Antara ANKI 2.0V AT dan 2.4V AT
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1220
- Joined: Tue Nov 15, 2016 5:22
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: Mazda 2
Re: Antara ANKI 2.0V AT dan 2.4V AT
Kalau generasi ANKI sih diesel deh... dari GNKI bobot nambah 200+ kg soalnya. GNKI bensin AT aja kan tau sendiri, dan cuma nambah dikit doang itu improvement mesin 1TR. Kalo manual mungkin masih ok. Lain cerita kalo diesel, putu jedug issues aside, 2GD dibanding 2KD non VNT sama2 standar ya jauh even though dgn penambahan bobot segitu.
Fun fact, media sini setau saya gak ada yg ngetes performa & keiritan ANKI bensin matic (tahun lalu nyari2 soalnya krn mau compare sama GNKI). Kalo bensin paling manual, ngga tau memang gak ngetes atau gak berani ngetes
Fun fact, media sini setau saya gak ada yg ngetes performa & keiritan ANKI bensin matic (tahun lalu nyari2 soalnya krn mau compare sama GNKI). Kalo bensin paling manual, ngga tau memang gak ngetes atau gak berani ngetes
P5-VPS | L15Z5 | MR20DD | 2AR-FE
-
- SM Specialist
- Posts: 15730
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Antara ANKI 2.0V AT dan 2.4V AT
200kg itu bobot sasis nya ya oom? selisih bobot GNKI vs ANKI yang bensin sama 200 kg juga om?adrevolution wrote: ↑Thu Aug 02, 2018 7:39 Kalau generasi ANKI sih diesel deh... dari GNKI bobot nambah 200+ kg soalnya. GNKI bensin AT aja kan tau sendiri, dan cuma nambah dikit doang itu improvement mesin 1TR. Kalo manual mungkin masih ok. Lain cerita kalo diesel, putu jedug issues aside, 2GD dibanding 2KD non VNT sama2 standar ya jauh even though dgn penambahan bobot segitu.
Fun fact, media sini setau saya gak ada yg ngetes performa & keiritan ANKI bensin matic (tahun lalu nyari2 soalnya krn mau compare sama GNKI). Kalo bensin paling manual, ngga tau memang gak ngetes atau gak berani ngetes
Krn bisa jadi yang 2GD lebih berat akibat mesin dieselnya. Penasaran sih dari dulu.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1220
- Joined: Tue Nov 15, 2016 5:22
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: Mazda 2
Re: Antara ANKI 2.0V AT dan 2.4V AT
Sepertinya begitu, sempat liat2 bbrp brosur ANKI dr negara2 lain yg nyantumin bobotnya, even yg 1TR sekitar 1.7 ton sedangkan GNKI 1TR masih sekitar 1.5 ton. Yg 2GD 1.8 ton, tapi torsinya kan juga gede 350an Nm, naik dr GNKI 2KD AT di 260an Nm.ChZ wrote: ↑Thu Aug 02, 2018 8:01200kg itu bobot sasis nya ya oom?adrevolution wrote: ↑Thu Aug 02, 2018 7:39 Kalau generasi ANKI sih diesel deh... dari GNKI bobot nambah 200+ kg soalnya. GNKI bensin AT aja kan tau sendiri, dan cuma nambah dikit doang itu improvement mesin 1TR. Kalo manual mungkin masih ok. Lain cerita kalo diesel, putu jedug issues aside, 2GD dibanding 2KD non VNT sama2 standar ya jauh even though dgn penambahan bobot segitu.
Fun fact, media sini setau saya gak ada yg ngetes performa & keiritan ANKI bensin matic (tahun lalu nyari2 soalnya krn mau compare sama GNKI). Kalo bensin paling manual, ngga tau memang gak ngetes atau gak berani ngetes
Krn bisa jadi yang 2GD lebih berat akibat mesin dieselnya.
Ya panjangnya juga melar sih, bisa jd salah satu faktor kenapa curb weightnya naik lumayan.
P5-VPS | L15Z5 | MR20DD | 2AR-FE
-
- SM Specialist
- Posts: 15730
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Antara ANKI 2.0V AT dan 2.4V AT
wuik ngeri jg bobot sasis nambah 200kg... itu kya GNKI diisi 3-4 penumpang dewasa sih.adrevolution wrote: ↑Thu Aug 02, 2018 8:05
Sepertinya begitu, sempat liat2 bbrp brosur ANKI dr negara2 lain yg nyantumin bobotnya, even yg 1TR sekitar 1.7 ton sedangkan GNKI 1TR masih sekitar 1.5 ton. Yg 2GD 1.8 ton, tapi torsinya kan juga gede 350an Nm, naik dr GNKI 2KD AT di 260an Nm.
