Saran Hyundai Santa fe diesel
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- SM Specialist
- Posts: 16669
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Saran Hyundai Santa fe diesel
Eh ya nggak tiap 1/2 tank juga deng... Skali aja klo ngga salah untuk sekian ribu kilo... Lupa anjurannya apa.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- SM Specialist
- Posts: 2794
- Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup
Re: Saran Hyundai Santa fe diesel
Santa fe oli mesin n girboknya lifefime ya?
FWD + FWD + 4WD + 4WD = 

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5952
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Saran Hyundai Santa fe diesel
Pake lemak FRD ya mbah?
-
- SM Specialist
- Posts: 2794
- Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 67
- Joined: Mon Jan 11, 2016 4:08
- Location: SUB-MLG
- Daily Vehicle: K14B_4N15_M20A-FXS
Re: Saran Hyundai Santa fe diesel
Om kli beli modul Traction Control, ESC, VSM apa bs ya terpisah gitu di korea? Si santi ini..vp920b wrote: Fri May 11, 2018 2:22
Buset kalau setiap 1/2 tank tuang diesel purge boros atuh..
Saya sih biasanya 4000-5000KM sekali baru tuang diesel purge, ga ada problem.
Per 10rb KM ganti Filter Solar aja yang main filter(kan ada 2 filter), 20rb KM ganti 2 2nya.
So far cukup irit urusan spare parts.
Untuk sensor ABS, kebetulan sorento belum pernah ada komplain sih dan ga pernah nyala.
3 tahun pemakaian 48rb KM, masih tahap normal kali ya.. Tapi cukup panjang buat pemakaian saya, karena GLC 1 tahun cuma 8000KM.. hehehe
Untuk bunyi bunyi, saya malah kursi jok depan suka bunyi kadang kadang nguk nguk kalau kena jalanan rusak aja. Mungkin karena saya bongsor kali ya, kalau row 2 or 3 senyap setelah pemakaian 3 tahun..
Spooring juga harus diperhatikan per 10rb KM. Karena kalau ga spooring, setir suka berasa loose, kurang greget gitu.. Udah si maintenence palingan itu aja.. Sisanya oli dan filter oli aja, filter udara, filter AC(filter AC susah cari dan mahal buat sorento saya even di korea mahal around 300rb rupiah)..
Nanti september ke korea mau beli spare part lagi ah disana.. Murmer dan ori made in korea..![]()

Tapi andai bisa, masang sama settingnya gmn

-
- SM Specialist
- Posts: 16669
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Saran Hyundai Santa fe diesel
Ni saya penasaran juga nih...Lee27 wrote:Om kli beli modul Traction Control, ESC, VSM apa bs ya terpisah gitu di korea? Si santi ini..vp920b wrote: Fri May 11, 2018 2:22
Buset kalau setiap 1/2 tank tuang diesel purge boros atuh..
Saya sih biasanya 4000-5000KM sekali baru tuang diesel purge, ga ada problem.
Per 10rb KM ganti Filter Solar aja yang main filter(kan ada 2 filter), 20rb KM ganti 2 2nya.
So far cukup irit urusan spare parts.
Untuk sensor ABS, kebetulan sorento belum pernah ada komplain sih dan ga pernah nyala.
3 tahun pemakaian 48rb KM, masih tahap normal kali ya.. Tapi cukup panjang buat pemakaian saya, karena GLC 1 tahun cuma 8000KM.. hehehe
Untuk bunyi bunyi, saya malah kursi jok depan suka bunyi kadang kadang nguk nguk kalau kena jalanan rusak aja. Mungkin karena saya bongsor kali ya, kalau row 2 or 3 senyap setelah pemakaian 3 tahun..
Spooring juga harus diperhatikan per 10rb KM. Karena kalau ga spooring, setir suka berasa loose, kurang greget gitu.. Udah si maintenence palingan itu aja.. Sisanya oli dan filter oli aja, filter udara, filter AC(filter AC susah cari dan mahal buat sorento saya even di korea mahal around 300rb rupiah)..
