MPV ladder frame RWD Diesel apa tidak menarik di mata Produsen yak
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3209
- Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
- Location: idn, 18 mdpl
- Daily Vehicle: b48 1gd 4a9
Re: MPV ladder frame RWD Diesel apa tidak menarik di mata Produsen yak
Bisa dilihat swot nya. Atau...
1. Tidak memarik krn mungkin tidak ada untung/sedikit untung (udah hkm alam)
2. Development mahal namun hanya laku di bbrp negara, itupun juga dijadikan taxi
3.mari ambil contoh Innova saja merupakan bagian dari 3 mobil dalam 1 platform, hikux dan fortuner bahkan denger2 prado? Yg sodaranya semua lebih lebar pangsa negaranya (sampe rusia)..
1. Tidak memarik krn mungkin tidak ada untung/sedikit untung (udah hkm alam)
2. Development mahal namun hanya laku di bbrp negara, itupun juga dijadikan taxi
3.mari ambil contoh Innova saja merupakan bagian dari 3 mobil dalam 1 platform, hikux dan fortuner bahkan denger2 prado? Yg sodaranya semua lebih lebar pangsa negaranya (sampe rusia)..
engine roaring!
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 364
- Joined: Sun Oct 01, 2017 5:36
Re: MPV ladder frame RWD Diesel apa tidak menarik di mata Produsen yak
Kalau secara logika
Mpv kok pakai ladder frame, emang nyaman?
Mpv di bawah 150 hp kok rwd, nanti ga efisien
Seperti itu lah pasar global ngeliat mpv rwd
Hanya di indo offroad bawa mpv (jalanan bolong semua)
Dan org2 sini hanya pd nanjak pakai rwd... (pdhl... ah sudah lah)
Mpv kok pakai ladder frame, emang nyaman?
Mpv di bawah 150 hp kok rwd, nanti ga efisien
Seperti itu lah pasar global ngeliat mpv rwd
Hanya di indo offroad bawa mpv (jalanan bolong semua)
Dan org2 sini hanya pd nanjak pakai rwd... (pdhl... ah sudah lah)
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1702
- Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42
Re: MPV ladder frame RWD Diesel apa tidak menarik di mata Produsen yak
Pake subframe bushingnya banyak bener om, waktu ngolong liat mbl kaget sendiri untungnya nemu toko yg jual bushing2nya komplit, oh iya biar senyap ternyata di interior dikasig styrofoam antara pelat lantai n karpet dasar.Turboman wrote: Wed Jul 25, 2018 17:31 MPV monokok akan nyaman jika suspensi nya pakai subframe ala sedan mewah......getaran roda teredam
kalo arm2 suspensi konek lgs ke body.......ya wes dah........wrrrr..wrrrr wrrrrr.......kalo lewat aspal kasar.....That's I hate it.....wkwkwkkw (like my RE)......padahal lantai saya udah dobel peredam
Oke lah jalan tol dimana2, tapi begitu menuju tempat wisata ? he he he.........u know lah di Indo
Mau berharap jalan sini full mulus ampe pelosok2 kayak Japan......wah 100 tahun lagi mungkin.......wkwkwkwkwkk
Oh iya selain ga nyaman MPV ladder frame RWD boros Bensin.
Big Displacement V engine enthusiast:
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT
Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT
Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1702
- Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42
Re: MPV ladder frame RWD Diesel apa tidak menarik di mata Produsen yak
BTW saya jd kepikiran, innova MPV fortuner dibilang SUV padahal sama2 4x2, sama2 selip klo kejeblos krna ga ada LSD, tp kenapa disebut SUV hanya karena Ban Besar dan GC tinggi. mesin sasis sama hanya beda body
Big Displacement V engine enthusiast:
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT
Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT
Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2899
- Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
- Location: Jabodetabek
- Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box
Re: MPV ladder frame RWD Diesel apa tidak menarik di mata Produsen yak
wuling itu juga ladder frame kan ?