Ya panjangnya juga melar sih, bisa jd salah satu faktor kenapa curb weightnya naik lumayan.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 917
- Joined: Thu Feb 04, 2010 8:44
Re: Antara ANKI 2.0V AT dan 2.4V AT
kalau mikir resale value dan irit diesel aja om
tp kalau sensitif sama bau solar, sama getaran diesel dan suara yg sedikit lbh kasar, vote bensin aja (walaupun power mesin nya kalah sama diesel)
tp kalau sensitif sama bau solar, sama getaran diesel dan suara yg sedikit lbh kasar, vote bensin aja (walaupun power mesin nya kalah sama diesel)
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4324
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: Antara ANKI 2.0V AT dan 2.4V AT
Feeling saya sih kalau ntional wide, Anki bensin masih lebih tinggi angka salesnya dari Diesel.sintoni wrote: ↑Thu Aug 02, 2018 7:18Kalo menurut ane tergantung jualnya dimana om.nyotsaeba wrote: ↑Thu Aug 02, 2018 7:16Jd kepikiran, sebenernya dr sales nya tuh lakuan yg mana sih? Bensin or disel yasintoni wrote:Gini aja deh kalo menurut pandangan sotoy nubie.
Kalo yang bensin secara umum lebih baik daripada yang diesel, kok yang diesel dijual jauh lebih mahal?
Ini asal bunyi loh ya, pandangan sotoy aja. Jangan dianggap serius. Haahahahaha.
Kalo masih di luar pulau kayak Kalimantan, ane rasa masih jauh larisan yang bensin, di pedalaman susah Solar soalnya.
Kalo di Jawa mungkin sudah agak berimbang deh, tapi mungkin masih tetp larisan bensin.
Kebanyakan mobil kantor pake ANKI pasti ambil yag bensin, jarang yang diesel.
Diesel itu buat orang di kota besar, melek forum internet, tukang modif, raja kobel, dll
Tapi kalau orang awam, mobil dinas, mobil fleet, larinya ke bensin.
Kalau kita lakukan quicksurvey ngider parkiran Plaza Senayan yng bawah pohon, banyakan bensin..
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1431
- Joined: Mon Nov 15, 2010 10:28
- Daily Vehicle: K24 RM3
Re: Antara ANKI 2.0V AT dan 2.4V AT
Yang jelas 2.4 tenaganya lebih besar, jadi kl buat disetir sendiri pasti lebih enak.
Kecuali kl pemakaian buat macet2an ya memang mending bensin sekalian aja, lebih murah 30jt lebih dan bisa pertalite.
Kecuali kl pemakaian buat macet2an ya memang mending bensin sekalian aja, lebih murah 30jt lebih dan bisa pertalite.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1550
- Joined: Sun Aug 26, 2012 12:36
- Location: Riau
Re: Antara ANKI 2.0V AT dan 2.4V AT
Untuk di Riau Rata" Travel akdpnya pake anki diesel , dengan keiritan dan harga solar yg cuma 5 ribuan untungnya sekali trip lumayan .
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 433
- Joined: Thu May 04, 2017 14:22
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Innova
Re: Antara ANKI 2.0V AT dan 2.4V AT
Harus nya sih gitu, di kota kecil yg jalan sehari 20-30km doang sih ga terlalu berasa boros nya kijang bensin..sintoni wrote:Kalo menurut ane tergantung jualnya dimana om.nyotsaeba wrote: ↑Thu Aug 02, 2018 7:16Jd kepikiran, sebenernya dr sales nya tuh lakuan yg mana sih? Bensin or disel yasintoni wrote:Gini aja deh kalo menurut pandangan sotoy nubie.
Kalo yang bensin secara umum lebih baik daripada yang diesel, kok yang diesel dijual jauh lebih mahal?
Ini asal bunyi loh ya, pandangan sotoy aja. Jangan dianggap serius. Haahahahaha.
Kalo masih di luar pulau kayak Kalimantan, ane rasa masih jauh larisan yang bensin, di pedalaman susah Solar soalnya.
Kalo di Jawa mungkin sudah agak berimbang deh, tapi mungkin masih tetp larisan bensin.