Nanti september ke korea mau beli spare part lagi ah disana.. Murmer dan ori made in korea..![]()
![]()
Tapi andai bisa, masang sama settingnya gmn
Gerah liat tombol kosongan semua...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1060
- Joined: Tue Aug 20, 2013 8:41
Re: Saran Hyundai Santa fe diesel
Kayanya ga bisa deh bro..Lee27 wrote: Fri May 11, 2018 5:52Om kli beli modul Traction Control, ESC, VSM apa bs ya terpisah gitu di korea? Si santi ini..vp920b wrote: Fri May 11, 2018 2:22
Buset kalau setiap 1/2 tank tuang diesel purge boros atuh..
Saya sih biasanya 4000-5000KM sekali baru tuang diesel purge, ga ada problem.
Per 10rb KM ganti Filter Solar aja yang main filter(kan ada 2 filter), 20rb KM ganti 2 2nya.
So far cukup irit urusan spare parts.
Untuk sensor ABS, kebetulan sorento belum pernah ada komplain sih dan ga pernah nyala.
3 tahun pemakaian 48rb KM, masih tahap normal kali ya.. Tapi cukup panjang buat pemakaian saya, karena GLC 1 tahun cuma 8000KM.. hehehe
Untuk bunyi bunyi, saya malah kursi jok depan suka bunyi kadang kadang nguk nguk kalau kena jalanan rusak aja. Mungkin karena saya bongsor kali ya, kalau row 2 or 3 senyap setelah pemakaian 3 tahun..
Spooring juga harus diperhatikan per 10rb KM. Karena kalau ga spooring, setir suka berasa loose, kurang greget gitu.. Udah si maintenence palingan itu aja.. Sisanya oli dan filter oli aja, filter udara, filter AC(filter AC susah cari dan mahal buat sorento saya even di korea mahal around 300rb rupiah)..
Nanti september ke korea mau beli spare part lagi ah disana.. Murmer dan ori made in korea..![]()
![]()
Tapi andai bisa, masang sama settingnya gmn![]()
Itu ECMnya beda dan harus beli lagi kayanya..
Kalau ga mau ribet, lebarin aja bannya ke 255. Saya standard dari 235/60/18. Jadi 255/55/18.
Dijamin lebih susah spin bannya.
Thanks
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 236
- Joined: Tue Jan 23, 2018 18:10
- Location: West-east java
- Daily Vehicle: Owl and three diamond
Re: Saran Hyundai Santa fe diesel
ChZ wrote: Fri May 11, 2018 0:32Dibanding opjs iya lebih enak pastinya.Swedeppon wrote:Kalau handling dan setir secara monokok harusnya lebih baik dr pjs lama khan ya? Tp sy dengar setir hyundai biasanya terlalu ringan dengan torsi besar dr fwd katanya berbahaya ya? Ada yg bisa jelaskan?
Good thing is : Santi masih pake hidrolik, dan setirnya lumayan berat.
Yup, torsi besar di FWD = Torque steer. Dan ini beberapa kali terjadi di santi klo kaki lagi "nakal". Di santi torque steer gampang koreksinya krn feedbacknya terasa. Di Tucson CRDi yang agak serem... Setirnya macem kapas bok.