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 533
- Joined: Wed Jan 25, 2017 0:29
- Location: lenteng agung jakarta
- Daily Vehicle: Trooper
Re: MPV ladder frame RWD Diesel apa tidak menarik di mata Produsen yak
Mpv monokok yg suspensi paling nyaman apa dong om Turbo?Turboman wrote: Wed Jul 25, 2018 17:31 MPV monokok akan nyaman jika suspensi nya pakai subframe ala sedan mewah......getaran roda teredam
kalo arm2 suspensi konek lgs ke body.......ya wes dah........wrrrr..wrrrr wrrrrr.......kalo lewat aspal kasar.....That's I hate it.....wkwkwkkw (like my RE)......padahal lantai saya udah dobel peredam
Oke lah jalan tol dimana2, tapi begitu menuju tempat wisata ? he he he.........u know lah di Indo
Mau berharap jalan sini full mulus ampe pelosok2 kayak Japan......wah 100 tahun lagi mungkin.......wkwkwkwkwkk
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2982
- Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08
Re: MPV ladder frame RWD Diesel apa tidak menarik di mata Produsen yak
Untuk mengembangkan MPV ladder frame tentunya butuh development bagi produsen-produsen.
Paling feasible sekarang ya produsen-produsen yang udah punya platform SUV&doublecab ladder frame itu tinggal sharing platform aja bikin MPV nya. Mitsubishi, Isuzu, Nissan, apalagi tuh ya. Mereka ngga perlu develop dari 0, jd bisa nekan biaya produksi, imbasnya ke harga jual.
Apalagi kalau melihat saat ini, segmen MPV ladder frame bukan santapan yang lezat, tren sekarang lebih ke arah lifestyle, jd otomatis produsen-produsen lebih concern ke segmen-segmen yang sedang hype atau akan bertambah hype kedepannya ketimbang develop MPV ladderframe.
Sharing platform antara hatchback, sedan, LMPV, LSUV, crossover jauh lebih mudah&murah. Contohnya saja Toyota, menghematnya udah banyak banget tuh satu mesin buat Veloz, Rush, Sienta, Yaris, Vios.
Issue yang saya dengar Hilux diganti jd GD series juga karena biaya produksi yang bisa lebih rendah karena main kuantitas, daripada order mesin KD hanya untuk hilux, ya cekokin GD aja lah.
Paling feasible sekarang ya produsen-produsen yang udah punya platform SUV&doublecab ladder frame itu tinggal sharing platform aja bikin MPV nya. Mitsubishi, Isuzu, Nissan, apalagi tuh ya. Mereka ngga perlu develop dari 0, jd bisa nekan biaya produksi, imbasnya ke harga jual.
Apalagi kalau melihat saat ini, segmen MPV ladder frame bukan santapan yang lezat, tren sekarang lebih ke arah lifestyle, jd otomatis produsen-produsen lebih concern ke segmen-segmen yang sedang hype atau akan bertambah hype kedepannya ketimbang develop MPV ladderframe.
Sharing platform antara hatchback, sedan, LMPV, LSUV, crossover jauh lebih mudah&murah. Contohnya saja Toyota, menghematnya udah banyak banget tuh satu mesin buat Veloz, Rush, Sienta, Yaris, Vios.
Issue yang saya dengar Hilux diganti jd GD series juga karena biaya produksi yang bisa lebih rendah karena main kuantitas, daripada order mesin KD hanya untuk hilux, ya cekokin GD aja lah.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: MPV ladder frame RWD Diesel apa tidak menarik di mata Produsen yak
Yuplemonadelovers wrote:Pake subframe bushingnya banyak bener om, waktu ngolong liat mbl kaget sendiri untungnya nemu toko yg jual bushing2nya komplit, oh iya biar senyap ternyata di interior dikasig styrofoam antara pelat lantai n karpet dasar.Turboman wrote: Wed Jul 25, 2018 17:31 MPV monokok akan nyaman jika suspensi nya pakai subframe ala sedan mewah......getaran roda teredam
kalo arm2 suspensi konek lgs ke body.......ya wes dah........wrrrr..wrrrr wrrrrr.......kalo lewat aspal kasar.....That's I hate it.....wkwkwkkw (like my RE)......padahal lantai saya udah dobel peredam
Oke lah jalan tol dimana2, tapi begitu menuju tempat wisata ? he he he.........u know lah di Indo
Mau berharap jalan sini full mulus ampe pelosok2 kayak Japan......wah 100 tahun lagi mungkin.......wkwkwkwkwkk
Oh iya selain ga nyaman MPV ladder frame RWD boros Bensin.