Kebanyakan mobil kantor pake ANKI pasti ambil yag bensin, jarang yang diesel.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1207
- Joined: Tue Jan 05, 2016 0:58
- Location: Jakarta
Re: Antara ANKI 2.0V AT dan 2.4V AT
Nambahin dikit:ginting wrote:bantu jawab.quyquy wrote: ↑Thu Aug 02, 2018 3:35 Konsumsi bahan bakar irit diesel
Nah, skr running cost:
A. Cost bahan bakar
Bensin bisa pakai pertalite. Asumsi pakai 100km, dng perbandingan 1:7. Jd butuh dana 111.438nan.
Diesel pakai dexlite. Asumsi pakai 100k., dng perbandingan 1:10. Jadi butuh dana 90rb.
B. Cost filter2..
Filter bensin bisa dipakai long lasting. Sampai km 100rb pun gak ganti.
Filter solar sampai km 100rb kira2 sudah ganti berapa kali ya? maklum belum pernah pakai diesel.
C. Cost oli mesin
Utk bensin tiap 5000km ganti oli 5-6 literan.
Kalo yg diesel saya kurang tahu??
d. Cost busi
Utk bensin idealnya tiap 20rb gnt busi (pake busi biasa) walau toh sampi km 50rb pun msh oke.
Utk diesel free.
Nah silahkan para suhu diesel, tolong saya dibantu utk menginfokan point b dan c nya..
B. Cost Filter.
Untuk Mux sebagai perbandingan. harga filter buatan Thai (import) di Astra Isuzu 3 pcs (filter solar 2 biji (atas bawah), filter oli1 biji) kena sekitar Rp. 670 rban after disc). Tapi kalau mau murah, cari filter merek ASTRA ISUZU (ini kayak Aspira, kalo di motor) harganya 60,000 doang di JCO motor. Bentuk dan fungsi sama saja.
Kalau ANKI Diesel seingat saya filter solar cuma 1 dan harganya juga gak mahal.
Ini penggantian tiap 20,000 km (max)
D. Busi
Diesel gak punya busi, kalo glow plug internal sih lama banget tahannya...sama ajalah anggapannya kayak periodically ganti injector..
Jadi running cost menang diesel totally.
FC anki diesel kayaknya selalu diatas 1 : 10 dalkot, dan 1 : 12-13 lukot berdasarkan kawan kawan SM
Kalau acquisition cost, diesel lebih mahal.
Tapi lebih nanti setelah 5 thn maka selisih RV antara diesel dan bensin juga akan sebanding kok..
contoh GNKI diesel vs GNKI bensin AT, pasti bedanya jauh...
jadi anggap saja itu bukan expenses, tapi investment yg nanti masih bisa kembali.
B. Filter ada 2 harga 1jt an yg bawah, yg atas 300rban dan plus 2 screener di fuel tank ama crdi pump, screener jarang ganti.
Filter atas biasanya 30-40rb an, kalau nunggu fuel indicator di dadhboard.
C. Oli diesel 7.5 - 8 liter, biasa pake semi synth atau synthetic, 300 jam atau 8500 km
Setiap ada nanya seperti itu, saya selalu balik nanya...InnovaSirion wrote:Terima kasih banyak atas sarannya. Cukup membantu dalam mengambil keputusan.
Sudah diskusi sama istri, sepertinya kami akan ambil yang 2.4V AT.
Harga kebetulan tidak menjadi faktor di sini.
Sekali lagi, terima kasih banyak.
Sedikit mengenai SM ini, saya sebetulnya sudah lama sekali menjadi silent reader di sini.
Ini post pertama saya.
Kalau dari sisi cost dan simple...
Setahun dipakai berapa km?
Kalau di bawah 15k km, mending ambil bensin.
Kalau dah nagih dan butuh ama torsi besar, ambil diesel...
Kenceng2 jg mau kemana sih...
[emoji16] [emoji16] [emoji16]
Tertanda
User diesel...
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 263
- Joined: Fri Mar 13, 2015 4:14
Re: Antara ANKI 2.0V AT dan 2.4V AT
Saya rasa lebih bijak jangan compare harga.....tapi compare cost.halooo wrote: ↑Thu Aug 02, 2018 4:20 Sy jg lagi nyari anki at. Pengen diesel tapi selisih harganya sama bensin jauh banged. Ambillah selisih 50 jt utk type g at antara bensin dan diesel. Dgn asumsi pemakaian sehari cuma maks 20 kl harusnya selisih 50 jt tsb bisa menutupi ongkos bensin 5 th? Dan krn rencananya beli 2nd dan mau di finance kan harusnya lebih murah cicilan yg bensin drpd diesel......