wah trims infonya bung, saya malah baru tahu kalau santafe msh hidrolik, dan feedbacknya lumayan terasa artinya tidak seperti kebanyakan hyundai ya, nah iya saya sempat baca dulu review2 tucson yang setirnya betul2 tidak ada rasa, akhirnya mindset sy buat korea rata2 spt itu bung
kalau dibandingkan sama new pjs kira2 bagaimana, biarpun tidak apple to apple tp sy dirumah ada anps sama cx5, sy penasaran dulu sama santafe tp karena dulu mindsetnya mobil korea sy kira spt itu, blm sy coba sdh sy coret dr list, oh iya sama pengeremannya bagaimana apakah tergolong baik? secara mesinnya terkenal buas membuat kaki yg bawa katanya menjadi nakal
White owl : CX5 2.5 touring'13
Two black three diamond: ANPS dakar'17 and Mirage exceed'12
Two black three diamond: ANPS dakar'17 and Mirage exceed'12
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 67
- Joined: Mon Jan 11, 2016 4:08
- Location: SUB-MLG
- Daily Vehicle: K14B_4N15_M20A-FXS
Re: Saran Hyundai Santa fe diesel
Saya kira sih karena produk global dan cm spek nya yang diturunin, modul2 tadi tinggal plug&play n perlu settingan dikit hehe..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1060
- Joined: Tue Aug 20, 2013 8:41
Re: Saran Hyundai Santa fe diesel
Mending coba dulu bro.Swedeppon wrote: Sat May 12, 2018 6:43ChZ wrote: Fri May 11, 2018 0:32Dibanding opjs iya lebih enak pastinya.Swedeppon wrote:Kalau handling dan setir secara monokok harusnya lebih baik dr pjs lama khan ya? Tp sy dengar setir hyundai biasanya terlalu ringan dengan torsi besar dr fwd katanya berbahaya ya? Ada yg bisa jelaskan?
Good thing is : Santi masih pake hidrolik, dan setirnya lumayan berat.
Yup, torsi besar di FWD = Torque steer. Dan ini beberapa kali terjadi di santi klo kaki lagi "nakal". Di santi torque steer gampang koreksinya krn feedbacknya terasa. Di Tucson CRDi yang agak serem... Setirnya macem kapas bok.
wah trims infonya bung, saya malah baru tahu kalau santafe msh hidrolik, dan feedbacknya lumayan terasa artinya tidak seperti kebanyakan hyundai ya, nah iya saya sempat baca dulu review2 tucson yang setirnya betul2 tidak ada rasa, akhirnya mindset sy buat korea rata2 spt itu bung
kalau dibandingkan sama new pjs kira2 bagaimana, biarpun tidak apple to apple tp sy dirumah ada anps sama cx5, sy penasaran dulu sama santafe tp karena dulu mindsetnya mobil korea sy kira spt itu, blm sy coba sdh sy coret dr list, oh iya sama pengeremannya bagaimana apakah tergolong baik? secara mesinnya terkenal buas membuat kaki yg bawa katanya menjadi nakal
Feeling tiap orang beda.
Rem sih buat saya cukup. Kalau dibandingin ama anps.
Cx5 belum pernah coba tp harusnya cukup..
Double piston front dan single piston brake.
So should be enough.
Kaki nakal? Buat sy tergantung kebutuhan aja..
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 180
- Joined: Thu Mar 13, 2008 10:27
Re: Saran Hyundai Santa fe diesel
saya udah 5 thn pake santi diesel skrg km dah 166 rb, selalu isi dex sejak awal beli dan oli mesin selalu bawa sendiri dan pake spek diatas oli std hyundai, tidak pernah ada masalah mesin, problem santi saya:
1. bau gosong tiap kali jalan kenceng. (gak pernah bisa diberesin, udah nyerah komplain kalo masalah ini)
2. pipa ac udah 2 kali kena (benerin di bengkel ac aja, di beres hyundai mahal krn ganti 1 set, pdhl bisa potong sambung, tinggal di las)
3. hidrolik pintu blkg keropos dah 2 kali. (dulu ganti 1 kali free, krn garansi)
4. pulley damper bunyi rattle (free krn garansi)
5. udah ganti hid kiri kanan
problem yg skrg:
1. ada bunyi dengung di area mesin, blm ketemu penyebabnya
2. kaki kaki dah kacau balau
om2 disini boleh info bengkel kaki kaki rekomen seputar tangerang. bsd dan jak bar?