Kalo kayak E39 ada 4 bushing karet beaar utama yg kopel subframe ke body
utk bushing arm2 suspensi tergantung disain suspensi nya spt apa
* Bukan ajakan Beli *
-
- SM Specialist
- Posts: 16668
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: MPV ladder frame RWD Diesel apa tidak menarik di mata Produsen yak
Nah justru itu berarti pointnya orang beli Innova sebenernya lebih ke robust-ness dan bukan comfort.k1493nk wrote: Wed Jul 25, 2018 23:41 Plusnya innoa kuat diisi apa aja... bisa bawa beras, genset dll... coba aja bawa beras di 10 karung di mpv lain maka akan tau bedanya. Innova is multi purpose vehicle... siap jd apa aja
Dalam kaidah permobilan sebenernya lebih cocok di sebut MUV (Multi Utility Vehicle) dibanding MPV atau minivan karena selling pointnya adalah utilitas dan bukan kenyamanan. Kayak beli Hilux dengan ban kecil dan bodi van.
Ya sekarang nambah buat "balap" sih buat yang berani ngutik-utik sampe 300hp++... wkwkwkw... tp kalangan tertentu yang lumayan nekat buat swap ono ini dan ganti hardware. Krn istilahnya ini mobil yang mesinnya oprek-able yang harganya paling murah... seken GNKI bisa dapet di angka 200 juta-an... mungkin salah satu alesan kenapa orang ogah upgrade ke ANKI kali yah.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: MPV ladder frame RWD Diesel apa tidak menarik di mata Produsen yak
Bener tuh mobil spt Ipah lebih tepat disebut MUV aka Multi Utility Vehc
wkwkwkwkwkwk
Btw catatan utk market MUV juga spt nya terkait dgn Demographi dan karakter penduduk suatu negara
India & Indonesia :
- Style keluarga besar
- Senang pergi rame2
- Masi Banyak jalanan jelek
- Mobil gak cuman utk angkut penumpang, tapi kadang dipake utk angkut barang juga
- Butuh mobil yg bisa sangat survive utk dipake jalanan jelek / harsh condition
Mungkin pabrikan lebih tertarik utk lgs kembangkan SUV 7 seater, krn market lebih luas / profit lebih baik, sementara MPV ladder frame dianggap serba nanggung, mau dipake off road ya nanggung, harga jual gak bisa setinggi versi SUV nya
CMIIW
wkwkwkwkwkwk
Btw catatan utk market MUV juga spt nya terkait dgn Demographi dan karakter penduduk suatu negara
India & Indonesia :
- Style keluarga besar
- Senang pergi rame2
- Masi Banyak jalanan jelek
- Mobil gak cuman utk angkut penumpang, tapi kadang dipake utk angkut barang juga
- Butuh mobil yg bisa sangat survive utk dipake jalanan jelek / harsh condition
Mungkin pabrikan lebih tertarik utk lgs kembangkan SUV 7 seater, krn market lebih luas / profit lebih baik, sementara MPV ladder frame dianggap serba nanggung, mau dipake off road ya nanggung, harga jual gak bisa setinggi versi SUV nya
CMIIW
* Bukan ajakan Beli *
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: MPV ladder frame RWD Diesel apa tidak menarik di mata Produsen yak
di Indonesia populer 4X2 karena 4X4 pajaknya mahallemonadelovers wrote:BTW saya jd kepikiran, innova MPV fortuner dibilang SUV padahal sama2 4x2, sama2 selip klo kejeblos krna ga ada LSD, tp kenapa disebut SUV hanya karena Ban Besar dan GC tinggi. mesin sasis sama hanya beda body
kalo di negara2 lain utk Fortie / PJS spt nya yg laku yg versi 4X4 / AWD nya
CMIIW
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1422
- Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09
Re: MPV ladder frame RWD Diesel apa tidak menarik di mata Produsen yak
innova itu mobil yang serba bisa makanya laku disini. mesin badak, ok. kaki2 tangguh, ok. nyaman, ok (saya malah lebih nyaman naik innova dibanding anf/anps). isi banyak, ok. istilah nya innova itu seperti ada ditengah2. kalo mobil seperti alphard/elgrand misalnya itu kan condong ke point tertentu, seperti nyaman saja. imho
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1422
- Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09
Re: MPV ladder frame RWD Diesel apa tidak menarik di mata Produsen yak