Utk ts kadang ada yg pilih bensin krn ngga suka bau solar yg lebih menyengat dibanding bensin
Harga baru sekarang beda 30jt misalnya, nanti harga jual bekas nya gimana?
Pengalaman dulu 2011 ambil Innova diesel jual di 2016 cuman rugi 50-60 jt. (jual ke pedagang)
Kalo yang bensin tahun yang sama saya liat bisa rugi sekitar 60-70jt.
Belum lagi "mungkin"jualnya yang bensin akan lebih lama laku nya
-
- SM Specialist
- Posts: 15730
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Antara ANKI 2.0V AT dan 2.4V AT
Statement kontradiktif dari pengguna ANKI yang sudah disentuh ama dokter bebonk...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 289
- Joined: Sat May 02, 2015 18:58
Re: Antara ANKI 2.0V AT dan 2.4V AT
kalo pilihannya ada di trim yg sama sih ya dijel aja ya asal ga masalah sama bau dijelnya. kalo keheningan sih 1TR tu termasuk brisik utk mesin bensin menurut saya. ditempat saya kerja ada ANKI matic bensin itu lemot sih boros pula cuma dpt 1:6-7 dalkot itu juga injek gasnya toel2 manja
[2AR-FE] [L15B7] [2ZR-FE] [R18Z1] [L15A7]
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2568
- Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
- Location: Indonesia
Re: Antara ANKI 2.0V AT dan 2.4V AT
Selamat akhirnya om TS pilih yg diesel. Moga2 awet yah, spertinya kluaran skarang udah enggak ada masalah turbo kue putu sama jedag jedug transmisi lagi.InnovaSirion wrote: ↑Thu Aug 02, 2018 7:01 Sudah diskusi sama istri, sepertinya kami akan ambil yang 2.4V AT.
Harga kebetulan tidak menjadi faktor di sini.
Sekali lagi, terima kasih banyak.
Mobil ini trmasuk kenceng jg kok walaopun engine Standart, pake power mode trus pedal to metal, lari sampe 150 km/h trmasuk cepet.
Isi solar goceng jg langsung ngacirr.
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 298
- Joined: Mon Aug 10, 2009 3:01
Re: Antara ANKI 2.0V AT dan 2.4V AT
bener om, mesin 2GD ini walaupun diisi solar goceng tapi tetep bisa ngacir kok, saya sempet menyentuh 170kph di tol surabaya-mojokerto.KielConstantine wrote: ↑Fri Aug 03, 2018 7:27Selamat akhirnya om TS pilih yg diesel. Moga2 awet yah, spertinya kluaran skarang udah enggak ada masalah turbo kue putu sama jedag jedug transmisi lagi.InnovaSirion wrote: ↑Thu Aug 02, 2018 7:01 Sudah diskusi sama istri, sepertinya kami akan ambil yang 2.4V AT.
Harga kebetulan tidak menjadi faktor di sini.
Sekali lagi, terima kasih banyak.
Mobil ini trmasuk kenceng jg kok walaopun engine Standart, pake power mode trus pedal to metal, lari sampe 150 km/h trmasuk cepet.
Isi solar goceng jg langsung ngacirr.
msh ada nafasnya sampai lbh 180kph, tapi sayanya gak berani, rasanya kaya bawa speedboat, ngeri terbang...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4324
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: Antara ANKI 2.0V AT dan 2.4V AT
Selamat buat oom TS atas mobil barunya.KielConstantine wrote: ↑Fri Aug 03, 2018 7:27Selamat akhirnya om TS pilih yg diesel. Moga2 awet yah, spertinya kluaran skarang udah enggak ada masalah turbo kue putu sama jedag jedug transmisi lagi.InnovaSirion wrote: ↑Thu Aug 02, 2018 7:01 Sudah diskusi sama istri, sepertinya kami akan ambil yang 2.4V AT.
Harga kebetulan tidak menjadi faktor di sini.
Sekali lagi, terima kasih banyak.
Mobil ini trmasuk kenceng jg kok walaopun engine Standart, pake power mode trus pedal to metal, lari sampe 150 km/h trmasuk cepet.
Isi solar goceng jg langsung ngacirr.
Tsaaahhhh keracunan SM..
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 15
- Joined: Fri Jan 27, 2017 5:41
Re: Antara ANKI 2.0V AT dan 2.4V AT
Selamat ya...mau ngikutin nih.Info om...kena brp v at nya?di daerah mana nih...