thanks
1. bau gosong tiap kali jalan kenceng. (gak pernah bisa diberesin, udah nyerah komplain kalo masalah ini)
2. pipa ac udah 2 kali kena (benerin di bengkel ac aja, di beres hyundai mahal krn ganti 1 set, pdhl bisa potong sambung, tinggal di las)
3. hidrolik pintu blkg keropos dah 2 kali. (dulu ganti 1 kali free, krn garansi)
4. pulley damper bunyi rattle (free krn garansi)
5. udah ganti hid kiri kanan
problem yg skrg:
1. ada bunyi dengung di area mesin, blm ketemu penyebabnya
2. kaki kaki dah kacau balau
om2 disini boleh info bengkel kaki kaki rekomen seputar tangerang. bsd dan jak bar?
thanks
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 81
- Joined: Tue Apr 01, 2014 15:04
Re: Saran Hyundai Santa fe diesel
Om pake oli visco brp ? Sy juga ga pernah pake oli bawaan beres selalu bawa sendiri..pengalaman bau gosong dulu sy pernah ngalamin juga sepertinya dari lubang ac depan jd ditutup aja switchnyaleiv wrote: Sun May 20, 2018 6:23 saya udah 5 thn pake santi diesel skrg km dah 166 rb, selalu isi dex sejak awal beli dan oli mesin selalu bawa sendiri dan pake spek diatas oli std hyundai, tidak pernah ada masalah mesin, problem santi saya:
1. bau gosong tiap kali jalan kenceng. (gak pernah bisa diberesin, udah nyerah komplain kalo masalah ini)
2. pipa ac udah 2 kali kena (benerin di bengkel ac aja, di beres hyundai mahal krn ganti 1 set, pdhl bisa potong sambung, tinggal di las)
3. hidrolik pintu blkg keropos dah 2 kali. (dulu ganti 1 kali free, krn garansi)
4. pulley damper bunyi rattle (free krn garansi)
5. udah ganti hid kiri kanan
problem yg skrg:
1. ada bunyi dengung di area mesin, blm ketemu penyebabnya
2. kaki kaki dah kacau balau
om2 disini boleh info bengkel kaki kaki rekomen seputar tangerang. bsd dan jak bar?
thanks
Gejala pulley damper rattle bgmana om ? Kalau kaki2 saran saya ganti merk ori atau mobis, kalau ada ke kemayoran bisa ke sakura motor
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 81
- Joined: Tue Apr 01, 2014 15:04
Re: Saran Hyundai Santa fe diesel
Betul om chz..sensor abs penyakit akutnya si santi ini dan kl ud nyala bisa hilang nyala lagi..sebenernya gpp kl gak diganti..gak ada perbedaan pas pengereman tp akhirnya saya ganti juga krn risih..dulu diganti wajib satu set ama bearingnya tuh..infonya skrg sdh ada single partsnyaChZ wrote: Thu May 10, 2018 18:40Kayaknya ini emang penyakit ya ? Saya tadi barusan sensor nyala... juga di-DM instagram ama user santi yang bilang "oh itu emang penyakit bawaannya santi"...ipOi78 wrote: Thu May 10, 2018 16:01 Udah pake santafe dm diesel hampir 3 tahun..dr pengalaman yg perlu diperhatikan sbb
Sensor abs lemah
Wajib Dex..shell pun tidak disarankan
Lampu depan yg std HID kurang terang
Posisi duduk penumpang depan terlalu dalem
Bunyi rattle di row ke dua
Ban bawaan biasanya cepet gompal
But itu semuanya kalah dengan kenyamanan, good driving position, very smooth and fast engine yg ditawarkan oleh santafe ini..so jangan ragu deh
Setuju dengan posisi duduk depan yang dalem... kalo nyetir kudu ati-ati karena sering kena blindspot.