suv 7 seater rasanya tidak akan bisa mengalahkan innova om karena meskipun bodi besar tapi daleman sempit dan ini berbanding terbalik dengan innovaTurboman wrote: Thu Jul 26, 2018 2:20 Bener tuh mobil spt Ipah lebih tepat disebut MUV aka Multi Utility Vehc
wkwkwkwkwkwk
Btw catatan utk market MUV juga spt nya terkait dgn Demographi dan karakter penduduk suatu negara
India & Indonesia :
- Style keluarga besar
- Senang pergi rame2
- Masi Banyak jalanan jelek
- Mobil gak cuman utk angkut penumpang, tapi kadang dipake utk angkut barang juga
- Butuh mobil yg bisa sangat survive utk dipake jalanan jelek / harsh condition
Mungkin pabrikan lebih tertarik utk lgs kembangkan SUV 7 seater, krn market lebih luas / profit lebih baik, sementara MPV ladder frame dianggap serba nanggung, mau dipake off road ya nanggung, harga jual gak bisa setinggi versi SUV nya
CMIIW
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 439
- Joined: Thu May 04, 2017 14:22
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Innova
Re: MPV ladder frame RWD Diesel apa tidak menarik di mata Produsen yak
k1493nk wrote:Plusnya innoa kuat diisi apa aja... bisa bawa beras, genset dll... coba aja bawa beras di 10 karung di mpv lain maka akan tau bedanya. Innova is multi purpose vehicle... siap jd apa ajaChZ wrote:Ini baru SM, diskusinya berbobot...
IMHO, karena ladder frame itu biasanya dikembangkan untuk heavy-duty car... pickup truck dan SUV... untuk MPV, enggak bisa meraup global market yang sedemikian diverse.
Market terbesar MPV ladder frame hanya India dan Indonesia, jadi ya mungkin di pikiran engineer "ah sekalian aja dikembangin dari sasis hilux, daripada bikin baru balik modalnya lama gak sebanding sama effortnya".
Di Indonesia sendiri lagi ada pergeseran dari dulunya kelas Innova sekarang udah geser ke kelas di bawahnya : LMPV. Karena Innova udah ngga masuk budget untuk mobil operasional kantor dan fleet. Praktis saya rasa yang beli Innova baru kebanyakan dari pribadi dan rentalan saja. Ops kantor kadang masih mempertahankan Innova lawas karena masih laik jalan cuma butuh di-refresh aja.
Coba di liat trend nya di jalan, Populasi GNKI masih banyak meskipun udah ada ANKI, bandingin ama Avanza first-second gen yang udah punah mayoritas udah ganti GNA/GNX...praktis, ngga ada yang ngelirik kelas ini. Udah life-cycle modelnya lama, orang sekali pake bisa belasan taun. Ane sendiri gak yakin TAM skrg untung gede dari Kijang, klo gak ada LCGC, Avanza, Fortuner sih udah tamat...
Semua lebih ngincer citycar, compact crossover, atau LMPV karena lebih prospek dan lebih bisa diterima oleh pasar global. Lebih gampang ngembangin citycar/compact crossover/LMPV dalam 1 platform.
Ditambah monopoli Kijang sebagai MPV ladder-frame paling tersohor... bagi brand - brand lain, hanya buang-buang duit ngelawan Kijang di market Indonesia... Wuling Cortez saja bukan direct competitor... masih pake mesin bensin dan FWD.
Maaf kata nih buat para pengguna Innova, ane gak menemukan apa plus nya Innova dibanding Serena/Biante yang seharga dalam konteks kenyamanan... akses keluar masuk jelas menang si duo roti tawar, kursi lebih empuk dan support. driving pos lebih gak berasa awkward / lebih gak truckish (belum jok Innova GNKI itu triplek abis, kalo ANKI udah mendingan ada supportnya), CoG lebih rendah jadi gak berisiko bikin penumpang mabok, 3 baris efektif manusiawi semua karena flat-floor, bantingan empuk, dan konsumsi BBM juga lebih irit karena teknologi mesin canggih (Serena GDI, Biante Skyactiv, Voxy DVVTi+Valvematic). Jujur nyetir Serena jadul yang sehat aja enak banget loh dibanding Kijang yang manapun...
Ya sekali lagi ini butt-o-meter pengguna mobil monokok ya... Don't take it personal, experience may vary, ya tetep sih hater bakal tetep nyinyir![]()
Jangan ngomong awet dan irit karena di konteks Indonesia pengguna Innova ngisinya solar goceng sementara Biante/Serena/Voxy ngisinya minimal pertalet 7800/liter... Kalo minus faktor tahan banting dan awet jelas mending ambil Voxy ketimbang Innova sih...
