinggi (200mm coyyy) irit ramping murah meriah, bagasi luas (baris 3 buang aja) ketimbang Ignis... ndak segendut avanza apalagi rusuh atau fortuner... cuma kan mesthi orang ngomong "ah daripada gitu mending Xenia atau Wuling dong, KELASnya beda bos" ...
Setidaknya, buat yang gak punya car port, gak ngabisin jalan lah klo parkir di pinggir jalan... kegores becak lewat yaudah pasrah...
Tapi yah namanya citra udah kebangun jelek emang susah.
Dan orang kita kebanyakan memandang mobil berdasarkan "kelas" a.k.a gengsi dan bukan "fungsi" ... Padahal klo secara fungsi, si Crot ini pas banget mobil tinggi (200mm coyyy) irit ramping murah meriah, bagasi luas (baris 3 buang aja) ketimbang Ignis... ndak segendut avanza apalagi rusuh atau fortuner... cuma kan mesthi orang ngomong "ah daripada gitu mending Xenia atau Wuling dong, KELASnya beda bos" ...
Setidaknya, buat yang gak punya car port, gak ngabisin jalan lah klo parkir di pinggir jalan... kegores becak lewat yaudah pasrah...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1432
- Joined: Mon Nov 15, 2010 10:28
- Daily Vehicle: K24 RM3
Re: Kenapa Datsun Cross susah laris?
Benar om saya pake yg versi lcgc yg panjang aja sbenarnya lumayan puas ama ukurannya yg compact, gampang banget kl mau nyelip2 dan bisa bawa barang banyak. Surprisingly untuk tb 180 engga berasa sempit di dalam, bahkan di row 2 sekalipun (headroomnya terutama). Cuma ya minusnya itu aja sih saya ga suka ama 3 silinderChZ wrote: Sat Oct 06, 2018 3:02 Padahal sebenernya si Crot ini punya segudang kelengkapan yang cukup "premium" ... yang enggak terpikirkan.
Tapi yah namanya citra udah kebangun jelek emang susah.
Dan orang kita kebanyakan memandang mobil berdasarkan "kelas" a.k.a gengsi dan bukan "fungsi" ... Padahal klo secara fungsi, si Crot ini pas banget mobil tinggi (200mm coyyy) irit ramping murah meriah, bagasi luas (baris 3 buang aja) ketimbang Ignis... ndak segendut avanza apalagi rusuh atau fortuner... cuma kan mesthi orang ngomong "ah daripada gitu mending Xenia atau Wuling dong, KELASnya beda bos" ...
Setidaknya, buat yang gak punya car port, gak ngabisin jalan lah klo parkir di pinggir jalan... kegores becak lewat yaudah pasrah...
kl masalah material/BQ sih even mobil 300 juta++ saya ga gitu peduli sih, lebih mentingin fungsi ama design exterior aja.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1464
- Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39
Re: Kenapa Datsun Cross susah laris?
Di Masjid kantor saya, rutin tiap jumat pasti ada sales dari berbagai merek mainstream datang bawa mobil mereka dan bagi2 brosur, meja kerja saya cukup penuh brosur karena hampir tiap pulang Jumatan dikasih brosur.
Dat Cross beberapa kali saya lihat datang. Jika di hari bersamaan yang datang ada DatCross, AN Ertiga, Mobilio, Terios maka yang lihat-lihat si Cross ini bisa dibilang Paling sedikit.
Orang masih terpikir kalau Dat ini mobil murah tapi kaget harganya hampir dekat ke Avanza Xenia lalu sebagian orang yang sudah punya LMPV ditempat saya mulai bergeser, mereka lebih tertarik mengganti LMPV lawas dengan upgrade ke kelas atasnya meskipun bekas seperti Innova, Odyssey, Fortuner lawas, CRV RE atau HRV.
Termasuk saya pilih mobil bekas, mobil medium dalam usia 5-7thn dipasar mobkas baik dari Pedege atau pemilik dari yang saya amati kondisi interior secara umum cukup banyak unitnya yang tidak beda jauh dari kondisi baru, tapi kita dapat depresiasi mobil medium yang cukup besar sehingga beberapa orang yang pernah punya LMPV dan sudah mulai berpengalaman pelihara mobil akhirnya mulai mengambil resiko dengan mobkas medium, dimana risikonya justru semakin kecil karena akses informasi yang lebih mudah.
Jadi tantangan LMPV saat ini tidak hanya dari para kompetitor tapi juga dari pasar mobkas medium yang harganya setara LMPV baru.
Dat Cross beberapa kali saya lihat datang. Jika di hari bersamaan yang datang ada DatCross, AN Ertiga, Mobilio, Terios maka yang lihat-lihat si Cross ini bisa dibilang Paling sedikit.
Orang masih terpikir kalau Dat ini mobil murah tapi kaget harganya hampir dekat ke Avanza Xenia lalu sebagian orang yang sudah punya LMPV ditempat saya mulai bergeser, mereka lebih tertarik mengganti LMPV lawas dengan upgrade ke kelas atasnya meskipun bekas seperti Innova, Odyssey, Fortuner lawas, CRV RE atau HRV.
Termasuk saya pilih mobil bekas, mobil medium dalam usia 5-7thn dipasar mobkas baik dari Pedege atau pemilik dari yang saya amati kondisi interior secara umum cukup banyak unitnya yang tidak beda jauh dari kondisi baru, tapi kita dapat depresiasi mobil medium yang cukup besar sehingga beberapa orang yang pernah punya LMPV dan sudah mulai berpengalaman pelihara mobil akhirnya mulai mengambil resiko dengan mobkas medium, dimana risikonya justru semakin kecil karena akses informasi yang lebih mudah.
Jadi tantangan LMPV saat ini tidak hanya dari para kompetitor tapi juga dari pasar mobkas medium yang harganya setara LMPV baru.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1464
- Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39
Re: Kenapa Datsun Cross susah laris?
Masalahnya Nissan aja melempem, apalagi second line nya.. Teman saya punya Goplus, entah apa yang dia hajar sampai bak oli bocor, 6 bulan di bengkel ga kelar-kelar akhirnya sekarang dijual.. Oya teman saya ada yang pernah tertarik, tapi begitu tahu dapat bintang Nol di Asean NCAP, langsung ga jadi dan ga pernah lirik2 lagi merek ini sampai akhir dia pilih ANGL.ChZ wrote: Sat Oct 06, 2018 3:02 Padahal sebenernya si Crot ini punya segudang kelengkapan yang cukup "premium" ... yang enggak terpikirkan.
Tapi yah namanya citra udah kebangun jelek emang susah.
Dan orang kita kebanyakan memandang mobil berdasarkan "kelas" a.k.a gengsi dan bukan "fungsi" ... Padahal klo secara fungsi, si Crot ini pas banget mobil tinggi (200mm coyyy) irit ramping murah meriah, bagasi luas (baris 3 buang aja) ketimbang Ignis... ndak segendut avanza apalagi rusuh atau fortuner... cuma kan mesthi orang ngomong "ah daripada gitu mending Xenia atau Wuling dong, KELASnya beda bos" ...
Setidaknya, buat yang gak punya car port, gak ngabisin jalan lah klo parkir di pinggir jalan... kegores becak lewat yaudah pasrah...