Posisi duduk dibanding bawa fd2 emang memang perlu waktu penyesuain tp kalau ud "dapet" paling oke sih dibanding suv sekelas kayak anpjs, anf, xtrail dan crv kecuali si cx5 yah..
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 180
- Joined: Thu Mar 13, 2008 10:27
Re: Saran Hyundai Santa fe diesel
saya biasa pake Oli Mesin Diesel Q8 Oils FT 8700 FE 5W-30, mengenai lubang ac udah di pencet switch nya tetep aja msh bau, pulley damper rattle biasa nya pas di gas ada bunyi krik..krik gitu.ipOi78 wrote: Sun May 20, 2018 15:40Om pake oli visco brp ? Sy juga ga pernah pake oli bawaan beres selalu bawa sendiri..pengalaman bau gosong dulu sy pernah ngalamin juga sepertinya dari lubang ac depan jd ditutup aja switchnyaleiv wrote: Sun May 20, 2018 6:23 saya udah 5 thn pake santi diesel skrg km dah 166 rb, selalu isi dex sejak awal beli dan oli mesin selalu bawa sendiri dan pake spek diatas oli std hyundai, tidak pernah ada masalah mesin, problem santi saya:
1. bau gosong tiap kali jalan kenceng. (gak pernah bisa diberesin, udah nyerah komplain kalo masalah ini)
2. pipa ac udah 2 kali kena (benerin di bengkel ac aja, di beres hyundai mahal krn ganti 1 set, pdhl bisa potong sambung, tinggal di las)
3. hidrolik pintu blkg keropos dah 2 kali. (dulu ganti 1 kali free, krn garansi)
4. pulley damper bunyi rattle (free krn garansi)
5. udah ganti hid kiri kanan
problem yg skrg:
1. ada bunyi dengung di area mesin, blm ketemu penyebabnya
2. kaki kaki dah kacau balau
om2 disini boleh info bengkel kaki kaki rekomen seputar tangerang. bsd dan jak bar?
thanks
Gejala pulley damper rattle bgmana om ? Kalau kaki2 saran saya ganti merk ori atau mobis, kalau ada ke kemayoran bisa ke sakura motor
kaki kaki ada yg kasi tau persatuan motor di kemayoran, ternyata di buku servis ada list nama2 toko yg jual spare part, tinggal telp aja yg mana deket rumah
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 81
- Joined: Tue Apr 01, 2014 15:04
Re: Saran Hyundai Santa fe diesel
Oh pake q8 8700 fe ? Penguapannya bgmana om..interval dan top up brp km ? Kl starter pagi kasar ga mesinnya ? Dl pernah pake q8 jg tp bkn yg fe sih..leiv wrote: Mon May 21, 2018 15:27saya biasa pake Oli Mesin Diesel Q8 Oils FT 8700 FE 5W-30, mengenai lubang ac udah di pencet switch nya tetep aja msh bau, pulley damper rattle biasa nya pas di gas ada bunyi krik..krik gitu.ipOi78 wrote: Sun May 20, 2018 15:40Om pake oli visco brp ? Sy juga ga pernah pake oli bawaan beres selalu bawa sendiri..pengalaman bau gosong dulu sy pernah ngalamin juga sepertinya dari lubang ac depan jd ditutup aja switchnyaleiv wrote: Sun May 20, 2018 6:23 saya udah 5 thn pake santi diesel skrg km dah 166 rb, selalu isi dex sejak awal beli dan oli mesin selalu bawa sendiri dan pake spek diatas oli std hyundai, tidak pernah ada masalah mesin, problem santi saya:
1. bau gosong tiap kali jalan kenceng. (gak pernah bisa diberesin, udah nyerah komplain kalo masalah ini)
2. pipa ac udah 2 kali kena (benerin di bengkel ac aja, di beres hyundai mahal krn ganti 1 set, pdhl bisa potong sambung, tinggal di las)
3. hidrolik pintu blkg keropos dah 2 kali. (dulu ganti 1 kali free, krn garansi)
4. pulley damper bunyi rattle (free krn garansi)
5. udah ganti hid kiri kanan
problem yg skrg:
1. ada bunyi dengung di area mesin, blm ketemu penyebabnya
2. kaki kaki dah kacau balau
om2 disini boleh info bengkel kaki kaki rekomen seputar tangerang. bsd dan jak bar?