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 119
- Joined: Fri Sep 11, 2009 11:35
Re: Antara ANKI 2.0V AT dan 2.4V AT
Bbrp waktu yg lalu ada nonton youtuber Bandung ambil ANKI V a/t gasoline utk menggantikan VRZ yg dijual di dealer Wijaya Toyota Dago. Alasan ambil TR engine karena yg 2GD all type habis stock dan hrs inden 3 bulan tentative krn 400 unit stock ready diborong untuk Asian Games. Udh keliling dealer di bandung raya dan sekitarnya memang tidak ada stock katanya.
ROAD CLOSED
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 26
- Joined: Tue Apr 10, 2018 13:57
- Location: Jakarta Selatan
- Daily Vehicle: Honda BRV
Re: Antara ANKI 2.0V AT dan 2.4V AT
Karena kantor itu ngebatasin di harga dan CC mobil. Tidak memperhatikan lagi cost2 turunannya Hehesintoni wrote:Kalo menurut ane tergantung jualnya dimana om.nyotsaeba wrote: ↑Thu Aug 02, 2018 7:16Jd kepikiran, sebenernya dr sales nya tuh lakuan yg mana sih? Bensin or disel yasintoni wrote:Gini aja deh kalo menurut pandangan sotoy nubie.
Kalo yang bensin secara umum lebih baik daripada yang diesel, kok yang diesel dijual jauh lebih mahal?
Ini asal bunyi loh ya, pandangan sotoy aja. Jangan dianggap serius. Haahahahaha.
Kalo masih di luar pulau kayak Kalimantan, ane rasa masih jauh larisan yang bensin, di pedalaman susah Solar soalnya.
Kalo di Jawa mungkin sudah agak berimbang deh, tapi mungkin masih tetp larisan bensin.
Kebanyakan mobil kantor pake ANKI pasti ambil yag bensin, jarang yang diesel.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1611
- Joined: Thu Oct 01, 2015 1:05
Re: Antara ANKI 2.0V AT dan 2.4V AT
2.4 lebih enak sih. Tapi ya kembali lagi ke pribadi masing².
Test drive saja dulu
Test drive saja dulu
SUBARU INDONESIA
Instagram : subaru.sales.id
Instagram : subaru.sales.id
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 165
- Joined: Thu Dec 20, 2018 5:05
Re: Antara ANKI 2.0V AT dan 2.4V AT
saran mending ambil yang 2.0 bensin aja , lebih murah dan suara mesin nya halus , dan lebih rendah getaran nya yahInnovaSirion wrote: ↑Thu Aug 02, 2018 2:57 Maap langsung saja, saya minta saran para SM-ers bila harus memilih antara ANKI 2.0V AT dan 2.4V AT.
Saya kebetulan pemakai Kijang sejak tahun 2004 (LGX 1.8 MT generasi terkahir sebelum generasi Innova hadir). Tahun 2007 ganti ke Innova 2.0G MT facelift pertama (sudah ada rear spoiler with brake lamp). Tahun 2013 ganti lagi ke Innova 2.0G AT sampai sekarang.
Dari serial waktu di atas, praktis saya belum pernah merasakan berkendara dengan mesin diesel.
Nah untuk ANKI ini, yang 2.4 diesel katanya sudah bagus dalam artian suara mesinnya sudah lebih halus, dan karena kekedapan kabin, suara mesin tidak begitu mengganggu. power juga lebih tinggi.
Masalahnya saya sudah terlalu nyaman dengan mesin bensinnya Kijang dari waktu ke waktu.
Sekali lagi mohon sarannya, karena bulan Agustus ini saya akan realisasikan ganti GNKI 2.0G AT saya ke ANKI V series.
Terima kasih.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 677
- Joined: Tue Apr 19, 2016 5:48
- Location: jogja, blitar, jakarta
Re: Antara ANKI 2.0V AT dan 2.4V AT
Om ts sdh ambil diesel..afareyzi256 wrote: ↑Mon Dec 24, 2018 10:02saran mending ambil yang 2.0 bensin aja , lebih murah dan suara mesin nya halus , dan lebih rendah getaran nya yah
Btw ga perlu tiap thread harus post full quote koq om..
Jangan menghina kalau masih bisa di hina
Jangan merendahkan kalau masih bisa di rendahkan
Jangan sok kaya, kalau masih punya hutang
Jangan merendahkan kalau masih bisa di rendahkan
Jangan sok kaya, kalau masih punya hutang