Setuju dengan atas-atas, kalo jalanan Indonesia dah mulus semua MPV ladder akan punah dengan sendirinya...
Ini setuju, pernah beli dan angkut marmer lantai sampe bagasi lantai row 3 mpv penuh, ga mentok suspensinya dimuatin 300kg ++ ... Lulusiwing wrote:innova itu mobil yang serba bisa makanya laku disini. mesin badak, ok. kaki2 tangguh, ok. nyaman, ok (saya malah lebih nyaman naik innova dibanding anf/anps). isi banyak, ok. istilah nya innova itu seperti ada ditengah2. kalo mobil seperti alphard/elgrand misalnya itu kan condong ke point tertentu, seperti nyaman saja. imho
Naek kapal feri merak bakauheni yg approach angle nya rada gendeng sama sudut nanjak kemiringan ekstrem .... Lulus
Lewat Polisi tidur komplek yg pasti bikin supir blue bird ngomel2 kl nganter .... Lulus
Serasa naek mobil pejabat kl pake supir... Lulus
Pas jual lagi ga bikin meringis... Lulus
Coba pake mpv nanggung macam voxy, sienta, serena, ga dapat lah poin2 diatas wkwkwk
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2733
- Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: 2021 Yamaha XSR
Re: MPV ladder frame RWD Diesel apa tidak menarik di mata Produsen yak
Kalo ipah ane akuin kekuatan kaki2nya oke bgt
Pake ipah 3 kali mulai dari model awal 2005 sampe GNKI 2012 ga ada yg bermasalah kaki2nya sampe dijual
Cuma yg GNKI 2012 terakhir pernah salah oli gardan dikasih rored GL4 ama bengkel jadi dengung kalo diatas 80 kpj
Abis itu ganti pake mobilube GL5 senyap lagi
Cuman mesin kok ngelitik bgt padahal udah pake pertamax. Pake pertamax turbo baru senyap
Belakangan suara mesin agak kasar apalagi kalo pagi semacam piston slap gitu akhirnya jual aja
Padahal odo baru 57k KM pas dijual
Walaupun kata SA beres normal2 aja suaranya mungkin ane yg terlalu parno
Pake ipah 3 kali mulai dari model awal 2005 sampe GNKI 2012 ga ada yg bermasalah kaki2nya sampe dijual
Cuma yg GNKI 2012 terakhir pernah salah oli gardan dikasih rored GL4 ama bengkel jadi dengung kalo diatas 80 kpj
Abis itu ganti pake mobilube GL5 senyap lagi

Cuman mesin kok ngelitik bgt padahal udah pake pertamax. Pake pertamax turbo baru senyap
Belakangan suara mesin agak kasar apalagi kalo pagi semacam piston slap gitu akhirnya jual aja
Padahal odo baru 57k KM pas dijual
Walaupun kata SA beres normal2 aja suaranya mungkin ane yg terlalu parno

Last edited by Jambangan on Thu Jul 26, 2018 2:56, edited 2 times in total.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4384
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: MPV ladder frame RWD Diesel apa tidak menarik di mata Produsen yak
Jawabannya balik lagi ke trit 5 tahun lalu, bahwa Ipah itu the best all rounder vehicle.iwing wrote: Thu Jul 26, 2018 2:27 innova itu mobil yang serba bisa makanya laku disini. mesin badak, ok. kaki2 tangguh, ok. nyaman, ok (saya malah lebih nyaman naik innova dibanding anf/anps). isi banyak, ok. istilah nya innova itu seperti ada ditengah2. kalo mobil seperti alphard/elgrand misalnya itu kan condong ke point tertentu, seperti nyaman saja. imho
Dibilang MPV karena Multi Purpose, serba guna. Mulai dari touring, ke kondangan, ke kantar, antara tamu, pergi mancing, semua bisa dipakai dengan segala plus minusnya.