thanks
Gejala pulley damper rattle bgmana om ? Kalau kaki2 saran saya ganti merk ori atau mobis, kalau ada ke kemayoran bisa ke sakura motor
kaki kaki ada yg kasi tau persatuan motor di kemayoran, ternyata di buku servis ada list nama2 toko yg jual spare part, tinggal telp aja yg mana deket rumah
Utk kaki2 di kemayoran banyak om..so far cukup happy sih ama ni mobil kaki2nya lumayan kuat
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 37
- Joined: Tue Apr 09, 2013 10:10
Re: Saran Hyundai Santa fe diesel
Saya punya SF Crdi 2013:ipOi78 wrote: Sun May 20, 2018 15:48Betul om chz..sensor abs penyakit akutnya si santi ini dan kl ud nyala bisa hilang nyala lagi..sebenernya gpp kl gak diganti..gak ada perbedaan pas pengereman tp akhirnya saya ganti juga krn risih..dulu diganti wajib satu set ama bearingnya tuh..infonya skrg sdh ada single partsnyaChZ wrote: Thu May 10, 2018 18:40Kayaknya ini emang penyakit ya ? Saya tadi barusan sensor nyala... juga di-DM instagram ama user santi yang bilang "oh itu emang penyakit bawaannya santi"...ipOi78 wrote: Thu May 10, 2018 16:01 Udah pake santafe dm diesel hampir 3 tahun..dr pengalaman yg perlu diperhatikan sbb
Sensor abs lemah
Wajib Dex..shell pun tidak disarankan
Lampu depan yg std HID kurang terang
Posisi duduk penumpang depan terlalu dalem
Bunyi rattle di row ke dua
Ban bawaan biasanya cepet gompal
But itu semuanya kalah dengan kenyamanan, good driving position, very smooth and fast engine yg ditawarkan oleh santafe ini..so jangan ragu deh
Setuju dengan posisi duduk depan yang dalem... kalo nyetir kudu ati-ati karena sering kena blindspot.
Posisi duduk dibanding bawa fd2 emang memang perlu waktu penyesuain tp kalau ud "dapet" paling oke sih dibanding suv sekelas kayak anpjs, anf, xtrail dan crv kecuali si cx5 yah..
1. Sensor abs baru aja ganti 3 bulan yll, karena problem yang sama, suka mati nyala dan masalahnya hanya disensornya, tapi masih mesti ganti utuh dengan bearing, belum ada single partnya.
2. Selalu pake DEX dan memang kerasa lebih baik drpd Shell (ga tau sugesti doang apa beneran)
3. Lampu HID Depan, terasa seperti kurang terang, tapi setelah minta di setelin posisi sorotnya agar lebih baik, jadi terasa OK.
4. Posisi duduk penumpang depan emang agak ambles seperti di mobil2 sport..hahaha, kalau mau lebih tinggi ya ke tukang jok dibuka bagian penumpang depan, diisi busa lagi terus dijahit lagi.
5. Bunyi rattle di row 2 belum terjadi
6. Ban bawaan cuma pakai sebentar trus ganti ke toyo 255/50/20 trus ke landsail 275/45/20 (belakang) dan yokohama 245/50/20 (depan)
7. Air wiper 2 bulan terakhir habis dalam 1-2 hari, ternyata menetes dari pompa wipernya. Jadi ganti baru pompanya.
sementara belum ada masalah lain. Ini mobil enak dan irit, ngeliat model baru ga gitu suka, kurang gagah rasanya, jadi keep dulu deh yang Generasi 3 ini sampai ada generasi 5.
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)