Kalau ada orang yg protes innova aman, berarti dia pingin score untuk comfort ditingkatkan, berarti harus rela faktor lain dikurangi, mis versatility, kebandelan, dll. atau kalau tetap tak mau kompromi itu, harus rela bayar lebih mahal.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 352
- Joined: Fri Feb 16, 2018 14:23
- Location: Kalimantan
Re: MPV ladder frame RWD Diesel apa tidak menarik di mata Produsen yak
Menarik mungkin dulu.. Klo skrg liat aja volume penjualan Innova rata2 "hanya" 1.000-2.000 unit, lebih menguntungkan jual produk yg secara global jg dipakai dibanding develop dr awal. KLO balik lg ke pertanyaan kenapa Innova laku? Menurut pengalaman saya sbg pengguna Innova, alasannya kurleb sama dgn org lain. Biaya maintenance murah, ga pernah rewel aneh2, kabin lapang, serbaguna, mesin bisa di otak atik
. Dengan beli mobil serbaguna org jd merasa ga perlu lg utk beli mobil lain yg secara kenyamanan relatif lebih baik, tp berkurang dr sisi realibilitas ataupun sisi yg lain.

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1645
- Joined: Sun May 22, 2016 4:20
Re: MPV ladder frame RWD Diesel apa tidak menarik di mata Produsen yak
Bukannya ANKI banyak yang klaim shockbreaker bocor? Apakah ini masih bisa dibilang kaki2nya kuat?
Tapi memang, Indo pasar yang unik. Cek harga mbil seken, rumus umum utk resale value yang kuat : ladder frame, RWD, diesel + makin trondol makin kuat resale valuenya.
Mungkin ini berkaitan dengan mindset dan kesiapan pasar Indo terhadap yang namanya teknologi. Dikasih barang canggih, ujung2nya cari montir yang bisa ngakalin kiri kanan, dapetin barang copotan, dll
Tapi memang, Indo pasar yang unik. Cek harga mbil seken, rumus umum utk resale value yang kuat : ladder frame, RWD, diesel + makin trondol makin kuat resale valuenya.
Mungkin ini berkaitan dengan mindset dan kesiapan pasar Indo terhadap yang namanya teknologi. Dikasih barang canggih, ujung2nya cari montir yang bisa ngakalin kiri kanan, dapetin barang copotan, dll

-
- SM Specialist
- Posts: 16668
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: MPV ladder frame RWD Diesel apa tidak menarik di mata Produsen yak
Ada tergelitik sedikit di pikiran ane, apakah mungkin yang bikin ANKI mahal sampe harganya deket sama Fortuner di type Venturer adalah karena TMMIN Produksi ANF jauh lebih banyak dibanding ANKI... kan kedua model ini di ekspor dan ANF peminatnya di pasar global lebih gede dibanding ANKI. Klo demand sedikit, cost per unit ANKI pasti lebih besar kanTurboman wrote: Thu Jul 26, 2018 2:20 Bener tuh mobil spt Ipah lebih tepat disebut MUV aka Multi Utility Vehc
wkwkwkwkwkwk
Btw catatan utk market MUV juga spt nya terkait dgn Demographi dan karakter penduduk suatu negara
India & Indonesia :
- Style keluarga besar
- Senang pergi rame2
- Masi Banyak jalanan jelek
- Mobil gak cuman utk angkut penumpang, tapi kadang dipake utk angkut barang juga
- Butuh mobil yg bisa sangat survive utk dipake jalanan jelek / harsh condition
Mungkin pabrikan lebih tertarik utk lgs kembangkan SUV 7 seater, krn market lebih luas / profit lebih baik, sementara MPV ladder frame dianggap serba nanggung, mau dipake off road ya nanggung, harga jual gak bisa setinggi versi SUV nya
CMIIW

dan mungkin adanya tipe full accessories macem Venturer itu supaya lebih cepet "balik modal"...


1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 385
- Joined: Thu Nov 10, 2016 8:24
- Location: lippo cikarang
- Daily Vehicle: Tetradrive
Re: MPV ladder frame RWD Diesel apa tidak menarik di mata Produsen yak
selama jalanan Indonesia masih banyak yg kriting bumpy, ladder frame akan jaya selalu
#ladderframefans


#ladderframefans

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 206
- Joined: Fri Jul 08, 2016 6:15
Re: MPV ladder frame RWD Diesel apa tidak menarik di mata Produsen yak
Tapi mobil yang pake banyak bushing karet2 di suspensinya pasti di cap mobil engga awet. Di livina arm2 suspensi banyak bener karet2 bushingnya. Waktu 1-2 tahun awal pemakaian enak bener, cruising 100-120 di beton toll cipularang masi kerasa alusss. Tapi sekarang mobil uda 6 tahun, kalo lewat jalan yg kasar ya itu getaran langsung ke body semua.Turboman wrote: Wed Jul 25, 2018 17:31 MPV monokok akan nyaman jika suspensi nya pakai subframe ala sedan mewah......getaran roda teredam
kalo arm2 suspensi konek lgs ke body.......ya wes dah........wrrrr..wrrrr wrrrrr.......kalo lewat aspal kasar.....That's I hate it.....wkwkwkkw (like my RE)......padahal lantai saya udah dobel peredam
Oke lah jalan tol dimana2, tapi begitu menuju tempat wisata ? he he he.........u know lah di Indo
Mau berharap jalan sini full mulus ampe pelosok2 kayak Japan......wah 100 tahun lagi mungkin.......wkwkwkwkwkk
Di sisi lain ane juga engga suka geter2 di ladder frame. Waktu pake anps sama anf kalo lwt jalan2 engga rata emang guncangan lebih teredam dibanding waktu pake mobil2 monokok, tp entah kenapa selalu muncul getaran2 khas ladder frame. Menurut ane ladder frame paling enak itu di old innova sama old fortuner yang masih 2KD non vnt.
Eniwei ane selalu berharap jalan2 ke tempat wisata jangan sampe mulus lah. Kalo jalan ke tempat wisata uda mulus trus viral nanti jadi yah begitu deh

2015 CTHD - Total Ineo MC3 5w30
2023 1KR VET - Amsoil Signature Series 0w20
2023 1KR VET - Amsoil Signature Series 0w20
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5952
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: MPV ladder frame RWD Diesel apa tidak menarik di mata Produsen yak
Ane aja pernah naekin keramik 40/40 50 dos ke Innova, itu beratnya 800kg, dibawa jauh luar kota pula. Hahahaha.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 917
- Joined: Thu Feb 04, 2010 8:44
Re: MPV ladder frame RWD Diesel apa tidak menarik di mata Produsen yak
Andai isuzu develop new panther pakai chasis MU X, mesin dan transmisi sama, bodi dibuat MPV seperti kijang,dijual spec kopongan aja spt ANKI G kisaran 300-320 kira2 bakal laku g ya?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 794
- Joined: Mon Feb 02, 2015 3:47
Re: MPV ladder frame RWD Diesel apa tidak menarik di mata Produsen yak
Memang yang bikin innova bagasinya kuat banyak beban itu gara2 kursi belakangnya dilipet ke samping, bukan ke lantai kayak kompetitor. Jadi barang duduknya di lantai. Kalo kursi dipake alas angkat beban ya jebol kursi belakang.
Soal perawatan relatif sih. Sekarang rata2 mobil relatif reliabel bahkan dari 2nd tier brand. Cuma memang kalo toyota banyak KWnya, tapi kalo sayang mobil masak mau barang KW?
Soal perawatan relatif sih. Sekarang rata2 mobil relatif reliabel bahkan dari 2nd tier brand. Cuma memang kalo toyota banyak KWnya, tapi kalo sayang mobil masak mau barang KW?
Past: 1NZ-FE XP90, EX250-J, L15A GE8
Current: Z20 NLP C140
Current: Z20 NLP C140
-
- SM Specialist
- Posts: 16668
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: MPV ladder frame RWD Diesel apa tidak menarik di mata Produsen yak
nah ni dia, padahal Isuzu juga "spesialis" soal utility vehicle. Cuma gak ngerti sih, kalo liat manuver kok kayaknya Panther sengaja dimatikan pelan-pelan.marama wrote: Thu Jul 26, 2018 4:02 Andai isuzu develop new panther pakai chasis MU X, mesin dan transmisi sama, bodi dibuat MPV seperti kijang,dijual spec kopongan aja spt ANKI G kisaran 300-320 kira2 bakal laku g ya?
MU-X juga setau ane gak CKD macem si ANF kan... mungkin yang bikin isuzu dilemma mau bikin panther baru ini... dan harga pasti otomatis jadi mahal which is orang pake Panther lawas prinsipnya "selama masih jalan ya dipake terus"... lebih umum denger dan liat Panther dipake jutaan kilometer sampe bobrok dibanding let's say, Kijang kapsul...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7